Bisnis-Konvensional

Bisnis konvensional adalah bisnis-bisnis yang dijalankan dengan konsep sederhana namun tidak pernah ketinggalan jaman. Namun, kita tidak terlepas dari inovasi meski itu adalah bisnis konvensional. Nah, saat bisnis berekspansi kita jelas membutuhkan inovasi dalam bisnis juga perlu diikuti dengan daya kreativfitas dan strategi yang tepat. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui, apakah bisnis yang dijalankan merupakan bisnis konvensional atau bisnis online bahkan kini ada bisnis syariah yang makin digandrungi banyak orang.

Bisnis umkm juga banyak yang dijalankan melalui pendekatan konvensional, online bahkan syariah. Pernahkah Anda mendengar apa itu bisnis konvensional? Apakah bisnis konvensional sama dengan bisnis online? Bisnis konvensional bisa menjadi kegiatan bisnis yang perlu diperhatikan di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Hal ini penting untuk pebisnis sadari karena kini adalah era digital dimana perkembangan teknologi membantu pebisnis untuk mampu bersaing di tengah era serba online seperti sekarang ini. Strategi pemasaran untuk bisnis juga harus disesuaikan dengan tipe bisnis Anda apakah bisnis konvensional atau bisnis online.

Di artikel ini, akan membahas lebih banyak tentang apakah itu bisnis konvensional, keunggulannya dibandingkan jenis bisnis lain hingga contoh dan strategi bisnis konvensional untuk bisa terus bertahan di era digital dan bersaing secara sehat. Hal ini penting untuk Anda pahami agar saat Anda membuat strategi bisnis lebih tepat sasaran karena bisa ditentukan oleh jenis bisnis yang Anda geluti.

Pengertian Bisnis Konvensional 

Bisnis konvensional merupakan bisnis yang dilakukan dengan cara konvensional atau lama tanpa memanfaatkan kecanggihan dari teknologi. Bisnis ini juga diartikan sebagai usaha yang dilakukan secara offline. Bisnis ini pun sampai sekarang masih tetap banyak dilakukan di tengah banyaknya bisnis online yang bermunculan. Menurut Bunjamin, bisnis konvensional adalah aktivitas jual beli yang dilakukan secara langsung, tatap muka dan ada kesepakatan transaksi yang dibuat oleh mendapatkan keuntungan bagi kedua belah pihak. Pada praktiknya, bisnis konvensional membutuhkan unsur yang mendukung seperti SDM, tempat usaha dan modal yang cukup besar. Maka, dari itu, di era sekarang banyak bisnis konvensional yang mulai beralih ke online karena dirasa bisa dijalankan dengan modal minim.

Keunggulan Bisnis Konvensional

Bisnis konvensional sering dicap sebagai bisnis jadul yang tidak mengikuti perkembangan jaman. Hal ini karena bisnis konvensional tidak terlalu banyak mendapat exposure online dalam hal strategi dan penjualannya. Dibalik itu semua, ternyata masih ada banyak keunggulan dari bisnis konvensional, sebagai berikut:

  1. Produk Bisa Dilihat Secara Langsung

Pada bisnis konvensional, pembeli dapat melihat barang secara langsung. Anda dapat melihat kualitas yang sebenarnya, dan bila tidak cocok dengan selera dapat mengurungkan niat untuk membeli, berbeda dengan toko online, Anda tidak dapat mengetahui kualitas dari bahan tersebut.

  1. Pembeli Dapat Bertemu dengan Penjual

Menjalankan bisnis konvensional menjadi suatu yang menyenangkan karena dapat bertemu dan berinteraksi secara langsung dengan calon pembeli.

  1. Stok Cukup Banyak

Meskipun terdapat banyak toko online yang memiliki stok barang cukup banyak, namun pedagang konvensional dapat memiliki persediaan yang lebih banyak lagi. Hal ini karena bisnis konvensional dilengkapi dengan toko ataupun gudang yang dapat digunakan untuk menyimpan stok barang. 

Perbedaan Bisnis Konvensional dan Online 

Bisnis konvensional dan bisnis online tentunya memiliki perbedaan mendasar. Hal yang paling tampak dari kedua jenis bisnis ini adalah penggunaan teknologi dalam strategi pemasarannya. Bisnis konvensional mengutamakan pemasaran tatap muka sehingga penjual dan pembeli bisa berinteraksi langsung. Berikut ini adalah perbedaan dari bisnis konvensional dan bisnis online yang bisa Anda ketahui:

  1. Modal Bisnis

Bisnis konvensional lebih cocok bagi yang memiliki modal cukup, dikarenakan harus ada tempat untuk menjalankan usahanya. Tempat yang dimaksud bisa toko, gudang, kantor. Properti ini tentunya membutuhkan modal yang cukup besar. Bila Anda terkendala dengan modal, Anda dapat mengajukan pinjaman. Berbeda dengan online yang hanya membutuhkan handphone dan kuota. Maka, Anda sudah bisa membuka toko online via media sosial atau marketplace dan mampu menjangkau konsumen lebih luas dan lebih banyak.

  1. Waktu dan Cara Kerja

Bagi Anda yang ingin fokus berbisnis, maka usaha konvensional membutuhkan fokus serta kehadiran Anda dan lebih baik jika dijalankan sepenuhnya bukan sebagai sampingan saja. Sedangkan bisnis online cocok bagi Anda yang juga memiliki pekerjaan lain, karena dapat dilakukan secara kapanpun dan dimanapun.

5 Jenis & Contoh Bisnis Konvensional 

Bisnis konvensional memiliki banyak sekali jenis dan contohnya yang sudah ada sejak lama, sebelum banyaknya bisnis online. Keberadaan jenis bisnis konvensional ini bisa memudahkan mereka yang lebih terbiasa berjualan secara tatap muka dan bisa berinteraksi secara langsung. Apa saja contoh bisnis konvensional yang sering ditemukan pada dunia usaha, berikut informasinya.

  1. Bisnis Rumah Makan

Bisnis kuliner atau rumah makan bisa Anda lakukan secara online. Bisnis rumah makan adalah salah satu bisnis konvensional yang cukup banyak diikuti oleh para pebisnis dan didatangi oleh konsumen. Bisnis rumah makan hampir tidak pernah ada matinya karena hampir setiap orang membutuhkan makan. Anda hanya perlu Inovasi dan kreativitas untuk mengembangkan bisnis rumah makan, sehingga bisnis rumah makan mampu bertahan di tengah kompetisi bisnis F&B yang semakin pesat.

  1. Bisnis Kelontongan

Jenis bisnis konvensional ini juga banyak dilirik oleh masyarakat karena bisa mendirikan toko kelontong rumahan hingga toko kelontong besar. Karena kebutuhan sehari-hari maka toko kelontong banyak dilirik oleh konsumen yang mencari kebutuhan mereka tanpa harus perlu jauh ke pasar. Bisnis kelontong biasanya menjual kebutuhan sehari-hari seperti kebutuhan mandi, kebutuhan kebersihan rumah, dll.

  1. Bisnis Menjahit Baju

Walaupun banyak sekali bisnis fashion online namun bisnis ini tetap menjadi pilihan bagi sebagian orang yang ingin membuka toko menjahit. Penjahit dan konsumen tidak mungkin melakukan transaksi secara online karena penjahit membutuhkan ukuran badan konsumen yang berbeda-beda dan perlu dilihat secara langsung.

  1. Bisnis Bimbingan Belajar

Bisnis bimbingan belajar bisa anda promosikan juga secara online namun untuk menjalankan bisnis ini anda perlu melakukannya secara tatap muka antara murid dan guru. Walaupun kini sudah ada bisnis bimbingan belajar secara online namun sekolah atau bimbingan belajar secara offline mati dipilih oleh beberapa orang karena terasa lebih optimal dalam belajar.

  1. Bisnis Jasa Salon

Bisnis yang satu ini juga bisa dilakukan secara offline karena pada prosesnya bisnis ini perlu di dinikmati oleh konsumen secara langsung dan cukup sulit untuk dilakukan secara online. Maka bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis konvensional bisa mencoba bisnis jasa salon ini.

5 Strategi Pemasaran Bisnis Konvensional 

Strategi pemasaran dalam bisnis konvensional juga memiliki cara tersendiri. Karena berbeda dari bisnis online yang kini marak, tentu strategi yang harus dibuat menyesuaikan dengan jenis bisnis yang dijalankan. Dengan tips strategi pemasaran bisnis konvensional ini, maka Anda bisa lebih mudah dalam memasarkan produk Anda, simak informasinya dibawah ini.

  1. Menggunakan Kartu Nama

Kartu nama merupakan strategi marketing konvensional yang paling efektif dan banyak dilakukan. Kartu nama dapat berperan dalam memperkenalkan suatu bisnis atau produk kepada calon klien.

  1. Menjalin Networking

Dalam dunia bisnis, Anda perlu melakukan networking. Networking ini merupakan kemampuan, soft skill, atau menambah relasi dan juga menjangkau koneksi bisnis Anda agar lebih luas. 

  1. Menggunakan Flyers

Salah satu metode yang digunakan ialah menggunakan flyers atau brosur. Tujuannya untuk menarik perhatian publik atau masyarakat umum dan memberikan informasi mengenai produk yang Anda jual. 

  1. Membuat Artikel Cetak

Dengan adanya publikasi artikel cetak dapat meningkatkan kredibilitas dari bisnis konvensional Anda. misalnya dimuat di majalah yang sesuai dengan topik pembahasannya. Misal bisnis properti di majalah properti. 

  1. Memilih Branding dengan Warna Visual yang Tepat

Branding tentunya mempengaruhi citra bisnis Anda kedepannya. Dengan adanya branding yang tepat dan juga penggunaan visual serta pewarnaan yang tepat tentunya dapat membuat orang tertarik. 

Perbedaan Bisnis Syariah Dan Konvensional

Dalam hal bisnis ternyata kini semakin banyak orang yang sudah menaruh perhatian pada bisnis syariah. Bisnis syariah dan konvensional cukup berbeda pendekatannya, jika syariah memiliki pendekatan yang islami, maka konvensional memiliki pendekatan yang lebih umum. Untuk melihat apa saja perbedaan bisnis syariah dan konvensional, cek informasinya dibawah ini.

Pengertian Bisnis Syariah

Bisnis syariah adalah kegiatan usaha jual beli yang memakai syariat atau hukum Islam sebagai landasan utamanya. Penerapan bisnis syariat ini memang bersifat umum dan Anda tidak perlu terpaku pada aktivitas jual beli yang menguntungkan saja, tetapi juga memperhatikan akhlak, kehalalan produk hingga akad dan muamalah yang terlibat dalam perdagangan tersebut.

AspekBisnis SyariahBisnis Konvensional
Modal AwalSumber modal yang hanya dihalalkan islam.Sumber modal tidak terbatas
Sistem BisnisSistem bisnis dengan akas untuk setiap transaksi dan mengikuti syariat islam.Sistem bisnis tanpa akad tapi umumnya menggunakan surat perjanjian sah di setiap transaksinya
Dasar & Pemahaman BisnisMenjalankan bisnis sesuai dengan syariat sesuai dengan Al QuranMenjalankan usaha dengan menjadikan manusia sebagai tolak ukur.
Proses Implementasi BisnisSesuai dengan kaidah hukum Islam sebagai proses implementasinya. Objek jual beli tidak mengandung minuman keras dan hal lain yang diharamkan.Proses implementasinya mematuhi aturan yang benar menurut manusia.
Cara Mendapatkan KeuntunganBerfokus pada aspek manfaat, kaidah agama dan mendapat imbal hasil dari kegiatan usaha. Misal dalam sektor perbankan, menjadikan bagi hasil sebagai sumber keuntungan.Berfokus pada menghasilkan keuntungan saja, misal mendapatkan keuntungan dari bunga (sektor perbankan).
Konsep BisnisKonsep bisnis syariah mementingkan halal dan haramnya muamalah, seperti cara mendapatkannya, pemanfaatan harta, perjanjian bisnis, dll.Konsep bisnisnya berfokus pada keuntungan duniawi.

Contoh Prinsip Etika Bisnis Konvensional

Dalam etika bisnis penting untuk diterapkan dalam bentuk tanggung jawab sosial.Etika bisnis ini diartikan sebagai pengetahuan tentang cara yang tepat dalam pengelolaan bisnis yang memperhatikan norma dan moralitas secara ekonomi. Penerapan norma dan moralitas ini juga menunjang tujuan kegiatan bisnis. Berikut contoh etika bisnis konvensional:

  1. Prinsip Otonomi

Prinsip otonomi adalah sikap kita dalam mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadarannya untuk memilih tindakan yang terbaik untuk dilakukan. Prinsip otonomi ini merupakan kebebasan untuk bertindak secara etis dan bertanggung jawab. Sikap etis ini adalah sikap yang bersumber dari kemauan baik dan kesadaran pribadi.

  1. Prinsip Kejujuran

Prinsip kejujuran juga penting dalam bisnis konvensional maupun bisnis syariah. Para pelaku di bisnis ini sadar atas apa yang mereka lakukan dalam hal ini aktivitas jual beli. Kejujuran sangat relevan dalam pemenuhan syarat dan perjanjian juga kontrak. Dalam mengikat perjanjian semua pihak dengan saling percaya, tulus dan jujur. Jika ada salah satu pihak yang berbohong maka akan menimbulkan efek multiplier-expansive. Kejujuran ini memiliki keterkaitan dengan penawaran barang dan jasa dengan kualitas dan harga yang sebanding. 

  1. Prinsip Keadilan

Prinsip keadilan menuntut untuk setiap orang diperlakkan secara sama dan sesuai dengan aturan yang adil, rasional dan objektif. Dalam hal ini, tidak boleh ada pihak yang dirugikan.

Bisnis Lebih Besar dengan Modal Usaha Limit Besar

Modal usaha salah satu faktor penentu ekspansinya sebuah bisnis. Jika Anda ingin mengembangkan sebuah bisnis, maka modal usaha yang besar tentu memberikan keleluasaan dalam membuat strategi promosi. Namun, penting untuk mencari modal usaha yang aman seperti dari fintech lending berizin OJK, Danamas. Danamas memberikan kemudahan bagi pelaku umkm untuk mengembangkan bisnis dengan pinjaman online terpercaya dengan limit hingga Rp 2 miliar. Bisa dibayangkan dengan modal sebesar itu, Anda bisa melakukan banyak hal untuk mengembangkan usaha umkm Anda. 

Untuk Anda yang ingin menghitung nilai properti yang dijadikan agunan bisnis, maka bisa gunakan kalkulator pinjaman. Ada juga kalkulator simulasi kredit untuk menghitung kisaran biaya pinjaman di Danamas. Dengan suku bunga ringan dan tenor fleksibel, akses lebih mudah lewat Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis di smartphone Anda sekarang.


Artikel ini ditulis sebagai bentuk dukungan dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan yang berlangsung selama Bulan Oktober, yang diusung oleh OJK bersama Kementerian / Lembaga, Industri Jasa Keuangan. Bersama kita wujudkan akses keuangan untuk semua melalui peningkatan inklusi keuangan!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Usaha-Warung-Sembako

10+ Strategi Usaha Warung Sembako, Rincian Biaya & Modal Usaha

Usaha warung sembako kini menjadi incaran banyak orang yang ingin memulai sebuah bisnis UMKM. Anda pasti cukup sering melihat banyak warung sembako di sekitar Anda. Namun, apakah usaha warung sembako tersebut adalah peluang yang cukup bagus di tahun ini? Usaha kecil dan menengah seperti warung sembako ini ternyata bisa bersaing dengan toko retail besar lainnya.

Peluang usaha warung sembako ini bisa jadi pilihan jitu untuk Anda yang baru mau terjun ke dunia bisnis. Bukan tanpa alasan, karena modal usaha warung sembako cenderung lebih rendah dibandingkan usaha lainnya. Selain itu, perputaran barangnya pun lebih cepat dengan barang-barang yang bisa disimpan dalam kurun waktu yang cukup lama. 

Strategi usaha warung sembako ini perlu Anda pelajari agar konsumen atau pelanggan terus berdatangan. Hal ini karena, warung sembako juga bersaing dengan toko retail minimarket. Jangan khawatir, karena artikel ini Anda akan dipandu cara memulai usaha warung sembako yang tepat agar bisa didatangi banyak pelanggan. Simak ulasan artikelnya dibawah ini yuk!

Usaha Warung Sembako

Warung sembako adalah warung atau tempat usaha yang menjual bahan kebutuhan pokok yang diperlukan oleh masyarakat dalam menjalankan kesehariannya, seperti beras, minyak goreng, gula, air mineral, peralatan mandi hingga peralatan cuci. Usaha warung sembako merupakan usaha yang populer dan memiliki peluang yang bagus karena setiap orang tentunya membutuhkan bahan sembako tersebut.

Warung sembako ini memiliki dua jenis tipe yaitu warung kelontong yang biasanya ukurannya lebih kecil dan hanya menggunakan modal sedikit, dan warung agen yang menyediakan barang dalam jumlah lebih banyak serta ukuran bangunannya juga biasanya lebih besar. Biasanya pemilik warung kelontong akan berbelanja di warung agen dan menjual kembali barang tersebut di warung kelontong.

Strategi & Cara Memulai Usaha Warung Sembako

Dalam memulai usaha warung sembako, maka perlu beberapa strategi atau cara tepat yang harus dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan bisnis lebih lancar dan mudah. Apabila anda tertarik untuk membuka warung sembako, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda perhatikan sebelum membuka warung sembako.

1.     Tentukan Modal

Modal merupakan hal yang sangat penting saat anda ingin memulai sebuah bisnis atau usaha, karena dengan ini anda juga bisa menentukan keuntungan dan kerugian dari usaha yang anda lakukan. Begitu juga dengan usaha warung sembako, anda harus mengeluarkan modal untuk mendekorasi warung, menyewa ruko dan membeli produk sembako untuk dijual kembali di warung anda. Penentuan modal ini akan membuat anda belajar bagaimana cara mengelola keuangan bisnis kecil ini.

2.     Tentukan Lokasi

Penentuan lokasi juga merupakan hal yang harus diperhatikan dalam membuka warung sembako. Pastikan lokasi bisnis anda strategis, karena hal ini juga akan menentukan penghasilan yang anda dapatkan dari warung anda.

3.     Survei Harga Di Warung Lain

Lakukan survei harga di warung lain, karena anda harus mengetahui harga pasaran dari produk yang dijual. Pastikan ana tidak menjual barang dengan harga jauh lebih mahal dibandingkan warung sembako lainnya.Tetapi jangan juga menjual produk dengan harga di bawah pasar, hal ini tidak baik untuk kedepannya. Pastikan anda menjual produk dengan harga yang sudah disesuaikan dengan kemampuan ekonomi masyarakat di sekitar lokasi warung anda.

4.     Sediakan Kebutuhan Sembako Yang Lengkap

Pastikan juga warung sembako anda menyediakan kebutuhan yang komplit, dengan ini pembeli akan lebih menyukai datang ke warung anda karena mereka bisa menemukan semua kebutuhan pokok yang mereka cari tanpa harus mengunjungi banyak warung.

5.     Variasikan Produk Dagangan

Kebutuhan pelanggan atau pembeli senantiasa terus berganti, variasikan barang dagangan anda dengan berbagai macam kebutuhan masyarakat. Anda juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pasar yang sedang naik dan disukai sehingga warung yang anda jalankan bisa laris manis.

6.     Lengkapi Dengan Kebutuhan Penunjang

Jangan lupa untuk melengkapi warung sembako yang anda kelola dengan alat penunjang lain seperti timbangan, kantong belanja, mesin penghitung dan peralatan lain yang dapat menunjang usaha anda dalam melayani pelanggan.

7.     Cari Pemasok Dengan Harga Yang Terjangkau

Ini juga merupakan salah satu unsur penting untuk memulai usaha warung sembako. Anda bisa mencari supplier yang menawarkan harga tidak terlalu tinggi sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan lebih.

8.     Perhatikan Kualitas Barang

Walaupun anda menyediakan barang atau kebutuhan dengan harga yang murah, anda juga harus tetap memperhatikan kualitas dari barang yag anda jual. Apabila anda hanya mengandalkan harga murah tetapi kualitas barang tidak baik, nantinya hal ini akan membuat pelanggan beralih ke warung lain. Jadi, pastikan anda menjual produk yang berkualitas.

9.     Berikan Pelayanan Yang Terbaik

Dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, hal ini bisa membuat mereka nyaman saat berbelanja di warung anda.

10.  Pastikan Stok Barang Tersedia Dan Buat Pembukuan

Pastikan kelancaran dari jumlah ketersediaan barang yang anda jual, sehingga pelanggan dapat terus membeli barang di warung anda tanpa perlu khawatir kehabisan atas produk yang mereka cari. Selain itu anda juga harus mulai untuk membuat pembukuan atas usaha anda sehingga catatan keuangan bisa dicatat secara detail. Pembukuan ini nantinya juga akan membantu anda untuk mengambil keputusan terkait warung sembako yang sedang anda jalankan.

Surat Izin Usaha Warung Sembako (SIUP)

Usaha warung sembako atau juga yang disebut dengan ritel tradisional diartikan sebagai perusahaan atau usaha kecil dan menengah yang menjual barang dagangan secara eceran. Bentuk atau jenis dari usaha warung sembako ini adalah dengan menjual barang kebutuhan sehari-hari yang berada pada wilayah perumahan, pedagang kaki lima, pedagang yang berjualan di pasar tradisional. Izin usaha warung sembako atau toko kelontong ini dibutuhkan saat Anda ingin mendirikan usaha warung sembako.

A. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

SIUP adalah singkatan dari Surat Izin Usaha Perdagangan yang merupakan perizinan operasional sebuah usaha barang atau jasa. SIUP bisa menjadi salah satu legalitas yang harus dipahami saat Anda memulai bisnis startup. SIUP untuk perdagangan mencakup kegiatan jual beli sedangkan SIUP jasa meliputi aktivitas sewa-menyewa dengan kekayaan bersih diatas Rp 50 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha).

Namun, jika pendapatan bersih dibawah Rp 50 juta, maka bisa mengajukan SIUP jika Anda menghendaki, contohnya untuk memenuhi persyaratan pinjaman ke lembaga keuangan atau ikut tender pengadaan barang dan jasa.

Seusia dengan Pasal 4 ayat 1 huruf C Permendag 46/2009, bahwa setiap perusahaan yang melakukan usaha perdagangan wajib memiliki surat izin usaha. Berikut kriteria wajib memiliki SIUP:

  • Usaha yang dijalankan adalah perseorangan atau persekutuan
  • Kegiatan usaha diurus, dijalankan atau dikelola oleh pemiliknya ataupun anggota keluarga dekat.
  • Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 50 juta dan tidak termasuk tanah dan bangunan. Namun, perusahaan perdagangan mikro harus tetap mendapatkan SIUP jika dikehendaki oleh perusahaan.
  • Sebaiknya, permohonan surat izin usaha ini diajukan kepada Pejabat Penerbit SIUP dengan melampirkan surat permohonan yang ditandatangani oleh Pemilik atau Pengurus Perusahaan dengan materai dan dokumen yang disyaratkan dalam Lampiran II Permendag 36/2007.

Adapun syarat Permohonan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

1. Syarat SIUP untuk Perorangan

  • Fotokopi KTP pemegang saham perusahaan / pemilik usaha
  • Fotokopi NPWP
  • Surat domisili asli / SITU
  • Neraca Perusahaan
  • Materai Rp 10.000
  • Foto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 cm (2 lembar)
  • Surat izin lain yang terkait usaha yang dijalankan

2. Syarat SIUP untuk Perseroan Terbatas (PT)

  • Fotokopi KTP Direktur Utama/Penanggung Jawab Perusahaan/pemegang saham
  • Fotokopi KK jika penanggung jawabnya seorang perempuan
  • Fotokopi NPWP
  • Surat Keterangan Domisili / SITU
  • Fotokopi Akta Pendirian PT dan fotokopi Surat Keputusan Pengesahan Badan Hukum
  • Surat Izin Gangguan (HO) dan Surat Izin Prinsip
  • Neraca perusahaan
  • Pas foto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 (2 lembar).
  • Materai Rp10.000
  • Surat izin teknis dari instansi terkait jika diminta

3. Syarat SIUP untuk Koperasi

  • Fotokopi KTP Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas Koperasi
  • Fotokopi NPWP dan Fotokopi Akta Pendirian Koperasi
  • Daftar susunan Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas
  • Fotokopi SITU dari Pemerintah Daerah (Pemda)
  • Neraca koperasi
  • Materai senilai Rp10.000
  • Pas foto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 (2 lembar)
  • Izin lain yang terkait lainnya

4. Syarat SIUP Untuk Perseroan Terbuka (Tbk.)

  • Fotokopi KTP Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan
  • Fotokopi SIUP sebelum menjadi perseroan terbuka
  • Fotokopi Akta Notaris Pendirian dan Perubahan perusahaan dan surat persetujuan status perseroan tertutup menjadi perseroan terbuka dari Departemen Hukum dan HAM
  • Surat keterangan dari Badan Pengawas Pasar Modal bahwa perusahaan yang bersangkutan telah melakukan penawaran umum secara luas dan terbuka
  • Fotokopi Surat Tanda Penerimaan Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan (STP-LKTP) tahun buku terakhir
  • Foto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 cm (2 lembar)

B. Langkah untuk Permohonan SIUP

Untuk membuat SIUP, maka Anda membutuhkan beberapa langkah permohonan. Anda perlu memiliki formulir pendaftaran yang bisa didapat dari kantor dinas perdagangan. Lebih lengkap cara permohonan SIUP, berikut langkah-langkahnya.

  1. Ambil Formulir Pendaftaran: Anda perlu mengambil formulir pendaftaran di Kantor Dinas Perdagangan atau Kantor Pelayanan Perizinan setempat.
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran: Isi formulir pendaftaran tersebut dan bubuhkan tanda tangan diatas materai Rp 6.000. Lalu, fotokopi 2 rangkap dan gabungkan bersama dengan syarat administrasi pembuatan SIUP
  3. Melakukan Pendaftaran: Setelah itu, lakukan transaksi pembayaran SIUP di setiap daerah biaya tentu akan berbeda.
  4. Pengambilan SIUP: SIUP akan selesai dalam kurun waktu kurang lebih dua minggu setelah permohonan yang nantinya petugas dari kantor dinas akan menghubungi Anda.

14 Barang Wajib Untuk Buka Bisnis Warung Sembako

Ketika membuka usaha warung sembako, pastikan juga anda menyediakan berbagai macam barang yang dibutuhkan masyarakat, supaya warung sembako anda laris manis diserbu pembeli. Berikut rekomendasi barang yang harus ada di warung sembako:

1.     Beras

Beras adalah salah satu makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Oleh karena itu wajib hukumnya bagi anda untuk menjual beras di warung sembako yang sedang anda kelola.

2.     Minyak Goreng

Masyarakat Indonesia juga menyukai berbagai olahan goreng-gorengan, sehingga minyak goreng juga wajib ada dalam daftar barang yang ada di warung sembako anda.

3.     Telur

Telur juga menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Pastikan kamu menyediakan tempat penyimpanan khusus yang rapi untuk telur, mengingat telur merupakan salah satu bahan makanan yang mudah pecah.

4.     Tepung Terigu

Bahan masakan yang satu ini juga banyak dibutuhkan oleh banyak orang baik untuk kebutuhan rumah tangga ataupun usaha.

5.     Mi Instan

Mi Instan juga wajib anda sediakan karena makanan ini terkadang menjadi alternatif makanan orang Indonesia setelah nasi. Pastikan anda menyediakan mie instan ini dari berbagai merek dan rasa.

6.     Cemilan Makanan Ringan

Beberapa camilan makanan ringan yang bisa anda sediakan di warung sembako adalah wafer, biscuit, permen, ciki, cokelat dan sebagainya.

7.     Air Mineral

Setiap individu membutuhkan air minum, sehingga air mineral wajib ada di dalam daftar barang yang dijual. Anda bisa menyediakan air mineral dalam berbagai kemasan mulai dari kemasan gelas hingga gallon.

8.     Minuman Kemasan

Supaya lebih lengkap, anda juga bisa menyediakan beragam minuman kemasan seperti minuman berenergi, susu UHT, teh, kopi dan lain-lain.

9.     Bumbu Masak Instan

Produk satu ini sering dicari oleh ibu-ibu karena memudahkan mereka dalam membuat makanan. Anda bisa menyediakan bumbu masak instan untuk ikan goreng, ayam goreng, tempe goreng, sayur sop hingga penyedap rasa. Anda juga bisa menyediakan berbagai bumbu utama seperti gula, garam dan merica.

10.  Makanan Kalengan

Jangan lupa juga untuk menyediakan makanan kalengan seperti sarden dan kornet, anda bisa menyediakannya dalam berbagai macam ukuran menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

11.  Perlengkapan Mandi

Selain keperluan masak, warung sembako yang anda kelola juga harus dilengkapi dengan produk kebersihan tubuh atau perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, pasta gigi, sikat gigi dari berbagai macam merek dengan berbagai ukuran.

12.  Pembalut

Produk lain yang harus ada di warung sembako adalah pembalut, mengingat setiap bulannya pasti ada Wanita yang mengalami menstruasi. Anda bisa menyediakan berbagai jenis pembalut dengan berbagai macam merek dan ukuran.

13.  Popok Bayi

Selain pembalut, popok bayi sekali pakai juga salah satu produk yang bisa anda jual. Terdapat dua tipe popok bayi, yaitu celana dan perekat. Anda bisa menyediakan keduanya karena pemakaiannya menyesuaikan dengan usia anak.

14.  Rokok

Rokok menjadi salah satu barang yang sering dikonsumsi oleh banyak orang. Anda bisa menjual rokok dalam bentuk per bungkus satu kemasan atau secara eceran/batangan.

Rincian Biaya Usaha Warung Sembako

Berapa kira-kira biaya yang diperlukan untuk membuka warung sembako rumahan? Berikut ini contoh rincian modal warung sembako yang bisa anda jadikan inspirasi.

Apabila anda membuka warung sembako di rumah dan sudah memiliki ruangan tersendiri untuk warung tersebut, berarti anda hanya perlu menyiapkan peralatan seperti etalase, timbangan, kalkulator, rak, dan lain-lain. Untuk biaya membeli peralatan tersebut setidaknya anda membutuhkan modal kurang lebih Rp3.000.000, hal ini bisa berubah tergantung dari berapa banyak peralatan yang harus anda beli.

Selain itu, jangan lupa untuk menghitung biaya operasional bulanan seperti biaya air, listrik dan tambahan dagangan yang habis. Anda bisa mengalokasikan modal kurang lebih Rp2.000.000 untuk keperluan tersebut.

Selain itu, untuk membeli barang yang akan dijual, anda bisa mengalokasikan modal Rp5.000.000 dan anda sudah bisa mendapatkan bahan-bahan sembako yang cukup lengkap seperti beras, telur, minyak goreng, gula dan lain-lain.

Itulah contoh rincian modal untuk membuka warung sembako yang bisa anda jadikan inspirasi. Dengan modal kurang lebih Rp10.000.000 anda sudah bisa memulai bisnis dengan membuka warung sembako. Tentunya, harga-harga diatas bisa berubah menyesuaikan dengan jumlah barang yang ingin anda jual.

Jalankan Strategi Bisnis dengan Modal Usaha UMKM ini!

Apabila anda membutuhkan modal atau tambahan dana untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalani, anda bisa mendapatkan tambahan dana dari pihak lain karena saat ini banyak sekali platform yang bisa memberikan anda pinjaman dana. Salah satunya adalah Danamas, platform pinjaman multiguna yang sudah diawasi dan mendapatkan izin dari OJK. 

Melalui Danamas, anda bisa mendapatkan tambahan modal hingga 2 miliar rupiah dengan jaminan properti. Pengajuan bisa anda ajukan dengan mudah dan praktis serta bisa diakses kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis. Kemudahan juga bisa dirasakan dengan adanya kalkulator simulasi kredit yang bisa Anda coba untuk simulasikan cicilan Anda. Selain itu, coba juga kalkulator pinjaman untuk hitung dan cek nilai properti yang Anda jadikan agunan di Danamas. Langsung download aplikasinya sekarang juga untuk pinjaman online umkm terpercaya!

Employee-engagement

Apa itu Employee Engagement & Manfaat, Cara Meningkatkannya

Salah satu faktor penting untuk menjaga kinerja dan loyalitas karyawan adalah employee engagement. Untuk bisa menciptakan lingkungan kerja yang positif, suportif dan aktif tentu diperlukan usaha dari manajemen perusahaan dan keterlibatan pihak di perusahaan terkait. Pertama kali istilah ini dipopulerkan oleh Gallup Consultant di tahun 2004. Walaupun serupa tapi ternyata employee engagement berbeda dengan employee happiness atau kebahagiaan dalam bekerja. 

Loyalitas dalam bekerja dibutuhkan, walau kenyataannya, banyak pekerja yang bahagia bekerja di perusahaan tersebut tapi tidak engaged dengan visi dan misi perusahaan serta tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Jadi meskipun kebahagiaan karyawan adalah hal penting, tapi membuat karyawan engaged sangat penting untuk memberikan kenyamanan bekerja.

Memiliki pekerja yang engaged bekerja di perusahaan anda merupakan sebuah hal yang bagus. Untuk mencapai ini, tentu saja karyawan harus merasa terhubung dengan nilai-nilai perusahaan. Dengan ini, Employee Engagement ada di dalam perusahaan! Yuk, simak artikel ini dalam membahas Employee Engagement!

Apa Itu Employee Engagement 

Berdasarkan definisi, employee engagement merupakan usaha yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mengetahui hubungan antara organisasi dan karyawannya. Employee Engagement bisa dilihat dari segi kualitatif maupun kualitatif. Gallup Consultant membuat konsep ini populer pada tahun 2004, dan prinsip employee engagement masih diadopsi dan digunakan hingga saat ini. 

Employee engagement adalah sebuah konsep yang memang serupa dengan tingkat kebahagiaan dalam bekerja, namun keduanya merupakan dua hal yang berbeda. Menurut Kevin Kruse, mungkin ada banyak karyawan yang memang senang bekerja disebuah perusahaan namun terkadang mereka tidak terlalu ‘terhubung’ dengan visi misi serta tugas yang menjadi tanggung jawab karyawan tersebut di perusahaan. Dengan ini, memanglah penting untuk mengetahui tingkat kebahagiaan karyawan, namun untuk mengetahui seberapa engaged karyawan disebuah perusahaan jugalah penting terhadap kenyaman bekerja di sebuah perusahaan.

Strategi Employee Engagement

Dalam menjalankan employee engagement, ada baiknya bilamana anda juga menyusun sebuah strategi untuk menyusun employee engagement. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menuliskan kategori karyawan yang ada di perusahaan anda, kemudian menyusun strategi yang cukup untuk perusahaan anda. Untuk mengetahui tingkatannya, karyawan di perusahaan anda harus mengisi sebuah kuesioner yang dinamakan The Gallup Q12 Index, dimana 12 pernyataan akan disediakan dan karyawan diberikan kesempatan untuk memberikan skala 1-5, dimana 1 artinya sangat tidak setuju dan 5 yang artinya sangat setuju. Berikut adalah tingkatan yang terdapat di Employee Engagement:

  • Sangat tidak engaged
  • Tidak engaged
  • Hampir engaged
  • Engaged
  • Sangat engaged

Manfaat Employee Engagement

Employee Engagement sebenarnya merupakan hal yang cukup penting bagi sebuah perusahaan. Tak hanya itu saja tapi juga memberikan manfaat yang besar untuk perusahaan dan karyawan. Pentingnya Employee Engagement bisa dilihat dari dua sisi yang berbeda, yakni dari sisi perusahaan dan juga karyawan. 

1. Manfaat Employee Engagement Bagi Karyawan

Jika dilihat dari sisi para karyawan, employee engagement merupakan sebuah hal yang penting karena dengan ini, karyawan dapat menyadari peran mereka dalam perusahaan dan menjadikan hal tersebut sebuah dorongan untuk merasa bersemangat dalam pekerjaan mereka dan juga membuat mereka merasa kalau mereka memberikan kontribusi yang bagus untuk tujuan perusahaan.

a. Bentuk Ikatan Kuat Dengan Perusahaan

Tujuan utama adanya employee engagement yaitu untuk menciptakan hubungan yang erat. Hal tersebut membuat karyawan lebih dihargai oleh perusahaan. Mereka akan bangga sudah berhasil bekerja di perusahaan tersebut dan bersedia memberikan kemampuan terbaik.

b. Ciptakan Iklim Inovatif

Tak jarang inovasi perusahaan hadir karena memiliki karyawan yang kreatif. Dengan adanya employee engagement, maka akan memicu terciptanya iklim yang inovatif. Tentu saja suasana di perusahaan akan menyenangkan bila menerapkannya dengan baik.

c. Lebih Mudah Selesaikan Konflik

Dengan adanya employee engagement, maka akan memotivasi karyawan untuk merasa dihargai. Tak terkecuali dalam menyelesaikan konflik, misalnya dihadapi masalah yang berkaitan dengan perusahaan tempat bekerja. 

Metode employee engagement ini adalah metode yang didalamnya mampu membuat karyawan bisa bekerja maksimal tanpa menghiraukan konflik yang sebelumnya sudah terselesaikan.

2. Manfaat Employee Engagement Bagi Perusahaan

Jika dilihat dari sisi perusahaan, employee engagement diadakan agar dapat melihat seberapa loyal seorang karyawan bekerja di kantor mereka. Selain itu, perusahaan juga ingin melihat bagaimana karyawan dapat menyelesaikan tugas mereka tepat waktu dengan kualitas yang bagus dan dapat merasa bangga atas pekerjaan mereka. Jika karyawan dapat engaged dengan baik, diharapkan hal ini dapat membantu untuk meningkatkan produktivitas mereka dan juga mempertahankan para karyawan di perusahaan atau membuat tingkat turnover rate menurun.

a. Terbentuk Komitmen

Manfaatnya yaitu perusahaan akan membentuk komitmen baik dengan karyawan. Dengan adanya karyawan yang engaged, maka perusahaan akan memperoleh karyawan yang loyal dan bisa menjaga nama baik bisnis.

b. Punya Karyawan Suportif

Jika employee engagement sudah dilaksanakan sebagaimana mestinya, maka karyawan yang dimiliki perusahaan akan lebih suportif. Tak hanya itu saja, karyawan juga akan selalu berlaku positif. Sehingga tujuan utama perusahaan bisa lebih mudah dicapai.

5 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Employee Engagement

Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi employee engagement? Jika di perusahaan anda masih belum menerapkan sistem ini dengan benar, sebaiknya anda mempelajari beberapa faktor-faktor yang mempengaruhinya, agar bisa melakukan perbaikan jika dirasa ada kekurangan.

1. Kekuatan Kepemimpinan

Menurut Laurie Sudbrink yang merupakan seorang pendiri Unlimited Coaching Solution Inc mengatakan “Pemimpin memiliki peran signifikan dalam membentuk employee engagement”. “Kemampuan pemimpin secara otentik membangun hubungan dengan anggota tim, tingkat self awareness, tanggung jawab, kesehatan dan kesejahteraan, semuanya dapat berdampak signifikan ke employee engagement”. Jadi seorang pemimpin memang harus mempertimbangkan kualitas dari kepemimpinannya agar tercipta hubungan kerja yang positif, konstruktif dan sejalan dengan nilai-nilai perusahaan.

2. Peluang Pengembangan Karir

Merujuk pada HBR, karyawan yang memperoleh peluang pengembangan karir 15% lebih terlibat dan mempunyai retensi 34% lebih tinggi jika dibandingkan mereka yang tidak. Ketika perusahaan memberikan peluang pada karyawan untuk fokus mengembangkan karir, maka perusahaan akan mendapatkan tren positif di employee engagement. Adanya peluang tersebut, akan membuat karyawan tetap ada di organisasi karena para karyawan bisa mengembangkan karir dan mendorongnya untuk memberikan kinerja terbaik.

3. Umpan Balik & Penghargaan

Salah satu komponen penting dalam employee engagement adalah komunikasi yang baik antara karyawan dan manajemen. Membangun sistem feedback merupakan cara baik untuk mengasah keterampilan komunikasi tersebut. Ketika memberikan feedback, ada “penghargaan” yang juga turut andil. Agar efektif, penghargaan dibuat atas pencapaian spesifik jadi karyawan tau peran mereka untuk kesuksesan perusahaan dan hal tersebut membuatnya merasa dihargai.

4. Budaya Peduli & Saling Mendukung

Menunjukkan dukungan, kepedulian dan penghargaan akan membuat karyawan merasa kalau kinerjanya berkontribusi terhadap kesuksesan perusahaan. Hal tersebut tentu akan menciptakan pengalaman kerja positif dan tingkatkan skor employee engagement.

5. Kejelasan Visi & Misi Perusahaan

Berdasarkan survey Porter Novelli menunjukkan kalau 70% karyawan mengungkapkan tidak akan bekerja di perusahaan tanpa tujuan yang kuat dan 90% karyawan bekerja di perusahaan dengan tujuan kuat akan merasa terinspirasi, loyal dan termotivasi. Saat karyawan memiliki tujuan yang sama dengan rekan kerja yang lain dan komitmen kuat terhadap visi, misi dan nilai perusahaan maka employee engagement akan terbangun kuat. 

10 Program Untuk Meningkatkan Employee Engagement 

Di bawah ini ada beberapa program yang bisa digunakan untuk meningkatkan employee engagement. Perusahaan bisa menerapkannya, walaupun semua kembali ke kebutuhan dan cara masing-masing agar para karyawan senang bekerja di perusahaan. Karyawan yang loyal dan senang, maka kinerjanya bisa meningkat dan tentu saja performa perusahaan juga akan meningkat.

1. Lunch-Learning

Lunch-learning maksudnya adalah makan siang dan belajar. Namun belajar disini bukan mempelajari hal yang berat, tapi bertujuan untuk mengenali satu sama lain dengan tau tanggal ulang tahun dan lainnya. Pastikan acara singkat tapi berkesan dan tidak membosankan.

2. Perayaan

Banyak perusahaan yang selalu mengadakan acara tahunan untuk merayakan anniversary perusahaan tiap tahunnya. Tapi sebenarnya perayaan lain juga bisa dilakukan seperti event nasional atau internasional seperti makan malam Thanksgiving, Halloween dan lainnya.

3. Pelatihan

Pelatihan sering kali diingat sebagai kegiatan yang membosankan. Untuk membuatnya menyenangkan, carilah pembicara khusus untuk sesi pelatihan yang materinya menarik dan menyegarkan, seperti mengajarkan karyawan untuk mempelajari sesuatu yang baru.

4. Olahraga Bersama

Untuk menjalin keakraban antar karyawan bisa dibentuk tim-tim olahraga. Misalnya olahraga basket, sepak bola, badminton, senam dan lainnya.

5. Hari Khusus Khas Perusahaan

Cara lain untuk tingkatkan awareness sekaligus branding adalah dengan membuat hari khusus. Contohnya adalah “casual day”, jadi di hari tersebut para karyawan bebas memakai baju santai tapi sopan versi mereka.

6. Gathering

Gathering di luar kantor dengan mengajak anggota keluarga adalah kegiatan yang disukai banyak karyawan. Misalnya menginap di villa, membakar daging atau jagung di malam hari atau kegiatan seru lainnya.

7. Galang Dana & Hari Amal

Mengadakan penggalangan dana dan hari amal adalah salah satu cara lain untuk menyatukan karyawan demi kebaikan. Misalnya turut menyumbang atau mengadakan “Jumat Berkah” jadi tiap jumat memberikan makanan gratis pada orang yang membutuhkan.

8. Nonton Bersama

NoBar bisa menjadi aktivitas menyenangkan. Tidak harus menonton film, tapi bisa juga konser atau pertunjukan lain. Hal tersebut bisa membuat karyawan semakin akrab.

9. Bar Nights

Ada perusahaan yang memberikan kesempatan karyawan untuk mengeluarkan “unek-unek” dengan mengadakan bar night tiap minggunya di bar lokal. Dengan berbincang santai antar karyawan, bisa meningkatkan rasa percaya satu sama lain.

10. Sesi Games, Kompetisi & Turnamen

Untuk menghilangkan kepenatan bekerja, karyawan bisa dilibatkan dalam sebuah permainan, turnamen ataupun kompetisi. Misalnya mengadakan turnamen tenis, pingpong atau billiard. Tak hanya itu saja, bisa juga membentuk liga sepakbola atau futsal.

Cara Mengukur Employee Engagement

The Gallup Q12 Index merupakan sebuah tolak ukur yang digunakan untuk mengukur employee engagement. Berikut adalah 12 pernyataan dalam Q12 Index yang muncul dan dimana anda dapat menjawab dari skala 1 sampai 5, dimana 1 artinya sangat tidak setuju dan 5 yang artinya sangat setuju:

  1. Saya mengetahui apa yang perusahaan harapkan dari saya
  2. Saya tahu apa yang diekspektasikan perusahaan kepada saya
  3. Saya memiliki kebutuhan yang cukup untuk dapat bekerja dengan baik 
  4. Saya memiliki kesempatan untuk mengerjakan pekerjaan saya dengan baik setiap hari ketika hari kerja
  5. Dalam rentang 7 hari, saya mendapatkan pujian dan/atau penghargaan atas kerja saya
  6. Supervisor, atau siapapun itu di kantor, peduli dengan saya sebagai seorang manusia
  7. Ada sebuah sosok di pekerjaan yang membantu saya untuk mengembangkan diri.
  8. Opini saya merupakan sesuatu yang berarti. 
  9. Visi dan misi kantor membuat saya merasa pekerjaan saya adalah pekerjaan yang penting
  10. Rekan kerja saya berambisi untuk melakukan pekerjaan dengan kualitas yang bagus
  11. Saya memiliki teman baik di kantor
  12. Dalam rentang 6 bulan, ada orang dari kantor yang menanyakan progress 
  13. Sampai tahun ini, saya memiliki kesempatan untuk belajar dan bertumbuh disaat saya bekerja.

Setelah kuesioner tersebut diisi, terdapat sebuah perhitungan lagi. Pertanyaan nomor 1,2,11, dan 12 dikalikan 2. Kemudian, angka tersebut dijumlahkan sesuai dengan angka skala yang dipilih di pertanyaan-pertanyaan lainnya. Jika sudah, anda bisa melakukan identifikasi dan dapat membuat sebuah kategori karyawan dengan perhitungan sebagai berikut:

65 – 80 = sangat engaged

33 – 64 = engaged

16 – 32 = actively disengaged

Cara Meningkatkan Engagement Karyawan 

Seperti yang kita ketahui, employee engagement merupakan sebuah hal yang penting dan wajib ditingkatkan untuk kelangsungan perusahaan. Ingin meningkatkan employee engagement di perusahaan anda? Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan hal tersebut:

  • Rekrutlah karyawan yang memiliki visi yang serupa dengan perusahaan. Dengan ini, akan terjadi kerjasama tim yang baik ketika terdapat sebuah penempatan untuk pekerjaan nanti.

  • Pelatihan karyawan merupakan sebuah hal yang penting karena melalui pelatihan, ilmu baru akan diterima oleh karyawan dan ilmu tersebut mungkin bisa digunakan untuk kemajuan perusahaan dan bahkan juga membantu agar melihat visi perusahaan dengan lebih jelas.

  • Berilah kesempatan berpendapat untuk para karyawan. Dengan ini, karyawan dapat menjadi kreatif. Dengan ide-ide yang dimiliki oleh para karyawan, perusahaan bisa saja berkembang secara pesat karena mereka memiliki ide-ide yang dimiliki oleh karyawan dan mungkin saja ide-ide tersebut dapat membantu mendorong kemajuan.

  • Kepedulian merupakan sebuah hal yang baik. Tunjukan rasa kepedulian di dalam perusahaan anda, namun tetap professional. 

  • Cobalah melakukan outbound training sehingga team building akan semakin terbentuk dan terasa. Dengan naiknya team building, ada kemungkinan besar tim dapat bekerja dengan baik secara bersama.

  • Beri penghargaan terhadap kinerja jika memang hal tersebut dirasa pantas. Sekecil apapun penghargaannya, akan terasa bermakna bagi pekerja. 

  • Berikan kesempatan bagi semua orang dengan latar belakang yang berbeda-beda untuk bergabung menjadi bagian dari tim. Makin beragam anggotanya, maka semakin luas juga wawasan diterima tiap orang.

  • Perhatikan insentif yang pantas. Pekerja yang tidak mendapat upah sebagaimana mestinya pasti akan mengeluh dan hal ini jangan dianggap remeh. Urusan yang harus diperhatikan oleh perusahaan.

  • Ada jenjang karir untuk tiap profesi. Karyawan tentu tidak mau menerima tanggung jawab jika tahu masa depannya tidak jelas. Bila dalam kurun waktu 5-10 tahun ada di posisi yang sama, maka diketahui kalau manajemen perusahaannya bobrok

  • Perusahaan juga bisa menanggung asuransi kesehatan para karyawannya. Karena pekerja ini tidak hanya meluangkan waktu untuk kemajuan perusahaan, tapi juga berkorban pikiran dan tenaga.

12 Indikator Employee Engagement / Cara Mengukur Engagement Karyawan 

Apa employee engagement bisa diukur? Bagaimana cara mengukur employee engagement? Apakah rumit? Untuk membantu tim HR dalam mengukur employee engagement, ada beberapa cara yang bisa anda jadikan referensi, yuk simak rinciannya!

1. Survei

Survei dinilai konsisten, cepat dan bisa segera ditindaklanjuti ketika mengukur employee engagement. Dengan melakukan survei, maka akan banyak tanggapan dan ini mendorong keterlibatan karyawan. Umumnya, sebuah survei berupa pertanyaan singkat, sederhana dan fokus di hal tertentu. Misalnya survei mengenai kepuasan kerja:

  • Apa anda punya peluang untuk berkembang dalam tim saat ini?
  • Apa tim menginspirasi untuk memberikan usaha terbaik?
  • Apa anda merasa pimpinan tim mempertimbangkan pendapat anda ketika mengambil keputusan?

2. Tingkat Retensi Karyawan

Dengan mengukur tingkat retensi karyawan, maka bisa diketahui employee engagementnya. Tingkat retensi perusahaan yang baik, akan membuat perusahaan:

  • Menciptakan tim yang baik
  • Mengurangi biaya rekrutmen
  • Bangun budaya organisasi yang solid
  • Tingkatkan produktivitas

3. eNPS

Mekanisme eNPS sama dengan survei. Berbentuk pertanyaan tapi pakai skala. Seperti:

  • Misal skala 1-10
  • Skala ada 3, yaitu promotor (skala 9-10), pasif (skala 7-8), detractor (skala <6)
  • Pertanyaan tentang “Seberapa besar anda rekomendasikan organisasi ini sebagai tempat bekerja?” atau “Berdasarkan pengalaman, seberapa besar anda rekomendasikan organisasi kami ke saudara atau teman?”

4. Tingkat Turnover

Saat ada karyawan yang baru bekerja beberapa bulan tapi sudah memilih resign dan keadaan tersebut terjadi berulang kali, maka akan membuat tingkat turnover tinggi. Dampaknya adalah biaya rekrutmen membengkak, menurunkan moral karyawan lain dan mengganggu kerja tim.

5. ROI

Return of investment (ROI) yang tinggi, tentu akan menghasilkan karyawan yang lebih produktif. Berdasarkan studi Gallup menunjukkan kalau organisasi yang memprioritaskan employee engagement mengalami kenaikan 20% penjualannya.

6. FGD

Untuk mengukur employee engagement memakai focus group discussion (FGD), maka tim HR harus memilih perwakilan karyawan yang representatif dari divisi-divisi dan memiliki pertanyaan untuk bahan diskusi. Dengan melakukan FGD, maka perusahaan akan punya insight mengenai kesukaan dan ketidaksukaan karyawan serta untuk perbaikan operasional bisnis.

7. Produktivitas Karyawan

Untuk mengetahui produktivitas, caranya adalah dengan membagi pendapatan perusahaan per kuartal atau per tahun dengan jumlah total karyawan. Dari sana, bisa dibandingkan hasilnya dengan pendapatan periode sebelumnya, tren dan pola.

8. One-on-One-Meeting

Melakukan one-on-one meeting secara berkala misalnya sebulan atau dua bulan sekali. Keuntungan melakukan kegiatan ini adalah anda bisa mengobrol, berbagi umpan balik dan tetap menjaga kerahasiaan. Misalnya anda berdiskusi tentang ketakutan menyampaikan saran pada perusahaan.

9. Review Perusahaan

Review perusahaan di situs pencari kerja (Jobstreet, Glassdoor, LinkedIn) dari karyawan ataupun mantan karyawan bisa digunakan tim HR untuk meninjau kembali tentang operasional bisnis, sikap pimpinan, sistem human resources, keterlibatan karyawan ke perusahaan sampai kejadian yang dialami atau dirasakan oleh karyawan tersebut.

10. Tingkat Absensi

Masalah absensi adalah indikator untuk berbagai hal seperti tata kelola buruk, kondisi kerja yang buruk, kepemimpinan yang jelek, peraturan cuti yang menyulitkan karyawan dan lainnya. 

11. Exit Interview

Dengan menggunakan exit interview, HR akan tau alasan karyawan resign. Selain itu juga bisa tau hal positif dan negatif yang terjadi di tempat kerja, apa yang mendorong mereka untuk resign. Dalam hal ini diperlukan kejujuran dari karyawan tersebut.

12. Kepuasan Pelanggan

Aktivitas karyawan ternyata bisa berdampak pada kepuasan pelanggan. Sering kali kepuasaan pelanggan rendah terhadap barang atau jasa perusahaan karena adanya keterlibatan karyawan. 

Siapkan Modal Usaha Aman untuk Kembangkan Usaha!

Anda memiliki sebuah perusahaan dan memerlukan biaya untuk keperluan karyawan juga? Jangan khawatir, karena kami dari Danamas siap membantu anda dalam menyediakan sebuah pinjaman dengan tenor yang fleksibel mulai dari 1 sampai 10 tahun. Aliran dana segar yang bisa anda pinjam dimulai dari 50 Juta hingga 2 miliar, lho! 

Pinjaman online OJK bunga rendah 2021 ini juga menawarkan bunga efektif yang rendah. Yuk coba simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman di website Danamas. Agar akses dan permohonan peminjaman lebih mudah dan praktis, download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis segera. Untuk info lebih lengkap, klik DISINI!

Google-adsense

Google Adsense: Pengertian, Cara Membuat dan Cara Kerjanya 

Saat ini karena adanya kemajuan teknologi, kesempatan masyarakat untuk bisa mengantongi uang menjadi lebih luas dan menjanjikan dibandingkan sebelumnya. Karena makin banyak peluang untuk memperoleh penghasilan tambahan semenjak adanya internet. Bahkan tak sedikit orang yang memiliki pendapatan besar dan sangat menggiurkan bila menjalaninya dengan konsisten dan serius. Salah satu cara umum dan mudah untuk memperoleh uang segar adalah dengan memanfaatkan Google AdSense.

Layanan iklan besutan Google ini sangat populer para konten kreator online ataupun pemilik website untuk memperoleh kolom iklan dan menghasilkan pendapatan terus-menerus. Bagi seorang content creator, Google Adsense bisa menjadi salah satu sumber yang mendatangkan penghasilan. Untuk itu Google Adsense mulai digunakan oleh orang banyak untuk membantu menaikkan iklan sehingga mendapatkan pundi- pundi rupiah, lewat berbagai hal seperti cara membuat blog atau website. 

Sebenarnya cara kerjanya tidak sulit. Namun bagi orang yang baru saja ingin mencobanya, terkadang masih membingungkan harus mulai dari mana ketika ingin menggunakan. Bagi anda yang ingin menggunakan layanan iklan ini untuk memperoleh pundi-pundi uang dan ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai Google Adsense, yuk simak artikel ini!

Apa Itu Google Adsense? 

Google AdSense merupakan program periklanan dari Google yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan penghasilan dari iklan melalui sebuah Youtube, situs, ataupun Blog. Google Adsense menggunakan program iklan yang berbasi CPC atau Cost Per Click, sehingga penggunanya akan mendapatkan penghasilan berdasarkan dari iklan yang terpasang di platformnya. Google AdSense  menampilkan iklan pada situs dalam berbagai bentuk, misalnya seperti teks, visual atau gambar, video. 

Seterusnya, iklan ini akan ditampilkan sesuai dengan minat dari para pengunjung  Youtube/Blog. Iklan tersebut dibuat dan dibayar oleh pengiklan yang akan mempromosikan produk mereka sesuai dengan harga yang diberikan untuk menayangkan iklan. 

Perbedaan Google Ads Dan Google Adsense

Bagi anda yang berkecimpung di dunia periklanan pasti sudah tidak asing dengan istilah dari Google yaitu Google Ads dan Google Adsense. Sebelumnya Google Ads dikenal dengan nama Google Adwords. Google Ads ini memiliki fungsi yang berbeda dengan Google Adsense. Hal ini bergantung dari goal yang anda ingin raih. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

Google AdsGoogle Adsense
1. Digunakan oleh Advertiser1. Digunakan oleh Publisher
2. Memungkinkan beriklan di jaringan pencarian Google. Tujuan penggunaan untuk mengarahkan traffic audience yang ditargetkan agar berkunjung ke halaman yang dituju. Harapannya dari sebagian traffic bisa dikonversi menjadi penjualan. Jadi pengunjung tidak hanya berkunjung tapi juga membeli atau aktifitas tertentu.2. Penerbit atau publisher untuk memonetisasi website atau blog agar bisa mendapatkan uang dari iklan Google Ads relevan yang ditampilkan di dalam konten.
3. Google Ads lebih lama ada sebelum AdSense. Google AdWords atau kini bernama Google Ads tahun 2000.3. Google AdSense dimulai tahun 2003
4. Pengaturan akun Google Ads tidak sulit dan cenderung mudah.
Caranya:
a. Membuat akun Google
b. Masuk ke laman Google Ads dengan email dan kata sandi akun Google
c. Tetapkan zona waktu dan mata uang yang digunakan
4. Perlu lebih banyak langkah. Ada hal yang harus dikirimkan, seperti:
a. Alamat situs web
b. Bahasa situs web
c. Jenis akun (individu atau bisnis)
d. Nama
e. Alamat
f. Nomor telepon
g. Tak hanya itu saja, anda juga diminta menyetujui kebijakan AdSense. 
h. Setelah anda mengirimkan informasi yang diperlukan, daftarkanlah ke i. AdSense dengan akun Google yang dimiliki. AdSense akan memberitahukan bila lamaran pendaftaran sedang ditinjau. Kemudian anda akan menerima email balasan 1-2 hari. Jika lamaran pendaftaran ditolak sekali, maka kemungkinannya kecil untuk diterima kembali. 
5. Banyak fleksibilitas dalam hal iklan teks. Iklan dengan Google Ads di jaringan GDN mempunyai banyak pilihan format iklan dibandingkan pakai jaringan Pencarian Google (Search Ads). Pilihannya seperti template, font dan logo.
5. Jika anda sebagai publisher yang menggunakan AdSense, anda tidak bisa mengubah teks di iklan yang muncul di situs. Tapi bisa mengontrol jenis format iklan yang tampil di website. Misal iklan berupa teks, video, dan tautan
6. Google Ads hanya memiliki satu iklan yang ditayangkan di satu waktu di Google, Jaringan Pencarian Google dan Google Display Network.
6. Google AdSense hanya bisa menempatkan konten iklan dan tiga iklan tautan      
7. Saat beriklan pakai Google Display Network, anda memilih biaya per klik atau per tayangan (cost per view) sehingga Google Ads fleksibel.
7. Bila anda seorang publisher Google AdSense dan memilih iklan dengan GDN, maka anda tidak bisa menentukan jenis biaya iklan yang muncul di website.
8. Dengan Google Ads, gambaran umum tentang biaya yang dikeluarkan dalam menentukan kata kunci relevan dan memberikan tiap kata kunci yang ditawarkan

8. Anda akan memperoleh apa yang anda kerjakan. Anda bisa menargetkan lebih banyak pendapatan dengan membangun website yang ditujukan untuk industri. Dengan demikian, semakin banyak situs yang dikelola, maka semakin banyak juga penghasilan yang diterima.

3 Keunggulan Google AdSense

Bagi anda yang tertarik dengan Google AdSense, ada 3 keunggulan yang akan diperoleh seperti menyajikan iklan yang tepat, memegang kendali iklan dan hanya iklan yang membayar paling tinggi yang ditampilkan. Berikut adalah rincian dari keunggulan tersebut:

1. Menyajikan Iklan Yang Tepat

Jadi, Google AdSense akan menampilkan iklan yang sesuai dengan minat pengunjung situs. Contohnya pengunjung adalah seorang gamer, maka iklan yang ditampilkan adalah iklan seputar game. Google AdSense juga akan meninjau untuk memastikan kalau iklan tersebut berkualitas dan relevan dengan konten yang ditampilkan. Tentu saja hal itu akan mempengaruhi uang yang akan anda kantongi.

2. Pemegang Kendali Iklan

Anda adalah seorang pengendali iklan, apa yang dapat ditampilkan di situs/Blog/YouTube yang anda miliki. Karena adalah memberi ruang iklan. Block iklan yang tidak disukai dan disesuaikan dengan tempat iklan akan ditampilkan. Tak hanya itu saja, anda juga bisa memilih jenis iklan yang sesuai dengan laman anda. 

3. Hanya Iklan Yang Membayar Paling Tinggi Yang Ditampilkan

Google AdSense akan memastikan anda memperoleh pendapatan tinggi di laman situs. Jadi, hanya iklan dengan bayaran tinggi yang akan ditampilkan. Oleh karena itu, manfaatkanlah jaringan terbesar pengiklan online yang menawar untuk ruang iklan anda. Memaksimalkan hasil yang dapat anda peroleh dari iklan.

7 Cara Membuat Website Untuk Google AdSense

Untuk membuat web Google AdSense tidak sulit, anda dapat menggunakan bantuan CMS seperti Joomla, WordPress ataupun Blogspot. Bahkan anda hanya perlu waktu satu hari saja untuk membuat blog Adsense. Berikut adalah langkah-langkah membuat web adsense:

1. Beli Domain & Hosting

Bila anda menggunakan WordPress, maka anda harus membeli domain dan hosting. Biasanya membeli paket pelajar sudah memperoleh gratis domain. Jangan lupa untuk menyimpan username dan password login ke halaman member area di hosting yang anda pakai. Agar tidak lupa saat ingin akses data base di sana.

2. Install Web

Selanjutnya anda install web melalui cPanel. Namun ada juga tempat yang memberi akses ke cPanel akun hosting, bila anda membeli domain dan hosting. Untuk instalasi web atau blog, caranya:

  • Login cPanel memakai akun hosting
  • Pilih softaculous
  • Klik WordPress
  • Anda akan dibawa ke laman instalasi
  • Pilih URL web yang dipakai, disarankan pakai format link URL http:// atau http:// tanpa www
  • Kosongkan database tempat instalasi
  • Buat username dan password untuk login ke web AdSense
  • Pilihlah theme default 
  • Masukkan email instalasi
  • Klik menu instal
  • Proses instalasi selesai

3. Install Theme Yang High CTR

Setelah webnya jadi, anda bisa log in ke dashboard area web AdSense. Ketikan https://webkamu.com/wp-admin . Selanjutnya tulis username dan password yang sudah dibuat tadi. Ketika anda ada di halaman situs, anda bisa mengganti theme web. Berikut cara untuk menggantinya:

  • Klik menu “tampilan” atau appearance
  • Pilih dan klik tema/template
  • Klik menu tambah baru yang ada di samping kiri atas
  • Klik unggah tema
  • Memilih theme yang anda miliki
  • Klik upload
  • Setelah tema sudah berhasil terupload, aktifkanlah tema tersebut. Anda bisa konfigurasi dan mengatur tampilan.

4. Tambah Plugin Yang Dibutuhkan

Tahap lainnya adalah menambahkan plugin. Tujuannya untuk optimasi web agar lebih maksimal. Plugin yang disarankan untuk web Google AdSense adalah Rank Math Pro, Internal link manager (khusus web berita), CDN (sesuai kebutuhan), Wp-Rocket untuk membantu optimasi speed, dan Plugin Easy Table of Contents. Plugin tersebut bisa anda instal sesuai kebutuhan.

5. Buat Halaman Web Lengkap

Google AdSense jeli melihat laman apakah layak dijadikan partner mereka atau tidak. Agar web anda diterima Google AdSense, sebaiknya web dibuat lengkap. Minimal ada beranda, kontak, tentang, disclaimer, privacy, menu dan kategori. Berapapun jumlah halamannya, pastikan tidak ada yang kosong dan sudah terisi konten.

6. Posting Artikel

Jika halaman sudah jadi, anda bisa menulis ataupun posting artikel di website tadi. Web Google AdSense bergantung di jumlah konten yang tersedia di laman. Untuk menulis blog, berikut adalah caranya:

  • Login ke wp-admin situs
  • Klik menu posting
  • Pilih menu tambah baru
  • Masukkan judul dan tulis artikel yang diposting pada laman blog
  • Submit link artikel ke Google Search Console (GSC)

7. Daftar Web Ke Google AdSense

Bila sudah selesai menulis artikel yang banyak. Langkah berikutnya adalah daftarkan blog ke Google AdSense. Jika blog diterima, anda hanya perlu optimasi dan update terus blognya agar uang yang didapatkan juga lebih banyak.

5 Cara Membuat Google AdSense Youtube

Jika anda seorang YouTuber, perihal Google AdSense adalah hal yang sangat penting. Apalagi bila tujuan anda menjadi YouTuber adalah memperoleh penghasilan. Bahkan tak sedikit orang yang ingin menggeluti YouTube demi mendapatkan uang yang menjanjikan. Di bawah ini adalah cara daftar Google AdSense untuk YouTube:

1. Buka Aplikasi Google Chrome

Langkah pertama adalah membuka browser di smartphone. Untuk memudahkan proses daftar, anda bisa menggunakan Google Chrome. Setelah masuk di beranda browser, ubahlah penampilan ke versi desktop, agar pendaftaran lebih mudah dan jelas.

2. Kunjungi Situs YouTube

Masuk ke situs YouTube di www.youtube.com. Kemudian login memakai akun YouTube yang akan dimonetisasi.

3. Buka YouTube Studio

Bila sudah login, anda bisa masuk ke menu YouTube Studio. Caranya dengan klik logo YouTube di kanan atas. Pilihlah “Youtube Studio”. Di halaman tersebut, ada berbagai informasi mengenai YouTube yang dimiliki, seperti melihat daftar komentar, demografi views, jangkauan akun dan info tentang monetisasi.

4. Pilih Menu Monetisasi

Selanjutnya adalah anda memilih menu monetisasi di pojok kiri atas channel. Bila sudah, anda bisa melihat info apakah channel tersebut bisa dimonetisasi atau tidak. Bila sudah memenuhi syarat, anda bisa lanjut ke tahap berikutnya. Tapi jika syaratnya belum terpenuhi, maka lengkapilah dahulu syarat yang berlaku. Biasanya Info tentang kelayakan channel yang bisa dimonetisasi akan dikirimkan ke email. 

5. Isi Data

Tahap ke-5 adalah anda mengisi data dengan benar dan lengkap. Nantinya formulir tersebut akan dikirim dan dicek oleh YouTube. Diproses ini biasanya memerlukan waktu yang cukup lama. Bagaimana cara tau kalau permohonan monetisasi disetujui? Yaitu dengan melihat di daftar video yang sudah anda upload. 

Jika di daftar video tersebut ada ikon dollar berwarna hijau, maka permohonan adsense disetujui. Dengan demikian, anda bisa mengatur iklan yang akan muncul di konten video yang sudah diunggah. Untuk memperoleh uang yang banyak, anda harus konsisten dan rutin unggah video di channel tersebut.

4 Syarat Google Adsense Youtube

Apa saja syarat monetisasi YouTube? Tentu saja kebanyakan orang yang upload video di YouTube ingin videonya bisa menjadi ladang untuk menghasilkan uang. Tapi ternyata tidak semua akun yang bisa dimonetisasi. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah syarat-syaratnya:

1. Verifikasi

Untuk proses verifikasi, anda memerlukan nomor handphone aktif yang nanti akan dipakai untuk menerima kode verifikasi. Berikut adalah langkah-langkah untuk verifikasi:

  • Buka halaman upload. Di bawah halaman tersebut anda akan menemui pilihan untuk tingkatkan durasi video yang akan diupload. kemudian klik “increase your limit”
  • Memilih metode verifikasi. Ada 2 pilihan metode yang bisa dipilih, yaitu pakai pesan suara atau pesan teks yang isinya adalah kode verifikasi
  • Validasi. Setelah anda dapat kode verifikasi, masukkanlah kode ke form yang disediakan. Kemudian klik “submit”. 

Bila proses berhasil, maka profil akan tampil teks “Partner Verified”. Setelah verifikasi selesai, anda sudah bisa upload video durasi lebih dari 15 menit. 

2. 4000 Jam Tayang

Selanjutnya anda harus punya 4000 jam tayang. Total jam tayang tersebut terhitung selama 12 bulan terakhir. Jadi dalam 1 tahun, minimal ada 4000 jam tayang yang tersaji di akun anda. Hal tersebut yang membuat anda harus verifikasi dan unggah video sebanyak mungkin. Makin banyak video dan durasi lama, maka kemungkinan syarat ini terpenuhi akan semakin cepat. 

3. 1000 Subscriber

Syarat selanjutnya adalah memiliki 1000 subscriber. Sebenarnya jumlah itu hanya nol koma sekian persen dari total pengguna YouTube, dengan jumlah 1,8 milyar pengguna. Jadi jangan berkecil hati, karena sangat memungkinkan anda memperoleh 1000 subscriber dengan mudah dan cepat.

Agar subscriber betah di akun anda, sajikanlah video yang berkualitas dan menarik. Tentu saja originalitas sangat dikedepankan. Konten yang baik adalah konten yang tidak membajak/tidak menjiplak. Beberapa hal yang diperhatikan agar bisa membuat konten bagus, seperti memberikan yang terbaik di 15 detik awal, berikan konten yang mengundang penonton untuk membuka video lainnya, akurat memberikan data dan pakai bahasa yang mudah dimengerti.

4. Hindari Komentar Spam

Komentar spam bisa menghambat proses pendaftaran YouTube AdSense. Walaupun mungkin anda sudah memenuhi semua persyaratan yang lain. Ketika mendaftar YouTube AdSense akan ada proses verifikasi dan penilaian yang dilakukan oleh tim YouTube. Proses ini cukup lama, biasanya sampai beberapa hari sampai muncul pengumuman akun anda layak atau tidak. 

Cara Membuat Akun Google AdSense

Apa anda tertarik untuk membuat akun Google AdSense? Jangan bingung lagi. Untuk membuat akun Google Adsense tidaklah sulit, Anda hanya perlu menyiapkan email dan website aktif. Berikut adalah langkah- langkah yang bisa diikuti yakni: 

  • Membuka browser  https://www.google.com/adsense/start.
  • Klik Mulai 
  • Masuk ke Akun Google milik Anda
  • Halaman baru akan muncul. Masukkan URL situs tempat Anda  ingin menampilkan iklan
  • Pilih apakah Anda  ingin agar Adsense mengirimimu bantuan yang disesuaikan dan saran kinerja.
  • Pilih negara atau wilayah pembayaran Anda. 
  • Tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan AdSense.
  • Klik Mulai menggunakan AdSense.
  • Selesai. 

Berapa Penghasilan dari Google AdSense? 

Banyaknya orang yang mencari uang dari Google AdSense, membuat penasaran, apakah penghasilannya besar? Padahal penghasilan blogger dari Google AdSense per bulan adalah relatif. Diperkirakan sekitar Rp 1-5 juta per bulan. Bergantung dari trafik atau jumlah pengunjung ke blog. 

Namun ada juga yang mengungkapkan kalau penghasilan tersebut sebenarnya bukan hanya dari AdSense, tapi juga dari sponsored post atau content placement, lomba blog, media sosial dan buzzer. Perkiraan penghasilan blogger Indonesia dari Google AdSense adalah:

  • 1000 visitor = 1 dolar
  • 100.000 visitor/bulan = Rp 1 juta per bulan
  • 1000.000 visitor/bulan = Rp 5-10 juta per bulan

Jadi makin banyak visitor, maka banyak juga penghasilannya. Tapi bisa juga sedikit visitor namun jumlah klik iklannya banyak maka penghasilannya juga banyak. Sistem komisi AdSense bukan hanya klik saja, tapi juga tampilan.

Cara Melihat Pendapatan Di Google Adsense

Untuk melihat penghasilan akhir anda bisa melihat di akun AdSense. Penghasilan akhir untuk bulan sebelumnya akan ditambahkan ke saldo akun AdSense sekitar tanggal 7 sampai 12 tiap bulannya. Cara melihat penghasilan di AdSense:

  • Login ke akun AdSense
  • Di menu Google AdSense, klik menu “Laporan”
  • Di menu tadi akan tampil jumlah penghasilan anda dan juga konten yang paling aktif serta berprofit banyak. Akan ditampilkan sesuai filter periode waktu sampai mata uang yang dipilih.
  • Ada juga filter yang dipakai untuk mengetahui penghasilan yang anda inginkan. Anda bisa mengatur periode penghasilan, seminggu atau bahkan sebulan. Selain itu juga ada pemilihan waktu yang diinginkan. Untuk melihat jumlah penghasilan, pilihlah mata uang IDR.

5 Tips Adsense Pada Blog Diterima Google

Masih banyak orang yang gagal untuk mendapatkan uang dari Google AdSense. Nah agar anda bisa memperoleh tambahan pendapatan yang menjanjikan, berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti, yaitu:

1. Kualitas Konten

Konten adalah tombak utama kualitas blog anda, karena komponen tersebut yang akan dinikmati pengunjung. Dari sanalah mereka akan memperoleh solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi dan mendapat sumber informasi/topik yang dicari. Berikut adalah kriteria konten yang berkualitas:

  • Cukup panjang. Setidaknya ada 500 kata, walaupun relatif terutama untuk blog yang isinya adalah berita
  • Orisinil. Artikel bukan hasil copy paste dari sumber lain. 
  • Dilengkapi elemen lain seperti gambar, video, rujukan yang valid dan relevan, infografis dan lainnya
  • Up to Date. Perbaharuilah tulisan sesuai dengan keadaan terkini.
  • Sebaiknya ada lebih dari 25 artikel, walaupun Google tidak mematok hal tersebut.

2. Desain

Pemilihan desain akan berpengaruh ke kecepatan dan navigasi. Anda bisa menggunakan desain yang modern tapi tidak berlebihan dan tetap bisa diakses dengan cepat serta memiliki komponen navigasi yang baik. Karena tak sedikit orang yang tidak memperhatikan kecepatan dan kaidah navigasi, hanya mementingkan desain.

3. Kecepatan

Ada banyak hal yang menentukan kecepatan blog seperti server dan pengaturan di blog, mulai dari penggunaan gambar, tema, script, header, javascript dan lainnya. Makin cepat performa blog, maka makin besar kesempatan diterima. Jadi pastikan akses ke blog anda cepat.

4. Navigasi

Navigasi merupakan komponen yang sangat penting dinilai oleh Google untuk melihat kelayakan blog. Tak jarang Google menolak pengguna karena navigasi buruk. Berikut adalah ketentuan navigasi yang baik:

  • Mudah ditemukan: Di WordPress memiliki panel khusus untuk membuat menu. Jadi buatlah menu yang memudahkan pengguna untuk menemukan yang mereka cari. Pastikan juga ukuran dan warnanya sesuai dan pas.
  • Valid: Menu tidak hanya dipakai sebagai “syarat” tapi juga valid dan tidak memasukkan tautan dari web spam
  • Lengkap: Ada menu wajib seperti about us, privacy, policy, TOS, contact us dan kategori konten.

5. Optimalkan Lalu Lintas Pengunjung

Lalu lintas pengunjung laman web adalah salah satu tolak ukur baik buruk sebuah blog. Walaupun Google tidak menarget berapa jumlah lalu lintas ideal, tapi di lapangan sebaiknya anda bisa mendapatkan paling tidak 100 per hari sebelum blog didaftarkan.

3 Cara Kerja Google AdSense

Agar lebih memahami tentang Google AdSense, anda bisa membaca tentang cara kerjanya. Untuk mengetahui cara kerja Google Adsense, maka berikut ini adalah penjelasannya: 

1. Terdapat Ruang Iklan pada Situs

Agar situs mendapatkan iklan dari layanan Google Adsense, maka Anda harus menyediakan ruang untuk meletakkan iklan tersebut. Biasanya berada di bagian header, tengah artikel, sidebar, atau di bagian footer. Untuk memasangnya, Anda perlu menempelkan kode iklan berupa script di bagian yang telah ditentukan. Nanti otomatis iklan akan muncul dibagian tersebut sesuai dengan minat dan history penjelajahan internet dari siklus pengunjung.

2. Iklan dengan Biaya Paling Mahal jadi Prioritas

Karena pemasang iklan pada layanan Google Adsense sangat banyak, maka pihak Google Adsense biasanya akan memunculkan terlebih dahulu meluncurkan iklan yang memiliki harga yang paling tinggi untuk dilihat dengan audience.

3. Pendapatan Tergantung Banyaknya Iklan Dibuka dan Persaingan Bid

Pendapatan dari Google Adsense hanya akan diberikan saat iklan diklik atau dibuka pengunjung. Jika hanya dilihat, maka pemilik situs tidak mendapatkan penghasilan dari layanan periklanan tersebut. Penghasilan yang didapat dari iklan yang diklik juga tergantung jenis produk dan persaingan bid yang dilakukan oleh pengiklannya.

5 Istilah Pada Google AdSense

Jika anda ingin menggunakan Google AdSense untuk menambah penghasilan dari internet. Ada istilah-istilah yang patut anda pelajari terlebih dahulu agar tidak bingung ketika menggunakannya. Berikut adalah penjelasannya:

1. Publisher 

Publisher merupakan orang atau pemilik situs yang bergabung dan memasang iklan adsense pada situs mereka. Selain itu ada istilah Ad Units yang merupakan iklan adsense itu sendiri.

2. Link Unit

Sama dengan ad units, namun formatnya mirip dengan menu yang ditemui pada situs web, perbedaannya terletak pada saat pengunjung yang mengklik iklan tersebut. Pada link unit, pengguna akan diarahkan ke halaman hasil pencarian di engine search Google.

3. Adsense for Content

Merupakan iklan adsense yang dipasang dalam suatu halaman. Iklan ini akan muncul berhubungan dengan kontekstual halaman tersebut. Ad unit dan links unit juga termasuk pada adsense for content. 

4. Alternate Ads

Yakni munculnya iklan saat iklan utama yang kontekstual dengan isi dari web telah habis. Google memperbolehkan untuk memasang alternate ads atau iklan alternatif.

5. Channel 

Label yang diberikan pada ads units,link units, adsense for search serta referrals. 

Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan satu label dapat dipakai untuk adsense yang digabung berdasarkan pada channel. Hal ini tentunya akan memudahkan publisher untuk menganalisis adsense.

Baca juga: Cara Membuat Blog dan Raup Keuntungan Besar

Raup Keuntungan dengan Strategi Tepat dari Modal Usaha Kredibel

Danamas merupakan platform pinjaman online beragunan properti yang bisa Anda ajukan melalui website ataupun download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis melalui Smartphone. Pinjaman untuk modal usaha tersebut bisa Anda ajukan mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Segera kembangkan usaha Anda bersama Danamas.

Pinjaman online terpercaya ini sudah terdaftar dan berizin OJK, jadi prosesnya aman. Masa tenor yang diberikan cukup lama sampai 10 tahun. Anda bisa mencicilnya sambil mengembangkan bisnis. Yuk simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman di website Danamas. Untuk info lebih lengkap, klik DISINI!