Ketika anda membuat sebuah usaha, pasti ada pentingnya untuk membuat produk anda diketahui oleh kalangan luas. Dengan ini, marketing menjadi sebuah solusi bagi anda ketika ingin mencapai hal tersebut. Dengan ini, sebuah pertanyaan muncul. Apa itu marketing? Bagaimana caranya marketing? Simak penjelasan berikut ini, yuk!
Apa itu Marketing?
Marketing adalah kegiatan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mempromosikan kehadiran dan adanya produk atau jasa yang akan dijual kedepannya. Kegiatan marketing ini biasanya termasuk mengiklankan, menjual dan juga mengantar produk kepada konsumen atau kepada pihak bisnis yang lain. Beberapa kegiatan marketing ini biasanya dilakukan bersama dengan afiliasi yang telah terbentuk di perusahaan tersebut.
Biasanya, pihak-pihak yang bekerja dibagian marketing mendapatkan perhatian target pasar mereka dengan cara mengiklankan produk mereka kepada publik. Kegiatan ini ditargetkan kepada beberapa target pasar dimana hal ini biasa melibatkan endorsement, tagline atau slogan yang menarik, liputan oleh media massa dan juga desain grafis dan/atau kemasan yang dapat menarik dan dapat diingat oleh publik.
Di dalam Marketing, terdapat sebuah strategi yang dinamakan sebagai “Marketing Mix”. Sebutan ini juga lebih diketahui sebagai 4P, yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Lokasi/Tempat) dan juga Promotion (Promosi). Marketing mix ini digunakan untuk melakukan marketing dengan baik.
Dasar-dasar marketing

Di dalam kegiatan pasar yang sukses, pasti terdapat sebuah kegiatan marketing yang sukses dari awal sampai akhir. Berikut adalah beberapa dasar marketing yang anda bisa lakukan untuk membantu melakukan promosi untuk usaha anda kedepannya:
- Menentukan produk atau jasa merupakan sebuah hal yang wajib diketahui terlebih dahulu. Dengan anda yang tahu barang apa yang akan dijual, anda dengan mudah dapat mengetahui rincian barang dan dapat melakukan marketing dengan lebih baik dan juga tahu potensi pasar yang anda bisa tuju. Pastikan anda juga tahu jawabannya ketika ada yang bertanya mengapa mereka harus membeli produk/jasa anda.
- Pastinya, sebuah bisnis memiliki pasar tersendiri dan ketika kita membicarakan soal pasar, Indonesia memiliki banyak potensi pasar yang menunggu untuk mencoba pasar anda. Pastikan anda tahu dan tentukan pasar yang akan anda tuju sebelum memulai aktivitas anda di pasar. Akan sangat disayangkan jika anda masuk pada pasar yang kurang tepat karena barang tersebut tidak akan mendapatkan umpan balik yang baik.
- Selain mengetahui potensi pasar, ada baiknya jika anda juga mengetahui pesaing anda yang harus dihadapi. Hal ini harus dilakukan juga karena pesaing pasti memiliki ciri khas mereka tersendiri dan bisa saja pesaing memiliki hal-hal yang lebih menarik dibandingkan produk anda. Dengan mengetahui pesaing anda, setiap langkah yang diambil bisa digunakan untuk mempertimbangkan pasar milik anda juga. Tambah lagi, buatlah sebuah nilai perusahaan yang dapat membedakan anda dari pesaing dan menciptakan sebuah keunikan yang memang benar-benar tidak dimiliki oleh siapapun.
- Membangun sebuah kredibilitas merupakan sebuah dasar-dasar marketing yang bisa dibilang cukup untuk membuat pelanggan kembali lagi kepada anda. Kepercayaan oleh pelanggan merupakan sebuah hal yang berharga, dan memiliki kredibilitas yang tinggi adalah salah satu kuncinya. Hal ini bisa saja anda miliki dari produk ataupun kredibilitas sebagai pemilik perusahaan tersebut.
- Agar produk anda dapat dimengerti, janganlah anda mempromosikan sebuah produk/jasa dengan premis A, namun kenyataannya adalah B. Hal ini akan membawa perasaan tidak puas di antara pelanggan dan mereka akan mencoba untuk mencari perusahaan yang lebih baik. Jadilah konsisten dalam penjualan anda, karena konsisten merupakan kunci agar pelanggan bersedia menggunakan produk anda. Untuk menjadi konsisten adalah sebuah usaha yang juga dapat membantu untuk membangun sebuah kredibilitas yang tinggi.
Baca juga:
Jenis, Fungsi, Tujuan Marketing Untuk Bisnis
Jenis Marketing
Berikut adalah beberapa jenis marketing yang cukup berguna untuk bisnis anda:
- Iklan
Iklan merupakan sebuah strategi marketing berbayar yang menggunakan berbagai bentuk media massa untuk mengiklankan produk milik perusahaan. Bentuk marketing ini biasanya berupa iklan yang ditampilkan di televisi, radio atau mungkin dituliskan di surat kabar, media daring hingga billboard. Cara-cara perusahaan membuat iklan biasanya berbeda-beda dan cenderung menunjukan sisi unik dari perusahaan. - Internet
Dikarenakan era hari ini adalah era digital, pemasaran melalui internet sudah mulai populer dan sangat sering digunakan untuk mencapai berbagai pasar. Pemasaran melalui internet biasanya dilakukan melalui website, media sosial, dan beberapa platform di internet lainnya. - MLM
MLM atau multi level marketing merupakan sebuah cara pemasaran dimana tak hanya menjual, namun juga seringkali merekrut orang untuk menjadi tenaga pasarnya. Hal ini dapat membantu kembali promosi barang anda melalui cara mereka sendiri. - Branding
Branding merupakan sebuah pemasaran dengan cara menjaga kualitas produk atau jasa yang dijual, pelayanan pasca penjualan, serta logo perusahaan. Dalam hal lain, branding hampir serupa dengan memberikan nilai kepada perusahaan anda sendiri, dengan pelayanan, kualitas produk, bahkan sampai logo yang menjelaskan siapakah perusahaan ini.
Fungsi Marketing
Berikut adalah fungsi dari marketing:
1. Peningkatan Penjualan
Tentunya, fungsi marketing adalah untuk meningkatkan penjualan dari perusahaan anda sehingga menghasilkan laba. Dengan peningkatan penjualan yang pesat, semakin besar penjualan anda, semakin besar peluang produk atau jasa milik perusahaan anda terjual.
2. Pengenalan Produk
Konsumen akan lebih mudah mengenal produk atau jasa yang anda jual melalui kegiatan marketing.
3. Riset
Marketing dapat membantu anda untuk mengetahui seluk beluk tentang konsumen anda. Baik detail sebaran target pasar, dan produk-produk yang kemungkinan akan menyukai produk berian.
4. Kepuasan Konsumen
Dengan adanya marketing, anda dapat mengetahui kepuasan konsumen dengan umpan balik yang diberikan oleh pelanggan ketika kegiatan marketing tersebut berlangsung
5. Kompetisi
Melalui marketing perusahaan, anda dapat menonjolkan potensi yang perusahaan miliki agar dapat bersaing di pasar yang ada.
Tujuan Marketing
Selain itu, berikut adalah tujuan dari pemasaran yang dapat membantu bisnis anda:
- Dapat beradaptasi dengan pasar yang sudah ada di Indonesia dan dapat menyesuaikan perusahaan dengan keadaan yang ada
- Membuat sebuah tolak ukur agar dapat membantu dalam pengambilan keputusan pasar
- Menjadikan sebuah patokan agar dapat meningkatkan kualitas perusahaan berdasarkan apa yang diterima dari hasil marketing
- Membuat pengetahuan soal produk atau jasa lebih dimengerti dan dapat disesuaikan dengan ekspektasi para pelanggan
- Untuk membuat citra perusahaan yang lebih baik
Marketing merupakan sebuah langkah penting dalam membuka perusahaan, dan hal tersebut dapat membantu dalam membangun perusahaan anda baik dalam segi penjualan atau bahkan dari segi mengetahui keperluan pelanggan anda. Namun dari segi bantuan modal usaha, anda bisa mendapatkannya dari penyedia pinjaman legal OJK. Salah satunya adalah Lancar By Danamas.
Lancar by Danamas merupakan sebuah pinjaman beragunan properti yang memberikan pelayanan yang menerapkan 6 nilai utama; Leluasa, aman, nyaman, cepat, akurat dan juga ringan. Dengan Lancar by Danamas, anda bisa meminjam dengan jumlah dan tenor yang fleksibel, cocok untuk anda yang ingin memulai membuat usaha!