Usaha-Jangka-Panjang-di-Desa

Seperti kita ketahui, perekonomian di desa menjadi salah satu kontribusi yang turut serta menopang perekonomian Indonesia. Apalagi beberapa tahun ini program pembangunan desa gencar dilakukan sehingga adanya perbaikan di sektor ekonomi. Keadaan ini menjadi kesempatan besar untuk menggerakkan perekonomian di desa lebih pesat, salah satunya dengan mendirikan usaha. Dengan mendirikan usaha jangka panjang di Desa, maka bukan tidak mungkin Anda bisa ikut menggerakkan ekonomi di desa dari hal-hal kecil. 

Ada banyak ide usaha jangka panjang di desa yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan sekaligus menggerakkan perekonomian di area desa tersebut. Sebenarnya ada banyak ide bisnis yang bisa dilakukan di desa yang mungkin tidak Anda sadari bisnis ini cocok untuk Anda kembangkan. Beberapa rekomendasi ide ini juga bisa Anda kembangkan di desa untuk meraup keuntungan yang fantastis. Keuntungan dari bisnis di desa bisa Anda dapatkan dengan usaha yang tekun dan serius dalam menjalankannya.

Di artikel ini, Anda akan temukan daftar bisnis atau usaha jangka panjang di desa yang cocok untuk mengembangkan kemampuan Anda dalam berbisnis. Selain itu, Anda juga bisa memulai bisnis yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan desa tersebut, seperti budidaya jamur tiram yang hanya cocok untuk usaha di desa yang memiliki iklim sejuk atau dingin. Anda bisa cek informasi lengkapnya tentang usaha jangka panjang di desa dibawah ini:

32 Ide Usaha Jangka Panjang di Desa

Banyak macam usaha yang dapat didirikan di desa, berikut berbagai jenis peluang untuk membangun usaha di daerah pedesaan.

  1. Usaha Air Galon

Isi ulang air galon bisa menjadi salah satu usaha yang menjanjikan di desa karena setiap orang pastinya membutuhkan air untuk kebutuhan hidup. Apalagi di desa pada umumnya kaya akan sumber mata air dan memiliki kualitas air tanah yang baik. Banyaknya penggunaan dispenser listrik tentu membuat usaha isi air galon menjadi bisnis yang memiliki prospek cukup baik di desa. 

  1. Jual Kue Tradisional 

Setiap daerah pastinya memiliki ciri khas dalam kulinernya, termasuk di Desa. Oleh karena itu menjual kue tradisional bisa mendapatkan potensi yang baik. Dengan bertambahnya kreasi pada kemasan dan pemasaran di media sosial bisa mendatangkan keuntungan tersendiri apalagi saat menjelang hari – hari besar misal seperti Idul fitri, Natal dan momen lainnya.  

  1. Pertanian Hidroponik

Hidroponik adalah menanam tanaman dengan mengandalkan media tanam air dan ditambahkan dengan berbagai jenis nutrisi. Jenis usaha ini menjadi peluang usaha di desa karena pada umumnya masyarakat desa lebih tradisional dan memiliki banyak lahan pertanian atau tanaman. 

Selain menjual hasil panennya, masyarakat di desa bisa memanfaatkan kanal seperti Youtube untuk membuat konten yang berkaitan dengan budidaya tanaman hidroponik sehingga diketahui banyak orang dan mendapatkan pendapatan tambahan dari adsense/ iklan Youtube. 

  1. Sewa Alat pertanian 

Usaha sewa menyewa alat pertanian menjadi usaha yang cocok di desa karena memiliki target pasar yang jelas. Apalagi biasanya di desa memiliki mata pencaharian sebagai petani. Jika memasuki musim panen biasanya akan banyak permintaan akan alat untuk membajak atau memanen.

  1. Usaha Jasa Titip ke Kota

Usaha jasa titip ke kota bisa menjadi  bisnis di desa yang menguntungkan Cara kerja bisnis ini adalah dengan membeli barang sesuai dengan permintaan konsumen ketika kita berada di kota dan nantinya konsumen akan membayar kita ditambah dengan biaya jasa titip tersebut.

  1. Usaha Mebel dan Kerajinan Tangan 

Kerajinan mebel ataupun kreatifitas khas di desa bisa menjadi usaha yang menguntungkan karena pasarnya tidak hanya menjangkau dalam negeri. Dengan berkembangnya teknologi dan pemanfaatan sosial media bisa juga diekspor ke luar negeri sehingga mendatangkan keuntungan dan juga membantu menaikkan citra Indonesia di mata asing khususnya dalam bidang kreatifitas.

  1. Wisata dan Penginapan

Jika Anda tinggal di desa yang memiliki potensi pariwisata yang besar, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menjadikannya sebagai bisnis penginapan. Anda bisa memanfaatkan properti untuk digunakan sebagai penginapan dan mendatangkan keuntungan. 

  1. Jasa Pijat

Jasa pijat bisa jadi ide usaha jangka panjang di desa, karena umumnya orang yang ada di desa suka dengan pijat tradisional. Pijat ini bisa membesarkan tubuh dari rasa lelah atau pegal dan nyeri otot. Jika Anda memiliki keahlian dalam memijat dan memiliki sertifikat untuk bisa membuka usaha jasa pijat, maka ini bisa jadi pilihan yang tepat di desa.

  1. Buka Praktek Bidan

Dengan membuka praktek kebidanan, maka ini cocok untuk Anda yang memiliki pengalaman atau pendidikan dalam kebidanan. Jika Anda memiliki sertifikat STR, maka Anda perlu membuka praktek bidan di desa. Umumnya, praktek bidan di desa ini bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin memiliki usaha yang persaingannya relatif kecil di desa.

  1. Mendirikan Apotek

Selain bidan, ada juga bisnis dibidang kesehatan yang bisa Anda jalankan seperti mendirikan apotek. Bisnis dengan membuka apotek di desa tentu akan mempermudahkan penduduk sekitar yang ingin mencari obat disaat darurat. Seperti yang kita ketahui, beberapa wilayah di desa mungkin akan kesulitan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, maka tingkat persaingannya pun relatif sedikit. Sebaiknya berikan layanan terbaik dengan harga yang cukup terjangkau.

  1. Menyewakan Sound System

Anda juga bisa membuka jasa penyewaan sound system untuk berbagai acara seperti acara pernikahan, hiburan musik di desa, dll. Dengan begitu, Anda bisa melihat potensi bisnis yang cocok di desa dengan adanya usaha sewa sound system.

  1. Jadi PRT

Menjadi PRT / ART adalah salah satu hal yang umum kita temukan dimana para ART di kota besar umumnya berasal dari desa. Dengan menjadi ART, Anda perlu beberapa kemampuan seperti masak masakan rumahan, membersihkan rumah, ramah, dll. Kenyataannya, tidak semua orang memiliki kemampuan ini untuk bisa jadi ART, maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menawarkan diri menjadi ART di kota besar atau rumah-rumah orang yang luas dan berkecukupan.

  1. Buka PlayGroup

Pernah terbayangkan kah bahwa playgroup di desa bisa jadi ide usaha jangka panjang? Jika Anda memiliki tempat yang bisa memfasilitasi Anda untuk buka playgroup, maka bisa dibuatkan playgroup khusus untuk anak-anak dibawah umur 5 tahun. Jika Anda tidak memiliki tempat khusus, maka bisa dengan menyulap taman bagian depan atau teras yang cukup luas untuk dijadikan area playgroup.

  1. Jadi Tukang Borongan

Jika Anda memiliki fisik yang cukup kuat, tidak ada salahnya untuk menjadi tukang borongan untuk beberapa pekerjaan proyek di kota besar. Tukang borongan umumnya bersifat musiman dengan omset yang cukup besar. Ini bisa jadi pilihan yang pas untuk usaha jangka panjang di desa.

  1. Odong-Odong

Anak-anak di pedesaan juga butuh hiburan, salah satu yang bisa dijadikan pilihan usaha jangka panjang di desa adalah odong-odong. Bagi Anda yang ingin memberikan pilihan hiburan untuk anak-anak maka bisa dengan membuka jasa odong-odong yang dikenakan biaya sesuai dengan kemampuan penduduk sekitar. 

  1. Agen LPG

Agen LPG juga bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin membuka bisnis di desa. Jika di area atau desa Anda, para penduduknya menggunakan gas LPG untuk kompornya, maka ini bisa jadi peluang yang menarik. Pasalnya, di desa untuk bisa mencari agen LPG bisa jadi sulit karena area yang sulit dijangkau atau jarak-jarak pemilik agen yang terlalu jauh.

  1. Menyewakan Wifi untuk Sekitar Rumah

Sewa wifi di desa juga bisa jadi peluang usaha yang tepat. Seperti yang kita tahu, bahwa akses internet di desa bisa cukup sulit sedangkan banyak aktivitas dan kebutuhan yang membutuhkan akses internet. Anda bisa menjadikan wifi rumah sebagai ladang bisnis di sekitar rumah Anda. Gunakan modem atau smartphone untuk memancarkan jaringan wifi di rumah Anda. Jika ada tetangga yang ingin pakai wifi Anda, maka bisa minta fee untuk pemakaian.

  1. Buka Fotocopy & Print

Anda juga bisa membuka usaha fotocopy di desa dengan membeli mesin fotocopy dan printer sekaligus jasa percetakan dan menjual ATK (Alat Tulis Kantor). Toko fotocopy di desa sangat berguna bagi para pekerja dan anak-anak sekolah yang membutuhkan alat tulis kantor, percetakan untuk mencetak tugas, dll.

  1. Mendirikan Toko Pertanian

Jika Anda memiliki lahan yang cukup di desa, maka Anda bisa membuka kebun dan toko pertanian. Dengan cara ini,, maka Anda juga bisa berkontribusi dalam bidang pertanian untuk membuka toko pertanian. Dalam toko pertanian, Anda bisa menyediakan alat pertanian, bibit, pupuk, pestisida, dsb.

  1. Jasa Bimbel

Jika Anda memiliki kemampuan akademik, maka tidak ada salahnya untuk mencoba membuka jasa bimbel. Jasa bimbel yang bisa jadi pilihan untuk materi pembelajaran seperti mata pelajaran bahasa inggris, matematika, IPA, IPS, dll. Hal ini bisa jadi peluang bisnis yang tepat sembari memberikan kemudahan bagi para anak-anak untuk mendapatkan pendidikan yang mudah dan murah di sekitar rumahnya. Anda bisa melakukan bisnis ini sendiri maupun berkelompok dengan teman-teman.

  1. Fotografer Panggilan

Fotografer panggilan juga bisa jadi pilihan peluang bisnis bagi Anda yang memiliki kemampuan dibidang fotografi. Fotografer panggilan ini biasanya untuk berbagai panggilan acara seperti pernikahan, acara keluarga, acara RT, dll. Bisnis fotografi bisa jadi potensi yang cukup besar jika Anda menjalaninya dengan serius. Untuk mempromosikan bisnis Anda, maka bisa memanfaatkan promosi seperti flyer, poster yang ditempel di area desa, dll.

  1. Usaha Kerajinan Tangan

Jika Anda memiliki kemampuan untuk merangkai prakarya tertentu, maka bisa dijadikan bisnis usaha kerajinan tangan. Kerajinan tangan menjadi salah satu kesenian di sebuah daerah yang bisa Anda tunjukkan kepada wisatawan. Ide bisnis jangka panjang di desa ini bisa memberikan dampak positif bagi kampung Anda lebih dikenal oleh masyarakat karena kerajinan tangannya yang unik.

  1. Servis Elektronik

Servis elektronik juga bisa menjadi ide peluang bisnis bagi Anda yang ingin membantu sekaligus mendapatkan keuntungan bagi penduduk sekitar yang memiliki elektronik rusak. Untuk mencari jasa service elektronik di desa bisa cukup sulit, maka dari itu, Anda bisa coba buka jasa servis ini jika memiliki kemampuan reparasi.

  1. Servis Bengkel

Servis bengkel juga bisa menjadi pilihan peluang usaha bagi Anda yang menginginkan mendapatkan keuntungan di desa. Umumnya, penduduk di desa memiliki kendaraan motor, maka jika Anda memiliki kemampuan servis bisa membuka jasa servis bengkel ini dan memanfaatkan kemampuan yang dimiliki dengan modal yang relatif kecil.

  1. Usaha Toko Kelontong

Membuka usaha toko kelontong juga pilihan yang bagus, karena Anda hanya membutuhkan area yang kecil. Toko kelontong bisa Anda jalankan bahkan hanya di teras rumah atau area kecil lainnya. Toko kelontong umumnya berisi dagangan untuk menjual sembako, makanan, minuman ringan dan kebutuhan dasar para penduduk sekitar. 

  1. Jual Telur Gulung

Telur gulung juga bisa jadi ide usaha di desa yang pasti laris manis. Usaha jajanan ini bisa Anda buat di depan rumah, atau dengan gerobak telur gulung dan menjualnya di depan sekolah. Anak-anak pasti sangat menyukai jajanan ini dan Anda juga tidak perlu ribet untuk membuatnya karena cukup simple. Selain itu, bahan yang dibutuhkan juga terbilang sederhana yaitu telur, minyak goreng, penyedap rasa, dll.

  1. Jasa Menjahit

Bagi Anda yang memiliki keahlian menjahit, maka tidak ada salahnya untuk membuka usaha jasa menjahit. Jika memiliki modal lebih, coba juga buka jasa menjahit dengan menggunakan mesin sehingga bisa memudahkan Anda dengan waktu penyelesaian yang relatif cepat. Banyak dari masyarakat yang membutuhkan jasa menjahit ini untuk reparasi baju, jeans, dll.

  1. Budidaya Jamur Tiram

Jika desa Anda berada di wilayah yang sejuk dan dingin, maka budidaya jamur tiram bisa menjadi pilihan yang tepat. Keuntungannya dari usaha jangka panjang di desa dengan jamur tiram ini adalah bisa dilakukan di rumah dengan bahan baku jamur yang bisa didapatkan dengan muda. Anda bisa mempelajari budidaya jamur tiram terlebih dahulu di internet dan pastikan bahan dan media jamur juga tepat.

  1. Budidaya Rumput Laut

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk buka usaha di desa adalah budidaya rumput laut. Usaha rumput laut adalah bisnis yang cukup menjanjikan dan bisa jadi peluang usaha yang untung. Kelebihan dari budidaya rumput laut adalah bisa dikonsumsi biasa atau menjadi bahan dasar pembuat agar-agar. Jika budidaya rumput laut Anda sudah besar bahkan bisa berekspansi ke luar kota bahkan luar negeri. 

  1. Jual Mainan Anak

Menjual mainan anak-anak di desa juga bisa jadi peluang usaha yang bisa mendatangkan keuntungan bagi Anda. Walaupun kini membeli mainan anak sudah dengan mudah dilakukan secara online, Anda tetap bisa jadi pemilik usaha jual mainan secara offline di sekitar desa tempat tinggal Anda. Selain itu, mainan anak juga bisa dijual di pasar-pasar atau keliling di sekolah-sekolah.

  1. PertaMini

Jika di desa Anda tidak ada pertamini, maka ini bisa jadi ide peluang untuk mendirikan Pertamini di tempat Anda. Pertamini memiliki fungsi yang sama dengan SPBU pertamina, namun kelebihannya adalah konsumen bisa membeli dengan kebutuhan per liter atau satuan harga tanpa perli lagi memasukkannya ke dalam botol plastik.

  1. EO Kecil

Event Organizer atau EO bisa jadi peluang bisnis baru di Desa untuk keperluan acara seperti khitanan, ulang tahun, aqiqah, dll. Beberapa orang mungkin mencoba mempertimbangkan untuk menggunakan jasa EO di acara mereka karena lebih praktis. Dengan tenaga profesional untuk membuat suatu acara, memungkinkan konsumen untuk memiliki acara yang berjalan dengan lancar. 

Alasan Kenapa Buka Usaha di Desa

Ada banyak alasan dan keuntungan mengapa membuka usaha di desa disarankan. Hal ini tentu saja karena membuka usaha di desa sangatlah berpotensi. Terlebih lagi jika Anda serius untuk buka usaha di Desa, maka perekonomian desa tersebut bisa lebih bergerak maju dan Anda pun tidak hanya mendapatkan keuntungan, tapi juga berkontribusi untuk kebaikan ekonomi desa. Berikut adalah beberapa alasannya: 

  • Usaha di kampung relatif masih sedikit sehingga kompetitor juga sedikit.
  • Masyarakat desa merupakan orang yang masih memerlukan adanya inovasi dan pembangunan ke arah yang lebih modern.
  • Banyak peluang usaha karena masyarakat di desa umumnya membutuhkan atau mencari barang – barang tidak harus pergi ke kota.¬†
  • Membuka peluang kerja bagi masyarakat desa untuk mendapatkan pekerjaan¬†

Baca juga: Mau Usaha Bisnis Perabotan? Ini Dia 7 Tipsnya!

Modal Usaha di Desa dengan Pinjaman

Membuka usaha di desa bisa jadi sangat potensial dan tidak kalah saing seperti di kota. Bila Anda berniat untuk membuka usaha di desa dan membutuhkan tambahan modal usaha, Danamas bisa menjadi salah satu solusinya. Pinjaman online OJK bunga rendah 2021 yang telah berawasi dan berizin dari OJK memberikan pinjaman beragunan properti dengan limit pinjaman hingga Rp 2 Miliar dan tenor hingga 10 tahun, Anda bisa mewujudkan mimpi untuk memiliki usaha di desa. Dengan kemudahan pendanaan bisnis dari Danamas ini, maka siapapun bisa membuka usaha di Desa. Untuk pengajuan pinjaman lebih mudah bisa download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis di Play store atau Apple Store.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

apa-itu-networking

Apa Itu Networking, Manfaat & Cara Mengasahnya

Networking adalah kunci dari kesuksesan di masa mendatang. Banyak orang bilang bahwa kepintaran adalah hal yang penting untuk mencapai kesuksesan. Tapi tanpa networking

kisaran-biaya-kuliah-di-oxford-university

Biaya Kuliah di Oxford University 2023 dan Beasiswa yang Tersedia

Berapa biaya kuliah di oxford university? Banyak orang ingin berkuliah di Universitas Oxford karena universitas ini dianggap sebagai salah satu institusi pendidikan terbaik di

peluang-usaha-menjanjikan-2023

70 Peluang Usaha 2023 Menjanjikan & Tidak Ada Matinya

Peluang usaha ditahun ini punya banyak sekali pilihan, terutama bagi Anda yang hanya memiliki modal kecil. Beberapa orang mulai mempertimbangkan untuk membangun bisnis sebagai