personal branding adalah

Jika anda sedang menjalani bisnis, maka penting sekali untuk mengetahui tentang personal branding. Personal branding membantu pebisnis untuk bisa lebih dipercaya oleh masyarakat luas. 

Berbagai manfaat dari memiliki personal branding bisa Anda rasakan, namun sayangnya hal ini belum banyak disadari oleh pebisnis UMKM. Personal branding dalam bisnis bisa memberikan keuntungan non materi yang mungkin bisa Anda rasakan, berikut ulasannya:

Apa Itu Personal Branding?

Personal branding adalah strategi untuk membentuk citra diri sehingga masyarakat atau orang lain bisa menilai dari prestasi dan pencapaian yang dimiliki. Personal branding mengacu pada proses membangun personal publik untuk audiens atau target market anda. 

Hal ini melibatkan dengan hati-hati juga akurat untuk mengkomunikasikan keyakinan, nilai-nilai, yang anda anut dalam perusahaan serta tujuan anda. Untuk itu, ada sebuah strategi dalam personal branding yang perlu Anda ketahui agar kedepannya citra atau image dari perusahaan anda bisa tersampaikan dengan baik.

Dengan kata lain, personal branding adalah sebuah praktek untuk memasarkan orang ataupun perusahaan sebagai bentuk merek. Hal ini adalah bagian dari proses yang berkelanjutan untuk mengembangkan serta mempertahankan reputasi dan kesan individu kelompok atau organisasi. 

Pada praktik lainnya, personal branding juga bisa dapat meningkatkan citra diri sebagai bentuk kesuksesan dalam pengemasan diri. Sebuah kombinasi yang unik dari keterampilan, pengalaman, dan kepribadian Anda dalam mempromosikan diri sendiri akan memberikan reputasi yang baik bagi pribadi atau perusahaan.

Pentingnya Personal Branding 

  • Membantu Anda Terlihat Unggul dibandingkan Kompetitor

Personal branding adalah alat yang baik untuk menunjukkan kemampuan dan pengetahuan yang anda miliki tentang topik pada bidang tertentu. Membangun brand adalah kesempatan yang baik untuk anda menunjukkan kepada orang-orang apa yang anda ketahui serta kenapa anda bisa tahu tentang itu. Hal ini akan membantu anda untuk membedakan diri Anda dibandingkan dengan kompetitor.

  • Mendapatkan Koneksi yang Luas

Dengan memiliki brand personal atau personal branding maka anda bisa membangun koneksi dengan orang-orang dari berbagai bidang, tak hanya di dunia maya tetapi juga di dunia nyata. Ketika anda dikenal sebagai seseorang yang bisa menguasai bidang tertentu, Anda bisa mendapatkan perhatian dari orang yang memiliki bidang sama ataupun berbeda dari anda.

  • Membangun Kredibilitas

Personal branding bisa membantu orang lain untuk mengenal anda lebih jelas pada bidang yang anda kuasai. Selain itu personal branding juga bisa menjelaskan apa yang anda lakukan di mana hal ini sejalan dengan brand anda yang akan validasi perusahaan atau bisnis Anda sehingga bisa dipercaya dan menunjukkan bahwa anda Kredibel.

  • Menambah Kepercayaan Diri

Sambil membangun brand personal Anda, Anda bisa menambah kepercayaan diri juga. Pada proses membangun kepercayaan diri, maka anda pun akan mengenal kekuatan yang ada dalam diri anda yang bisa dibagikan ke khalayak umum. Dengan personal branding yang kuat, maka anda bisa menekankan kelebihan dan tujuan Anda yang jelas. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengenali kelemahan Anda yang bisa membantu untuk mengenali diri sendiri.

  • Menunjukkan Keahlian Anda

Jika anda menguasai keahlian tertentu maka Anda bisa mendeskripsikan apa yang Anda lakukan dengan sangat percaya diri. Keahlian anda miliki adalah bagian dari kombinasi unik dari kepribadian pengalaman hidup dan juga pengalaman kerja yang bisa anda kenali untuk menciptakan personal branding. 

  • Jadi Lebih Fokus

Dengan memiliki personal branding, maka anda akan lebih fokus tentang apa yang ingin Anda berikan kepada lingkungan. Untuk itu penting sekali untuk mengenali diri anda sendiri agar Anda tahu apa yang akan ingin anda ciptakan untuk personal branding.

Karakteristik Personal Branding 

Sebelum anda merancang personal branding untuk bisnis, maka ada beberapa karakteristik yang perlu Anda ketahui agar mempermudah anda dalam menyusun personal brand.

Memiliki Ciri Khas

Dengan memiliki ciri khas maka personal brand yang kuat bisa menjelaskan sesuatu yang cukup spesifik. Hal ini merupakan cerminan dari ide-ide dan nilai dalam diri yang membedakan dari orang lain. Ciri khas dapat dipresentasikan ke dalam bentuk kualitas pribadi tampilan fisik ataupun keunggulan.

Relevan

Relevan dalam personal brand berkaitan dengan karakter seseorang atau perusahaan yang bisa menjelaskan sesuatu hal yang dianggap penting atau dibutuhkan oleh masyarakat. Jika relevansi atau keterkaitan tidak ada, maka Anda mungkin akan kesulitan untuk memberikan personal brand yang kuat di mata masyarakat.

Konsisten

Konsisten adalah usaha untuk menjalankan personal brand secara terus-menerus atau konsisten, sehingga orang lain bisa mengidentifikasikan personal brand tersebut dengan mudah dan jelas yang akhirnya akan membentuk brand equity atau keunggulan merek. 

Cara Membangun Personal Branding

personal branding adalah
  1. Cari alasan mengapa bisnis Anda perlu melakukan personal branding

Sebelum anda membuat personal branding, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengetahui alasan di balik membangun sebuah personal branding untuk bisnis. Cari tahu bagaimana cara Anda untuk membuat sukses dan bagaimana anda menciptakan merek yang kuat serta mencapainya.

Strategi untuk membangun bisnis bisa mencakup semua tujuan dan nilai dari bisnis yang Anda jalankan. Tak hanya itu ketahui juga manfaat yang ingin anda perlihatkan di dalam bisnis. Hal tersebut bisa terlihat dari logo, elemen, atau tipografi. Maka selanjutnya, Anda bisa menceritakan bagaimana bisnis bisa berjalan dengan baik.

  1.  Gunakan Strategi Pemasaran

Salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan personal branding bisnis adalah dengan menggunakan strategi pemasaran atau strategi branding. Beberapa perusahaan juga menggunakan strategi branding identity yang bisa membantu untuk meningkatkan citra perusahaan. 

Brand identity ialah berbagai elemen yang melekat pada sebuah merek, seperti pada logo, kemasa, hingga warna yang melekat pada merek tersebut. Hal ini secara tidak langsung akan berdampak pada bentuk citra suatu merek di mata masyarakat. Dengan memiliki ciri khas, maka masyarakat bisa membedakan produk Anda dengan produk lainnya dan terlihat lebih unggul.

  1. Menentukan Target Market

Pada personal branding bisnis maka anda juga harus menentukan target audiens yang sesuai dengan bisnis Anda. Maka kedepannya Anda pun bisa merancang personal branding dengan sangat baik dan akurat.

  1. Memilih Media Untuk Personal Branding

Saat Anda membangun personal branding untuk bisnis, maka Anda harus tentukan media yang digunakan untuk menyebarluaskan pesan yang ingin anda sampaikan. Anda harus melihat target market yang sesuai dan media apa mereka sering gunakan.

Baca juga:

Branding adalah: Cara strategis untuk Bisnis

14 Brand Fashion Lokal Populer Yang Bisa Go Internasional

  1. Gunakan Media Sosial

Media sosial sebagai saluran untuk mengenalkan personal branding Anda. Media sosial adalah salah satu cara berbisnis untuk bisa lebih dekat dengan konsumennya. Selain itu lewat personal branding anda bisa mengikuti tren yang populer sehingga ini bisa jadi trik untuk membuat personal branding dalam bentuk strategi pemasaran.

  1. Lakukan Evaluasi Personal Branding

Untuk hasil yang maksimal maka personal branding harus dibuat beberapa kali, umumnya personal branding yang dibuat berkali-kali mampu mempertahankan bisnis mereka di mata konsumen. Untuk itu perlu adanya evaluasi personal brand di setiap waktu agar dapat menciptakan instrumen bisnis yang terus berkesinambungan. Konsisten dalam membuat personal branding untuk bisnis juga sangat penting sehingga personal branding tidak bisa hanya dibuat dalam satu kali saja. 

Untuk bisa membangun sebuah personal branding, Anda tidak membutuhkan biaya yang besar. Namun, dalam sebuah bisnis, Anda tetap membutuhkan biaya untuk berpromosi agar pesan yang Anda rancang pada strategi personal branding bisa terlaksana. 

Jika Anda kesulitan dalam membangun bisnis, maka hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendapatkan pinjaman modal usaha dari Lancar by Danamas. Lancar by Danamas hadir dengan solusi pinjaman modal usaha beragunan properti dengan limit besar hingga Rp 2 miliar. Dengan modal besar dan suku bunga yang rendah, Anda bisa dapatkan kemudahan berpromosi secara lebih leluasa. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia? Apa Saja?

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia. Mungkin saja Anda ingin mulai bekerja, namun bingung pekerjaan apa yang ingin anda lakukan. Jika anda ingin membuat uang yang banyak dari pekerjaan anda, atau mungkin anda baru saja memulai pekerjaan dan ingin bayaran yang cukup. Di artikel ini, kami akan merangkum beberapa pekerjaan yang memiliki bayaran cukup tinggi. Yuk, simak artikel ini! Mungkin saja Anda bisa menemukan pekerjaan yang anda inginkan juga.

Daftar Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Anda ingin bekerja di luar negeri? Berikut adalah sebuah daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia, dengan perhitungan gaji per tahun. Ada beberapa yang mungkin tidak diduga, lho! :

  • Alih bedah syaraf memiliki bayaran sekitar US$ 381.000 atau Rp 5,4 Miliar per tahun. Alih bedah ini sedikit berbeda dari ahli bedah syaraf, namun bayarannya juga sama-sama besar, dengan bayaran US$ 251.000 atau Rp 3,5 Miliar per tahun
  • Pengacara merupakan sebuah pekerjaan yang juga dibayar mahal. Pasalnya, pengacara per tahunnya bisa menghasilkan US$ 141.890 atau sekitar Rp 2 Miliar.
  • CEO merupakan sebuah pekerjaan yang penting untuk hal-hal yang bersifat hukum. Gaji pengacara memang merupakan gaji yang besar, dengan jumlah US$ 200.140 atau setara dengan Rp 2,8 M per tahunnya. 
  • Orthodontist, yakni ahli gigi,  memiliki gaji per tahun sebanyak $264,850 
  • Psikolog juga memiliki gaji yang cukup besar, dengan gaji yang banyak sebesar $86,181 per tahunnya. Di luar negeri, beberapa sekolah memiliki psikolog di dalam sekolah, dan pekerjaannya membantu pelajar untuk merasa aman dan nyaman. Gaji psikolog sekolah per tahun adalah sekitar $66.000.

Daftar Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Indonesia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Di Indonesia, juga ada banyak pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi, lho! Berikut adalah beberapa daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia per tahun 2022, dihitung dari per bulannya: 

  • Ahli pertambangan bisa mendapatkan sekitar Rp 15.900.000 per bulan, membuatnya salah satu pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi.
  • Manajer bank juga merupakan salah satu pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi, dengan penghasilan Rp 12.000.000 atau setara dengan Rp 144.000.000 per tahun.
  • Kepala dari sumber daya manusia (Head of HRD) memiliki gaji sebesar Rp 15.000.000 yang bisa didapatkan per bulannya. 
  • Ahli perminyakan dan gas adalah pekerjaan selanjutnya yang memiliki gaji yang cukup besar, yakni sebesar Rp 17.000.000 per bulan.
  • Dikala waktu dimana media sosial merupakan sebuah kunci untuk mempromosikan barang, gaji Content manager menjadi sebuah hal yang cukup tinggi. Seorang content manager dapat menerima Rp 20.000.000 per bulannya. Sama halnya dengan dokter spesialis, yang juga mendapat sekitar Rp 20.000.000 per bulan. 
  • Pilot merupakan orang-orang yang mengendarai pesawat. Pilot memiliki gaji yang cukup tinggi, dengan bayaran mencapai sekitar Rp 50.000.000 per bulannya.
  • Jika anda merupakan seorang CEO, COO atau CFO, anda merupakan bagian dari C-suite. Gaji yang didapatkan oleh para C-suite adalah Rp 100.000.000 per bulannya. Jumlah yang cukup banyak, bukan?

Baca juga: Pengertian dan Pentingnya Onboarding Karyawan

Ada banyak lagi daftar pekerjaan yang dapat memberikan gaji yang cukup tinggi. Pilihan pekerjaan yang anda inginkan berada di tangan anda sendiri. Pilihlah pekerjaan yang sekiranya cocok untuk anda dan gaji cukup untuk keperluan anda. Untuk memilih sebuah pekerjaan, anda harus pintar dalam memilih pekerjaan. Sama seperti pekerjaan, anda juga harus pintar dalam memilih pinjaman untuk modal usaha perusahaan anda. Lancar by Danamas merupakan fintech pinjaman beragunan yang menggunakan properti sebagai jaminannya. Ingin tahu lebih lanjut, segera kunjungi kami di www.lancar.id!

Tips onboarding

Pengertian dan Pentingnya Onboarding Karyawan

Setiap perusahaan, pastinya akan merekrut karyawan baru untuk menunjang visi dan misi perusahaan. Sebagai perusahaan yang baik, dalam merekrut karyawan baru tentunya harus membuat karyawan tersebut dapat menyesuaikan diri di lingkungan kerja yang baru sehingga karyawan tersebut betah dan dapat bekerja dengan baik. 

Proses penyesuaian tersebut tidak hanya dilakukan bagi karyawan baru, namun juga untuk memberikan citra positif perusahaan agar kinerja karyawan lebih baik. Untuk itulah sangat pentingnya onboarding. Apa yang dimaksud dengan onboarding karyawan? Simak dalam artikel ini! 

Apa itu Onboarding Karyawan?

Tips onboarding

Onboarding karyawan adalah proses yang dilakukan agar karyawan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan perannya di lingkungan kerja yang baru. Onboarding karyawan berfungsi bagi produktivitas perusahaan kedepannya, karena dengan adanya onboarding karyawan, karyawan baru tersebut dapat mengenal dengan jelas lingkup pekerjaan dan juga orang-orang yang akan berkoordinasi dengannya. Sehingga karyawan baru dapat memberikan output kinerja yang jauh lebih optimal. 

Biasanya di dalam sebuah perusahaan, salah satu yang bertanggung jawab ketika sedang melakukan onboarding yakni dari divisi HRD. Dimana tugasnya adalah memperkenalkan karyawan baru dalam lingkungan dan perannya agar dapat menjalan tugas dengan baik dan nyaman. 

Pentingnya Onboarding

Proses penyesuaian karyawan dalam lingkungan barunya pastinya sangat penting dan dapat mempengaruhi kinerja. Apabila karyawan merasa nyaman dengan lingkungan kantor, pastinya akan memberikan hasil kinerja yang baik. Oleh karena itu onboarding penting karena dapat memberikan: 

  1. Kesempatan dalam mengenalkan dan memastikan bahwa karyawan tersebut mengerti mengenai  visi,misi dan nilai perusahaan.
  2. Merupakan masa yang tepat bagi karyawan baru untuk memahami tanggung jawab, hak, hingga prosedur yang berlaku di perusahaan
  3. Kesempatan bagi karyawan untuk memutuskan melanjutkan masa kerjanya atau tidak. Masa onboarding merupakan masa yang tepat untuk karyawan menentukan motivasi kerja, hingga kinerja lingkungan di sekitarnya. 
  4. Menumbuhkan engage dari karyawan kepada perusahaan yang bertujuan untuk memastikan bahwa karyawan mendapatkan kesempatan yang baik untuk berkarir di perusahaan tersebut dan menurunkan tingkat karyawan untuk berpindah (turnover).

Tips Onboarding ke Karyawan

Tips onboarding

Berikut ini adalah beberapa tips onboarding yang bisa Anda lakukan ke karyawan baru: 

  1. Dilakukan sejak Offering Letter Ditandatangani  

Karyawan baru tentunya akan merasa lebih tenang jika pada saat menandatangani offering letter, dengan keputusan bahwa kedua belah pihak telah menyatakan akan bekerja dan mempekerjakan karyawan tersebut dengan adanya bukti offering letter yang telah ditandatangani. Usahakan saat hari pertama masuk kerja, karyawan telah mendapatkan perlengkapan kantor, meja kerja, hingga proses administrasi yang telah dipersiapkan. 

  1. Jangan Berlebihan dalam Merancang Onboarding 

Saat hari pertama karyawan masuk, pastikan Anda mengajaknya dalam sesi orientasi. Perhatikan dengan baik jadwal kegiatan dan materi informasi yang hendak diberikan kepada karyawan baru dan jangan memberikan semua informasi dalam satu hari, karena dapat membuat karyawan tidak mengerti poin yang Anda sampaikan. Diskusikan dengan Manajer divisi karyawan baru tersebut untuk mengoptimalisasi proses onboarding. 

  1. Libatkan Karyawan Baru dalam Berbagai Perbincangan 

Agar onboarding karyawan baru bisa berjalan dengan lancar, maka Anda dapat melibatkan karyawan baru tersebut dalam topik perbincangan, sehingga mereka dapat menunjukkan kapabilitasnya. Karyawan baru juga dapat belajar bagaimana pengalaman yang didapat ketika melakukan diskusi dan tentunya hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri yang jauh lebih optimal.

  1. Jangan Memberikan Beban Kerja yang Berat di Awal 

Dalam proses atau periode onboarding biasanya karyawan akan diberikan tugas yang sesuai dengan jobdesk yang telah ditentukan. Namun masih sebatas permulaan. Jangan langsung memberikan beban kerja yang berat, hal ini dapat mengurangi motivasi karyawan dalam bekerja. 

Tips Onboarding Karyawan Online

Tips onboarding

Seperti yang Anda ketahui, semenjak pandemi covid-19 berlangsung maka banyak perusahaan yang menerapkan sistem online atau remote. Hal inilah yang kemudian menjadikan adanya karyawan yang melakukan pekerjaan dari rumah atau secara remote. Untuk melakukan proses onboarding secara online, maka biasanya dilakukan setelah kandidat menandatangani offering letter. 

Anda juga bisa menggunakan program onboarding secara online, yakni dengan menyiapkan file berbentuk PPT, administrasi, serta alat kantor yang dikirimkan ke alamat karyawan baru.  tersebut. Memaksimalkan proses onboarding dengan menambahkan new hire booklet atau informasi bermanfaat lain yang dapat membantu karyawan baru beradaptasi di perusahaan dan tentunya mengenalkan karyawan baru di sektor internal perusahaan.  

Baca juga: Apa itu Employee Engagement & Manfaat, Cara Meningkatkannya

Cobalah untuk melakukan kegiatan daily meeting  secara online agar karyawan baru tidak bingung ketika berada dalam lingkungan kerjanya. Selain itu dengan adanya daily meeting maka mereka dapat mengetahui rekan kerjanya serta mengetahui job desk secara detail ataupun bertanya mengenai pendapat ataupun masalah yang dialami. Lancar by Danamas merupakan platform digital untuk pinjaman online yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan usaha. Hanya dengan agunan properti dan pengajuan Anda bisa dilakukan secara mudah kapanpun dan dimanapun. Segera daftarkan diri Anda, dan dapatkan pinjaman mulai dari Rp 50 Juta hingga Rp 2 miliar. Anda juga dapat menghitung nilai properti Anda disini.

Cara Merekrut Talent

Cara Merekrut Talent yang Tepat untuk Perusahaan

Mempekerjakan karyawan yang tepat untuk perusahaan dapat meningkatkan budaya kerja dan dapat memberikan dampak yang positif untuk perusahaan. Anda tentunya ingin merekrut karyawan yang dapat berdampak positif bagi perusahaan, bukan? Lantas bagaimana cara merekrut karyawan yang tepat? Simak artikel berikut ini. 

Cara Merekrut Talent yang Ideal

Cara Merekrut Talent

Untuk mendapatkan talent yang ideal dan cocok untuk pekerjaan yang dituju dan sesuai dengan perusahaan maka dibutuhkan beberapa cara yang tepat, seperti:

  1. Definisikan Job desc Sebelum Memulai Rekrutmen

Merekrut talent atau kandidat yang tepat perlu dimulai dengan adanya informasi dan analisis mengenai tugas, tanggung jawab, keterampilan yang diinformasikan dengan jelas. Dengan adanya deskripsi pekerjaan tentunya membantu para calon pelamar untuk menentukan apakah profil mereka sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan begitu Anda pun dapat merekrut karyawan yang tepat. 

  1. Merencanakan Strategi Perekrutan Karyawan

Setelah mendefinisikan job description, maka langkah selanjutnya adalah melibatkan karyawan atau manajer yang sedang mencari karyawan untuk divisi tersebut. Manajer akan menilai apa yang tepat untuk divisinya tersebut sehingga profil calon talent sesuai dengan user yang akan bekerja dengannya. 

  1. Membuat Checklist untuk Proses Rekrutmen 

Buatlah tracker dan checklist untuk mempermudah Anda mendapatkan kandidat yang tepat. Dengan Adanya checklist,  Anda bisa melihat dan melacak upaya perekrutan mana kandidat yang telah Anda masukkan ke bagian shortlisting dan mana yang tidak karena dalam proses perekrutan pastinya akan ada banyak kandidat yang mendaftar, dan tentunya hal ini akan membantu proses rekrutmen lebih efisien. 

  1. Memeriksa Latar Belakang dan Referensi 

Pemeriksaan latar belakang dan referensi merupakan salah satu langkah yang penting untuk merekrut kandidat. Anda perlu memastikan bahwa keterampilan, pengalaman, yang dimiliki oleh calon kandidat sesuai dengan jobdesk yang akan diberikan. Anda bisa melakukannya saat sesi wawancara. 

  1. Mengajukan Pertanyaan yang Tepat saat Wawancara

Sesi wawancara merupakan sesi yang sangat penting dalam proses perekrutan hal ini dapat menggali lebih dalam calon kandidat yang Anda pilih. Apakah gaji nya sesuai dengan yang dapat Anda berikan, latar belakang dan pengalam kerja yang sesuai, serta mengetahui karakter atau first impression dari si talent tersebut. 

Aspek Penting saat Merekrut Karyawan

Cara Merekrut Talent

Untuk merekrut karyawan yang tepat, maka diperlukan beberapa aspek. Berikut ini adalah aspek- aspek yang dinilai dari seorang kandidat dalam proses rekrutmen seperti:  

  1. Keterampilan Teknis (Hard skill)

Keterampilan teknis biasanya berkaitan dengan keterampilan kandidat dalam pekerjaannya. Kemampuan ini contohnya seperti penggunaan bahasa asing, menggunakan software. Kemampuan teknis juga biasanya dapat didukung dan dibuktikan melalui sertifikasi. 

  1. Kompetensi (Soft Skill)

Kompetensi kerja mengacu pada kemampuan teknis dan perilaku di tempat kerja. Beberapa contoh softskill yang dicari adalah kemampuan untuk berkolaborasi dalam tim, memecahkan masalah, dan bernegosiasi. 

  1. Kepribadian

Kepribadian merupakan pola karakteristik seseorang ketika merasakan emosi, berpikir, dan juga berperilaku. Kepribadian seseorang tentunya akan berdampak pada pekerjaan, budaya kerja, dan juga rekan kerjanya. 

  1. Motivasi Kerja

Motivasi kerja atau work values merupakan kepercayaan dan juga preferensi seseorang dalam memilih pekerjaan serta perusahaan. Motivasi kerja mencakup dua nilai yakni intrinsik dan ekstrinsik. Nilai intrinsik merupakan hal yang mencakup tanggung jawab serta tugas yang dikerjakan dalam suatu posisi. Nilai ekstrinsik merupakan apa yang didapatkan dari tempat kerja diluar dari pekerjaan itu sendiri. 

Cara Agar Talent Tertarik Bekerja di Perusahaan Anda 

Cara Merekrut Talent

Menurut Forbes, generasi milenial mencari budaya dan tujuan yang cocok dengannya. Maka dari itu agar talent tertarik bekerja di perusahaan Anda, perlu dipastikan bahwa budaya kerja perusahaan Anda cocok dengan budaya calon kandidat tersebut. Budaya merupakan kekuatan yang tidak terlihat dalam membentuk kesuksesan perusahaan dan menjadi kunci untuk mempertahankan top management pada perusahaan. 

Setiap Perusahaan pastinya mempunyai budaya yang khas dan berbeda dengan perusahaan yang lain, inilah yang dapat Anda tampilkan ketika Anda membuka lowongan dan pada saat sesi wawancara kandidat, Anda bisa mencoba menjelaskan dan menceritakan budaya kerja yang ada dalam perusahaan Anda. 

Baca juga: Rincian Biaya Hidup Di Jakarta Untuk Karyawan

Merekrut dan Memasarkan Perusahaan Melalui Linkedin

Platform Linkedin menjadi salah satu platform untuk mencari kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda. Bagi Anda yang memiliki halaman perusahaan akan membuat perusahaan rincian tentang profil, produk, serta daftar pekerjaan menggunakan karir add on page. Namun ada fitur – fitur berbayar untuk melakukan ini. Anda juga dapat memberikan tentang budaya perusahaan, bagaimana suasana bekerja, testimoni dari karyawan, dan lain sebagainya. 

Berikut Ini adalah manfaat atau kegunaan dari Linkedin yang dapat Anda dapatkan.

  1. Banyak perusahaan yang memiliki Linkedin Company Pages, sehingga akan membuat kandidat dan recruiter lebih mudah memunculkan profil perusahaannya.
  2.  Memberikan kesempatan untuk mengembangkan jaringan Perusahaan Anda.
  3. Anda dapat melihat profil singkat pelamar melalui Linkedin.
  4. Linkedin dapat berfungsi untuk mencari kandidat dengan tepat sesuai divisi atau jobdesk yang dibutuhkan melalui talent finder. 

Bila Anda membutuhkan pinjaman modal usaha untuk mengembangkan usaha atau perusahaan Anda, jangan bingung! Lancar By Danamas merupakan solusi yang tepat bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Dengan pinjaman beragunan properti, Anda bisa mendapatkan tambahan dana mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Cukup dengan dokumen sertifikat properti saja, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan aman, mudah, dan proses yang cepat. Kunjungi website Lancar by Danamas disini!