Usaha Modal Kecil

Bisnis kecil dan menengah (UMKM) kini banyak dipilih orang untuk dijadikan sebagai usaha sampingan. Namun, hanya ada beberapa usaha modal kecil yang menjanjikan untuk bisa Anda coba. Hal ini dikarenakan beberapa pilihan umkm membutuhkan modal besar. Modal yang besar bisa menjadi kendala jika saat ini belum Anda miliki, untuk itu coba mulai dari usaha modal kecil 1 juta untuk bisa maksimalkan potensi Anda sebagai entrepreneur pemula. 

Usaha Modal Kecil 1 Jutaan

Bisnis Frozen Food

Frozen food menjadi pilihan populer usaha modal kecil dikalangan ibu rumah tangga (IRT). Frozen food dinilai memiliki banyak kelebihan dibanding pilihan usaha makanan matang. Kelebihan memulai usaha modal kecil frozen food antara lain, tidak butuh skill memasak yang mumpuni, bisa di stok lebih lama di freezer, jenis variatif dengan harga kompetitif. Jika Anda berencana membuka usaha frozen food, coba pertimbangkan untuk membeli freezer khusus frozen food jika kulkas dirumah Anda tidak mencukupi kebutuhan penyimpanan makanan di freezer. Kini, ada banyak sekali ukuran freezer yang bisa Anda pilih untuk usaha frozen food. Jangan lupa sesuaikan kebutuhan juga listrik dirumah Anda. Produk-produk frozen food yang bisa Anda jual seperti nugget, French fries, sosis, mix vegetable, tempura, dll. 

Minuman Sehat

Usaha Modal Kecil

Selain makanan sehat, minuman sehat juga kini digandrungi banyak orang dari anak muda hingga orang tua. Di masa pandemi seperti sekarang banyak sekali orang yang mencari minuman sehat sebagai bagian dari asupan imun. Minuman sehat yang bisa dijual dengan modal kecil antara lain empon-empon dan jamu. Kini, juga sudah banyak resep jamu atau empon-empon yang divariasikan dengan rasa-rasa seperti vanilla, coklat, dll. 

Jual Almond Milk

Minuman yang kini populer di tahun 2022 adalah almond milk. Usaha almond milk banyak dipilih karena minuman homemade ini tak hanya banyak manfaatnya tapi juga memiliki pangsa pasar. Untuk bisa membuka usaha almond milk, maka Anda membutuhkan peralatan dapur seperti blender, saringan, panci, dll. Untuk bahan baku kacang almond, Anda bisa mulai mencari supplier yang menawarkannya dengan harga terjangkau. Cara mengolah kacang almond hingga menjadi almond milk juga sangat mudah, Anda bisa coba resep andalan Anda terlebih dahulu sebelum dijual di ecommerce atau media sosial. 

Bisnis Budidaya

Jika Anda menyukai kegiatan budidaya, seperti budidaya ikan hias, ikan konsumsi, tanaman hias, dll, maka ini bisa jadi pilihan usaha modal kecil. Tak perlu modal banyak, cukup 1 jutaan saja Anda bisa sudah memulai usaha budidaya ini. Hal yang perlu Anda miliki adalah kemampuan yang bisa didapat dari learning by doing, selain itu kebutuhan peralatan dan pasokan bahan yang mungkin Anda butuhkan. Misalnya, pada budidaya tanaman hias, Anda membutuhkan skill dalam bertanam, membibitkan, lalu membeli tanah, pupuk, pot, tanaman hias, alat bertanam, hingga lahan yang cukup. Semua ini bisa Anda dapat dengan modal kecil saja lho! Kuncinya adalah cari supplier yang terjangkau untuk kebutuhan bisnis Anda. 

Travel Planner

Usaha Modal Kecil

Apakah pernah terpikirkan kalau Anda bisa menjadi travel planner atau perencana liburan? Nah, ini bisa jadi pilihan usaha modal kecil yang cocok untuk Anda yang suka dengan membuat rencana liburan nih! Di Masa liburan terlebih lagi saat pandemi hampir usai, pasti akan ada banyak sekali orang yang ingin liburan. Untuk destinasi yang unik dan jauh mungkin, ini bisa jadi kesempatan Anda yang suka travelling jadi travel planner. Modal usaha ini tentunya tidaklah besar karena hal yang paling Anda butuhkan adalah skill atau kemampuan merancang liburan yang menyenangkan. Anda yang suka travelling, pasti sudah terbiasa untuk merancang sendiri liburan, seperti pilihan hotel di sekitar tempat wisata, lokasi ideal untuk special occasion (wedding, birthday party, dll), mengakomodasi masuk ke tempat wisata, dan rencana liburan lainnya. 

House Cleaner

Bisnis jasa juga bisa jadi pilihan usaha modal kecil yang menjanjikan. Usaha pembersihan rumah kini kian populer karena makin banyak orang yang lebih mempercayakan kebersihan rumah mereka dengan jasa. Jasa pembersih ini membutuhkan beberapa peralatan kebersihan, untuk permulaan Anda bisa menyediakan beberapa peralatan seperti sapu, pel, dll hingga cairan pembersih yang lengkap untuk kaca, furniture, lantai, dll. Agar modal kecil bisa lebih maksimal, coba cari supplier cairan pembersih rumah yang berkualitas bagus namun harga terjangkau. 

Personal Chef

Usaha Modal Kecil

Jika Anda percaya diri dengan keahlian memasak Anda, tidak ada salahnya untuk bisa menawarkan jasa memasak yaitu menjadi personal chef. Personal chef adalah juru masak pribadi yang biasanya dipekerjakan pada acara-acara tertentu, seperti pertemuan keluarga, acara ulang tahun, dll. Beberapa professional chef di restoran atau hotel berbintang juga menjadikan personal chef sebagai usaha sampingan mereka di waktu libur atau akhir pekan. Jika Anda berminat menjadi personal chef, coba untuk menggali ilmu memasak lebih ahli lagi dan buat banyak resep andalan Anda. 

Penyewa Rumah Inap Liburan (Bed & Breakfast)

Jika Anda memiliki properti yang bisa disewakan, maka tidak ada salahnya untuk menjadikan properti tersebut rumah atau vila yang bisa ditempati orang sementara. Umumnya, orang akan memilih penginapan jenis bed & breakfast (b&b) karena terasa lebih nyaman dengan konsep seperti di rumah sendiri. Jika Anda berencana menyewakan properti untuk b&b, maka siapkan dana untuk maintenance. 

Jasa Organizer

Di Jakarta, sudah ada jasa organizer yaitu orang yang menata perabotan dan aksesoris di lemari Anda. Mungkin saja ini masih terdengar baru, namun akan menjadi trend yang cukup menjanjikan. Jika Anda memiliki kelebihan untuk menata barang atau peralatan di rumah, maka ini bisa jadi jasa bisnis yang menjanjikan. Hal ini karena banyak orang yang tak terpikirkan bahwa penataan rumah yang rapi bisa memberikan mood yang baik untuk penghuninya. Jasa organizer biasanya akan fokus pada penataan lemari pakaian, lemari pantry dapur, tempat-tempat penyimpanan aksesori, boto, peralatan, dll. 

Bisnis Mainan Anak

Usaha Modal Kecil

Mainan anak bisa jadi pilihan untuk usaha modal kecil tahun ini. Mainan anak kini sudah banyak sekali jenisnya, seperti mainan edukasi, mainan Montessori, mainan plastik, mainan kayu dan aneka mainan elektronik anak. Bagi Anda yang suka dengan dunia anak-anak, ini bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan. Cari supplier mainan anak yang menawarkan harga supplier murah lalu promosikan jualan Anda lewat media sosial atau jual di ecommerce. 

Sewa Perlengkapan Bayi

Kini populer sekali perlengkapan bayi untuk disewakan. Umumnya, orang tua lebih suka menyewa karena lebih terjangkau, selain itu bayi hanya membutuhkan perlengkapan untuk jangka waktu singkat. Jika Anda memiliki perlengkapan bayi yang bisa disewakan, coba usaha modal kecil ini. Perlengkapan bayi untuk disewakan seperti alat MPASI (food processor), bouncer bayi, tempat tidur bayi (crib), push walker, dll. 

Usaha Sewa Alat Pendaki

Alat pendaki juga salah satu perlengkapan yang banyak dipilih dengan cara disewa. Pendaki gunung juga lebih nyaman untuk menyewa alat mendaki seperti tenda. Anda bisa jadi penyedia jasa sewa alat mendaki yang menyediakan berbagai peralatan mendaki gunung yang terlengkap. Usaha ini banyak sekali dilirik anak muda, yuk coba! Awali dengan membuat daftar perlengkapan mendaki gunung apa saja yang bisa Anda sediakan dan paling banyak dicari orang. 

Modal usaha memang menjadi faktor penting dalam pengembangan sebuah bisnis. Untuk itu, penting juga memiliki darimana kita bisa mendapatkan modal usaha yang aman dan terpercaya. Salah satu pilihan mendapatkan modal usaha yang aman adalah di perusahaan fintech lending. Fintech lending seperti Lancar by Danamas bisa menjadi solusi untuk pencarian modal usaha Anda. Lancar by Danamas memiliki limit besar modal usaha hingga Rp 2 miliar dengan suku bunga rendah sehingga tidak akan membebani keuangan bisnis Anda. 

Sebagai fintech lending berizin OJK, Lancar by Danamas memastikan bahwa pinjaman modal usaha beragunan properti Anda bisa dengan mudah dan praktis. Hal ini dikarenakan, mengajukan pinjaman bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun lewat aplikasi Lancar by Danamas. Siapapun bisa mengajukan pinjaman di Lancar by Danamas, individu ataupun perusahaan bisa dengan aman dan nyaman mendapatkan pinjaman modal usaha beragunan properti ini. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia? Apa Saja?

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia. Mungkin saja Anda ingin mulai bekerja, namun bingung pekerjaan apa yang ingin anda lakukan. Jika anda ingin membuat uang yang banyak dari pekerjaan anda, atau mungkin anda baru saja memulai pekerjaan dan ingin bayaran yang cukup. Di artikel ini, kami akan merangkum beberapa pekerjaan yang memiliki bayaran cukup tinggi. Yuk, simak artikel ini! Mungkin saja Anda bisa menemukan pekerjaan yang anda inginkan juga.

Daftar Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Anda ingin bekerja di luar negeri? Berikut adalah sebuah daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia, dengan perhitungan gaji per tahun. Ada beberapa yang mungkin tidak diduga, lho! :

  • Alih bedah syaraf memiliki bayaran sekitar US$ 381.000 atau Rp 5,4 Miliar per tahun. Alih bedah ini sedikit berbeda dari ahli bedah syaraf, namun bayarannya juga sama-sama besar, dengan bayaran US$ 251.000 atau Rp 3,5 Miliar per tahun
  • Pengacara merupakan sebuah pekerjaan yang juga dibayar mahal. Pasalnya, pengacara per tahunnya bisa menghasilkan US$ 141.890 atau sekitar Rp 2 Miliar.
  • CEO merupakan sebuah pekerjaan yang penting untuk hal-hal yang bersifat hukum. Gaji pengacara memang merupakan gaji yang besar, dengan jumlah US$ 200.140 atau setara dengan Rp 2,8 M per tahunnya. 
  • Orthodontist, yakni ahli gigi,  memiliki gaji per tahun sebanyak $264,850 
  • Psikolog juga memiliki gaji yang cukup besar, dengan gaji yang banyak sebesar $86,181 per tahunnya. Di luar negeri, beberapa sekolah memiliki psikolog di dalam sekolah, dan pekerjaannya membantu pelajar untuk merasa aman dan nyaman. Gaji psikolog sekolah per tahun adalah sekitar $66.000.

Daftar Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Indonesia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Di Indonesia, juga ada banyak pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi, lho! Berikut adalah beberapa daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia per tahun 2022, dihitung dari per bulannya: 

  • Ahli pertambangan bisa mendapatkan sekitar Rp 15.900.000 per bulan, membuatnya salah satu pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi.
  • Manajer bank juga merupakan salah satu pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi, dengan penghasilan Rp 12.000.000 atau setara dengan Rp 144.000.000 per tahun.
  • Kepala dari sumber daya manusia (Head of HRD) memiliki gaji sebesar Rp 15.000.000 yang bisa didapatkan per bulannya. 
  • Ahli perminyakan dan gas adalah pekerjaan selanjutnya yang memiliki gaji yang cukup besar, yakni sebesar Rp 17.000.000 per bulan.
  • Dikala waktu dimana media sosial merupakan sebuah kunci untuk mempromosikan barang, gaji Content manager menjadi sebuah hal yang cukup tinggi. Seorang content manager dapat menerima Rp 20.000.000 per bulannya. Sama halnya dengan dokter spesialis, yang juga mendapat sekitar Rp 20.000.000 per bulan. 
  • Pilot merupakan orang-orang yang mengendarai pesawat. Pilot memiliki gaji yang cukup tinggi, dengan bayaran mencapai sekitar Rp 50.000.000 per bulannya.
  • Jika anda merupakan seorang CEO, COO atau CFO, anda merupakan bagian dari C-suite. Gaji yang didapatkan oleh para C-suite adalah Rp 100.000.000 per bulannya. Jumlah yang cukup banyak, bukan?

Baca juga: Pengertian dan Pentingnya Onboarding Karyawan

Ada banyak lagi daftar pekerjaan yang dapat memberikan gaji yang cukup tinggi. Pilihan pekerjaan yang anda inginkan berada di tangan anda sendiri. Pilihlah pekerjaan yang sekiranya cocok untuk anda dan gaji cukup untuk keperluan anda. Untuk memilih sebuah pekerjaan, anda harus pintar dalam memilih pekerjaan. Sama seperti pekerjaan, anda juga harus pintar dalam memilih pinjaman untuk modal usaha perusahaan anda. Lancar by Danamas merupakan fintech pinjaman beragunan yang menggunakan properti sebagai jaminannya. Ingin tahu lebih lanjut, segera kunjungi kami di www.lancar.id!

Tips onboarding

Pengertian dan Pentingnya Onboarding Karyawan

Setiap perusahaan, pastinya akan merekrut karyawan baru untuk menunjang visi dan misi perusahaan. Sebagai perusahaan yang baik, dalam merekrut karyawan baru tentunya harus membuat karyawan tersebut dapat menyesuaikan diri di lingkungan kerja yang baru sehingga karyawan tersebut betah dan dapat bekerja dengan baik. 

Proses penyesuaian tersebut tidak hanya dilakukan bagi karyawan baru, namun juga untuk memberikan citra positif perusahaan agar kinerja karyawan lebih baik. Untuk itulah sangat pentingnya onboarding. Apa yang dimaksud dengan onboarding karyawan? Simak dalam artikel ini! 

Apa itu Onboarding Karyawan?

Tips onboarding

Onboarding karyawan adalah proses yang dilakukan agar karyawan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan perannya di lingkungan kerja yang baru. Onboarding karyawan berfungsi bagi produktivitas perusahaan kedepannya, karena dengan adanya onboarding karyawan, karyawan baru tersebut dapat mengenal dengan jelas lingkup pekerjaan dan juga orang-orang yang akan berkoordinasi dengannya. Sehingga karyawan baru dapat memberikan output kinerja yang jauh lebih optimal. 

Biasanya di dalam sebuah perusahaan, salah satu yang bertanggung jawab ketika sedang melakukan onboarding yakni dari divisi HRD. Dimana tugasnya adalah memperkenalkan karyawan baru dalam lingkungan dan perannya agar dapat menjalan tugas dengan baik dan nyaman. 

Pentingnya Onboarding

Proses penyesuaian karyawan dalam lingkungan barunya pastinya sangat penting dan dapat mempengaruhi kinerja. Apabila karyawan merasa nyaman dengan lingkungan kantor, pastinya akan memberikan hasil kinerja yang baik. Oleh karena itu onboarding penting karena dapat memberikan: 

  1. Kesempatan dalam mengenalkan dan memastikan bahwa karyawan tersebut mengerti mengenai  visi,misi dan nilai perusahaan.
  2. Merupakan masa yang tepat bagi karyawan baru untuk memahami tanggung jawab, hak, hingga prosedur yang berlaku di perusahaan
  3. Kesempatan bagi karyawan untuk memutuskan melanjutkan masa kerjanya atau tidak. Masa onboarding merupakan masa yang tepat untuk karyawan menentukan motivasi kerja, hingga kinerja lingkungan di sekitarnya. 
  4. Menumbuhkan engage dari karyawan kepada perusahaan yang bertujuan untuk memastikan bahwa karyawan mendapatkan kesempatan yang baik untuk berkarir di perusahaan tersebut dan menurunkan tingkat karyawan untuk berpindah (turnover).

Tips Onboarding ke Karyawan

Tips onboarding

Berikut ini adalah beberapa tips onboarding yang bisa Anda lakukan ke karyawan baru: 

  1. Dilakukan sejak Offering Letter Ditandatangani  

Karyawan baru tentunya akan merasa lebih tenang jika pada saat menandatangani offering letter, dengan keputusan bahwa kedua belah pihak telah menyatakan akan bekerja dan mempekerjakan karyawan tersebut dengan adanya bukti offering letter yang telah ditandatangani. Usahakan saat hari pertama masuk kerja, karyawan telah mendapatkan perlengkapan kantor, meja kerja, hingga proses administrasi yang telah dipersiapkan. 

  1. Jangan Berlebihan dalam Merancang Onboarding 

Saat hari pertama karyawan masuk, pastikan Anda mengajaknya dalam sesi orientasi. Perhatikan dengan baik jadwal kegiatan dan materi informasi yang hendak diberikan kepada karyawan baru dan jangan memberikan semua informasi dalam satu hari, karena dapat membuat karyawan tidak mengerti poin yang Anda sampaikan. Diskusikan dengan Manajer divisi karyawan baru tersebut untuk mengoptimalisasi proses onboarding. 

  1. Libatkan Karyawan Baru dalam Berbagai Perbincangan 

Agar onboarding karyawan baru bisa berjalan dengan lancar, maka Anda dapat melibatkan karyawan baru tersebut dalam topik perbincangan, sehingga mereka dapat menunjukkan kapabilitasnya. Karyawan baru juga dapat belajar bagaimana pengalaman yang didapat ketika melakukan diskusi dan tentunya hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri yang jauh lebih optimal.

  1. Jangan Memberikan Beban Kerja yang Berat di Awal 

Dalam proses atau periode onboarding biasanya karyawan akan diberikan tugas yang sesuai dengan jobdesk yang telah ditentukan. Namun masih sebatas permulaan. Jangan langsung memberikan beban kerja yang berat, hal ini dapat mengurangi motivasi karyawan dalam bekerja. 

Tips Onboarding Karyawan Online

Tips onboarding

Seperti yang Anda ketahui, semenjak pandemi covid-19 berlangsung maka banyak perusahaan yang menerapkan sistem online atau remote. Hal inilah yang kemudian menjadikan adanya karyawan yang melakukan pekerjaan dari rumah atau secara remote. Untuk melakukan proses onboarding secara online, maka biasanya dilakukan setelah kandidat menandatangani offering letter. 

Anda juga bisa menggunakan program onboarding secara online, yakni dengan menyiapkan file berbentuk PPT, administrasi, serta alat kantor yang dikirimkan ke alamat karyawan baru.  tersebut. Memaksimalkan proses onboarding dengan menambahkan new hire booklet atau informasi bermanfaat lain yang dapat membantu karyawan baru beradaptasi di perusahaan dan tentunya mengenalkan karyawan baru di sektor internal perusahaan.  

Baca juga: Apa itu Employee Engagement & Manfaat, Cara Meningkatkannya

Cobalah untuk melakukan kegiatan daily meeting  secara online agar karyawan baru tidak bingung ketika berada dalam lingkungan kerjanya. Selain itu dengan adanya daily meeting maka mereka dapat mengetahui rekan kerjanya serta mengetahui job desk secara detail ataupun bertanya mengenai pendapat ataupun masalah yang dialami. Lancar by Danamas merupakan platform digital untuk pinjaman online yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan usaha. Hanya dengan agunan properti dan pengajuan Anda bisa dilakukan secara mudah kapanpun dan dimanapun. Segera daftarkan diri Anda, dan dapatkan pinjaman mulai dari Rp 50 Juta hingga Rp 2 miliar. Anda juga dapat menghitung nilai properti Anda disini.

Cara Merekrut Talent

Cara Merekrut Talent yang Tepat untuk Perusahaan

Mempekerjakan karyawan yang tepat untuk perusahaan dapat meningkatkan budaya kerja dan dapat memberikan dampak yang positif untuk perusahaan. Anda tentunya ingin merekrut karyawan yang dapat berdampak positif bagi perusahaan, bukan? Lantas bagaimana cara merekrut karyawan yang tepat? Simak artikel berikut ini. 

Cara Merekrut Talent yang Ideal

Cara Merekrut Talent

Untuk mendapatkan talent yang ideal dan cocok untuk pekerjaan yang dituju dan sesuai dengan perusahaan maka dibutuhkan beberapa cara yang tepat, seperti:

  1. Definisikan Job desc Sebelum Memulai Rekrutmen

Merekrut talent atau kandidat yang tepat perlu dimulai dengan adanya informasi dan analisis mengenai tugas, tanggung jawab, keterampilan yang diinformasikan dengan jelas. Dengan adanya deskripsi pekerjaan tentunya membantu para calon pelamar untuk menentukan apakah profil mereka sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan begitu Anda pun dapat merekrut karyawan yang tepat. 

  1. Merencanakan Strategi Perekrutan Karyawan

Setelah mendefinisikan job description, maka langkah selanjutnya adalah melibatkan karyawan atau manajer yang sedang mencari karyawan untuk divisi tersebut. Manajer akan menilai apa yang tepat untuk divisinya tersebut sehingga profil calon talent sesuai dengan user yang akan bekerja dengannya. 

  1. Membuat Checklist untuk Proses Rekrutmen 

Buatlah tracker dan checklist untuk mempermudah Anda mendapatkan kandidat yang tepat. Dengan Adanya checklist,  Anda bisa melihat dan melacak upaya perekrutan mana kandidat yang telah Anda masukkan ke bagian shortlisting dan mana yang tidak karena dalam proses perekrutan pastinya akan ada banyak kandidat yang mendaftar, dan tentunya hal ini akan membantu proses rekrutmen lebih efisien. 

  1. Memeriksa Latar Belakang dan Referensi 

Pemeriksaan latar belakang dan referensi merupakan salah satu langkah yang penting untuk merekrut kandidat. Anda perlu memastikan bahwa keterampilan, pengalaman, yang dimiliki oleh calon kandidat sesuai dengan jobdesk yang akan diberikan. Anda bisa melakukannya saat sesi wawancara. 

  1. Mengajukan Pertanyaan yang Tepat saat Wawancara

Sesi wawancara merupakan sesi yang sangat penting dalam proses perekrutan hal ini dapat menggali lebih dalam calon kandidat yang Anda pilih. Apakah gaji nya sesuai dengan yang dapat Anda berikan, latar belakang dan pengalam kerja yang sesuai, serta mengetahui karakter atau first impression dari si talent tersebut. 

Aspek Penting saat Merekrut Karyawan

Cara Merekrut Talent

Untuk merekrut karyawan yang tepat, maka diperlukan beberapa aspek. Berikut ini adalah aspek- aspek yang dinilai dari seorang kandidat dalam proses rekrutmen seperti:  

  1. Keterampilan Teknis (Hard skill)

Keterampilan teknis biasanya berkaitan dengan keterampilan kandidat dalam pekerjaannya. Kemampuan ini contohnya seperti penggunaan bahasa asing, menggunakan software. Kemampuan teknis juga biasanya dapat didukung dan dibuktikan melalui sertifikasi. 

  1. Kompetensi (Soft Skill)

Kompetensi kerja mengacu pada kemampuan teknis dan perilaku di tempat kerja. Beberapa contoh softskill yang dicari adalah kemampuan untuk berkolaborasi dalam tim, memecahkan masalah, dan bernegosiasi. 

  1. Kepribadian

Kepribadian merupakan pola karakteristik seseorang ketika merasakan emosi, berpikir, dan juga berperilaku. Kepribadian seseorang tentunya akan berdampak pada pekerjaan, budaya kerja, dan juga rekan kerjanya. 

  1. Motivasi Kerja

Motivasi kerja atau work values merupakan kepercayaan dan juga preferensi seseorang dalam memilih pekerjaan serta perusahaan. Motivasi kerja mencakup dua nilai yakni intrinsik dan ekstrinsik. Nilai intrinsik merupakan hal yang mencakup tanggung jawab serta tugas yang dikerjakan dalam suatu posisi. Nilai ekstrinsik merupakan apa yang didapatkan dari tempat kerja diluar dari pekerjaan itu sendiri. 

Cara Agar Talent Tertarik Bekerja di Perusahaan Anda 

Cara Merekrut Talent

Menurut Forbes, generasi milenial mencari budaya dan tujuan yang cocok dengannya. Maka dari itu agar talent tertarik bekerja di perusahaan Anda, perlu dipastikan bahwa budaya kerja perusahaan Anda cocok dengan budaya calon kandidat tersebut. Budaya merupakan kekuatan yang tidak terlihat dalam membentuk kesuksesan perusahaan dan menjadi kunci untuk mempertahankan top management pada perusahaan. 

Setiap Perusahaan pastinya mempunyai budaya yang khas dan berbeda dengan perusahaan yang lain, inilah yang dapat Anda tampilkan ketika Anda membuka lowongan dan pada saat sesi wawancara kandidat, Anda bisa mencoba menjelaskan dan menceritakan budaya kerja yang ada dalam perusahaan Anda. 

Baca juga: Rincian Biaya Hidup Di Jakarta Untuk Karyawan

Merekrut dan Memasarkan Perusahaan Melalui Linkedin

Platform Linkedin menjadi salah satu platform untuk mencari kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda. Bagi Anda yang memiliki halaman perusahaan akan membuat perusahaan rincian tentang profil, produk, serta daftar pekerjaan menggunakan karir add on page. Namun ada fitur – fitur berbayar untuk melakukan ini. Anda juga dapat memberikan tentang budaya perusahaan, bagaimana suasana bekerja, testimoni dari karyawan, dan lain sebagainya. 

Berikut Ini adalah manfaat atau kegunaan dari Linkedin yang dapat Anda dapatkan.

  1. Banyak perusahaan yang memiliki Linkedin Company Pages, sehingga akan membuat kandidat dan recruiter lebih mudah memunculkan profil perusahaannya.
  2.  Memberikan kesempatan untuk mengembangkan jaringan Perusahaan Anda.
  3. Anda dapat melihat profil singkat pelamar melalui Linkedin.
  4. Linkedin dapat berfungsi untuk mencari kandidat dengan tepat sesuai divisi atau jobdesk yang dibutuhkan melalui talent finder. 

Bila Anda membutuhkan pinjaman modal usaha untuk mengembangkan usaha atau perusahaan Anda, jangan bingung! Lancar By Danamas merupakan solusi yang tepat bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Dengan pinjaman beragunan properti, Anda bisa mendapatkan tambahan dana mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Cukup dengan dokumen sertifikat properti saja, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan aman, mudah, dan proses yang cepat. Kunjungi website Lancar by Danamas disini!