cara-mendapatkan-uang

Memiliki usaha atau bisnis tak hanya impian untuk mereka yang membutuhkan pendapatan, tapi juga mereka yang ingin memiliki penghasilan tambahan. Impian untuk mempunyai bisnis seringkali terhalangi dengan modal usaha. Lalu bagaimana cara mendapatkan uang untuk modal?

Beberapa orang memilih cara mendapatkan uang dengan bekerja kantoran sambil mengumpulkan modal usaha mereka. Untuk bisa mendapatkan modal usaha yang cukup, maka dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Tapi hal itu cukup sulit apalagi jika gajinya pas-pasan ditambah pengeluaran yang menggunung tiap bulannya.

Apa ada cara mendapatkan uang yang lain? yang prosesnya cepat dan bisa mengcover modal bisnis? Tentu saja ada. Apa anda tertarik? Jika Anda ingin tahu rahasia cara mendapatkan modal dengan waktu singkat, coba ikuti tips berikut ini, ada hal-hal yang bisa anda jadikan solus.

10 Cara Mendapatkan Uang Dengan Cepat

Dengan uang, kita bisa memenuhi kebutuhan hidup. Walaupun uang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang. Bagaimana cara mendapatkan uang dengan cepat dan halal? Ternyata tidak sulit untuk memperoleh uang. Bahkan ada yang tidak membutuhkan modal. Yuk simak ulasannya!

1. Dropshipper

Dropship adalah cara mendapatkan uang yang pertama. Ketika menjadi seorang dropshipper, anda tidak perlu menyiapkan barang untuk stok atau mengirimkannya kepada pembeli. Produsen atau vendor lah yang melakukan pengiriman.

2. Survey Berbayar

Melakukan survey berbayar juga bisa menjadi cara untuk memenuhi pundi-pundi keuangan. Pasti ada perusahaan yang memerlukan opini mengenai produk yang mereka produksi. Dan mereka menyediakan survey berbayar di websitenya. 

Di survei tersebut, para responden akan mendapatkan poin. Setelah mengumpulkan poinnya, anda bisa menukarkan dengan kebijakan dari website tersebut. Umumnya bisa ditukarkan dengan uang tunai, pulsa dan voucher belanja.

3. Bisnis Kaos Pre Order

Pemilihan sistem preorder membuat anda tidak perlu terlalu “ngoyo”. Dengan pembayaran DP terlebih dahulu, anda bisa menggunakannya untuk modal membeli kaos. Apalagi jika anda memiliki keterampilan bidang desain. Anda bisa mendesain kaos-kaos itu sendiri dan ini tentunya lebih menghemat pengeluaran karena tidak perlu menyewa orang yang pandai desain. 

4. Aksesori Handmade

Bagi anda yang memiliki hobi membuat aksesoris seperti gelang, cincin, kalung dan lainnya. Hobi ini bisa menghasilkan uang dan bukan hanya sekedar hobi saja. Modal utamanya adalah bahan baku pembuatan aksesori dan biasanya tidak memerlukan modal yang besar.

5. Jualan Desain

Apa anda jago desain? Karya-karya anda bisa anda pasarkan di situs jual beli desain seperti Shutterstock dan Freepic. Selain itu anda juga bisa mempromosikannya melalui sosial media dan membuat portofolio. Tak sedikit perusahaan yang mencari desainer dari sosial media, seperti instagram. Bisa saja desain anda dibeli untuk cover buku, diminta menggambar di cafe, kaos dan lainnya.

6. Trading Saham

Sebelum bertrading saham, anda perlu belajar mengenai cara trading dan strategi-strateginya. Walaupun trading saham kini banyak diminati orang, bahkan para pemula sekalipun. Tapi tidak mudah untuk meraup uang di jalan ini.

7. Reksadana

Solusi lain adalah reksadana. Jika anda belum percaya diri untuk mencoba trading saham dan forex, reksadana bisa jadi pilihan. Reksadana adalah investasi online yang cepat memunculkan returns. Tapi bila perusahaan mengalami kerugian, uang anda juga bisa berkurang.

8. Buka Toko Online

Anda bisa membuka toko online di marketplace ataupun website sendiri. Produknya pun bisa menyesuaikan dengan budget. Apa sistem reseller, dropship atau menjual produk sendiri. Walaupun memang ketika menjual barang sendiri, untung yang didapat pun bisa lebih banyak, jadi perputaran uang bisa lebih baik.

9. Buket Bunga

Ketika ada acara spesial seperti ulang tahun, kelulusan, hari ibu, kenaikan jabatan, pernikahan dan lainnya, orang-orang akan memberikan bunga kepada orang tersayang. Nah ini bisa anda jadikan peluang untuk menjual jasa buket bunga. 

10. Jasa Penulisan SEO

Untuk berpromosi, banyak cara yang dilakukan perusahaan, salah satunya adalah mempekerjakan penulis SEO. Bagi anda yang senang dan memiliki keterampilan menulis, bisa melamar sebagai penulis SEO. Biasanya gaji dibayarkan tergantung dari jumlah artikel yang anda tulis.

10 Cara Mengumpulkan Modal Bisnis

Modal adalah hal utama yang harus ada ketika ingin memulai bisnis. Jika modalnya tidak cukup, maka proses promosi, produksi dan distribusi akan terhambat. Jika ingin bisnis berjalan lancar dan terus berkembang, anda harus memiliki modal besar. Berikut ada beberapa cara mengumpulkan modal dalam bisnis:

  1. Buat Rencana Dana usaha

Sebelum Anda menentukan model bisnis apa yang ingin dilakukan, maka sebaiknya buat perencanaan dana yang dibutuhkan. Rencana ini cukup dibutuhkan untuk tahu skema biaya atau modal yang Anda butuhkan. Di Awal bisnis, mungkin Anda butuh modal yang cukup karena pasti akan ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Terlebih lagi jika model bisnis yang ingin dijalankan terbilang besar. Untuk itu, siapkan perencanaan dana sebelum mengumpulkan modal usaha. 

  1. Gunakan Tabungan

Hal yang paling sering dilakukan sebagai cara mendapatkan modal adalah dengan menggunakan tabungan sendiri. Seperti yang dikatakan diatas, orang mengumpulkan modal lewat gaji mereka saat bekerja. Setelah terkumpul sesuai jumlah modal yang dibutuhkan, barulah uang yang disisihkan dari gaji tersebut bisa digunakan untuk bisnis. Cara mendapatkan modal dengan tabungan ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama terlebih lagi dalam sebulan hanya beberapa persen dari gaji yang bisa dikumpulkan, maka Anda pun harus bersabar. 

  1. Jual Harta Pribadi

Pilihan untuk menjual harta pribadi sebagai cara mendapatkan modal sepertinya harus dibarengi dengan pilihan yang bijak. Selain mengumpulkan uang secara pribadi, Anda juga bisa menjual aset yang dimiliki. Aset yang bisa Anda jual untuk modal antara lain kendaraan, perhiasaan atau gadget. Namun, Anda harus tetap bijak dalam memilih aset sebagai modal usaha. Pilihlah aset yang jika dijual harganya tidak turun terlalu jauh, selain itu barang tersebut bukanlah barang primer yang masih sangat dibutuhkan. Akan lebih baik jika Anda bisa mendapatkan barang tersebut kembali setelah bisnis Anda berjalan dengan lancar. 

  1. Gadai Aset

Cara mendapatkan modal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggadaikan aset. Ini juga merupakan pilihan yang sering kali dipakai oleh beberapa pebisnis pemula, karena dengan menggadaikan, Anda bisa tebus kembali saat sudah balik modal. Untuk barang yang bisa Anda gadaikan seperti kendaraan, perhiasan, gadget dan kamera. Kekurangan dari gadai aset ini mungkin hanya nominalnya tidak akan sebesar jika Anda menjual aset. Cek juga aset yang sudah digadaikan, apakah ada kemajuan perputaran uang bisnis karena Anda sebaiknya menebusnya di tanggal yang sudah disepakati.

  1. Modal Usaha via Investor

Jika Anda ingin cara mendapatkan modal dengan cepat dan jumlah yang cukup besar maka, cobalah cari investor. Pihak ketiga ini akan memberikan modal tanpa harus ikut andil secara operasional dalam bisnis Anda. Pada prosesnya, Anda juga akan menemui beberapa kesepakatan dengan pihak ketiga (investor). Kesepakatan tersebut biasanya untuk meminimalisir beberapa tantangan yang nantinya terjadi saat bisnis berlangsung. 

  1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Jika Anda tidak memiliki aset yang mampu dijadikan agunan, maka KTA atau Kredit Tanpa Agunan bisa juga jadi pilihan cara mendapatkan modal. Anda tidak akan bebankan dengan jaminan oleh pihak peminjam atau bank. Untuk ketentuan dan plafonnya pun bisa bervariasi, Anda bisa pilih yang sesuai dengan kebutuhan juga kemampuan Anda. 

  1. Ajukan Pinjaman Koperasi

Cara mendapatkan modal ini juga sering dilakukan oleh beberapa orang yang ingin mendapatkan modal usaha cepat dan praktis. Lewat Koperasi Simpan Pinjam atau KSP, Anda bisa meminjam uang dengan bunga yang rendah dibanding bunga kredit di bank. Selain itu, sebagai anggota koperasi, Anda bisa mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang bisa mengurangi beban pinjaman. Ada banyak lembaga koperasi, namun tetap pilih yang mengantongi izin Kementerian Koperasi dan UKM sehingga dalam perjalanan membangun bisnis pun terasa lebih lancar. 

  1. Kredit dengan Agunan

Kredit dengan Agunan atau Kredit Multiguna ini juga jadi pilihan beberapa pebisnis yang ingin mendapatkan modal usaha di bank. Kredit multiguna ini mengharuskan Anda memberikan aset sebagai jaminan. Jaminan tersebut bisa seperti sertifikat tanah, sertifikat rumah, BPKB Motor, mobil, dsb. 

  1. Mencari Partner Bisnis

Memulai bisnis bisa sendiri atau bersama partner. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam hal ini memiliki partner bisnis bisa membantu Anda untuk mendapatkan modal usaha lebih cepat. Tak hanya soal modal bisnis yang bisa Anda dapatkan, dengan partner bisnis juga bisa mendapatkan ide-ide baru yang tentunya bisa berbeda dengan Anda. Saat mencari rekan bisnis untuk usaha Anda, sebaiknya pilih rekan yang memiliki visi dan misi sama dengan Anda. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir gesekan yang mungkin saja terjadi saat menjalankan bisnis. 

  1. Pilih Pinjaman Online Berizin OJK

Kini, banyak sekali lembaga keuangan yang memberikan layanan pinjaman online dengan iming-iming cair lebih cepat. Tak dipungkiri, mendapatkan modal yang cepat adalah keinginan hampir semua orang. Namun, Anda harus tetap berhati-hati saat melakukan pinjaman online, karena banyak sekali pinjol yang illegal. Lalu, bagaimana cari tahu bahwa pinjol itu legal? Salah satu caranya adalah dengan mengecek apakah pinjaman online tersebut sudah disetujui oleh OJK atau belum. 

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Cara Mencari Investor (Untuk Bisnis UMKM)

Kini bisnis UMKM kian menjamur, walaupun makin banyak ditemui tapi usaha ini cukup riskan kekurangan modal. Sehingga perlu suntikan dana dari investor. Ada beberapa strategi yang bisa diterapkan oleh pelaku UMKM dalam mencari investor, yaitu:

  1. Maksimalkan Internet & Sosial Media

Internet dan sosial media memiliki dampak yang positif bila dimanfaatkan dengan baik. Termasuk para pelaku bisnis UMKM. Buatlah profil di situs yang bisa mempertemukan investor dan pelaku UMKM. Profil harus dibuat sebaik dan semenarik mungkin. Info yang ditampilkan juga harus detail agar investor tertarik. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa mencari informasi tentang modal ventura yang mungkin sesuai dengan kebutuhan usaha bisnis anda.

  1. Ikuti Pameran Bisnis

Ikutlah datang dan berpartisipasi ketika ada pameran bisnis. Biasanya di acara tersebut ada banyak investor yang hadir. Umumnya ada juga sesi business matching. Pada sesi ini, para pelaku bisnis memiliki kesempatan untuk presentasi bisnis di depan investor.

Disinilah anda bisa menampilkan konsep bisnis yang fresh dan menarik, agar investor berminat berinvestasi ke bisnis anda. Keikutsertaan dalam acara ini dinilai sebagai cara instan dalam menggaet investor dan menambah jaringan pelaku UMKM. 

  1. Cari Informasi Tentang Klub Investor Individu

Dengan menghadiri konferensi industri dan forum dagang lokal. Di pertemuan tersebut akan dihadiri oleh investor-investor dan hal ini bisa menjadi angin segar bagi anda yang ingin mencari investor.

Bisnis Perputaran Uang Cepat, Apa Saja?

Dengan kemajuan teknologi, makin banyak cara mendapatkan uang yang bisa dilakukan. Anda bisa memanfaatkan skill dan meminimalisir modal. Walaupun ada juga usaha-usaha konvensional yang masih diminati masyarakat dan menjadi bisnis menjanjikan karena perputaran uangnya cepat.

  1.  Jasa Titip (Jastip)

Internet membuat semua hal mudah dilakukan, termasuk membeli barang dari luar negeri. Anda bisa mengakses Amazon, eBay dan website-website negara lain. Dari sini anda bisa memanfaatkan peluang untuk membuka jasa titip. Karena tidak semua orang mengerti cara membeli produk dari beda negara.

Anda hanya perlu kartu kredit atau akun PayPal untuk melakukan transaksi. Anda bisa menaikkan harga dari aslinya dan hal ini adalah keuntungan yang anda dapatkan. Bagi anda yang sedang melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri, anda juga bisa memanfaatkan ini sebagai usaha sampingan.

  1. Toko Kelontong / Sembako

Sembako adalah kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi oleh setiap individu. Sehingga perputaran uang di toko kelontong atau sembako sangat cepat. Karena banyaknya transaksi keuangan yang dilakukan di tempat ini. 

Apalagi jika anda membuka toko sembako di tempat ramai seperti pasar dan melayani ecer atau grosir, maka keuntungan yang diraup juga semakin banyak. 

  1. Translator 

Dengan skill yang anda miliki, anda bisa menjadi seorang translator atau penerjemah. Apalagi sekarang banyak institusi yang memerlukan seorang translator, baik sebagai penerjemah acara-acara penting atau menerjemahkan naskah, jurnal, proposal dan dokumen lain. Selain mendapat uang, anda juga bisa belajar di saat yang bersamaan.

  1. Usaha Frozen Food

Keuntungan jualan makanan frozen adalah makanan awet dalam jangka waktu lama, sehingga dalam penyimpanan dan pengiriman juga tidak rentan busuk/basi. Makin tinggi mobilitas masyarakat, makin banyak orang yang menyetok makanan beku di rumah dan ini adalah peluang besar. 

  1. Warung Makan

Menjual makanan siap santap menggiurkan untuk digeluti, karena keuntungannya besar. Jika anda punya waktu luang dan pandai memasak. Cara ini bisa dipilih. Di tengah hiruk pikuk kegiatan masyarakat dari pagi sampai sore, membuat mereka tidak sempat untuk memasak. Apalagi jika anda berjualan di daerah perkantoran atau sekolah, pasti akan laris dan perputaran uang juga sangat cepat.

  1. Jual Sayuran

Banyak ibu-ibu bekerja berangkat pagi, baru pulang saat matahari terbenam dan hal ini menyulitkannya untuk berbelanja sayuran demi memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Jika membeli di supermarket tentu harganya lebih mahal dibandingkan di pasar atau tukang sayur. Ini adalah peluang bisnis yang menggiurkan. 

Anda bisa menjual sayuran yang anda beli dari petani dan supplier, sehingga harganya lebih murah daripada supermarket. Agar cepat “naik level”, anda bisa menyediakan jasa layan antar. Sayuran yang dibeli diantarkan sampai rumah pelanggan.

Dapatkan Keuntungan Berlipat Dari Pengembangan Bisnis Bermodal Aman

Agar bisnis bisa membuka cabang dimana-mana, anda harus memiliki modal yang besar. Untuk mendapatkan suntikan modal pilihlah lembaga atau fintech yang terpercaya dan mendapatkan izin oleh OJK. Salah satu pinjaman online OJK bunga rendah 2021 yaitu Danamas. Danamas bisa bantu Anda wujudkan mimpi memiliki bisnis dengan pinjaman dan pastinya terpercaya. 

Melalui bantuan Danamas anda bisa mendapatkan modal usaha tanpa ribet. Akses online lewat aplikasi Danamas juga membantu Anda mendapatkan modal kapanpun dan dimanapun. Yuk download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis!

Untuk lebih meyakinkan anda, anda bisa simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman. Dengan modal hingga Rp 2 miliar, bunga rendah dan masa tenor panjang mulai dari 1 sampai 10 tahun anda bisa berekspansi lebih cepat. Untuk info selengkapnya, klik DISINI!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

apa-itu-networking

Apa Itu Networking, Manfaat & Cara Mengasahnya

Networking adalah kunci dari kesuksesan di masa mendatang. Banyak orang bilang bahwa kepintaran adalah hal yang penting untuk mencapai kesuksesan. Tapi tanpa networking

kisaran-biaya-kuliah-di-oxford-university

Biaya Kuliah di Oxford University 2023 dan Beasiswa yang Tersedia

Berapa biaya kuliah di oxford university? Banyak orang ingin berkuliah di Universitas Oxford karena universitas ini dianggap sebagai salah satu institusi pendidikan terbaik di

peluang-usaha-menjanjikan-2023

70 Peluang Usaha 2023 Menjanjikan & Tidak Ada Matinya

Peluang usaha ditahun ini punya banyak sekali pilihan, terutama bagi Anda yang hanya memiliki modal kecil. Beberapa orang mulai mempertimbangkan untuk membangun bisnis sebagai