tenor adalah

Memiliki sebuah kredit adalah hal yang cukup umum dilakukan oleh semua orang. Di zaman sekarang, kredit sudah dapat dinikmati oleh semua orang dengan persyaratan yang mudah dengan atau tanpa jaminan. Membeli barang dengan sistem kredit memang dianggap sangat menguntungkan, namun tetap sangat berbahaya apabila Anda tidak tahu secara lengkap apa saja istilah-istilah keuangan yang terdapat di dalam proses kredit. Salah satunya adalah tenor. Tenor merupakan salah satu istilah yang dapat dengan mudah ditemui ketika Anda sedang atau akan mengajukan kredit. Dalam pinjaman, tenor digunakan untuk mengetahui kapasitas calon debitur dalam berapa lama sanggup membayarkan angsurannya. Jenis dan lama tenor sangatlah bergantung pada jenis pembiayaan atau kredit. Untuk memahami arti tenor, simak artikel berikut ini.

Pengertian Tenor

Tenor adalah jangka waktu kredit atau angsuran yang diberikan kepada debitur dan harus dibayarkan kepada perusahaan pemberi pinjaman sesuai dengan yang telah disepakati pada awal debitur mengajukan pinjaman. Tenor adalah salah satu faktor penentu besarnya tingkat suku bunga yang diberikan pemberi pinjaman kepada debitur. Semakin panjang sebuah tenor, maka suku bunga yang ditawarkan akan semakin tinggi. Sebaliknya, tenor yang pendek cenderung akan menawarkan tingkat suku bunga yang lebih rendah. Oleh karena itu, Anda harus memastikan kemampuan Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengambil cicilan atau kredit sehingga tidak akan membebani Anda dengan nilai kredit yang besar dan tenor pinjaman yang terlalu panjang. Karena, kredit yang macet akan membuat Anda sulit untuk melakukan transaksi dengan sistem angsuran lainnya di kemudian hari.

Kategori Tenor

Perlu Anda ketahui, untuk kredit pinjaman dana, tenor dibagi atau digolongkan ke dalam dua kategori. Yakni tenor pendek dan tenor panjang. Untuk mengetahui perbedaan antara kedua tenor tersebut, berikut penjelasannya.

  1. Tenor Pendek

Sesuai dengan namanya, pada kategori tenor jenis pertama ini, biasanya memiliki waktu pengembalian yang lebih singkat, mulai dari 1 bulan hingga maksimal selama 3 tahun. Transaksi yang menawarkan tenor pendek adalah transaksi yang tidak mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak seperti pada saat Anda ingin membeli barang elektronik ataupun kebutuhan mendadak yang lainnya.

Debitur yang mendapat atau mengajukan tenor dengan kategori ini dapat mengembalikan dana pinjaman lebih ringan. Akan tetapi, kekurangannya adalah jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya menjadi lebih besar lantaran jangka waktu pembaginya lebih sedikit ketimbang tenor panjang.

  1. Tenor Panjang

Jenis tenor lainnya adalah tenor dalam jangka waktu panjang. Tenor ini memiliki waktu pengembaliannya mulai dari 3 hingga 30 tahun lamanya. Salah satu transaksi yang menawarkan tenor dalam waktu yang lama atau panjang ini adalah saat Anda ingin membeli sebuah kendaraan bermotor. Baik itu roda empat maupun roda dua dan saat Anda hendak mengambil KPR untuk membeli sebuah rumah. 

Perlu diingat, bahwa tidak semua orang bisa mendapatkan pinjaman atau angsuran dengan tenor yang panjang karena pihak bank atau kreditur tidak mau mengambil resiko tinggi dengan memberikan pinjaman kepada orang yang tidak memiliki penghasilan secara tetap setiap bulannya. Kredit dengan tenor panjang juga biasanya memiliki persyaratan yang lebih ketat dan jaminan yang lebih rumit untuk memastikan bahwa debitur mampu melakukan pembayaran cicilan.

Jenis-Jenis Tenor dalam Pinjaman

Ketika Anda ingin mengajukan pinjaman, Anda harus mengetahui jenis-jenis untuk menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan Anda. Sebenarnya, ada tiga jenis pembagian jangka waktu pembayaran ini, yaitu KPR, KTA, dan Kredit dengan Agunan.

  1. KPR (Kredit Pemilikan Rumah)

Jenis pinjaman ini adalah tipe kredit yang sesuai bagi Anda yang ingin membeli rumah impian dengan sistem kredit. Umumnya, bank menentukan dua buah suku bunga yang tidak sama dalam jenis pinjaman KPR, yaitu:

  • Suku bunga tetap (fixed rate), yang besarannya tidak berubah selama masa cicilan berlangsung.
  • Suku bunga mengambang (floating rate), yang besarnya mengalami perubahan dan penyesuaian.

KPR menerapkan tenor jangka panjang mulai dari 5 sampai 20 tahun, atau bahkan bisa lebih. Jika Anda mengambil tenor dibawah 20 tahun, uang muka yang harus dibayarkan akan lebih besar. 

  1. KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Saat ini, KTA cukup populer digunakan oleh banyak orang. KTA ini pada umumnya menawarkan persyaratan yang cukup mudah dan simple dari pihak kreditur. Namun, bunga yang diberikan pada pinjaman ini, jelas akan lebih tinggi. 

  1. Kredit dengan Agunan

Dalam pinjaman ini, biasanya kreditur akan meminta jaminan berupa properti, rumah, atau tanah. Tenor yang ditawarkan juga bermacam-macam tergantung dari kebijakan pihak kreditur, mulai dari 3-5 tahun atau bahkan lebih.

Tips Memilih Tenor

Meskipun dinilai sederhana, namun langkah menentukan tenor adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Sebaiknya, pilihlah lembaga keuangan dengan bijaksana. Ada beberapa tips menentukan tenor yang bisa diterapkan berikut ini, yaitu:

● Pilihlah institusi keuangan yang jelas dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

● Bandingkan suku bunga antara fintech yang satu hingga lainnya, pilihlah yang paling rendah.

● Cara menentukan nilai yang ideal pada tenor adalah dengan menyesuaikan jangka waktu terhadap penghasilan Anda.

● Jika memungkinkan, ambil lah tenor yang paling singkat.

● Pastikan cicilan yang Anda bayarkan tidak lebih dari sepertiga pendapatan bulanan Anda. 

Faktor Penentu Lamanya Tenor

Karena tenor merupakan waktu yang telah disepakati oleh debitur dan kreditur, maka kreditur berhak melihat seberapa besar kesanggupan pihak debitur untuk membayar angsuran. Hal tersebut biasanya dipertimbangkan dari beberapa faktor, seperti:

● Penghasilan

● Aset properti

● Kendaraan yang dimiliki

● Aset mengendap lainnya

Baca juga: Pinjaman Online Bunga Rendah Untuk Bisnis UMKM

Itulah tadi penjelasan lengkap terkait tenor pinjaman. Jika Anda adalah seorang pengusaha dan sedang mempertimbangkan untuk meminjam ke bank agar mendapat tambahan modal usaha, Anda harus mencoba Danamas Pinjaman Bisnis. Bunga yang kompetitif, limit yang besar hingga 2 Miliar, serta tenor hingga 10 tahun bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai sebuah platform pinjaman usaha beragunan properti berbasis digital, Danamas Pinjaman Bisnis bisa diakses melalui aplikasi yang sudah tersedia di Play Store dan Apple Store. Coba sekarang!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Ciri-Ciri-Pinjaman-Online-Ilegal

Pinjaman Online Ilegal: Ciri & Solusi Jitu Jika Sudah Terjebak

Masa pandemi menjadi waktu yang berat untuk banyak orang. Tidak sedikit usaha yang gulung tikar, padahal kebutuhan di rumah harus terus dipenuhi. Hal ini membuat sebagian oran

pinjaman-online-bunga-rendah

5 Jenis Pinjaman Online Bunga Rendah Untuk Bisnis UMKM & Keuntungannya

Seiring berkembangnya pengetahuan dan teknologi, manusia makin dimanjakan oleh banyak kemudahan-kemudahan. Termasuk adanya pinjaman online. Dengan klik klik kursor laptop atau

pinjaman-untuk-modal-usaha-awal

7 Jenis Pinjaman Untuk Modal Usaha Awal & Cara Dapatkan

Pinjaman untuk modal usaha awal bisa menjadi solusi yang menjembatani para pelaku usaha untuk membuka dan ekspansi bisnis. Merintis dan mengembangkan sebuah usaha tentunya mem