sertifikat-tanah

Sertifikat tanah seringkali berkaitan saat bertransaksi properti. Berbeda dengan sertifikat kepemilikan rumah, sertifikat tanah adalah sertifikat atas kepemilikan tanah. Untuk itu anda perlu jeli saat melakukan transaksi properti. 

Penting sekali untuk mengetahui seluk beluk tentang sertifikat tanah sebelum melalui proses transaksi properti, salah satunya adalah properti aset tanah. Hal ini untuk mengurangi ketidakpahaman dan penipuan yang mungkin saja bisa terjadi. Sekarang ini sudah banyak kasus terjadi karena lalainya menjaga sertifikat rumah, tanah hingga akhirnya uang diterima pihak lain dari hasil gadai sertifikat rumah.

Dalam artikel ini akan kita kupas tuntas secara lengkap dan jelas mengenai sertifikat tanah. Mulai dari pengertian, jenis-jenisnya, cara mengecek keaslian, biaya pembuatan, cara balik nama sertifikat tanah, hingga biaya balik nama. Mari kita simak ulasan di bawah ini!

Apa Itu Sertifikat Tanah?

Sertifikat tanah adalah surat tanda bukti hak sebagaimana dimaksud pada pasal 10 ayat 2 huruf C Undang-Undang nomor 5 tahun 1960 tentang peraturan dasar pokok-pokok agraria. Sertifikat tanah ditujukan untuk hak atas tanah, hak pengelolaan, hak milik atas satuan rumah susun, tanah wakaf, dan hak tanggungan yang masing-masing sudah dibukukan dalam buku tanah yang bersangkutan.

Pada pasal yang sudah diatur oleh Pemerintah mengatakan bahwa untuk menjamin kepastian hukum oleh pemerintah maka diadakan pendaftaran tanah di seluruh wilayah Republik Indonesia. Pendaftaran tanah tersebut antara lain mencakup pengukuran perpetaan dan pembukuan tanah, pemberian surat-surat tanda bukti, hak pendaftaran, hak hak atas tanah, dan peralihan hak, serta hal lain yang berlaku sebagai alat bukti yang kuat. 

Sertifikat tanah adalah bukti yang kuat dan sangat penting bagi kepemilikan atau penguasaan lahan untuk itu wajib bagi anda untuk mengakui memiliki lahan lewat mengurus sertifikat tanahnya.

3 Jenis-Jenis Sertifikat Tanah

Nah, teman-teman ini pentingnya juga untuk mengenali jenis sertifikat tanah. Selain ini membantu juga bagi Anda untuk memeriksa dokumen sertifikat tanah yang Anda terima sewaktu usai membeli sebuah tanah. Ini dia beberapa jenis-jenis sertifikat tanah yang berlaku di Indonesia antara lain:

1. Sertifikat Hak Milik atau SHM 

Sertifikat hak milik adalah sertifikat yang cukup Istimewa karena menunjukkan kepemilikan penuh atas lahan atau tanah sesuai identitas yang tercatat. Keunggulan dari SHM ini adalah tanahnya bisa diwariskan dan hak milik bisa diperjualbelikan. SHM bisa dijadikan jaminan pinjaman yang tidak memiliki batas waktu. namun sebaliknya SHM tidak berlaku jika tanah tersebut musnah atau jatuh pada negara.

2. Sertifikat Hak Guna Bangunan atau SHGB

Bangunan sertifikat hak bangunan adalah legalitas yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki hak untuk mendirikan dan memiliki bangunan diatas yang bukan miliknya. Maka sudah jelas bahwa SHGB bukanlah hak kepemilikan atas tanah, melainkan hak untuk mendirikan atau memiliki bangunannya saja. Umumnya SHGB berlaku hingga 30 tahun dan bisa diperpanjang kembali hingga 20 tahun maksimal.

3. Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun atau SHS RS

Sertifikat hak satuan rumah susun adalah legalitas yang diberikan kepada seseorang sebagai bukti kepemilikan atas rumah susun atau apartemen. Sertifikat ini menunjukkan identitas kepemilikan atas rumah susun yang didirikan di atas tanah milik bersama.

Bagaimana Cara Cek Sertifikat Tanah Online?

Cara cek sertifikat tanah online sangatlah mudah teman-teman, Jadi saat Anda baru saja membeli tanah dan ingin memastikan keaslian dari sertifikat tanah ini, tidak perlu ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN). Anda hanya perlu mengeceknya secara online, ya. Berikut cara cek sertifikat secara online!

1. Cek Menggunakan Aplikasi Sentuh Tanahku

Aplikasi sentuh tanahku merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) yang bisa membantu Anda mengecek keaslian tanah secara online. Disini Anda dapat melihat info lengkap mengenai sertifikat tanah, mulai dari nomor hingga data kepemilikan dari tanah. Berikut langkah-langkah penggunaanya:

  • Download aplikasi Sentuh Tanahku di Playstore / App Store
  • Registrasi pada aplikasi dengan memasukan email Anda
  • Buat username dan password
  • Aktivasi akun dengan mengklik link yang dikirimkan melalui email
  • Login dengan username dan password yang telah dibuat
  • Gunakan fitur cek berkas BPN online

2. Cek menggunakan Website

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi, alternatif nya dapat mengecek melalui website. Berikut cara pengecekan sertifikat tanah melalui website. Jika Anda telah mengikuti prosedur di atas maka akan muncul data sertifikat lengkap dengan info kepemilikannya.

  • Kunjungi situs atrbpn.go.id melalui browser Anda
  • Cari dan Pilih menu Publikasi
  • Lengkapi data yang diminta
  • Klik bagian untuk mencari berkas

Jenis Akta Sertifikat Tanah yang dibuat PPAT

Akta tanah yang dibuat oleh pejabat pembuat akta tanah atau PPAT yang sudah diberikan kewenangan oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional atau BPN, memiliki jenis-jenis akta tanah, antara lain:

  • Akta jual beli atau AJB
  • Akta tukar-menukar
  • Akta hibah
  • Pemasukan ke dalam perusahaan
  • Akta pembagian hak bersama
  • Nama atau pemberian hak tanggungan
  • Akta pemberian hak guna bangunan atas tanah hak milik
  • Akta pemberian hak pakai atas tanah hak milik

Apa Fungsi Sertifikat Tanah?

4 Fungsi atau tujuan sertifikat tanah jika mengacu pada pasal 3 peraturan pemerintah nomor 24 tahun 1997 antara lain:

  • Memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum kepada pemegang hak atas suatu bidang tanah, satuan rumah susun dan hak lainnya yang terdaftar, sehingga Anda akan lebih mudah untuk membuktikan bahwa pemegang hak yang bersangkutan adalah diri Anda.
  • Sebagai penyedia informasi kepada pihak yang berkepentingan seperti pemerintah. Maka mereka dengan mudah memperoleh data yang dibutuhkan dan mengadakan perbuatan hukum tentang bidang-bidang tanah hingga satuan-satuan rumah susun yang sudah terdaftar.
  • Untuk terselenggaranya tertib administrasi pertanahan.
  • Sebagai bukti dari aset kepemilikan yang nantinya bisa Anda jadikan jaminan untuk modal bisnis. Salah satu fintech lending berizin OJK yang memberikan pinjaman modal usaha beragunan properti termasuk tanah adalah Lancar by Danamas. Anda bisa dapatkan modal usaha hingga Rp 2 miliar dengan tenor 1-10 tahun dan suku bunga yang rendah.

Apa Perbedaan Buku Tanah Dan Sertifikat Tanah?

Pasal 1 ayat 9 dijelaskan bahwa buku tanah adalah sebuah dokumen dalam bentuk daftar yang memuat yang memuat data yuridis dan data fisik pada sebuah objek pendaftaran yang sudah memiliki hak.

Sertifikat tanah pada pasal 1 ayat 20 dijelaskan bahwa ini adalah surat tanda bukti hak sebagaimana yang dimaksud pada pasal 19 ayat 2 huruf C UU nomor 5 tahun 1960 untuk hak atas, tanah hak milik atas satuan rumah, hak pengelolaan, hak wakaf, tanah wakaf, dan tanggungan yang sudah dibukukan dalam buku tanah yang bersangkutan. 

Perbedaan keduanya bisa dilihat bahwa sertifikat tanah diterbitkan untuk kepentingan pemilik dengan data fisik dan yuridis yang sudah terdaftar. Sedangkan buku tanah tidak bisa dipakai untuk kepentingan jual beli tanah karena hanya berisi data. 

5 Cara Mengurus Sertifikat Tanah

Jika ingin mengurus sertifikat tanah ada beberapa syarat atau dokumen yang perlu disiapkan dengan matang. Sehingga Anda tidak membuang begitu banyak waktu:

1. Mempersiapkan seluruh dokumen.

Ada beberapa dokumen yang harus Anda persiapkan sebelum mengurus sertifikat tanah antara lain:

  • Fotokopi IMB atau Izin Mendirikan Bangunan
  • SHGB atau sertifikat asli hak guna bangunan
  • KTP dan KK
  • SPPT PBB
  • Surat pernyataan kepemilikan lahan

2. Langsung Datang Ke Kantor BPN

Hal kedua yang perlu Anda lakukan adalah dengan langsung datang ke kantor BPN terdekat di lokasi rumah Anda. Isi formulir pendaftaran dan anda akan mendapatkan map berwarna kuning dan biru, setelah itu buat janji dengan petugas BPN untuk survei dan mengukur tanah.

3. Sertifikat Tanah Hak Milik Rilis

Setelah tanah atau lahan diukur oleh petugas BPN maka nantinya akan terbit surat ukur tanah. Surat ukur ini berfungsi untuk melengkapi dokumen yang sudah ada lampirkan sebelumnya setelah itu, Anda hanya perlu menunggu rilis surat keputusan. Selama proses menunggu sertifikat Ana rilis maka anda dikenakan bea perolehan hak atas tanah atau bphtb. Kurang lebih waktu yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan rilis sertifikat yaitu kurang lebih 1 tahun. Untuk itu Anda bisa mengecek ke petugas secara berkala.

4. Sertifikat Tanah Girik

Tanah girik atau yang biasa disebut dengan tanah warisan adalah aset yang juga perlu dibuat sertifikatnya. Anda bisa mendaftarkan hak tanah girik ke kantor pertanahan terdekat. Selain itu Anda juga bisa mengurusnya lewat kelurahan setempat.

Baca juga: Tips Investasi Properti & Cara Hadapi Tantangannya

Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah

Sebagai contoh jika anda memiliki tanah seluas 300 m2 di daerah Jakarta dengan harga jual sekitar Rp 200.000.000, maka bisa disimulasikan seperti berikut ini:

1. Biaya pengukuran dan pendaftaran tanah

Berikut cara untuk menghitung biaya pengukuran dan pendaftaran tanah.

Diketahui:

Luas tanah = 300 m2

Perhitungan

Biaya pengukuran: Tu=(300/ 500×Rp80.000)+Rp100.000= Rp 148.000

Biaya pemeriksaan: Tpa=(300/500×Rp67.000)+Rp350.000=Rp390.000

Biaya pendaftaran tanah pertama kali : Rp50.000

Total: Rp588.000

Keterangan:

*Tu (tarif ukur)

*Tpa (Tarif Pelayanan Pemeriksaan Tanah)

Nominal ini wajib disetor langsung ke kantor BPN setempat (sesuai lokasi tanah berada)

2. Biaya BPHTB

BPHTB atau bea perolehan hak atas tanah dan bangunan harus dibayarkan lunas sebelum sertifikat tanah diterbitkan. Berikut rumus menghitung BPHTB:

Diketahui:

NPOP: Rp200.000.000

NPOPTKP (khusus wilayah DKI Jakarta): Rp60.000.000

Rumus:

BPTH= (NPOP-NPOPTKP) x 5%

Perhitungan:

BPTH: NPOP-NPOPTKP: Rp140.000.000 

BPTH: 5%x140.000.000: Rp7.000.000

Keterangan:

*Jumlah diatas disetor langsung ke bank pemerintah

*Nilai Perolehan Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NPOPTKP)

Hal Penting Sebelum Membuat Sertifikat Tanah

Sebelum membuat sertifikat tanah perhatikan dengan baik beberapa hal dibawah ini. Mengapa? Seringkali pembuatan sertifikat tanah bisa dipalsukan. Jadi data yang terlampir terkait tanah bisa saja berbeda dengan ukuran asli. Untuk itu Anda wajib melakukan menegaskan dan mempersiapkan data-datanya:

1. Status Atau Dasar Hukum Atas Kepemilikan Tanah

Dasar hukum atas kepemilikan tanah berguna untuk mengetahui antara lain bagaimana tanah tersebut diperoleh lewat jual beli hibah warisan atau tukar-menukar yang termasuk didalamnya riwayat kepemilikan tanah.

2. Identitas Pemegang Hak

Identitas pemegang hak berguna untuk memastikan siapa pemegang hak atas tanah tersebut Dan apakah ia mendapatkan tanah dengan sah.

3. Letak Dan Luas Tanah

Letak dan luas tanah ialah untuk melihat kepastian secara objektif yang dinyatakan dalam bentuk surat ukur atau gambar situasi untuk memastikan batas letak bentuk dan luas tanah tersebut. Maka tanah yang dimaksud tidak tumpang tindih dengan tanah milik orang lain dan mematikan objek tanah tidak efektif.

4. Prosedur Penerbitan

Prosedur harus memenuhi asas pembeli yaitu mengatakan kepada Kantor Kelurahan dan Pertanahan setempat tentang adanya permohonan hak atas tanah sehingga pihak lain bisa lebih ringan saat mengajukan sanggahan sebelum pemberian hak atas sertifikat tersebut diterbitkan. 

Cara Balik Nama Sertifikat Tanah

Jika Anda membeli rumah bekas, ada beberapa hal yang perlu Anda urus, salah satunya yaitu balik nama sertifikat tanah. Lalu bagaimana prosesnya? Yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Lengkapi Syarat Balik Nama Sertifikat Tanah

Pertama-tama Anda harus mempersiapkan dokumen yang akan diperlukan dalam proses pembalikan nama sertifikat tanah. Berikut syarat-syarat balik nama sertifikat tanah:

  • Sertifikat tanah asli 
  • KTP pembeli dan penjual
  • Bukti pelunasan Surat Setor Pajak Pajak Penghasilan (SSP PPh)
  • Bukti pelunasan Surat Setoran Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (SSB BPHTB).

2. Mengurus Sendiri atau bantuan PPAT

Anda dapat mengurus balik nama sertifikat tanah sendiri maupun dengan meminta bantuan PPAT. Jika Anda meminta bantuan PPAT maka Anda hanya perlu memberikan dokumen yang diperlukan ke PPAT. 

Jika Anda mengurus sendiri ada beberapa dokumen tambahan yang perlu disiapkan yaitu:

  • Surat pengantar dari PPAT
  • Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT PBB)
  • izin peralihan hak (untuk rumah susun dan tanah Negara)
  • Surat pernyataan calon penerima hak.

3. Datang ke Kantor Pertanahan

Jika Anda mengurus sendiri maka langkah selanjutnya yaitu datang ke kantor pertanahan. Disana, petugas akan mencoret nama pemegang hak lama dan mengubahnya dengan nama pemegang hak yang baru di buku tanah dan sertifikat. Proses ini akan berlangsung kurang lebih selama 14 hari.

Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah

Sebelum kita masuk ke biaya balik nama sertifikat, ada baiknya Anda mengecek keaslian sertifikat tanah. Anda dapat mengeceknya pada lembaga pertanahan di sekitar tempat Anda. Biaya pengecekkan keaslian sertifikat ini berkisar antara Rp 25.000-50.000.

1. Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah Sendiri

Anda dapat melakukan balik nama sendiri maupun menggunakan jasa notaris. Berikut biaya Balik nama sertifikat tanah sendiri.

Rumus Biaya Balik Nama

Biaya = (Nilai tanah per m2 x luas tanah (m2))/ 1000 

Contoh:

Jika nilai tanah Anda Rp500.000 per meter persegi dengan luas tanah 1.000 meter persegi maka biaya balik tanah yang Anda keluarkan yaitu Rp 500.000.

2. Balik Nama dengan Bantuan PPAT

Jika Anda melakukan proses balik nama dengan bantuan notaris maka biaya yang harus Anda keluarkan yaitu 0.5% hingga 1% dari nilai transaksi. Waktu pembuatannya dapat mencapai 30 hari.

Pinjaman Uang Tunai dengan Sertifikat Tanah Bisa di Danamas

Semoga informasi seputar sertifikat tanah diatas dapat bermanfaat untuk Anda ya! Ingat bahwa sertifikat tanah adalah dokumen yang sudah jelas memiliki nilai yang sangat berharga. Dokumen multifungsi ini jelas dapat membantu Anda dalam berbagi proses pencairan pinjaman modal usaha untuk pengembangan bisnis.

Pinjaman online terpercaya jelas sangat membantu Anda dalam pencairan aset. Hanya saja, Anda perlu memastikan jika platform pinjaman yang digunakan terpercaya dan berizin dari OJK. Jika tidak, maka sanksi yang di kemudian hari bisa Anda dapatkan adalah penipun berkedok pencairan dana tunai.

Danamas adalah platfom pinjaman online terpercaya dan merupakn P2P Lending pertama di Indonesia yang sudah memiliki izin OJK. Jadi, tidak perlu ragu, Danamas adalah perusahaan yang dikelola dibawah perusahaan Sinarmas. Dengan proses yang terpercaya aman, Anda bisa mendapatkan limit dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar dengan suku bunga ringan mulai dari 14%-15%

Kalkulator Simulasi Kredit Pinjaman Online Danamas dapat membantu Anda untuk menghitung berapa modal yang ingin Anda ajukan pencairannya. Lalu perkiraan terhadap berapa nominal angsuran dan tenor yang bisa diperkirakan untuk Anda membayarnya. Selamat mencoba, Danamas Pinjaman onlie terpercaya dapat mencairkan uang tunai mulai dari Rp 50 juta – 2 miliar. Ajukan pengajuan cepat melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bkpm-adalah

Apa Itu BKPM & Seperti Apa Fungsinya?

BKPM adalah singkatan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal. BKPM adalah sebuah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah untuk melakukan koordinasi kebijakan dan pelayanan di bidang pelayanan modal berdasarkan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Resesi ekonomi tahun 2022 di Indonesia nyatanya tidak membuat Indonesia terpuruk. Justru menurut CNBC, Indonesia merupakan salah satu Negara yang dilirik oleh investor asing dan masih memiliki perkembangan yang ekspansif. Banyak investor asing yang ingin membangun perusahaan atau menanamkan modalnya di Indonesia. Penanaman modal asing ini justru ikut membantu memajukan perekonomian Indonesia.

Nah, untuk dapat mendirikan usaha, para investor perlu mendapat perizinan untuk beroperasi di Indonesia. Untuk memahami apa saja fungsi, cara hingga proses penanaman modal usaha, yuk simak selengkapnya disini seputar BKPM!

BKPM Ada Dibawah Kementrian Apa?

BKPM adalah lembaga yang didirikan pada tahun 1973 menggantikan Panitia Teknis Penanaman Modal yang telah dibentuk sejak tahun 1968. Pada tahun 2009, status BKPM dikembalikan menjadi lembaga setingkat kementerian, yang berarti BKPM memberikan laporan langsung kepada Presiden Republik Indonesia.

BKPM merupakan penghubung utama antara dunia usaha dan pemerintah, lembaga ini juga diberikan mandat untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif sehingga dapat mendorong investasi baik dari dalam maupun luar negeri. Selain investasi yang lebih besar, BKPM juga didorong untuk mendapatkan investasi yang berkualitas sehingga bisa menggerakkan perekonomian nasional dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak.

Berdasarkan Peraturan Presiden No. 31 Tahun 2021, BKPM mengalami perubahan nomenklatur menjadi Kementerian Investasi/BKPM dan dipimpin oleh Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Tugas dan Fungsi BKPM

BKPM memiliki tugas pokok untuk menjalankan koordinasi kebijakan dan pelayanan di bidang penanaman modal, hal ini sudah dituangkan dalam ketentuan peraturan perundang-undangan. Selain itu, BKPM juga memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Melakukan pengkajian dan pengusulan terhadap perencanaan penanaman modal nasional.

2. Mengkordinasikan pelaksanaan kebijakan nasional dalam bidang penanam modal.

3. Melakukan pengkajian dan pengusulan terhadap kebijakan pelayanan penanaman modal.

4. Menetapkan norma, standar, dan prosedur pelaksanaan kegiatan pelayanan penanaman modal.

5. Mengembangkan peluang serta potensi dari penanaman modal di daerah dengan memberdayakan badan usaha.

6. Membuat peta penanaman modal di Indonesia.

7. Melakukan koordinasi terhadap pelaksanaan promosi serta kerjasama penanaman modal. 

8. Mengembangkan sektor usaha penanaman modal melalui pembinaan penanaman modal dengan cara meningkatkan kemitraan, meningkatkan daya saing, menciptakan persaingan usaha yang sehat, dan menyebarkan informasi seluas-luasnya dalam lingkup penyelenggaraan penanaman modal.

9. Melakukan pembinaan terhadap pelaksanaan penanaman modal dan memberi bantuan penyelesaian terhadap berbagai hambatan atau rintangan serta melakkan konsultasi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh penanam modal dalam menjalankan kegiatan penanaman modal.

10. Melakukan koordinasi dan pelaksanaan pelayanan terpadu satu pintu.

11. Melakukan koordinasi dengan penanam modal dalam negeri yang menanamkan modalnya di luar wilayah Indonesia.

12. Memberikan pelayanan perizinan dan fasilitas penanaman modal.

13. Melakukan pembinaan dan pelayanan administrasi umum dalam bidang perencanaan  umum, ketatausahan, organisasi dan tata laksanan, kepegawaian, pendidikan dan pelatihan, keuangan, hukum, kehumasan, kearsipan, pengolahan data dan informasi, perlengkapan dan rumah tangga

14. Melaksanakan fungsi lain dalam bidang penanaman modal berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Persyaratan Izin Prinsip Penanaman Modal Asing (PMA) BKPM

PMA atau penanaman modal asing adalah sebuah aktivitas penanaman modal di wilayah Indonesia yang dilakukan oleh penanam modal asing melalui Perseroan Terbatas atau PT. Untuk mendirikan PT PMA ini dibutuhkan izin prinsip yaitu dokumen persetujuan atau perizinan usaha  dari lembaga pemerintah (BKPM) yang harus dimilik oleh setiap investor ketika mereka ingin memulai investasi di Indonesia.

Berikut ini adalah syarat-syarat untuk mengajukan izin prinsip penanaman modal asing:

1.  Fotocopy Paspor dan alamat negara asal dari pemegang saham WNA

2. Fotocopy Article of Association (AOA) dan Fotocopy paspor direktur dari pemegang saham badan usaha asing

3.  Fotocopy KTP dan NPWP dari pemegang saham WNI

4. Fotocopy Akta Pendirian serta seluruh perubahannya beserta fotocopy identitas direktur, pengesahan kehakiman, domisili, NPWP, SIUP/IUT, TDP untuk pemegang saham badan usaha Indonesia.

5.Penjelasan mengenai rencana kegiatan usaha beserta kedudukan perusahaan, alamat lengkap dari lokasi kantor dan lokasi proyek, nomor telepon kantor

6.     Susunan serta komposisi dari pemegang saham

Dalam mengajukan Izin Prinsip Penanaman Modal Asing (PMA) memang ada syarat khusus seputar nilai investasi atau permodalan yang harus dipenuhi yaitu nilai total investasi harus diatas Rp 10 miliar dan ini tidak termasuk tanah serta bangunan dan inventaris. Nilai modal yang harus disetorkan minimal sebesar Rp 2,5 miliar dari nilai total investaso dan masing-masing pemilik saham harus memegang saham dengan nominal senilai Rp 10 juta.

Untuk mengurus izin prinsip ini anda bisa mendelegasikan tugas ini melalui jasa notaris sehingga anda tidak perlu datang menuju lembaganya langsung. Cukup menyerahkan dokumen atau persyaratan yang diminta, dan notaris tersebut yang akan mengajukan izin prinsip.

Kembangkan Bisnis Untuk Dapatkan Pendanaan Investor Asing 

Bagaimana cara menarik investor untuk mendanai bisnis Anda? Benarkah UMKM bisa mencapai tahap itu? Tentu saja, mengapa tidak! Saat ini kolaborasi antar UMKM dan pemerintah sudah terbuka sangat luas. Namun, hal ini bisa terjadi apabila Anda memiliki produk yang nilai, fungsi hingga prospek bisnis yang jelas. 

Untuk sampai pada tahap yang meyakinkan, tentu saja Anda perlu membangun  infrastruktur dan pondasi bisnis yang terbukti bisa memberikan hasil. Untuk membangunnya, tentu saja Anda perlu membangun sistem, SDM hingga komunitas, dimana semua ini bermuara pada modal yang mencukupi. Berniat mengajukan pinjaman untuk mengembangkan bisnis Anda? Pastikan memilih pinjaman online terpercaya

Danamas adalah platform yang menyediakan pinjaman online terpercaya beragunan properti untuk Anda. Kalkulasikan nilai properti Anda dengan Kalkulator Simulasi Kredit Pinjaman Online Danamas. untuk mendapatkan perkiraan pinjaman dan angsuran serta tenor yang Anda dapatkan. 

Pinjaman dana bisnis yang diberikan mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dengan tenor hingga 10 tahun dan bunga pinjaman dibawah 15%. Dapatkan semua kemudahannya melalui melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis

Dari artikel ini, dapat anda lihat bahwa ketika ingin mengajukan izin prinsip dengan menggunakan jasa notaris, anda perlu membayar jasa tersebut. Oleh karena itu apabila anda membutuhkan tambahan dana untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalani, anda bisa mendapatkan tambahan dana dari pihak lain karena saat ini banyak sekali platform yang bisa memberikan anda pinjaman dana tunai dengan proses terpercaya. 

Salah satunya adalah Danamas, platform peminjaman multiguna yang sudah diawasi dan mendapatkan izin dari OJK. Melalui Danamas, anda bisa mendapatkan tambahan modal hingga 2 miliar rupiah dengan jaminan properti. Pengajuan bisa anda ajukan dengan mudah dan praktis serta bisa diakses kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi Danamas.

tenor adalah

Tenor Pinjaman: Pengertian, Kategori, Jenis & Tips Memilih Tenor

Memiliki sebuah kredit adalah hal yang cukup umum dilakukan oleh semua orang. Di zaman sekarang, kredit sudah dapat dinikmati oleh semua orang dengan persyaratan yang mudah dengan atau tanpa jaminan. Membeli barang dengan sistem kredit memang dianggap sangat menguntungkan, namun tetap sangat berbahaya apabila Anda tidak tahu secara lengkap apa saja istilah-istilah keuangan yang terdapat di dalam proses kredit. Salah satunya adalah tenor. Tenor merupakan salah satu istilah yang dapat dengan mudah ditemui ketika Anda sedang atau akan mengajukan kredit. Dalam pinjaman, tenor digunakan untuk mengetahui kapasitas calon debitur dalam berapa lama sanggup membayarkan angsurannya. Jenis dan lama tenor sangatlah bergantung pada jenis pembiayaan atau kredit. Untuk memahami arti tenor, simak artikel berikut ini.

Pengertian Tenor

Tenor adalah jangka waktu kredit atau angsuran yang diberikan kepada debitur dan harus dibayarkan kepada perusahaan pemberi pinjaman sesuai dengan yang telah disepakati pada awal debitur mengajukan pinjaman. Tenor adalah salah satu faktor penentu besarnya tingkat suku bunga yang diberikan pemberi pinjaman kepada debitur. Semakin panjang sebuah tenor, maka suku bunga yang ditawarkan akan semakin tinggi. Sebaliknya, tenor yang pendek cenderung akan menawarkan tingkat suku bunga yang lebih rendah. Oleh karena itu, Anda harus memastikan kemampuan Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengambil cicilan atau kredit sehingga tidak akan membebani Anda dengan nilai kredit yang besar dan tenor pinjaman yang terlalu panjang. Karena, kredit yang macet akan membuat Anda sulit untuk melakukan transaksi dengan sistem angsuran lainnya di kemudian hari.

Kategori Tenor

Perlu Anda ketahui, untuk kredit pinjaman dana, tenor dibagi atau digolongkan ke dalam dua kategori. Yakni tenor pendek dan tenor panjang. Untuk mengetahui perbedaan antara kedua tenor tersebut, berikut penjelasannya.

  1. Tenor Pendek

Sesuai dengan namanya, pada kategori tenor jenis pertama ini, biasanya memiliki waktu pengembalian yang lebih singkat, mulai dari 1 bulan hingga maksimal selama 3 tahun. Transaksi yang menawarkan tenor pendek adalah transaksi yang tidak mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak seperti pada saat Anda ingin membeli barang elektronik ataupun kebutuhan mendadak yang lainnya.

Debitur yang mendapat atau mengajukan tenor dengan kategori ini dapat mengembalikan dana pinjaman lebih ringan. Akan tetapi, kekurangannya adalah jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya menjadi lebih besar lantaran jangka waktu pembaginya lebih sedikit ketimbang tenor panjang.

  1. Tenor Panjang

Jenis tenor lainnya adalah tenor dalam jangka waktu panjang. Tenor ini memiliki waktu pengembaliannya mulai dari 3 hingga 30 tahun lamanya. Salah satu transaksi yang menawarkan tenor dalam waktu yang lama atau panjang ini adalah saat Anda ingin membeli sebuah kendaraan bermotor. Baik itu roda empat maupun roda dua dan saat Anda hendak mengambil KPR untuk membeli sebuah rumah. 

Perlu diingat, bahwa tidak semua orang bisa mendapatkan pinjaman atau angsuran dengan tenor yang panjang karena pihak bank atau kreditur tidak mau mengambil resiko tinggi dengan memberikan pinjaman kepada orang yang tidak memiliki penghasilan secara tetap setiap bulannya. Kredit dengan tenor panjang juga biasanya memiliki persyaratan yang lebih ketat dan jaminan yang lebih rumit untuk memastikan bahwa debitur mampu melakukan pembayaran cicilan.

Jenis-Jenis Tenor dalam Pinjaman

Ketika Anda ingin mengajukan pinjaman, Anda harus mengetahui jenis-jenis untuk menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan Anda. Sebenarnya, ada tiga jenis pembagian jangka waktu pembayaran ini, yaitu KPR, KTA, dan Kredit dengan Agunan.

  1. KPR (Kredit Pemilikan Rumah)

Jenis pinjaman ini adalah tipe kredit yang sesuai bagi Anda yang ingin membeli rumah impian dengan sistem kredit. Umumnya, bank menentukan dua buah suku bunga yang tidak sama dalam jenis pinjaman KPR, yaitu:

  • Suku bunga tetap (fixed rate), yang besarannya tidak berubah selama masa cicilan berlangsung.
  • Suku bunga mengambang (floating rate), yang besarnya mengalami perubahan dan penyesuaian.

KPR menerapkan tenor jangka panjang mulai dari 5 sampai 20 tahun, atau bahkan bisa lebih. Jika Anda mengambil tenor dibawah 20 tahun, uang muka yang harus dibayarkan akan lebih besar. 

  1. KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Saat ini, KTA cukup populer digunakan oleh banyak orang. KTA ini pada umumnya menawarkan persyaratan yang cukup mudah dan simple dari pihak kreditur. Namun, bunga yang diberikan pada pinjaman ini, jelas akan lebih tinggi. 

  1. Kredit dengan Agunan

Dalam pinjaman ini, biasanya kreditur akan meminta jaminan berupa properti, rumah, atau tanah. Tenor yang ditawarkan juga bermacam-macam tergantung dari kebijakan pihak kreditur, mulai dari 3-5 tahun atau bahkan lebih.

Tips Memilih Tenor

Meskipun dinilai sederhana, namun langkah menentukan tenor adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Sebaiknya, pilihlah lembaga keuangan dengan bijaksana. Ada beberapa tips menentukan tenor yang bisa diterapkan berikut ini, yaitu:

● Pilihlah institusi keuangan yang jelas dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

● Bandingkan suku bunga antara fintech yang satu hingga lainnya, pilihlah yang paling rendah.

● Cara menentukan nilai yang ideal pada tenor adalah dengan menyesuaikan jangka waktu terhadap penghasilan Anda.

● Jika memungkinkan, ambil lah tenor yang paling singkat.

● Pastikan cicilan yang Anda bayarkan tidak lebih dari sepertiga pendapatan bulanan Anda. 

Faktor Penentu Lamanya Tenor

Karena tenor merupakan waktu yang telah disepakati oleh debitur dan kreditur, maka kreditur berhak melihat seberapa besar kesanggupan pihak debitur untuk membayar angsuran. Hal tersebut biasanya dipertimbangkan dari beberapa faktor, seperti:

● Penghasilan

● Aset properti

● Kendaraan yang dimiliki

● Aset mengendap lainnya

Baca juga: Pinjaman Online Bunga Rendah Untuk Bisnis UMKM

Itulah tadi penjelasan lengkap terkait tenor pinjaman. Jika Anda adalah seorang pengusaha dan sedang mempertimbangkan untuk meminjam ke bank agar mendapat tambahan modal usaha, Anda harus mencoba Danamas Pinjaman Bisnis. Bunga yang kompetitif, limit yang besar hingga 2 Miliar, serta tenor hingga 10 tahun bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai sebuah platform pinjaman usaha beragunan properti berbasis digital, Danamas Pinjaman Bisnis bisa diakses melalui aplikasi yang sudah tersedia di Play Store dan Apple Store. Coba sekarang!

Tips Kelola Pinjol

Hindari Terjerat dalam Lubang Pinjol. Berikut Tips dan Triknya!

Keberadaan para penyedia jasa pinjaman online sempat diindahkan oleh masyarakat dalam beberapa waktu silam. Dengan menyediakan proses pengajuan pinjaman yang cukup mudah dan dapat dibilang singkat, pinjaman online ini dianggap mampu membantu perekonomian masyarakat menengah kebawah pada suatu periode tertentu. Namun belakangan, pinjaman online, atau yang lebih dikenal dengan sebutan pinjol, telah berubah menjadi polemik karena sudah menelan banyak korban. Korban-korban ini ditujukan kepada mereka pengguna pinjol yang mengalami gagal bayar ketika sudah jatuh tempo, mereka akan merasa depresi karena mendapat tekanan sosial, pembayaran bunga dan denda yang menumpuk. Tidak ketinggalan, skor kredit para pengguna pinjol yang mengalami gagal bayar ini akan menjadi buruk, yang mana akan sangat memungkinkan untuk mendapat blacklist dari Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (SLIK OJK).

Pertumbuhan pinjol, kini kian dikenal oleh masyarakat. Demand yang tinggi untuk menutup kebutuhan hidup yang memang mendesak, hingga hanya untuk memenuhi tuntutan gaya dan trend pun menjadi alasan maraknya pinjaman online di Indonesia. Pinjol sangat tidak disarankan untuk penggunaan yang konsumtif. Namun, jika pada kondisi khusus Anda dituntut untuk mendapatkan uang tunai dengan cepat, pilihlah pinjol yang tepat dan jelas. Simak poin-poin berikut ini untuk mendapat informasi seputar tips untuk menghindari pinjol ilegal yang dapat merugikan diri Anda.

Tips Hindari Pinjol Ilegal 

Tips Kelola Pinjol
  1. Meminjam hanya kepada fintech yang terdaftar di OJK.

Pastikan Anda meminjam di platform fintech yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Apabila Anda menemukan pinjol yang mencurigakan atau bahkan ilegal, Anda dapat melaporkannya ke Layanan Konsumen OJK di 157, atau melalui email [email protected]

  1. Telusuri rekam jejak perusahaan pinjol.

Sebelum Anda melakukan pengajuan pinjaman, penting bagi Anda untuk melakukan background check terlebih dahulu pada perusahaan pinjol yang akan Anda pilih. Hal ini juga berguna untuk membantu Anda memfilter mana pinjol yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Tidak tergoda limit besar dan bunga yang sangat rendah.

Anda patut curiga bila ada sebuah pinjol yang menawarkan pinjaman dengan bunga yang ditawarkan sangat rendah. Berdasarkan peraturan OJK, pinjaman yang berstatus konsumtif, memiliki bunga sebesar 0,8% per harinya. Dan jika dihitung per bulannya, maka batas maksimumnya adalah 24%.

  1. Jangan mudah percaya dengan SMS/WhatsApp yang masuk menawarkan pinjaman online dengan proses yang sangat mudah.

Kemudahan proses pendaftaran saat mengajukan pinjaman online merupakan suatu nilai plus tersendiri untuk para penyedia jasa pinjaman online. Namun, jika proses yang akan dilalui terasa sangat mudah, Anda harus berhati-hati. Karena bisa saja, ternyata pinjol yang Anda temui adalah pinjol ilegal..

Walaupun sedang dalam keadaan yang mendesak, Anda tetap harus berhati-hati dengan berbagai tawaran pinjaman yang cepat dan limit besar. Bisa jadi, Anda sedang ditipu oleh para sales pinjol ilegal yang akan sangat merugikan Anda di kedepannya. Tidak dipungkiri, pinjol ilegal memang lebih menggiurkan. Dengan iming-iming kemudahan proses dan kecepatan penerimaan dana, membuat masyarakat Indonesia sering salah memilih pinjaman online yang tepat. Namun begitu, dimanapun Anda melakukan pinjaman, ada beberapa hal yang tetap perlu diperhatikan saat Anda melakukan pengelolaan uang pinjaman agar Anda tidak kehilangan begitu banyak hal nantinya.

Tips Mengelola Uang dari Pinjaman

  1. Pahami betul tujuan Anda melakukan pinjaman online.

Buatlah pertimbangan dengan matang sebelum melakukan pinjaman online. Mulai dari untuk apa uang tersebut akan digunakan, hingga bagaimana pengelolaan uang yang akan Anda pinjam. Sesuaikan nominal dengan kebutuhan dan kemampuan Anda dalam melunasinya.

  1. Ketahui bunga dan denda saat melakukan pinjaman.

Jangan lupa untuk menghitung bunga dan denda untuk pinjaman. Buatlah kalkulasi biaya cicilan dengan kebutuhan Anda untuk menghindari gagal bayar.

  1. Pastikan Anda memahami Kontrak Perjanjian.

Hal ini akan berguna jika di kemudian hari ada hal buruk yang menimpa Anda. Seperti adanya penagihan depkolektor sebelum jatuh tempo, atau penyebaran data pribadi Anda yang akan sangat merugikan.

  1. Alokasikan dana sesuai dengan tujuan awal

Pastikan pinjaman tersebut hanya untuk kebutuhan yang mendesak. Jangan pernah menggunakan pinjaman online untuk berfoya-foya.

Tips Kelola Pinjol
  1. Bayar cicilan sebelum jatuh tempo, atau jika bisa, lunasi cicilan lebih awal.

Lakukan pembayaran tagihan Anda sesuai dengan Kontrak Perjanjian. Lunasi sebelum jatuh tempo, atau lebih awal. Hal ini akan berguna untuk keamanan kredit skoring Anda

  1. Jangan gali lubang, tutup lubang

Hindari meminjam di platform fintech lain demi menutupi pinjaman yang ada sebelumnya. Pastikanlah Anda telah melunasinya sebelum Anda memulai pinjaman yang baru.

Ketika Anda sudah memutuskan untuk mengajukan pinjaman online, pastikan Anda sudah membaca dan mengetahui segala syarat ketentuan yang telah tertuang jelas pada surat kontrak yang diberikan perusahaan pinjol kepada Anda. Jangan sampai, dengan adanya hutang pinjol akan menyusahkan Anda di kemudian hari.

Itulah beberapa tips keuangan yang bisa Anda terapkan pada saat memutuskan untuk melakukan pengajuan pinjaman online. Bijaklah saat melakukan pinjaman agar tidak membuat malapetaka bagi Anda dan menyebabkan Anda terjerumus menjadi korban selanjutnya.

Baca juga: Butuh Pinjaman Uang Mendesak? Jangan Panik, Yuk Ikuti Cara Ini!

Jika Anda sedang membutuhkan pinjaman modal untuk usaha Anda dengan jumlah besar namun tetap diawasi OJK, Danamas Pinjaman Bisnis, siap menjadi penolong di setiap masalah bisnis Anda. Pinjaman online dengan limit mulai 50 juta hingga 2 miliar rupiah melalui pinjaman beragunan property, Daftar disini!