Pinjaman modal usaha bisa menjadi solusi yang menjembatani para pelaku usaha untuk melakukan ekspansi bisnis. Mengembangkan sebuah usaha tentunya membutuhkan modal usaha. Sayangnya tidak semua orang memiliki modal awal yang cukup untuk mengembangkan bisnisnya.  Oleh karena itulah, pinjaman modal bisa menjadi salah satu pilihan alternatif yang dapat dimanfaatkan. 

Dengan adanya perkembangan teknologi yang kian mumpuni, mendukung pergerakan atau pertumbuhan perusahaan fintech atau financial teknologi yang siap membantu dan memberikan bantuan kepada pencari pinjaman modal usaha.  Simak dalam artikel berikut ini mengenai kegunaan pinjaman usaha dan tips mencari pinjaman modal usaha. 

Apa itu Pinjaman Modal Usaha? 

Pinjaman usaha

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Modal merupakan dana atau uang yang digunakan untuk pokok (induk) untuk melakukan sesuatu. Adapun pinjaman modal usaha berarti dimana peminjam mengajukan pinjaman untuk mengembangkan usaha kepada orang, kelompok, lembaga, dan sebagainya. Pinjaman modal usaha juga dapat diartikan sebagai . Penyediaan dana dalam jumlah tertentu untuk mendukung tujuan usaha yang berdasarkan pada kesepakatan pinjam meminjam yang mewajibkan peminjam untuk membayar atau melunasi pinjaman dalam waktu tertentu beserta dengan bunga, dan lain- lainnya. 

Jenis Pinjaman Modal Usaha 

Terdapat berbagai jenis pinjaman modal usaha yang bisa Anda ajukan, yakni:

  1. Kredit Tanpa Agunan

Kredit tanpa agunan (KTA) merupakan pinjaman modal usaha yang memberikan kredit tanpa memberikan beban jaminan berupa aset misalnya kendaraan, properti, dan surat berharga lainnya. 

  1. Jenis Pinjaman Modal Usaha Rakyat

Kredit Usaha Rakyat atau KUR dirancang oleh pemerintah untuk membantu usaha mikro, kecil, dan menengah milik rakyat. Biasanya KUR memberikan jenis pinjaman modal usaha bagi yang bergerak di sektor pertanian, perikanan, kelautan, perindustrian, jasa koperasi simpan pinjam.

  1. Kredit Investasi

Kredit investasi merupakan jenis pinjaman modal yang difokuskan untuk berbagai keperluan usaha. Pinjaman ini biasanya digunakan untuk penambahan usaha seperti membuka pabrik baru, perdagangan mesin dan bahan baku, membeli tanah dan juga bangunan untuk usaha baru, serta lain sebagainya. 

  1. Kredit Modal Kerja (KMK)

Kredit modal kerja atau KMK diberikan untuk pengembangan usaha menjadi lebih besar. Dalam pinjaman ini ada syarat yang harus dipenuhi, yakni usaha telah memiliki izin yang telah berjalan selama kurang lebih satu tahun. KMK merupakan pinjaman modal usaha pendek yakni dalam waktu satu tahun, dan dalam satu tahun tersebut nilai pencairan kredit maksimal 70% dari total kebutuhan akan modal kerja, dengan jaminan usaha itu sendiri. 

  1. Kredit Online 

Pinjaman jenis ini merupakan fasilitas pinjaman uang yang diberikan oleh penyedia jasa keuangan yang beroperasi secara online. Biasanya disebut sebagai pinjaman modal usaha financial technology (Fintech).

  1. Kredit Multiguna 

Kredit multiguna merupakan salah satu produk perbankan atau keuangan yang memberikan fasilitas pinjaman dimana peminjam diharuskan untuk memberikan agunan atau jaminan. Jaminan yang diagunkan dapat berupa surat berharga, properti, dan aset lainnya. Melalui jaminan inilah yang nantinya akan menentukan seberapa besar dana yang akan dipinjamkan. Semakin besar jaminan yang Anda diberikan,  maka semakin besar pula yang akan Anda terima. Namun perlu dipastikan adanya ketentuan bunga, dokumen yang dibutuhkan, dan lain sebagainya.  

  1. Pinjaman Modal Ventura 

Modal ventura merupakan pinjaman dalam bentuk investasi dimana kreditur memberikan pembiayaan berupa penyertaan modal dengan perjanjian kerja sama dalam suatu waktu tertentu. Modal ventura mirip dengan saham, hanya saja modal yang diberikan ini berasal dari perusahaan ventura. Terdapat pinjaman modal ventura yang bisa dipilih yakni equality  financing yang memberikan pembiayaan langsung, dam  semi equality financing yang memberikan pinjaman sebagian dalam bentuk saham dan obligasi.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Penjualan dengan Pinjaman Modal Usaha

Tips Mencari Pinjaman Usaha untuk Modal Awal Bisnis 

Pinjaman usaha

Seperti yang kita ketahui, mendapatkan pinjaman modal untuk bisnis memang tidak mudah dan harus  dilakukan dengan cara yang tepat agar dapat berjalan dengan lancar. Ada banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan modal usaha yang bisa dilakukan, yakni: 

  1. Menggadaikan Aset untuk Mendapatkan Pinjaman Modal

Untuk mendapatkan modal, Anda bisa menjaminkan aset pribadi yang dimiliki. Biasanya dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan modal berupa uang tunai sesuai dengan nilai aset yang Anda gadaikan.

  1. Mendapatkan Modal dari Pinjaman Bank 

Meminjam dari bank bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan modal usaha. Namun pengajuan melalui Bank biasanya akan lebih mudah untuk memberikan pinjaman kepada mereka yang usahanya sudah berjalan karena bank akan meminta bukti kesehatan keuangan sebagai salah satu cara untuk memastikan apakah keuangan Anda sehat atau tidak. 

  1. Mengajukan Pinjaman Melalui Peer to Peer Lending

Pada era teknologi seperti sekarang ini, Anda bisa dengan mudah menggunakan aplikasi melalui smartphone melalui peer to peer lending. Yakni memberikan pinjaman uang kepada pelaku bisnis untuk keperluan usahanya. Pada platform peer to peer lending menghubungkan antara pemberi pinjaman dengan peminjam secara online. P2P lending memungkinkan setiap peminjam untuk mengajukan pinjaman kepada pemodal. Keduanya tentu akan mendapatkan keuntungan. Pemodal mendapatkan bunga dari hasil pinjamannya, sedangkan peminjam mendapatkan dana untuk mengembangkan usahanya. 

Apabila Anda membutuhkan tambahan modal usaha, Anda bisa menggunakan Lancar by Danamas platform pinjaman online yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan yang tentunya sudah aman dan terjamin legalitasnya. Lancar by Danamas memberikan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar melalui pinjaman beragunan properti. Mulai kembangkan usaha Anda dan dapatkan pinjamannya! Daftar sekarang disini!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Tips Kelola Pinjol

Hindari Terjerat dalam Lubang Pinjol. Berikut Tips dan Triknya!

Keberadaan para penyedia jasa pinjaman online sempat diindahkan oleh masyarakat dalam beberapa waktu silam. Dengan menyediakan proses pengajuan pinjaman yang cukup mudah dan dapat dibilang singkat, pinjaman online ini dianggap mampu membantu perekonomian masyarakat menengah kebawah pada suatu periode tertentu. Namun belakangan, pinjaman online, atau yang lebih dikenal dengan sebutan pinjol, telah berubah menjadi polemik karena sudah menelan banyak korban. Korban-korban ini ditujukan kepada mereka pengguna pinjol yang mengalami gagal bayar ketika sudah jatuh tempo, mereka akan merasa depresi karena mendapat tekanan sosial, pembayaran bunga dan denda yang menumpuk. Tidak ketinggalan, skor kredit para pengguna pinjol yang mengalami gagal bayar ini akan menjadi buruk, yang mana akan sangat memungkinkan untuk mendapat blacklist dari Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (SLIK OJK).

Pertumbuhan pinjol, kini kian dikenal oleh masyarakat. Demand yang tinggi untuk menutup kebutuhan hidup yang memang mendesak, hingga hanya untuk memenuhi tuntutan gaya dan trend pun menjadi alasan maraknya pinjaman online di Indonesia. Pinjol sangat tidak disarankan untuk penggunaan yang konsumtif. Namun, jika pada kondisi khusus Anda dituntut untuk mendapatkan uang tunai dengan cepat, pilihlah pinjol yang tepat dan jelas. Simak poin-poin berikut ini untuk mendapat informasi seputar tips untuk menghindari pinjol ilegal yang dapat merugikan diri Anda.

Tips Hindari Pinjol Ilegal 

Tips Kelola Pinjol
  1. Meminjam hanya kepada fintech yang terdaftar di OJK.

Pastikan Anda meminjam di platform fintech yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Apabila Anda menemukan pinjol yang mencurigakan atau bahkan ilegal, Anda dapat melaporkannya ke Layanan Konsumen OJK di 157, atau melalui email [email protected]

  1. Telusuri rekam jejak perusahaan pinjol.

Sebelum Anda melakukan pengajuan pinjaman, penting bagi Anda untuk melakukan background check terlebih dahulu pada perusahaan pinjol yang akan Anda pilih. Hal ini juga berguna untuk membantu Anda memfilter mana pinjol yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Tidak tergoda limit besar dan bunga yang sangat rendah.

Anda patut curiga bila ada sebuah pinjol yang menawarkan pinjaman dengan bunga yang ditawarkan sangat rendah. Berdasarkan peraturan OJK, pinjaman yang berstatus konsumtif, memiliki bunga sebesar 0,8% per harinya. Dan jika dihitung per bulannya, maka batas maksimumnya adalah 24%.

  1. Jangan mudah percaya dengan SMS/WhatsApp yang masuk menawarkan pinjaman online dengan proses yang sangat mudah.

Kemudahan proses pendaftaran saat mengajukan pinjaman online merupakan suatu nilai plus tersendiri untuk para penyedia jasa pinjaman online. Namun, jika proses yang akan dilalui terasa sangat mudah, Anda harus berhati-hati. Karena bisa saja, ternyata pinjol yang Anda temui adalah pinjol ilegal..

Walaupun sedang dalam keadaan yang mendesak, Anda tetap harus berhati-hati dengan berbagai tawaran pinjaman yang cepat dan limit besar. Bisa jadi, Anda sedang ditipu oleh para sales pinjol ilegal yang akan sangat merugikan Anda di kedepannya. Tidak dipungkiri, pinjol ilegal memang lebih menggiurkan. Dengan iming-iming kemudahan proses dan kecepatan penerimaan dana, membuat masyarakat Indonesia sering salah memilih pinjaman online yang tepat. Namun begitu, dimanapun Anda melakukan pinjaman, ada beberapa hal yang tetap perlu diperhatikan saat Anda melakukan pengelolaan uang pinjaman agar Anda tidak kehilangan begitu banyak hal nantinya.

Tips Mengelola Uang dari Pinjaman

  1. Pahami betul tujuan Anda melakukan pinjaman online.

Buatlah pertimbangan dengan matang sebelum melakukan pinjaman online. Mulai dari untuk apa uang tersebut akan digunakan, hingga bagaimana pengelolaan uang yang akan Anda pinjam. Sesuaikan nominal dengan kebutuhan dan kemampuan Anda dalam melunasinya.

  1. Ketahui bunga dan denda saat melakukan pinjaman.

Jangan lupa untuk menghitung bunga dan denda untuk pinjaman. Buatlah kalkulasi biaya cicilan dengan kebutuhan Anda untuk menghindari gagal bayar.

  1. Pastikan Anda memahami Kontrak Perjanjian.

Hal ini akan berguna jika di kemudian hari ada hal buruk yang menimpa Anda. Seperti adanya penagihan depkolektor sebelum jatuh tempo, atau penyebaran data pribadi Anda yang akan sangat merugikan.

  1. Alokasikan dana sesuai dengan tujuan awal

Pastikan pinjaman tersebut hanya untuk kebutuhan yang mendesak. Jangan pernah menggunakan pinjaman online untuk berfoya-foya.

Tips Kelola Pinjol
  1. Bayar cicilan sebelum jatuh tempo, atau jika bisa, lunasi cicilan lebih awal.

Lakukan pembayaran tagihan Anda sesuai dengan Kontrak Perjanjian. Lunasi sebelum jatuh tempo, atau lebih awal. Hal ini akan berguna untuk keamanan kredit skoring Anda

  1. Jangan gali lubang, tutup lubang

Hindari meminjam di platform fintech lain demi menutupi pinjaman yang ada sebelumnya. Pastikanlah Anda telah melunasinya sebelum Anda memulai pinjaman yang baru.

Ketika Anda sudah memutuskan untuk mengajukan pinjaman online, pastikan Anda sudah membaca dan mengetahui segala syarat ketentuan yang telah tertuang jelas pada surat kontrak yang diberikan perusahaan pinjol kepada Anda. Jangan sampai, dengan adanya hutang pinjol akan menyusahkan Anda di kemudian hari.

Itulah beberapa tips keuangan yang bisa Anda terapkan pada saat memutuskan untuk melakukan pengajuan pinjaman online. Bijaklah saat melakukan pinjaman agar tidak membuat malapetaka bagi Anda dan menyebabkan Anda terjerumus menjadi korban selanjutnya.

Baca juga: Butuh Pinjaman Uang Mendesak? Jangan Panik, Yuk Ikuti Cara Ini!

Jika Anda sedang membutuhkan pinjaman modal untuk usaha Anda dengan jumlah besar namun tetap diawasi OJK, Danamas Pinjaman Bisnis, siap menjadi penolong di setiap masalah bisnis Anda. Pinjaman online dengan limit mulai 50 juta hingga 2 miliar rupiah melalui pinjaman beragunan property, Daftar disini!

debt collector

Jangan Panik, Ini Cara Tepat Menghadapi Debt Collector

Debt collector sering dikaitkan dengan pinjaman online ilegal. Maraknya kasus-kasus penagihan pinjaman online ilegal belakangan ini membuat nama debt collector menjadi tercemar dan memberikan kesan yang negatif. Hal tersebut dikarenakan debt collector banyak menggunakan cara-cara yang kurang etis sehingga mengakibatkan beberapa orang merasa terancam keberadaannya. Namun sebenarnya seperti apakah debt collector yang seharusnya dan bagaimana cara yang tepat menghadapi debt collector hingga perbedaan dengan jurusita piutang? Berikut penjelasannya untuk anda.

Apa Itu Debt Collector?

Debt collector adalah sebuah perusahaan atau agen yang menjalankan bisnis pembayaran hutang dari rekening tunggakan. Umumnya debt collector dipekerjakan oleh beberapa perusahaan pembiayaan atau layanan keuangan yang memiliki tugas untuk menagih hutang kepada debitur. Debt collector dibayar melalui persentase dari jumlah pembayaran utang debitur yang sudah berhasil ditagih. Cara pembayaran ini yang membuat debt collector seringkali menekan debitur untuk segera membayar hutang.

Bagaimana Cara Kerja Debt Collector

Cara kerja debt collector adalah debitur yang tidak membayar hutangnya saat sudah jatuh tempo maka akan dilaporkan ke Biro kredit. Laporan ini membuat credit score debitur menjadi jelek. Tak hanya itu penagih utang debitur juga akan diserahkan kepada jasa penagih utang dalam waktu tiga hingga enam bulan dari tanggal jatuh tempo. Ada beberapa cicilan yang menggunakan jasa penagih utang seperti tagihan telepon tagihan kartu kredit pajak pembayaran utilitas dan lain-lain.

debt collector

Tipe Debt Collector

  • Desk Collector: desk collector bertugas menjadi penagih utama pada tingkat pertama debt collector. Umumnya ia akan mengingatkan debitur tentang waktu jatuh tempo hutang peringatan tersebut bisa dilakukan melalui telepon dan harus menggunakan tata cara yang sopan dan hormat sebagai bagian dari pelayan debitur.
  • Juru tagih: Juru tagih memiliki tugas untuk menyelidiki dan mengetahui keberadaan hingga kondisi keuangan dari peminjam. Berkelakuan baik adalah hal yang wajib dimiliki oleh seorang juru tagih dan juga mampu persuasif. Hal ini perlu dilakukan agar peminjam bisa mengetahui kewajibannya yang untuk membayar hutang. Juru tagih juga harus bisa menentukan batas waktu peminjam dalam membayar hutangnya.
  • Jurusita: Jurusita juga bisa datang ke rumah untuk menagih hutang yang belum dibayarkan oleh peminjam hingga melakukan penyitaan aset sesuai dengan perjanjian di jaminan yang tertera. jurus itu juga bisa membawa peminjam ke ranah hukum jika ia tidak ingin melunasi hutangnya sesuai dengan jatuh tempo

Etika Seorang Debt Collector Saat Menagih Hutang

  • Membawa kartu identitas yang resmi yang diterbitkan oleh kreditur atau bank yang dilengkapi oleh foto sah
  • Proses penagihan dilakukan tanpa menggunakan cara kekerasan ancaman hingga perlakuan negatif
  • Proses penagihan tidak menggunakan kontak atau aktivitas fisik maupun verbal yang kasar
  • Proses penagihan juga tidak boleh menyangkut pautkan pihak lain selain peminjam
  • Proses penagihan yang melalui alat komunikasi tidak diperkenankan secara terus-menerus karena bisa mengganggu aktivitas peminjam
  • Proses penagihan hutang hanya boleh dilakukan di alamat penagihan atau domisili peminjam
  • Waktu proses penagihan hanya dari pukul 8 pagi hingga 8 malam sesuai wilayah waktu peminjam
  • Jika penagihan utang di luar tempat atau waktu maka boleh dilaksanakan atas dasar kesepakatan atau perjanjian sebelumnya
  • Pemberi kredit yaitu pihak bank juga wajib memastikan bahwa pihak penyedia jasa penagihan yang sudah bekerja sama dengan nya harus memenuhi etika penagihan yang sudah disahkan oleh asosiasi penyelenggara alat pembayaran dengan menggunakan kartu. 

Cara Penagihan Debt Collector

Strategi yang umum dilakukan oleh para debt collector adalah dengan menelpon nomor pribadi atau telepon kantor debitur. Beberapa dari mereka bahkan mendatangi rumah debitur untuk memberi peringatan secara langsung. Debt collector juga biasa menghubungi teman terdekat keluarga atau orang-orang disekitar debitur hanya untuk mengkonfirmasi informasi kontak debitur. Umumnya debt collector tidak akan memberitahukan alasan dibalik konfirmasi kontak debitur tersebut karena sifatnya cukup rahasia. 

Debt collector hanya memberitahukan debitur agar segera membayar hutangnya dengan cara apapun. Untuk itu jika debitur ingin melunasi hutang maka debt collector akan mendapatkan penghasilan lewat pelunasan yang debitur lakukan. Namun jika debitur tidak ingin membayar hutangnya maka debt collector akan memperbarui laporan kredit debitur sehingga kredit skornya menjadi buruk. Kredit skor yang buruk tentu akan berpengaruh pada kesempatan debitur nantinya untuk mendapatkan pinjaman lain yang mungkin saja ia butuhkan.

Cara Tepat Menghadapi Depkolektor

debt collector

Jika anda didatangi oleh debt collector ada beberapa cara yang bisa anda lakukan antara lain:

  • Tanyakan Identitas

Saat debt collector menagih hutang kepada Anda maka anda bisa menyambutnya dengan sopan dan tidak perlu panik. Anda bisa tanyakan identitas mereka seperti siapa yang memberikan perintah penagihan dan kontak pemberi tanggung jawab. 

  • Minta Menunjukkan Kartu Sertifikasi Profesi

Seharusnya tiap debt collector yang resmi mendapatkan sertifikasi APPI atau Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia. Hal ini penting karena bertujuan untuk bisa menunjukkan bukti aktivitas profesinya sebagai penagih utang. Maka dari itu profesi debt collector sebenarnya bukan profesi yang diluar badan hukum karena debt collector resmi memiliki etika dalam proses penagihan.

  • Jelaskan Alasan Keterlambatan Pembayaran

Saat Anda ditagih oleh debt collector maka anda perlu menjelaskan alasan keterlambatan pembayaran dan jangan menjanjikan apapun kepada debt collector untuk memperpanjang masa penangguhan. Hal ini hanya akan membuat proses penagihan akan semakin lama dan rumit. Anda juga bisa tambahkan bahwa anda akan menghubungi pihak pemberi pinjaman tentang utang yang anda ajukan ini.

  •  Cek Surat Kuasa Penagihan Jika Ada Penyitaan Barang

Surat kuasa adalah bukti barang sitaan imbas dari penunggakan pembayaran bisa diambil. Surat ini yang wajib diterbitkan oleh penyedia pinjol dimana tempat anda mengajukan pinjaman.

  • Pinjaman Disertai Sertifikat Jaminan Fidusia

Anda juga perlu melihat sertifikat jaminan fidusia selain surat kuasa saat penyitaan barang. Sertifikat jaminan fidusia berbentuk dokumen asli atau pernyataan barang. Jika depkolektor atau penagih hutang tidak bisa menunjukkan sertifikat itu maka anda pun bisa menolak aktivitas pernyataan.

Pelaporan Debt Collector Nakal

Jika anda merasa perilaku debt collector sangat mengancam kehidupan Anda bahkan hingga melukai diri anda maka ada beberapa lembaga berwenang yang bisa Anda hubungi untuk mengadukan debt collector nakal.

  • Bank Indonesia

 Anda bisa melakukan pengaduan ke Bank Indonesia melalui kontak berikut ini:

  •  telepon: 021-131
  •  contact center BICARA
  •  Email: [email protected]
  •  form pengaduan online: www.bi.go.id/Perlindungan Konsumen/form
  • Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Surat yang ditujukan kepada anggota dewan komisioner OJK bidang edukasi dan perlindungan konsumen, selanjutnya Anda bisa kirimkan ke alamat berikut:

  • Alamat: Menara Radius Prawiro, lantai 2 Komplek Perkantoran BI, Jl. MH Thamrin No.2, Jakarta Pusat 10350
  • Telp: 157
  • Email: [email protected]
  • Form pengaduan online: http://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan
  • Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)

Lembaga lain yang bisa menampung pengaduan konsumen terkait dengan depkolektor nakal adalah YLKI. Berikut kontak yang bisa Anda hubungi:

  • Call Center YLKI: 021 – 7981858 / 021-7971378
  • Alamat YLKI: Jl. Pancoran Barat VII/1, Durentiga, Jakarta Selatan 12760
  • Pelayanan Pengaduan: Senin-Jumat (09.00-15.00 wib)
  • Layanan online: http://pelayanan.ylki.or.id
  • Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI)

Selain YLKI Anda juga bisa melaporkan ke YLBHI berikut alamatnya:

  • Alamat: Jl. Diponegoro no.74 Menteng, Jakarta Pusat 10320
  • Telp: 021-3929840
  • Email: [email protected]
  • Kantor Polisi

Laporkan debt collector nakal ke kantor polisi terdekat.

Dengan mengetahui berbagai tips menghadapi debt collector, maka Anda pun tidak perlu terlalu panik jika berada pada situasi tersebut. Hal yang paling penting lainnya ada, sebelum Anda mengajukan pinjaman, maka pastikan bahwa Anda mampu mengukur kesanggupan untuk membayar cicilan. 

Seperti saat Anda ingin mengajukan pinjaman beragunan properti di Danamas. Fintech lending berizin dan diawasi OJK ini bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis lewat pendanaan besar hingga Rp 2 miliar. Untuk tenor cicilannya bisa mulai dari 1 tahun – 10 tahun sehingga Anda bisa mengukur kemampuan mencicil. Anda juga bisa simulasikan cicilan lewat kalkulator yang bisa di akses di website Lancar by Danamas.

Vulture fund

Pengertian Vulture Fund & Hedge Fund & Karakteristiknya

Dalam dunia investasi ada istilah vulture fund, apakah anda sering mendengar istilah tersebut? Walaupun masih cukup asing terdengar di dunia investasi Indonesia namun, vulture fund tentu bagi Anda yang ingin belajar lebih jauh tentang investasi.

Apa Itu Vulture Fund

Vulture fund adalah sebuah denah investasi yang mencari dan membeli sekuritas dalam investasi seperti obligasi atau ekuitas yang berada ada pada tingkat yang hampir bangkrut. Tujuan dari vulture fund adalah untuk menyapu dan mengambil saham dengan harga rendah yang dianggap telah over, ini untuk membuat taruhan yang memiliki risiko tinggi namun berpotensi menghasilkan reward.

Vulture fund mengambil taruhan ekstrem pada utang tertekan dan investasi dengan hasil yang tinggi namun juga menerapkan tindakan hukum pada strategi manajemen untuk mendapatkan pembayaran kontrak. Umumnya, vulture  fund dikelola oleh hedge fund dengan menggunakan berbagai jenis strategi untuk mendapatkan keuntungan bagi investor. 

Untuk bisa mencapai strategi tersebut maka manajer portofolio nantinya akan mencarikan investasi yang yang ditawarkan dengan harga rendah dengan potensi tingkat pengembalian yang tinggi Karena resiko gagal bayar yang tinggi juga. Umumnya investasi ini difokuskan pada instrumen pendapatan tetap seperti obligasi dan pinjaman yang membayar suku bunga tetap atau variabel.

Namun seringkali investasi akan berada pada utang pemerintah negara-negara yang tertekan yang membutuhkan keterlibatan pelobi dalam menyelesaikan hutang yang belum dibayar. Ada berbagai kasus yang melibatkan dana lindung nilai (hedge fund) dan utang negara menyoroti proses dan prosedur yang dilakukan oleh vulture fund untuk menerima pembayaran atas investasi.

Apa Itu Hedge Fund?

Vulture fund

Hedge fund adalah dana lindung nilai di mana dana investasi kolektif ini berasal dari sekumpulan investor mitra yang akan dikelola oleh manajer fund supaya mendapatkan hasil optimal dan menekan angka resiko kerugian. Hedge fund sifatnya tidak likuid, sehingga para investor diwajibkan menyimpan dana pada investasi ini selama 1 tahun. Pada periode penyimpanan ini sering disebut sebagai periode penguncian. Alur proses penarikan dana tersebut hanya bisa dilakukan selama periode tertentu seperti triwulan atau 2 tahunan.

Karakteristik Hedge Fund

Hedge fund Hanya tersedia bagi investor yang sudah masuk kualifikasi. Mereka adalah yang memiliki pendapatan lebih dari 2 juta dolar atau minimal 10 juta dolar atas kekayaan bersih selama 2 tahun terakhir.

Dana ini bersifat luas yang berarti dapat diinvestasikan pada satu lebih dari satu jenis. Investasinya pun bisa beragam seperti investasi properti saham mata uang dan derivatif. Untuk meningkatkan potensi keuntungan maka investasi ini juga sering menggunakan pinjaman dana. Investasi ini memiliki struktur twenty atau beban rasio biaya dan biaya kerja tersebut adalah hal yang dimiliki oleh investornya. Aset yang memiliki nilai sebesar 2% nantinya akan mendapatkan potongan hingga 20% dari keuntungan yang dihasilkan.

Vulture Fund di Argentina

Vulture fund terjadi di negara Argentina dan Puerto Rico saat terjadi krisis. Krisis utang Argentina terjadi selama bertahun-tahun Lalu setelah 15 tahun bernegosiasi pada Februari 2016 akhirnya Argentina setuju untuk membayar kembali dana yang sudah diinvestasikan dalam utang negara tersebut. Hedge fund yang terlibat termasuk unit NPL Capital Elliott Management dan Aurelius Capital Management. Pembayaran atas hutang kepada pemegang obligasi tersebut dinegosiasikan sebesar 6,5 miliar dolar. 

Krisis Hutang Puerto Rico

Puerto Rico juga mengalami krisis utang seperti Argentina di mana krisis anggaran terjadi pada tahun 2006-2007 dan dari 2013 hingga 2016 saat wilayah Amerika Serikat sudah mengajukan kebangkrutan. Kedua negara ini ber utang obligasi dan utang pensiun sebanyak 120 miliar dolar kepada krediturnya termasuk Reksadana Amerika Serikat dan manajer dana lindung nilai. Manajer dana yang mencari pembayaran kembali antara lain Aurelius Capital Management dan Oppenheimer Franklin. 

Akibatnya undang-undang pengawasan manajemen dan stabilitas ekonomi puerto rico diberlakukan pada tahun 2016 untuk merestrukturisasi hutang wilayah dan menyesuaikan anggarannya. Tahun 2010 adalah tahun dimana Puerto Rico memiliki hutang yang cukup besar dan mengalami salah satu restrukturisasi utang publik dalam sejarah Amerika Serikat melalui vulture fund yang telah memainkan peran penting dalam restrukturisasi hutang.

Investasi Vulture Fund

Vulture fund

Sementara Argentina dan puerto rico ada pada kasus hutang ekstrem mereka menyoroti beberapa investasi yang dilakukan oleh vulture fund yang menghasilkan keuntungan besar.  Selain utang pemerintah properti real estate dan perusahaan, dengan leverage tinggi juga merupakan investasi teratas untuk vulture fund. Ini disediakan untuk membayar hal yang substansial.

Secara keseluruhan pengelolaan vulture fund, biasanya tidak untuk orang yang menghindari resiko. di seluruh bagian Amerika Serikat ada beberapa manajer investasi yang terlibat pada jenis investasi ini, seperti Canyon Capital, Autonomy Capital, Monarch Alternative Capital dan Aurelius Capital Management. 

Vulture Kapitalis

Vulture kapitalis adalah tipe pemodal ventura yang secara khusus mencari peluang untuk menghasilkan uang dengan membeli perusahaan yang  hampir bangkrut. Mereka juga dikenal mengambil kendali atas inovasi pihak lain dan sebagai hasilnya adalah uang yang didapat dari pihak tersebut. 

Istilah ini digunakan untuk pemodal Ventura yang agresif di mana mereka melihat peluang yang tepat lalu masuk pada menit terakhir serta mengambil keuntungan dari situasi dengan harga serendah mungkin. 

Kapitalis kultur sering dikritik karena memiliki perilaku agresif dan dianggap memaksa perusahaan yang mereka beli untuk mendapatkan keuntungan. 

Untuk bisa mendapatkan keuntungan, maka Anda bisa melakukan berbagai hal termasuk mencoba bisnis baru. Untuk bisa memulai bisnis baru, maka Anda bisa mulai lewat pendanaan bisnis dari Lancar by Danamas. Fintech lending berizin dan diawasi oleh OJK ini hadir dengan pinjaman beragunan properti bernominal besar hingga Rp 2 miliar. Pinjaman aman ini bisa dengan mudah Anda dapatkan lewat aplikasi Lancar by Danamas yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun.