Asuransi pinjaman

Di dalam kehidupan, pasti ada saja hal yang tidak dapat diduga. Terkadang, ada beberapa resiko juga yang dapat terjadi. Ketika melakukan peminjaman, pasti anda harus mengembalikan uang tersebut nantinya. Di artikel ini, kami akan membahas tentang asuransi pinjaman. Yuk, simak penjelasan dari kami! 

Apa Itu Asuransi Pinjaman?

Asuransi pinjaman atau asuransi kredit adalah sebuah asuransi untuk proteksi yang diberikan kepada Bank Umum/Lembaga pembiayaan atas resiko kegagalan dalam melunasi utang yang dilakukan oleh peminjam. Contoh pinjaman yang bisa ditutupi oleh asuransi pinjaman adalah seperti kredit modal kerja, kredit perdagangan dan lain-lain.

Contoh dari asuransi pinjaman adalah ketika anda mengalami sebuah kejadian atau musibah yang menyebabkan anda tidak dapat membayar utang anda, asuransi pinjaman akan membantu anda untuk mengembalikan pinjaman yang telah anda buat. Ketika ada sebuah kebakaran di sebuah pabrik (contohnya), produksi untuk mendapatkan pemasukan uang untuk menggantikan pinjaman jadi terhambat. Oleh karena itu, asuransi pinjaman datang untuk membantu dalam pelunasan uang. Meskipun bukan secara langsung, asuransi pinjaman ada untuk membantu anda mendapatkan uang untuk membayar pinjaman kembali. 

Asuransi pinjaman

Berdasarkan Informasi dari Otoritas jasa keuangan, asuransi kredit akan memberikan perlindungan dan jaminan pelunasan cicilan  pinjaman jika penerima kredit/debitur mengalami kondisi sebagai berikut :

  • Alami (debitur meninggal karena kecelakaan atau sakit
  • Permanen (debitur mengalami cacat tetap sehingga tidak dapat melanjutkan cicilan lagi)

Informasi Asuransi Pinjaman Oleh Sinarmas

Sinarmas group menyediakan berbagai jenis asuransi pinjaman yang siap membantu anda dalam perusahaan yang akan dirintis. Asuransi pinjaman di sinarmas memiliki plafon yang berbeda-beda sesuai dengan ukuran bisnis yang tengah dirintis, dimulai dari 50 juta hingga 5 miliar. Untuk mengetahui tentang asuransi pinjaman oleh Sinarmas Lebih lanjut, kunjungi halaman FAQ (Frequently Asked Questions) untuk informasi lebih lanjut! 

Jika anda memerlukan sebuah pinjaman, Sinarmas memiliki sebuah anak perusahaan yang dapat membantu UMKM untuk merintis perusahaannya lebih lanjut. Danamas merupakan sebuah Fintech P2P yang memiliki tenor yang panjang dan limit yang besar. Baru-baru ini, Danamas membuat sebuah aplikasi pinjaman, yakni Lancar By Danamas. 

Lancar by Danamas merupakan sebuah Fintech yang menggunakan properti sebagai jaminannya. Jika properti anda mengalami kebakaran, Lancar By Danamas juga memiliki asuransi pinjaman yang dapat membantu anda untuk menyelesaikan pinjaman anda. Ingin mencoba pinjaman di Lancar? Kunjungi situs kami di www.lancar.id untuk informasi lebih lanjut.

Manfaat asuransi pinjaman

Manfaat dari asuransi pinjaman sebenarnya dapat membantu anda agar dapat membayar kembali pinjaman yang tidak dapat dibayar. Jika dilihat dari segi peminjam, asuransi pinjaman bisa membantu sebagai perlindungan, dan dijadikan alternatif dana untuk menyelesaikan angsuran pinjaman. 

Bagi kreditur, asuransi pinjaman dapat digunakan agar kerugian tidak timbul untuk mereka, dan pinjaman bisa dilunaskan dengan jumlah yang sesuai. Dengan ini, seluruh pinjaman bisa dikembalikan dengan aman.  

Jenis & manfaat asuransi pinjaman

Asuransi pinjaman

Asuransi pinjaman mungkin merupakan sebuah tipe dari banyaknya asuransi yang ada, namun asuransi pinjaman juga memiliki beberapa jenis. Berikut adalah beberapa jenis serta manfaat asuransi pinjaman untuk anda:

  • Asuransi kredit

Manfaatnya adalah untuk menjaga kualitas kredit. Jika ada sebuah kredit yang macet, asuransi pinjaman kredit akan membantu untuk membayar kredit anda yang macet itu. 

  • Asuransi piutang

Bilamana terdapat piutang yang belum terbayar, asuransi pinjaman piutang akan membantu anda untuk memenuhi kewajiban piutang tersebut. Dengan ini, akan dijaga pembayaran piutang anda dan akan terjamin. 

  • Asuransi kerugian

Asuransi pinjaman kerugian merupakan sebuah asuransi yang dapat membantu untuk menjamin aset agar tetap aman. Jika usaha anda (atau hal-hal lain) yang anda miliki tidak bisa membuat anda untuk membayar utang pinjaman yang harus dibayar, asuransi kerugian bisa membantu untuk menutupinya.

Contohnya, jika toko kelontong merupakan sumber masukan seseorang dan toko kelontong itu mengalami kebakaran, asuransi kerugian bisa digunakan untuk membantu membayarkan kerugian yang dialami toko tersebut. 

Perhitungan asuransi pinjaman

Pada saat mendaftar asuransi pinjaman, premi pinjaman sudah tergantung pada plafon kredit, jangka dan usia debitur. Namun, terdapat sebuah rumus menghitung premi asuransi pinjaman anda. Berikut adalah rumusnya: 

Premi = Tarif asuransi  x Plafon Pinjaman/kredit

Jika anda ingin menghitung besaran tarif asuransi, hasil akan berubah-ubah. Pasalnya, besaran tarif asuransi berbeda-beda dan dihitung berdasarkan tenor pinjaman yang ditanggung dan juga sesuai dengan kesepakatan antara debitur dan pihak bank. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

cara-bayar-spt-online-batas-31-maret-2023

Cara Lapor SPT Tahunan Online 2023 : Pribadi, PNS & Perusahaan

Cara lapor SPT Tahunan memang tidak bisa dianggap mudah, namun juga tidak yang begitu sulit. Secara semua pemasukan yang Anda miliki wajib dilapor, jadi pastikan untuk tidak k

Invoice Financing Untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Pengajuan Cepat

Invoice financing adalah cara bagi bisnis untuk meminjam uang untuk membayarkan hutang dari faktur yang belum dibayar diawal. Dengan invoice financing, terka

Ciri-Ciri-Pinjaman-Online-Ilegal

Pinjaman Online Ilegal: Ciri & Solusi Jitu Jika Sudah Terjebak

Masa pandemi menjadi waktu yang berat untuk banyak orang. Tidak sedikit usaha yang gulung tikar, padahal kebutuhan di rumah harus terus dipenuhi. Hal ini membuat sebagian oran