Debt collector sering dikaitkan dengan pinjaman online ilegal. Maraknya kasus-kasus penagihan pinjaman online ilegal belakangan ini membuat nama debt collector menjadi tercemar dan memberikan kesan yang negatif. Hal tersebut dikarenakan debt collector banyak menggunakan cara-cara yang kurang etis sehingga mengakibatkan beberapa orang merasa terancam keberadaannya. Namun sebenarnya seperti apakah debt collector yang seharusnya dan bagaimana cara yang tepat menghadapi debt collector hingga perbedaan dengan jurusita piutang? Berikut penjelasannya untuk anda.
Apa Itu Debt Collector?
Debt collector adalah sebuah perusahaan atau agen yang menjalankan bisnis pembayaran hutang dari rekening tunggakan. Umumnya debt collector dipekerjakan oleh beberapa perusahaan pembiayaan atau layanan keuangan yang memiliki tugas untuk menagih hutang kepada debitur. Debt collector dibayar melalui persentase dari jumlah pembayaran utang debitur yang sudah berhasil ditagih. Cara pembayaran ini yang membuat debt collector seringkali menekan debitur untuk segera membayar hutang.
Bagaimana Cara Kerja Debt Collector
Cara kerja debt collector adalah debitur yang tidak membayar hutangnya saat sudah jatuh tempo maka akan dilaporkan ke Biro kredit. Laporan ini membuat credit score debitur menjadi jelek. Tak hanya itu penagih utang debitur juga akan diserahkan kepada jasa penagih utang dalam waktu tiga hingga enam bulan dari tanggal jatuh tempo. Ada beberapa cicilan yang menggunakan jasa penagih utang seperti tagihan telepon tagihan kartu kredit pajak pembayaran utilitas dan lain-lain.

Tipe Debt Collector
- Desk Collector: desk collector bertugas menjadi penagih utama pada tingkat pertama debt collector. Umumnya ia akan mengingatkan debitur tentang waktu jatuh tempo hutang peringatan tersebut bisa dilakukan melalui telepon dan harus menggunakan tata cara yang sopan dan hormat sebagai bagian dari pelayan debitur.
- Juru tagih: Juru tagih memiliki tugas untuk menyelidiki dan mengetahui keberadaan hingga kondisi keuangan dari peminjam. Berkelakuan baik adalah hal yang wajib dimiliki oleh seorang juru tagih dan juga mampu persuasif. Hal ini perlu dilakukan agar peminjam bisa mengetahui kewajibannya yang untuk membayar hutang. Juru tagih juga harus bisa menentukan batas waktu peminjam dalam membayar hutangnya.
- Jurusita: Jurusita juga bisa datang ke rumah untuk menagih hutang yang belum dibayarkan oleh peminjam hingga melakukan penyitaan aset sesuai dengan perjanjian di jaminan yang tertera. jurus itu juga bisa membawa peminjam ke ranah hukum jika ia tidak ingin melunasi hutangnya sesuai dengan jatuh tempo
Etika Seorang Debt Collector Saat Menagih Hutang
- Membawa kartu identitas yang resmi yang diterbitkan oleh kreditur atau bank yang dilengkapi oleh foto sah
- Proses penagihan dilakukan tanpa menggunakan cara kekerasan ancaman hingga perlakuan negatif
- Proses penagihan tidak menggunakan kontak atau aktivitas fisik maupun verbal yang kasar
- Proses penagihan juga tidak boleh menyangkut pautkan pihak lain selain peminjam
- Proses penagihan yang melalui alat komunikasi tidak diperkenankan secara terus-menerus karena bisa mengganggu aktivitas peminjam
- Proses penagihan hutang hanya boleh dilakukan di alamat penagihan atau domisili peminjam
- Waktu proses penagihan hanya dari pukul 8 pagi hingga 8 malam sesuai wilayah waktu peminjam
- Jika penagihan utang di luar tempat atau waktu maka boleh dilaksanakan atas dasar kesepakatan atau perjanjian sebelumnya
- Pemberi kredit yaitu pihak bank juga wajib memastikan bahwa pihak penyedia jasa penagihan yang sudah bekerja sama dengan nya harus memenuhi etika penagihan yang sudah disahkan oleh asosiasi penyelenggara alat pembayaran dengan menggunakan kartu.
Cara Penagihan Debt Collector
Strategi yang umum dilakukan oleh para debt collector adalah dengan menelpon nomor pribadi atau telepon kantor debitur. Beberapa dari mereka bahkan mendatangi rumah debitur untuk memberi peringatan secara langsung. Debt collector juga biasa menghubungi teman terdekat keluarga atau orang-orang disekitar debitur hanya untuk mengkonfirmasi informasi kontak debitur. Umumnya debt collector tidak akan memberitahukan alasan dibalik konfirmasi kontak debitur tersebut karena sifatnya cukup rahasia.
Debt collector hanya memberitahukan debitur agar segera membayar hutangnya dengan cara apapun. Untuk itu jika debitur ingin melunasi hutang maka debt collector akan mendapatkan penghasilan lewat pelunasan yang debitur lakukan. Namun jika debitur tidak ingin membayar hutangnya maka debt collector akan memperbarui laporan kredit debitur sehingga kredit skornya menjadi buruk. Kredit skor yang buruk tentu akan berpengaruh pada kesempatan debitur nantinya untuk mendapatkan pinjaman lain yang mungkin saja ia butuhkan.
Cara Tepat Menghadapi Depkolektor

Jika anda didatangi oleh debt collector ada beberapa cara yang bisa anda lakukan antara lain:
- Tanyakan Identitas
Saat debt collector menagih hutang kepada Anda maka anda bisa menyambutnya dengan sopan dan tidak perlu panik. Anda bisa tanyakan identitas mereka seperti siapa yang memberikan perintah penagihan dan kontak pemberi tanggung jawab.
- Minta Menunjukkan Kartu Sertifikasi Profesi
Seharusnya tiap debt collector yang resmi mendapatkan sertifikasi APPI atau Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia. Hal ini penting karena bertujuan untuk bisa menunjukkan bukti aktivitas profesinya sebagai penagih utang. Maka dari itu profesi debt collector sebenarnya bukan profesi yang diluar badan hukum karena debt collector resmi memiliki etika dalam proses penagihan.
- Jelaskan Alasan Keterlambatan Pembayaran
Saat Anda ditagih oleh debt collector maka anda perlu menjelaskan alasan keterlambatan pembayaran dan jangan menjanjikan apapun kepada debt collector untuk memperpanjang masa penangguhan. Hal ini hanya akan membuat proses penagihan akan semakin lama dan rumit. Anda juga bisa tambahkan bahwa anda akan menghubungi pihak pemberi pinjaman tentang utang yang anda ajukan ini.
- Cek Surat Kuasa Penagihan Jika Ada Penyitaan Barang
Surat kuasa adalah bukti barang sitaan imbas dari penunggakan pembayaran bisa diambil. Surat ini yang wajib diterbitkan oleh penyedia pinjol dimana tempat anda mengajukan pinjaman.
- Pinjaman Disertai Sertifikat Jaminan Fidusia
Anda juga perlu melihat sertifikat jaminan fidusia selain surat kuasa saat penyitaan barang. Sertifikat jaminan fidusia berbentuk dokumen asli atau pernyataan barang. Jika depkolektor atau penagih hutang tidak bisa menunjukkan sertifikat itu maka anda pun bisa menolak aktivitas pernyataan.
Pelaporan Debt Collector Nakal
Jika anda merasa perilaku debt collector sangat mengancam kehidupan Anda bahkan hingga melukai diri anda maka ada beberapa lembaga berwenang yang bisa Anda hubungi untuk mengadukan debt collector nakal.
- Bank Indonesia
Anda bisa melakukan pengaduan ke Bank Indonesia melalui kontak berikut ini:
- telepon: 021-131
- contact center BICARA
- Email: [email protected]
- form pengaduan online: www.bi.go.id/Perlindungan Konsumen/form
- Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Surat yang ditujukan kepada anggota dewan komisioner OJK bidang edukasi dan perlindungan konsumen, selanjutnya Anda bisa kirimkan ke alamat berikut:
- Alamat: Menara Radius Prawiro, lantai 2 Komplek Perkantoran BI, Jl. MH Thamrin No.2, Jakarta Pusat 10350
- Telp: 157
- Email: [email protected]
- Form pengaduan online: http://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan
- Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)
Lembaga lain yang bisa menampung pengaduan konsumen terkait dengan depkolektor nakal adalah YLKI. Berikut kontak yang bisa Anda hubungi:
- Call Center YLKI: 021 – 7981858 / 021-7971378
- Alamat YLKI: Jl. Pancoran Barat VII/1, Durentiga, Jakarta Selatan 12760
- Pelayanan Pengaduan: Senin-Jumat (09.00-15.00 wib)
- Layanan online: http://pelayanan.ylki.or.id
- Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI)
Selain YLKI Anda juga bisa melaporkan ke YLBHI berikut alamatnya:
- Alamat: Jl. Diponegoro no.74 Menteng, Jakarta Pusat 10320
- Telp: 021-3929840
- Email: [email protected]
- Kantor Polisi
Laporkan debt collector nakal ke kantor polisi terdekat.
Dengan mengetahui berbagai tips menghadapi debt collector, maka Anda pun tidak perlu terlalu panik jika berada pada situasi tersebut. Hal yang paling penting lainnya ada, sebelum Anda mengajukan pinjaman, maka pastikan bahwa Anda mampu mengukur kesanggupan untuk membayar cicilan.
Seperti saat Anda ingin mengajukan pinjaman beragunan properti di Danamas. Fintech lending berizin dan diawasi OJK ini bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis lewat pendanaan besar hingga Rp 2 miliar. Untuk tenor cicilannya bisa mulai dari 1 tahun – 10 tahun sehingga Anda bisa mengukur kemampuan mencicil. Anda juga bisa simulasikan cicilan lewat kalkulator yang bisa di akses di website Lancar by Danamas.