butuh-pinjaman-uang-mendesak

Butuh pinjaman uang mendesak terkadang dapat dialami oleh semua orang. Contohnya ketika Anda ingin membayar uang kuliah atau uang kontrakan, namun sayangnya uang Anda tidak mencukupi untuk membayarnya, dan Anda harus membayar keduanya segera. Akibatnya, Anda butuh pinjaman sesegera mungkin, sehingga meminjam uang merupakan sebuah hal yang Anda harus lakukan agar bisa membayar keduanya. 

Cara mengelola uang yang tidak tepat dapat menyebabkan kesalahan dan kesalahan tersebut dapat membuat kita rugi dalam hal finansial atau segi keuangan. Maka dari itu dalam mengelola keuangan kita harus pandai serta bijak dalam pengelolaannya, sehingga tidak terjadi kesalahan yang membuat kita butuh pinjaman uang mendesak. Jika bijak dan pandai dalam mengelola keuangan secara tidak langsung kita telah menghindari terjadinya peminjaman uang. Sehingga dengan begitu kita dapat terhindar dari berbagai peminjaman khususnya pinjaman uang. Tetapi terkadang kita membutuhkan pinjaman uang tersebut.

Namun sekarang ini, ada banyak sekali pinjaman yang ilegal sehingga dapat membuat Anda memiliki pinjaman yang lebih banyak dibanding sebelumnya. Dengan ini, kami akan membahas beberapa tips saat Anda butuh pinjaman uang mendesak, dan sebuah saran aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pinjaman ketika perlu uang. Yuk, simak artikel dari kami!

7 Tips Jika Butuh Uang Pinjaman Mendesak

Ketika butuh pinjaman uang mendesak, ada kalanya Anda langsung melakukan pinjaman secara langsung. Namun, ada cara lain yang Anda bisa lakukan ketika membutuhkan pinjaman uang secara mendesak. Berikut adalah beberapa tips untuk memberikan Anda kemudahan: 

1. Menjual Barang Yang Tidak Lagi Digunakan

Terkadang tanpa Anda sadari, pasti ada satu barang yang Anda tidak gunakan kembali. Dibandingkan dibiarkan menumpuk di tempat Anda, ada baiknya bilamana Anda menjual barang tersebut agar dapat menerima sejumlah uang yang Anda butuhkan. 

2. Gadai Beberapa Barang Berharga

Barang berharga terkadang memiliki nilai yang cukup besar, sehingga ketika digadaikan, ada kemungkinan dapat memberikan Anda jumlah uang yang dibutuhkan. Anda bisa datang ke Pegadaian untuk menggadaikan barang. Bantuan yang diberikan Pegadaian berupa uang tunai sesuai harga barang yang digadaikan. Contoh barang-barang yang dapat digadaikan adalah kendaraan, rumah, emas, dan barang berharga lainnya. 

Bunga yang akan dikenakan di Pegadaian sekitar 1,150% per 15 hari dan 3,45% per bulan. Masa tenor yang ditawarkan adalah 4 bulan, jadi jika dalam waktu 4 bulan anda belum melunasi hutang maka anda dapat mengajukan perpanjangan tenor, tapi ada bunga tambahan sebesar 0,75% hingga 9,20% tergantung dari jenis barang apa dan lama tenor. Hal yang perlu diketahui adalah, bila anda tidak juga membayar dan tidak memperpanjang masa tenor kredit, maka 2 minggu setelah barang digadaikan akan dilelang.

3. Pinjaman Usaha

Tawarkan Sebuah Komisi Yang Anda Bisa Lakukan. Terkadang di media sosial Twitter, ada kalanya dimana beberapa penggunanya mengadakan sebuah ‘Emergency Commission’ dan bagi para pelanggannya, mereka bisa melakukan sebuah komisi menggambar. 

Ada banyak lagi komisi yang bisa dilakukan untuk menambahkan jumlah uang yang Anda perlukan. Anda bisa membuka komisi sepanjang yang Anda mau, dan bahkan melakukan komisi dalam bentuk apapun, sesuai kemampuan Anda. 

4. Meminjam Dari Kerabat

Jika Anda masih memerlukan uang lagi, meminjam dari kerabat mungkin merupakan sebuah alternatif lain. Dengan meminta pinjaman dengan kerabat, Anda bisa menyesuaikan jumlah pinjaman sesuai dengan keperluan Anda, dan mungkin bisa mendapatkannya pada saat itu juga. Pilihlah kerabat dekat seperti keluarga atau teman yang mampu dan mau meminjamkan uang. Jika sudah dipinjamkan, jangan lupa untuk membayarnya karena hubungan keluarga dan pertemanan bisa rusak jika anda tidak juga melunasinya.

5. Pinjaman Online

Jika memang masih memerlukan pinjaman tersebut, lakukan pinjaman secara online. Pinjaman online biasanya memiliki proses yang cukup cepat, sehingga cocok untuk Anda yang menginginkan pinjaman dalam jangka waktu seminggu atau bahkan dalam waktu beberapa hari saja. Karena prosesnya cepat, jadi pas untuk anda yang sedang membutuhkan dana mendesak. 

Cara pengajuan pinjaman online sangat mudah, anda hanya perlu download aplikasi pinjaman online, kemudian melakukan registrasi. Jangan lupa untuk sertakan data diri seperti KTP dan rekening bank. Setelah mengisi data, anda akan dapat pemberitahuan kalau proses kredit diterima atau tidak.

6. Pinjam Bank

Bank dapat menjadi solusi terbaik bagi anda yang memerlukan pinjaman mendesak. Anda dapat memanfaatkan layanan kredit tanpa agunan (KTA), kartu kredit dan kredit dengan jaminan.

7. Gabung Koperasi

Koperasi merupakan lembaga yang dapat memberikan pinjaman uang. Dari desa hingga perusahaan biasanya memiliki koperasi. Bahkan anda dapat meminjam uang tanpa jaminan, asalkan anda termasuk anggota koperasi tersebut. Di dalam koperasi, ada kewajiban dan aturan yang harus diikuti seperti membayar iuran anggota.

7 Tips Pinjam Uang Online yang Aman

Pinjaman sekarang memiliki banyak jenis yang tidak aman. Sehingga dengan ini, Anda harus pintar dalam memilih tempat peminjaman Anda supaya aman dan tidak terjerat pinjaman tambahan. Berikut adalah beberapa tips dari kami:

1. Pastikan Status Kelegalannya (OJK)

Pinjaman yang legal dan aman adalah mereka yang sudah memiliki sebuah perizinan dari OJK. Jika Anda ingin meminjam, pastikan Anda mengetahui status legal/ilegalnya agar dapat melakukan pinjaman yang aman. 

2. Pelajari Sistem Pinjaman

Anda harus pelajari sistem pinjaman dari penyedia pinjaman tersebut. Jika Anda dapat mengerti sistemnya, Anda bisa memiliki sebuah gambaran yang jelas dan dapat menjaga-jaga agar pihak peminjam membuat sebuah sistem yang tidak ada sebelumnya, Anda bisa memberikannya rincian sistem yang telah diberitahu.

3. Pastikan Instansi Pinjaman Dapat Memberikan Informasi Secara Transparan

Memberikan sebuah informasi secara transparan merupakan sebuah kewajiban dari sebuah instansi pinjaman agar dapat memberikan sebuah kejelasan dan menghindari kejanggalan. 

4. Pastikan Instansi Pinjaman Tersebut Memiliki Web Resmi

Website resmi merupakan sebuah hal yang harus dimiliki. Dengan ini juga, informasi tentang instansi bisa diberikan secara transparan dan memberikan sebuah kredibilitas yang tinggi. 

5. Pastikan Instansi Pinjaman Merupakan Anggota dari AFPI

Jika instansi pinjaman ini merupakan sebuah fintech, pastikan juga bahwa mereka adalah anggota dari AFPI. AFPI merupakan singkatan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia. Jika sebuah fintech telah dibuat, menjadi anggota AFPI merupakan satu hal lain agar dapat membuat AFPI menjadi sebuah tempat peminjaman yang aman.

6. Memahami Persyaratan Yang Diberikan

Pahami dan simak mengenai persyaratan yang diberikan, mulai dari kewajiban hak informasi dan persyaratan yang dibutuhkan, Karena terdapat banyak masalah yang terjadi dikarenakan kelalaian pengguna dalam menggunakan pinjaman online khususnya dalam membaca persyaratan yang diberikan. 

7. Pikirkan Kemampuan Membayar

Pertimbangkan bagaimana cara anda membayar dan melunasi pinjaman uang tersebut, Pastikan bahwa anda benar benar mampu membayar cicilan tiap bulannya hingga lunas dan jangan melupakan kebutuhan dan keperluan lainnya. Pastikan bahwa anda dapat melunasi cicilan tiap bulannya tanpa harus terlalu merugikan pendapatan anda karena dapat berdampak pada kebutuhan yang lainnya.

Kemana Harus Cari Pinjaman Uang?

Di saat butuh pinjaman uang mendesak, terkadang kita bingung harus kemana untuk meminjam uang. Bagi anda yang sedang memerlukan uang dalam waktu cepat bisa lihat beberapa alternatif yang akan dibahas di bawah ini. Yuk lihat ulasannya!

1. Bank

Banyak orang yang menjadikan bank sebagai solusi pertama ketika ingin meminjam uang. Pinjaman pribadi atau untuk modal usaha bisa mengajukan ke bank. Walaupun peminjam harus melengkapi syarat yang cukup banyak, tapi bank dinilai relatif aman dan terjamin. Tak jarang anda diminta menjaminkan barang berharga tapi sekarang bank sudah memiliki kredit tanpa agunan.

2. Lembaga Non-Bank

Lembaga non-bank yang bisa dipilih adalah koperasi simpan-pinjam. Pengajuan koperasi simpan pinjam ini cenderung lebih mudah dibandingkan dengan bank, bunga flat dan berkesempatan mendapat sisa hasil usaha (SHU). Jika ingin meminjam uang dari koperasi ini, pastikan anda sudah menjadi anggota.

3. Fintech Peer to Peer Lending

Meminjam uang ke P2P lending dapat menjadi alternatif bagi anda yang merasa kalau pengajuan pinjaman ke bank, koperasi, jasa kredit, Pemerintah dan lainnya memiliki proses yang kompleks. Di era serba digital seperti sekarang, sudah banyak P2P lending terpercaya dan terdaftar di OJK.

4. Salary Advance atau Kasbon

Bagi anda yang bekerja di perusahaan, bisa menggunakan salary advance atau kasbon untuk mendapat pinjaman uang. Biasanya perusahaan memiliki fasilitas ini, jadi karyawan bisa mengambil gajinya lebih dahulu. Salary advance berbeda dengan pinjaman biasa, karena konsepnya mengambil gaji bulanan terlebih dahulu sebelum hari gajian.

5. PayLater

Saat ini banyak sekali fitur paylater yang tersedia. Fitur ini bisa membantu tiap anda perlu membeli sesuatu tapi belum memiliki cukup uang. Jika anda menggunakannya, pastikan untuk membayar tepat waktu karena ada denda yang harus ditanggung jika telat sehari saja.

6. Pegadaian

Pegadaian adalah perusahaan BUMN yang masih banyak digunakan masyarakat untuk mengatasi masalah pendanaan, dengan risiko ringan dan prosesnya cepat. Calon nasabah hanya perlu membawa barang berharga yang bisa dijadikan jaminan dengan maksimal jangka waktu pinjaman adalah 4 bulan.

7. Pinjaman Koperasi

Koperasi adalah organisasi bidang ekonomi yang dijalankan untuk kepentingan bersama. Hal yang perlu diketahui, pinjaman koperasi hanya khusus untuk anggota. Sehingga anda harus mengurus keanggotaan jika ingin meminjam modal atau uang di sini. 

8. Kredit Usaha Rakyat

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan layanan kredit yang diberikan Pemerintah Indonesia yang bekerja sama dengan perbankan. KUR ini ditujukan untuk Usaha Mikro, Menengah dan Koperasi atau UMKMK. Karena KUR adalah subsidi Pemerintah, jadi menawarkan bunga paling rendah untuk modal usaha.

9. Kredit Tanpa Agunan

Jika anda khawatir untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan, anda dapat memilih kredit tanpa agunan ini. Bank menawarkan fasilitas ini, tapi anda harus teliti dan berhati-hati. Pastikan membaca syarat dan ketentuan secara keseluruhan.

10. Kartu Kredit

Walaupun dana yang didapat tidak terlalu banyak dan hanya sebatas limit dari kartu kredit. Tapi bisa diandalkan kalau anda butuh uang atau modal usaha yang tidak terlalu besar. Anda hanya perlu menggesek kartu di ATM untuk memperoleh suntikan dana. Untuk melunasinya bisa dengan mengangsur.

11. Leasing

Leasing dapat menjadi solusi bagi anda yang ingin memperoleh dana sebagai modal usaha. Sistem pendanaan tidak hanya bentuk pinjaman tunai tapi pembelian aset bergerak untuk menunjang usaha, misalnya kendaraan.

5 Aplikasi Pinjaman Uang Mendesak Yang Cepat & Aman 

Jika Anda butuh pinjaman uang mendesak,, melakukan pinjaman di bank bukanlah sebuah hal yang cocok. Hal ini adalah karena pinjaman di bank memerlukan waktu yang cukup lama untuk diproses, sehingga pinjaman online merupakan sebuah jawaban yang cocok untuk sebuah pinjaman yang mendadak dan diperlukan secepat mungkin. Berikut contoh 5 Aplikasi Pinjaman Uang mendesak yang cepat

1. Danamas

Danamas menjadi solusi pertama aplikasi pinjaman uang mendesak yang cepat dan aman. Proses pendaftaran dan juga pencairan di Danamas sangat cepat, dengan penawaran pertama bisa dihasilkan dalam waktu 3 menit dan pencairan uang yang hanya memerlukan waktu kurang dari 5 hari. Danamas aman dan berizin karena telah diawasi oleh OJK. 

2. Indosaku

Indosaku merupakan salah satu aplikasi penyedia pinjaman online yang cepat.  Pinjaman yang dapat tersedia bagi karyawan, mulai dari Rp600.000 sampai Rp2.000.000. Jangka waktu pinjaman selama 91 sampai 180 hari

3. Kredivo

Kredivo termasuk pinjol legal jika Anda butuh pinjaman mendesak. Pencairannya memiliki suku bunga 0% untuk tenor 30%. Sementara untuk cicilan selama 3, 6, 12 bulan memiliki bunga sebesar 2.5% per tahunnya.

4. Pinjaman Adapundi

Aplikasi Pinjaman uang mendesak yang selanjutnya yaitu Adapundi. Anda dapat mengajukan pinjaman mular dari Rp300.000 sampai Rp 20.000.000, dengan durasi selama satu tahun. Adapun persyaratannya yaitu WNI 18 tahun, berpenghasilan tetap dan memiliki nomor aktif. 

5. Aplikasi Indodana

Aplikasi pinjaman online Indodana memiliki dua layanan yaitu pinjaman paylater dan pinjaman tunai. Aplikasi ini punya limit pinjaman sebesar Rp 1.000.000 sampai Rp 12.000.000 selama 3 sampai 9 bulan. 

Pinjaman Lebih Cepat dan Mudah dengan Danamas

Danamas merupakan sebuah lembaga pinjaman yang sudah memiliki perizinan oleh OJK dan juga merupakan anggota dari AFPI. Danamas siap membantu Anda dalam memberikan solusi pinjaman yang cocok serta cukup untuk keperluan perusahaan Anda. 

Proses pendaftaran dan juga pencairan di Danamas cepat, dengan penawaran pertama bisa dihasilkan dalam waktu 3 menit dan pencairan uang yang hanya memerlukan waktu kurang dari 5 hari! Bersama dengan pinjaman online OJK bunga rendah 2021, Anda bisa melakukan penggadaian properti dan dapat meminjam hingga 2 miliar dengan tenor yang fleksibel dan bunga bersaing.Yuk coba simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman di website Danamas. Agar pengajuan pinjaman lebih mudah dan praktis, download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis di smartphone segera! Untuk info lebih lengkap, klik DISINI!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Ciri-Ciri-Pinjaman-Online-Ilegal

Pinjaman Online Ilegal: Ciri & Solusi Jitu Jika Sudah Terjebak

Masa pandemi menjadi waktu yang berat untuk banyak orang. Tidak sedikit usaha yang gulung tikar, padahal kebutuhan di rumah harus terus dipenuhi. Hal ini membuat sebagian oran

pinjaman-online-bunga-rendah

5 Jenis Pinjaman Online Bunga Rendah Untuk Bisnis UMKM & Keuntungannya

Seiring berkembangnya pengetahuan dan teknologi, manusia makin dimanjakan oleh banyak kemudahan-kemudahan. Termasuk adanya pinjaman online. Dengan klik klik kursor laptop atau

pinjaman-untuk-modal-usaha-awal

7 Jenis Pinjaman Untuk Modal Usaha Awal & Cara Dapatkan

Pinjaman untuk modal usaha awal bisa menjadi solusi yang menjembatani para pelaku usaha untuk membuka dan ekspansi bisnis. Merintis dan mengembangkan sebuah usaha tentunya mem