bkpm-adalah

BKPM adalah singkatan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal. BKPM adalah sebuah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah untuk melakukan koordinasi kebijakan dan pelayanan di bidang pelayanan modal berdasarkan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Resesi ekonomi tahun 2022 di Indonesia nyatanya tidak membuat Indonesia terpuruk. Justru menurut CNBC, Indonesia merupakan salah satu Negara yang dilirik oleh investor asing dan masih memiliki perkembangan yang ekspansif. Banyak investor asing yang ingin membangun perusahaan atau menanamkan modalnya di Indonesia. Penanaman modal asing ini justru ikut membantu memajukan perekonomian Indonesia.

Nah, untuk dapat mendirikan usaha, para investor perlu mendapat perizinan untuk beroperasi di Indonesia. Untuk memahami apa saja fungsi, cara hingga proses penanaman modal usaha, yuk simak selengkapnya disini seputar BKPM!

BKPM Ada Dibawah Kementrian Apa?

BKPM adalah lembaga yang didirikan pada tahun 1973 menggantikan Panitia Teknis Penanaman Modal yang telah dibentuk sejak tahun 1968. Pada tahun 2009, status BKPM dikembalikan menjadi lembaga setingkat kementerian, yang berarti BKPM memberikan laporan langsung kepada Presiden Republik Indonesia.

BKPM merupakan penghubung utama antara dunia usaha dan pemerintah, lembaga ini juga diberikan mandat untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif sehingga dapat mendorong investasi baik dari dalam maupun luar negeri. Selain investasi yang lebih besar, BKPM juga didorong untuk mendapatkan investasi yang berkualitas sehingga bisa menggerakkan perekonomian nasional dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak.

Berdasarkan Peraturan Presiden No. 31 Tahun 2021, BKPM mengalami perubahan nomenklatur menjadi Kementerian Investasi/BKPM dan dipimpin oleh Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Tugas dan Fungsi BKPM

BKPM memiliki tugas pokok untuk menjalankan koordinasi kebijakan dan pelayanan di bidang penanaman modal, hal ini sudah dituangkan dalam ketentuan peraturan perundang-undangan. Selain itu, BKPM juga memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Melakukan pengkajian dan pengusulan terhadap perencanaan penanaman modal nasional.

2. Mengkordinasikan pelaksanaan kebijakan nasional dalam bidang penanam modal.

3. Melakukan pengkajian dan pengusulan terhadap kebijakan pelayanan penanaman modal.

4. Menetapkan norma, standar, dan prosedur pelaksanaan kegiatan pelayanan penanaman modal.

5. Mengembangkan peluang serta potensi dari penanaman modal di daerah dengan memberdayakan badan usaha.

6. Membuat peta penanaman modal di Indonesia.

7. Melakukan koordinasi terhadap pelaksanaan promosi serta kerjasama penanaman modal. 

8. Mengembangkan sektor usaha penanaman modal melalui pembinaan penanaman modal dengan cara meningkatkan kemitraan, meningkatkan daya saing, menciptakan persaingan usaha yang sehat, dan menyebarkan informasi seluas-luasnya dalam lingkup penyelenggaraan penanaman modal.

9. Melakukan pembinaan terhadap pelaksanaan penanaman modal dan memberi bantuan penyelesaian terhadap berbagai hambatan atau rintangan serta melakkan konsultasi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh penanam modal dalam menjalankan kegiatan penanaman modal.

10. Melakukan koordinasi dan pelaksanaan pelayanan terpadu satu pintu.

11. Melakukan koordinasi dengan penanam modal dalam negeri yang menanamkan modalnya di luar wilayah Indonesia.

12. Memberikan pelayanan perizinan dan fasilitas penanaman modal.

13. Melakukan pembinaan dan pelayanan administrasi umum dalam bidang perencanaan  umum, ketatausahan, organisasi dan tata laksanan, kepegawaian, pendidikan dan pelatihan, keuangan, hukum, kehumasan, kearsipan, pengolahan data dan informasi, perlengkapan dan rumah tangga

14. Melaksanakan fungsi lain dalam bidang penanaman modal berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Persyaratan Izin Prinsip Penanaman Modal Asing (PMA) BKPM

PMA atau penanaman modal asing adalah sebuah aktivitas penanaman modal di wilayah Indonesia yang dilakukan oleh penanam modal asing melalui Perseroan Terbatas atau PT. Untuk mendirikan PT PMA ini dibutuhkan izin prinsip yaitu dokumen persetujuan atau perizinan usaha  dari lembaga pemerintah (BKPM) yang harus dimilik oleh setiap investor ketika mereka ingin memulai investasi di Indonesia.

Berikut ini adalah syarat-syarat untuk mengajukan izin prinsip penanaman modal asing:

1.  Fotocopy Paspor dan alamat negara asal dari pemegang saham WNA

2. Fotocopy Article of Association (AOA) dan Fotocopy paspor direktur dari pemegang saham badan usaha asing

3.  Fotocopy KTP dan NPWP dari pemegang saham WNI

4. Fotocopy Akta Pendirian serta seluruh perubahannya beserta fotocopy identitas direktur, pengesahan kehakiman, domisili, NPWP, SIUP/IUT, TDP untuk pemegang saham badan usaha Indonesia.

5.Penjelasan mengenai rencana kegiatan usaha beserta kedudukan perusahaan, alamat lengkap dari lokasi kantor dan lokasi proyek, nomor telepon kantor

6.     Susunan serta komposisi dari pemegang saham

Dalam mengajukan Izin Prinsip Penanaman Modal Asing (PMA) memang ada syarat khusus seputar nilai investasi atau permodalan yang harus dipenuhi yaitu nilai total investasi harus diatas Rp 10 miliar dan ini tidak termasuk tanah serta bangunan dan inventaris. Nilai modal yang harus disetorkan minimal sebesar Rp 2,5 miliar dari nilai total investaso dan masing-masing pemilik saham harus memegang saham dengan nominal senilai Rp 10 juta.

Untuk mengurus izin prinsip ini anda bisa mendelegasikan tugas ini melalui jasa notaris sehingga anda tidak perlu datang menuju lembaganya langsung. Cukup menyerahkan dokumen atau persyaratan yang diminta, dan notaris tersebut yang akan mengajukan izin prinsip.

Kembangkan Bisnis Untuk Dapatkan Pendanaan Investor Asing 

Bagaimana cara menarik investor untuk mendanai bisnis Anda? Benarkah UMKM bisa mencapai tahap itu? Tentu saja, mengapa tidak! Saat ini kolaborasi antar UMKM dan pemerintah sudah terbuka sangat luas. Namun, hal ini bisa terjadi apabila Anda memiliki produk yang nilai, fungsi hingga prospek bisnis yang jelas. 

Untuk sampai pada tahap yang meyakinkan, tentu saja Anda perlu membangun  infrastruktur dan pondasi bisnis yang terbukti bisa memberikan hasil. Untuk membangunnya, tentu saja Anda perlu membangun sistem, SDM hingga komunitas, dimana semua ini bermuara pada modal yang mencukupi. Berniat mengajukan pinjaman untuk mengembangkan bisnis Anda? Pastikan memilih pinjaman online terpercaya

Danamas adalah platform yang menyediakan pinjaman online terpercaya beragunan properti untuk Anda. Kalkulasikan nilai properti Anda dengan Kalkulator Simulasi Kredit Pinjaman Online Danamas. untuk mendapatkan perkiraan pinjaman dan angsuran serta tenor yang Anda dapatkan. 

Pinjaman dana bisnis yang diberikan mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dengan tenor hingga 10 tahun dan bunga pinjaman dibawah 15%. Dapatkan semua kemudahannya melalui melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis

Dari artikel ini, dapat anda lihat bahwa ketika ingin mengajukan izin prinsip dengan menggunakan jasa notaris, anda perlu membayar jasa tersebut. Oleh karena itu apabila anda membutuhkan tambahan dana untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalani, anda bisa mendapatkan tambahan dana dari pihak lain karena saat ini banyak sekali platform yang bisa memberikan anda pinjaman dana tunai dengan proses terpercaya. 

Salah satunya adalah Danamas, platform peminjaman multiguna yang sudah diawasi dan mendapatkan izin dari OJK. Melalui Danamas, anda bisa mendapatkan tambahan modal hingga 2 miliar rupiah dengan jaminan properti. Pengajuan bisa anda ajukan dengan mudah dan praktis serta bisa diakses kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi Danamas.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

cara-menghadapi-debt-collector

Jangan Panik! Simak Cara Menghadapi Debt Collector & Cara Lapornya

Tak sedikit orang yang mendengar dan menganggap “debt collector” sebagai konotasi yang negatif dan menyeramkan. Padahal tugasnya hanya untuk menagih uang dari hutang/pinjaman yang dilakukan oleh debitur, karena sudah terlalu lama menunggak pembayaran. Bila kedua pihak yang terlibat sama-sama kooperatif, maka kejadian penagihan hutang tidak melibatkan kekerasan verbal atau fisik.

Debt collector sering dikaitkan dengan pinjaman online ilegal. Maraknya kasus-kasus penagihan pinjaman online ilegal belakangan ini membuat nama debt collector menjadi tercemar dan memberikan kesan yang negatif. Hal tersebut dikarenakan debt collector banyak menggunakan cara-cara yang kurang etis sehingga mengakibatkan beberapa orang merasa terancam keberadaannya akibat pinjaman online ilegal

Bagaimana bayangan anda tentang debt collector? apakah menyeramkan atau tidak? Namun sebenarnya seperti apakah debt collector yang seharusnya dan bagaimana cara yang tepat menghadapi debt collector hingga perbedaan dengan jurusita piutang? Bagi anda yang menilai pekerjaan tersebut menyeramkan, bisa saja akan memiliki mindset dan pandangan yang berbeda setelah membaca artikel ini. Berikut penjelasannya untuk anda.

Apa Itu Debt Collector?

Debt collector adalah sebuah perusahaan atau agen yang menjalankan bisnis pembayaran hutang dari rekening tunggakan. Umumnya debt collector dipekerjakan oleh beberapa perusahaan pembiayaan atau layanan keuangan yang memiliki tugas untuk menagih hutang kepada debitur. Debt collector dibayar melalui persentase dari jumlah pembayaran utang debitur yang sudah berhasil ditagih. Cara pembayaran ini yang membuat debt collector seringkali menekan debitur untuk segera membayar hutang.

Tipe Debt Collector

Sebenarnya debt collector memiliki 3 tipe, yaitu desk collector, juru tagih dan jurusita. Ketiganya memiliki tugas yang berbeda. Agar lebih memahami lagi mengenai debt collector, berikut adalah penjelasan mengenai masing-masing tipe debt collector.

  • Desk Collector: desk collector bertugas menjadi penagih utama pada tingkat pertama debt collector. Umumnya ia akan mengingatkan debitur tentang waktu jatuh tempo hutang peringatan tersebut bisa dilakukan melalui telepon dan harus menggunakan tata cara yang sopan dan hormat sebagai bagian dari pelayan debitur.
  • Juru tagih: Juru tagih memiliki tugas untuk menyelidiki dan mengetahui keberadaan hingga kondisi keuangan dari peminjam. Berkelakuan baik adalah hal yang wajib dimiliki oleh seorang juru tagih dan juga mampu persuasif. Hal ini perlu dilakukan agar peminjam bisa mengetahui kewajibannya yang untuk membayar hutang. Juru tagih juga harus bisa menentukan batas waktu peminjam dalam membayar hutangnya.
  • Jurusita: Jurusita juga bisa datang ke rumah untuk menagih hutang yang belum dibayarkan oleh peminjam hingga melakukan penyitaan aset sesuai dengan perjanjian di jaminan yang tertera. jurus itu juga bisa membawa peminjam ke ranah hukum jika ia tidak ingin melunasi hutangnya sesuai dengan jatuh tempo

Etika Seorang Debt Collector Saat Menagih Hutang

Walaupun nama debt collector melekat sebagai pekerjaan yang menyeramkan dan kejam. Tapi sebenarnya ada etika yang diberlakukan ketika menagih hutang lho. Jadi tidak bisa sembarangan dan asal, ketika meminta debitur membayarnya. Berikut adalah etikanya: 

  • Membawa kartu identitas resmi yang diterbitkan oleh kreditur atau bank yang dilengkapi oleh foto sah
  • Proses penagihan dilakukan tanpa menggunakan cara kekerasan ancaman hingga perlakuan negatif
  • Proses penagihan tidak menggunakan kontak atau aktivitas fisik maupun verbal yang kasar
  • Proses penagihan juga tidak boleh menyangkut pautkan pihak lain selain peminjam
  • Proses penagihan yang melalui alat komunikasi tidak diperkenankan secara terus-menerus karena bisa mengganggu aktivitas peminjam
  • Proses penagihan hutang hanya boleh dilakukan di alamat penagihan atau domisili peminjam
  • Waktu proses penagihan hanya dari pukul 8 pagi hingga 8 malam sesuai wilayah waktu peminjam
  • Jika penagihan utang di luar tempat atau waktu maka boleh dilaksanakan atas dasar kesepakatan atau perjanjian sebelumnya
  • Pemberi kredit yaitu pihak bank juga wajib memastikan bahwa pihak penyedia jasa penagihan yang sudah bekerja sama dengan nya harus memenuhi etika penagihan yang sudah disahkan oleh asosiasi penyelenggara alat pembayaran dengan menggunakan kartu. 

Cara Penagihan Debt Collector

Strategi yang umum dilakukan oleh para debt collector adalah dengan menelpon nomor pribadi atau telepon kantor debitur. Beberapa dari mereka bahkan mendatangi rumah debitur untuk memberi peringatan secara langsung. Debt collector juga biasa menghubungi teman terdekat keluarga atau orang-orang disekitar debitur hanya untuk mengkonfirmasi informasi kontak debitur. Umumnya debt collector tidak akan memberitahukan alasan dibalik konfirmasi kontak debitur tersebut karena sifatnya cukup rahasia. 

Debt collector hanya memberitahukan debitur agar segera membayar hutangnya dengan cara apapun. Untuk itu jika debitur ingin melunasi hutang maka debt collector akan mendapatkan penghasilan lewat pelunasan yang debitur lakukan. Namun jika debitur tidak ingin membayar hutangnya maka debt collector akan memperbarui laporan kredit debitur sehingga kredit skornya menjadi buruk. Kredit skor yang buruk tentu akan berpengaruh pada kesempatan debitur nantinya untuk mendapatkan pinjaman lain yang mungkin saja ia butuhkan.

Cara Menghadapi Debt Collector

Apa yang harus dilakukan jika didatangi debt collector? Tenang, jangan panik dulu. Agar proses penagihan hutang bisa berlangsung lancar dan kondusif tanpa adanya kekerasan atau pemaksaan. Berikut ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, jika anda didatangi oleh debt collector:

a. Tanyakan Identitas

Saat debt collector menagih hutang kepada Anda maka anda bisa menyambutnya dengan sopan dan tidak perlu panik. Anda bisa tanyakan identitas mereka seperti siapa yang memberikan perintah penagihan dan kontak pemberi tanggung jawab. 

b. Minta Menunjukkan Kartu Sertifikasi Profesi

Seharusnya tiap debt collector yang resmi mendapatkan sertifikasi APPI atau Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia. Hal ini penting karena bertujuan untuk bisa menunjukkan bukti aktivitas profesinya sebagai penagih utang. Maka dari itu profesi debt collector sebenarnya bukan profesi yang diluar badan hukum karena debt collector resmi memiliki etika dalam proses penagihan.

c. Jelaskan Alasan Keterlambatan Pembayaran

Saat Anda ditagih oleh debt collector maka anda perlu menjelaskan alasan keterlambatan pembayaran dan jangan menjanjikan apapun kepada debt collector untuk memperpanjang masa penangguhan. Hal ini hanya akan membuat proses penagihan akan semakin lama dan rumit. Anda juga bisa tambahkan bahwa anda akan menghubungi pihak pemberi pinjaman tentang utang yang anda ajukan ini.

 d. Cek Surat Kuasa Penagihan Jika Ada Penyitaan Barang

Surat kuasa adalah bukti barang sitaan imbas dari penunggakan pembayaran bisa diambil. Surat ini yang wajib diterbitkan oleh penyedia pinjol dimana tempat anda mengajukan pinjaman.

e. Pinjaman Disertai Sertifikat Jaminan Fidusia

Anda juga perlu melihat sertifikat jaminan fidusia selain surat kuasa saat penyitaan barang. Sertifikat jaminan fidusia berbentuk dokumen asli atau pernyataan barang. Jika depkolektor atau penagih hutang tidak bisa menunjukkan sertifikat itu maka anda pun bisa menolak aktivitas pernyataan.

6 Cara Menghadapi Debt Collector Lewat Telepon

Di banyak kasus, debt collector sering kali menagih dengan cara yang kasar ditambah dengan ancaman atau bahkan sampai pelecehan. Tentu saja ini membuat debitur ketakutan. Walaupun tidak semua debt collector “nakal”. Tapi sebaiknya selalu waspada untuk melindungi diri. Apa saja yang harus dilakukan untuk menghadapinya via telepon? Yuk simak ulasannya:

1. Jangan Kabur & Menutup Telepon

Sering ada debitur yang menghindari telepon dari debt collector, padahal tagihan hutangnya banyak. Namun yang perlu anda ketahui, jika anda menghindar terus, bisa jadi mereka akan datang langsung ke rumah. Kejadian ini tentu menjadi masalah besar, karena para tetangga akan tau kalau anda punya hutang. Walaupun ada undang-undang yang mengatur perlindungan konsumen, tapi anda tidak boleh kabur dari tanggung jawab. Jika hutang tak kunjung dibayar, anda bisa punya track record buruk.

2. Bicara Dengan Nada Ramah

Walaupun terdengar sepele, tapi bicara dengan nada ramah memiliki peran yang penting untuk mengamankan diri dari teroran debt collector. Nada bicara anda yang tinggi akan membuat suara debt collector semakin tinggi atau bahkan mengeluarkan kata-kata kasar. Jadi aturlah nada bicara anda lebih rendah dan ramah. Jika anda berhutang dan telat membayar, maka akuilah kesalahan itu dan tidak merasa paling benar.

3. Tenang & Jangan Gegabah

Agar debitur cepat bayar, debt collector sering mengeluarkan kata-kata ancaman. Padahal hutang piutang bukanlah perkara yang masuk ke ranah pidana, sehingga debitur tidak bisa dipenjarakan. Keadaan dimana tindakan mangkir dari pembayaran menjadi tindak kriminal adalah ketika uang tersebut dipakai untuk melakukan kejahatan seperti berjudi, membeli narkoba dan lainnya.

4. Pakai Aplikasi Perekam

Pakailah aplikasi perekam suara telepon ketika mendapat panggilan dari debt collector. Rekaman tersebut bisa dipakai sebagai bukti jika suatu waktu diperlukan. Jika penagihan hutang dilakukan dengan mengintimidasi atau bahkan menggunakan kata-kata ancaman, maka percakapan itu wajib direkam. Rekaman tersebut dipakai untuk bukti keluhan sah sesuai hukum. Jika telepon memiliki fitur pengeras suara, maka pakailah dan mulai rekam agar terdengar lebih jelas. 

5. Hati-Hati Dengan Debt Collector Tidak Resmi

Tak sedikit kasus salah telepon dari debt collector. Mungkin terdengar aneh ya, sudah marah-marah tapi ternyata salah orang. Hal ini kerap terjadi kepada orang-orang dengan nama “pasaran” seperti Budi atau Agus yang mendapat telepon tagihan padahal bukan ditujukan untuk dirinya. Sebaiknya anda hati-hati dengan konsep “utang siluman” karena hutang tersebut tidak sah. Hutang siluman adalah hutang yang sudah dilunasi tapi debt collector tetap menagihnya.

6. Beri Kepastian Untuk Bayar Hutang

Poin ke-6 ini mungkin sulit dilakukan, apalagi jika anda belum memiliki uang untuk membayarnya atau sedang memiliki kondisi finansial yang tidak bisa diprediksi. Tapi langkah ini bisa dijadikan solusi terbaik untuk menghindari omelan debt collector yang sangat mengganggu. Memang sewajarnya anda memberikan tanggal pembayaran hutang, karena dengan memberikan tanggal pasti, anda bisa meluluhkan hati debt collector dan tidak meneror anda lagi.

Cara Kerja Debt Collector & Tugasnya

Debitur yang tidak membayar hutangnya saat sudah jatuh tempo maka akan dilaporkan ke Biro kredit. Laporan ini membuat credit score debitur menjadi jelek. Tak hanya itu penagih utang debitur juga akan diserahkan kepada jasa penagih utang dalam waktu tiga hingga enam bulan dari tanggal jatuh tempo. Ada beberapa cicilan yang menggunakan jasa penagih utang seperti tagihan telepon tagihan kartu kredit pajak pembayaran utilitas dan lain-lain. Berikut adalah cara kerja dari debt collector

1. Persiapkan File & Bukti Tagihan

Sebelum melakukan penagihan, pastikan sudah mempersiapkan semua berkas dan bukti dari tagihan. Dengan melakukan persiapan, maka proses penagihan akan nyaman dan lancar sehingga tidak dianggap sebagai penagih hutang abal-abal. Berkas tersebut bisa ditunjukkan ke klien.

2. Hubungi Debitur

Setelah menyiapkan file dan bukti tagihan, ini adalah waktunya untuk menghubungi debitur. Pemanggilan pertama, lakukanlah dengan kekeluargaan, karena tidak ingin memulai hubungan antara penagih dan klien dengan marah-marah.

3. Tanyakan Tagihan

Setelah menghubungi, debt collector dapat memperkenalkan diri dan menjelaskan maksud serta tujuan menghubungi untuk apa. Debt collector akan memberikan jumlah tagihan dan menyebutkan nominal serta mengirimkannya ke alamat klien agar informasinya lebih lengkap.

4. Ingatkan Debitur

Jika sudah mengingatkan dan menghubungi beberapa kali tapi debitur tidak juga membayar hutang, baik mencicil atau langsung luas, maka saat inilah waktu yang cocok untuk melakukan tindakan lanjutan. Karena debt collector tidak mendapat uang hanya dengan memberi pengingat terus-menerus. 

5. Tindakan Lanjutan

Apa yang dimaksud tindakan lanjutan? Maksudnya adalah penagih harus bertemu dengan pihak tertagih. Karena tidak ada itikad baik dari nasabah untuk membayar hutangnya, padahal sudah diingatkan. Maka debt collector harus segera menemui debitur untuk menagih pembayaran. Jika satu sampai dua kali didatangi dan terus mangkir, maka ultimatum penyitaan bisa dilakukan.

Setelah tau cara kerja debt collector, selanjutnya adalah tugas-tugasnya. Tentu saja tugasnya tidak mudah, apalagi jika debitur tak kunjung membayar hutang. Di bawah ini ada 5 tugas dari debt collector, yaitu:

  • Lakukan monitoring atau pengecekan pada nasabah yang mengalami gangguan angsuran tidak tepat waktu untuk memenuhi pembayaran yang sudah disepakati sebelumnya
  • Melakukan SOP dan prasyarat pelunasan sesuai kontrak yang sudah dibuat
  • Buat dan kirimkan surat penagihan. Surat tersebut diberikan ke kolektor lapangan/field collector yang tugasnya menagih pembayaran yang menunggak
  • Buat laporan kunjungan harian kepada tiap kolektor
  • Buat laporan harian pada pimpinan atau kepala collection mengenai apa yang dialami ketika menangani nasabah.

4 Cara Melaporkan Debt Collector Ke Polisi

Bila penagihan dilakukan sesuai prosedur, maka sah-sah saja. Tapi tentu akan berbeda ketika penagihan dilakukan dengan cara yang tidak menyenangkan seperti intimidasi, ancaman, dan kekerasan yang mengancam nyawa. Anda bisa melaporkannya ke pihak berwajib. Berikut adalah caranya:

1. Datangi Kantor Terdekat

Pada dasarnya, pihak kepolisian mempunyai wilayah kepolisian yang terbagi berdasarkan pemerintah daerah. Anda dapat membuat laporan tentang kejadian tidak menyenangkan yang dilakukan oleh debt collector ke Polsek, Polres, Polda sampai Mabes Polri.

2. Laporkan Kejadian Di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT)

Setelah sampai di kantor polisi terdekat, maka tujulah bagian Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). Bagian SPKT akan menangani beragam pengaduan yang masuk, memberikan informasi dan melakukan administrasi awal.

3. Penyidikan

Setelah ada laporan yang masuk, sebagai langkah awal, pengajuan akan diselidiki oleh penyidik. Anda dapat menyampaikan kronologi dan barang bukti sehingga dapat dinilai apakah kasus yang diajukan layak untuk dilaporkan dan dibuatkan laporan polisi.

4. Proses Laporan Dilakukan

Jika dinilai layak, maka proses laporan bisa terus berjalan. Anda hanya perlu melakukan prosedur yang ada hingga pelaku mendapat hukuman setimpal dengan apa yang telah dilakukan.

3 Cara Melaporkan Debt Collector ke Polisi Melalui Call Center

Bagaimana cara melaporkan debt collector ke call center? Pelaporan melalui call center memang dirasa sebagian orang lebih mudah karena tidak perlu datang langsung ke kantor polisi. Berikut adalah cara pelaporan melalui call center:

1. Siapkan Pulsa 

Hal yang paling penting adalah pulsa. Jadi sebelum menelpon, pastikan anda punya pulsa, baik prabayar atau pascabayar. Agar bisa terhubung ke call center kepolisian.

2. Hubungi 110

Call center kepolisian adalah 110. Anda bisa cari pos polisi dan nomor teleponnya dari seluruh kepolisian. Pilihlah kantor polisi terdekat. Catat dan segera hubungi.

3. Hubungi Nomor Polisi Terdekat

Bila sudah memiliki nomor telepon polisi terdekat, maka anda bisa langsung menghubunginya dan menceritakan keluhan yang dirasakan. Laporan akan segera diproses untuk dilakukan penyidikan.

 

Pelaporan Debt Collector Nakal

Jika anda merasa perilaku debt collector sangat mengancam kehidupan Anda bahkan hingga melukai diri anda maka ada beberapa lembaga berwenang yang bisa Anda hubungi untuk mengadukan debt collector nakal.

a. Bank Indonesia

 Anda bisa melakukan pengaduan ke Bank Indonesia melalui kontak berikut ini:

  •  telepon: 021-131
  •  contact center BICARA
  •  Email: [email protected]
  •  form pengaduan online: www.bi.go.id/Perlindungan Konsumen/form
  • Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Surat yang ditujukan kepada anggota dewan komisioner OJK bidang edukasi dan perlindungan konsumen, selanjutnya Anda bisa kirimkan ke alamat berikut:

  • Alamat: Menara Radius Prawiro, lantai 2 Komplek Perkantoran BI, Jl. MH Thamrin No.2, Jakarta Pusat 10350
  • Telp: 157
  • Email: [email protected]
  • Form pengaduan online: http://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan
  • Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)

b. YLKI

Lembaga lain yang bisa menampung pengaduan konsumen terkait dengan depkolektor nakal adalah YLKI. Berikut kontak yang bisa Anda hubungi:

  • Call Center YLKI: 021 – 7981858 / 021-7971378
  • Alamat YLKI: Jl. Pancoran Barat VII/1, Durentiga, Jakarta Selatan 12760
  • Pelayanan Pengaduan: Senin-Jumat (09.00-15.00 wib)
  • Layanan online: http://pelayanan.ylki.or.id
  • Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI)

Selain YLKI Anda juga bisa melaporkan ke YLBHI berikut alamatnya:

  • Alamat: Jl. Diponegoro no.74 Menteng, Jakarta Pusat 10320
  • Telp: 021-3929840
  • Email: [email protected]
  • Kantor Polisi

c. Laporkan debt collector nakal ke kantor polisi terdekat

Dengan mengetahui berbagai tips menghadapi debt collector, maka Anda pun tidak perlu terlalu panik jika berada pada situasi tersebut. Hal yang paling penting lainnya ada, sebelum Anda mengajukan pinjaman, maka pastikan bahwa Anda mampu mengukur kesanggupan untuk membayar cicilan. 

Seperti saat Anda ingin mengajukan pinjaman beragunan properti di Danamas. Fintech lending berizin dan diawasi OJK ini bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis lewat pendanaan besar hingga Rp 2 miliar. Pinjaman online terpercaya ini memberikan masa tenor cicilannya mulai dari 1 tahun – 10 tahun sehingga Anda bisa mengukur kemampuan mencicil. 

Tak hanya itu saja, bunga yang diberikan juga rendah. Anda juga bisa simulasikan cicilan menggunakan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman yang bisa di akses di website Danamas. Agar proses pengajuan lebih mudah, download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis segera! Untuk info lebih lengkap, klik DISINI!

cara-meningkatkan-penjualan

Dapat Modal Usaha? Ini Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee, Tokopedia, Instagram

Setiap pebisnis pasti ingin dagangannya laku dan penjualannya terus mengalami kenaikan. Tak terkecuali bagi pengusaha online. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak sekali kemudahan yang didapat termasuk dalam hal berbelanja. Tapi seperti mata pisau, hal itu membuat persaingan dagang di dunia online semakin sengit. Lalu apa ada cara meningkatkan penjualan? 

Ada banyak cara meningkatkan penjualan yang tersaji di artikel ini. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah meningkatkan pinjaman modal usaha. Dengan adanya suntikan dana, tentu bisa membantu pebisnis untuk semakin mengembangkan usahanya. Namun jangan sampai Anda terjebak pada kondisi dimana saat mendapatkan pinjaman modal yang besar tapi tidak paham untuk mengelolanya. 

Mendapatkan pinjaman modal yang besar harus dibarengi dengan kemampuan mengatur atau mengelola modal usaha tersebut, jika tidak, maka ini bisa jadi sia-sia saja. Untuk itu, lihat tips dan cara meningkatkan penjualan dengan pinjaman modal usaha berikut ini agar modal Anda bisa dipergunakan dengan bijak.

9 Tips Tingkatkan Penjualan lewat Modal Usaha

Setelah mendapatkan pinjaman uang untuk mengembangkan bisnis, ada tips-tips yang harus dilakukan agar angin segar tersebut bisa termanfaatkan dengan baik dan tidak tercecer untuk keperluan yang tidak penting. Pastikan uang tersebut memang dipakai untuk meningkatkan penjualan.

1. Modal Usaha Untuk Produktivitas

Penting sekali untuk mencatat berbagai kebutuhan atau keperluan yang ingin anda lakukan jika suatu saat anda memiliki atau mendapatkan pinjaman modal. Pinjaman modal memang sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas bisnismu tapi anda harus tetap hati-hati hati-hati dalam menggunakannya.  Sebagai contoh, jika anda memiliki bisnis penjualan kaos maka pinjaman modal bisa dipakai untuk membeli alat jahit mesin sablon dan lain-lain. Produksi bisnis akan semakin meningkat saat pinjaman modal sudah cair sehingga keuntungan bisa lebih maksimal.

2. Buat Rekening Terpisah

Pisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis agar semua pencatatan pengeluaran dan pemasukan bisa lebih detail dan akurat. Selain itu Anda juga bisa mengelola arus kas dengan baik sehingga kedepannya  anda lebih fokus saat mengelola keuangan bisnis.

3. Sediakan Biaya Untuk Angsuran

Saat Anda mendapatkan pinjaman modal usaha hahaha dan sudah terpakai untuk pengembangan bisnis maka hal lain yang perlu Anda lakukan adalah menyediakan dana untuk membayar angsuran. Anda bisa menyisihkan setiap pemasukan untuk melunasi hutang. Jika anda tidak melakukan hal ini maka utang dan bunga akan dibebankan kepada keuangan pribadi anda yang membuat dana semakin membengkak. Untuk itu sebaiknya bayarlah angsuran setiap bulan secara tepat waktu sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan ditentukan.

4. Investasikan Keuntungan

Hal yang sering terlupakan untuk para pebisnis saat mendapatkan keuntungan adalah menginvestasikannya. Jika dirasa dananya sudah cukup untuk diinvestasikan maka ini bisa jadi peluang yang bagus untuk mengembangkan bisnis untuk lebih maju dan produktif serta mendapatkan keuntungan dari berinvestasi.

5. Lakukan Inovasi Bisnis

Anda bisa mengalokasikan pinjaman modal usaha untuk melakukan pengembangan produk seperti menciptakan produk baru dengan konsep yang lebih menarik menambahkan variasi dan fitur pada produk dan lain lain. Pengembangan produk ini bisa membuat konsumen memiliki banyak pilihan dan menghindari kejenuhan atas produk lama kita. Selain itu inovasi bisnis juga bisa memenangkan persaingan di pasaran hingga menjaring konsumen baru.

6. Dapatkan Produk Unggulan Melalui Riset

Pebisnis bisa melakukan riset untuk mengetahui produk apa saja yang diinginkan oleh konsumen yang merupakan target pasarnya. Anda bisa melakukan eksperimen atau uji coba pasar sebelum produk tersebut dirilis. Mungkin tanpa adanya pinjaman modal yang cukup maka proses ini tidak akan Anda bisa lakukan karena proses riset membutuhkan modal yang cukup.

7. Perluas Networking

Semakin luas jangkauan bisnis anda maka peluangnya pun akan semakin besar untuk mendapatkan penjualan yang lebih tinggi. Memperluas jangkauan bisnis hingga networking bisa menjajaki pangsa pasar di wilayah baru, misalnya Anda bisa membuka toko cabang untuk mendongkrak penjualan. Maka dari itu pinjaman modal usaha sangat membantu anda untuk mewujudkan berbagai kebutuhan biaya untuk memperluas jangkauan bisnis.

8. Buat Website

Saat pinjaman modal usaha diajukan sudah cair maka selanjutnya adalah investasikan sebagian dana pada pembuatan website bisnis yang menarik. Hal ini penting untuk memiliki website bisnis di era digital seperti sekarang karena pelanggan akan lebih mudah untuk berbelanja via online. Selain itu memiliki website artinya Anda pun membuka bisnis selama 24 jam sehingga konsumen bisa mengakses toko online Anda kapanpun dan dimanapun, selanjutnya mereka bisa langsung transaksi saat membuka toko online anda.

9. Membeli Fasilitas Yang Menunjang Produksi 

Anda bisa meningkatkan produksi melalui pinjaman modal usaha yang nantinya bisa mempengaruhi kualitas produk. Jika anda ingin meningkatkan penjualan maka kualitas produk harus benar-benar menjadi prioritas utama anda. Dengan memberikan kualitas yang terbaik maka nantinya konsumen pun tidak akan ragu untuk menggunakan produk Anda dan kembali untuk membelinya.

6 Cara Meningkatkan Penjualan Online 

Persaingan sengit di dunia bisnis sering sekali terjadi, tak terkecuali dalam bisnis online. Agar anda bisa berkompetisi secara sehat dengan kompetitor, berikut ada 6 cara meningkatkan penjualan. Cobalah semua tipsnya agar bisnis anda lancar dan memiliki banyak pelanggan.

1. Pilih Nama Domain Yang Tepat

Di dunia maya sekalipun, identitas sangatlah penting. Dengan domain yang pas, anda bisa membangun identitas bisnis terpercaya. Tak hanya itu saja, dengan domain konsumen juga jadi mudah mengenali bisnis anda. Domain tidak selalu .com, tapi bisa .STORE, .ONLINE, .WEBSITE dan .SITE.

2. Platform Tepat Untuk Website

Jika di dunia nyata, anda punya toko fisik. Nah website ini adalah toko di dunia maya. Jadi pondasi utama jualan online adalah memiliki website dengan konsep yang profesional dan informatif. Dalam pemilihan platform pun tidak bisa sembarangan, karena akan merugikan anda dan pelanggan. Pastikan hostingnya juga. Hosting adalah tempat untuk menyimpan file, HTML, gambar dan konten. Hosting yang jelek atau abal-abal akan membuat website lambat atau tidak bisa diakses.

3. Susun Strategi Content Marketing

Strategi membuat konten yang bermanfaat dan relevan, gunanya adalah menarik dan membangun audiens. Dengan menerapkan content marketing, memungkinkan anda memperoleh trafik yang berpotensi menjadi konsumen. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan blog ke website. Dalam blog, buatlah konten yang berguna dan lakukan secara konsisten untuk mendatangkan trafik. Selain itu, anda juga bisa berikan penawaran menarik di blog agar pengunjung blog membeli produk yang dijual di website.

4. Buat Keputusan Berdasarkan Google Analytics

Saat membuat keputusan penting yang berkaitan dengan bisnis, pakailah data dan fakta yang jelas serta akurat. Google Analytics akan membantu untuk menyediakan data akurat tentang perkembangan yang terjadi di website anda. Mulai dari pengunjung harian, penghasilan, penjualan, produk yang paling laris, jumlah pengunjung di website dan halaman mana yang kinerjanya paling bagus.

5. Sediakan Beragam Metode Pembayaran

Terkadang ada pembeli yang tidak jadi beli karena metode pembayaran yang ia punya tidak tersedia di toko incaran. Jadi pastikan toko anda memiliki beragam metode pembayaran. Misalnya menggunakan bermacam-macam bank (BCA, BNI, Mandiri, BRI, Bank Danamon dll), kartu kredit dan mobile payment seperti Go-Pay, DANA, OVO, dan T-Cash.

6. Tampilkan Testimoni Pelanggan

Testimoni pelanggan adalah senjata untuk menggaet pembeli. Karena dari sanalah anda bisa meyakinkan konsumen. Orang yang sebelumnya ragu, setelah membaca testimoni akan terpengaruh untuk membeli. Tampilkan testimoni di halaman produk, landing page atau halaman utama website. 

5 Cara Meningkatkan Penjualan Di Shopee 

Shopee adalah salah satu e-commerce yang laris manis. Hampir tiap orang pernah menggunakan aplikasi ini untuk berbelanja. Tentunya pedagang yang menjajakan produknya juga sangat banyak. Untuk menyiasati hal itu, di bawah ini ada 5 cara meningkatkan penjualan di Shopee.

1. Tingkatkan Kualitas Daftar Produk

Daftar produk yang berkualitas maka akan meningkatkan penjualan. Anda bisa mengupload foto yang diambil secara profesional dan dari berbagai sisi, memberikan deskripsi/informasi lengkap dan akurat. Adanya peningkatan kualitas daftar produk akan meningkatkan ekspektasi konsumen terhadap produk yang dijual, membantu konsumen mempertimbangkan pembelian dan mengurangi pertanyaan.

2. Harga Kompetitif

Tetapkan harga yang kompetitif dan memberikan promosi unik, maka pembeli akan tertarik. Untuk menarik lebih banyak konsumen, anda bisa mengikuti langkah berikut:

3. Riset Pencarian Kata Kunci

Lakukan evaluasi kinerja produk anda terhadap produk serupa. Caranya dengan mencari kata kunci di Shopee, e-commerce lain dan mesin pencari untuk membandingkan performa produk dengan kompetitor. Setelah itu, sesuaikanlah harga produk yang anda jual.

4. Pakai Fitur “Promosi Saya”

Banyak “Fitur Promosi” yang penting dan menjanjikan, seperti “Promo Toko”, “Paket Diskon” dan “Voucher”. Hal tersebut bisa meningkatkan daya saing harga produk dan menjadikannya lebih menarik bagi pembeli.

5. Gunakan Fitur “Promo Toko”

Setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya, cobalah mengadakan “Promo Toko”. Aturlah “Harga Diskon” di produk agar toko mampu bersaing.

6. Gunakan Fitur “Paket Diskon”

Dengan “Paket Diskon” anda akan menarik minat pembeli untuk berbelanja dalam satu pesanan. Saat membuat paket diskon baru, penjual bisa memilih persentase diskon (untuk produk yang harganya murah), nominal diskon (untuk produk yang harganya mahal) dan harga paket diskon (untuk produk yang bisa dipakai bersamaan).

7. Gunakan “Voucher Toko Saya”

Dengan menggunakan voucher toko saya, anda bisa meningkatkan daya tarik produk dan meningkatkan kunjungan ke toko. Ketika membuat vouchernya, anda dapat memilih “Voucher Toko” atau “Voucher Produk” di bagian “Rincian Dasar”, “Diskon” atau “Cashback Koin” di “Pengaturan Bonus” dan “Tipe Diskon”

5 Cara Meningkatkan Penjualan Di Tokopedia

Selain Shopee, ada juga Tokopedia yang naik daun karena dipakai banyak orang ketika ingin berbelanja online. Agar anda tidak kalah dengan toko sebelah, pastikan ikuti cara meningkatkan penjualan di Tokopedia yang dibahas berikut ini:

1. Beri Pelayanan Bintang 5 & Rating Bintang 5

Demi bisa bersaing dengan toko lain di Tokopedia, tingkatkanlah pelayanan bagi para pembeli. Caranya adalah cepat tanggap dan ramah ketika menjawab pertanyaan yang masuk. Selain itu, segera proses dan kirimkan pesanan, agar pembeli tidak menunggu lama. Pengemasan juga harus diperhatikan, harus rapi dan pakai bubble wrap untuk menjaga selama perjalanan. Penilaian pembeli akan berpengaruh pada reputasi toko.

2. Tambah Stok & Varian Produk

Sedikitnya stok dan varian membuat anda harus menolak pesanan dan ini bisa membuat pembeli kabur ke toko sebelah. Segeralah tambah stok dan varian produk agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen, dan hal ini akan menarik banyak pembeli dan tingkatkan statistik transaksi toko.

3. Manfaatkan Fitur TopAds

Manfaatkan iklan agar menjangkau pasar yang lebih luas. Di Tokopedia, ada fitur TopAds untuk mengiklankan produk yang ada di Tokopedia. Keunggulan fitur ini adalah biayanya murah dan mudah diatur. 

4. Penjualan Meningkat, Kredibilitas Toko Meningkat

Setelah melakukan upaya-upaya di atas, maka penjualan dan kredibilitas toko berpotensi mengalami peningkatan. Jika sudah begini, maka kesempatan untuk memperoleh permodalan juga akan semakin besar.

5. Tambah Modal

Agar bisnis bisa berkembang pesat, anda memerlukan tambahan modal. Modal yang terbatas bisa diatasi dengan mengajukan pinjaman melalui bank atau fintech lending. Umumnya jumlah pinjaman yang ideal adalah 1-2 kali nilai penjualan toko per bulan. 

5 Cara Meningkatkan Penjualan Di Lazada

Lazada juga memiliki pelanggan tetapnya sendiri. Sebagai penjual, anda harus lihai dan pandai melihat peluang, seperti memanfaatkan fitur yang tersedia di Lazada. Walaupun produk yang anda jual memiliki banyak pesaing, tapi dengan memanfaatkan fitur-fitur berikut, maka penjualan bisa ditingkatkan secara bertahap.

1. Pakai Customer Engagement Management (CEM) Untuk Optimasi Akun

Fitur terbaru ini bisa mempermudah anda berkomunikasi atau interaksi dengan pembeli. Anda bisa membantu konsumen dan membuatnya nyaman setelah melakukan pembelian. Contohnya memperkenalkan produk dan fungsinya, membantu follow up proses pengiriman dan lainnya.

2. Lakukan LazLive

Lazlive adalah fitur yang dipakai untuk siaran langsung (live shopping). Cara ini akan memberikan pengalaman menarik bagi konsumen. Jadi pembeli dapat bertanya secara langsung tentang ketersediaan dan spesifikasi produk. Agar live shopping lancar, sajikanlah video berkualitas tinggi dan sajikan promo khusus agar menarik minat pembeli.

3. Optimasi Akun Seller Dengan VKAM

Fitur Virtual Account Management (VKAM) khusus dibuat Lazada untuk membantu tingkatkan performa toko. Ada tiga layanan eksklusif di VKAM yaitu free shipping, flexi combo dan collectible voucher. Tiga hal tersebut berguna untuk menjaga dan tingkatkan kualitas toko seperti minimalisir cancellation rate, tingkatkan ship on time dan seller rating.

4.Lakukan Promosi Cross Selling

Promosi cross selling maksudnya adalah memasarkan produk secara silang, dari media yang satu ke media lain sekaligus. Caranya dengan mempromosikan juga di media lain, seperti Instagram, Facebook, TikTok, Website dan platform lain. Sehingga jangkauan pasar lebih luas dan tidak bergantung di pencarian dalam aplikasi Lazada saja.

5. Pakai Campaign Banner

Dengan menggunakan campaign banner, maka toko online anda akan dicantumkan di banner yang ada di home Lazada. Caranya mudah, anda hanya perlu masuk ke menu “Product” dan pilih “Product Decoration”. Jika sudah, klik “12.12 Campaign Banner” dan lanjut ke menu “Tambah Baru”. Kemudian upload foto produk dengan pilih “Unggah Baru” dan simpan proses klik “Simpan” lalu “Tampilkan ke Semua Produk”.

5 Cara Meningkatkan Penjualan Di Marketplace Facebook

Facebook tak hanya dipakai untuk bertukar info dengan teman lama, tapi bisa dipakai untuk berjualan dan menambah pundi-pundi penghasilan anda. Berikut ada 5 cara yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan di marketplace Facebook.

1. Berikan CTA di Postingan

Call to Action (CTA) sebaiknya digunakan di tiap postingan. CTA adalah strategi pemasaran dengan menampilkan pop up yang akan mengantarkan pembeli di laman berbeda untuk memudahkan proses transaksi sebelumnya. Contoh CTA adalah:

  • Hubungi Kami: membantu konsumen ke pilihan kontak toko
  • Kirim Pesan: arahkan pembeli ke fitur messenger
  • Telepon Sekarang: antarkan konsumen ke Whatsapp atau nomor kontak penjual
  • Pelajari Selanjutnya: mandu konsumen melihat halaman produk lebih rinci

2. Foto Produk Spesifik & Menarik 

Foto produk sangat krusial. Jadi buatlah sespesifik dan semenarik mungkin. Gunakan foto yang jelas, pencahayaan bagus dan difoto dari berbagai sisi. Masukkan juga deskripsi produk agar pembeli tertarik dan mempertimbangkan pembelian.

3. Pakai Facebook Ads

Facebook Ads dapat menjadi salah satu solusi meningkatkan penjualan. Namun anda perlu modal, karena ada tarif yang dipatok sesuai dengan jumlah audiens yang dijadikan target. Facebook Ads biasa dikenal juga dengan cost per click (CPC) jadi biaya pembayaran akan turun jika jumlah kliknya bertambah banyak.

4. Respon Inbox Messenger Dengan Cepat

Interaksi antar penjual dan pembeli sangatlah penting. Karena jika anda lambat membalas pesan atau pertanyaan dari konsumen, maka bukan tidak mungkin pembeli akan malas dan memilih beli di tempat lain. 

5. Posting Minimal 10x Sehari

Rajinlah posting produk yang dijual. Jika anda rajin posting produk tiap hari, maka Facebook akan menyadari toko anda dan lebih mudah rekomendasikan produk ke konsumen. Tapi pastikan anda memberi jeda antar postingan, agar tidak terdeteksi sebagai spam.

5 Cara Meningkatkan Penjualan Di Grabfood

Banyak orang yang tidak bisa lepas dari aplikasi Grabfood. Peminatnya sangat banyak. Aplikasi ini sangat memudahkan ketika ingin membeli makanan atau minuman tanpa perlu capek-capek ke tokonya langsung. Nah sebagai pebisnis, lakukan 5 cara ini agar pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan toko.

1. Jaga Kualitas Makanan & Minuman

Jika ingin laris dan penjualan meningkat, hal yang sangat penting adalah kualitas makanan dan minuman tetap terjaga sampai ke tangan konsumen. Rasanya enak, bersih dan pengemasan terjaga. Semua promosi yang sudah jor-joran tidak akan ada artinya jika rasa makanan dan minuman tidak enak. Jadi pastikan makanan dan minumannya berkualitas.

2. Promo!

Semua orang suka promo. Anda bisa memakai skema promo sendiri dan dibantu oleh pihak Grab. Contohnya adalah Beli 2 Gratis 1, paket hemat, promo akhir pekan, bundling keluarga dan lainnya. Dengan strategi seperti ini, akan banyak konsumen yang tertarik untuk membeli.

3. Tampilkan Visual Menarik

Tampilan visual yang menggiurkan dan menarik akan membuat pembeli memilih restoran anda. Tampilkan foto asli, bukan mencomot dari internet. Anda bisa sewa jasa fotografer agar fotonya terlihat profesional.

4. Pilih Kategori Jenis Makanan & Minuman Yang Tepat

Pastikan anda memilih kategori jenis makanan dan minuman yang tepat, agar konsumen mudah untuk menemukan produk yang dipasarkan di restoran anda. Karena di Grabfood, pengguna bisa memilih jenis makanan atau minuman masuk ke kategori apa. Apa makanan Asia, Korean, Japanese atau fokus ke penjualan produk seperti Beverages, Coffee, Desserts.

5. Minta Rating & Review Baik

Salah satu cara agar toko muncul di pencarian awal adalah dengan memiliki rating restoran tinggi. Walaupun tidak mudah, anda bisa membangun kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Oleh karena itu, anda dapat meminta pelanggan yang datang langsung untuk merating dan mereview restoran dengan baik bila nanti mereka membeli produk via Grabfood. Atau anda bisa menyelipkan brosur ke dalam bungkus makanan yang isinya pengingat untuk memberi rating baik ke restoran anda.

6 Cara Meningkatkan Penjualan Di Instagram

Instagram dipakai oleh berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga orang tua. Hal ini bisa menjadi dulang bagi anda untuk mencari uang. Daripada anda hanya membuang waktu untuk berselancar di Instagram, lebih baik akunnya dipakai untuk berbisnis. Di bawah ini ada 6 cara untuk tingkatkan penjualan. Yuk simak!

1. Konsisten Posting Konten Berkualitas

Konsistenlah untuk posting konten yang berkualitas dan tidak pasaran. Karena konten yang pasaran, akan diabaikan dan cepat bosan. Walaupun cara ini tidak cepat mendatangkan followers dan pembeli, tapi image toko anda bisa terbangun baik, sehingga tingkatkan kepercayaan konsumen. Ada tips membuat konten instagram:

  • Storytelling di caption bawah postingan
  • Ikuti trend yang sedang viral
  • Buat konten berupa infografis, foto, dan video bermanfaat di feed Instagram
  • Buat konten spesial di hari penting, seperti hari raya, kemerdekaan, tahun baru dan lainnya
  • Buat film pendek yang isinya soft-selling atau testimoni pembeli

2. Gunakan Hashtag

Pakailah hashtag atau tanda pagar di tiap postingan. Cantumkan hashtag yang relevan. Dengan hashtag, maka postingan akan mudah dijangkau target market. Tapi ada hal yang harus diperhatikan ketika memakai hashtag:

  • Pakai hashtag di caption yang relevan dengan merek atau postingan. Usahakan tidak lebih dari 10 agar akun tidak terkesan murahan. Tuliskan 10 hashtag lainnya di kolom komentar postingan. Sisa 10 hashtag tersebut tuliskan hashtag yang sedang trend/populer.

3. Manfaatkan Fitur

Banyak fitur yang tersedia di Instagram. Manfaatkanlah sebaik mungkin demi mendukung aktivitas bisnis seperti Instagram Shop. Instagram Shopping ini berguna membantu pengguna berkunjung ke toko, menelusuri produk, jelajah koleksi dan membeli produk. 

Fitur lain yang menarik adalah Instastory (interaksi langsung dengan followers melalui mini quiz, polling dan mini content), Highlight (informasi detail ke pelanggan seperti daftar harga, testimoni dan promo), Direct purchase (pelanggan bisa beli melalui feeds yang terhubung ke platform lain seperti facebook atau website).

4. Bom “Like” & Rajin Komentar

Coba berkunjung ke kolom “Explore” (logo kaca pembesar), kemudian tujukan ke kolom Top. Rajin-rajin berikan like di postingan yang masuk dalam kategori Most Recent. Anda cukup like saja, tanpa harus follow. Apa berguna? Bisa berguna karena postingan yang baru terupdate dan akun anda yang memberikan like di awal, maka ada kemungkinan akun tersebut mencari tahu tentang akun anda. Bahkan dengan cara inipun sudah membuka peluang untuk memperkenalkan akun dan produk, sehingga followers juga bisa bertambah.

5. Pakai Instagram Ads

Keunggulan Instagram adalah fitur iklannya terafiliasi dengan Facebook. Jadi sekali iklan di Facebook, maka iklan akan muncul juga di Instagram. Hal ini sangat menguntungkan, karena target pasar di dua media sosial bisa tergaet sekaligus. 

6. Gaet Influencer

Berkolaborasilah dengan influencer. Cara ini sangat efektif untuk tingkatkan penjualan. Selain itu juga membangun brand awareness. Karena influencer itu pasti sudah memiliki peminatnya sendiri. Anda bisa tawarkan harga spesial untuk followers influencer tersebut dengan memberikan kode diskon. 

Pentingnya Meningkatkan Penjualan Lewat Modal Usaha 

Modal dalam jumlah besar memang sangat dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis dengan cepat. Dengan fokus untuk meningkatkan penjualan lewat modal usaha maka akan ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan seperti berikut ini:

  • Peningkatan penjualan akan membuat omzet lebih tinggi
  • Keuntungan yang didapat bisa berkali-kali lipat lewat pinjaman modal usaha
  • Perusahaan atau usaha UKM semakin berkembang pesat
  • Mendorong perekonomian bangsa
  • Bisnis akan lebih cepat berkembang sehingga membutuhkan SDM lebih besar sehingga mampu memberikan lapangan pekerjaan yang luas
  • Berpeluang untuk menguasai pasar
  • Meningkatkan persaingan dengan kompetitor bisnis
  • Menambah modal dan meningkatkan keuangan usaha

Kesalahan Dalam Mengelola Pinjaman Modal Usaha

Tak sedikit orang yang “kaget” ketika memegang uang dalam jumlah yang banyak. Tujuan meminjam uang untuk pengembangan bisnis tapi malah dipakai untuk hal lain seperti memenuhi keinginan hidup yang tak ada habisnya. Tentu ini akan sangat merugikan, bahkan bisnis bisa bangkrut. Agar hal itu tidak terjadi, pastikan anda menghindari kesalahan-kesalahan berikut:

a. Mengajukan Pinjaman di Sumber Ilegal

Saat situasi menghimpit terlebih lagi jika bisnis Anda adalah hal utama untuk mendapatkan keuntungan atau memenuhi segala kebutuhan maka terkadang kita mengajukan pinjaman ke sumber yang tidak resmi atau ilegal. Hal ini pun akan berdampak pada kondisi keuangan bisnis anda maka dari itu penting sekali untuk memilih pinjaman di fintech legal yang berizin OJK dan diawasi oleh OJK sehingga semua segala sesuatu yang anda lakukan untuk bisnis bisa dijalankan dengan lancar.

b. Tidak Ada Kesiapan Mengelola Modal

Modal usaha yang besar tidak boleh digunakan sembarangan terlebih lagi jika ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis anda. Sebaiknya buat rancangan apa saja yang harus anda lakukan saat memiliki modal yang pastikan hal tersebut sesuai dengan tujuan dari bisnis anda. Selain mengelola keuangan untuk bisnis jangan lupa untuk kembali kan pinjaman modal sebut sesuai tepat waktu sehingga ga arus keuangan anda pun akan lebih ih baik.

Baca juga: Bantuan UMKM yang Kekurangan Modal, Ini Solusinya

c. Pinjaman Diajukan Tanpa Skala Prioritas

Kesalahan lain yang umum dilakukan pada bisnis adalah tidak ada skala prioritas pengeluaran saat mengajukan pinjaman. Seperti contoh saat Anda masih belum tahu bahwa modal pinjaman tersebut apakah harus digunakan untuk membeli alat produksi atau  sewa tempat terlebih dahulu. Hal ini penting untuk di perancang sebelum mendapatkan modal usaha sebagai cara menentukan skala prioritas dalam penggunaan pinjaman modal. Maka saat modal Anda cair, Anda bisa menggunakan keperluan secara tepat efektif dan efisien.

d. Menghabiskan Modal Dalam Satu Waktu

Hal ini juga menjadi kesalahan yang justru bisa menurunkan penjualan anda. Maka dari itu sebaiknya hati-hati dalam merencanakan bisnis dan mengalokasikan pinjaman modal sehingga nantinya pengeluaran pun bisa lebih terkontrol. Dengan memahami modal usaha untuk penjualan, maka kini Anda pun lebih percaya diri untuk bisa mendapatkan modal usaha dan tahu bagaimana cara optimalkan modal tersebut. 

Salah satu fintech lending yang bisa Anda jadikan solusi pendanaan bisnis adalah Danamas. Pinjaman beragunan properti ini bisa Anda dapatkan dengan pengajuan yang cepat dan praktis langsung dari aplikasinya. Danamas adalah pinjaman online terpercaya yang sudah terdaftar dan berizin OJK. Jadi semua prosesnya aman. Danamas bisa memberikan pinjaman dana sampai Rp 2 miliar dengan masa tenor sampai 10 tahun. Jadi anda bisa fokus ke pengembangan bisnis sambil mencicilnya. Bunga yang diberikan juga rendah, mulai dari 15,25% per tahun. Anda bisa simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman. Yuk segera download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis agar proses pinjaman lebih mudah. Untuk info lebih lengkap, klik DISINI!

cara -mengecek-Credit-Score

8 Cara Cek Credit Score dan Cara Meningkatkannya agar Mudah di Approve

Pernah mengajukan pinjaman? Jika Anda pernah mengajukan pinjaman tentunya familiar dengan kata credit score atau penilaian kredit. Tujuannya agar pengajuan kamu layak dan disetujui berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan oleh pemberi pinjaman. Umumnya penilaian kredit merupakan metode yang dipakai oleh perbankan untuk menentukan apakah peminjam layak atau tidak memperoleh pinjaman. 

Pada credit scoring berisi data peminjam dan riwayat pembayaran kredit di sebuah bank. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, sistemnya jadi lebih canggih dengan memanfaatkan sistem yang terintegrasi ke big data. Bagi perbankan, memakai sistem ini banyak sekali manfaatnya. Tapi ternyata bagi sebagian orang masih asing dengan istilah credit score

Bagi anda yang ingin mengajukan pinjaman dan ingin pengajuannya disetujui, maka yuk pahami lebih dulu mengenai credit score dan cara meningkatkannya. Karena tidak hanya bank saja yang melewati proses analisis kelayakan seperti ini, tapi nonbank juga melakukannya. Apa track record nasabah bagus dan mampu untuk mengembalikan pinjaman yang diajukan.

Apa Itu Credit Score?

Penilaian kredit atau credit score adalah suatu sistem yang diterapkan oleh suatu bank atau lembaga pembiayaan untuk menilai suatu kelayakan peminjam yang mengajukan pinjaman. Kriteria penilaian yang dilihat biasanya terdiri dari usia, pekerjaan, status perkawinan, masa kerja, jabatan, dan lain sebagainya. Informasi tersebut nantinya akan diverifikasi dengan sejumlah persyaratan dokumen yang wajib diisi dan dilaporkan oleh calon peminjam. 

Apabila pihak calon peminjam telah mengumpulkan semua berkas persyaratan, maka pihak pemberi pinjaman akan menganalisis riwayat transaksi calon peminjam, seperti waktu pembayaran, banyaknya kredit yang pernah dimiliki, apakah masih memiliki beban kredit lain, dan seberapa sering menunggak pembayaran. 

Fungsi Credit Scoring 

Fungsi dari credit scoring bagi pemberi pinjaman tentunya akan sangat membantu proses verifikasi dan besaran pinjaman yang akan disetujui. Sedangkan untuk para penerima pinjaman, credit score akan membantu dalam mendapatkan akses yang lebih luas kepada platform atau bank pemberi pinjaman dengan mengandalkan reputasi keuangan. Adapun fungsi credit scoring adalah:

a. Menilai kemampuan Membayar bagi Peminjam

Credit scoring akan membantu lembaga bank atau platform tersebut untuk memperoleh gambaran yang lebih spesifik dan membantu mengetahui kebiasaan calon peminjam seperti seberapa sering berbelanja dan melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit. 

b. Membantu Mengevaluasi dan Menganalisa Permohonan Kredit 

Analisis permohonan kredit membutuhkan ketelitian, oleh karena itu dengan credit scoring maka akan membantu pihak bank atau platform untuk memutuskan memberikan kredit kepada nasabah. Semakin banyak informasi yang didapat maka semakin baik pula penilaian dalam analisis permohonan kreditnya. 

c. Menekan Biaya Operasional

Bila menggunakan sistem kredit scoring yang memanfaatkan teknologi atau big data maka pengerjaannya akan semakin mudah, cepat, dan akurat. Melalui cara tersebut bank atau lembaga keuangan dapat membangun sebuah big data terintegrasi sehingga akan menekan biaya operasional serta memberikan performance yang lebih baik kepada nasabah. 

Cara Mengecek Skor Kredit (Credit Score) di SLIK OJK

Sebelumnya, untuk mengecek SLIK OJK anda harus datang ke kantor OJK dengan membawa KTP asli dan mengisi formulir yang tersedia. Tapi karena pandemi Covid-19, sejak tanggal 18 Maret 2020 pengecekan SLIK bisa dilakukan online. Hal yang perlu diperhatikan adalah anda memerlukan komputer atau smartphone yang tersambung ke internet.

  1. Kunjungi laman antrian online di https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi
  2. Kemudian pilih jenis informasi debitur dan tanggal antrian. Kolom Kantor OJK diisi Kantor Pusat OJK (Jakarta). Namun bila anda ada di luar Jakarta atau bukan warga Jakarta, tidak mengapa karena tidak akan ada layanan tatap muka (hanya formalitas). Di Kolom tanggal layanan, pilih tanggal informasi debitur SLIK, selanjutnya akan dikirimkan ke email. Lalu pilih tanggal dan jam yang kuotanya masih tersedia dan klik “Lanjut”
  3. Isi data dengan lengkap dan benar. Kolom alamat diisi dengan yang ada di KTP. Kolom alamat lain diisi dengan alamat yang pernah ditinggali selain alamat yang tertera di KTP.
  4. Upload foto atau scan dokumen asli, kemudian pilih salah satu tujuan permohonan. Upload dokumen, klik “Camera” bila ingin foto dokumen secara langsung. Selanjutnya centang kotak persetujuan disclaimer dan ketik teks captcha di kolom yang tersedia, lalu klik “Kirim”.

Bagi debitur perseorangan, foto atau scan dokumen asli yang diperlukan adalah KTP (untuk WNI) dan paspor (untuk WNA). Sedangkan debitur badan usaha, foto atau scan dokumen asli yang dibutuhkan yaitu KTP pengurus (atau paspor jika pengurus adalah seorang WNA), NPWP badan usaha serta akta pendirian/anggaran dasar pertama (atau akta pendirian/anggaran dasar terakhir jika ada perubahan akta).

  1. Bagi anda yang mengisi formulir dengan benar, maka akan memperoleh email dari OJK yang berisi bukti registrasi antrian SLIK online. Selanjutnya anda harus menunggu verifikasi data dari OJS. Proses ini adalah verifikasi tahap pertama. Jika lolos, anda akan memperoleh email dari OJK yang isinya informasi hasil verifikasi antrian SLIK online paling lambat h-2 dari tanggal antrian. Di email kedua tersebut, anda akan mendapatkan formulir dan nomor WhatsApp OJK-SLIK.
  2. Cetak formulir dari email tersebut dan bubuhkan tanda tangan sebanyak tiga kali. Kemudian difoto atau scan formulir yang sudah ditandatangani tadi dan kirimkan ke nomor WhatsApp OJK-SLIK yang ada di email. Anda juga bisa mengirimkan foto selfie dengan menunjukkan KTP (atau paspor jika WNA).
  3. Tunggu verifikasi lanjutan dari OJK. Jika merasa diperlukan, OJK bisa melakukan video call
  4. Bila lolos verifikasi tahap dua (verifikasi WhatsApp), OJK akan mengirimkan hasil informasi debitur (iDeb) SLIK dan cara membacanya melalui email. Mungkin anda harus menunggu beberapa menit atau jam (bergantung dari kuota dan antrian di hari itu) untuk menerima email.

Apa Itu Sistem SLIK OJK

Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) adalah sistem informasi yang berisi data keuangan perseorangan atau badan usaha terutama informasi debitur (iDeb). SLIK diterbitkan oleh OJK dan per tanggal 1 Januari 2018 telah menggantikan Sistem Informasi Debitur (SID) yang diterbitkan Bank Indonesia dan umumnya dikenal dengan BI Checking.

Jadi per tanggal 1 Januari 2018, pelapor SID yang ingin cek credit score bisa menggunakan SLIK. Umumnya, pengecekan skor ini dilakukan kreditur untuk menganalisa riwayat dan pola pembayaran debitur. Tahap pengecekan SLIK adalah langkah yang pasti dilakukan ketika orang mengajukan kredit di bank atau perusahaan pembiayaan/leasing. Jika suatu kreditur tidak mengecek SLIK debitur terlebih dahulu, kemungkinan besar kreditur tersebut ilegal dan tidak terdaftar di OJK.

Di dalam SLIK ada skor kredit yang bisa memperlihatkan riwayat pembayaran debitur. Bila riwayat pembayarannya baik, maka peluang kreditur memberikan pinjaman atau kredit akan semakin besar. Begitu juga sebaliknya, jika riwayat pembayaran buruk, menunggak atau bahkan sampai macet. Maka kemungkinan besar kreditur akan menolak pengajuannya.

Syarat Skor Kredit Baik

Skor kredit yang baik adalah skor kredit yang tinggi dan menunjukkan kalau anda masuk ke kategori risiko rendah dan risiko sangat rendah. Skor kredit tinggi atau risiko rendah ada di angka 677-712, sedangkan skor sangat tinggi atau risiko sangat rendah berada di angka 713-900. 

Skor di bawah itu, ada angka 641-676 masuk kategori risiko sedang. Debitur risiko sedang akan membuat pemberi pinjaman cenderung berhati-hati untuk memberikan pinjaman atau kredit. Walaupun peluang untuk memperbaiki skor kredit sangat mungkin dilakukan. Jika anda masuk ke kategori ini, segeralah perbaiki riwayat pembayaran atau melunasi tunggakan dan bayar pinjaman tepat waktu.

Di bawahnya masih ada kategori risiko tinggi dengan angka 574-640 dan kategori skor kredit paling buruk adalah risiko sangat tinggi di angka 250-573. Di kategori tersebut, sangat sulit bagi pemberi pinjaman bisa menerima pengajuan debitur dengan risiko tinggi dan sangat tinggi. Namun debitur dengan kategori tersebut bisa memperbaiki credit scorenya dengan melunasi tunggakan, apalagi jika ada yang menunggak lebih dari setahun. Kemudian konsistenlah melunasi tagihan tepat waktu dan jumlahnya sesuai.

Cara Meningkatkan Credit Scoring 

Jika anda masuk ke kategori skor kredit terburuk, maka anda harus melakukan tindakan agar skor kreditnya meningkat. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan credit scoring, yakni dengan:

1. Cek dan Perbaiki Kesalahan Data untuk Skor Kredit 

Langkah pertama yakni untuk mengecek dan memperhatikan informasi laporan kredit Anda. Cek semua data yang ada mulai dari penulisan data pribadi, nomor rekening, serta data penting lainnya. Pengecekan ini dilakukan agar terhindar dari masalah yang berlarut-larut dan meminimalisir penolakan pinjaman.

2. Hindari Pembuatan Kartu Kredit Baru 

Jangan terlalu termakan oleh promosi.manfaat dan penawaran menarik lainnya. Penggunaan kartu kredit juga lebih baik apabila memiliki batasan penggunaan. Jangan menggunakan kartu kredit lebih dari 30% limit kredit Anda. 

3. Buat Reminder Pembayaran Tagihan 

Untuk mendapatkan skor kredit yang baik adalah membayar tagihan tepat waktu. Jangan sampai Anda terlambat membayar tagihan dan mengakibatkan tunggakan pembayaran. Hal ini dapat membuat skor kredit Anda menurun. Apabila Anda mudah lupa, Anda bisa membuat reminder untuk pembayaran tagihan di Kalender, melalui smartphone Anda, atau melalui fitur pembayaran tagihan secara otomatis yang disediakan oleh Bank Anda. 

4. Membenahi Kondisi Keuangan

Untuk meningkatkan skor kredit Anda, maka Anda harus membenahi keuangan terlebih dahulu yakni dengan melunasi hutang yang ada sehingga keuangan Anda terlihat stabil dan baik. 

5. Membuat Perhitungan Keuangan yang Matang

Sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya Anda membuat perhitungan yang matang agar kondisi keuangan tetap aman dan stabil. Pastikan Anda mampu membayar tagihan tersebut sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan. 

Pengaruh Credit Scoring Terhadap Pengajuan Pinjaman

Hasil analisa dari credit scoring itulah yang kemudian akan menentukan apakah Anda layak mendapatkan pinjaman atau tidak, berapa besaran pinjaman yang akan disetujui, besaran bunga, serta berapa lama jangka waktu pinjamannya. Anda dapat melihat pembagian kategori pada sistem credit scoring bank Indonesia pada BI Checking sebagai berikut ini

  • Skor 1 

Kredit lancar, peminjam melaksanakan kewajiban dengan sempurna, misalnya tepat waktu dalam membayar.

  • Skor 2

Kredit dalam perhatian khusus (DPK) peminjam tercatat mengalami tunggakan cicilan antara 1 hingga 90 hari.

  • Skor 3

Kredit tidak lancar, peminjam tercatat mengalami tunggakan cicilan antara 91 hingga 120 hari 

  • Skor 4

Kredit diragukan, peminjam tercatat mengalami tunggakan cicilan antara 121 hingga 180 hari.

  • Skor 5

Kredit macet, peminjam tercatat macet dan menunggak lebih dari 180 hari. 

Maka dari itu credit scoring menjadi hal yang penting saat Anda ingin mengajukan pinjaman. Adapun catatan kredit atau berbagai macam syarat perlu anda perhatikan sebelum meminjam misalnya syarat penghasilan. Hal ini menjadi pertimbangan besar karena akan berkaitan dengan membayar pinjaman tersebut. 

Tingkatkan Credit Score & Miliki Pinjaman Bisnis Anda!

Pinjaman beragunan properti dari Danamas dapat membantu Anda mengembangkan usaha. Dengan pengajuan dokumen sertifikat rumah atau properti lain, Anda dapat mengajukan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Danamas juga telah mendapatkan izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan sehingga aman. 

Masa tenor yang diberikan oleh pinjaman online OJK bunga rendah 2021 bisa sampai 10 tahun. Dengan proses pelunasan yang panjang, anda jadi bisa fokus pada pengembangan usaha agar terus berekspansi. Coba simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman. Segera kembangkan bisnis Anda, dan ajukan pinjaman nya melalui Website atau download aplikasi Danamas pinjaman bisnis melalui Android atau Apple IOS. Untuk info lebih lengkap, klik DISINI!