sekuritas-adalah

Dalam dunia investasi ada salah satu istilah yang mungkin cukup sering didengar oleh banyak orang yaitu sekuritas. Jika selama ini Anda pernah mendengar istilah sekuritas namun belum tahu seperti apa sebenarnya sekuritas dalam dunia saham atau investasi. Maka artikel Ini akan menjelaskan berbagai macam informasi tentang sekuritas. simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Sekuritas?

Sekuritas adalah instrumen keuangan yang memiliki nilai tertentu untuk mencerminkan kepemilikan seseorang atau badan usaha atas sebuah aset. Istilah lain dari sekuritas adalah efek. Kepemilikan sekuritas wajib menghasilkan return bagi pemiliknya dan sesuai dengan persentase kepemilikan atas aset. sama seperti aset, sekuritas juga objek yang dapat dengan mudah dipindahtangankan melalui transaksi jual beli. Bedanya adalah sekuritas hanya bisa diperjualbelikan lewat pasar atau perusahaan efek.

Jenis Sekuritas

  • Sekuritas Utang

Jenis sekuritas yang satu ini berbentuk sertifikat atau surat berharga yang bisa menjelaskan bahwa investor memiliki hak untuk mendapatkan keuntungan dari sebuah perusahaan penerbit sekuritas kepemilikan utang. Jenis sekuritas ini meliputi sertifikat deposito sekuritas yang dijaminkan obligasi dan obligasi pemerintah. Hutang juga bisa menjadi tambahan aktiva perusahaan yang dicatat pada neraca sebagai investasi. Adapun contoh sekuritas utang yaitu saving Bond ritel atau sbr sekuritas syariah dan sekuritas utang negara atau Sun.

  •  Sekuritas Ekuitas Atau Saham

Jenis sekuritas ini berbentuk surat berharga yang bisa menunjukkan bukti kepemilikan saham pada entitas tertentu. Sebagai pemegang saham Anda bisa mendapatkan hak khusus untuk mengeluarkan pendapat mengendalikan perusahaan dan bersuara. Contoh Dari sekuritas ekuitas atau saham antara lain dividen reksa dana dana investasi real estate dan lain-lain.

Tips Memilih Sekuritas

  • Terdaftar OJK Dan MKBD Tinggi

Anda perlu memastikan bahwa perusahaan sekuritas tersebut legal dan Kredibel. Maka Pilihlah perusahaan yang sudah terdaftar oleh Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia juga memiliki modal kerja bersih yang disesuaikan atau MKBD tinggi. Hal ini cukup penting untuk menjaga keamanan transaksi sekuritas dari adanya resiko penipuan atau kerugian yang disebabkan oleh kinerja buruk perusahaan.

  • Pelayanan Terbaik

Perusahaan sekuritas banyak menerapkan sistem jual beli secara online maka anda bisa mudah mencari informasi yang diperlukan tentang hal tersebut. Maka akan lebih baik jika perusahaan sekuritas didukung dengan pelayanan yang baik seperti keramahtamahan, pengelolaan efek yang menguntungkan, hingga memudahkan anda untuk mendapatkan solusi dari masalah yang bisa saja terjadi selama berinvestasi. Maka hal ini pun akan membuat anda lebih nyaman saat berinvestasi.

  • Reset Terkait Kondisi Pasar

Banyak dari perusahaan sekuritas memberikan analisis tentang kondisi pasar secara rutin. Maka anda bisa memanfaatkan hal ini sebagai bahan riset untuk mempertimbangkan pembelian atau penjualan sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya kondisi pasar dianjurkan juga untuk melakukan analisis produk sekuritas yang ingin dibeli. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir resiko dan menghitung jumlah keuntungan yang didapatkan.

  • Cek Nilai Setoran Dan Biaya

Daftar Anda mendaftarkan sekuritas, maka anda perlu membayar setoran awal pembukaan rekening dana nasabah atau RDN mulai dari Rp100.000. Selain setoran awal, Setiap perusahaan sekuritas juga memiliki kebijakan dan ketentuan dalam mematok besaran tarif pelayanan.  Untuk itu anda perlu melakukan riset terhadap perusahaan sekuritas atas harga atau biaya yang mereka kenakan. 

Kegiatan Usaha Yang Dilakukan Perusahaan Sekuritas 

  • Perantara pedagang efek atau broker dealer
  • Melakukan kegiatan jual beli efek atau surat berharga yang ditunjukkan untuk kepentingan sendiri atau pihak lain.
  • Jual beli efek seperti saham dan obligasi bisa dilakukan di Bursa Efek atau lewat luar bursa seperti transaksi Over the Counter atau OTC.
  • Penjamin emisi efek atau Underwriter
  • Tugasnya untuk membantu calon emiten atau perusahaan terbuka dalam melakukan penawaran umum saham atau Initial Public Offering (IPO) dengan atau tanpa kewajiban untuk membeli sisa efek yang tidak terjual. Istilah penawaran umum saham itu juga dikenal masyarakat dengan nama go public.

Bentuk Sekuritas

  • Sekuritas Atas Unjuk

Sekuritas artinya orang yang memiliki sekuritas adalah orang yang berhak atau sekuritas tersebut. Sertifikat jenis ini bisa diperdagangkan kapan saja oleh pemegang sertifikat. Seringnya persetujuan pemindahan sertifikat dilakukan dengan menyerahkan secara langsung fisik sertifikat dan dalam beberapa hal juga menyerahkan dengan menandatangani bagian belakang sertifikat.

  •  Sekuritas Atas Nama

Sekuritas atas nama artinya orang yang tercatat namanya dalam sekuritas tersebut adalah orang yang memiliki hak atas sekuritas tersebut. Tidak dipegang secara langsung melainkan oleh perusahaan sekuritas terbaik atau penerbit yang memegangnya.

Hal ini berbeda dengan sekuritas atas unjuk dimana sertifikat tidak bisa dengan mudah diperjualbelikan, karena orang yang memiliki sertifikat tidak berhak atas sertifikat tersebut kecuali sudah didaftarkan pada biro pemegang sertifikat.

  • Sekuritas Tanpa Warkat Dan Global

Kebutuhan penerbitan sertifikat dan pencatatan juga semakin banyak di era modern seperti sekarang ini. bentuk sekuritas dibagi menjadi dua yaitu sekuritas tanpa warkat dan sekuritas global.

Perusahaan Sekuritas Di Indonesia

Menurut data  yang dikutip dari situs resmi  Kustodian Sentral Efek Indonesia atau KSEI, ada 108 perusahaan efek yang sudah mendapat resmi izin OJK.

  • Indo Premiere Sekuritas
  • Mirae Asset Sekuritas Indonesia
  • Danareksa Sekuritas
  • BNI Sekuritas
  • BCA Sekuritas
  • Mandiri Sekuritas
  • Equity Sekuritas Indonesia
  • Indosurya Bersinar Sekuritas

Baca juga: Dollar Cost Averaging: Strategi Untung saat Investasi

Tak hanya daftar perusahaan sekuritas di atas aja masih ada 100 perusahaan sekuritas lainnya bisa anda pilih yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.Dengan memilih sekuritas yang tepat, maka Anda bisa mendapatkan kemudahan dalam berinvestasi kedepannya. Kemudahan ini juga bisa Anda rasakan saat mengajukan pinjaman modal usaha di Danamas. Anda bisa mengaksesnya lewat aplikasinya di smartphone Anda atau kunjungi website berikut ini.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

AUM-adalah

Apa itu AUM Reksadana? Fungsi Bagi Investor & Minimal AUM

Jika anda ingin berinvestasi maka sebaiknya pelajari dulu serba-serbi tentang investasi karena memilih instrumen investasi tidak boleh sembarangan. Seperti yang kita ketahui b

Pengertian-Yield-To-Maturity

Apa Itu Yield to Maturity? Jenis & Cara Hitung

Ada banyak istilah di dunia investasi yang terkadang perlu memahami kembali, terlebih lagi jika Anda ingin mencoba berinvestasi bagi pemula. Salah satu istilah yang sering dik

Faucet-Crypto

Faucet Crypto: Definisi, Jenis, Manfaat, SitusĀ  & Cara Kerjanya!

Anda tertarik dengan cryptocurrency? Ternyata ada metode untuk mendapatkan kripto secara gratis lho! Namanya adalah faucet crypto. Dalam dunia kripto, kini Anda bisa mendapatk