valas adalah

Pada perekonomian internasional, valuta asing atau valas memiliki peran penting dalam transaksi keuangan secara internasional. Valas juga memiliki peran yang besar pada perdagangan antar negara. Lantas apa itu valas? Cermati artikel ini untuk mencari tahu lebih lanjut! 

Apa itu Valas 

Valas adalah mata uang yang digunakan, diakui dan diterima sebagai alat pembayaran yang sah dalam perdagangan internasional. Valuta asing yang paling banyak digunakan diseluruh dunia yakni Dollar. Valuta asing merupakan bagian dari devisa negara Devisa suatu negara yang berbentuk mata uang ini yang disebut dengan istilah valuta asing.  

valas adalah

Fungsi Valas adalah

Adapun fungsi dari valas yang dapat Anda ketahui yakni:

  1. Alat Tukar atau Pembayaran Internasional

Transaksi internasional tidak terbatas pada perdagangan saja, namun juga antar jasa. Misalnya Indonesia ingin membeli barang atau jasa dari negara luar, maka transaksi valas yang digunakan menggunakan valas dari negara yang dituju atau bersangkutan. 

valas adalah
  1. Mengendalikan Kurs

Valas berfungsi untuk mengendalikan kurs mata uang yang terdapat dalam suatu negara. Pengendalian kurs ini dilakukan oleh pemerintah di negara yang bersangkutan. Nilai kurs dapat berubah secara fluktuatif. Agar tidak terjadi lonjakan yang ekstrem, maka pemerintah memanfaatkan valas untuk mengendalikan mata uang di negaranya.

  1. Melancarkan Perdagangan Internasional 

Digunakan sebagai alat pembayaran, valas juga untuk melancarkan transaksi perdagangan internasional. Dengan terdapatnya valas, negara yang melakukan transaksi internasional dapat menggunakannya untuk melancarkan transaksi perdagangan. 

Jenis – Jenis Valas 

Terdapat empat jenis valas yang ada, berikut ini adalah jenis- jenisnya yaitu:

  1. Pasar Spot

Transaksi pertukaran valuta asing yang dilakukan untuk pertukaran yang segera, paling lambat adalah dua hari kerja. Pasar ini menggunakan kurs spot (kurs mata uang saat melakukan transaksi). 

  1. Pasar Forward

Pasar berjangka dimana jual beli valuta asing dilakukan untuk penyerahan dimasa yang akan datang. Pasar ini menggunakan kontrak forward yakni kesepakatan dengan pertukaran dua valuta yang dilakukan pada suatu waktu di masa yang akan datang dengan kurs yang telah disepakati sebelumnya.

  1. Pasar Futures

Pasar dengan kontrak perdagangan yang menetapkan besarnya volume perdagangan valuta asing pada harga, tempat, waktu yang telah disepakati.

  1. Pasar Opsi 

Pasar yang menggunakan kontrak yang didasarkan hak untuk memilih opsi atau tidak. Opsi yang dapat dibeli atau dijual melalui pialang dengan membayar komisi untuk satu mata uang. 

Sistem Pada Valas

  1. Sistem Kurs Bebas (Floating)

Merupakan pembuatan kurs yang berlaku di tempat terjadinya transaksi, dalam sistem ini pemerintah tidak ikut campur dalam penentuan kurs mata uang yang hendak ditukarkan.

  1.  Sistem Kurs Tetap

Pada sistem ini, pemerintah menentukan nilai kurs mata uangnya terhadap mata uang negara lain secara mutlak. Pemerintah membuat bank sentral yang terlibat aktif dalam transaksi valas di negara tersebut. Ketika terjadi kondisi kelebihan pasokan valas, maka pemerintah akan membeli valas tersebut agar nilainya tidak jatuh. Dan apabila terjadi kekurangan maka pemerintah akan menjual valas tersebut melalui bank sentral .

  1. Sistem Kurs Terkendali 

Dalam sistem ini, pemerintah akan dilibatkan untuk menentukan alokasi pemakaian valas yang tersedia di negaranya. Sistem ini merupakan kombinasi dari sistem kurs bebas dan tetap sehingga nilai tukar valas dapat bergerak naik turun dengan intervensi pemerintah.

Perhitungan Kurs Valas

Sebelum memulai perhitungan kurs valas, Pastikan Anda mengetahui kurs jual, kurs beli, dan kurs tengah.

Kurs jual merupakan kurs yang dikeluarkan bursa valas untuk menjual satu unit mata uang asing, kurs beli merupakan kurs yang dikeluarkan untuk membeli satu unit mata uang asing. Sedangkan kurs tengah merupakan rata-rata dari harga kurs jual dan beli yang berguna untuk menganalisa naik dan turunnya harga valas. 

Adapun contoh perhitungannya yakni, 

Rena ingin membeli Souvenir Korea, ia hendak membeli souvenir tersebut seharga 150 Won. Jika kurs jual 1 Won Rp 3000. Rena tentunya harus menukar uang Rupiahnya ke Won, dan pastinya Rena harus menggunakan kurs jual sebagai berikut 

Kurs Jual x harga souvenir 

3000 x 150  

Maka uang yang perlu dipersiapkan oleh Rena sebesar 450.000 Rupiah. 

Baca juga: Nasdaq 100: Pengertian, Cara Trading & Investasi

Jika Anda membutuhkan tambahan modal usaha, Danamas Pinjaman bisnis dapat membantu Anda mendapatkan tambahan modal tersebut. Platform pinjaman beragunan properti Danamas dapat memberikan pinjaman dengan limit hingga Rp 2 Miliar dengan bunga bersaing dan tenor yang panjang. Ajukan sekarang dan lancarkan bisnis Anda.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

AUM-adalah

Apa itu AUM Reksadana? Fungsi Bagi Investor & Minimal AUM

Jika anda ingin berinvestasi maka sebaiknya pelajari dulu serba-serbi tentang investasi karena memilih instrumen investasi tidak boleh sembarangan. Seperti yang kita ketahui b

Pengertian-Yield-To-Maturity

Apa Itu Yield to Maturity? Jenis & Cara Hitung

Ada banyak istilah di dunia investasi yang terkadang perlu memahami kembali, terlebih lagi jika Anda ingin mencoba berinvestasi bagi pemula. Salah satu istilah yang sering dik

Faucet-Crypto

Faucet Crypto: Definisi, Jenis, Manfaat, SitusĀ  & Cara Kerjanya!

Anda tertarik dengan cryptocurrency? Ternyata ada metode untuk mendapatkan kripto secara gratis lho! Namanya adalah faucet crypto. Dalam dunia kripto, kini Anda bisa mendapatk