Funding

Untuk Anda yang berpengalaman dalam dunia bisnis, terlebih lagi di dunia finansial, pasti tak asing ketika mendengar kata funding. Istilah ini seringkali disebut berpasangan dengan lending. Namun begitu, funding dan lending jelas merupakan dua hal yang berbeda. Funding sendiri memiliki arti mengumpulkan dana, sedangkan lending memiliki arti menyalurkan dana yang ada. Untuk lebih lengkapnya tentang funding, Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Funding

Istilah funding diambil dari kata bahasa inggris yaitu fund yang berarti dana, modal, atau simpanan. Sehingga kemudian, arti dari funding dapat dikatakan sebagai kegiatan pengumpulan dana, modal, atau simpanan oleh lembaga keuangan seperti bank, koperasi, dan lain sebagainya. Dalam pengertiannya yang lebih luas, funding merupakan kegiatan untuk menghimpun dana dari masyarakat sebagai nasabah dari produk-produk finansial.

Produk finansial yang dimaksud antara lain deposito, tabungan, giro, obligasi, reksa dana, asuransi, dan lain-lainnya. Dari hasil pengumpulan dana tersebut, nantinya nasabah akan mendapatkan imbal hasil dan jaminan keamanan atas simpanan mereka tersebut. Tentu saja, jaminan keamanan atas simpanan dana hanya bisa didapatkan nasabah melalui lembaga keuangan yang legal dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, dapat disimpulkan funding merupakan produk-produk atau kegiatan finansial yang tujuannya untuk menghimpun dana nasabah.

Cara Kerja Funding dan Lending

Dana yang telah dikumpulkan dari aktivitas funding, yaitu uang nasabah yang disimpan pada bank dan lembaga finansial lainnya, akan disalurkan melalui debitur melalui tahap lending.

Penyaluran dana tersebut dilakukan dengan cara memberikan pinjaman atau kredit kepada masyarakat yang membutuhkannya, tentu setelah seluruh syarat yang ditentukan terpenuhi. Bentuk kredit atau pinjaman yang ditawarkan bermacam-macam jenisnya, tergantung dari kemampuan lembaga keuangan yang menyalurkannya kepada para calon peminjam.

Sebagai pihak pengelola dana, bank dan lembaga keuangan lainnya akan bertugas untuk mempertimbangkan dan menilai kelayakan dari calon peminjam sebelum memberikan kredit. Yang mana nantinya, para penerima pinjaman nantinya akan dikenakan biaya dan bunga yang besarnya tergantung dari masing-masing penyelenggara yang terlibat atau para pengelola dana.

Besarnya biaya-biaya lain serta suku bunga yang harus dibayar oleh nasabah akan diperhitungkan berdasarkan pada jumlah dana pinjaman dan tenor yang diambil. Semakin rendah tingkat biaya dan suku bunga yang ditawarkan, maka semakin besar minat nasabah sebagai calon peminjam.

Tujuan Funding

Secara umum, funding memiliki beberapa tujuan dalam pengaplikasiannya. Antara lain:

  1. Penelitian / Research Funding

Alokasi funding ini biasanya akan diberikan berdasarkan per proyek, departemen, atau lembaga yang berasal dari ruang lingkup penelitian atau proyek yang ada. Pendanaan penelitian dapat dibagi menjadi commercial funding dan non-commercial funding, dimana commercial funding disediakan oleh departemen dan pengembangan suatu perusahaan. Sedangkan non-commercial research funding diperoleh dari badan amal, dewan penelitian, atau lembaga pemerintahan.

Funding
  1. Bisnis / Business Launch 

Funding biasanya diberikan kepada para pengusaha atau individu yang memiliki ide bisnis namun tidak memiliki dana yang dibutuhkan untuk merealisasikan ide-ide tersebut. Dengan bantuan funding, proyek sebuah bisnis dapat direalisasikan oleh individu tersebut.

  1. Investasi / Investment Funding

Perusahaan pengelola funding akan mengumpulkan uang dari banyak investor dan menggunakannya untuk membeli produk di sekuritas. Dana ini dikelola oleh manajer investasi profesional sehingga dapat menghasilkan pengembalian yang lebih tinggi dengan risiko yang lebih rendah melalui diversifikasi aset. 

Selain beberapa poin di atas, ada pula metode funding yang wajib Anda pahami 

Metode Funding

Dalam menjalankan kegiatan funding, Anda harus melakukan beberapa metode funding itu sendiri.

  1. Pemerintah

Dalam melakukan funding dengan metode pemerintah, ini mengartikan pemerintah menyediakan bantuan funding baik secara langsung ataupun melalui lembaga pemerintah untuk proyek-proyek yang bermanfaat bagi masyarakat melalui proses seleksi. Contoh funding dengan metode pemerintah adalah bantuan dana bagi para pengusaha UMKM.

  1. Crowdfunding

Jika funding dengan metode pemerintah disediakan langsung oleh pemerintah, crowdfunding memanfaatkan akses untuk jaringan yang lebih luas seperti media sosial serta web khusus crowdfunding dengan tujuan menyatukan investor-investor di luar koneksi tradisional atau internal seperti keluarga, teman maupun kerabat dekat.

Funding
  1. Investor

Menarik investor untuk menyuntikkan funding ke suatu proyek dengan cara menawarkan serta menjelaskan keuntungan yang didapatkan apabila proyek berhasil dijalankan.

Setelah Anda mengetahui pengertian, cara kerja, tujuan, hingga metode funding, hal terakhir yang harus Anda pelajari adalah tahap-tahap penerimaan funding. Berikut penjelasannya.

Tahap-Tahap Penerimaan Funding

Proses penerimaan/pelaksanaan funding umumnya terdiri dari beberapa tahapan. Setiap tahapannya, funding memiliki ciri dan jumlah pendanaan yang berbeda. Yaitu: 

  1. Seed Funding

Tahap pertama yang bisa didapatkan oleh para startup adalah seed funding. Umumnya, jumlah pendanaan yang diberikan pada tahap ini mencapai Rp 500 juta hingga Rp 2,5 miliar. Tujuan dari pemberian seed funding adalah mencari tahu tentang potensi produk yang sedang dibuat oleh startup sekaligus mengidentifikasi target market yang disasar. Biasanya, startup menggunakan seed funding ini untuk memulai merekrut staf dan menyewa atau membeli kantor.

  1. Series A

Apabila produk sebuah startup sudah mencapai tahap beta dan siap digunakan oleh sejumlah target pengguna, biasanya startup bisa mendapatkan pendanaan series A. Jumlahnya sekitar Rp 10 miliar hingga Rp 33 miliar. Pendanaan series A ini seringnya digunakan oleh startup untuk melakukan scaling produk sekaligus menentukan model bisnis yang tepat untuk diaplikasikan ke bisnis mereka.

  1. Series B

Pada tahap ini, perusahaan startup biasanya telah memiliki basis pengguna yang cukup kuat sehingga sudah bisa mendapatkan keuntungan. Kebanyakan para startup juga biasanya akan merilis produk mereka yang terakhir saat mendapatkan pendanaan series B ini. Umumnya, jumlah pendanaan series B berkisar pada angka Rap 22 miliar hingga Rp 80 miliar dan biasanya akan digunakan untuk melebarkan basis pengguna, melakukan ekspansi pasar, dan mengoptimalkan model bisnis.

  1. Series C

Startup yang berhasil mencapai tahap pendanaan series C ini biasanya sudah memiliki kondisi bisnis yang cukup besar dan dewasa. Dana funding yang didapatkan di sebuah perusahaan akan digunakan untuk melakukan ekspansi produk hingga membuka cabang secara nasional dan internasional. Jumlah pendanaan series C biasanya mulai $25 juta hingga mencapai $100 juta.

  1. Initial Public Offering (IPO)

Jika telah berhasil mencapai tahap pendanaan Initial Public Offering (IPO), maka perusahaan startup Anda di tempat Anda bekerja sudah siap untuk go public. Artinya, saham startup dijual di bursa efek. Tentunya dibutuhkan proses yang tidak instan bagi sebuah startup untuk bisa mencapai di tahap ini. Idealnya, sebuah startup membutuhkan waktu 5-10 tahun hingga akhirnya siap dan berani untuk melakukan IPO.

Baca juga: Cara Investasi Saham Pemula yang Ingin Cuan

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai funding. Funding seringkali dikaitkan dengan Lending karena memang keberadaannya yang diperuntukkan satu sama lain. Seperti yang telah dibahas, lending adalah kegiatan penyaluran dana kepada para peminjam yang dilakukan oleh suatu institusi keuangan. Penerima pinjaman dapat berupa bisnis seperti startup, UMKM, dan lainnya maupun individual seperti untuk kebutuhan pribadi atau sehari-hari.

Jika Anda merupakan seorang pengusaha UMKM yang ingin melakukan lending di suatu perusahaan fintech, Anda harus memastikan bahwa perusahaan tersebut aman dan bunga yang ditawarkan wajar/rendah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.
Seperti di Danamas Pinjaman Bisnis yang telah memiliki izin dan diawasi oleh OJK. Dapatkan tambahan modal usaha beragunan properti dengan limit hingga 2 Miliar dan tenor hingga 10 tahun, bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Danamas Pinjaman Bisnis sudah tersedia di Play Store maupun Apple Store. Coba sekarang!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Robot-Trading

Apa Itu Robot Trading: Pengertian & Tips Deteksi  Penipuan

Robot trading sempat menjadi topik yang cukup hangat untuk dibicarakan di tengah masyarakat. Hal ini dikarenakan banyaknya korban penipuan investasi bodong yang menggunakan robot trading sebagai alat investasi tersebut. Kesadaran orang untuk mulai berinvestasi pun sudah cukup tinggi terlihat dari banyaknya orang yang mulai mendownload aplikasi investasi. Bagi Anda yang ingin memulai investasi pasti juga sering mendengar istilah robot trading.

Istilah robot trading sering digunakan bagi mereka yang ingin mencoba investasi namun dengan cara yang berbeda. Penggunaan robot trading untuk berinvestasi mungkin akan sedikit berbeda dibandingkan dengan berinvestasi biasa seperti pada investasi reksadana atau obligasi. Beberapa orang juga mulai tergiur untuk mencoba robot trading karena digadang-gadang bisa memberikan manfaat berupa keuntungan yang lebih besar. Namun seperti investasi lainnya keuntungan yang besar juga berbanding terbalik dengan risiko yang tinggi juga.

Di artikel berikut ini Anda akan diajak untuk lebih memahami seputar robot trading. Di artikel ini akan membahas tentang pengertian robot trading hingga robot trading DNA yang belakangan ini sering dibahas di media-media di Indonesia. Selain itu bagaimana cara kerja robot trading hingga kekurangannya dalam investasi. Ada rekomendasi daftar robot trading ilegal yang juga akan kami bagikan untuk Anda hingga robot trading forex terbaik yang bisa anda pilih untuk berinvestasi forex. Simak juga tips terhindar dari robot trading yang bisa anda ketahui di bawah ini.

Apa itu Robot Trading

Robot trading adalah sistem perdagangan otomatis yang memungkinkan para trader untuk melakukan aktivitas jual dan beli dalam perdagangan secara otomatis. Robot trading adalah sistem yang diprogram dengan tujuan untuk membantu dalam menganalisa pasar baik secara teknikal atau grafik, dalam hal ini berarti robot trading hanya sebatas tool atau alat yang membantu para trader. Jadi, pengambilan keputusan masih berada di tangan investor. Investasi forex adalah jenis investasi yang sering menggunakan robot trading.

Robot trading adalah salah satu jenis investasi yang termasuk dalam kategori resiko tinggi. Hal ini telah tercantum di dalam Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, yang menyatakan bahwa kegiatan usaha penjualan langsung termasuk dalam kategori risiko tinggi. Sebenarnya robot trading bukanlah hal yang baru di dalam dunia trading komoditas seperti forex, emas, atau crypto.

Apa itu Robot Trading DNA?

Robot trading DNA Pro adalah salah satu platform aplikasi robot trading yang menjanjikan keuntungan kepada anggota membernya. Robot trading ini dijual kepada para member yang merupakan produk PT DNA Pro Akademi. Sebenarnya robot trading ini memiliki fungsi untuk meningkatkan keuntungan namun beberapa robot trading ternyata tidak terdaftar atau disebut ilegal sehingga bisa merugikan para membernya. Seperti halnya DNA pro yang tidak tercatat di badan pengawas perdagangan berjangka komoditi atau bappebti Kementerian Perdagangan. Kini bappebti pun melarang operasional dari robot trading DNA ini. Maka dari itu penting sekali bagi anda yang ingin memulai berinvestasi menggunakan robot trading mengetahui dan memahami bagaimana cara kerja robot trading hingga apa robot trading apa saja yang terdaftar dan tidak terdaftar atau ilegal.

Cara Kerja Robot Trading

Dalam membuat robot trading tentunya diperlukan kemampuan coding untuk menciptakan sebuah program, dan tidak mudah bagi seorang programmer untuk membuat program dengan win rate yang konsisten. Selain itu, dalam membuat program juga ada strategi trading yang telah dirancang oleh trader berpengalaman yang paham dengan dinamika pasar keuangan, sehingga robot trading yang dibuat juga mempunyai kemampuan untuk beradaptasi atau menyesuaikan strategi saat pasar berubah.

Banyak pendekatan yang bisa dilakukan oleh programmer dalam pembuatan robot trading. Salah satunya dengan menggunakan strategi arbitrase yaitu dengan memantau banyak market dan mendeteksi selisih harga aset yang sama diantara market berbeda. Sehingga dengan strategi ini, robot trading akan bisa mendeteksi dan mengeksekusi transaksi dengan sangat cepat dan bisa mendapatkan keuntungan.

Selain itu, programmer juga bisa membuat robot trading dengan pendekatan yang didasari indikator teknikal. Untuk melakukan pendekatan dengan cara ini, programmer harus bekerja sama dengan trader yang mempunyai formula teruji dalam mendapatkan win rate eksekusi tinggi. Sehingga, robot trading akan otomatis melakukan order beli setiap terjadi golden cross dan melakukan take profit atau order jual ketika terjadi pola death cross. Selain itu, trader juga harus menentukan berapa alokasi dan resiko dari setiap order. Hal terpenting lainnya adalah menentukan strategi stop loss atau cut loss, hal ini harus diprogram dalam robot trading sehingga robot trading memiliki dasar strategi dan bisa mengurangi risiko kerugian apabila hasil analisis tidak sesuai harapan. Apabila sudah berhasil membuat robot trading, programmer juga harus rutin untuk melakukan update mengikuti dinamika market yang kondisinya terus berubah.

Pada dasarnya, robot trading dan trading manual memiliki strategi yang sama. Hanya saja eksekusi yang dilakukan dengan robot trading lebih efektif karena kecepatan komputer lebih cepat daripada tangan manusia.

3 Ciri Robot Trading Berbahaya

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, tentunya robot trading juga memiliki beragam resiko seperti gangguan teknis, baik dari internal maupun eksternal. Selain itu, anda juga perlu berhati-hati karena beberapa robot trading juga berpotensi penipuan atau scam. Untuk menghindari penipuan tersebut, berikut adalah indikasi robot trading yang masuk ke kategori penipuan:

1.     Trading Hanya Boleh Dilakukan Pada Broker Tertentu Saja

Peserta hanya dapat melakukan transaksi dengan broker yang telah ditentukan. Biasanya tujuan dari menggunakan broker tertentu ini untuk memanipulasi chart trading fiktif yang telah diatur sedemikian rupa dan disesuaikan dengan janji bagi hasil.

2.     Spread Rate Jual Beli Valas Yang Sangat Jauh

Saat membuka akun dan melakukan setoran dalam dolar AS, anda tidak diperkenankan melakukan telegraphic transfer (TT) dollar ke dollar, tetapi harus membeli dolar dari penyelenggaran trading dengan selisih harga 5-10% lebih mahal dari harga wajar. Sebaliknya ketika melakukan penarikan, anda diharuskan menjual dollar anda dengan harga yang lebih murah. Tujuan spread jual beli ini secara tidak langsung memberikan keuntungan lebih pada penyelenggara trading karena setiap member masuk, mereka sudah mengantongi keuntungan 5-10 persen.

3.     Tidak Ada Wujudnya

Robot trading yang ditawarkan tidak ada wujudnya, dalam hal ini berarti algoritma dan cara kerja dari robot trading tersebut tidak dijelaskan secara lengkap sehingga tidak ada informasi mengenai kelemahan dari robot trading tersebut dan tidak dapat dijalankan di broker forex lainnya.

Kelebihan Robot Trading

Hadirnya robot trading tentu memiliki manfaat bagi penggunanya. di balik berita negatif tentang robot trading ternyata hadir robot trading bisa membantu penggunanya untuk lebih mudah dalam melakukan trading dan berinvestasi. Kelebihan robot trading ini bisa jadi pertimbangan Anda jika memilih aktivitas trading untuk investasi seperti berikut ini:

  • Robot Trading Mampu Bekerja 24 Jam Selama 7 Hari

Robot trading akan bekerja setiap saat tanpa ada jeda untuk beristirahat. Mengingat robot trading ini akan bekerja setiap saat tanpa ada jeda waktu istirahat untuk melihat pergerakan pasar setiap saat dan melakukan tindakan yang tepat. maka keuntungan pun tidak akan Terlewatkan begitu saja.

  • Tidak Memiliki Emosional

Tidak seperti manusia yang memiliki perasaan maka robot trading tidak memiliki emosional yang sering dialami oleh manusia saat bermain trading. Rasa emosional yang sering dialami manusia saat bermain trading seperti keserakahan ketakutan berprasangka atas asumsinya sendiri dan lain-lain. Emosi inilah yang sering menyebabkan aktivitas trading menjadi kacau. Berbeda dengan Robot Forex yang tidak memiliki emosional sehingga saat mereka melakukan pekerjaannya bisa dilakukan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Secara psikologi manusia yang membuat seseorang fokus terhadap kerja sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal, maka tak heran jika trading robot tidak pernah mengeluh sehingga mereka mampu menghasilkan yang lebih baik.

  • Menangkap peluang lebih cepat

Jika manusia memiliki keterbatasan dan rasa lelah maka mereka pasti perlu istirahat sehingga sulit untuk melakukan trading dengan sendiri. Maka  ia mampu memindai pasar lalu mendapatkan peluang berdasarkan parameter hingga melihat pergerakan pasar dan mengambil tindakan dengan cepat.

  • Multitasking

Bagi manusia mungkin ini akan sulit untuk melakukan multitasking namun robot trading bisa melakukannya dengan mudah. Robot trading ini bisa bekerja secara otomatis dan melakukan tugas yang cukup banyak mulai dari target profil entry dan exit hingga order stop loss. Bahkan robot trading forex bisa melihat mata uang asing secara bersamaan dan melakukan riset hingga membuat operasi yang banyak.

Kekurangan Robot Trading

Dibalik kelebihan robot trading ternyata menyimpan kekurangan robot trading yang bisa merugikan Anda atau membuat aktivitas training semakin lebih sulit. Kekurangan robot trading ini tentu beralasan karena bagaimanapun juga robot trading adalah sebuah alat yang diciptakan untuk membantu namun tentu tidak bisa sempurna seperti apa yang anda inginkan 100%. Maka dari itu simak kekurangan robot trading yang bisa saja terjadi saat aktivitas trading anda lakukan.

  • Membutuhkan Pemantauan

Walaupun robot trading cukup keren dan banyak membantu para trader namun tetap membutuhkan pantauan tradernya sehingga Anda bisa tetap bekerja dan memastikan robot trading tersebut melakukan tugasnya sesuai dengan yang anda inginkan.

  • Membutuhkan Biaya

Robot trading maka anda perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Biaya ini biasanya dipakai untuk membayar sewa three server virtual pribadi. Hal ini bukanlah hal yang buruk dan cukup sepadan untuk dilakukan karena anda bisa merasakan berbagai manfaat dari hadirnya robot trading. Anda pun tak perlu takut untuk mengeluarkan sedikit biaya untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

  • Pastikan Mencari Informasi Yang Tepat

Robot radio atau robot trading memang sangat memudahkan bagi anda, namun anda perlu memastikan Bagaimana cara mencari informasi tentang robot yang dipakai. Sebaiknya jangan asal menggunakan robot trading yang tidak bisa memberikan bantuan secara optimal. 

Apakah Robot Trading Illegal?

Maraknya pemberitaan tentang robot trading ilegal membuat masyarakat pun mulai mempertanyakan Apakah robot trading ilegal atau legal? Namun sebenarnya masyarakat bisa dengan mudah membedakan robot trading yang resmi dan tidak resmi salah satunya adalah adanya izin dari penyelenggara layanan tersebut.

Kepala Biro pembinaan dan pengembangan pasar bappebti Tirta Karma Senjaya mengatakan bahwa aktivitas trading di berjangka komoditi atau efek harus memiliki izin yang berasal dari bappebti atau OJK. Jika para pedagang ini sudah terdaftar di bappebti dan OJK maka bisa disebut sebagai usaha yang legal. Namun sebaliknya jika mereka belum memiliki daftar di 2 lembaga tersebut maka disebut sebagai robot trading ilegal.

Ia juga menjelaskan bahwa belum pernah mengeluarkan izin untuk robot trading di Indonesia maka pada intinya semua robot trading untuk aktivitas perdagangan berjangka komoditi  adalah ilegal bila tidak mendapatkan izin dari bappebti. 

Daftar Robot Trading Illegal

Skema dalam robot trading seringkali ditawarkan untuk alasan investasi. Namun anda perlu mencatat ada saja robot trading ilegal yang bisa merugikan penggunanya. Maka dari itu sebelum memulai trading anda perlu tahu cara membedakan robot trading legal dan ilegal agar anda tidak terjebak pada robot trading palsu yang akan meraup keuntungan penggunanya. Robot trading biasanya dijual dengan skema penjualan langsung tanpa izin dan mereka menawarkan imbalan hasil yang tetap. Selain itu ia kerap kali menawarkan komisi pada perekrutan member barunya. robot trading illegal dipakai pada platform pialang berjangka atau broken luar negeri yang tidak memiliki izin dari bappebti. Berikut daftar robot trading illegal:

  • MobileTrader RoboForex
  • BinomoRobot – Robot Perdagangan
  • Roboforex Indonesia/ https://roboforex-indonesia.com
  • Robo-Id/ https://www.robo-id.com/
  • Robot Forex Auto Pilot D7 MT4 Instaforex Broker
  • Auto Sultan Community
  • Smartxbot
  • Antares
  • Auto Trade Gold 4.0
  • Fahrenheit Robot Trading
  • Btrado
  • Robot Trading Pansaka (Auto Trade Gold)
  • RoyalQ Indonesia
  • Robot Trading Maxima Margin
  • Robot Trading Revenue Bintang Mas
  • Smartavatar.co.ltd
  • Robot Trading DNA Pro
  • EA50/PT Sentra Mega Indote
  • OPAFX – OPAC Trading Limited

Daftar Robot Trading Forex Terbaik

Masalah yang sering ditemui pada pengguna saat melakukan trading adalah sulitnya untuk memprediksi pasar dan menghasilkan keuntungan secara konsisten. pada pada dasarnya bisa menjadi saat Anda  tahu bagaimana harus memulainya dan memilih robot trading forex terbaik yang tepat. maka dari itu rekomendasi robot trading terbaik berikut ini bisa membantu Anda dalam mendapatkan investasi dengan keuntungan yang maksimal.

  1. GPS Forex Robot
  2. Yellow Free
  3. EA Forex Flex
  4. Tops Scalper FV
  5. Correlates EA Free
  6. Signal T-200
  7. ScalPro
  8. ForexVPS

Tips Terhindar dari Robot Trading Berbahaya

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa anda perlu berhati-hati karena ada beberapa robot trading yang berpotensi pada penipuan atau scam, berikut tips supaya anda terhindar dari penipuan robot trading:

1.  Pastikan anda telah melakukan riset dan mengetahui segalanya terkait dengan sistem yang dimaksud. Baca semua syarat dan ketentuan sebelum anda berkomitmen untuk menggunakan sistem terkait.

2.     Selalu ajukan pertanyaan dengan detail dan teliti terhadap apapun yang harus anda bayarkan sebelum memberikan uang untuk membuka akun perdagangan.

3.     Periksa situs pihak ketiga atau situs keuangan untuk melihat review dari pengguna yang sudah terdaftar mengenai sistem tersebut.

4.   Banyak sistem scam yang tidak menawarkan masa percobaan, jika anda bertemu dengan sistem yang tidak memiliki masa percobaan, anda patut mencurigai nya.

5.   Robot trading yang marak di Indonesia ada di forex, emas dan kripto. Anda dapat melihat atau melakukan pengecekan legalitas pelaku usaha melalui website www.bappebti.go.id

Robot trading sebenarnya teknologi yang bisa membantu anda dalam berinvestasi, tetapi bukan berarti anda bisa terlena dan tidak memperhatikan kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa terjadi akibat penggunaan robot trading. Sebenarnya saat ini sudah banyak pilihan jenis investasi yang bisa anda pilih, dan mendatangkan keuntungan yang bisa anda jadikan tambahan modal untuk bisnis yang sedang anda jalani.

Tambah Penghasilan dari Bisnis Bermodal Aman!

Selain mendapatkan tambahan modal dari keuntungan atas investasi yang anda lakukan. Anda juga bisa mendapatkan tambahan dana dari pihak lain karena saat ini banyak sekali platform yang bisa memberikan anda pinjaman dana. Salah satunya adalah Danamas, platform pinjaman online terpercaya yang sudah diawasi dan mendapatkan izin dari OJK. Melalui Danamas, anda bisa mendapatkan tambahan modal hingga 2 miliar rupiah dengan jaminan properti. Pengajuan bisa anda ajukan dengan mudah dan praktis serta bisa diakses kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis.Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat kisaran nominal pinjaman dari aset properti yang dimiliki melalui kalkulator simulasi kredit dan kalkulator properti.

 

sukuk adalah

Pengertian Sukuk Adalah, Tujuan & Cara Tepat Membeli Sukuk

Beberapa orang ingin berinvestasi tanpa takut riba. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah dengan sukuk. Ada banyak produk investasi yang berbasis syariah di Indonesia salah satunya adalah sukuk. Namun tahukah Anda apa itu sukuk? Simak ulasan berikut untuk lihat lebih lengkap tentang informasi sukuk ritel dan syariah.

Apa Itu Sukuk?

Sukuk adalah bukti kepemilikan sebuah aset yang diterbitkan oleh negara. Sukuk sebagai produk keuangan, cukup memiliki prinsip syariah sesuai dengan fatwa dewan Syariah Nasional Nomor 32/dsn MUI/IX/2002. Sukuk diterbitkan oleh pemilik obligasi syariah dan juga pemilik cukup harus membayarkan pendapatannya pada pemilik obligasi Syariah melalui sistem bagi hasil. 

Maka bisa dikatakan bahwa produk investasi ini adalah surat sertifikat yang bisa dipakai sebagai bukti kepemilikan aset karena sudah membeli salah satu aset negara pada jangka waktu tertentu.Untuk aspek kelegalan hukum maka anda tidak perlu khawatir karena cukup telah diakui dalam fatwa MUI dan juga dikendalikan oleh dewan Syariah nasional, sehingga keaslian dan hukum syariah nya sudah bisa dipertanggungjawabkan.

Jenis-Jenis Sukuk

Jenis Sukuk Secara Umum

  • Sukuk Ritel

Sukuk ritel adalah salah satu jenis surat berharga syariah negara atau SBSN yang diterbitkan untuk ritel. Selain ritel suku-suku ini juga diterbitkan untuk investor dan perorangan namun tetap dikelola sesuai dengan akad Syariah.

  • Sukuk Tabungan

Jenis sukuk ini adalah suku dengan bukti surat berharga syariah negara yang diterbitkan oleh pemerintah bagi masyarakat umum yang dipakai sebagai sarana investasi. Pengelolaan jenis sukuk  ini pun sama, yaitu berprinsip syariah.

Jenis-Jenis Suku Berdasarkan Pihak Yang Menerbitkan

  • Surat Berharga Syariah Negara Atau Sbsn

Surat berharga syariah negara juga disebut sebagai suku ke negara. Sukuk negara adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh negara sebagai bagian dari bukti atas bagian kepemilikan aset negara.

  •  Sukuk Korporasi

Sukuk korporasi adalah sukuk yang diterbitkan oleh pemilik obligasi Syariah di dalam sebuah perusahaan.

Jenis-Jenis Sukuk Berdasarkan Akad

  •  Sukuk Mudharabah

Jenis sukuk ini merupakan sukuk dengan perjanjian atau akad mudharabah. Dalam sukuk ini ada pihak pemberi modal dan pengelola modal. Untuk pembagian keuntungannya tentu tergantung dari perbandingan yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Sementara itu kerugiannya akan ditanggung sepenuhnya oleh pemilik modal.

  •  Sukuk Ijarah

Sukuk ijarah adalah suku ke dengan akad memindahkan hak penggunaan atas barang dan jasa serta tanpa ikut memindahkan kepemilikannya. Akad dalam sukuk adalah berupa sewa sehingga hak kepemilikannya tetap ada pada orang yang sama.

  •  Sukuk Salam

Jenis sukuk ini adalah suku yang dikeluarkan agar mendapatkan modal.

  •  Sukuk Istishna

Jenis suku ini adalah suku dengan perjanjian akad Istishna di mana perjanjian ini menunjukkan kesepakatan jual beli bagi pembiayaan sebuah proyek.

  •  Sukuk Musyarakah

Jenis suku ini adalah suku yang diterbitkan karena kedua belah pihak atau lebih mengembangkan modal untuk membangun proyek baru. Ada keuntungan dan kerugian dari suku masyarakat yaitu tanggungan bersama berdasarkan jumlah modal yang disetorkan.

  •  Sukuk Murabahah

Sukuk murabahah adalah suku yang memiliki akad prinsip jual beli.

  •  Sukuk Wakalah

Sukuk wakalah merupakan Suku dengan akad wakalah dimana pemilik menunjuk orang sebagai pengelola usaha atas nama pemegang sukuk.

  •  Sukuk Muzara’ah

Jenis sukuk ini adalah suku yang berakad muzara’ah untuk pembiayaan sektor pertanian di mana keuntungan dari pemegang suku ini adalah hasil panen sesuai dengan kesepakatan di awal.

  • Sukuk Musaqah

Jenis buku ini diterbitkan untuk kegiatan irigasi dari dana hasil penerbitan sukuk.

Tujuan Dan Syarat Sukuk

Ada berbagai tujuan dikeluarkannya Suku adalah antara lain:

  • Memperluas jaringan sumber pembiayaan anggaran negara
  • Meningkatkan perkembangan pasar keuangan syariah
  • Melahirkan benchmark di pasar keuangan Islam
  • Mengembangkan pilihan instrumen investasi
  • Diversifikasi berbasis investor SBN
  • Memaksimalkan pemanfaatan barang yang dimiliki oleh pemerintah
  • Memanfaatkan dana milik masyarakat yang sebelumnya tidak terjadi dalam sistem perbankan konvensional
  • Meningkatkan tertib administrasi dan pengelolaan barang milik negara

Syarat sukuk antara lain:

  • Sukuk yang diterbitkan harus memenuhi semua ketentuan Syariah
  • Sukuk yang bersifat likuiditas bisa dipindahtangankan dari satu pihak ke pihak lainnya dan juga diperjualbelikan
  • Tingkat imbalan nya juga lebih kompetitif daripada instrumen lainnya
  • Proses penerbitan nya juga harus mengikuti semua ketentuan yang berlaku
  • Sukuk juga didukung dengan infrastruktur legal juga sistem kelembagaan yang memadai 

Cara Membeli Sukuk

Jika anda berencana untuk membeli sukuk maka anda bisa membelinya melalui e-SBN Atau elektronik surat berharga negara berikut langkah-langkahnya:

  •  Registrasi

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkan diri sebelum penawaran dari SBN. Pendaftaran diri ini bisa dilakukan pada sistem elektronik yang sudah disediakan oleh Mitra distribusi. Saat melakukan registrasi anda perlu memasukkan data diri, nomor rekening dana, nomor single investor identification, dan nomor rekening surat berharga.

  • Pemesanan Sukuk

Cara membeli sukuk ritel selanjutnya adalah dengan melakukan pemesanan. Jika anda melakukan pemesanan SR015 maka proses selanjutnya adalah masa penawaran.

  •  Pembayaran

Setelah anda mendapatkan verifikasi pemesanan, maka selanjutnya anda akan mendapatkan kode pembayaran yang akan dikirimkan melalui SMS atau email sesuai kebijakan masing-masing Mitra distribusi.

  • Konfirmasi

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan dalam pembelian sukuk adalah mengkonfirmasi pembayaran. Nantinya anda akan mendapatkan notifikasi complete order lalu nomor transaksi penerimaan negara dan menerima alokasi SR 015 pada tanggal penerbitan dan settlement.

Keuntungan Investasi Sukuk

  • Sukuk bisa dimiliki oleh pihak investor manapun dengan nilai yang lebih rendah termasuk jenis investasi yang bisa dengan mudah dicairkan.
  • Bagi pihak penerbit maka suku bisa dijadikan sebagai pilihan sumber modal. Hasil dari penjualan sukuk tersebut bisa dijadikan tambahan modal bagi perusahaan penerbit.
  • Sukuk juga bisa diterbitkan oleh pihak pemerintah dimana sukuk diterbitkan tersebut tergolong ke dalam surat berharga Syariah negara ( SBSN)
  • Sukuk juga bisa diterbitkan oleh pemerintah
  • Sukuk juga sudah terjamin tingkat keamanannya dimana dilindungi oleh undang-undang pasal 5 SBSN yang dijelaskan bahwa penerbitan SBSN dilakukan oleh pihak pemerintah yang diwakili oleh Menteri Keuangan melalui Direktorat Jenderal pengelolaan pembiayaan dan risiko DJPPR.
  • Imbal hasil sukuk dalam bentuk Capital Gain

Dalam imbal hasil cukup dibedakan menjadi 4 jenis antara lain:

  •  Profit Sharing

Profit sharing dilakukan jika akad yang dipakai di dalamnya merupakan akad mudharabah. Maka nantinya imbal hasil ini bisa dibayar secara reguler hingga tanggal jatuh tempo dan ditetapkan dalam nilai persentase dari nominal nilai.

  •  Capital Gain

Keuntungan imbal hasil cukup ini didapat sebelum jatuh tempo dan biasanya sukuk nya diperjualbelikan pada pasar sekunder. Maka pihak investor bisa mendapatkan kesempatan untuk meraih Capital Gain. Tidak hanya itu, capital gain juga bisa didapat investor jika membeli sukuk dengan potongan harga.

  • Hak Klaim Pertama

Jika emiten dinyatakan bangkrut, maka pemegang sukuk sebagai pihak kreditur mendapatkan hak klaim pertama atas aktiva yang dimiliki perusahaan.

  • Jika Memiliki Sukuk Konversi

Investor bisa menukarkan suku menjadi saham pada sebuah negara yang sudah ditetapkan. lalu investor bisa mendapatkan keuntungan dari saham tersebut.

Baca juga: Mengenal Saham Blue Chip di Indonesia untuk Investasi Anda

Hadirnya sukuk bisa jadi pilihan lain untuk berinvestasi dan menambah pundi-pundi. Anda juga menambah penghasilan melalui bisnis kecil yang akan semakin besar dengan bantuan modal usaha dari Danamas. Fintech lending berizin OJK ini hadir untuk membantu para pengusaha umkm yang membutuhkan modal untuk pengembangan bisnisnya. Simulasikan pinjaman agunan properti Anda disini.

emas batangan

Mau Investasi Emas Batangan / Perhiasan, Pahami Dulu Bedanya

Investasi emas dianggap sebagai salah satu investasi yang cukup menguntungkan untuk sebagian orang.  Walaupun instrumen investasi sudah cukup banyak pilihannya investasi emas batangan masih menjadi pilihan beberapa orang karena dirasa lebih menguntungkan. Asumsi mereka adalah dikarenakan emas menjadi barang yang memiliki nilai naik setiap bulan setiap tahunnya dan jarang terjadi penurunan yang signifikan, semakin terbatasnya jumlah sumber daya alam penghasil emas maka ini yang diduga menjadi penyebab harga emas semakin  tinggi dari tahun ke tahun. Bila anda Berencana untuk berinvestasi emas batangan maka cek terlebih dahulu informasi berikut ini:

Investasi Emas Batangan Antam

Emas batangan Antam adalah salah satu emas yang diproduksi oleh PT Antam atau Aneka Tambang yang memiliki ciri-ciri khusus yang sulit untuk dipalsukan. Masing-masing emas Antam memiliki sertifikat yang menjelaskan tentang berat emas dimensi kadar kemurnian hingga nomor seri. Untuk menghindari penipuan saat membeli emas batangan Antam, maka anda disarankan untuk membelinya di tempat distributor resmi emas Antam.

Setelah membeli dan mendapatkan emas Antam maka kini saatnya anda untuk menjalankan investasi dan membutuhkan beberapa tips dan trik strategi untuk mendapatkan keuntungan berinvestasi emas batangan.

Cara Berinvestasi Emas Batangan Untuk Pemula

  • Teknik Investasi Emas Klasik

Cara berinvestasi emas batangan Antam yang pertama adalah menerapkan teknik investasi emas klasik. Teknik investasi emas klasik adalah saat Anda membeli emas di harga yang cukup murah lalu menjualnya, jika harga sudah naik atau memiliki selisih yang cukup banyak. Pembayaran yang sering dilakukan oleh para orang tua zaman dahulu ini terbukti cukup efektif dilakukan dalam waktu yang tepat dan pada masa yang cukup lama. Dengan menjalankan teknik ini maka bisa dikatakan emas memiliki sifat investasi jangka panjang yaitu 5 sampai 10 tahun.

  • Membuat  Tabung Emas

Cara lain untuk berinvestasi emas Antam yang menguntungkan adalah dengan menjadikan tabungan atau asuransi. Menabung emas bisa jadi cara untuk mengumpulkan emas batangan Anda tiap bulannya bahkan 1 gram emas per bulan. Saat tabungan emas tersebut terkumpul maka bisa anda jadikan alat untuk berbagai macam kebutuhan seperti membeli mobil rumah biaya Haji liburan pendidikan anak dan lain-lain. Dengan menjalankan konsep menabung emas ini maka anda akan menghindari inflasi serta tabungan akan tetap utuh walaupun ada inflasi pada produk yang Anda inginkan. Kenaikan inflasi tersebut pun akan tertutupi dengan harga emas yang dikonversi menjadi emas dalam gram.

  • Investasi Emas Dijadikan Modal Usaha

Strategi lainnya dalam berinvestasi emas batangan adalah memiliki sistem gadai di mana saat anda memiliki emas 100 gram maka bisa meningkatkan nilai emas saat Anda menggadaikannya. Lalu uang gadai tersebut bisa anda jadikan modal usaha dan bisnis.

Untuk bisa menjalankan teknik ini maka anda perlu paham bahwa sistem ini memiliki kelemahan yaitu saat Anda bangkrut maka emas akan hilang atau berkurang, saat saat usaha kita maju bisa bisa meningkat jumlah emas yang anda miliki.

  • Teknik Kebun Emas

Teknik kebun emas sempat trending di tahun 2010-an keatas. Konsep teknik kebun emas cukup populer namun sekarang sudah ditinggalkan karena dirasa kurang cocok lagi. Terlebih lagi saat teknik ini menggunakan Pegadaian yang jika dihitung-hitung biaya cukup tinggi dan tidak balik modal  Jika harga emas turun bebas seperti pada tahun 2013.

  •  Investasi Emas System Forex Trading

Terakhir adalah cara berinvestasi emas Antam yang menguntungkan bagi pemula dengan menggunakan system Forex trading. Dalam cara menjalankan investasi emas batangan ini maka bisa sebagai modal atau deposit trading. Emas yang dimiliki lalu dijadikan modal trading. Bagi Anda yang tidak suka dengan resiko dalam berinvestasi maka bisa menghindari strategi ini dikarenakan trading forex adalah bisnis yang beresiko tinggi. 

Kesalahan Umum Saat Berinvestasi Emas Batangan

  • Tidak Memeriksa Kemurnian Emas

Saat Anda membeli emas dalam bentuk perhiasan maka emas tersebut biasanya memiliki campuran logam. Hal ini tentu sangat berbeda dengan investasi emas dalam bentuk batangan di mana Anda bisa mendapatkan emas murni tanpa campuran lain.

  • Tidak Memiliki Tempat Penyimpanan Yang Memadai

Emas sebagai logam mulia cukup mudah untuk dibawa dan dipindahkan. Maka emas memiliki resiko hilang, atau dicuri oleh orang lain lebih tinggi daripada instrumen investasi lainnya.

Saat Anda memutuskan untuk berinvestasi emas maka penting untuk memiliki penyimpanan khusus atau menyewa tempat penyimpanan emas di bank atau pegadaian.

  • Tidak Membandingkan Harga Emas

Kesalahan lainnya saat Anda berinvestasi emas batangan adalah terburu-buru untuk membeli emas. Sebagai Anda membandingkan harga di beberapa tempat terpercaya agar meraih harga terbaik. 

  • Tujuan Investasi Yang Salah

Anda bisa membeli emas batangan jika Anda memiliki tujuan untuk dapatkan imbal hasil di masa yang akan datang. Membeli emas batangan akan jauh lebih menguntungkan karena Anda tidak akan dibebankan dengan biaya pembuatan saat menjualnya kembali.

  • Tidak Memantau Harga Emas

Pergerakan emas juga memainkan peranan yang cukup penting terlebih lagi saat Anda ingin menjual dan membeli emas. Maka dari itu, jika Anda seorang investor, maka perlu memastikan beli emas saat harga rendah dan menjualnya kembali saat harga tinggi. Jangan sampai, Anda menjual emas saat harga dibawah harga beli, karena ini bisa membuat Anda merugi.

Perbedaan Investasi Emas Batangan & Emas Perhiasan

Emas Batangan / Logam MuliaEmas Perhiasan
Kini dipilih orang sebagai investasi jangka panjangSelain dijadikan instrumen investasi, emas perhiasan juga sebagai nilai tambah penampilan.
Emas batangan bisa dibeli di toko emas antam atau distributor resmi dan dijual kembali dengan harga stabil dan naik.Bisa dibeli di semua toko emas dan jika dijual kembali ada biaya potongan ongkos perhiasan dari 10-20% dari emas itu sendiri. 
Emas batangan memiliki emas murni yang lebih tinggi nilainya daripada emas perhiasan.Kadar emas perhiasan cukup beragam, dari 10 karat (41%) – 22 karat (90%)
Disertai sertifikat yang mencakup info ukuran, kadar emas dan berat.Disertai surat emas yang memuat modal emas, kadar emas dan beratnya.

Baca juga: Macam & Ciri-Ciri Investasi Bodong Adalah, Jangan Sampai Tertipu

Berinvestasi adalah langkah yang baik untuk mengelola keuangan selain menabung. Ini bisa jadi cara yang tepat untuk mengumpulkan uang hingga menciptakan passive income. Selain berinvestasi, Anda juga bisa mulai mengelola bisnis ke arah yang lebih serius. Salah satu fintech lending yang bisa jadi pilihan aman Anda karena sudah berizin OJK untuk pendanaan bisnis adalah Danamas. Anda bisa membangun usaha ukm dari pinjaman beragunan properti mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar. Kemudahan mendapatkan pendanaan usaha ini hanya bisa Anda dapatkan di Danamas.