investasi bodong adalah

Sebagai pemula penting sekali untuk mempelajari segala sesuatu tentang investasi. Ada banyak sekali  penipuan yang berkedok investasi untuk mendapatkan keuntungan untuk mereka yang belum mengetahui seluk beluk tentang filtrasi. Untuk itu anda perlu menyimak ulasan berikut ini tentang investasi bodong dan bagaimana ciri-cirinya.

Apa Itu Investasi Bodong 

Investasi bodong investor adalah investasi yang menawarkan keuntungan yang tidak wajar dan menyalahi aturan resmi dari OJK dan lembaga lain yang berkaitan dengan investasi Ibu tersebut, efeknya adalah investor yang akan dirugikan. Maka dari itu bagi Anda yang ingin mencoba investasi perlu jeli dalam memilih instrumen investasi dan beberapa aspek penting lainnya.

investasi bodong adalah penipuan investasi yang menipu seseorang untuk mendapatkan keuntungan besar Mereka mencuri dana yang dipercayakan oleh para investor. 

Ciri-Ciri Investasi Bodong

  • Tidak Ada Legalitas

Dalam berinvestasi Anda juga perlu memperhatikan apakah perusahaan tersebut fiktif atau bukan. Perusahaan fiktif atau palsu umumnya tidak memiliki lisensi atau legalitas yang jelas. Jika ada perusahaan asli yang melakukan penipuan bisa dipastikan bahwa perusahaan tersebut menjadi bagian dari investasi. Untuk itu perlu adanya pengawas pasar modal asuransi perbankan dan lain-lain yang dibawahi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Sementara itu bagi perdagangan berjangka dan community juga diatur serta diawasi oleh badan pengawas perdagangan berjangka komoditi yang berada di bawah Kementerian Perdagangan. Dari sinilah kita perlu mengecek legalitas dari perusahaan yang menawarkan produk investasi. Jika izin tersebut tidak jelas maka sebaiknya hindari berinvestasi di perusahaan tersebut.

  • Menawarkan Profit Yang Tidak Masuk Akal

Keuntungan investasi seharusnya berbanding lurus dengan resikonya. Semakin tinggi profil resikonya maka semakin tinggi juga keuntungan yang bisa anda dapatkan. Maka dari itu kita perlu waspada saat memilih perusahaan investasi yang menawarkan profit tinggi. Investasi bodong biasanya menawarkan profit dengan keuntungan hingga 240% per tahun, sudah tentu ini cukup menggiurkan bagi para investor yang ingin meraup banyak keuntungan. Namun kita perlu curiga jika ada perusahaan investasi yang menjanjikan keuntungan besar bahkan pasti untung. Hal ini karena investasi tidak selalu untung namun perlu perhitungan yang signifikan.

  •  Tidak Ada Asep Dasar Yang Jelas

Investasi perlu memiliki aset dasar yang jelas seperti reksadana saham yang harus memiliki aset saham yang jelas dan dana yang diinvestasikan akan diatur oleh manajer investasi yang nantinya akan mendapatkan keuntungan.  Sementara itu dalam kegiatan investasi ilegal tidak ada kejelasan perputaran uang. Untuk itu investor tidak mendapatkan informasi dana yang sudah disetorkan.

  • Tidak Adanya Transparansi

Investasi resmi bisa memberikan informasi tentang resiko profit kerugian dan lain-lain secara jelas kepada investor. Investasi resmi bisa memberikan informasi tentang resiko profit kerugian dan lain-lain secara jelas kepada investor sedangkan investasi bodong atau ilegal tidak memberikan informasi tersebut. Umumnya pada pada investor hanya fokus ini. Padahal sejatinya dalam berinvestasi keuntungan akan sebanding dengan resikonya.

  •  Bergantung Pada Investor Baru Dan Menjual Nama Tokoh Terkenal

Hal lain yang perlu Anda waspadai pada investasi bodong adalah saat mereka menerapkan sistem pembagian keuntungan yang tidak jelas. Tidak hanya itu biasanya investasi bodong juga gencar menarik investor baru untuk bisa bergabung dalam perusahaannya. Secara umum, investasi bodong menggunakan pembagian keuntungan ponzi yaitu tidak ada keuntungan real, melainkan berasal dari uang investor sendiri dan peserta lain. Investor bodong juga jual nama tokoh terkenal untuk menarik calon korban. padahal tokoh terkenal tersebut Sebenarnya bukan bagian dari perusahaan investasi bodong itu.

  • Tidak Ada Alamat Yang Jelas

Anda perlu curiga jika  perusahaan investasi tidak memiliki alamat yang jelas, sehingga Anda akan sulit untuk menemukannya. Bisa jadi ini pertanda bahwa perusahaan tersebut adalah investasi bodong yang sebenarnya tidak memiliki alamat.

  •  Tidak Menjelaskan Risiko Investasi

Ciri lain dari investasi bodong adalah tidak dijelaskan resiko investasi. Mereka hanya akan menjelaskan keuntungan dan keuntungan lainnya. Untuk itu anda jangan tergiur dengan keuntungan yang mereka tawarkan secara cuma-cuma.

Investasi Bodong Yang Sering Dijumpai

  • Investasi Emas

Investasi emas adalah salah Investasi jangka panjang yang diminati oleh banyak orang, karena hal inilah beberapa penipu menjadikan investasi emas celah untuk investasi bodong yang ditawarkan ke ke investor pemula. Para oknum dari perusahaan investasi bodong akan menawarkan keuntungan besar dengan syarat menyetorkan dana investasi yang akan ditukarkan dengan sejumlah emas. Emas yang ditawarkan bisa berbentuk emas logam mulia, koin emas, atau perhiasan emas.  Keuntungan berupa emas yang mereka berikan adalah emas palsu sehingga mereka tidak memiliki nilai jual. Biasanya oknum dari investasi bodong akan menjual emas tersebut dengan harga yang sangat murah sehingga korban akan membeli dengan jumlah yang banyak.

  •  Permainan Uang

Permainan uang atau money game juga salah satu investasi bodong yang sering terjadi. Money game sering disebut skema ponzi atau skema piramida yang dilarang di Indonesia. Sederhananya permainan uang ini menawarkan keuntungan yang berlipat ganda dari modal yang anda keluarkan, namun sesungguhnya ini adalah tujuan mereka untuk menipu. menurut satuan tugas waspada investasi OJK ada ciri-ciri money game yang merupakan bagian dari investasi bodong antara lain:

  • Tidak ada produk atau jasa yang dijual. Jika pun ada produk tersebut dijual dengan harga yang kurang sesuai karena ini hanya digunakan sebagai kedok dalam penipuan mereka.
  • Bonus fiktif yang didapat dari perekrutan atau member get member.
  • Bonus yang didapat dari persentase nilai investasi yang sudah ditanamkan
  • Pay out hasil bonus keuntungan yang tidak masuk akal
  • Boleh memiliki lebih dari satu akun atau dapat bergabung beberapa kali
  • Perusahaan tidak memiliki izin yang sesuai
  • High Yield Investment Program

Banyak dari investasi bodong akan menawarkan hasil keuntungan yang sangat tinggi seperti High Yield Investment Program. Investasi bodong ini menawarkan bisnis yang sangat menjanjikan seperti bisnis berbasis teknologi ataupun batubara. Umumnya oknum dari investasi bodong ini akan mengatakan bahwa hasil dari bisnis perbulannya cukup tinggi sehingga bisa balik modal dalam waktu singkat.

Baca juga: Tips Investasi Properti Apartment & Untung Ruginya

Berinvestasi bisa jadi cara untuk mendapatkan banyak keuntungan, selain berbisnis. Namun, dalam berbisnis, Anda membutuhkan modal yang cukup untuk bisa mewujudkan berbagai rencana dan tujuan usaha Anda. Salah satu cara agar Anda mendapatkan pinjaman modal usaha adalah melalui pinjaman beragunan di Danamas. Pinjaman untuk modal usaha ini bisa Anda dapatkan dengan limit besar hingga Rp 2 miliar. Wujudkan bisnis impian Anda dengan daftar disini.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

AUM-adalah

Apa itu AUM Reksadana? Fungsi Bagi Investor & Minimal AUM

Jika anda ingin berinvestasi maka sebaiknya pelajari dulu serba-serbi tentang investasi karena memilih instrumen investasi tidak boleh sembarangan. Seperti yang kita ketahui b

Pengertian-Yield-To-Maturity

Apa Itu Yield to Maturity? Jenis & Cara Hitung

Ada banyak istilah di dunia investasi yang terkadang perlu memahami kembali, terlebih lagi jika Anda ingin mencoba berinvestasi bagi pemula. Salah satu istilah yang sering dik

Faucet-Crypto

Faucet Crypto: Definisi, Jenis, Manfaat, SitusĀ  & Cara Kerjanya!

Anda tertarik dengan cryptocurrency? Ternyata ada metode untuk mendapatkan kripto secara gratis lho! Namanya adalah faucet crypto. Dalam dunia kripto, kini Anda bisa mendapatk