tambang-emas

Emas merupakan logam yang dinilai berharga karena teksturnya yang tidak mudah korosi dan memiliki titik cair yang tinggi. Hal ini menjadikan  emas sebagai logam yang mudah dibentuk. Tahukah Anda dimana saja daerah atau negara penghasil tambang? Yuk simak artikel ini.  

Tambang Emas di Indonesia 

  1. Papua, Grasberg 

Tambang Grasberg terletak hanya 4 kilometer dari puncak tertinggi Pegunungan Jayawijaya. Sebanyak 52 persen jumlah cadangan bijih terbesar di Indonesia. 

Beroperasi sejak 1972, Tambang Grasberg memproduksi 3 juta konsentrat merupakan pasir olahan atau batuan tambang yang didalamnya terdapat emas, tembaga, maupun perak. Pada data tahun 2018, PT Freeport Indonesia (PFI) memproduksi sebanyak 6.065 ton per hari. Setiap ton dari konsentrat terdiri atas 26,5% tembaga, 70,37 kilogram perak, serta 39,34 kilogram emas. Jika di total, maka dalam satu hari emas yang diproduksi Grasberg sekitar 240 kg. 

  1. Banyuwangi, Tujuh Bukit 

Bukit Tambang Tujuh atau dikenal dengan nama Tumpang Pitu, menjadi daerah tambang emas terbesar ke 2 di Indonesia. Dengan cadangan emas mencapai 28 juta ons. Tambang ini dikelola oleh PT Bumi Suksesindo TBK (BSI). tercatat di tahun 2017, BSI memproduksi emas sebanyak 142,468 oz dan meningkat 155.000 -170.000 oz di tahun 2018. Sementara produksi keseluruhan mineralnya mencapai 4 juta ton dan menambah 8 juta ton per tahun di 2019. 

  1. Maluku Utara, Gosowong 

Tambang terbesar ke 3 di Indonesia berada di Gosowong, Maluku Utara yang dikelola oleh PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) bijih emas yang ditambang ini mencapai 20 juta ons. Seiring dengan berjalannya waktu, sumber daya mineral pada Gosowong meningkat menjadi 7 juta ons pada tahun 2020. 

  1. Kalimantan Tengah, Pujon

Kalimantan menyandang gelar primadona karena kekayaan yang tersimpan di dalamnya, salah satunya adalah emas yang melimpah. Cadangan emas mencapai 40 juta ton dan cadangan perak sebanyak 16 juta ton. Desa Pujon mendapat julukan sebagai desa emas karena mayoritas warga setempat merupakan penambang emas. 

  1. Nusa Tenggara Barat, Batu Hijau

Nusa Tenggara Barat memiliki cadangan emas sebanyak 507 juta ton, dan cadangan peraknya sebanyak 490 juta ton. Sementara Tambang Batu Hijau berada di bawah naungan Newmont memiliki cadangan emas hingga 5,6 juta ons dan diakuisisi oleh Merdeka Copper Gold, potensi cadangan emas yang belum digali diperkirakan mencapai 19,7 juta ons. Pada akhir 2020 hingga awal 2021, PT Amman Mineral menjalankan tahap terakhir penambangan di Batu Hijau dan menghasilkan 4,12 juta ons emas dan tembaga sebanyak 4,47 miliar pon. 

  1. Sumatera Utara, Matabe

Pulau Sumatra memiliki cadangan emas sebanyak 168 juta ton, cadangan peraknya sebanyak 103 juta ton. Daerah penghasil emas yang besar berada di Tambang Emas Martabe yang terletak di perbukitan Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Tambang emas Martabe beroperasi sejak 2008 di bawah pengelolaan PT Agincourt Resources (PTAR) dan memiliki rencana produksi hasil tambang hingga 2033. Meski Begitu BUMD melalui PT Anda ikut dalam tambang tersebut sebanyak 5% 

  1. Jawa Barat, Pongkor

Gunung Pongkir yang berada di Nanggung, Bogor merupakan salah satu tambang emas PT Aneka Tambang atau yang kita kenal dengan nama Antam. Awalnya tim geologi dari Antam melakukan survei pencarian logam di tahun 1989. Mereka justru menemukan emas saat melakukan eksplorasi. Setiap harinya menargetkan setidaknya 1.200 ton material mineral ore yang dibawa untuk kemudian diproses. Produksi emas ini bernilai sekitar 1,5 – 2 ton per tahun, dan satu onsnya setara dengan 280 gram. 

Tambang Emas Terbesar di Dunia 

Jika tadi sudah membahas tambang yang berada di Indonesia, berikut ini adalah tambane emas yang terbesar di dunia, misalnya:

  1. Muruntau, Uzbekistan 

Lokasi tambang emas ini berada di Muruntau di Uzbekistan. Area ini berukuran sangat luas yakni sepanjang 3,3 km dengan lebar 2,5 km serta kedalaman 600 meter. Tambang Muruntau dikenal sebagai penambangan open pit terbesar yang memproduksi 2 juta ounce emas, dan kabarnya mempunyai deposit mencapai 150 juta ounce. 

  1. Carlin, Amerika Serikat

Area penambangan ini memiliki panjang 56 km dengan lebar 8km. Carlin memiliki keunikan tersendiri karena kandungan emas yang ada merupakan emas invisible yang pengolahannya memerlukan analisis kimia, produksinya mencapai 1,665 juta ounce per tahun. 

  1. Olimpiada, Rusia

Olimpiada dikelola oleh Polyus yang membuat perusahaan ini menjadi produsen terbesar emas di Rusia. Olimpiada diprediksi memiliki deposit mencapai 30 juta ounce dan mampu memproduksi sebanyak 1,2 juta ounce per tahun. 

  1. Pueblo Viejo, Republik Dominika

Area tambang ini dikelola oleh Pueblo Viejo Dominicana Corporation yang merupakan venture  Newmort antara Barrick Gold. Tambang emas ini memproduksi sebanyak 903 ribu ounce emas. 

Baca juga: Mau Membeli Berlian? Berikut Tips dan Keuntungan Investasi

Itu dia daerah penghasil emas terbesar di Indonesia, maupun di dunia. Apabila Anda tertarik untuk berbisnis emas atau mungkin melakukan ekspansi bisnis, Anda dapat mengajukan pinjaman beragunan properti dari Danamas Pinjaman Bisnis. Pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2miliar, dengan bunga rendah dan tenor yang panjang.  Ajukan sekarang!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

AUM-adalah

Apa itu AUM Reksadana? Fungsi Bagi Investor & Minimal AUM

Jika anda ingin berinvestasi maka sebaiknya pelajari dulu serba-serbi tentang investasi karena memilih instrumen investasi tidak boleh sembarangan. Seperti yang kita ketahui b

Pengertian-Yield-To-Maturity

Apa Itu Yield to Maturity? Jenis & Cara Hitung

Ada banyak istilah di dunia investasi yang terkadang perlu memahami kembali, terlebih lagi jika Anda ingin mencoba berinvestasi bagi pemula. Salah satu istilah yang sering dik

Faucet-Crypto

Faucet Crypto: Definisi, Jenis, Manfaat, SitusĀ  & Cara Kerjanya!

Anda tertarik dengan cryptocurrency? Ternyata ada metode untuk mendapatkan kripto secara gratis lho! Namanya adalah faucet crypto. Dalam dunia kripto, kini Anda bisa mendapatk