bursa-efek-indonesia

Apa itu bursa efek? Pasti Anda sering mendengar istilah Bursa Efek Indonesia. Saat ini mulai banyak anak muda yang mencoba berinvestasi melalui bursa efek. Hal ini karena, investasi bursa efek punya potensi untuk mendapat keuntungan yang tinggi.

Apalagi, investasi di Indonesia semakin sering diperbincangkan setelah aktivitas penanaman modal naik daun belakangan ini. Namun, apakah ada hubungannya dengan bursa efek?

Dalam artikel ini akan kita bahas tuntas mengenai bursa efek, mulai dari pengertian, perbedaan bursa efek vs pasar modal, cara kerja, daftar perusahaan bursa efek Indonesia, hingga cara membeli bursa efek.

Apa Itu Bursa Efek?

Bursa Efek adalah istilah dari kata bursa yang berarti tempat perdagangan dan efek yang berarti surat berharga. Gabungan kedua kata bursa dan efek ini mengidentifikasikan bahwa Bursa Efek adalah wadah transaksi jual-beli surat-surat berharga dari berbagai perusahaan.

Dengan kata lain, bursa efek adalah tempat berkumpulnya para investor sebagai pemilik dana dan perusahaan emiten sebagai pencari modal. Semua aktivitas ini dioperasikan lewat bursa formal atau pasar Over The Counter (OTC) dengan serangkaian aturan.

Perbedaan Bursa Efek vs Pasar Modal

Bursa efek yaitu tempat jual beli atau bisa disebut pasar tempat terjadinya jual beli efek di suatu perusahaan. Di Indonesia bursa efek Indonesia (BEI) memiliki kantor pusat di Jakarta dan beberapa kota perwakilan lainya. BEI juga secara resmi memfasilitasi jual beli saham perusahaan go public.

Sedangkan pasar modal merupakan tempat bertemunya perusahaan yang membutuhkan dana dari masyarakat untuk pengembangan usahanya. Cara pendanaanya yaitu perusahaan akan menerbitkan saham atau surat utang, kemudian para pemodal membeli instrumen tersebut di pasar modal.

4 Cara Kerja Bursa Efek

Sesuai dengan namanya yaitu menjadi tempat perdagangan dan efek, maka berikut adalah berbagai informasi bagaimana cara kerja bursa efek bekerja. Khususnya dalam memberikan harga dan penawaran ke dalam pasar. Cara kerja Bursa Efek selanjutnya adalah dengan berbatas waktu sesuai regulasi pemerintah Indonesia. Jam bursa efek di Indonesia aktif beroperasi pada hari Senin – Jumat dengan dua sesi waktu. Sesi 1 yaitu jam 9.00 – 12.00 WIB, sesi 2 jam 14.00 -16.00 WIB. Berikut cara kerja selengkapnya!

1. Price And Time Priority

Price And Time priority adalah cara kerja bursa efek untuk mengoperasikan aktivitas perdagangan surat berharganya. Bentuk dari analisa price priority ditinjau dari segi penawaran dan permintaan. Sementara itu time priority adalah penawaran membeli dan menjual dengan harga yang sama. Nantinya sistem bursa efek ini akan menyajikan prioritas kepada investor atau emiten yang mengajukan permintaan pembelian atau penawaran penjualan.

2. Sistem Pembelian Saham

Cara kerja bursa efek lainnya adalah menggunakan sistem pembelian saham dengan cara satuan perdagangan yang diakui suatu negara. Satuan saham di Bursa Efek Indonesia adalah lot atau round lot. Nilai 1 lot saham sebanding dengan 100 lembar saham.

3. Penyelesaian Transaksi

Untuk durasi penyelesaian transaksi di penjualan dan pembelian saham pada Bursa Efek adalah T+3 hari perdagangan. PT adalah hari dimana transaksi berlangsung sehingga semua proses transaksi akan selesai pada hari ketiga pasca perdagangan.

4. Pengawasan Perdagangan

Proses pengawasan pada bursa efek meliputi penjaminan keamanan di segala informasi perusahaan, penindakan atas transaksi yang tidak wajar, pengawasan real time, permintaan klarifikasi akan isu dalam sebuah perusahaan dan pemberian suspend bagi pelaku pasar modal yang melakukan pelanggaran.

Peran Bursa Efek Dalam Perdagangan Nasional

Secara garis besar bursa efek menjadi barometer kegiatan perekonomian yang diupayakan likuiditas pencairan dana setiap instrumen. Menjadi barometer yang berguna untuk mengawasi dan mencegah praktek transaksi. Dalam hal ini Bursa Efek berperan penting dalam mengendalikan pasar. Bursa efek memberikan dampak terhadap perdagangan modal antara lain:

1. Pelaksana Mandat Kementerian atau OJK

Peran bursa efek yang pertama adalah sebagai pelaksana mandat kementerian keuangan Republik Indonesia dan OJK. Agar transaksi di pasar modal berjalan dengan baik maka harus melakukan fungsi pengawasan yang berdasarkan regulasi yang sudah ditetapkan oleh Kemenkeu dan OJK.

2. Fasilitator Perdagangan Efek

Sebagai fasilitator perdagangan efek, maka bursa efek menjalankan kegiatan jual beli surat berharga, menyediakan serangkaian sistem layanan dan jumlah penawaran. Dengan fasilitas tersebut, maka bursa efek menjembatani investor emiten dan pelaku bursa efek lainnya untuk mencapai suatu tujuan.

3. Pengontrol Lalu Lintas Transaksi Efek

Peran bursa efek lainnya adalah sebagai pengontrol lalu lintas transaksi efektif. Bursa efek juga berperan untuk melakukan pengawasan dan kontrol kegiatan perdagangan surat berharga. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua pihak didalamnya mendapat jaminan keamanan dan terhindar dari potensi resiko.

Perusahaan yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia

Sebelum Anda bermain bursa efek maka Anda harus mengetahui perusahaan yang terdaftar dalam bursa efek. Adapun beberapa jenis perusahaan yang terdaftar dalam bursa efek Indonesia yaitu: 

  • Astra Agro Lestari
  • Mahaka Media
  • Asuransi Bina Dana Arta
  • ABM Investama 
  • Ace Hardware Indonesia
  • PT Acset Indonesia
  • PT Adhi Commuter Properti
  • Akasha Wira International
  • PT Adhi Karya

Itulah daftar beberapa perusahaan yang terdaftar dalam bursa efek Indonesia. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak perusahaan yang terdaftar dalam bursa efek Indonesia maka Anda dapat membacanya disini.

Jenis-Jenis Pelaku Bursa Efek

Jenis-jenis pelaku bursa efek atau biasanya penamaan yang seringkali disebut yang mungkin belum cukup familiar untuk Anda. Ini dia jenis-jenis pelaku bursa efek dalam pasar. Fungsi para pelaku tentu ikut berperan dalam menstabilkan pasar. Berikut adalah rinciannya!

1. Pelaku Transaksi Bagi Klien

Pelaku Bursa Efek bagi klien sering juga disebut sebagai pialang saham. Pelaku transaksi bagi klien menyediakan layanan sebagai perantara dalam menjembatani investor dan emiten. 

Umumnya pihak pialang paham digunakan oleh investor, setelah investor mendapatkan keuntungan, pelaku transaksi bagi klien barulah mendapatkan bayaran. 

2. Pelaku Transaksi Bagi Pelaku Lainnya

Pelaku transaksi bagi pelaku lain dalam bursa efek tidak hanya pada individu saja tetapi juga pada Trader. Pihak pialang yang menerima permintaan dari trader juga disebut sebagai pelaku transaksi bagi pelaku lainnya. Hal ini dikarenakan piala menjalankan aktivitas untuk kepentingan trader bukan klien.

3. Pelaku Transaksi Bagi Diri Sendiri

Salah satu contoh pelaku transaksi bagi diri sendiri adalah investor ritel dan perdagangan reksadana.

6 Instrumen yang Diperdagangkan di Bursa Efek

Tentu saja Bursa Efek bergerak dengan cara memperdagangakan beberapa surat berharga. Berikut 6 Instrumen yang bisa diperdagangkan!

1. Saham

Saham adalah surat berharga yang menjadi bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan. seorang investor yang sudah memiliki saham pada sebuah perusahaan berhak untuk mendapatkan deviden atau pembagian laba. 

Proses penjualan saham di bursa efek dimulai dari penawaran umum atau IPO dan untuk pertama kalinya saham perusahaan dijual ke publik. Setelah IPO selesai maka saham akan di listing pada bursa efek sehingga bisa diperjualbelikan secara umum.

2. Obligasi

Obligasi adalah instrumen surat utang yang memberikan pendapatan tetap berupa bunga kepada pemegangnya. Jika anda memiliki obligasi maka kepemilikan ini dapat dipindahtangankan dan pemegang memiliki hak untuk memperoleh bunga serta pelunasan utang pada jangka waktu yang sudah ditentukan.

3. Reksadana

Reksadana adalah instrumen investasi yang menjadi tempat untuk pengumpulan serta pengelolaan dana beberapa investor. Dana ini lalu dikelola manajer investasi menjadi berbagai instrumen seperti pasar uang saham obligasi atau efek lainnya.

4. ETF (Exchanged Traded Fund)

ETF adalah instrumen pasar modal yang diperdagangkan di exchange atau bursa efek. ETF juga sering dikatakan sebagai surat berharga yang memiliki kemiripan dengan reksadana.

5. Derivatif

Surat berharga lainnya adalah derivatif. Surat berharga ini dikenal sebagai bentuk turunan dari saham dan ada dua jenis yaitu warrant dan right. Derivatif yang ada di bursa efek adalah derivatif keuangan yang merupakan instrumen derivatif dimana variabel-variabel yang didasari nya adalah instrumen keuangan berupa obligasi saham indeks saham mata uang atau currency indeks obligasi tingkat suku bunga dan instrumen keuangan lainnya. 

6. Efek Beragun Aset (EBA)

Efek beragun aset adalah efek yang diterbitkan oleh kontrak investasi kolektif efek beragun aset yang portofolionya terdiri dari aset keuangan yang timbul dari hal-hal berikut ini:

  • Surat berharga komersial
  • Tagihan Kartu Kredit
  • Pemberian kredit termasuk KPR
  • Bagian yang timbul di kemudian hari atau (future receivable)
  • Efek bersifat utang yang dijamin oleh pemerintah
  • Sarana peningkatan kredit atau kredit enhancement atau arus kas atau cash flow
  • Aset keuangan dan aset keuangan lain yang berkaitan dengan aset keuangan tersebut 

Cara Beli Saham di Bursa Efek Indonesia

Jika Anda ingin membeli saham maka ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti. Berikut 5 cara beli saham di bursa efek Indonesia.

1. Siapkan Dokumen

Pertama-tama Anda harus menyiapkan beberapa dokumen seperti KTP, NPWP, buku tabungan dan meterai.

2. Datang ke Bursa Efek

Selanjutnya, Anda perlu datang ke bursa efek Indonesia terdekat atau bisa juga mendaftar secara online. 

3. Isi Formulir

Anda perlu mengisi formulir yang disediakan oleh perusahaan sekuritas. Setelah selesai pengisian berikan kepada bagian administrasi

4. Menyetor Dana

Sebelum mulai untuk bertransaksi di pasar modal, maka Anda harus menyetorkan dana ke rekening dana investor atau RDI. Setiap jenis perusahaan sekuritas memiliki jumlah minimal untuk penyetoran yang berbeda.

5. Transaksi Jual Beli Saham

Jika Anda sudah berhasil untuk bertransaksi saham maka investor akan diberikan akses pada akun yang telah dibuat. Selanjutnya, Anda dapat memulai transaksi saham Anda.

Tingkatkan Literasi Keuangan Untuk Kelola Uang

Dengan memiliki aset untuk berinvestasi, maka keuntungan pun bisa Anda dapatkan di masa depan. Salah satu aset yang bisa Anda “putar” kembali menjadi keuntungan berlipat tidak hanya saham tapi juga properti. Hal ini karena properti Anda dapat digunakan untuk meminjam modal usaha di Danamas Pinjaman Bisnis. Danamas adalah platform pinjaman online terpercaya beragunan properti yang dapat mencairkan dana bisnis untuk Anda mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar.

Pinjaman Danamas adalah pinjaman online yang telah disetujui oleh OJK bunga rendah dengan bunga efektif mulai dari 15,25%. Biaya administrasi cukup rendah sehingga Anda bisa bebas untuk mengelola alokasi dana dengan bijak. Ajukan pengajuan cepat melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis. Masih ragu? Yuk, simulasikan terlebih dahulu dana pinjaman bisnis Anda dengan Kalkulator Simulasi Kredit Pinjaman Online Danamas.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

apa-itu-diversifikasi-manfaat-strategis

Pengertian Diversifikasi Dalam Keuangan & Bisnis, Simak Pertimbangannya!

Apa itu diversifikasi? Diversifikasi adalah  strategi bisnis di mana sebuah perusahaan memperluas operasional dengan memasuki bisnis atau industri baru yang berbeda dari

AUM-adalah

Apa itu AUM Reksadana? Fungsi Bagi Investor & Minimal AUM

Jika anda ingin berinvestasi maka sebaiknya pelajari dulu serba-serbi tentang investasi karena memilih instrumen investasi tidak boleh sembarangan. Seperti yang kita ketahui b

Pengertian-Yield-To-Maturity

Apa Itu Yield to Maturity? Jenis & Cara Hitung

Ada banyak istilah di dunia investasi yang terkadang perlu memahami kembali, terlebih lagi jika Anda ingin mencoba berinvestasi bagi pemula. Salah satu istilah yang sering dik