apa-itu-kapitalisme

Bullish dan bearish merupakan istilah yang sering Anda dengar jika melakukan trading. Pada pergerakan pasar biasanya dapat mempengaruhi kenaikan maupun  penurunan. Bagi para pemula yang baru terjun ke dunia trading, mungkin masih belum mengerti atau tidak lazim dengan istilah bullish atau bearish

IHSG adalah Indeks Harga Saham Gabungan, nah istilah dan pengaplikasian bullish bearish seringkali digunakan untuk menggambarkan grafik. Nah, pola bullish dan bearish ini dapat Anda amati sebagai trader untuk mengambil keputusan trading yang bijak. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari pola-polanya sehingga tidak salah dalam mengambil keputusan.

Dalam artikel ini akan kita kupas tuntas mengenai Bullish dan Bearish mulai dari faktor-faktornya, cara mengenali dan interpretasi pola bullish, hingga solusi dalam cut loss. Yuk simak lebih lengkap mengenai Bullish dan Bearish.

Pengertian Bullish & Bearish dalam Pasar Modal Saham

Bullish merupakan kondisi pasar yang sedang bagus dan harga mengalami peningkatan. Istilah Bullish juga dipakai untuk prediksi kenaikan harga atau sikap investor atas kondisi pasar yang menunjukkan adanya kenaikan. Bullish juga menandakan bahwa penawaran dan permintaan terhadap pasar ikut berperan aktif dalam menentukan kondisi pasar. Apabila permintaan tinggi maka akan mendorong terjadinya kenaikan harga atau bullish.

Sedangkan bearish adalah kondisi dimana turunnya harga pasar secara keseluruhan. Pasar yang mengalami penurunan ditandai dengan adanya penurunan indeks harga saham keseluruhan. Bearish juga dipakai investor yang memprediksi adanya penurunan harga kedepannya. Biasanya para investor akan menjual aset saat mengalami bearish. 

5 Pola Candlestick Bullish yang Penting

Pola candlestick bullish merupakan pola yang wajib Anda kuasai. Ada beberapa jenis pola candlestick bullish, berikut beberapa contohnya.

1. Bullish Hammer

Bullish hammer candlestick menunjukan bahwa akan terjadi pola pembalikan bullish dari tren bearish. Pada fase ini para trader mendorong harga lebih rendah sehingga terjadi pembelian yang intens sehingga aset ditutup dengan harga yang lebih tinggi.

2. Morning Star

Morning star menunjukkan akhir dari tren penurunan harga dan memberikan sinyal pembalikan bullish. Anda dapat mengenali pola ini dengan melihat ada candlestick merah panjang di sebelah kiri yang diikuti candlestick pendek yang dapat berwarna merah atau hijau dan candlestick hijau di tengah.

3. Three White Soldiers

Pola ini terdiri dari tiga candlestick yang tampil berturut-turut berwujud hijau panjang dan memiliki sumbu kecil. Anda harus mengenali pola ini karena pola ini menunjukan tren bullish yang kuat.

4. Bullish Engulfing Candle

Pola ini menandakan terjadinya pembalikan dari harga aset. Pola ini terdiri dari 2 candle dimana candle pertama yaitu candle bearish dan yang selanjutnya yaitu candle bullish dengan body yang lebih panjang.

5. Pola Piercing Line

Pola ini terbentuk oleh dua candle sehingga sering disebut sebagai pola candlestick double. Candle yang pertama muncul yaitu candle bearish, sedangkan candle yang kedua diusul candle bullish. Pola ini menunjukan penurunan harga dengan peningkatan tekanan beli. 

Faktor Penyebab Bullish dan Bearish 

Dalam dunia bisnis tentu saja Anda perlu memperhatikan perilaku investor agar dapat  mendapatkan bayangan besar terkait pasar. Hal ini banik untuk memperhitungkan kira-kira bagaimana proyeksi bisnis dalam industri Anda. Ada beberapa pengaruh atau faktor yang memicu terjadinya bullish dan bearish dalam pasar.  

1. Faktor yang Mempengaruhi Bullish

Pada bullish biasanya akan terjadi pada saat perekonomian mengalami pertumbuhan yang baik. Faktor ini bisa dilihat dari:

  • Pasar Saham dalam kondisi ekonomi yang sudah kuat dan bunga yang stabil dalam jangka waktu tertentu
  • Inflasi rendah atau Produk Domestik Bruto yang menguat
  • Evaluasi prospek yang baik pada perusahaan yang dituju ditandai dengan meningkatnya tren jumlah perusahaan yang mencatat saham pertamanya di bursa serta adanya pertumbuhan laba industri.
  • Kepercayaan investor dalam menanamkan dana atau aset yang ikut mempengaruhi pasar saham sehingga terjadi kenaikan (bullish) 

Adanya faktor tersebut memberikan harapan atau optimisme kepada investor untuk membeli aset – aset yang diincar. Pada prinsip supply and demand, permintaan yang lebih tinggi daripada penawaran akan memberikan kenaikan harga. 

2. Faktor yang Mempengaruhi Bearish

Apabila bullish berarti optimisme, maka pada bearish terjadi penurunan atau pesimisme pada market. Ilustrasi yang muncul pada bearish adalah pasar yang mengalami penurunan atau kelemahan yang ditandai dengan beberapa alasan yakni:

  • Valuasi perusahaan terlalu mahal
  • Kebijakan ekonomi yang agresif
  • Krisis ekonomi
  • Kondisi yang tidak terduga

Ketika terjadi bearish, para investor akan menjual saham miliknya. Dengan adanya tekanan jual yang tinggi maka akan mengakibatkan harga saham mengalami kejatuhan. Sebagai seorang investor yang melihat kondisi pasar bearish maka dapat mengindikasikan bahwa indeks pasar sedang mengalami penurunan hingga 20 persen atau para investor sedang pesimis terhadap kondisi ekonomi yang lemah. 

Bearish & Bullish dalam Trading

Bearish dan bullish menjadi istilah yang sering digunakan dalam proses trading. Kedua jenis pola ini banyak digunakan sebagai patokan dalam pengambilan keputusan saat trading. Lalu bagaimana cara menyikapi jika trend tersebut muncul saat trading?

Bullish dan bearish menunjukan sikap dan keyakinan terhadap pasar saham. Ketika terlihat pola bullish maka orang akan berpikir bahwa harga akan naik. Namun pola ini harus Anda lihat dengan teliti, karena bisa saja Anda melihat pola yang salah.

Berbeda dengan bearish banyak para pemain yang akan melihat bahwa harga akan turun. Untuk itu, mereka akan menyiapkan strategi untuk memperoleh keuntungan pada kondisi tersebut. Ada yang dapat memperoleh keuntungan, tapi ada juga yang mengalami kerugian sehingga harus melakukan cut loss.

Apakah Cut Loss Solusi yang Tepat?

Cut Loss merupakan sebuah solusi yang dilakukan untuk menghindari kerugian dalam bermain saham. Metode ini dilakukan agar Anda dapat meminimalkan kerugian yang Anda alami. 

Namun, jangan salah dalam memutuskan cut loss karena dapat memberikan kerugian yang besar bagi Anda. Cara terbaiknya yaitu dengan menentukan waktu yang tepat untuk melakukan cut loss

Lalu apakah itu cut loss? Cut loss merupakan cara trading ketika Anda menjual harga saham lebih rendah dari harga beli. Tentunya, Anda akan rugi ketika melakukan cut loss namun jika Anda tidak melakukannya dapat mengakibatkan kerugian yang lebih besar.

Namun, Apakah cut loss merupakan solusi yang tepat? Nah disini kami menyediakan 3 contoh kasus ketika Anda melakukan cut loss dengan tepat.

1. Saham Terus Menurun

Jika Anda sudah memilih saham dari perusahaan yang memiliki potensi besar. Namun, karena satu dan lain hal terjadi penurunan saham secara terus menerus. Jika Anda tidak melakukan cut loss maka Anda akan mengalami kerugian besar jika saham turun lebih jauh tanpa naik kembali. Maka cut loss pilihan yang tepat untuk mengurangi kerugian.

2. Kerugian Sudah pada Batasnya

Umumnya para pemain saham telah menentukan batas kerugiannya. Ada yang menentukan batas 3% maupun 5%. Nah jika terjadi Anda mengalami kerugian melewati batas yang Anda tetapkan. Ada baiknya Anda melakukan cut loss untuk menghindari kerugian yang lebih tinggi lagi.

3. Salah memilih Saham

Jika Anda terlalu terburu-buru maka kesalahan dalam membeli saham merupakan hal yang tidak bisa dihindarkan. Apalagi saham yang Anda beli indeksnya terus meneru turun. Maka cut loss merupakan salah satu solusi yang Anda dapat pilih untuk mengurangi kerugian besar.

Danamas Pinjaman Bisnis Bantu Anda Kembangan Bisnis

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai bearish dan bullish dalam trading, hingga cut loss. Trading menjadi salah satu cara yang banyak anak muda geluti untuk mengumpulkan uang. Namun, untuk mengumpulkan uang tidak hanya dengan trading, Anda dapat memulai sebuah bisnis. Tidak punya modal bisnis? Jangan ragu karena ada Danamas yang menjadi solusi Pinjaman Online Terpercaya

Danamas adalahh platform P2P lenging pinjaman online beragunan properti yang telah mendapatkan izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan untuk membantu para pelaku UMKM mendapatkan modal usaha mulai dari Rp 50 juta hingga milyaran rupiah. Bersama Lancar by Danamas, atasi kendala Anda dalam masalah permodalan. Ajukan pinjaman Anda sekarang dengan mendaftar di aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

tapering-adalah

Apa Itu Tapering dalam Investasi, Peluang & Dampaknya Untuk Indonesia

Sebuah kebijakan yang cukup menggemparkan dunia global saat ini tapering off diperkirakan akan memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap perekonomian sejumlah negara-negara termasuk Indonesia. Rencana tapering off yang akhir-akhir ini semakin kuat digaungkan membuat pasar saham dan keuangan pun ikut bergejolak. 

Dalam dunia investasi hingga kripto juga ternyata bisa berdampak dari adanya tapering off ini. Bagi para investor penting sekali mengetahui tentang tapering off ini. Seperti yang dilansir oleh the balance.com, tapering mengacu pada penghentian atau pengurangan program tertentu oleh bank sentral di Amerika Serikat. Pada tahun 2013, pejabat The Fed, Ben Bernanke untuk pertama kalinya menggunakan istilah itu di depan kongres dan menyampaikan untuk mengurangi program pembelian obligasi yang juga dikenal sebagai pelanggaran kuantitatif atau kuantitatif isi.

Jika Anda ingin lebih tahu tentang tapering off, maka bisa simak ulasannya dibawah ini. Informasi tapering off ini akan menjelaskan pengertian hingga dampak tapering off pada investasi, kripto hingga forex dan negara Indonesia. Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda. 

Sekilas tentang Tapering

Kebijakan yang dibuat oleh Amerika yakni program pembelian obligasi sebagai pelanggaran kuantitatif ini lantas membuat perhatian banyak publik terutama Para investor. Investor khawatir dengan potensi dampak yang ditimbulkan dari kebijakan tersebut terhadap pasar. Pengurangan stimulus dinilai bisa berimbas pada runtuhnya pasar saham dan Pelemahan nilai tukar Rupiah.

Saat itu juga mengatakan bahwa penerapan kebijakan tergantung pada data yang masuk mengingat perbaikan ekonomi Amerika Serikat. Selanjutnya ia berharap pendekatan berbasis data ini bisa mendorong untuk mengurangi kuantitatif isi sebelum akhir tahun 2013. Dengan program yang berakhir seluruhnya pada tahun 2014 ini atau dilakukan secara bertahap.

Institute for development of Economics and Finance atau INDEF melihat kebijakan tapering off oleh bank sentral di Amerika Serikat The Fed akan memberikan efek samping bagi dunia usaha di berbagai penjuru dunia. Hal ini dikarenakan dunia usaha juga Tengah berjuang untuk terlepas dari dampak Resesi.

Kebijakan David ini juga akan berpengaruh pada pergerakan pasar saham. Nilai tukar Rupiah akan berpotensi melemah di awal dekat melakukan tapering off karena ada aliran modal yang keluar. Tak hanya itu, kebijakan The Fed ini juga bisa berdampak pada sektor sektor swasta yang melakukan hutang kepada mata uang Dolar Amerika Serikat. maka dari itu mereka perlu memitigasi rencana dekat ini. Hedging atau lindung nilai adalah salah satu contoh yang bisa dilakukan untuk memitigasi rencana The Fed.

Sementara itu center of economics and law studies atau serius menilai beberapa industri akan berimbas terhadap kebijakan tapering dari the fed, volatilitas akan membuat impor naik signifikan serta memukul industri manufaktur yang menggunakan bahan baku impor.

Salah satu industri yang paling terdampak adalah industri Farmasi yaitu 90% bahan bakunya merupakan bahan impor. maka harga jual produk farmasi di level konsumen pun akan ikut meningkat. Namun di sisi lain minat dana asing untuk masuk ke instrumen investasi di negara berkembang seperti Indonesia pun ikut menurun. Hal tersebut dikarenakan ekonomi Indonesia yang sudah terganggu karena pandemic sehingga akan pemulihannya lebih lambat dibandingkan dengan negara lain.

Pengertian Tapering Menurut Para Ahli

Seorang penasehat dan ahli trading forex yaitu achilles mengemukakan bahwa tapering adalah sebuah kebijakan yang bisa memberikan dampak berupa penurunan pembelian aset di pasar keuangan. Jika kondisi ini terjadi maka Bank Sentral akan kembali membuat kebijakan untuk mempercepat pembelian aset keuangan.

Ia juga menambahkan bahwa tapering Off The Fed adalah cara jitu untuk menghentikan semua kebijakan dan program stimulus moneter yang dijalankan oleh bank konvensional untuk memulihkan ekonomi. Tujuan ini adalah untuk mencegah pasar dari inflasi yang tidak terkendali dan Bubble prize atau terjadinya gelembung harga.

Kapan Tapering Off Terjadi?

Mrinalini Krishna dari The Balance menjelaskan bahwa Bank Sentral (U.S Federal Reserve) akan menerapkan kebijakan untuk mengelola stabilitas ekonomi, seperti tapering. Kebijakan ini bertujuan untuk memperlambat atau mengurangi pembelian aset saat kondisi ekonomi dinilai sudah kembali pulih atau stabil.

1. Tapering pada 2013 & 2018

Sebelumnya, kebijakan tapering juga sempat diterapkan di tahun 2013 dan 2018. Car Ludwigson, seorang Direktur Riset Manajer di Bel Air Investment Advisors mengatakan bahwa The Fed atau FOMC (Federal Open Market Committee) menaikkan suku bunga dan memicu koreksi pada -20% di pasar keuangan pada kuartal keempat di tahun 2018.

2. Tapering di 2021

Seperti dilansir oleh CNBC, beberapa ekonom juga memperkirakan The Fed akan menaikkan suku bunga di kuartal ketiga tahun 2022, sementara ada beberapa dari mereka memprediksi kenaikan suku bugan di kuartal 1 pada 2022 atau beberapa bulan lagi. Walaupun tapering off diperkirakan terjadi pada waktu dekat, namun tim riset CNBC menilai bahwa tapering kali ini akan menimbulkan taper tantrum seperti pada 2013.

Apa itu Taper Tantrum?

Taper tantrum adalah gejolak ekonomi yang terjadi setelah adanya kebijakan tapering. Istilah ini mengacu pada kepanikan investor di tahun 2013 setelah informasi tapering tersebar luas dimana para investor mulai menjual obligasi miliknya sehingga menyebabkan merosotnya harga obligasi dan peningkatan imbal hasil US Treasury.

Dampak Tapering Off Bagi Investasi 

Sebagai salah satu bentuk kebijakan moneter, tapering memiliki beberapa dampak terhadap pasar keuangan seperti Forex, kripto, dan saham. Berikut dampak tapering terhadap berbagai instrumen investasi.

Dampak Tapering Terhadap Crypto

Salah satu pendiri dan CEO spek Van metode mengungkapkan bahwa pasar crypto dan ekuitas masih tetap bully setelah FOMC mengumumkan rencana tapering off. Dari sudut pandangnya ia tidak melihat reaksiku jangka pendek pada pasar crypto aku akibat kebijakan tapering.

Selain itu, Omkar Godbole dari Coindesk melaporkan bahwa beberapa pakar crypto tidak menganggap kebijakan federalisme sebagai pemicu utama birit di pasar Bitcoin.

Dampak Tapering Terhadap Saham

Peneliti pasar keuangan Veteran markobar mengatakan bahwa orang-orang berpendapat jika peningkatan suku bunga akan menyebabkan yang lain dan dividen saham menjadi lebih rendah. namun berdasarkan hasil analisis pribadinya memperlihatkan hal sebaliknya dimana implementasi tapering The Fed akan menaikkan suku bunga atau federal yang justru membuat kinerja S&P  500 menjadi lebih baik.

Dampak Tapering Terhadap Forex

Prachi Juneja dari Management Study Guide Menjelaskan bahwa dampak tapering terhadap kurs forward bergantung pada waktu pengumuman kebijakan tersebut. Jika salah satu negara mengumumkan kebijakan tapering sedangkan negara lain tidak maka kursus Forex antar negara akan sangat berdampak.

Sebaliknya ketika beberapa negara di Amerika Serikat dan Eropa mengembangkan kebijakan tapering secara bersamaan dan pada tingkat aktivitas yang juga hampir sama, maka harga Forex mata uang di negara-negara tersebut tidak akan terlalu berfluktuasi.Dampak ini bisa diminimalkan atau ditiadakan.

Dampak Tapering Terhadap Perekonomian Global

Saat dilakukan oleh The Fed maka banyak sekali pasar keuangan dari berbagai negara ikut terdampak terutama bagi negara-negara berkembang yang pasar keuangannya masih didominasi oleh investor asing. Jika dapat melakukan tapering off maka kebijakan ini juga diikuti dengan kenaikan suku bunga yang bisa membuat banyak investor asing memilih untuk berinvestasi di Amerika Karena dinilai lebih menarik. keluarnya dana ini adalah hal yang sangat dikhawatirkan karena dapat mengganggu stabilitas pasar keuangan pada negara berkembang yang masih bergantung pada investor asing. 

Siapkan Modal Bisnis Lebih Aman di Fintech Berizin OJK!

Banyaknya dampak tapering ini bisa jadi perhatian bagi kita bahwa penting sekali untuk mempersiapkan finansial disaat yang tak terduga. Anda bisa mendapatkan pinjaman untuk dana darurat atau pinjaman bisnis untuk semakin untung dengan mengembangkan usaha dari Danamas. Fintech lending berizin OJK ini menawarkan pinjaman online terpercaya untuk modal bisnis hingga Rp 2 miliar dengan tenor fleksibel. 

Bagi Anda yang ingin lebih rinci mengetahui kisaran cicilan bisa disimulasikan di kalkulator simulasi kredit. Ada juga kalkulator pinjaman untuk cek nilai properti yang Anda jadikan agunan untuk pinjaman bisnis ini. Yuk segera download dan daftar di Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis di smartphone Anda sekarang!

Faucet-Crypto

Faucet Crypto: Definisi, Jenis, Manfaat, Situs  & Cara Kerjanya!

Anda tertarik dengan cryptocurrency? Ternyata ada metode untuk mendapatkan kripto secara gratis lho! Namanya adalah faucet crypto. Dalam dunia kripto, kini Anda bisa mendapatkan koinnya tanpa perlu beli. Koin kripto tersebut pun tidak hanya bitcoin, tetapi juga ethereum. Aplikasi faucet crypto ini sangat membantu Anda, namun tetap harus dipastikan keamanannya ya.

Belajar investasi dan kripto memang tidak ada habisnya, karena setiap waktu, tren ini akan berkembang. Maka, bagi Anda yang ingin mencoba kripto bisa dengan mudah mendapatkan koin crypto gratis melalui aplikasi gratis juga. Aplikasi ini umum disebut dengan faucet crypto. Seperti yang kita ketahui, faucet memiliki arti kran air, jadi secara makna, faucet crypto diartikan sebagai saluran yang bisa memberikan koin kripto kepada penggunanya.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lengkap tentang faucet crypto, maka diartikel inilah Anda bisa simak hingga akhir. Artikel ini akan membahas tentang pengertian faucet kripto, cara kerja faucet kripto, manfaat faucet kripto, contoh aplikasi faucet crypto hingga tips terhindar dari penipuan faucet crypto yang marak saat ini. 

Apa itu Faucet Crypto?

Faucet crypto merupakan aplikasi ataupun website yang membagikan sejumlah kecil cryptocurrency secara gratis. Imbalan ini diberikan kepada pengguna yang berhasil menjalankan tugas, misalnya menonton iklan produk, menyelesaikan kuis, mendaftar layanan, dan lain sebagainya. Imbalan yang diberikan tergantung pada banyaknya atau kompleksitas dari tugas yang diberikan. Nantinya imbalan cryptocurrency ini akan tersimpan pada dompet mikro pengguna di situs tersebut dan dapat ditukarkan apabila jumlahnya telah mencapai batas yang ditetapkan. 

Faucet crypto sendiri merupakan metode pengenalan crypto beberapa tahun lalu, ketika masih tergolong baru dan banyak orang yang belum mengetahui mengenai crypto. Beberapa orang membagikannya dengan tujuan agar banyak orang yang belajar mengenai aset digital crypto dan berinvestasi. 

Jenis Faucet Crypto

Pada faucet crypto juga terdapat banyak jenisnya. Seperti yang kita ketahui bahwa cryptocurrency pun beraneka ragam, seperti bitcoin, ethereum, altcoin dll. Berikut jenis faucet crypto yang bisa Anda ketahui.

1. Faucet Bitcoin

Faucet koin pertama yang dikenalkan pada 2010 oleh Gavin Andersen ketika kesadaran masyarakat akan keberadaan crypto masih sangat minim dan transaksi crypto juga masih jarang untuk dilakukan. Andersen menggunakan metode ini untuk mengenalkan masyarakat akan Bitcoin di awal kemunculannya. Dulu, bitcoin cukup sulit karena belum ada platform exchanges seperti sekarang ini. Maka dari itu, memberikan bitcoin secara gratis adalah strategi jitu agar orang mengenal dan menggunakannya. Pada awalnya, imbalan dari faucet bitcoin ini adalah 5 keping bitcoin dan setelah menyelesaikan tugasnya. Namun, kini imbalannya jauh lebih sedikit dan menggunakan satuan satoshi yang juga setara dengan 0,0000001 bitcoin.

2. Faucet Ethereum

Faucet ethereum memiliki cara kerja yang sama dengan faucet bitcoin, bedanya hanya token berupa ETH. Tugas yang diberikan adalah menambang data, menonton iklan, hingga menyelesaikan captcha, atau bermain game. Konsep cara kerja faucet crypto ini memiliki imbalan yang lebih banyak yakni 0,00002 Ethereum setiap sepuluh detik. Pengguna juga nantinya akan diberikan kesempatan untuk mendapatkan tambahan 20% dari besaran imbalan tersebut jika menyelesaikan tugas dengan baik dan memanfaatkan opsi referral.

3. Faucet Altcoin

Selain bitcoin dan ethereum, ada juga imbalan berupa token lainnya misalnya BNB, chailink, dan masih banyak lagi. 

4. Faucet Bitcoin Cash

Konsep pada faucet ini mirip dengan faucet bitcoin cash dimana Anda mendapatkan bitcoin cash setelah menyelesaikan tugas apapun sesuai dengan permintaan dari provider. Lalu, nantinya imbalan tersebut akan tersimpan secara otomatis pada micro wallets dan ditarik saat mencapai angka minimum penarikan. 

Cara Kerja Faucet Crypto

Cara kerjanya didasarkan pada penyelesaian misi atau tugas yang diberikan oleh pihak dari situs web. Pertamanya pengguna akan diminta untuk mendaftar faucet crypto dengan mengisi identitas diri, dan alamat dompet crypto pengguna. Setelahnya pengguna dapat memilih tugas yang ingin dikerjakan. Setelahnya pengguna akan mendapatkan imbalan, dan imbalan akan masuk ke dompet mikro secara otomatis dan online. Apabila jumlahnya sudah terkumpul melebihi batas minimum, maka imbalan bisa di transfer ke dompet crypto pengguna. 

Apakah Faucet Crypto Aman?

Faucet crypto memang menarik untuk dilakukan, namun Anda perlu berhati-hati. Beberapa analisis dan ahli mengingatkan untuk tetap waspada dengan situs faucet crypto yang memberikan bayaran tidak sepadan ataupun situs-situs palsu karena berpotensi pada penipuan, upaya phishing ataupun mencuri data identitas pengguna. Meskipun demikian, Faucet crypto dinilai cukup aman dan terjamin karena pengguna tidak perlu menyerahkan private key milik mereka. 

Manfaat Faucet Bitcoin

Sebenarnya faucet bitcoin memiliki manfaat atau tidak ya? Mungkin Anda hanya mengetahui bahwa faucet bitcoin hanya bisa memberikan koin gratis bagi Anda. Namun, ada juga manfaat faucet bitcoin lainnya, seperti berikut ini.

a. Memudahkan Mendapat Bitcoin

Dengan faucet bit, Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk menabung dan menyiapkan dana sebagai modal. Anda bisa mendapatkan secara gratis, bahkan menghemat biaya.

b. Menghindari Risiko Jual Beli Bitcoin 

Jika Anda pernah mengikuti dunia jual beli uang secara digital, maka Anda mengetahui risiko melakukan trading bitcoin, yakni keuntungan yang besar, dan juga risiko kerugian yang besar. Sebagai pemula, mendapatkan bitcoin secara cuma-cuma bisa menjadi langkah awal belajar cryptocurrency.

c. Mengenal Cara Pakai Bitcoin Secara Gratis

Faucet bisa menjadi cara untuk melindungi calon pengguna dari kerugian besar. Koin gratis ini didapat melalui faucet langsung dompet digital Anda. Artinya, secara tidak langsung Anda telah mengetahui bagaimana cara membuat dompet digital sekaligus melakukan transaksi bitcoin tanpa perlu mengeluarkan biaya. 

3 Contoh Aplikasi Faucet Crypto

Dengan berkembangnya dunia kripto dan trading, maka layanan faucet crypto juga merajalela. Selain koin seperti Bitcoin dan Ethereum, Anda juga bisa dapat jenis koin lainnya seperti Monero, ZCash atau tron. Beberapa aplikasi faucet crypto yang bisa dicoba antara lain.

a. Freebitco.in

Freebitco.in adalah situs faucet crypto terpercaya sekaligus terlama di dunia. Situs ini diperkenalkan oleh Gavin Andersen yakni seorang pengembang bitcoin. Situs ini sudah membagikan aset kripto gratis mulai dari tahun 2010 dan sudah memiliki lebih dari 35 juta pengguna secara global.

Anda perlu menekan tombol roll pada aplikasi ini setiap jam dan mengisi captcha setiap jam dan bisa mendapatkan aset kripto bitcoin. Tidak ada batasan maksimum untuk aset kripto yang didapat setiap harinya.

Selain itu, di situs ini juga memiliki referral program yang bisa memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk meningkatkan aset kripto dengan cara mengajak teman untuk bergabung. Pengguna bisa melakukan withdrawal atau payout dan mencapai saldo minimum sebesar 0,0003 bitcoin lalu bisa withdrawal.

b. Moon Bitcoin

Aplikasi faucet bitcoin lainnya adalah Moonbit Moon Bitcoin memberikan bitcoin gratis setiap 5 menit sekali lho! Aplikasi ini juga bisa memberikan referral program yang menawarkan bonus 1% untuk para pengguna aktif. Anda bisa cashout setiap 5 menit jika merupakan pengguna baru. Anda juga bisa melakukan cashout setelah bitcoin berjumlah 3 digit atau minimal 100 Satoshi dan klik “claim now”.

c. Ethereum Faucet, Litecoin Faucet

Aplikasi faucet crypto lainnya adalah Ethereum Faucet yang rewardnya diberikan berupa koin Ethereum. Beberapa faucet crypto yang memberikan reward dalam bentuk ethereum adalah ethereum-faucet.ord, fire faucet, Allcoins.pw dan dutchy CORP. Ada juga litecoin faucet yang memberikan reward dalam bentuk koin litecoin dan situsnya antara lain Moon Litecoin dan Fire Faucet.

Tips Terhindar dari Penipuan Berkedok Faucet Crypto

Jika Anda ingin mencoba peruntungan mendapatkan bitcoin atau aset kripto lainnya secara gratis dengan faucet crypto, maka perlu berhati-hati. Pasalnya, akan ada kemungkinan penipuan di situs faucet crypto yang tersebar di internet. Peniupan faucet crypto tersebut bisa saja berupa ICO, mining hingga pencurian data pribadi. Maka dari itu, Anda perlu melindungi diri dari penipuan faucet.

  • Anda harus melakukan survey dan cek lebih dalam tentang tingkat keamanan dan kepercayaan situs faucet yang ditemukan. Anda bisa menelusurinya melalui reddit atau konsultasi ke anggota komunitas aset kripto.
  • Sebagian besar, faucet crypto sudah sangat aman. Maka, Anda tidak perlu lagi menyerahkan private key saat mulai melakukan tugas. Jika ada situs yang meminta private key Anda, maka sebaiknya abaikan saja.
  • Jangan menyetor koin apapun dan berharap apapun.
  • Aplikasi faucet crypto tidak bisa membuat Anda kaya secara instan ala crazy rich. Namun, aktivitas ini bisa jadi langkah baik sekaligus menarik untuk mempelajari aset kripto tanpa resiko dan stres.

Tambah Kekayaan dengan Bisnis Cuan lewat Pendanaan Ini!

Bila Anda membutuhkan dana tambahan untuk pengembangan ekspansi bisnis. Danamas menyediakan pinjaman beragunan properti yang bisa membantu Anda mendapatkan dana mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dengan tenor yang panjang (1-10 tahun) untuk pinjaman online umkm terpercaya!Ajukan pinjaman Anda melalui website ataupun aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis. Untuk lebih memudahkan Anda, maka coba simulasikan langsung pinjaman di kalkulator simulasi kredit. Ada juga kalkulator pinjaman untuk hitung nilai aset yang dijadikan agunan properti pada pinjaman. Semua prosesnya akan lebih praktis jika Anda ajukan lewat aplikasi, download sekarang!

ara-saham

Apa ARA saham, Batas & Manfaatnya bagi Investor

Dalam dunia investasi saham, anda akan bertemu dengan berbagai macam istilah baru yang mungkin saja baru Anda dengar. Istilah tersebut perlu Anda ketahui sehingga dalam aktivitas berinvestasi saham pun akan terasa lebih mudah untuk memahaminya. Salah satu istilah yang sering ada dalam investasi adalah ARA saham dan ARB saham.

Tahun 2021 lalu, ARA saham dan ARB saham kerap kali terdengar terutama bagi anda yang menggeluti investasi saham. Salah satu yang paling banyak menjadi buah bibir adalah Bukalapak yang melakukan IPO dan resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) tanggal 6 Agustus 2021, Kemudian mengalami ARA karena lonjakan peminat dari saham perusahaan tersebut.

Dua istilah dalam dunia saham ini memiliki kaitan yang sangat erat dengan sifat saham yaitu fluktuatif. Kadang-kadang saham perusahaan mengalami ARA namun bisa saja mengalami ARB di keesokan harinya. Apa itu ARA saham & ARB saham? Bagi anda yang masih pemula, yuk pelajari lebih lanjut agar memudahkan anda ketika terjun ke dunia investasi saham. Berikut adalah penjelasannya.

Apa Itu ARA Saham?

ARA Saham adalah singkatan dari auto rejection atas yang memiliki arti yakni mekanisme perdagangan yang berlaku pada bursa saham Indonesia. Penerapan sistem ini dilakukan melalui Jakarta Automated Trading System (JATS) next-G yang memiliki fungsi untuk melayani perdagangan saham dan surat berharga.

Sistem ini bisa menangani setiap permintaan jual dan beli saham walaupun ketika saham mencapai harga tertentu sistem akan melakukan penolakan secara otomatis. Fenomena inilah yang dikenal dengan ARA. Istilah ARA adalah saat harga jual saham melebihi batas kertas yang sudah ditetapkan.

Batas ARA Dan ARB Saham 2022

Penetapan batas atas dalam bentuk persentase Bi sudah menetapkan batasan ARA saham dengan mempertimbangkan harga jual yaitu:

Harga saham acuanNilai ARA
Rp 50 – Rp 200> 35%
> Rp 200 – Rp 5000> 25%
> Rp 5000> 20%

Untuk bisa mengetahui ARA,  maka anda cukup melihat apakah saham tersebut memiliki order antrian jual atau tidak. Sebagai contoh Jika harga Samsung A10 hari kemarin adalah Rp3.000 maka berdasarkan aturan BEI, nilai ARA  dari saham tersebut adalah 25%. Maka dalam kondisi ini sistem JATS NEXT -G  akan menghitung ARA dari saham untuk perdagangan hari ini.

Berapa persen ARB? Sedangkan untuk ARB, harga saham acuannya mulai dari Rp 50 – Rp 200, batas turun ARB dalam sehari yaitu 7%. Untuk harga saham mulai dari Rp 200 – Rp 5.000, batas turun dalam sehari 7%. Kemudian harga saham >Rp 5.000, batas turun dalam sehari adalah 7%. 

Hal yang perlu anda perhatikan adalah, pembatasan auto rejection khusus saham IPO atau baru listing, memiliki besaran 2x lebih besar dari persentase. Berlaku untuk pembelian saham maksimal 50.000 lot atau 5% dari jumlah efek yang tercatat (lihat yang lebih kecil). Jika lebih, maka bisa terkena auto rejection. Sejak pandemi di Indonesia, besaran ARB ada perubahan menjadi 7%.

Pengertian ARB Saham

ARB saham adalah auto rejection bawah yang dipakai untuk menentukan batas minimum penurunan harga sebuah  saham. Maka ketika nilai saham sudah mencapai ARB, maka sistem akan melakukan penolakan untuk semua order pembelian. Dalam kondisi normal pihak BEI menetapkan nilai ARB berkisar antara 20% sampai 35%. Sebagai contoh saat perusahaan a dijual dengan harga Rp5.000 pada penutupan bursa saham kemarin maka batas arb adalah sebesar 7%. Dengan begitu usaha memiliki ARB sebesar Rp 4.650 dan jika ada penurunan harga pada titik tersebut maka sistem akan otomatis menolak order pembelian.

Manfaat ARA Saham

Ternyata Auto reject Atas saham memiliki manfaat bagi para investor dan perusahaan. Manfaat adanya ARA saham adalah memastikan agar harga tidak naik terus menerus tanpa batasan. Berikut adalah manfaat yang dirasakan oleh investor dan perusahaan:

a. Manfaat Bagi Investor

Manfaat ARA bisa dirasakan oleh para investor atau trader karena mereka akan mendapatkan keuntungan saat ia membeli saham dalam batas bawah lalu menjualnya kembali saat harga berada di batas atas. Anda bisa merasakan manfaat ini jika sudah memiliki kemampuan analisa dan penetapan strategi di pasar saham. Kehadiran sistem ARA dan ARB pada saham akan tampak dari kemampuannya dalam memberikan jaminan kepada trader sehingga mendapatkan saham dengan harga yang normal serta pada periode yang sudah ditentukan. 

b. Manfaat Bagi Perusahaan

ARA saham juga memiliki manfaat bagi perusahaan yaitu nilai saham akan terlindungi. Untuk ARA saham manfaatnya adalah bisa mencegah nilai sama jelas secara ekstrim sehingga hal ini bisa menyebabkan kerugian yang dialami oleh perusahaan. Maka dari itu sistem ini bisa meminimalisir kerugian tersebut.

Ciri Saham ARA

Anda bisa melihat di kolom offer (jual), kalau sudah tidak ada lagi aktivitas antrian order. Agar lebih mudah dipahami, berikut adalah contohnya:

  • Saham Kencana melakukan penutupan harga di angka Rp 3.000 di tanggan 18 September 2022
  • Batasan auto rejection di harga saham tersebut adalah sebesar 25%
  • Kenaikan harga saham Kencana di tanggal 19 September 2022 maksimal adalah: Rp 3.000 + (Rp 3.000 x 25%) = Rp 3.750.
  • Bila saham Kencana sudah melampaui harga Rp 3.750, maka saham Kencana akan terkena ARA.

Cara Jual Saham ARB

Selama perdagangan ARB dihentikan, jelas kalau anda tidak akan bisa mengirim order jual ataupun beli. Tapi ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk menjual saham ARB. Untuk lebih rincinya, berikut adalah penjelasannya:

a. Banting Harga di Pasar Negosiasi

Untuk saham yang terkena ARB di pasar reguler, mungkin masih bisa diperdagangkan di pasar negosiasi. Namun, yang perlu diperhatikan adalah transaksi di pasar negosiasi ini tidak bisa dilakukan menggunakan platform trading saham biasa. Anda perlu menghubungi broker (perusahaan sekuritas) secara khusus menggunakan email atau telepon untuk menawarkan saham ARB dengan harga tertentu.

Biasanya harga tersebut jauh lebih murah bila dibandingkan dengan yang tertulis di order book pasar reguler. Perlu diingat kalau saham ARB ini sedang mengalami sentimen jual dahsyat, sehingga membuatnya sulit laku dengan harga pasar yang wajar.

Solusi ini bisa dipilih jika ARB terjadi di saham-saham yang memang sudah tidak punya masa depan lagi. Sehingga anda memilih untuk cut loss daripada semua modal habis akibat saham tidur di level gocap atau malah delisting. Tapi, jika saham tersebut masih memiliki harapan untuk pulih, pilihan ini kurang tepat dilakukan.

b. Menunggu Hari Perdagangan Berikutnya

Biasanya penghentian perdagangan ARB hanya terjadi satu hari saja. Jadi anda bisa berusaha menjualnya lagi di hari perdagangan selanjutnya. Namun, ada kemungkinan saham mengalami ARB lagi, jadi anda perlu memasukkan order jual saham mulai dari awal pembukaan pasar. Dengan menggunakan skenario ini, mungkin harga yang didapatkan lebih rendah bila dibandingkan harga saham di hari sebelumnya, tapi potensinya lebih tinggi daripada harga di pasar negosiasi.

c. Menunggu Berakhirnya Pergolakan Pasar

Biasanya fluktuasi harga saham yang sangat besar berlangsung selama beberapa hari. Untuk menghindari adanya panik jual, anda dapat menunggu hingga pergolakan reda. Saham dengan fundamental baik yang mengalami ARB karena kemelut sejenak, biasanya akan pulih kembali dalam jangka waktu panjang. Sehingga pilihan alternatif tersebut bisa dilakukan. Tapi, solusi tersebut dirasa kurang sesuai untuk “saham gorengan” yang mengalami ARB karena bandarnya lepas tangan.

Ketentuan Saham ARA ARB

Saham-saham yang berasal dari perusahaan domestik dan sudah go public atau IPO akan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia atau BEI. BEI ini memiliki sistem yang bisa mengatur perdagangan saham agar berjalan lancar, termasuk untuk menentukan ARB dan ARA, yaitu Jakarta Automated Trading System (JATS). Berdasarkan ketentuan di bawah ini, pergerakan harga saham setiap hari di perdagangan saham bisa mencapai ARA, yaitu:

  • Penawaran publik perdana atau pertama kali (Initial Public Offering/IPO)
  • Cum date adalah tanggal akhir untuk memiliki saham dan bisa memperoleh hak karena adanya aksi korporasi yang dilakukan pihak emiten
  • Adanya rilis berita positif mengenai ekspansi, akuisisi bahkan proyek baru
  • Adanya rilis laporan keuangan dan laporan tahunan. Tentu karena di dalamnya terdapat catatan kalau di laporan tersebut tertulis mengenai keuntungan yang dianggap memuaskan.

Supaya pergerakan harga saham tidak naik atau turun secara drastis dalam waktu satu hari, maka BEI menetapkan auto rejection seperti yang sebelumnya sudah ada di Keputusan Direksi Nomor Kep-00023/BEI/03-2020. Berikut adalah rinciannya:

  • Batas peningkatan dan penurunan 35% dalam waktu satu hari untuk harga saham yang memiliki harga antara Rp 50 – Rp 200 per lembar saham
  • Batas peningkatan dan penurunan 25% per hari untuk harga saham rentang Rp 200 – Rp 5.000
  • Batas peningkatan dan penurunan 20% untuk harga saham di atas Rp 5.000.

Dalam penetapan auto rejection, ada catatan khusus yang lebih bersifat situasional, yaitu:

  • Khusus saham yang sudah IPO atau baru masuk ke dalamnya, maka batasannya 2x dari persentase auto rejection
  • Beli harga saham paling banyak yaitu 50.000 lot atau 5% dari jumlah efek yang telah tercatat. Apabila lebih dari itu, maka akan kena auto rejection
  • Selama masa pandemi berlangsung, ARB diubah menjadi 7% atau auto reject simetris. Hal itu bertujuan untuk menahan penurunan harga saham dan Indeks Harga Saham Gabungan secara signifikan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Saham ARA

Jangan asal beli ARA saham? Ketika anda ingin membeli Saham ARA, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Terutama bagi anda yang masih pemula dan awam dengan ARA, sebaiknya memahami poin-poin di bawah ini. Yuk lihat penjelasannya!

Analisis Perbandingan Harga Tawar Dan Harga Wajar

Harga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih emiten. Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang anda punya dan mengetahui hingga membandingkan harga yang wajar dalam membeli saham. Untuk membantu maka anda bisa mengetahui Berapa harga wajar atau diskon tertentu dari emiten tersebut sehingga Anda bisa melakukan perhitungan singkat dari nilai BVPS atau Book Value Per Share dari setiap saham.

Cari Tahu Besar Market Cap Dari Emiten Yang Diminati

Anda bisa mengetahui besarnya market cap dari saham yang anda incar. Market cap adalah kapitalisasi pasar yang menunjukkan besaran dana yang perlu dikeluarkan Jika anda ingin membeli semua saham dari suatu perusahaan. Semakin besar market cap pada sebuah perusahaan maka fundamentalnya juga akan semakin baik. Umumnya perusahaan dengan market besar tergolong maju dan berkembang saat berada di deretan first liner atau blue chip.

Tingkat kemampuan sebuah perusahaan untuk menghasilkan keuntungan

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah dengan melihat seberapa tinggi Tingkat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan saham.

Keuntungan dari investasi saham bisa berupa capital gain atau dividen. Namun tidak semua perusahaan membagikan dividen secara terstruktur pada investornya maka dari itu sebaiknya melakukan riset terhadap sebuah saham sebelum membelinya.

Ketahui Prospek Perusahaan Di Masa Depan

Anda anda perlu di masa depan lalu Anda perlu melihat prospek dan peluang sebuah perusahaan Bagaimana di masa yang akan datang. Saham yang memiliki prospek jangka panjang serta sesuai dengan tujuan investasi. Sebaliknya anda perlu mempertimbangkan saham yang tidak memiliki prospek tersebut serta tidak sesuai dengan tujuan investasi.

Analisis Fluktuasi Saham

Sebelum Anda membeli saham yang terkena ARA sebaiknya cek juga status fluktuasi saham secara berkala. Umumnya saham yang terkena Ara diminati oleh investor karena mereka bisa dengan cepat menganalisis semua perubahan. Maka anda bisa cek faktor apa saja yang mempengaruhi kenaikan serta penurunan harga saham seperti kondisi politik ekonomi dan lain-lain.

Kejar Untung Maksimal dengan Modal Usaha Paling Aman!

Dengan mengetahui pengertian ARA Saham, maka Anda kini bisa lebih mengenal dunia saham lainnya. Saat Anda ingin mencoba hal baru seperti investasi saham, maka penting untuk memahami hal-hal seperti istilah tersebut, seperti saat Anda masuk ke dunia bisnis, dimana akan ada banyak hal baru serta tantangan di depan mata. Tantangan tersebut termasuk seperti kurangnya modal usaha. Modal usaha bisa terpenuhi dengan adanya pinjaman dari Danamas. Danamas bisa jadi solusi modal bisnis Anda dengan pinjaman dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar. Pinjaman online OJK bunga rendah 2021 ini adalah pilihan tepat untuk modal bisnis agar menjadi lebih untung.

Masa tenor yang diberikan cukup lama, mulai dari 1 hingga 10 tahun. Tentu saja dengan bunga efektif rendah yaitu mulai 15,25% per tahunnya. Maka tak perlu khawatir akan mengurangi pendapatan anda. Yuk coba simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman di website Danamas. Agar akses bisa diakses kapanpun, download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis dari smartphone segera! Untuk info lebih lengkap klik DISINI!