Apa-itu-tradingview

Dalam melakukan aktivitas investasi maupun trading anda perlu ilmu yang cukup sehingga mampu melewati berbagai rintangan yang akan dihadapi di depan Anda. Pasalnya saat melakukan trading anda akan menemui berbagai rintangan atau hal-hal yang mungkin tidak terduga sehingga penting sekali untuk mengetahui berbagai ilmu dasar yang bisa  memberikan Anda pengetahuan baru seperti melakukan trading view.

Investor pemula penting untuk mempelajari seluk beluk tentang trading jika mereka berencana untuk menjadi seorang trader. Salah satu platform sosial trading yang populer adalah Tradingview. Tradingview adalah salah satu faktor social trading yang bisa memberikan berbagai manfaat bagi trader dalam menganalisis saham hingga crypto.

Di artikel ini akan membahas tentang apa itu trading view, manfaat tradingview bagi pemula, kelebihan dan kekurangan tradingview, fitur yang digunakan fitur yang ada pada tradingview, hingga cara menggunakan tradingview yang tepat. untuk itu anda bisa simak penjelasannya di artikel ini nggak akhir.

Apa Itu Tradingview?

Tradingview adalah tempat dimana para investor, pedagang, pendidik, dan penggemar pasar dapat menjalin komunitas, terhubung, berbagi ide dan berbicara mengenai pasar. Menggunakan tradingview tentunya dapat meningkatkan pengetahuan Anda mengenai pasar, metode dan memungkinkan Anda untuk memiliki keterampilan mengenai trading. Adapun tradingview ini dapat membantu sebagai alat analisis teknis yang membantu investor maupun trader mengambil keputusan jangka panjang.

Bagi trader, tradingview memungkinkan mereka untuk mendaftar atau membuat akun chart dari berbagai pasar finansial termasuk indikator teknikal nya menyusun setup trading membuat thread yang berisi ide-ide seputar trading dan berdiskusi dengan trader lain dalam wadah yang sudah disediakan.

Manfaat Tradingview Bagi Pemula

Tradingview memiliki berbagai manfaat bagi investor atau trader pemula. Hal ini karena tradingview bisa membantu menunjang aktivitas trading anda menjadi lebih baik dan optimal. Hal ini terjadi karena tradingview memiliki fitur-fitur yang canggih dan sangat membantu aktivitas para trader. Apa saja tradingview bagi pemula berikut ulasannya.

a. Membantu penentuan Open Posisi

Tradingview membantu untuk melakukan open posisi yaitu memilih titik yang paling tepat tentang kapan dan dimana untuk masuk ke dalam perdagangan. Memilih titik open posisi yang bagus bisa mempengaruhi pada tingkat pengembalian dan keuntungan anda dari perdagangan tersebut.

b. Membantu Penentuan Stop-Loss

Stop loss adalah order penjualan yang dilakukan oleh investor atau trader saat instrumen investasi seperti saham dan crypto yang dibelinya mengalami penurunan hingga angka tertentu. Untuk menghindari kerugian yang berlanjut. Untuk itu, tradingview membantu dalam penentuan batas upload sesuai dengan kemampuan modal anda untuk menoleransi resiko.

c. Membantu Melihat Tren

Tradingview mampu mengidentifikasi mengidentifikasikan tren jangka panjang dari sebuah instrumen investasi yang akan anda beli, sehingga Anda tidak akan berinvestasi jika instrumen tersebut tidak menjanjikan keuntungan ataupun akan mendatangkan resiko yang cukup tinggi.

d. Rubrik Ide Trading

Tradingview bisa menampung ribuan ide trading dari para penggunanya. Untuk memudahkan anda dalam mengakses maka tradingview sudah mengorganisir trading ke dalam beberapa kategori berdasarkan indikator tertentu seperti analisis trend dan indikator teknikal.

Kelebihan dan Kekurangan Tradingview

Sebagai salah satu platform social trading, tradingview Memiliki kelebihan dan kekurangan. kelebihan dan kekurangan pada tradingview ini bisa jadi pertimbangan bagi anda untuk melakukan analisis trading melalui platform trading view ini. berikut kelebihan dan kekurangan tradingview untuk Anda ketahui. 

A. Kelebihan Tradingview

Tradingview memiliki kelebihan yang bisa anda rasakan sesaat mendaftar di platform tersebut. Seperti yang kita ketahui, tradingview bisa digunakan dalam mode free dengan fitur gratis yang terbatas. Berikut kelebihan tradingview yang bisa Anda rasakan manfaatnya.

  1. Harga Paket Terjangkau

Tradingview dapat diakses melalui aplikasi maupun melalui web dengan tools dan dengan fitur serupa.

  1. Menyediakan Analisis Teknikal

Kelebihan dari tradingview adalah mampu menyediakan platform analisa teknikal dari berbagai pasar dengan dukungan alat pelengkap. Alat-alat tersebut seperti pilihan time frame, indikator, pola chart, dll.

  1. Terdapat Layanan Gratis

Platform trading view memfasilitasi penggunanya dengan berbagai fitur dasar yang bisa menggunakan pengguna aktif secara gratis. Sementara itu trader yang ingin memanfaatkan semua fasilitas secara optimal juga tersedia pilihan biaya langganan. Biaya langganan tradingview berkisar US$ 14,95 hingga US$ 59,95 per bulan atau sekitar Rp 215.000 hingga Rp 862.000 tergantung tipe layanan.

  1. Tempat Untuk Berdiskusi

Trading trading tidak hanya platform untuk menganalisis pergerakan harga di pasar tetapi juga dimanfaatkan sebagai tempat diskusi dengan para trader di seluruh dunia.

  1. Menyediakan Alat Trading Yang Lengkap

Untuk menunjang kinerja para trader maka tradingview menawarkan berbagai alat trading yang bisa di bookmark untuk mendapatkan info pasar terbaru seperti berita hingga performa sebuah aset.

  1. Memiliki Sistem Pembuatan Skripsi Sendiri

Tradingview memiliki sistem pembuatan script sendiri bernama paint editor, sehingga semua member Bisa menciptakan trading otomatis atau indikator sendiri.

  1. Bisa Menguji Strategi

Kelebihan dari trading file lainnya adalah bisa menguji strategi di mana strategi trading yang terpasang pada chart melalui fasilitas strategi tester. 

  1. Memiliki Fitur Alerts

Fitur ini berfungsi sebagai pengingat Jika harga mencapai level target tertentu maka sangat terbantu untuk para trader Saat ingin melakukan trading. 

B. Kekurangan Tradingview

Selain dari kelebihan tradingview, ada juga kekurangannya. Kekurangan tradingview ini bisa merugikan anda sebagai trader pemula karena akan ada beberapa hal yang menghambat anda untuk bisa mempelajari dunia trading. Berikut kekurangan tradingview yang bisa anda ketahui.

  1. Memicu FOMO

Pemula yang baru terjun akan kebingungan apabila banyak trader yang memberi masukan berbeda-beda serta pendapat yang mungkin bertentangan. Maka dari itu pemula sebaiknya tetap cermat dan tidak sepenuhnya mengandalkan saran dari trader lain. 

  1. Berbayar

Walaupun ada banyak fitur gratis pada tradingview namun jika anda ingin naik level, Maka anda perlu membayar beberapa fitur yang dibutuhkan. Maka dari itu bagi beberapa orang ingin naik level hal ini bisa menghambat mereka.

  1. Broker Terbatas

Kelemahan lainnya dari tradingview adalah terbatasnya Broker yang bekerjasama dengan platform ini. Selain itu data dari pasar modal broker juga dinilai kurang akurat dan sering mengganggu aktivitas para anggota.

Fitur yang Dimiliki Tradingview

Tradingview memiliki beberapa fitur yang bisa membantu penggunanya dalam menganalisa dan belajar tentang trading. fitur-fitur pada tradingview ini bisa didapat jika anda member berbayar ataupun member gratis. Apa saja fitur dari tradingview, berikut ulasannya. 

a. Chart Harga

Chart pada trading view adalah menu utama dan di halaman ini anda akan melihat tampilan grafik batang sederhana yang memiliki warna hitam putih dengan keterangan minimalis. Namun jika anda mengklik “see more on advice chart” di bagian kanan atas maka akan dibawa menuju ke grafik yang lebih lengkap dengan indikator keterangan yang juga komprehensif. Bisa cek volume perdagangan dengan menambahkan berbagai indikator ke dalam chart tersebut. Maka bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan. 

b. Market Screener

Salah satu fitur tradingview yang cukup penting adalah market screener atau penyaring pasar. Fitur market cleaner berfungsi untuk menyaring ribuan aset yang terindeks pada tradingview sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan oleh pengguna yang nantinya akan ditampilkan kembali dalam versi yang sudah terpilih.

c. Heatmaps

Pada fitur tradingview juga terdapat heatmaps untuk saham dan cryptocurrency. Sendiri adalah data visual yang berupa warna-warna untuk menunjukkan kekuatan aset atau perusahaan secara real-time. 

d. Server Side Alerts

Support dan resisten adalah dua hal yang cukup penting untuk diamati dalam perdagangan aset agar anda bisa memiliki kans besar untuk memperoleh pendapatan. Namun jika aset yang anda miliki sudah cukup banyak dan anda bisa mengecek lalu menentukan level support dan resisten untuk masing-masing aset pekerjaan yang cukup memakan banyak waktu. Tradingview memahami anda dan memberikan fitur server side alerts yaitu fitur untuk mengatur peringatan harga pada masing-masing aset dan mengirimkan pemberitahuan jika aset sudah mencapai target harga yang ditentukan. Fitur ini tentu akan menghemat waktu anda dan pikiran daripada harus terus-menerus memantau grafik setiap saat.

e. Indikator Teknikal

Fitur penting lainnya dari tradingview adalah indikator teknikal yang bisa ditampilkan bersamaan saat Anda mengamati chart. Indikator teknikal ini bisa membantu Anda dalam membaca pergerakan trend pasar yang sederhana maupun kompleks, Selain itu bisa menelusuri osilator seperti RSI, MACD dan Stochastic hingga menyajikan analisis pivot.

f. Komunitas

Fitur lainnya dari tradingview adalah platform Idea and Community. Fitur ini adalah sebuah rubrik untuk bertukar ide asumsi ataupun tips seputar trading. fitur ini sangat membantu trader terutama pada trader pemula untuk menjalin komunikasi dan koneksi dengan trader lainnya yang lebih senior. Diskusi antar trader juga sangat bermanfaat untuk memetakan manajemen risiko dalam membuat rencana perdagangan dan mempelajari jurus jurus trading trading dari ahlinya. 

Cara Menggunakan Tradingview

Cara menggunakan tradingview ini bisa memandu Anda untuk melihat atau menganalisis kripto maupun saham. Agar lebih jelas seperti apa penggunaan tradingview, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mendaftar di halaman resmi tradingview. Untuk mendaftar tradingview Anda bisa memilih “get started” di pojok kanan atas. lalu akan muncul tampilan yang memuat berbagai paket yang bisa dibeli. Anda bisa memilih paket yang sesuai dengan budget dan kebutuhan.
  • Jika Anda belum memiliki cukup budget maka bisa mencoba terlebih dahulu dengan mengklik “try free basic” untuk mencoba fitur-fitur tradingview gratis.
  • Jika sudah mendaftarkan diri maka anda bisa langsung menggunakan fitur-fitur tradingview sesuai dengan jenis paket yang dipilih. Anda perlu mengetahui bahwa masing-masing paket menawarkan fitur yang berbeda juga.
  • Pada tampilan awal tradingview terdapat menu yang bisa dipakai seperti chart, market, screener dan Community.
  • Jika Anda memilih menu live stream maka akan muncul berbagai sesi kelas online yang bisa diikuti kapan saja. 
  • Menu “trade ideas” adalah tempat dimana anda bisa berdiskusi terkait dengan strategi yang dipakai dan mendapatkan feedback dari trader ataupun investor.
  • “Chart analysis” dan “Beyond Technical Analysis” dipakai untuk melihat Analisis terhadap kondisi perdagangan berdasarkan indikator yang sudah ditetapkan. Namun jika anda ingin membuat indikator custom maka bisa gunakan menu scripts. 

Nikmati Keuntungan dari Bisnis Berkembang dengan Modal Ini!

Salah satu hal yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis adalah modal usaha. Namun, untuk bisa mendapatkan modal usaha yang tepat dan aman sungguh sulit, maka Anda perlu teliti saat mengajukan pinjaman. Pinjaman bisnis bisa Anda dapatkan lebih aman di Danamas. Fintech lending berizin OJK, Danamas ini bisa memberikan pinjaman beragunan properti untuk modal usaha. 

Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar dengan tenor panjang dan bunga yang kompetitif. Pengajuan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis. Lebih mudah dan tepat jika Anda simulasikan cicilan dengan kalkulator simulasi kredit. Selain itu, cek juga nila properti yang ingin Anda jadikan agunan di kalkulator pinjaman. Ajukan pinjaman online terpercaya dan aman ini hanya di Danamas.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

AUM-adalah

Apa itu AUM Reksadana? Fungsi Bagi Investor & Minimal AUM

Jika anda ingin berinvestasi maka sebaiknya pelajari dulu serba-serbi tentang investasi karena memilih instrumen investasi tidak boleh sembarangan. Seperti yang kita ketahui b

Pengertian-Yield-To-Maturity

Apa Itu Yield to Maturity? Jenis & Cara Hitung

Ada banyak istilah di dunia investasi yang terkadang perlu memahami kembali, terlebih lagi jika Anda ingin mencoba berinvestasi bagi pemula. Salah satu istilah yang sering dik

Faucet-Crypto

Faucet Crypto: Definisi, Jenis, Manfaat, Situs  & Cara Kerjanya!

Anda tertarik dengan cryptocurrency? Ternyata ada metode untuk mendapatkan kripto secara gratis lho! Namanya adalah faucet crypto. Dalam dunia kripto, kini Anda bisa mendapatk