apa itu sun

Dalam investasi dikenal dengan salah satu instrumen nya yaitu SUN (surat utang negara). Surat utang negara di minati oleh banyak masyarakat karena memiliki faktor yang tepat bagi pemula. Jika anda ingin mengetahui tentang SUN  atau surat utang negara maka simak artikel berikut ini:

Apa itu SUN

(SUN) Surat utang negara adalah surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah. Surat utang negara ini umumnya dipakai oleh pemerintah untuk membiayai kebutuhan anggaran pemerintah seperti menutup defisit anggaran pendapatan dan belanja negara atau APBN. Keberadaan surat utang negara ini diatur oleh undang-undang Nomor 24 Tahun 2002 yang terdiri dari surat perbendaharaan negara atau SPN dan obligasi negara atau ORI. Surat utang negara bisa dimiliki oleh investor melalui Pasar Perdana atau pasar sekunder. Pasar Perdana adalah kegiatan penawaran dan penjualan surat utang negara untuk pertama kalinya sedangkan pasar sekunder adalah kegiatan perdagangan surat utang negara yang sudah dijual di Pasar Perdana.

Jenis SUN (Surat Utang Negara)

Sesuai dengan undang-undang nomor 24 tahun 2002 maka ada beberapa jenis surat utang negara antara lain:

  • Surat Perbendaharaan Negara atau SPN

Surat perbendaharaan negara adalah surat surat utang negara yang berjangka waktu maksimal 12 bulan dengan pembayaran bunga secara diskonto.

  • Obligasi Negara

Obligasi negara adalah surat utang negara yang memiliki jangka waktu lebih dari 12 bulan dengan kupon atau pembayaran bunga secara diskonto.

  • Obligasi Ritel Indonesia Atau ORI

Obligasi negara yang diperdagangkan secara ritel adalah obligasi ritel Indonesia. Tujuan dari diterbitkannya ori adalah untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat atau investor siaran langsung memiliki dan memperdagangkan secara aktif dalam perdagangan obligasi negara. 

  • Saving Bond Ritel Atau SBR

SBR adalah turunan dari ori yang memiliki sifat mirip dengan tabungan atau deposito Bank bagi masyarakat ritel. Umumnya tenor dari saving bond ritel tidak terlalu panjang seperti sbr003 yang memiliki tenor 2 tahun.

apa itu sun

Siapa Yang Bisa Membeli Surat Utang Negara?

Surat utang negara bisa dimiliki oleh investor secara perseorangan maupun institusional selama mereka adalah warga negara Indonesia yang bisa dibuktikan dengan melampirkan KTP saat pembelian. Surat utang negara juga bisa didapatkan melalui Pasar Perdana atau pasar sekunder.

Bagaimana Bentuk Fisik Surat Utang Negara?

Surat utang negara bisa diterbitkan dalam bentuk fisik ataupun tidak yaitu bentuk warkat ataupun tanpa warkat atau scripless. Surat utang negara yang beredar bisa diterbitkan dalam bentuk yang bisa diperdagangkan ataupun tidak diperdagangkan. Surat utang negara yang berbentuk tanpa warkat maka investor tidak perlu khawatir saat membelinya dan berinvestasi barang yang tidak terlihat karena ada bukti pembelian nya seperti invoice. bukti ini nantinya bisa dipakai untuk pencairan dana pokok investor saat sudah jatuh tempo.

Tujuan Diterbitkannya Surat Utang Negara

Surat utang negara diterbitkan untuk beberapa tujuan antara lain:

  • Membiayai defisit APBN
  • Menutup kekurangan kas jangka pendek
  • Mengelola portofolio utang negara.

Pemerintah nantinya berwenang untuk menerbitkan surat utang negara setelah mendapat persetujuan oleh DPR yang sudah disahkan dalam kerangka pengesahan APBN dan sudah berkonsultasi dengan Bank Indonesia.

Siapa Yang Mengelola Surat Utang Negara

Pihak yang mengelola surat utang negara adalah Direktorat Jenderal pengelolaan utang atau DJPU. DJPU memiliki tugas yang terkait dengan pengelolaan surat utang negara seperti menyiapkan perumusan dan pelaksanaan kebijakan pengelolaan yang meliputi beberapa hal antara lain:

  • Perencanaan struktur portofolio yang optimal
  • Pelaksanaan penerbitan
  • Penjualan dan pembelian kembali serta penukaran
  • Pengelolaan risiko portofolio surat utang negara
  • Pengembangan infrastruktur dan institusi pasar surat utang negara

Publikasi informasi tentang pengelolaan surat utang negara melalui kebijakan teknis yang sudah ditetapkan oleh Direktur Jenderal.

apa itu sun

Manfaat Surat Utang Negara Bagi Investor

Surat utang negara adalah salah satu cara investasi yang memiliki risiko bebas atas gagal bayar. Surat utang negara bisa memberikan peluang bagi investor untuk melakukan diversifikasi portofolio nya untuk memperkecil resiko investasi. Adapun tingkat keuntungan dari investasi ini sebagaimana pada obligasi yang bersumber dari penghasilan kupon atau bunga dan potensi kenaikan harga atau capital gain dari harga obligasi.

Surat utang negara adalah instrumen investasi yang bebas risiko gagal bayar dikarenakan pembayaran bunga dan pokoknya dijamin oleh undang-undang surat utang negara. Maka dari itu di tiap tahunnya pemerintah menganggarkan pembayaran kupon ataupun pokok surat utang negara dalam APBN. Produk dari surat utang negara seperti obligasi bisa dijadikan sebagai agunan dan bisa dijual setiap saat jika investor membutuhkan dana.

Cara Membeli Surat Utang Negara

Jika masyarakat mau membeli surat utang negara secara online maka bisa melalui website www.kemenkeu.go.id ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk membeli surat utang negara sebagai berikut:

  •  Pendaftaran

Pemerintah akan memfasilitasi bagi calon investor untuk bisa membeli surat utang negara secara online melalui halaman penyedia surat utang. Pada tahap pendaftaran maka anda perlu menyiapkan identitas pribadi seperti KTP, nomor rekening bank, nomor single investor identification atau SID dan nomor rekening surat berharga.

Single investor identification atau SID berupa kode tunggal yang diterbitkan oleh kustodian Sentral Efek Indonesia atau KSEI. Peran yaitu sebagai lembaga penyimpanan dan penyelesaian.

  •  Pemesanan

Setelah anda melakukan pendaftaran maka anda akan melakukan pembelian. Namun sebelum membeli seri surat utang negara Anda perlu memastikan dengan membaca ketentuan serta informasi yang tertera seperti contoh saat Anda membeli ori 021 dan memesan seri tersebut saat masa penawaran.

apa itu sun
  •  Pembayaran

Langkah ketiga yaitu dengan melakukan verifikasi pemesanan. jika pembayaran berhasil maka anda bisa mendapatkan kode pembayaran lewat SMS atau email. Kode ini tercantum sesuai kebijakan dan masing-masing distribusi. Selanjutnya pembayaran bisa dilakukan melalui ATM internet banking teller pos atau Mobile Banking.

  • Konfirmasi

Maka selanjutnya adalah dengan mengkonfirmasi pembayaran. Anda akan mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Negara atau NTPN yang nantinya akan diinformasikan tentang pemberitahuan pemesanan selesai sesuai tanggal 1 setelmen atau penerbitan.

Sudah memutuskan ingin beli instrumen investasi mana? SUN mungkin bisa jadi pilihan Anda yang memiliki profil risiko rendah namun tetap ingin mendapatkan keuntungan. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan lebih, bisa juga dengan berinvestasi sembari mengembangkan bisnis dengan pinjaman modal usaha dari Danamas. Kemudahan ini bisa Anda dapatkan melalui akses aplikasinya di smartphone Anda.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

AUM-adalah

Apa itu AUM Reksadana? Fungsi Bagi Investor & Minimal AUM

Jika anda ingin berinvestasi maka sebaiknya pelajari dulu serba-serbi tentang investasi karena memilih instrumen investasi tidak boleh sembarangan. Seperti yang kita ketahui b

Pengertian-Yield-To-Maturity

Apa Itu Yield to Maturity? Jenis & Cara Hitung

Ada banyak istilah di dunia investasi yang terkadang perlu memahami kembali, terlebih lagi jika Anda ingin mencoba berinvestasi bagi pemula. Salah satu istilah yang sering dik

Faucet-Crypto

Faucet Crypto: Definisi, Jenis, Manfaat, SitusĀ  & Cara Kerjanya!

Anda tertarik dengan cryptocurrency? Ternyata ada metode untuk mendapatkan kripto secara gratis lho! Namanya adalah faucet crypto. Dalam dunia kripto, kini Anda bisa mendapatk