Apa itu deposito berjangka

Di perbankan, terdapat banyak jenis deposito yang bisa anda ambil. Salah satu contoh dari deposito tersebut adalah deposito berjangka. Di artikel ini, kami akan membahas tentang deposito berjangka. Simak penjelasannya dibawah ini yuk!

Apa itu Deposito Berjangka

Apa itu deposito berjangka

Deposito berjangka merupakan sebuah deposito yang memiliki jangka waktu. Deposito memiliki jumlah setoran awal yang harus dibayarkan terlebih dahulu. Setoran awal Deposito Berjangka bisa dimulai dari 8.000.000. Nilai ini berlaku untuk semua jenis deposito, termasuk yang berjangka.

Jangka waktu dari deposito berjangka ini biasanya mulai dari 3,6 sampai 12 bulan. Meskipun deposito tersebut adalah milik anda, deposito tipe ini tidak bisa diambil sampai jangka waktu yang sudah ditentukan. 

Manfaat Deposito Berjangka

Berikut adalah beberapa manfaat yang anda bisa terima ketika mendaftar di Deposito Berjangka: 

  1. Deposito berjangka dapat dijadikan investasi di waktu yang jauh
  2. Hanya perlu membayarkan setoran awal, dan anda sudah bisa menikmati hasil deposito tersebut di jangka waktu yang telah ditentukan
  3. Menambah setoran juga bisa menambah setoran yang anda miliki. Setoran ini bisa menjadi lebih besar ketika anda mengambilnya di akhir periode deposito berjangka 
  4. Deposito berjangka menawarkan bunga antara 3-5% per tahun. Terkadang, deposito berjangka memiliki bunga yang lebih dari 5% juga.
  5. Deposito berjangka tidak terlalu beresiko karena tidak terpengaruh oleh pergerakan pasar. 

Bunga Deposito Berjangka

Bunga deposito berjangka memang memiliki bunga yang serupa dengan bunga deposito biasa. Namun yang membedakan adalah bunga deposito berjangka memiliki bunga yang berbeda jika dilihat dari waktu. Berikut adalah sebuah daftar bunga deposito berjangka dari beberapa bank yang ada, dilansir dari situs Tirto.id.

Apa itu deposito berjangka
Sumber: Tirto.id

Jika dilihat dari infografis diatas, tenor deposito berjangka dibagi menjadi 4 dan sesuai dengan tenor yang sudah ditentukan, yakni dimulai dari 1 bulan hingga 12 bulan. Bunga dibedakan berdasarkan tenor dan jumlah pinjamannya. Setiap bank juga memiliki deposito jangka yang berbeda-beda. Di dalam 1 bulan, bunga deposito ada yang beragam, dimulai dari 4% hingga 5.5%. 

Jenis Deposito berjangka

Deposito berjangka memiliki beberapa jenis dan berikut adalah jenis-jenis deposito yang dibedakan berdasarkan waktu depositonya: 

  • Deposito berjangka
    Deposito berjangka ini memiliki beragam pilihan waktu. Dimulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan dan bahkan hingga 24 bulan. Deposito yang telah disimpan hanya bisa diambil ketika waktu tempo sudah datang. Pemilik deposito tidak dapat mengambil uang lebih cepat beberapa bulan sebelum waktu untuk pengambilan tiba.
  • Sertifikat deposito
    Sertifikat bisa dijual kepada pihak lain dan mereka tidak mengacu kepada nama seseorang atau lembaga tertentu. Pencairan ini bisa dilakukan di muka, tiap bulan atau tiap jatuh tempo. Sertifikat juga bisa dicairkan secara tunai maupun non-tunai
  • Deposito on call

Hampir serupa dengan namanya, deposito on call adalah jenis deposito yang memiliki jangka waktu yang tidak terlalu banyak. Sebuah deposito on call memiliki jangka minimal 7 hari atau kurang dari satu bulan. Nasabah bisa mengambilnya ketika nasabah sudah memberitahu bahwa tabungan akan diambil atau dicairkan.

Contoh deposito berjangka

Apa itu deposito berjangka

Contoh deposito berjangka adalah deposito yang memiliki jangka lebih dari 1 bulan. Contohnya adalah deposito berjangka dengan waktu 3 bulan, 6 bulan atau deposito berjangka 12 bulan. Deposito ini bisa diambil ketika tenggat waktu sudah jatuh tempo. Sehingga jika deposito berjangka anda adalah 6 bulan, anda bisa mengambil deposito tersebut setelah 6 bulan kemudian. 

Deposito berjangka panjang merupakan sebuah bentuk investasi yang bisa menguntungkan untuk kehidupan anda kedepannya karena deposito berjangka bisa saja berkembang dari setoran awal anda dan menjadi uang yang lebih banyak. Deposito tersebut juga bisa digunakan untuk modal usaha anda jika anda tengah mendirikan sebuah perusahaan.

Memerlukan modal usaha tambahan dengan tenor yang fleksibel? Lancar by Danamas siap melayani anda dengan pelayanan kami yang cepat dan juga aman. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

AUM-adalah

Apa itu AUM Reksadana? Fungsi Bagi Investor & Minimal AUM

Jika anda ingin berinvestasi maka sebaiknya pelajari dulu serba-serbi tentang investasi karena memilih instrumen investasi tidak boleh sembarangan. Seperti yang kita ketahui b

Pengertian-Yield-To-Maturity

Apa Itu Yield to Maturity? Jenis & Cara Hitung

Ada banyak istilah di dunia investasi yang terkadang perlu memahami kembali, terlebih lagi jika Anda ingin mencoba berinvestasi bagi pemula. Salah satu istilah yang sering dik

Faucet-Crypto

Faucet Crypto: Definisi, Jenis, Manfaat, SitusĀ  & Cara Kerjanya!

Anda tertarik dengan cryptocurrency? Ternyata ada metode untuk mendapatkan kripto secara gratis lho! Namanya adalah faucet crypto. Dalam dunia kripto, kini Anda bisa mendapatk