AUM-adalah

Jika anda ingin berinvestasi maka sebaiknya pelajari dulu serba-serbi tentang investasi karena memilih instrumen investasi tidak boleh sembarangan. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu instrumen investasi yang paling banyak dipilih oleh investor pemula adalah reksadana. 

Namun bagi para pemula yang ingin berinvestasi, maka mereka akan lebih memilih menggunakan manajer investasi yang mampu mengelola dana dengan baik. namun penting juga untuk memilih manajer investasi yang tepat sehingga kedepannya anda pun akan berinvestasi dengan lancar. Kriteria dalam pemilihan manajer investasi salah satunya yaitu asset under management atau AUM.

Dalam artikel ini dijelaskan secara lengkap pengertian AUM reksadana, fungsi AUM bagi investor dan perusahaan, nilai nominal AUM reksadana, dll. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak ulasannya dibawah ini.

Apa itu AUM?

AUM adalah total nilai pasar yang didapatkan saat para investor mempercayakan semua investasinya kepada manajer investasi. Kepanjangan dari aum adalah Asset Under Management. Masing-masing perusahaan memiliki definisi atau formula perhitungan kaum yang berbeda-beda. Umumnya beberapa manajer investasi menambahkan nilai uang atau nominal tabungan yang mereka simpan di Bank serta total portofolio investasi saat menghitung total AUM.

Di sisi lain ada juga manajer investasi yang tidak menambahkan komponen uang tunai dan tabungan. Hal Dilatarbelakangi karena komponen tersebut dinilai kurang mampu memberikan return yang tinggi bagi investor.

AUM juga berperan sebagai salah satu aspek evaluasi sebuah perusahaan. Dari nilai tersebut maka investor bisa mempertimbangkan Seperti apa kualitas dan kinerja Manajemen dengan memantau pertumbuhan dan tingginya nilai AUM.

Selain Reksadana beberapa institusi finansial juga memakai indikator ini yaitu manajer investasi perorangan, Venture Capital dan perusahaan broker.

Namun perlu diingat bahwa penerapan kaum sebagai indikator ukuran dana terbilang cukup luas, setidaknya bisa merujuk pada dua aspek yaitu total aset yang dikelola bagi klien tertentu atau total aset yang dikelola untuk semua klien.

AUM dan Reksadana

Beberapa orang menyebut nama lain AUM adalah nilai aktiva bersih atau NAB. Kedua istilah tersebut memiliki arti yang berbeda. Total dana yang dikelola oleh manajer investasi bisa disebut AUM namun belum tentu bisa diistilahkan sebagai nab.

NAB lebih merujuk pada gambaran harga sebuah produk reksadana sementara itu AUM menghitung total semua produk reksadana yang dikelola oleh satu perusahaan. Baik AUM ataupun NAB bukanlah harga reksadana sebenarnya anda tidak bisa beranggapan bahwa harga reksadana terlalu mahal karena nilai AUM yang tinggi ataupun sebaliknya.

Namun AUM memiliki peran yang cukup penting bagi investor karena ada dua alasan yaitu investor perlu tahu bagaimana transparansi kinerja manajer investasi selama ini. AUM tidak hanya dipakai untuk mengukur keberhasilan perusahaan dalam berkompetisi dengan sesama perusahaan manajer investasi. Lebih itu investor butuh nilai AUM yang cukup akurat dan disampaikan secara jujur untuk mengevaluasi kinerja manajer aset sejauh ini.

Peranan selanjutnya adalah investor harus mengenali bagaimana sebuah perusahaan manajemen investasi melakukan perhitungan AUM. AUM tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya perusahaan yang membebankan biaya manajemen dengan nilai sama seperti persentase tetap AUM.

Umumnya investor menempatkan AUM sebagai cara yang lebih mudah untuk menilai popularitas dan kinerja sebuah manajer investasi. Semakin banyak investor yang berinvestasi pada suatu Reksadana maka Reksadana tersebut memiliki manajer investasi yang bereputasi baik. Walaupun demikian AUM bukanlah satu-satunya faktor-faktor yang mendorong untuk pengambilan investasi reksadana atau tidak.

Fungsi Aum Bagi Investor

Seperti yang kita ketahui, bahwa AUM adalah komponen untuk menilai kinerja manajer investasi sebuah perusahaan. Selain itu, tolak ukur ini juga memiliki peran penting bagi investor, seperti berikut ini.

a.  Memperlihatkan Kinerja Manajer Investasi

Dengan mengetahui AUM reksadana, maka investor bisa melihat bagaimana kinerja manajer investasi dari waktu ke waktu secara lebih transparan. hal ini sangat penting karena mereka yang akan mengelola dana investor.

b. Alat Pengawasan Pengelolaan Dana Investasi

AUM juga sebagai tolak ukur yang cukup penting untuk mengetahui bagaimana perkembangan perusahaan dan bagaimana manajer investasi pengelola dana yang mereka percayakan. Dengan begitu investor bisa menentukan Apakah produk tersebut cukup menguntungkan atau merugikan dalam waktu tertentu.

c. Indikator Likuiditas Saat Menilai Pasar

Nilai AUM berbanding lurus dengan likuiditas. Hal ini juga berarti bahwa semakin besar Awang sebuah perusahaan maka semakin tinggi jaminan adanya pencairan dalam jumlah besar. Hal ini cukup menguntungkan bagi Anda yang memiliki dana dan likuid sensitif.

Fungsi Aum Bagi Perusahaan

AUM, selain memberikan dampak dan fungsinya bagi investor juga memberikan fungsi bagi perusahaan. Indikator ini cukup penting bagi sebuah perusahaan, berikut fungsi AUM bagi perusahaan dibawah ini:

  • Alat pemasaran untuk menarik investor baru
  • Indikator keberhasilan sebuah bisnis
  • Penentu aliran investasi agar perusahaan tetap eksis
  • Alat evaluasi perusahaan dalam menilai kinerja manajemen

Pertimbangan Memilih Instrumen Investasi

AUM juga dijadikan indikator yang bisa membantu anda untuk memilih instrumen dengan prospek yang paling menjanjikan. Semakin banyak investor pada sebuah Reksadana hal itu menunjukkan bahwa makin populer dan tingginya kepercayaan masyarakat pada Reksadana dan manajemen investasi tersebut. Walaupun demikian anda juga perlu memperhatikan reputasi hingga kepatuhan manajer pada peraturan investasi.

Berapa Minimal AUM Reksadana?

AUM reksadana adalah sebuah indikator saat melakukan investasi reksadana karena hal ini terkait dengan kinerja AUM manajer investasi. Selain itu, nilai AUM juga bisa menunjukkan seberapa banyak orang sudah berinvestasi pada instrumen reksadana dan tidak ada batas maksimumnya.

Maka, nilai minimal AUM reksadana adalah Rp 10 miliar dan pengelolaan aset bisa dikelola berbeda pada setiap perusahaan. Untuk menghitung aset yang dikelola juga tergantung dari kinerja aset, apresiasi, reinvestasi dividen yang dapat meningkatkan AUM. Begitupun dengan aliran uang investor yang keluar dan masuk pada dana tertentu sehingga AUM juga bersifat fluktuatif.

Nilai AUM Berubah Seiring Waktu

Jumlah AUM Bisa berubah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:

  • Aliran dana yang masuk dan keluar. sebagai contoh investor di Reksadana bisa menambah ataupun mengurangi ukuran investasi dengan membeli saham tambahan di Reksadana dan menjual saham tersebut yang akan mengubah ukuran total AUM dana tersebut.

  • Nilai sekuritas di mana AUM diinvestasikan. sebagai contoh reksadana akan mengalami kenaikan atau penurunan Om saat nilai pasar sekuritas nya meningkat atau menurun.

  • Jumlah dividen yang dibayarkan oleh perusahaan dalam portofolio institusi juga diinvestasikan kembali dan tidak dibagikan.

Mengapa AUM Sangat Penting

Manajemen perusahaan akan memantau AUM untuk menentukan kekuatan perusahaan. Perusahaan investasi juga pemakaian aset yang dikelola sebagai alat pemasaran untuk menarik investor baru. AUM juga bisa membantu investor untuk mendapatkan indikasi ukuran operasi perusahaan yang relatif terhadap para pesaingnya. AUM juga bisa menjadi pertimbangan yang cukup penting dalam perhitungan biaya. banyaknya produk investasi membebankan biaya manajemen yang merupakan persentase tetap dari aset yang dikelola.

Kumpulan Keuntungan dengan Pinjaman Bisnis Tepat & Aman!

Demikian penjelasan tentang AUM yang bisa Anda ketahui tersebut. Anda bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih besar dengan pendanaan bisnis dari Danamas. Pinjaman online terpercaya dengan limit besar ini didapat mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar dengan tenor yang juga panjang. Danamas hadir sebagai solusi pendanaan bisnis Anda untuk usaha umkm semakin berkembang. Aman sudah pasti! Karena Danamas sudah berizin OJK dan berada dibawah naungan Sinar Mas Group yang sudah tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya.Untuk itu, segera ajukan pinjaman melalui Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis yang sudah bisa didownload di Play Store ataupun Apple Store di smartphone Anda. Coba simulasikan cicilan Anda di kalkulator simulasi kredit dan juga hitung nilai aset properti di kalkulator pinjaman yang bisa Anda akses sebelum ajukan pinjaman di Danamas.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Pengertian-Yield-To-Maturity

Apa Itu Yield to Maturity? Jenis & Cara Hitung

Ada banyak istilah di dunia investasi yang terkadang perlu memahami kembali, terlebih lagi jika Anda ingin mencoba berinvestasi bagi pemula. Salah satu istilah yang sering dik

Faucet-Crypto

Faucet Crypto: Definisi, Jenis, Manfaat, SitusĀ  & Cara Kerjanya!

Anda tertarik dengan cryptocurrency? Ternyata ada metode untuk mendapatkan kripto secara gratis lho! Namanya adalah faucet crypto. Dalam dunia kripto, kini Anda bisa mendapatk

tapering-adalah

Apa Itu Tapering dalam Investasi, Peluang & Dampaknya Untuk Indonesia

Sebuah kebijakan yang cukup menggemparkan dunia global saat ini tapering off diperkirakan akan memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap perekonomian sejumlah negara-nega