Angel Investor

Di dunia startup, istilah angel investor sudah tidak asing lagi. Sebagai bisnis yang berkembang pasti membutuhkan modal awal yang tidak sedikit, untuk itu hadir angel investor sangat memberikan angin segar bagi bisnis startup yang ingin mengembangkan usahanya. 

Jika anda tertarik untuk membangun sebuah bisnis startup maka tidak ada salahnya untuk mengenal istilah angel investor dan jenis-jenisnya berikut ini:

Apa itu Angel Investor?

Seperti yang dilansir di investopedia, angel investor adalah seseorang yang kaya sehingga mampu memberikan dukungan keuangan kepada perusahaan kecil seperti startup. Umumnya, angel investor akan meminta imbalan untuk mendapatkan kepemilikan saham dari startup tersebut. 

Sebagai malaikat bisnis startup, angel investor umumnya adalah orang-orang terdekat seperti keluarga atau teman sesama pengusaha. Mereka tidak segan-segan untuk memberikan dukungan dana yang cukup agar bisnis startup bisa berkembang serta mendapatkan keuntungan yang setimpal.

Jenis-Jenis Angel Investor

Angel Investor
  • Keluarga Atau Teman Dekat

Investor pertama yang sering didapat oleh bisnis startup adalah keluarga atau teman dekat. Pasalnya tidak semua orang bisa membangun startup hingga berhasil beberapa mungkin akan mengalami kegagalan saat proses membangun bisnis ini. 

Namun jika anda ingin mendapatkan pendanaan dari keluarga dekat tetap harus membuat perjanjian tertulis, sehingga bisa membedakan urusan pribadi dan urusan bisnis.

  • Orang Yang Memiliki Banyak Uang

Jenis angel investor selanjutnya adalah mereka yang memiliki banyak uang alias orang kaya raya. Sosok dari orang-orang ini biasanya memiliki profesi dengan penghasilan yang cukup tinggi seperti dokter, pebisnis sukses dan lain-lain. Ia pun rela untuk berinvestasi di perusahaan yang baru merintis yaitu perusahaan startup. 

Jika anda bisa bekerjasama dan mendapatkan angel investor dari orang kaya ini maka bukan tidak mungkin anda mendapatkan dukungan uang yang cukup besar. 

  • Grup Atau Jaringan

Investor juga tergabung dalam sebuah jaringan atau grup di mana di Indonesia sudah ada jaringannya yaitu bernama Angel investment Network Indonesia (ANGIN). Lewat ANGIN, pengusaha kecil pun bisa mengajukan pendanaan hanya dengan mengisi formulir dan mengikuti tahapan yang berlaku. 

  • Profesional Angel Investor

Angel investor berasal dari latar belakang pekerja profesional di bidang tertentu seperti insinyur, akuntan, pengacara dan lain-lain. Mereka akan berinvestasi pada beberapa perusahaan yang sesuai dengan minatnya. 

Tak hanya itu, mereka juga akan memberikan layanan kepada perusahaan kepada perusahaan tersebut dalam bentuk bantuan hukum akuntansi dan sebagainya.

Perbedaan Angel Investor Dan Venture Capital

Angel Investor

Di dalam dunia Startup, pendanaan bisnis juga bisa didapat dari venture capital. Venture Capital adalah perusahaan modal ventura yang menginvestasikan uangnya yang sudah dikumpulkan oleh perusahaan yang membutuhkan pendanaan tersebut.

  •  Sumber Dana Investasi

Setiap angel investor menyuntikkan dana kepada perusahaan startup yang uangnya berasal dari uang pribadi mereka. Berbeda dengan Venture Capital yang merupakan Aktivitas investasi yang menggunakan dana yang dikumpulkan dari dana pensiun uang dari perusahaan besar dan perusahaan investasi lainnya.

  •  Jumlah Investasi

Venture Capital bisa menginvestasikan dananya hingga 11,7 juta dolar AS untuk setiap bisnisnya.

  •  Bidang Bisnis

Umumnya investor akan berinvestasi pada bisnis yang akan baru dimulai dengan melihat peluang bisnis dan keuntungan yang bisa didapatkan. Mereka akan cenderung lebih berani mengambil risiko dibandingkan dengan Venture Capital yang akan banyak menghindari resiko saat memilih investasi di perusahaan startup yang sudah matang.

  • Peran Investor Dalam Bisnis

Tak hanya sebagai pemberi dana untuk bisnis start-up, Angel investor juga kerap menjadi mentor yang memberikan saran untuk mengembangkan bisnis startup di masa depan.

  •  Pengembalian Dana

Umumnya Angel investor membutuhkan pengembalian dana sekitar 20%-25%. berbeda dengan Venture Capital yang mengharapkan pengembalian dana sekitar 25%-35%.

Cara Mendapatkan Pendanaan Dari Angel Investor

  • Persiapkan Bisnis

Sebelum Anda mulai mencari Angel investor maka sebaiknya persiapkan bisnis Anda secara terencana sehingga Angel investor pun siap untuk mendanai bisnis Anda.

  • Persiapkan Elevator Pitch

Elevator pitch adalah jenis presentasi singkat sekitar 10 menit yang dipakai untuk mempresentasikan bisnis saat bertemu dengan investor. Dalam membuat elevator pitch, Anda harus fokus pada solusi yang diberikan oleh produk atau layanan yang dimiliki. Sebelum anda melakukan elevator pitch maka anda harus lebih tahu tentang industri dan pesaing yang muncul dari bisnis tersebut.

Baca juga:

IHSG: Pengertian, Jenis & Manfaatnya Bagi Investor

Startup: Tips Memulai Startup Dari Awal

  • Identifikasi Angel Investor

Tidak semua investor yang anda inginkan pasti menerima anda ajukan, beberapa mungkin akan menolak. Agar hal tersebut tidak terjadi coba Identifikasikan beberapa ciri Angel investor berikut ini:

  1. Memiliki penghasilan lebih dari 100 ribu dolar AS
  2.  memiliki minat investasi dalam berbagai bisnis
  3.  memiliki kekayaan bersih lebih dari 100 juta dolar AS
  4.  memiliki pengalaman sebagai pengusaha yang sukses
  5.  bersihin sekitar 40 hingga 60 tahun
  6.  berencana melakukan investasi Dalam waktu 5 sampai 7 tahun
  • Pilih Angel Investor Yang Cocok

Pendanaan yang diberikan oleh Angel investor adalah hubungan jangka panjang, maka penting bagi anda untuk mencari sosok investor yang sesuai berdasarkan identifikasi yang sudah anda lakukan. Dengan begitu anda pun bisa memprediksi Apakah Angel investor tersebut cocok untuk bisnis anda.

  • Bersikap Realistis

Jika anda menaksir nominal yang terlalu tinggi maka ini bisa menjadi penyebab kegagalan saat anda melakukan kesepakatan bersama Angel investor. 

Kelebihan Menggunakan Angel Investor

  • Pembiayaan beresiko rendah: Pemilik bisnis lepas dari kewajiban untuk membayar kembali Angel investor bahkan jika perusahaan tersebut gagal.
  • Prospek jangka panjang: Angel investor umumnya memahami perjuangan perusahaan pada tahap awal dan pengambil pandangan jangka panjang. Hal ini berarti investor akan bertahan ketika segala sesuatunya tampak tidak sesuai yang ia rencanakan.
  • Sumber keahlian: Investor malaikat adalah mereka yang memiliki profesionalitas seperti pemilik bisnis atau pengacara. Mereka bisa menawarkan saran dan bimbingan profesional ketika startup menavigasi tantangan yang cukup sulit. 

Jika Anda belum bisa menemukan angel investor yang cocok untuk mendanai bisnis Anda, maka tak perlu khawatir, karena ada juga pilihan fintech lending terpercaya berizin OJK seperti Lancar by Danamas. 

Lancar by Danamas hadir dengan kemudahan akses lewat aplikasi di smartphone dengan limit pinjaman modal usaha hingga Rp 2 miliar. Selain itu, suku bunga rendah dan tenor 1-10 tahun tentu memudahkan siapapun untuk bisa melakukan pinjaman cepat dan praktis di Lancar by Danamas.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Asuransi Kesehatan Terbaik

Asuransi Kesehatan: Manfaat, Tips, dan Daftar Asuransi Terbaik 

Asuransi kesehatan menjadi suatu hal yang penting untuk menjamin kesehatan anggota keluarga. Apabila terjadi hal yang tidak terduga atau tidak diinginkan, maka asuransi kesehatan bisa membantu untuk meringankan beban individu atau keluarga. Lantas apa manfaat lebih dalam mengenai asuransi kesehatan, dan bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang tepat? Simak dalam artikel berikut ini! 

Daftar Asuransi Kesehatan Terbaik 

Asuransi Kesehatan Terbaik

Memilih asuransi kesehatan yang terbaik untuk keluarga, bisa menjadi salah satu bukti bahwa Anda sangat peduli dengan keluarga. Berikut ini adalah daftar asuransi kesehatan terbaik yang bisa menjadi alternatif bagi Anda dan keluarga: 

  1. Manulife

Manulife merupakan perusahaan yang masuk ke Indonesia pada tahun 1989. Perusahaan asal Kanada ini menawarkan produk kesehatan terbaik, salah satunya yakni MiUltimate Healthcare. Produk ini menanggung biaya bedah, melahirkan, perawatan gigi, rawat inap, hingga konsultasi psikologis yang dapat diklaim di luar negeri dan Indonesia.

  1. Prudential 

Perusahaan yang didirikan sejak tahun 1995 ini bisa menjadi alternatif asuransi kesehatan bagi Anda dan juga keluarga, serta masyarakat Indonesia. Produk asuransi kesehatan Prudential PRUprime Healthcare yang diluncurkan pada tahun 2019 ini bisa menjadi pilihan yang sesuai untuk Anda gunakan karena memberikan solusi yang lengkap untuk asuransi kesehatan . 

  1. Allianz

Asuransi asal Jerman ini memiliki produk yang unggul dari berbagai aspek yakni SmartHealth Maxi Violet. Produk ini menawarkan penanggungan biaya kamar, Kamar ICU, kunjungan dokter, dan masih banyak lainnya. 

  1. AXA Mandiri 

Axa Mandiri menjadi salah satu perusahaan asuransi kesehatan yang dinilai lengkap di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan premi mulai dari kamar rawat hingga santunan akibat meninggal dunia karena kecelakaan. 

  1. Asuransi Sinar Mas

Asuransi Sinar Mas berdiri sejak tahun 1985 dan telah mendapatkan rating AA+ insurer Financial Strength (IF) dengan outlook stable dari lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings. Terdapat berbagai produk dan manfaat yang ditawarkan salah satunya seperti Simas Sehat Gold.

Simas Sehat Gold cocok untuk para orangtua karena menawarkan adanya proteksi kesehatan sampai usia 59 tahun dan dapat diperpanjang hingga usia 75 tahun. 

Adapun manfaat yang ditawarkan Simas Sehat Gold sangat lengkap yakni, pertanggungan biaya ambulan menuju rumah sakit, pertanggungan biaya rawat inap selama maksimal 365 hari per tahun, Rawat inap ICU selama maksimal 60 hari pertahun, dan masih banyak lainnya. 

  1. Lippo HealthPlus Family 

Asuransi keluaran dari grup Lippo ini bisa digunakan untuk Anda dan keluarga. Satu polis bisa digunakan untuk seluruh keluarga dan mendapatkan manfaat lainnya. Asuransi Lippo Health Plus Family menanggung biaya rawat inap atau opname sesuai dengan tagihan rumah sakit. Premi yang ditawarkan pun masih dalam harga yang terjangkau. 

Manfaat Asuransi Kesehatan 

Asuransi Kesehatan Terbaik

Seperti yang Anda ketahui, biaya perawatan rumah sakit tidaklah sedikit. Diperlukan biaya yang besar apalagi jika dalam waktu yang lama dan memerlukan tindakan medis yang besar. Secara singkatnya, asuransi kesehatan memberikan perlindungan kepada pemegang polis untuk mendapatkan perlindungan apabila sewaktu- waktu terjadi musibah yang mengharuskan pemegang polis diharuskan untuk dirawat di rumah sakit. 

Berikut ini adalah alasan mengapa Anda membutuhkan asuransi kesehatan:

  • Memberikan perlindungan bila Anda terkena penyakit atau ingin melakukan pemeriksaan terhadap penyakit Anda ( Penggantian obat dan pemeriksaan)
  • Mengurangi biaya yang dikeluarkan apabila terpaksa harus dirawat di rumah sakit. Atau membantu mengurangi biaya operasi, persalinan, ataupun dalam keadaan darurat. 

Tips Memilih Asuransi Terbaik

Untuk memilih asuransi terbaik yang cocok untuk Anda dan keluarga maka diperlukan beberapa tips, seperti:

  1. Memahami Kebutuhan Anda dan Keluarga

Memahami kebutuhan Anda dan keluarga menjadi tips pertama yang perlu Anda perhatikan. Hal ini akan membantu Anda dalam menentukan pilihan produk yang sesuai. Pelajari layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi secara detail mulai dari manfaatnya, biaya premi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga, dan juga pelayanan yang diberikan.

  1. Membuat Perbandingan

Banyaknya perusahaan yang menawarkan produk asuransi kesehatan tentunya memiliki banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Anda bisa membuat daftar perbandingan mana yang paling sesuai, sehingga memudahkan Anda untuk memilih asuransi kesehatan. 

Asuransi Kesehatan Terbaik
  1. Mencari Tahu Kredibilitas Perusahaan yang Dituju

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mempelajari kredibilitas perusahaan asuransi yang ingin Anda tuju. Hal ini penting agar Anda terhindar dari kerugian yang dapat terjadi di kemudian hari. Pastikan memilih perusahaan asuransi yang telah terpercaya dan memiliki kredibilitas yang baik. 

  1. Memilih Asuransi dengan Jaringan Rumah Sakit yang Luas

Pastikan bahwa jaringan rumah sakit yang terdaftar pada asuransi yang Anda pilih memiliki jaringan yang luas. Jangan sampai memilih asuransi kesehatan yang menawarkan banyak manfaat namun terbatas hanya untuk sebagian kecil rumah sakit.

  1. Memilih Proses Klaim yang Mudah

Asuransi kesehatan yang baik tidak hanya menawarkan perlindungan untuk penyakit saja, namun juga dengan prosedur pembayaran dan proses klaim yang mudah. Dengan prosedur klaim yang baik dan tidak rumit,  maka bisa dijadikan pelanggan sebagai pilihan yang tepat untuk Anda, dan tentunya mengurangi beban Anda dari segi waktu dan juga pikiran apabila harus mengurus prosedur yang ribet. 

Baca juga: Asuransi Sinarmas yang Cocok untuk Hunian

  1. Memiliki Fleksibilitas dalam Waktu Penentuan Premi dan Manfaatnya

Tips selanjutnya yakni dengan memperhatikan fleksibilitas yang ditawarkan. Pilihlah produk asuransi yang bisa mengubah premi secara fleksibel. Hal ini membantu Anda untuk menyesuaikan rencana finansial di kemudian hari.  

Lancar by Danamas, merupakan platform pinjaman yang tepat untuk Anda yang ingin mengembangkan usaha. Anda bisa mengajukan secara aman, mudah, dan cepat melalui website atau download aplikasinya melalui Google Playstore dan Apple Store. Pinjaman beragunan properti mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Ajukan sekarang dan ubah properti anda menjadi peluang untuk melakukan ekspansi bisnis!

Investasi Vs Menabung

Menabung VS Investasi, Apa Bedanya? Lebih Untung Mana?

Banyak orang yang menyisihkan sebagian pendapatan atau uang untuk ditabung di bank. Masyarakat awam mungkin masih beranggapan bahwa menabung uang di dinilai bank lebih aman dan menjadi salah satu pertimbangan orang awam lebih memilih menabung daripada berinvestasi.

Tapi, menabung dan investasi tentunya memiliki tujuan dan definisi yang berbeda. Yuk simak dalam artikel ini! 

Perbedaan Investasi Versus Menabung 

Investasi Vs Menabung

Belakangan ini tren investasi menjadi populer. Seperti yang dilansir dari MNC sekuritas, jumlah investor pasar modal di Indonesia terus mengalami peningkatan. Data dari KSEI atau Kustodian Sentral Efek Indonesia per akhir Maret 2021, menyatakan bahawa telah mencapai dari 4 juta investor atau sebanyak 24% dari posisi 2020 lalu. Mulai banyak orang tertarik untuk menginvestasikan dana nya terutama pada masa pandemi. Namun tahukah Anda perbedaan antara menabung dan berinvestasi? 

Secara sederhana, menabung adalah kegiatan dengan menyisihkan dana sebagai persiapan untuk kebutuhan jangka pendek atau dalam kondisi darurat. Sedangkan investasi adalah mengembangkan dana yang dimiliki untuk mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang lebih besar. Perbedaan yang mendasar dari menabung dan berinvestasi terletak pada resiko dan adanya potensi return yang akan didapatkan. Tabungan dapat diambil kapan saja dan memiliki risiko yang lebih rendah, sementara investasi memiliki jangka waktu panjang dan risiko yang lebih tinggi, karena memiliki hasil yang tidak pasti dapat lebih tinggi atau dapat lebih rendah dibandingkan dengan yang diinvestasikan di awal.  

Baik menabung maupun berinvestasi penting untuk dilakukan. Menabung dilakukan untuk berjaga-jaga dari problem keuangan yang akan menimpa Anda pada suatu saat tertentu. Sedangkan berinvestasi biasanya digunakan untuk  tujuan keuangan tertentu misalnya untuk menyiapkan dana hari tua, persiapan biaya sekolah anak, dan lain sebagainya yang dalam periode jangka panjang. Seperti yang Anda ketahui, adanya kenaikan tingkat harga atau biasa dikenal dengan inflasi, maka berinvestasi ini harus dilakukan agar menjaga kemampuan daya beli di masa yang akan datang, karena return yang dihasilkan dari investasi lebih besar dan  dianggap mampu untuk melawan inflasi. 

Dalam berinvestasi pun perlu diperhatikan risikonya. Menabung tentu memiliki risiko yang lebih kecil daripada berinvestasi namun memiliki keuntungan yang lebih kecil (low risk low return) . Semakin tinggi risiko yang dapat Anda tanggung, maka potensi keuntungan akan lebih besar (high risk high return).  Berinvestasi pun dapat dilakukan dengan berbagai macam sektor yakni bisa berupa investasi Reksadana, saham, crypto, dan lain sebagainya. 

Plus dan Minus Menabung di Bank 

Investasi Vs Menabung

Kelebihan Menabung di Bank

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan untuk menabung di bank:

  • Menabung di bank tentunya akan mendapatkan bunga bank. Bagi sebagian orang bunga bank menjadi daya tarik tersendiri untuk mereka menyimpan dana melalui bank.
  • Keamanan yang lebih aman dan terjamin
  • Dapat diambil kapanpun dan dipermudah dengan adanya ATM
  • Memiliki risiko yang lebih kecil
  • Dilindungi oleh Lembaga misalnya seperti Lembaga Penjamin Simpanan 

Kekurangan Menabung di Bank

Selain kelebihan, berikut ini adalah beberapa kekurangan dari menabung yakni:

  • Akan dikenakan biaya administrasi setiap bulannya
  • Bunga yang diberikan relatif lebih kecil
  • Uang tidak berkembang
  • Bila mengambil dana melalui ATM jumlahnya dibatasi 

Kelebihan Investasi

Jika kelebihan dan kekurangan menabung sudah dibahas, berikut ini adalah beberapa  kelebihan dari berinvestasi. 

  • Perkembangan atau penambahan nilai aset menjadi lebih cepat
  • Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan
  • Dapat melawan inflasi
  • Dikelola oleh badan atau lembaga resmi yang memiliki legalitas dan profesional
  • Dapat digunakan untuk kebutuhan jangka panjang misalnya dana pensiun, dan lain sebagainya. 

Kekurangan Investasi

Sementara kekurangan dari berinvestasi yakni:

  • Lebih beresiko walaupun memberikan bunga atau keuntungan yang lebih besar.
  • Digunakan untuk jangka panjang, sehingga tidak memberikan keuntungan/ keuntungan kecil jika digunakan untuk jangka pendek
  • Harus memperhatikan apakah legal atau tidak. (diawasi oleh OJK/ Lembaga lain) 

Selain melakukan investasi atau menabung, Anda juga bisa mengembangkan dana dengan cara melakukan ekspansi bisnis. Apabila Anda membutuhkan pinjaman modal usaha untuk keperluan pengembangan usaha, Danamas bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Dengan pinjaman beragunan properti dan telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Ajukan sekarang!

Nft termahal

Daftar 20 NFT Termahal di Dunia, Sudah Punya?

Pernah mendengar istilah NFT? NFT merupakan singkatan dari non fungible. Salah satu topik yang marak dikalangan anak muda dan juga para investor. Pasalnya, di Indonesia ada seorang laki -laki bernama Ghozali yang sempat menghebohkan dunia maya karena mendapatkan “cuan” hingga miliaran dari foto selfie miliknya itu. Tak heran bila ia menjadi topik hangat dan mulai menginspirasi banyak orang lainnya untuk mendapatkan cuan dari NFT. Tapi tahukah Anda apa saja NFT termahal? Simak dalam artikel ini. 

Daftar NFT Termahal di Dunia 

Penasaran dengan NFT Termahal di dunia, Inilah 20 daftar NFT  termahal di dunia:

  1. Everyday’s – The First 5000 Days 

Gambar milik Mike Winkleman sejak 2007 dan selesai di tahun 2020. Kolase gambar ini dibeli oleh seorang investor Cryptocurrency dari Singapura melalui rumah lelang Christie’s.

  1. Crossroad

Merupakan NFT karya Beeple yang menampilkan pesan berupa respon terhadap hasil pemilu presiden tahun 2020. Karya NFT ini berhasil terjual seharga $6,66 juta.

  1. Forever Rose

Karya Kevin Abosch merupakan karya yang paling asing didengar. Hal ini karena forever rose dibuat tahun 2018 dan terjual pada hari valentine 2018, dimana saat itu NFT  belum populer. Karya ini dibeli kembali seharga $1 juta oleh sekelompok investor buat cryptocurrency dari Kevin Abosch.

  1. Metarift

Karya ini terjual pada bulan Maret 2021, dan sempat menembus angka $888.888 dan di menit terakhir menembus $904,413 .

  1. Hairy

DJ dan produser Steve Aoki mencoba peruntungan juga bersama dengan Illustrator 3D asal jerman, Antoni Tudisco dan kemudian merilis 11 koleksi digital seni yang disebut Dreamcatcher pada 9 Maret 2021. Hairy berhasil mencetak angka penjualan yang fantastis yakni $888,888.

  1. CryptoPunk #7523

Shalom Meckenzie membeli crypto ini dalam lelang Native Digital seharga $11,8 juta. Ia membeli karakter ini karena dianggap paling langka yang menggambarkan covid dan mempopuler NFT.

  1. CryptoPunk #7804

Karya ini dibeli oleh Dylan Field CEO Figma, dengan harga $7,56 juta. Ia membeli ini karena menjadi satu- satunya karakter yang memiliki aksesori topi depan dan pipa. 

  1. Ocean Front

Dibeli oleh Justin Sun seharga $6 juta, keuntungan tersebut yang kemudian disumbangkan  ke organisasi non profit yang berfokus pada isu lingkungan dan perubahan iklim, Open Earth Foundation.

  1. World Wide Web Source Code

Dibeli seharga $5,43 juta dalam sebuah lelang di Sotheby’s.

  1. Stay Free

Karya ini dilelang di NFT Marketplace Foundation seharga $5,27 Juta dan penjualannya disumbangkan ke organisasi nirlaba yang mengadvokasikan kebebasan bicara, jurnalisme, pers, dan kepentingan publik.

  1. Save Thousands of Lives

Berhasil terjual senilai 1,337 ETH atau setara $5,1 juta saat itu. Noora Health menciptakan Save Thousands Of Lives dengan tujuan untuk mengumpulkan dana untuk membantu ibu baru dan bayi di Asia Selatan. 

  1. CryptoPunk #2338

Salah satu dari koleksi Zombie Punk yang memiliki atribut mohawk tipis, harganya sebesar $4,4 juta. 

  1. Replicator

Karya seni oleh Micah, terjual pada April 2021 dengan harga $4,1 juta.

  1. Doge

Salah satu yang paling ikonik, dan telah berhasil dilelang dengan nilai $4 juta pada awal Juni lalu.

  1. Fidenza #313 

Berhasil dijual dengan nilai setara dengan $3,3 juta. Karya ini berhasil mengumpulkan trading volume sebesar $294 juta pada bulan Agustus lalu. 

  1. The Best I Could Do

Karya ini dikembangkan oleh co-creator kartun modern “Rick and Morty” dan berhasil terjual seharga $1,65 juta.

  1. The First Tweet 

Token NFT dari CEO Twitter, Jack Dorsey berhasil dilelang seharga $2,9 juta pada Maret 2021 dan didonasikan ke GiveDirectly, yayasan yang membantu orang yang kurang mampu. 

  1. XCOPY – Death Drip 

Dikategorikan sebagai super rare yang dicetak oleh pionir seni crypto berbasis di London. Karya ini dihargai $1,58 juta. 

  1. CryptoPunk #6965

CryptoPunk dikembangkan oleh Matt Hall dan John Watkinson dari Studio Larva Labs yang berhasil terjual dengan harga $1,54 juta. 

  1. Kevin MCCoy – Quantum

Diluncurkan pada acara Rhizome’s Seven on Seven Conference di tahun 2014. Quantum merupakan NFT pertama yang pernah dicetak dan dipublikasikan di blockchain dan terjual seharga $1,58 juta.  

Baca juga: Cara Jual Foto di NFT agar Cepat Laku

Perkembangan NFT di Indonesia

Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo) dan COO Tokocrypto, Teguh Kurniawan mengatakan bahwa NFT muncul sebagai evolusi dari teknologi Colored Coins pada tahun 2012. Awalnya digunakan untuk memverifikasi kepemilikan aset seperti saham dan surat berharga lainnya. Baru tahun selanjutnya digunakan untuk eksperimen aset karya seni, sehingga NFT  menjadi seperti sekarang yakni untuk foto, video, musik, dan seni lainnya. 

Menurut CEO DeBio Network sekaligus co founder Asosiasi Blockchain Indonesia, Pandu Sastrowardoyo NFT sudah menjadi topik perbincangan di kalangan pegiat kripto di tahun 2019. Kemudian pada 2021 makin populer di dunia global termasuk Indonesia, karena mulai ada banyak orang Indonesia mulai aktif mengoleksi NFT di tahun 2021. 

Perkembangan NFT di Indonesia marak dan semakin banyak  di tahun 2022  setelah munculnya Ghozali yang berhasil meraup Rp 1,5 Miliar dari penjualan Selfienya. Ghozali mengunggah 933 foto yang diambil setiap hari selama 5 tahun di OpenSea dengan nama Ghozali Everyday. Sehingga populer dan ramai diberitakan di media dengan sebutan “Demam Ghozali”.

Selain NFT, Anda juga bisa melakukan investasi lainnya, yakni dengan mengembangkan usaha menjadi lebih besar. Bila Anda membutuhkan tambahan modal usaha, Lancar by Danamas bisa menjadi solusi untuk Anda mendapatkan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Hanya dengan agunan properti dan proses yang aman, mudah, dan cepat. Jadi tunggu apalagi? Segera wujudkan ekspansi bisnis Anda sebagai investasi yang menguntungkan.