afiliasi adalah

Di dalam dunia bisnis, afiliasi dipakai untuk berbagai bidang, entah dalam perihal modal ataupun pemasaran. Sebelum benar- benar mempraktekkan afiliasi dalam dunia nyata, Yuk simak pengertian dari afiliasi, cara kerja dan keuntungannya melalui artikel berikut ini. 

Pengertian Afiliasi

Afiliasi diartikan sebagai hubungan antara perusahaan atau anggota yang secara resmi terhubung satu sama lain melalui suatu perjanjian atau kesepakatan tertentu. Dari definisi tersebut maka memberikan gambaran bahwa afiliasi terbentuk oleh adanya suatu kesepakatan atau perjanjian kerja sama. Afiliasi tidak harus terpaku pada hubungan bisnis namun juga dapat terwujud dalam berbagai hal dan kepentingan antara dua belah pihak atau lebih. 

Cara Kerja Afiliasi

Berikut ini merupakan cara kerja afiliasi yang dapat Anda ketahui. Cara kerja afiliasi seperti ini:

  1. Mendaftar Program Afiliasi

Pertama, Anda harus mendaftar dan mendapatkan kode referal unik yang dapat Anda promosikan. Kode ini digunakan sebagai tanda bahwa konsumen membeli produk dari affiliate tersebut. 

  1. Promosi Produk Afiliasi

Mempromosikan produk agar terdapat banyak konsumen yang membeli. Anda dapat mempromosikannya dengan mereview produk di sosial media. 

  1. Orang Menggunakan Kode Anda

Apabila ada yang tertarik dengan produk tersebut, maka konsumen tersebut akan menggunakan kode Anda. Biasanya konsumen akan mendapatkan potongan harga atau promo lainnya, dan Anda akan mendapatkan komisi.

  1. Mendapatkan Komisi

Biasanya pemberian komisi afiliasi setelah para konsumen membeli, mengunduh  menggunakan kode referal dari Anda. 

Contoh Afiliasi 

Terdapat beberapa contoh afiliasi yang dapat Anda temui, misalnya seperti 

  1. Bukalapak Affiliate Program

Setiap konsumen yang membeli barang melalui link yang Anda sebar akan mendapatkan komisi yang diberikan tergantung dari harga produknya. 

  1. Affiliate By Me Tokopedia

Program untuk mempromosikan barang yang terdapat pada Tokopedia, jika barang tersebut terjual melalui kode referral, maka akan mendapatkan komisi.

  1. Tiket.com Affiliate Partner

Untuk yang gemar travelling, afiliasi dapat menguntungkan, Anda dapat menggunakan Application Programming Interface (API) untuk memesan kamar hotel dan memperoleh komisi 40-60% Setiap booking hotel menggunakan kode Anda. 

  1. Amazon Affiliate Program

Dengan mempromosikan berbagai produk yang diperjualkan di Amazon, Anda bisa mendapatkan keuntungan 10% setiap produk terjual. 

Keuntungan dari Bisnis Afiliasi 

  1. Modal yang Kecil

Anda dapat menjual produk perusahaan tanpa harus membelinya dan cukup mempromosikannya agar konsumen tertarik membeli.

  1. Sebagai Penghasilan Pasif

Salah satu keuntungan dari afiliasi adalah mendapatkan pendapatan pasif, meskipun tidak harus bekerja di kantor. Selama Anda terus mempromosikan dan orang tertarik menggunakan kode referal Anda, maka akan ada komisi atau pendapatan.

  1. Jam Kerja Fleksibel 

Sistem kerja yang tidak terikat kontrak sehingga dapat fleksibel sesuai dengan kemauan Anda. Anda juga dapat melakukan kegiatan ini dimana saja selama ada internet dan juga handphone atau laptop.

  1. Murni Hasil Kerja Anda

Penghasilan yang didapat dari afiliasi merupakan hasil kerja keras Anda melakukan promosi. Semakin giat dan berusaha, maka akan semakin besar pendapatannya.

Kekurangan dari Bisnis Afiliasi 

Selain kelebihan, terdapat juga kekurangan dari bisnis afiliasi yang perlu Anda ketahui, misalnya seperti: 

  1. Sistem Rekam Jejak yang Singkat

Bisnis afiliasi dilengkapi dengan rekam jejak yang singkat, hanya satu bulan. Jika ada pelanggan yang membeli dari link yang masanya lebih dari satu bulan, maka Anda tidak mendapat komisi. 

  1. Tidak Renewal

Anda hanya mendapat komisi dari pengunjung baru yang membeli baru, namun apabila pengunjung yang sama melakukan pembelian untuk kedua kalinya Anda tidak mendapatkan keuntungan. 

  1. Informasi Produk Harus Diperbarui

Pebisnis yang melakukan bisnis afiliasi harus memperbaharui program dan produk karena banyaknya persaingan terhadap produk sejenis yang semakin ketat. 

  1. Pendapatan Lebih Rendah dari Pemilik Produk 

Anda akan mendapatkan komisi lebih rendah daripada pemilik produk. Hal ini karena pemilik web menghabiskan modal yang lebih banyak dibandingkan dengan pengiklan.

  1. Penghasilan Tidak Menentu

Anda harus mengetahui bahwa penghasilan yang didapat bisa tidak menentu. Mungkin saja bulan ini komisinya banyak, bulan depan mulai menurun. Maka dari itu pastikan Anda memanajemen keuangan dengan baik. 

Baca juga: Tips Investasi Properti Apartment & Untung Ruginya

Apabila Anda ingin mengembangkan bisnis dan terkendala dengan modal, Pinjaman beragunan dari Danamas Pinjaman Bisnis dapat membantu Anda mendapatkan modal sampai dengan Rp 2 miliar. Hanya dengan sertifikat properti, Anda dapat mengajukan pinjaman dengan bunga rendah dan tenor yang panjang. Lancarkan bisnis Anda bersama Danamas.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

AUM-adalah

Apa itu AUM Reksadana? Fungsi Bagi Investor & Minimal AUM

Jika anda ingin berinvestasi maka sebaiknya pelajari dulu serba-serbi tentang investasi karena memilih instrumen investasi tidak boleh sembarangan. Seperti yang kita ketahui b

Pengertian-Yield-To-Maturity

Apa Itu Yield to Maturity? Jenis & Cara Hitung

Ada banyak istilah di dunia investasi yang terkadang perlu memahami kembali, terlebih lagi jika Anda ingin mencoba berinvestasi bagi pemula. Salah satu istilah yang sering dik

Faucet-Crypto

Faucet Crypto: Definisi, Jenis, Manfaat, SitusĀ  & Cara Kerjanya!

Anda tertarik dengan cryptocurrency? Ternyata ada metode untuk mendapatkan kripto secara gratis lho! Namanya adalah faucet crypto. Dalam dunia kripto, kini Anda bisa mendapatk