Reksadana Syariah

Seiring dengan berjalannya waktu maka banyak orang yang mulai sadar pentingnya berinvestasi. Seperti saat Anda menabung investasi juga memiliki jenis lain yaitu investasi Syariah. Salah satu instrumen nya adalah reksadana syariah yang kini mulai dilirik oleh banyak orang terutama mereka yang beragama muslim. 

Produk reksadana syariah menerapkan prinsip syariah dalam pengelolaan keuangannya sehingga jauh dari riba. Jika anda berencana untuk menggunakan reksadana syariah ketahui dulu ulasannya berikut ini.

Apa Itu Reksadana Syariah?

Reksadana syariah adalah instrumen investasi yang memegang prinsip keuangan sesuai dengan kaidah syariah Islam. Sebagai instrumen investasi yang syariah Islam maka reksadana syariah menjadi sarana untuk mendapat mengumpulkan dana dari masyarakat. 

Dalam hal ini manajer investasi akan mengelola dana tersebut sesuai dengan kaidah Islam. Manajer investasi akan menempatkan dana di instrumen keuangan ke berbagai efek di pasar modal seperti obligasi saham dan efek lainnya dalam bentuk unit penyertaan.

Tujuan Reksadana Syariah

Tujuan dari jenis reksadana ini adalah untuk memudahkan investor yang ingin menginvestasikan dananya secara syariah atau sesuai dengan ketentuan Islam. Otoritas Jasa Keuangan menetapkan batasan yang sesuai dengan kaidah Islam selain itu Dewan Pengawas Syariah (DPS) juga akan menjamin kesyariahan produk investasi dan berbasis efek syariah luar negeri. 

Tak hanya itu, unit khusus dan manajer investasi syariah juga akan mengelola aset investasi tersebut. Maka investor sudah bisa memulai investasi di berbagai agen penjualan reksadana secara offline maupun online.

Karakteristik Reksadana Syariah

  • Unit penyertaannya cukup terjangkau, karena rata-rata bisa dibeli dengan uang Rp100.000.
  • Investasinya cukup mudah karena investor tidak perlu melakukan analisis mendalam saat pengelolaannya karena sudah dikelola oleh manajer investasi.
  • Diversifikasi investasi reksadana syariah kumpulkan berbagai efek sehingga mampu memperkecil resiko investasi jika kinerja salah satu efek yang mengalami penurunan.
  • Likuiditas terjamin dimana pencairan dana investasi bisa dilakukan sewaktu-waktu dengan cara menjual unit penyertaan yang dimiliki
  • Hasil optimal dimana imbal hasil investasi atau liternya sesuai dengan jangka waktu dan jenis reksadana syariah yang diinginkan
  • Efisiensi biaya dan waktu di mana biaya reksadana syariah cukup rendah dan investor tidak perlu memantau karena sudah dilakukan manajer investasi
  • Legalitasnya juga terjamin dimana produk reksadana syariah sudah diawasi oleh OJK dan dikelola oleh manajer investasi yang sudah memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan
  • Sesuai prinsip syariah di mana reksadana syariah sudah menetapkan fatwa dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia dan aspek kesyariahannya diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah

Jenis Reksadana Syariah

  1. Reksa Dana Syariah Pendapatan Tetap

Reksadana Syariah ini dilakukan paling sedikit 80% investasi dari nilai aktiva bersih atau dana kelolanya dalam bentuk efek Syariah berpendapatan tetap

  1. Reksadana Syariah Pasar Uang

Pada jenis reksadana ini investasinya dilakukan pada instrumen pasar uang saja dalam negeri dan atau efek syariah berpendapatan tetap yang diterbitkan dengan jangka waktu tidak lebih dari 1 tahun atau sisa jatuh temponya tidak lebih dari 1 tahun. 

  1. Reksadana Syariah Campuran

Investasi reksadana ini dilakukan pada efek syariah bersifat ekuitas efek syariah berpendapatan tetap dan atau instrumen pasar uang dalam negeri yang masing-masing tidak lebih dari 79% dari nilai aktiva bersih

  1. Reksadana Syariah Saham

Reksadana syariah ini melakukan investasi minimal 80% dari nilai aktiva bersih dalam bentuk efek Syariah yang bersifat ekuitas.

  1. Reksadana Syariah Sukuk

Reksadana jenis ini dilakukan dengan investasi minimal 85% dari surat berharga komersial syariah yang jatuh temponya 1 tahun atau lebih dan masuk pada kategori layak investasi.

  1. Reksadana Syariah Indeks

Jenis reksadana syariah ini melakukan investasi dengan minimal 80% dari efek syariah yang merupakan bagian dari indeks syariah yang menjadi acuannya.

  1. Reksadana Syariah Berbasis Efek Syariah Luar Negeri

Reksadana jenis ini dengan melakukan investasi paling sedikit 50% dari efek syariah luar negeri yang dimuat dalam  daftar efek Syariah yang diterbitkan oleh pihak penerbit tersebut.

  1. Reksadana Syariah Proteksi

Reksadana Syariah ini melakukan investasi minimal 70% dari bentuk efek syariah pendapatan tetap dan paling banyak 30% dari bentuk syariah dan/atau Sukuk yang diperdagangkan di Bursa Efek luar negeri

  1. Exchange Traded Fund Syariah

Reksadana syariah ini berbentuk KIK yang unit penyertaannya diperdagangkan di Bursa Efek.

Keuntungan Reksadana Syariah

  1. Dijamin Halal

Produk reksadana syariah bisa anda lihat pada daftar efek Syariah OJK yang sesuai dengan prinsip syariah yang sudah ditetapkan oleh Dewan Syariah Nasional MUI. Sebagai produk investasi yang sesuai dengan prinsip Islam maka tidak akan meletakkan uangnya pada instrumen yang tidak halal seperti rokok atau minuman alkohol.

  1. Dapat dibeli Lewat Platform Digital

Reksadana syariah bisa dibeli di platform digital yang sudah banyak sekali di smartphone yang sudah bisa diakses lewat smartphone anda. Hal ini tentu akan memudahkan Anda saat ingin berinvestasi reksadana syariah.

  1. Memiliki Banyak Pilihan Produk

Reksadana Syariah memiliki banyak produk syariah yang pilihannya bisa dijadikan sebagai solusi bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan halal. Hingga tahun 2019 tercatat produk Reksadana Syariah sudah sebanyak 263 yang terus bertambah hingga saat ini, Jadi anda yang ingin berinvestasi syariah tidak perlu khawatir karena ada banyak pilihan produknya.

  1. Nominal Pembelian Kecil

Produk reksadana syariah bisa dibeli dengan nominal yang cukup kecil yaitu mulai dari Rp10.000 saja.

  1. Pertumbuhan Pasar Syariah Tergolong Pesat

Investasi reksadana syariah bisa memberikan keuntungan besar terutama dengan berkembangnya pasar syariah secara pesat. Kapitalisasi pasar modal Syariah mencapai 53,8% dari total seluruh perusahaan yang sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Tips Berinvestasi Reksadana Syariah

Jika anda Berencana untuk memilih reksadana syariah maka ikuti langkah-langkah investasinya berikut ini:

  1. Pilih Platform Investasi

Pertama tentukan terlebih dahulu faktor investasi yang ingin anda untuk berinvestasi Syariah. Untuk mempermudah anda, maka pilihlah platform reksadana online yang menjual berbagai produk reksadana syariah dari berbagai manajer investasi. Kini sudah banyak platform investasi yang menawarkan reksadana syariah.

  1. Pahami Jenis Reksadana

Sebelum Anda memilih produk reksadana syariah maka penting untuk memahami jenis-jenis reksadana syariah seperti reksadana saham syariah, reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, dan lain-lain. Pelajari terlebih dahulu sesuai dengan profil risiko anda.

  1. Pastikan Produk Reksadana Terdaftar di OJK

Sebelum membeli produk reksadana syariah maka pastikan bahwa produk reksadana tersebut sudah terdaftar dan mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan.

  1. Pahami Prospektus Baik

Dengan memahami prospektus maka anda bisa berinvestasi reksadana syariah lebih aman dan nyaman.

  1. Tentukan Jangka Waktu

Tentukan jangka waktu berinvestasi sebelum menentukan pilihan hal ini akan menentukan kira-kira Anda membutuhkan investasi dalam jangka waktu pendek atau panjang. 

Baca juga:

Kenali Investasi Online Kaum Milenial sebelum Memulai

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Mudah Untuk Anak Muda

Daftar Reksadana Syariah Terbaik Di Indonesia

  1. Simas Syariah unggulan

Simas syariah unggulan adalah reksadana syariah milik PT Sinarmas Asset Management. Simas syariah unggulan sudah dirilis sejak tahun 2014 tepatnya bulan Agustus dan cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang karena bisa memberikan keuntungan jangka panjang pula.  Simas Syariah unggulan mendapatkan keuntungan sebesar 2,4% dalam 3 tahun terakhir. Sinar Mas Group juga memiliki layanan fintech lending yaitu Lancar by Danamas yang bisa jadi pilihan solutif untuk pendanaan bisnis dengan pinjaman beragunan properti. Anda bisa mengajukan pinjaman berlimit besar hingga Rp 2 miliar dengan suku bunga rendah dan tenor 1 tahun – 10 tahun.

  1. Reksadana Syariah Mandiri

Reksadana Syariah Mandiri bisa dipilih dengan minimum pembelian Rp100.000 dan minimum penjualan Rp10.000. Reksadana Syariah Mandiri ini cocok untuk Anda yang memiliki profil risiko konservatif di mana resikonya cukup rendah.

  1. Reksadana Syariah BNI

Komposisi pada reksadana ini meletakkan 80% dana pada efek syariah yang bersifat ekuitas lalu sisanya pada instrumen pasar uang Syariah atau deposito Syariah. Jenis reksadana ini cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi jangka panjang dengan minimum pembelian Rp100.000.

  1. Reksadana CIMB  Syariah

Reksadana CIMB syariah adalah reksadana yang bertujuan memaksimalkan potensi keuntungan dalam jangka panjang dengan menempatkan aset pada instrumen saham. Anda bisa memulainya dengan mengalokasikan dana sebesar Rp100.000 dengan penambahan investasi minimum Rp100.000.

  1. MNC dana Syariah

MNC Dana Syariah memiliki potensi imbal balik yang cukup baik dengan cetak limbah hasil hingga 4,52% dalam 1 tahun dan 19,82% dalam waktu 3 tahun. Tujuan investasi ini adalah menjaga pertumbuhan investasi agar tetap stabil.

  1. Bahana likuid Syariah

Bahana likuid Syariah diluncurkan oleh PT Bahana TCW Investment Management pada bulan Januari 2015. Bahana likuid Syariah bekerjasama dengan bank kustodian Standard Chartered Bank yang memperoleh laba tinggi setiap tahunnya. Lalu Bahana likuid Syariah menanamkan deposito di Bank Sinarmas Syariah, bank Syariah Bukopin, BPD Riau Kepri syariah, dan Bank Muamalat.

  1. Emco Barokah Syariah 

Toko Barokah Syariah dirilis oleh PT Emco Asset Management dengan Bank kustodian nya adalah Bank Mandiri. Imbal hasil yang diperoleh dari Emco Barokah Syariah mencapai 4,57%.

  1. BNP Paribas Pesona Syariah

BNP Paribas Pesona Syariah memiliki imbal hasil lebih dari 5% reksadana ini juga tersedia dalam Kurs US Dollar. BNP Paribas Pesona Syariah menanamkan saham di PT Astra International Tbk, PT Telkom, PT Indofood Sukses Makmur, dan PT Unilever Indonesia.

  1. Batavia dana saham Syariah

Reksadana ini diluncurkan sejak Juli 2007 dan sudah mengelola dana lebih dari 139 miliar.

  1. TRIM Syariah saham

Produk Reksadana Syariah lainnya adalah TRIM Syariah saham yang diluncurkan oleh PT trimegah Asset Management sejak Desember 2006. Anda cukup menyiapkan dana sebesar Rp100.000 saja untuk memulai investasi di TRIM Syariah saham.

  1. Sucorinvest Sharia Equity Fund

Reksadana ini dirilis pada November 2007 dan seluruh dananya dikelola oleh manajer investasi dan dimasukkan kedalam saham di berbagai perusahaan seperti PT Aneka Tambang, PT Buyung Poetra Sembada, dan PT Samindo Resources.

  1. Manulife Syariah sukuk Indonesia

Produk Reksadana Syariah lainnya adalah Manulife Syariah sukuk Indonesia yang diluncurkan oleh PT Manulife Aset Manajemen Indonesia. modal awal Rp10.000 dengan imbal hasil mencapai 6,69% per tahun. Reksadana akan dikelola oleh manajer investasi dan diletakkan pada sukuk dan obligasi syariah.

  1. Majoris sukuk negara Indonesia

Majoris sukuk negara yang oleh PT majoris Asset Management. Jenis reksadana nya adalah reksadana pendapatan tetap yang hampir 80% dananya di diletakkan pada instrumen sukuk dan obligasi Syariah. Nilai investasi awal bisa minimal Rp 50 ribu. 

  1. BSI Reksadana Syariah

BNI Reksadana Syariah menargetkan investasi syariah untuk anak muda dimana ia memberikan fasilitas layanan investasi dengan nilai Syariah tanpa riba. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

cara membaca trend saham

Ketahui Cara Membaca Trend Saham Agar Makin Untung

Saham kini menjadi salah satu investasi yang cukup populer di berbagai kalangan. Namun jika anda ingin sukses dalam berinvestasi saham maka salah satu hal yang perlu Anda ketahui adalah seluk-beluknya, termasuk tentang cara membaca trend saham. Pergerakan saham yang cukup dinamis bisa dipengaruhi oleh berbagai hal. Salah satunya adalah pasar saham yang dimana adalah kumpulan investor yang memiliki perilaku berbeda serta unik dengan motif yang berbeda pula. Maka dari itu investor perlu belajar cara membaca trend saham agar kedepannya tidak salah dalam mengambil keputusan yang bisa menyebabkan kerugian.

Jenis Trend Dalam Pasar Saham

cara membaca trend saham

Tren Bullish

Tren bullish diawali dari fase akumulasi atau accumulation phase yaitu periode saat investor yang memiliki informasi melakukan aksi beli atau jual secara aktif selain itu juga berlawanan dengan opini umum pasar. Ini terjadi pada saat harga aset tidak banyak berubah dikarenakan para investor yang memiliki info tersebut adalah minoritas.

Setelah Anda sudah melewati fase tersebut, selanjutnya adalah fase panic buying. Fase ini saat pasar mulai menangkap dan meniru para investor tersebut maka perubahan harga bisa secara cepat terjadi. Pada fase kedua, para investor berbasis technical mulai ikut berpartisipasi. Fase ini terus berlanjut hingga spekulasi mulai menjamur. Saat sudah meluas, maka para investor yang yang tanggap di fase pertama mulai akan melepaskan asetnya proses ini disebut dengan fase Excess.

Tren Bearish

Fase ini dimulai dengan distribusi secara besar-besaran hingga terjadinya panik selling lalu Fase ini akan berlanjut hingga muncul tanda-tandanya yang berakhir.

Tren Sideways

Pada fase ini pergerakan saham akan terjadi naik dan turun dalam satu waktu kisaran yang terbatas. Lalu kapan investor harus membeli atau menjual saham? Maka anda bisa menganalisa hal-hal berikut ini:

  • Tentukan horizon waktu investasi
  • Gunakan grafik analisa teknikal untuk mencari lembah, dalam hal ini digunakan untuk menentukan support dan mencari harga tertinggi pada penutupan untuk menentukan resisten.
  • Tren dikonfirmasi oleh volume perdagangan
  • Pasar saham sudah memperhitungkan semua berita yang beredar
  • Indeks bursa hari mengkonfirmasi
  • Trend saham akan berlanjut hingga adanya tanda-tanda yang menunjukkan tersebut berakhir.

Bagaimana Cara Membaca Pergerakan Saham?

cara membaca trend saham

Anda bisa membaca pergerakan saham melalui grafik. Grafik pada saham bisa merujuk kepada history harga emiten saham tersebut, maka dengan menganalisa pergerakan grafik ini anda bisa memprediksi untung dan rugi yang didapatkan kedepannya. Anda bisa memulai frame time saham untuk membaca pergerakan grafik saham. Frame time akan menggambarkan pergerakan saham pada rentang waktu tertentu. Frame time yang umum digunakan oleh investor antara lain harian mingguan atau bulanan.

  • Membaca Grafik Dengan Candlestick Chart

Anda juga bisa menggunakan candlestick chart untuk menganalisa trend saham. Candlestick biasanya digunakan para investor saham untuk menganalisis teknikal yang bisa menunjukkan harga tertinggi terendah pembentukan hingga penutupan saham pada periode tertentu. ada 2 warna dalam candlestick chart yaitu merah dan hijau. Warna merah berfungsi untuk memperlihatkan adanya penurunan harga saham sedangkan candlestick yang berwarna hijau menunjukkan adanya peningkatan harga saham. Namun ada juga candlestick yang tidak memiliki warna.

Cara Baca Tren Harga Dengan Mudah

Jika anda berhasil menganalisa pergerakan grafik pada saham maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membaca trend saham. Ada 3 tren harga yang muncul dalam grafik saham antara lain:

  • Ketika saham bergerak mencetak rekor harga tertinggi maka artinya harga akan terus naik, maka saham masuk ke dalam trend bullish.
  • Jika pergerakan harga terus menurun dan semakin rendah hingga mencetak rekor harga terendah maka saham sedang berada di trend bearish.
  • Harga saham yang bergerak naik turun ini berada dalam rentang waktu yang cukup singkat yang berarti dalam trend sideways.

Semakin anda sering menganalisa tren saham ini tentu anda akan semakin mudah untuk memahaminya sehingga kedepannya pergerakan saham pun akan lebih mudah untuk Anda baca untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. 

  • Membaca Support And Resistance

Titik support dan resisten dipakai untuk mengenali perubahan trend pada grafik saham. Pada masa transisi ini umumnya trader akan melakukan penjualan atau pembelian. Support adalah level harga yang menahan harga agar tidak turun lebih jauh. Letaknya ada di bawah harga terkini. Jika harga saham menyentuh support maka ini akan berpotensi untuk memantul dan kembali bergerak ke atas titik support.

Resisten adalah level harga yang menahan harga supaya tidak naik lebih jauh dan terletak diatas harga terkini. Jika harga saham mendekati resisten maka kenaikannya akan berpotensi tertahan. Dalam analisis teknikal ada 2 prinsip yaitu Price move in trend dan history repeat itself. Hal itu berarti harga akan selalu bergerak didalam pola tertentu yang cenderung berulang.

cara membaca trend saham
  • Membaca Volume Transaksi

Cara membaca trend saham melalui volume transaksi pada grafik saham. Volume pada grafik saham bisa menunjukkan kekuatan supply and demand yang merupakan salah satu faktor penggerak harga saham. ketika di meningkat lebih besar daripada supply maka harga saham pun akan naik, begitupun sebaliknya ketika demand turun lebih kecil daripada supply maka harga saham pun akan ikut turun. 

Baca juga: Apa itu Bullish & Bearish dalam Trading yang Perlu Anda Ketahui

Volume transaksi yang tinggi mengkonfirmasi sinyal yang muncul dari grafik saham, sedangkan volume rendah mengindikasikan adanya reversal atau pembalikan arah. Volume transaksi juga bisa menjadi indikator tingkat likuiditas sebuah saham. Jika Volume cukup tinggi dan stabil maka saham tersebut Liquid dan mudah untuk diperdagangkan. jika sebaliknya maka saham bisa dibilang kurang Liquid dan akan sulit untuk diperdagangkan. Kemampuan membaca trend saham ini bisa membawa Anda untuk memprediksi untung rugi yang bisa saja terjadi di masa depan. Berinvestasi saham dengan keuntungan melimpah tentu diinginkan para investor, maka dari itu, belajar cara membaca trend saham perlu dilakukan bagi pemula. Keuntungan dari berinvestasi saham, bisa untuk dana pensiun atau Anda putar kembali di bisnis yang Anda kembangkan. Namun, jika Anda kekurangan dalam modal bisnis, maka solusi fintech lending berizin OJK, seperti Lancar by Danamas adalah pilihan terbaik. Dengan kredibilitas yang tak perlu diragukan lagi, Lancar by Danamas hadir sebagai pinjaman modal usaha beragunan properti dari Sinar Mas Group yang bisa Anda jadikan pilihan pengembangan bisnis aman dan terpercaya.

Investasi Reksadana

Pahami Investasi Reksadana agar Dapat Cuan Banyak

Dewasa ini banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan dana. Misalnya saja dengan berinvestasi. Saat ini banyak sekali produk investasi yang bisa diakses oleh masyarakat, salah satunya adalah reksadana. Apa itu reksadana? Simak lebih lengkap dalam artikel ini. 

Pengertian Reksadana

Berbicara tentang reksadana, produk investasi ini adalah salah satu produk yang paling populer, mudah dipahami, dan cocok bagi investor pemula. Reksadana merupakan  sebuah produk investasi dalam bentuk kumpulan dana yang dikelola sebagai modal investasi untuk dikonversikan ke dalam berbagai jenis produk, seperti saham, obligasi, serta produk keuangan dan investasi lainnya. 

Dana atau uang  yang terkumpul tersebut akan dikelola oleh manajer investasi, yakni sebuah manajemen atau lembaga profesional yang bertugas untuk mengelola investasi Anda, termasuk reksadana.

Macam-Macam Investasi Reksadana

Investasi Reksadana

Dalam berinvestasi reksadana, terdapat beberapa macam jenis, yakni: 

  1. Reksadana Pasar Uang
    Investasi yang dilakukan dalam jenis instrumen investasi pasar uang dengan jangka kurang satu tahun. Instrumen investasi yang ditawarkan pada investasi pasar uang biasanya berupa sertifikat deposito, deposito berjangka, Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), serta instrumen investasi pasar uang lainnya. Reksadana pasar uang memiliki profil risiko yang lebih rendah karena tujuannya untuk menjaga adanya likuiditas dan pemeliharaan modal investasi.
  2. Reksadana Pendapatan Tetap

Investasi reksadana yang menginvestasikan aktiva dalam bentuk efek utang atau obligasi dengan persentase minimal sebesar 80%.Tujuan utama dari reksadana pendapatan tetap adalah untuk menghasilkan tingkat imbal balik atau return yang stabil.

  1. Reksadana Campuran
    Investasi reksadana yang mengalokasikan dana para investor dalam bentuk saham dan juga obligasi pada portofolio investasinya. Memiliki tingkat pengembalian modal yang tinggi, serta menghadirkan risiko yang juga tinggi.  
  2. Reksadana Saham
    Investasi minimal 80% berupa saham. Reksadana saham merupakan investasi yang memiliki profil risiko tinggi dibandingkan dengan reksadana lainnya. Dalam investasi reksadana return yang didapat juga tinggi. Semakin tinggi return yang didapat maka profil risikonya juga tinggi.

Cara Berinvestasi Reksadana Pemula

Investasi Reksadana

Bagi para pemula yang mau memulai berinvestasi reksadana, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Memastikan produk reksadana telah memiliki izin dari OJK

Langkah awal untuk berinvestasi reksadana oleh pemula adalah, memastikan bahwa produk reksadana yang Anda pilih telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hal ini agar Anda terhindar dari investasi bodong yang dapat merugikan diri Anda. 

  • Memahami prospektus reksadana 

Prospektus merupakan profil dan laporan keuangan setiap tahunnya. Dengan memahami prospektus reksadana, Anda dapat memiliki gambaran mengenai perusahaan tersebut dan pilihan reksadana yang sesuai. 

  • Menghitung atau menentukan jangka waktu investasi

Dalam berinvestasi Anda, juga harus mengetahui tujuan dan berapa lama Anda akan berinvestasi. Apakah jangka panjang atau jangka pendek? Jika Anda sudah menentukan tujuannya maka Anda bisa memilih reksadana apa yang sesuai. 

  • Memahami Reksadana

Investasi yang mudah digunakan oleh masyarakat karena dapat dikelola oleh manajer investasi, namun Anda juga perlu memahaminya dan mempelajarinya sedikit- demi sedikit dan memahami cara kerjanya, trend harga reksadana yang sesuai, hal ini agar Anda tidak salah langkah dalam membeli reksadana.  Aturan mengenai reksadana telah tertera pada Undang Undang nomor 8 tahun 1995 mengenai pasar modal. 

Keuntungan Berinvestasi Reksadana

Investasi Reksadana

Berinvestasi reksadana tentunya  menawarkan keuntungan yang kompetitif untuk memperkuat kondisi finansial Anda. Berikut adalah keuntungan yang diberikan bagi Anda yang ingin memulai berinvestasi reksadana.

Baca juga: 14 Reksadana Syariah Terbaik Dan Jenisnya!

  1. Mudah dipahami dan dipelajari

Anda dapat mendapatkan informasi lebih rinci terkait pengertian reksadana dan produk-produk yang hendak Anda investasikan di prospektus reksadana. Setelah berhasil membeli reksadana, Anda akan mendapatkan sebuah laporan terkait dengan perkembangan investasi reksadana setiap bulannya. Laporan tersebut akan dilakukan dan dibagikan oleh manajer investasi tempat pilihan Anda melakukan investasi reksadana.

  1. Penawaran yang beragam
    Sebagai investor, Anda akan diberi keleluasaan untuk memilih jenis produk reksadana yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda pun mendapatkan informasi mengenai lembaga yang dapat menyediakan produk reksadana yang dapat Anda pilih untuk investasi.
  2. Modal awal relatif terjangkau
    Anda bisa membeli reksadana sesuai dengan angka yang telah Anda persiapkan atau sisihkan, misalkan mulai dari Rp 100.000 untuk bisa memulai investasi reksadana. Persentase keuntungan yang Anda dapatkan akan diberikan sesuai dengan modal investasi yang Anda miliki secara adil.
  3. Dikelola secara profesional dan transparan
    Selaku pengelola investasi Anda, manajer investasi harus memiliki pengalaman dan pengetahuan serta profesionalitas yang baik. Manajer investasi akan membantu melaporkan perkembangan investasi Anda secara transparan, sehingga dapat dipantau secara aman dan nyaman untuk Anda tetap berinvestasi. 
  4. Akses investasi melalui kanal online
    Untuk memberi kemudahan terhadap investasi Anda, transaksi dan informasi terkait reksadana juga bisa dilakukan secara online. Anda bisa mengaksesnya melalui aplikasi kapanpun dan dimanapun. 

Selain berinvestasi, Anda dapat merencanakan masa depan melalui bisnis atau usaha. Untuk mendapatkan modal usaha,  Anda bisa mendapatkan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dengan tenor mulai dari 1 tahun – 10 tahun. Dengan agunan properti bersama Lancar by Danamas.

Robot Trading

11 Daftar Robot Trading Ilegal & Cirinya

Di masa dimana teknologi sudah berada dimana-mana dan juga sudah berkembang dengan pesat, banyak hal yang memiliki perkembangan berkat teknologi yang terus-menerus berubah. Bahkan dari trading, sudah ada sebutan robot trading. 

Robot trading ini memang ada yang legal, namun ada beberapa yang illegal. Yuk, simak artikel ini tentang robot trading dan bagaimana ciri-ciri robot trading yang illegal. 

Apa itu Robot Trading?

Pada dasarnya, Robot Trading merupakan sebuah piranti lunak yang melakukan jual beli valas secara otomatis. Robot Trading banyak dijualkan secara terbuka dan juga legal. Namun, karena sistemnya ini, robot trading ini berani memberikan jaminan keuntungan tetap di setiap bulannya. 

Menurut Alfons Tanujaya, seorang pakar keamanan siber, robot trading ini merupakan sebuah piranti lunak yang sudah disinyalir menggunakan skema Ponzi. Skema ponzi itu sendiri merupakan sebuah modus penipuan yang menjanjikan keuntungan yang cepat kepada pelanggannya. Karena janji uang yang cepat dan mudah, skema ponzi ini dilakukan demi menarik pelanggan untuk mencoba robot trading. 

Cara Kerja Robot Trading

Robot Trading

Cara kerja robot trading sebenarnya memiliki cara kerja yang cukup mudah. Sesuai dengan namanya, Robot Trading, mereka akan bekerja selama mesin tetap menyala meskipun pemiliknya sedang menggunakan mesin tersebut. Bahkan, ketika perangkat elektronik yang digunakan untuk trading sedang mati, kegiatan trading akan tetap bekerja dan mengerjakan trading untuk anda. 

Robot trading memudahkan para trader untuk melakukan trading secara otomatis. Pada awalnya, robot trading akan menganalisis pergerakan dan perubahan harga dan pasar forex. Hal ini dilakukan karena perubahan harga serta pasar forex sangatlah cepat dan terkadang perbandingannya bisa jauh berbeda. 

Kemudian, robot trading bisa mengeksekusi pembelian dan penjualan untuk trading forex secara autopilot. Robot trading bisa memberikan anda rekomendasi pembelian dan penjualan yang anda inginkan, dan hal tersebut dapat dieksekusi secara langsung. Dengan ini, anda hanya perlu memberikan perintah kepada robot trading untuk mengerjakan trading untuk anda. 

Regulasi Robot Trading

Pada hari Kamis 24 Maret tahun ini, Rapat Dengar Pendapat antara Komisi VI DPR RI dengan Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Indrasari Wisnu Wardhana tengah berjalan. Rapat virtual tersebut membahas tentang regulasi dan tata kelola komoditas kripto dan aset digital lainnya, namun lebih spesifiknya tentang persoalan investasi ilegal yang berbasis binary dan juga tentang robot trading. 

Daeng Muhammad, salah satu anggota Komisi VI DPR, menilai bahwa Bappebti harus turut bertanggung jawab karena banyaknya kasus ilegal yang merajalela belakangan ini, dan juga beberapa usaha trading ini mengaku telah mendapatkan izin dari Bappebti. 

“Ada kekosongan hukum, karena sampai sekarang kita belum ada yang mengatur mengenai robot trading. Dan kita sedang melakukan kajian,” ucap Indrasari Wisnu Wardhana pada saat rapat tersebut. Namun, sudah ada pendekatan yang digunakan untuk pengaturan robot trading yang telah disampaikan ke bagian Biro Peraturan perundang-undangan dan juga penindakan dari Bappebti. Berikut adalah pendekatan yang dijadikan sebagai pendekatan :

  • Prinsip-prinsip yang harus dipenuhi robot trading adalah robot trading merupakan alat bantu bagi nasabah, arus digunakan di ranah yang berizin, tidak digunakan sebagai sebuah hal ilegal yang berkedok investasi, dan juga akan diadakan pengawasan dan juga evaluasi terhadap pelaku usaha legal yang memakai sebuah robot trading.
  • Memiliki beberapa spesifikasi pada robot trading. Spesifikasi tersebut antara lain adalah robot trading harus punya transparansi algoritma, variabel yang bisa di input sejumlah keinginan nasabah, bebas dari bugs (atau isu error lainnya), dan robot trading dikembangkan oleh perusahaan yang legal serta memiliki integritas.
  • Menetapkan aturan tentang kriteria yang harus diikuti oleh developer. Hal yang dijadikan kriteria tentang developer adalah harus punya legalitas yang disampaikan oleh otoritas resmi di Indonesia, menyediakan edukasi tentang trading, memberikan update algoritma sesuai dengan periode yang ditentukan, dan juga tidak menjanjikan profit yang terus-menerus, yang mengakibatkan developer untuk melakukan overpromise

Ciri Robot Trading Berbahaya

Robot Trading

Ingin tahu bagaimana robot trading yang sebenarnya sudah tidak legal? Atau mungkin anda sudah terjerat dalam robot trading dan ingin tahu bilamana robot trading anda sudah legal atau belum? Berikut adalah beberapa poin yang dapat anda teliti agar tidak menjadi korban robot trading illegal: 

  • Jika anda hanya bisa melakukan trading di broker tertentu dan bukan broker yang terpercaya, bisa jadi saja anda berada di robot trading yang ilegal. Dengan menggunakan broker tertentu, ada kemungkinan manipulasi chart trading yang fiktif dan disesuaikan dengan keadaan yang ada.
  • Robot trading yang sedikit mencurigakan adalah ketika anda tidak dapat melakukan telegraphic transfer (TT) dolar ke dolar. Namun, anda harus beli dollar dari penyelenggara trading dengan harga yang jauh lebih mahal, sekitar 5-10% lebih mahal, dari harga wajar
  • Robot trading bisa dibilang sedikit mencurigakan ketika wujud robot trading, algoritma dan juga cara kerjanya tidak memiliki penjelasan sama sekali. Dengan ini, jika anda ingin melanjutkan ke broker forex lainnya, tidak dapat dilakukan. Robot trading adalah robot trading yang legal jika seluruh informasi tentang robot tersebut dapat terlihat, baik dari wujud robot trading yang terlihat, algoritma, dan juga cara kerja yang memiliki sebuah penjelasan.

Baca juga:  

Apa Itu Trading? Apakah Trading Halal Atau Haram?

Hukum Trading Forex: Halal atau Haram Di Indonesia?

Daftar Robot Trading Illegal

Menurut data yang ditulis di situs OJK, ada sekitar 11 platform robot trading yang dapat dibilang sebagai illegal, termasuk Robot Trading Fahrenheit yang baru-baru ini tertangkap sebagai investasi robot yang illegal. Berikut adalah daftar robot trading yang ilegal dan wajib dihindari: 

  1. https://dutarobot.com/  
  2. Robot Forex Auto Pilot D7 MT4 Instaforex Broker  
  3. SMARTXBOT  
  4. Auto Trade Gold 4.0  
  5. Btrado  
  6. Robot Trading DNA Pro  
  7. Robot Trading Pansaka (Auto Trade Gold)  
  8.  Fahrenheit Robot Trading  
  9. RoyalQ Indonesia  
  10. Robot Trading Maxima Margin  
  11. Robot Trading Revenue Bintang Mas 

Robot trading merupakan sebuah hal yang, jika diolah dengan baik, merupakan sebuah inovasi yang dapat membantu banyak orang untuk keperluan mereka, dimulai dari keperluan pribadi atau bahkan modal usaha. Namun sayangnya, ada beberapa pihak yang memanfaatkan ini untuk hal yang illegal.Lancar by Danamas merupakan penyedia pinjaman modal usaha dengan basis jaminan properti di bawah PT. Sinar Mas. Seluruh aktivitas yang dilakukan di Lancar by Danamas merupakan hal yang legal. Untuk mengetahui tentang lancar by Danamas lebih lanjuti dan mengetahui apa yang kami bisa tawarkan untuk anda, kunjungi situs kami di www.lancar.id!