berlibur

Ada banyak sekali cara untuk meluangkan waktu bersama keluarga salah satunya dengan berlibur. Untuk bisa berlibur bersama keluarga tentu tidak selalu dengan budget yang mahal, Anda bisa merencanakan berlibur bersama keluarga dengan budget murah namun tetap menyenangkan. Berikut tips berlibur hemat bersama keluarga yang menyenangkan.

Tips Berlibur Hemat Bersama Keluarga

  • Rencanakan Jauh Hari

Salah satu tips berlibur hemat adalah dengan merencanakan liburan jauh hari sebelum tanggal liburan tiba. Hal ini dibutuhkan agar anda bisa menyusun anggaran pengeluaran lebih terencana dan matang. lalu saat melakukan pemesanan tiket akomodasi juga booking tempat maka bisa dilakukan sejak lama agar mendapatkan harga yang relatif lebih murah.

  •  Lakukan Survei Lokasi Liburan

Agar anda lebih yakin maka anda bisa melakukan survei ke lokasi hiburan yang ingin anda tuju. Namun jika ini tidak memungkinkan Anda bisa cukup mengeceknya lewat Google dan beberapa review testimoni orang yang sudah pernah berlibur ke tempat tersebut. Lalu buatlah daftar destinasi liburan mana saja yang ingin anda kunjungi serta perkiraan biaya di masing-masing destinasi. Sesuaikan destinasi dengan budget berlibur anda.

  • Hindari Tanggal Merah

Hal yang sebaiknya Anda hindari adalah berlibur saat tanggal merah pasalnya tanggal merah termasuk kedalam sistem saat berlibur sehingga tiket perjalanan dan hotel akan lebih mahal dibandingkan hari biasa. Untuk itu pilihlah tanggal-tanggal yang sekiranya bukan masa liburan harga tiket pun lebih hemat.

  • Cari Tiket Promo

Untuk menghemat budget berlibur Anda maka anda perlu mencari tiket promo yang bisa didapatkan saat event seperti travel Fair. Untuk menghemat budget berlibur Anda maka anda perlu mencari tiket promo yang bisa didapatkan saat event seperti travel fair umumnya memberikan harga tiket perjalanan hingga akomodasi penginapan jauh lebih murah dibandingkan tanda beli tanpa ada event travel Fair.

  • Siapkan Kebutuhan Pokok Sebelum Berangkat

Anda perlu menyiapkan berbagai kebutuhan pokok sebelum berangkat jauh hari seperti peralatan mandi, obat-obatan, makanan ringan, dan kebutuhan kebutuhan lain yang pasti dibutuhkan saat berwisata terutama jika anda membawa anggota keluarga yang masih kecil. Hal ini untuk meminimalisir Anda membeli barang-barang tersebut di luar karena akan jauh lebih mahal mengingat anda perlu berhemat dalam berlibur.

  • Gunakan Uang Dengan Bijak

Jika anda ingin berlibur serta refreshing dari rutinitas sehari-hari hari, maka sebaiknya bijaklah dalam berbelanja saat anda berada di destinasi wisata. Bukan tidak mungkin saat mengunjungi pusat perbelanjaan kan ada pun tergiur untuk membelinya apalagi banyak diskon dan promo yang mungkin saja ditawarkan. Untuk itu sebaiknya selalu mindful dalam mengeluarkan uang saat berlibur.

  • Berbagi Kamar

Hal yang bisa anda lakukan untuk berlibur bersama keluarga adalah berbagi kamar. Hal ini untuk menghemat budget liburan Anda sehingga dalam satu kamar bisa anda gunakan bersama-sama.

  • Bawalah Uang Tunai

Hal lain yang perlu Anda lakukan adalah dengan membawa uang tunai. Dengan membawa uang tunai andapun bisa bertransaksi saat berbelanja atau membeli sesuatu sesuai dengan uang yang Anda kantongi di dompet saja. Hal ini untuk meminimalisir penggunaan cashless yang mungkin bisa anda tidak sadari pemakaiannya.

  • Liburan ala Backpacker

Jika anda ingin berlibur hemat bersama keluarga atau orang yang tersayang maka anda bisa liburan ala Backpacker. Ini juga bisa menjadi ide berlibur yang berbeda mungkin dari biasanya. Hal yang bisa anda lakukan adalah menyewa kendaraan di tempat atau menaiki angkutan umum di daerah. Dengan begitu Anda masih bisa tetap berjalan jalan namun dengan pengeluaran yang minim. Selain itu liburan ala backpacker juga memberikan pengalaman yang pasti berbeda dibandingkan liburan mewah pada umumnya.

  • Mencoba Kuliner Lokal

Saat Anda pergi ke sebuah destinasi wisata Anda bisa menghabiskan waktu untuk mencoba berbalik kuliner lokal yang ditawarkan. Tak melulu harus ke restoran atau Cafe mahal saat anda berada di tempat wisata Anda bisa mencari kuliner apa saja yang paling populer di kawasan tersebut. Tak hanya lebih hemat mau mencoba kuliner lokal juga bisa jadi pengalaman baru yang Anda rasakan bersama keluarga.

  •  Liburan di 1 Kota

Dengan memilih liburan di satu kota maka anda bisa memaksimalkan destinasi wisata di kota tersebut. Selain itu Anda juga pasti lebih menghemat budget karena anda bisa bereksplorasi di tiap sudut kota tanpa harus ke kota lainnya, karena biasanya destinasi wisata tersebut tidak terlalu jauh dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk bisa sampai ke destinasi wisata lainnya.

Kota Di Indonesia Dengan Destinasi Murah

  • Jogjakarta

Yogyakarta adalah salah satu kota yang cukup terkenal karena menawarkan berbagai akomodasi yang murah. Selain itu harga makanan di Yogyakarta juga cukup terjangkau sehingga ini bisa jadi tujuan berlibur anda dan keluarga yang hemat. Di Yogyakarta Anda bisa naik bus Trans yang sangat murah yaitu hanya Rp3.500. Dengan bustrans ini anda bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata yang terjangkau seperti Malioboro ke Candi Prambanan museum Biologi, Tugu, Jogja dan lain-lain.

  • Malang

Kota Malang adalah salah satu destinasi liburan yang juga sering dikunjungi oleh para mahasiswa. Di Malang ada berbagai objek wisata murah seperti Kampung 3D, Kampung warna-warni, alun-alun, museum pantai dan lain-lain. Untuk kulinernya pun cukup bervariasi seperti rawon orem-orem bakso pecel dan lain-lain serta dipatok dengan harga yang relatif murah. 

  • Madura

Madura juga salah satu destinasi wisata Indonesia yang dipatok dengan harga yang relatif terjangkau. Tidak hanya murah Anda juga bisa mengunjungi berbagai destinasi dan aktivitas liburan yang menyenangkan seperti karapan sapi, gili labak, air terjun toroan, api abadi, dan lain-lain. Di Madura juga menawarkan berbagai kuliner lokal yang lezat seperti rujak dulit, bebek khas Madura, kaldu Kokot, dan lain-lain.

  •  Solo

Di Solo Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata menggunakan bus trans yang beroperasi hingga malam hari. Dengan menggunakan transportasi umum maka anda pun akan lebih hemat saat berlibur. Ada banyak destinasi menarik di Solo seperti Keraton kasunanan Surakarta Hadiningrat, Museum Radya Pustaka, kebun binatang Taru Jurug, dan lain-lain. 

Baca juga: Tips Hemat Mengisi Liburan di Akhir Tahun & Opsi Destinasi!

Bagi Anda yang ingin mencoba suasana baru dalam berlibur maka, kota-kota tersebut bisa jadi wishlist Anda selanjutnya. Jika Anda berencana untuk liburan hemat, maka kumpulkan juga tabungan khusus liburan dan perbanyak pemasukan Anda. Salah satu caranya adalah dengan memulai bisnis baru untuk dapatkan keuntungan yang banyak. Jika Anda kesulitan dalam memulai bisnis karena modal usaha, maka coba nikmati kemudahan mendapatkan pinjaman modal bisnis dari Danamas. Fintech lending legal yang masih dalam naungan Sinar Mas Group ini bisa jadi pilihan tepat untuk modal usaha Anda.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Rekomendasi-Mobil-Keluarga

35++ Rekomendasi Mobil Keluarga 2023 Terbaik

Mobil keluarga umumnya berjenis MPV yang menjadi incaran banyak orang agar mampu mengakomodir penumpang. Mobil MPV dianggap sebagai mobil keluarga yang memiliki kapasitas besa

Rekomendasi-Mobil-Murah-Bagus

30++ Rekomendasi Mobil Murah Bagus 2023

KIni kendaraan pribadi menjadi kebutuhan banyak orang. Hal ini karena kendaraan bisa membantu menunjang aktivitas seseorang di luar ruangan untuk berbagai kegiatan seperti bek

biaya-liburan-ke-maldives

Rincian Biaya Liburan ke Maldives, Itinerary Hemat Budget

Maldives atau Maladewa identik sebagai destinasi wisata untuk pasangan yang baru menikah dan ingin melaksanakan honeymoon. Banyak pasangan muda yang mulai mempertimbangkan unt