berlibur

Ada banyak sekali cara untuk meluangkan waktu bersama keluarga salah satunya dengan berlibur. Untuk bisa berlibur bersama keluarga tentu tidak selalu dengan budget yang mahal, Anda bisa merencanakan berlibur bersama keluarga dengan budget murah namun tetap menyenangkan. Berikut tips berlibur hemat bersama keluarga yang menyenangkan.

Tips Berlibur Hemat Bersama Keluarga

  • Rencanakan Jauh Hari

Salah satu tips berlibur hemat adalah dengan merencanakan liburan jauh hari sebelum tanggal liburan tiba. Hal ini dibutuhkan agar anda bisa menyusun anggaran pengeluaran lebih terencana dan matang. lalu saat melakukan pemesanan tiket akomodasi juga booking tempat maka bisa dilakukan sejak lama agar mendapatkan harga yang relatif lebih murah.

  •  Lakukan Survei Lokasi Liburan

Agar anda lebih yakin maka anda bisa melakukan survei ke lokasi hiburan yang ingin anda tuju. Namun jika ini tidak memungkinkan Anda bisa cukup mengeceknya lewat Google dan beberapa review testimoni orang yang sudah pernah berlibur ke tempat tersebut. Lalu buatlah daftar destinasi liburan mana saja yang ingin anda kunjungi serta perkiraan biaya di masing-masing destinasi. Sesuaikan destinasi dengan budget berlibur anda.

  • Hindari Tanggal Merah

Hal yang sebaiknya Anda hindari adalah berlibur saat tanggal merah pasalnya tanggal merah termasuk kedalam sistem saat berlibur sehingga tiket perjalanan dan hotel akan lebih mahal dibandingkan hari biasa. Untuk itu pilihlah tanggal-tanggal yang sekiranya bukan masa liburan harga tiket pun lebih hemat.

  • Cari Tiket Promo

Untuk menghemat budget berlibur Anda maka anda perlu mencari tiket promo yang bisa didapatkan saat event seperti travel Fair. Untuk menghemat budget berlibur Anda maka anda perlu mencari tiket promo yang bisa didapatkan saat event seperti travel fair umumnya memberikan harga tiket perjalanan hingga akomodasi penginapan jauh lebih murah dibandingkan tanda beli tanpa ada event travel Fair.

  • Siapkan Kebutuhan Pokok Sebelum Berangkat

Anda perlu menyiapkan berbagai kebutuhan pokok sebelum berangkat jauh hari seperti peralatan mandi, obat-obatan, makanan ringan, dan kebutuhan kebutuhan lain yang pasti dibutuhkan saat berwisata terutama jika anda membawa anggota keluarga yang masih kecil. Hal ini untuk meminimalisir Anda membeli barang-barang tersebut di luar karena akan jauh lebih mahal mengingat anda perlu berhemat dalam berlibur.

  • Gunakan Uang Dengan Bijak

Jika anda ingin berlibur serta refreshing dari rutinitas sehari-hari hari, maka sebaiknya bijaklah dalam berbelanja saat anda berada di destinasi wisata. Bukan tidak mungkin saat mengunjungi pusat perbelanjaan kan ada pun tergiur untuk membelinya apalagi banyak diskon dan promo yang mungkin saja ditawarkan. Untuk itu sebaiknya selalu mindful dalam mengeluarkan uang saat berlibur.

  • Berbagi Kamar

Hal yang bisa anda lakukan untuk berlibur bersama keluarga adalah berbagi kamar. Hal ini untuk menghemat budget liburan Anda sehingga dalam satu kamar bisa anda gunakan bersama-sama.

  • Bawalah Uang Tunai

Hal lain yang perlu Anda lakukan adalah dengan membawa uang tunai. Dengan membawa uang tunai andapun bisa bertransaksi saat berbelanja atau membeli sesuatu sesuai dengan uang yang Anda kantongi di dompet saja. Hal ini untuk meminimalisir penggunaan cashless yang mungkin bisa anda tidak sadari pemakaiannya.

  • Liburan ala Backpacker

Jika anda ingin berlibur hemat bersama keluarga atau orang yang tersayang maka anda bisa liburan ala Backpacker. Ini juga bisa menjadi ide berlibur yang berbeda mungkin dari biasanya. Hal yang bisa anda lakukan adalah menyewa kendaraan di tempat atau menaiki angkutan umum di daerah. Dengan begitu Anda masih bisa tetap berjalan jalan namun dengan pengeluaran yang minim. Selain itu liburan ala backpacker juga memberikan pengalaman yang pasti berbeda dibandingkan liburan mewah pada umumnya.

  • Mencoba Kuliner Lokal

Saat Anda pergi ke sebuah destinasi wisata Anda bisa menghabiskan waktu untuk mencoba berbalik kuliner lokal yang ditawarkan. Tak melulu harus ke restoran atau Cafe mahal saat anda berada di tempat wisata Anda bisa mencari kuliner apa saja yang paling populer di kawasan tersebut. Tak hanya lebih hemat mau mencoba kuliner lokal juga bisa jadi pengalaman baru yang Anda rasakan bersama keluarga.

  •  Liburan di 1 Kota

Dengan memilih liburan di satu kota maka anda bisa memaksimalkan destinasi wisata di kota tersebut. Selain itu Anda juga pasti lebih menghemat budget karena anda bisa bereksplorasi di tiap sudut kota tanpa harus ke kota lainnya, karena biasanya destinasi wisata tersebut tidak terlalu jauh dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk bisa sampai ke destinasi wisata lainnya.

Kota Di Indonesia Dengan Destinasi Murah

  • Jogjakarta

Yogyakarta adalah salah satu kota yang cukup terkenal karena menawarkan berbagai akomodasi yang murah. Selain itu harga makanan di Yogyakarta juga cukup terjangkau sehingga ini bisa jadi tujuan berlibur anda dan keluarga yang hemat. Di Yogyakarta Anda bisa naik bus Trans yang sangat murah yaitu hanya Rp3.500. Dengan bustrans ini anda bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata yang terjangkau seperti Malioboro ke Candi Prambanan museum Biologi, Tugu, Jogja dan lain-lain.

  • Malang

Kota Malang adalah salah satu destinasi liburan yang juga sering dikunjungi oleh para mahasiswa. Di Malang ada berbagai objek wisata murah seperti Kampung 3D, Kampung warna-warni, alun-alun, museum pantai dan lain-lain. Untuk kulinernya pun cukup bervariasi seperti rawon orem-orem bakso pecel dan lain-lain serta dipatok dengan harga yang relatif murah. 

  • Madura

Madura juga salah satu destinasi wisata Indonesia yang dipatok dengan harga yang relatif terjangkau. Tidak hanya murah Anda juga bisa mengunjungi berbagai destinasi dan aktivitas liburan yang menyenangkan seperti karapan sapi, gili labak, air terjun toroan, api abadi, dan lain-lain. Di Madura juga menawarkan berbagai kuliner lokal yang lezat seperti rujak dulit, bebek khas Madura, kaldu Kokot, dan lain-lain.

  •  Solo

Di Solo Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata menggunakan bus trans yang beroperasi hingga malam hari. Dengan menggunakan transportasi umum maka anda pun akan lebih hemat saat berlibur. Ada banyak destinasi menarik di Solo seperti Keraton kasunanan Surakarta Hadiningrat, Museum Radya Pustaka, kebun binatang Taru Jurug, dan lain-lain. 

Baca juga: Tips Hemat Mengisi Liburan di Akhir Tahun & Opsi Destinasi!

Bagi Anda yang ingin mencoba suasana baru dalam berlibur maka, kota-kota tersebut bisa jadi wishlist Anda selanjutnya. Jika Anda berencana untuk liburan hemat, maka kumpulkan juga tabungan khusus liburan dan perbanyak pemasukan Anda. Salah satu caranya adalah dengan memulai bisnis baru untuk dapatkan keuntungan yang banyak. Jika Anda kesulitan dalam memulai bisnis karena modal usaha, maka coba nikmati kemudahan mendapatkan pinjaman modal bisnis dari Danamas. Fintech lending legal yang masih dalam naungan Sinar Mas Group ini bisa jadi pilihan tepat untuk modal usaha Anda.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

biaya-nikah

Mau Nikah Tahun Ini? Ini Rincian Biaya Nikah yang Perlu Disiapkan

Bagi banyak orang, menikah adalah salah satu momen yang sangat dinantikan dalam hidup. Tentunya banyak hal yang perlu anda persiapkan untuk mewujudkan pernikahan impian anda. Selain niat, perlu usaha nyata lainnya seperti menyiapkan dana pernikahan, meyakinkan pasangan, mendapatkan restu hingga merancang konsep pernikahan.

Konsep pernikahan yang matang juga perlu mempertimbangkan biaya nikah. Biaya nikah dipengaruhi oleh banyak faktor sehingga ada kisaran harga tertentu yang bisa menentukan apakah biaya nikah tersebut mahal atau murah. Agar Anda bisa mewujudkan pernikahan yang diimpikan, maka sebaiknya pilihlah vendor pernikahan yang sesuai dengan budget Anda.

Ada beberapa hal perlu dipersiapkan sebelum menikah, karena momen sekali seumur hidup ini perlu Anda kenang hingga menjadi impian pernikahan Anda. Jadi, apa saja biaya-biaya yang perlu dipersiapkan? Berikut adalah rincian biaya nikah yang bisa anda jadikan alternatif beserta tips untuk menghemat serta mengumpulkan biaya nikah.

Rincian Biaya Nikah 2022 (Rp 50 Juta & Rp 20 Juta)

Rincian biaya nikah bisa diestimasi berdasarkan kisaran harga. Tentunya, rincian biaya nikah ini beragam, tidak ada nominal pasti yang bisa Anda dapatkan, karena berbagai faktor seperti vendor yang Anda pilih. Dengan kisaran rincian biaya nikah ini maka Anda bisa dengan mudah menentukan akan seperti apa pernikahan Anda nantinya.

Apakah 50 Juta Cukup Buat Nikah?

Jika Anda sudah menargetkan biaya nikah Rp 50 juta, maka ada rincian harga yang bisa dijadikan acuan bagi Anda. Siapa bilang bahwa Rp 50 juta tidak bisa menggelar pesta pernikahan yang memuaskan? Dengan perhitungan dan pemilihan hal-hal apa saja yang cukup dibutuhkan untuk pernikahan, maka bisa Anda segera wujudkan. Berikut rincian biaya nikah Rp 50 juta:

Hal yang DibutuhkanKisaran Harga Biaya
SeserahanRp 1 juta
Sewa GedungRp 5 juta
KUARp 600 ribu
Catering & DekorasiRp 20 juta
MaharRp 5 juta
MUA & Sewa Baju PengantinRp 5 juta
DokumentasiRp 3 juta
Cincin KawinRp 5 juta
EntertainmentRp 2 juta
UndanganRp 1 juta
Biaya tak terdugaRp 400 ribu
TotalRp 50 juta

Kisaran Biaya Nikah di bawah Rp 20 juta, Bisa?

Untuk Anda yang hanya memiliki uang Rp 20 juta, maka bukan tidak mungkin bisa menggelar acara pernikahan yang khidmat. Anda bisa membuat rincian biaya nikah dibawah Rp 20 juta dengan beberapa hal yang hanya perlu diadakan, seperti beberapa rincian berikut ini.

Hal yang DipersiapkanKisaran Biaya Nikah dibawah Rp 20 Juta
SeserahanRp 1 juta
Cincin PernikahanRp 3 juta
MaharRp 200 ribu
Biaya KUARp 600 ribu
Venue ResepsiRp 2 juta
DekorasiRP 1 juta
CateringRp 5 jutaan
Undangan & SouvenirRp 800 ribu
Rias & Baju PengantinRp 2 juta
DokumentasiRp 3 juta
Pengisi AcaraRp 1 juta
TotalRp 20 juta

Berikut ini adalah beberapa biaya pernikahan yang bisa anda persiapkan secara umum:

1.     Biaya KUA

Sebenarnya biaya nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) gratis apabila dilakukan di jam kerja dan hari kerja, hal ini diatur dalam PP Nomor 48 tahun 2014. Namun apabila pernikahan dilakukan di luar jam dan hari kerja serta di luar kantor seperti di rumah pribadi, masjid atau Gedung pertemuan, maka anda akan dikenakan biaya sebesar Rp600.000,-.

2.     Biaya Hantaran

Dalam proses pernikahan, terdapat tradisi hantaran atau seserahan dimana mempelai pria memberikan sejumlah barang kepada mempelai wanita. Seserahan atau hantaran biasanya berupa perlengkapan yang dibutuhkan dan bisa digunakan oleh calon istri seperti baju, tas, sepatu, peralatan make-up dan lain-lain. Anda bisa menyiapkan estimasi dana sebesar Rp5.000.000 untuk biaya hantaran. Sebenarnya biaya ini tergantung pada jumlah dan merk barang yang ingin diberikan, anda juga bisa berdiskusi dengan calon istri kira-kira barang apa yang dia butuhkan.

3.     Biaya Mahar atau Mas Kawin

Biaya pernikahan selanjutnya adalah mahar atau mas kawin, yang merupakan pemberian wajib dari mempelai pria kepada mempelai Wanita. Biasanya mahar berbentuk barang berupa emas, perak, uang, perlengkapan ibadah dan sebagainya. Estimasi biaya untuk mahar berupa seperangkat alat ibadah lengkap adalah Rp1.000.000,- atau untuk mahar berupa emas anda bisa menyiapkan dana mulai dari Rp 900.000an per gram nya. Untuk keperluan mahar ini anda juga bisa diskusikan dengan mempelai wanita, kira-kira berapa besaran mahar yang diinginkan.

4.     Biaya Cincin Kawin

Cincin pernikahan juga menjadi salah satu item yang harus anda persiapkan sebelum melangsungkan pernikahan. Cincin kawin bisa berbahan emas murni atau perak. Perkiraan biaya untuk cincin pernikahan berbahan emas dengan berat 3-5 gram harganya berkisar mulai dari Rp 5 juta-an untuk sepasang. Sebaiknya anda melakukan diskusi terlebih dahulu bersama pasangan anda, untuk menentukan jenis dan model dari cincin kawin yang diinginkan.

5.     Biaya Wedding Organizer

Anda juga bisa menggunakan jasa wedding organizer (WO) untuk membantu anda mengurus keperluan resepsi apabila anda sibuk, sehingga anda tidak perlu pusing dan stress memikirkan persiapan pesta. Biaya untuk WO di jabodetabek berkisar mulai dari Rp 10 juta, pastikan anda mencari informasi secara detail mengenai WO yang ingin anda gunakan supaya terhindar dari penipuan.

6.     Biaya Gedung

Saat ini banyak orang yang menggelar pesta pernikahan di Gedung. Mencari Gedung pernikahan tentunya memerlukan effort tersendiri. Harga sewa setiap Gedung tentunya berbeda-beda menyesuaikan dari lokasi, kapasitas dan waktu pesta. Biaya sewa Gedung paling murah mulai Rp 5 juta hingga ratusan juta rupiah.

7.     Biaya Catering & Dekorasi

Catering dan Dekorasi juga menjadi salah satu hal penting dalam menyiapkan sebuah pesta pernikahan. Biaya catering paket murah mulai dari Rp 65.000 per orang sehingga apabila ingin mengundang 1000 undangan, maka anda membutuhkan biaya Rp 65 juta untuk catering. Sedangkan, untuk dekorasi Gedung anda perlu menyiapkan biaya mulai dari Rp10 juta.

8.     Biaya Undangan & Souvenirs

Ditengah pandemic seperti sekarang ini, bentuk undangan pernikahan sudah beralih menjadi undangan digital, biaya pembuatan undangan digital melalui website dimulai dari Rp500.000, apabila anda ingin menggunakan undangan fisik, biaya yang diperlukan mulai dari Rp1.000 per eksemplarnya.

Selain undangan, anda juga harus menyisihkan budget untuk biaya souvenirs. Anda bisa memilih beragam souvenirs seperti kipas tangan, peralatan tulis, paying, handuk, mug, dan lain-lain. Estimasi biaya souvenir adalah Rp5.000 per itemnya.

9.     Biaya Tata Rias & Baju Pengantin

Tentunya anda ingin tampil maksimal saat hari pernikahan, penampilan ini ditunjang juga oleh tata rias dan busana pengantin. Anda bisa mencari jasa tata rias dan sewa baju pengantin yang sesuai dengan budget anda. Estimasi biaya make-up dan sewa baju pengantin mulai dari Rp10 juta. Namun anda juga bisa membuat baju pengantin sendiri dan menggunakan jasa make-up artist professional, tentunya anda perlu mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan hal tersebut.

10.  Biaya Dokumentasi

Momen pernikahan tentunya menjadi salah satu momen special dan anda nantikan, sehingga perlu diabadikan dengan baik melalui foto dan video. Estimasi biaya jasa foto dan video pernikahan mulai dari Rp5.000.000, anda juga bisa melakukan sesi foto pre-wedding apabila mempunyai dana lebih.

11.  Biaya Entertainment

Tidak ada salahnya untuk mengundang live music band dan MC untuk memeriahkan resepsi pernikahan. Estimasi biaya sewa live music mulai dari Rp5.000.000 dan untuk MC mulai dari Rp1.000.000.

12.  Biaya Lainnya

Estimasikan juga budget untuk biaya-biaya tidak terduga seperti untuk kue pengantin, sewa mobil pengantin, seragam bridesmaid/groomsmen atau keluarga dan lain-lain. Sebagai contoh, biaya seragam bisa mulai dari Rp300.000 per baju/kain, kemudian Kue pengantin dengan harga mulai dari Rp3 juta, dan biaya untuk sewa mobil mulai dari Rp 1 juta. Pastikan anda selalu menghitung rincian pos untuk biaya tambahan agar biaya menikah tidak bengkak.

Tips Menghemat Biaya Nikah

Saat berencana untuk menikah, Anda perlu mengetahui beberapa cara menghemat biaya nikah. Dengan begitu, pesta pernikahan bisa Anda gelar sesuai budget yang sudah direncanakan. Ini penting, agar acara pernikahan Anda tetap terlaksana tanpa meninggalkan hutang. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk menghemat biaya pernikahan anda.

1.     Buat Anggaran Nikah secara Rinci

Ketahui dulu jumlah uang yang dimiliki untuk biaya pernikahan, hindari menggunakan seluruh tabungan apalagi harus berhutang kepada pihak lain. Setelah itu, buatlah rencana anggaran di awal secara terperinci dan distribusikan biaya untuk pos pengeluaran masing-masing seperti lokasi, makanan, dan sebagainya untuk memangkas biaya pernikahan menjadi sehemat mungkin.

2.     Gunakan Undangan Digital

Dengan adanya kemajuan teknologi, saat ini anda tidak perlu menggunakan undangan fisik berupa kertas atau kartu. Anda bisa menggunakan pernikahan digital, banyak vendor yang menyediakan jasa undangan digital dengan harga dibawah Rp500.000, bahkan ada beberapa platform yang memungkinkan kamu untuk membuat undangan digital secara gratis.

3.     Batasi Jumlah Tamu Undangan

Pernikahan adalah momen yang penuh dengan keakraban, untuk menghindari bertemu dengan orang yang sebenarnya tidak anda kenal, anda bisa mengundang keluarga dan kerabat terdekat sehingga bisa membuat momen pernikahan anda lebih hangat dan berkesan.

4.     Menggunakan Jasa Teman

Apabila anda memiliki kerabat atau teman dengan keterampilan seperti fotografi, make up artist atau event organizer, tidak ada salahnya menggunakan jasa mereka untuk pernikahan anda. Bukan berarti anda tidak membayar mereka, tetapi dengan menggunakan jasa teman biasanya anda akan mendapatkan harga teman. Selain itu bekerja dengan orang yang sudah anda kenal, tentunya akan membuat anda lebih nyaman.

5.     Minimalisasi Biaya Souvenir

Anda dan pasangan bisa memilih souvenir pernikahan yang sederhana dan unik, selain itu apabila anda dan pasangan memiliki waktu lebih saat ini banyak tutorial membuat souvenir sehingga anda bisa membuat souvenir sesuai dengan selera anda dan pasangan.

6.     Pilih Hari Kerja dan Waktu yang Tepat

Biaya Gedung di hari biasa dan akhir pekan memiliki harga yang berbeda. Biasanya biaya sewa di hari kerja lebih murah dibandingkan hari sabtu atau minggu. Tidak ada salahnya anda dan pasangan mengadakan pesta pernikahan di hari kerja.

7.     Minimalisasi Biaya Seragam Keluarga

Membeli bahan dan menjahit seragam untuk keluarga akan memakan biaya cukup besar. Anda bisa mengakali hal tersebut dengan meminta kepada keluarga untuk menggunakan baju sendiri dengan warna yang seragam. Anda juga bisa menambahkan pita atau flower crown sebagai pembeda antara  antara keluarga dengan tamu yang lain.

8.     Pilih Gedung yang biasa Saja

Biaya sewa Gedung merupakan salah satu pos dengan biaya yang paling besar, biasanya sewa gedung bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Anda bisa mengakalinya dengan menyelenggarakan pernikahan di rumah, atau anda juga bisa menyelenggarakannya di gedung serbaguna atau ruangan hotel yang biasanya disesuaikan dengan budget yang anda miliki. Perlu diingat, bahwa pesta pernikahan tidak memerlukan gedung mewah, yang terpenting adalah tempatnya layak dan cukup.

Tips Mengumpulkan Biaya Nikah

Biaya nikah tidak bisa terkumpul begitu saja tanpa adanya usaha. Anda perlu menabung dan mengumpulkan biaya nikah agar semua impian pernikahan Anda bisa terwujud. Jika Anda kesulitan untuk menabung uang untuk biaya nikah, maka tips kumpulkan biaya pernikahan ini bisa Anda ikuti. 

1.     Tentukan Budget Pernikahanmu

Tentukan range biaya yang ingin anda keluarkan untuk membuat pesta pernikahan impian antara anda dan pasangan.

2.     Buka Tabungan Khusus

Setelah budget sudah ditentukan, mulai dedikasikan diri anda untuk menabung dan buat tabungan khusus pernikahan sehingga tidak tercampur dengan tabungan lainnya.

3.     Tentukan Nominal Setoran

Menabunglah dengan rutin, tentukan jumlah atau nominal uang yang harus anda sisihkan setiap minggu atau bulannya untuk ditabung ke tabungan khusus pernikahan yang telah anda buat.

4.     Kesepakatan terhadap Hal yang menjadi Prioritas

Buat daftar prioritas akan hal-hal yang nantinya diperlukan dalam pesta pernikahan. Dengan begitu, anda dan pasangan bisa dengan lebih mudah melakukan identifikasi hal-hal yang diperkirakan akan mengeluarkan biaya cukup besar.

5.     Cari Penghasilan Tambahan

Anda dan pasangan bisa mencari penghasilan tambahan supaya biaya pernikahan dapat terkumpul lebih cepat. Beberapa sumber untuk menghasilkan penghasilan tambahan antara lain dengan mulai menjalankan bisnis sampingan, menambah pekerjaan sampingan, atau mencari uang dari internet saat anda memiliki waktu luang.

Biaya Nikah di KUA & Berkas Persyaratan Nikah

Biaya untuk melangsungkan pernikahan di KUA adalah Rp 0 alias gratis tidak dipungut biaya apapun, dengan catatan pernikahan dilaksanakan di hari kerja dan jam kerja.

Untuk melakukan pernikahan, calon pengantin bisa langsung datang ke KUA Kecamatan untuk mendaftarkan pernikahannya dengan syarat nikah berikut ini:

  1. Surat keterangan untuk nikah (model N1)
  2. Surat keterangan asal-usul (model N2)
  3. Surat persetujuan mempelai (model N3)
  4. Surat keterangan tentang orang tua (model N4)
  5. Surat pemberitahuan kehendak nikah (model N7) apabila calon pengantin berhalangan, pemberitahuan nikah dapat dilakukan oleh wali atau wakilnya.
  6. Bukti imunisasi TT 1 calon pengantin wanita, Kartu imunisasi, dan Imunisasi TT II dari Puskesmas setempat.
  7. Membayar biaya pencatatan nikah sebesar Rp30.000
  8. Surat izin pengadilan apabila tidak ada izin dari orangtua/wali
  9. Pas foto ukuran 3 x 2 sebanyak 3 lembar
  10. Dispensasi dari pengadilan bagi calon suami yang belum berumur 19 tahun dan bagi calon istri yang belum berumur 16 tahun
  11. Bagi anggota TNI/POLRI membawa surat izin dari atasan masing-masing
  12. Surat izin Pengadilan bagi suami yang hendak beristri lebih dari seorang
  13. Akta cerai atau kutipan buku pendaftaran talak/buku pendaftaran cerai bagi mereka yang perceraiannya terjadi sebelum berlakunya Undang-Undang Nomor 7 tahun 1989
  14. Surat keterangan tentang kematian suami/istri yang ditandatangani oleh Kepala Desa/Lurah atau pejabat berwenang yang menjadi dasar pengisian model N6 bagi janda/duda yang akan menikah.

Apabila dokumen diatas sudah lengkap, maka anda dan pasangan bisa langsung mengurus surat nikah ke KUA. Selain itu terdapat beberapa data diri/dokumen yang harus anda lampirkan untuk mengurus surat nikah.

Prosedur Syarat Nikah Bagi Calon Suami:

  1. Pengantar RT-RW dibawa ke Kelurahan setempat untuk mendapatkan Isian Blangko N1, N2, N3 & N4.
  2. Datang ke KUA setempat untuk mendapatkan Surat Pengantar/Rekomendasi Nikah (Jika calon Istri beralamat lain daerah/Kecamatan).
  3. Jika calon Istri se daerah/Kecamatan, berkas calon Suami diserahkan ke pihak calon Istri. 

Lampiran:

  1. Fotokopi KTP
  2. Akte Kelahiran & C1 (Kartu KK)
  3. Pas Foto 3×4 sebanyak 2 lembar, jika calon istri luar daerah
  4. Pas Foto 2×3 sebanyak 5 lembar, jika calon istri satu daerah/kecamatan.

Prosedur Syarat Nikah Bagi Calon Istri:

  1. Pengantar RT-RW dibawa ke Kelurahan setempat untuk mendapatkan Isian Blangko N1, N2, N3 & N4.
  2. Datang ke KUA setempat untuk mendaftarkan Nikah dan pemeriksaan administrasi (bersama Wali dan calon suami)
  3. Calon Suami & Calon Istri sebelum pelaksanaan nikah akan mendapatkan Penasihatan Perkawinan dari BP4.

Lampiran:

  1. Fotokopi KTP
  2. Akte Kelahiran & C1 (Kartu KK) calon pengantin
  3. Fotokopi Kartu Imunisasi TT
  4. Pas Photo latar biru ukuran 2 X 3 masing-masing calon pengantin sebanyak 5 lembar.
  5. Akta Cerai dari PA bagi janda/ duda cerai.
  6. Dispensasi PA bila usia kurang dari 16 pi dan 19 pa.
  7. Izin atasan bagi anggota TNI/ POLRI
  8. Surat Keterangan Kematian Ayah bila sudah meninggal
  9. Surat Keterangan Wali jika Wali tidak selamat dari Kelurahan setempat
  10. Dispensasi Camat bila kurang dari 10 hari
  11. N5 (surat ijin orang tua) bila usia calon pengantin kurang dari 21 th.
  12. N6 (Surat Kematian suami/istri) bagi janda/duda meninggal dunia

Alur Pendaftaran Nikah

Saat Anda berencana menikah, maka Anda perlu mendaftarkan rencana pernikahan ke KUA terdekat atau KUA tempat dimana Anda melangsungkan pernikahan. Berikut ini adalah tata cara atau alur prosesi pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA).

  1. Mendatangi ketua RT setempat untuk mengurus surat pengantar ke Kelurahan/Desa
  2. Mendatangi Kelurahan/Desa setempat untuk mengurus surat pengantar nikah ke Kantor Urusan Agama
  3. Jika pernikahan dilakukan kurang dari 10 hari dari waktu pendaftaran, anda harus minta keterangan dispensasi dari Kecamatan
  4. Membayar biaya akad nikah jika lokasi akad nikah dilakukan di luar KUA
  5. Menyerahkan bukti pembayaran ke KUA
  6. Mendatangi Kantor Urusan Agama tempat dilaksanakannya akad nikah untuk melakukan pemeriksaan surat-surat dan data calon pengantin beserta wali nikah
  7. Melaksanakan akad nikah di tempat dan waktu yang telah disetujui
  8. Melunasi Biaya Pernikahan jika menikah di luar jam kerja
  9. Mengecek Keaslian Buku Nikah

Itulah gambaran mengenai rincian biaya nikah yang kira-kira akan anda keluarkan untuk melaksanakan pernikahan yang anda dan pasangan inginkan. Setelah membaca artikel ini, anda dan pasangan bisa mulai mendiskusikan tentang konsep serta biaya pernikahan yang ideal bagi anda berdua. Anda juga bisa memeriksa sudah berapa banyak tabungan menikah yang anda kumpulkan. Apabila dana yang terkumpul belum mencukupi, ada dua pilihan jawaban yakni menunda waktu pernikahan atau wujudkan impian pernikahan dengan menggunakan dana pinjaman.

Tambahan Modal Nikah dengan Berbisnis

Apabila anda membutuhkan tambahan dana untuk melangsungkan pernikahan, anda bisa mendapatkan tambahan dana dari pihak lain karena saat ini banyak sekali platform yang bisa memberikan anda pinjaman dana. Salah satunya adalah Danamas, platform pinjaman multiguna yang sudah diawasi dan mendapatkan izin dari OJK. Melalui Danamas, anda bisa mendapatkan tambahan dana hingga 2 miliar rupiah dengan jaminan properti. Pinjaman online terpercaya ini bisa jadi modal usaha Anda untuk berbisnis. Merintis bisnis bisa menambah pundi pundi pendapatan yang mungkin tidak Anda duga keuntungan sebelumnya. 

Untuk melakukan pengajuan, maka bisa anda ajukan dengan mudah dan praktis serta bisa diakses kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis di smartphone Anda. Kemudahan lainnya adalah dengan melakukan simulasi pada Kalkulator Pinjaman untuk hitung nilai properti Anda sebagai agunan dan kalkulator simulasi kredit untuk simulasikan kredit Anda di Danamas.

 

cemilan sehat

15++ Ide Cemilan Sehat untuk Diet, Ibu Hamil & Anak juga Balita

Saat program diet beberapa orang mungkin menghindari cemilan karena takut naik berat badan. Padahal kenyataannya, camilan itu dibutuhkan untuk mengisi perut yang kosong di sela waktu makan sehingga tubuh atau perut tetap merasa kenyang serta menekan hawa nafsu makan dan berenergi. Maka, dengan mengkonsumsi cemilan, Anda pun tidak akan makan berlebihan karena perut sudah terisi oleh cemilan.

Kriteria Cemilan Sehat

Agar pola makan Anda juga sehat maka perlu sekali menyediakan cemilan sehat. Pemilihan cemilan yang sehat sangat disarankan adalah sebaiknya hindari cemilan yang tinggi kalori serta mengandung banyak gula dan lemak juga mineral. Saat anda sedang program diet maka perlu mengkonsumsi cemilan sehat yang mengandung nutrisi baik serta rendah kalori dan mampu mengontrol porsi hingga nafsu makan Anda, dengan begitu berat badan pun tidak akan naik. 

Cemilan sehat adalah cemilan yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein dan serat. Protein berperan penting dalam pembentukan jaringan tubuh seperti kulit dan otot, serta mendorong metabolisme dan mampu meningkatkan pembakaran kalori lebih baik. Sementara itu serat dapat melancarkan pencernaan dan membuat tubuh terasa lebih kenyang lebih lama.

Dalam memilih camilan sehat yang bisa membantu program diet Anda, sebaiknya pilihlah cemilan yang tidak mengandung lebih dari 200 kalori namun tetap mengandung 10 gr protein dan 5 gr serat. Berikut rekomendasi cemilan kaya karbo kompleks dan vitamin untuk mendukung program diet Anda.

Ide Cemilan Sehat untuk Diet

  1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan yang cocok untuk program diet Anda antara lain kacang almond, kacang tanah, kacang pistachio, kacang kenari, hingga kacang mete. Walaupun cukup tinggi kandungan lemaknya, kacang-kacangan ini bisa dikonsumsi dengan jumlah yang cukup namun juga membantu menurunkan berat badan. Lemak yang terkandung dalam kacang-kacangan adalah lemak sehat yang bisa diimbangi dengan mengkonsumsi protein juga serat. Kacang-kacangan membantu anda untuk menurunkan risiko penyakit kanker jantung dan depresi. Untuk mengkonsumsi kacang-kacangan idealnya adalah 28 gram per porsi.

  1. Pir Dan Keju Ricotta

Anda juga bisa mengkombinasikan kan cemilan sehat seperti buah pir dan keju ricotta yang tinggi protein. Kombinasi cemilan sehat ini bisa membantu anda untuk menjaga rasa kenyang lebih lama dan terhindar dari resiko makan yang berlebihan. Selain itu keju ricotta juga tinggi akan kalsium yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan massa dan kekuatan otot. Anda bisa mengkonsumsi 1 buah pir dengan 100 gr Keju ricotta per porsinya maka anda pun bisa sudah kenyang.

  1. Telur Rebus Dan Asparagus

Anda bisa mengkombinasikan telur rebus dan Asparagus sebagai cemilan sehat untuk membantu menurunkan berat badan. Telur rebus serta vitamin k2 dan b12. kandungan serat pada Asparagus juga mampu menyeimbangkan protein alami dari telur rebus. Dengan mengkonsumsi 2 jenis makanan ini maka anda bisa kenyang lebih lama serta mampu mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari.

  1. Apel Dan Selai Kacang

Buah apel mengandung antioksidan yang tinggi serta kandungan serat yang baik untuk tubuh juga mengandung polifenol dan vitamin C. Sementara selain  selai kacang mengandung protein yang baik bagi tubuh serta membuat kenyang lebih lama. Selai kacang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kadar kolesterol jahat. Untuk bisa mengkonsumsi cemilan sehat ini anda bisa menakar 1 buah apel dengan 15 gram atau kurang lebih 1 sdm selai kacang sebagai pilihan camilan sehat.

  1. Kacang Edamame

Pilihan cemilan sehat lainnya adalah kacang edamame yang mengandung antioksidan serat dan protein yang mampu membantu menurunkan berat badan serta kadar gula dalam darah. Dengan mengkonsumsi sekitar 150 gram kacang edamame rebus maka artinya ada sudah memenuhi sekitar 35% kebutuhan serat dan protein harian.

  1. Buah Buah Berry Dan Yogurt

Buah-buahan berry yang bisa dipilih sebagai camilan sehat yang mudah ditemui adalah strawberry. Anda bisa mengkonsumsi nya dengan mengkombinasikan dengan yogurt yang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, A dan antioksidan. Sementara itu buah Berry mengandung tinggi kalsium protein hingga kalium. Anda bisa mengkonsumsi cemilan sehat ini dengan takaran 50 gram buah Berry dan 100 gram yoghurt atau setara dengan 7 sdm. Anda bisa ganti buah-buahan berry dengan buah  pisang, nanas, atau jambu.

  1. Ubi

Jika anda merasa lapar di tengah-tengah antara jam waktu makan maka anda bisa mengkonsumsi ubi. Cukup rebus ubi dan Anda bisa mendapatkan kalori sekitar 74 kkal. Tak hanya sebagai penghilang rasa lapar ubi juga mengandung vitamin A, B, dan C serta lemak dan kalsium yang cukup tinggi.

Hal yang Perlu Dilakukan Untuk Mengurangi Ngemil

  • Makan Secara Teratur

Buatlah pola makan yang teratur yakni sarapan, makan siang dan makan malam. Lalu selipkan jadwal snack di antara waktu makan. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, lemak baik dan tinggi protein. 

  • Hindari Membeli Camilan

Saat Anda ke minimarket, maka akan ada banyak sekali godaan untuk membeli cemilan. Maka Anda perlu sadar atas apa yang Anda masukkan keranjang, apakah itu cemilan sehat atau bukan. Hindari membeli cemilan yang tinggi gula, tinggi lemak dan tinggi garam.

  • Ganti dengan Cemilan Sehat

Ganti cemilan snack ringan dengan camilan sehat, seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dll.

  • Tetap Aktif Beraktivitas

Saat Anda bosan, bukan tidak mungkin Anda akan cenderung mencari makanan untuk mengganjal rasa lapar di perut. Namun, kadang kita bisa lupa karena aktivitas yang dijalani. Untuk itu, Anda bisa sibukkan diri dengan berbagai aktivitas yang tak hanya bisa membakar kalori tapi juga lupa akan rasa lapar.

  • Banyak Minum Air Mineral

Jangan sampai Anda dehidrasi, maka selalu cukupi kebutuhan air Anda dengan cukup meminum air mineral. Konsumsi air yang cukup juga baik bagi kulit akan tampak lebih sehat.

  • Istirahat yang Cukup

Hindari begadang dan beraktivitas berat di malam hari. Malam hari adalah waktu yang tepat untuk istirahat. Maka, sebaiknya buat jadwal teratur jam tidur Anda agar tubuh tetap sehat dan tidak selalu merasa lapar karena kurang tidur.

Cemilan Sehat Ibu Hamil

Bagi Anda yang sedang hamil, memilih cemilan sehat juga penting. Perhatikan apa yang Anda konsumsi bisa membantu pertumbuhan janin lebih sehat. Berikut cemilan sehat ibu hamil yang bisa jadi pilihan.

  • Smoothies Buah Dan Sayuran

Cemilan sehat harus memberikan efek kenyang namun mengandung nutrisi yang menyehatkan untuk ibu hamil. Maka smoothies buah dan sayuran bisa jadi pilihan dan mencampur keduanya. Hindari menambah gula atau kental manis, jika ingin manis, maka cukup tambahkan madu.

  • Yogurt

Ibu hamil bisa mengkonsumsi yoghurt sebagai pilihan cemilan sehat.  Yoghurt yang terbuat dari susu bermanfaat bagi kesehatan pencernaan juga bagi bumil. 

  • Overnight Oats

Cemilan sehat ibu hamil lainnya adalah overnight oats yang kaya serat dan nutrisi. Ibu hamil yang selalu lapar bisa merasa kenyang lebih nyaman dengan cemilan sehat ini.

  • Salad buah

Anda bisa mengkonsumsi buah yang dijadikan salad. Salad buah bisa tetap sehat asal tidak ditambah dengan kental manis. Untuk pemanis, Anda bisa ganti dengan madu.

  • Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau adalah pilihan populer cemilan sehat ibu hamil karena kaya serat dan mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

  • Granola

Jika Anda suka dengan granola, maka ini bisa dijadikan snack ibu hamil. Produk granola memiliki kandungans serat yang cukup tinggi yang baik bagi ibu hamil. 

  • Pisang

Salah satu buah yang bisa Anda jadikan cemilan sehat ibu hamil adalah pisang. Anda bisa langsung memakannya atau diolah dan dikombinasikan dengan roti gandum.

  • Kacang Mete

Cemilan sehat untuk bumil lainnya adalah kacang mete. Kacang mete yang dipanggang lebih nikmat serta Anda bisa mendapatkan manfaatnya yang mengandung tinggi protein. 

Cemilan Sehat untuk Anak

Usia anak-anak juga penting selalu diperhatikan cemilan yang mereka konsumsi. Jika terlalu sering mengkonsumsi cemilan tidak sehat, maka anak-anak bisa ketergantungan dan menolak untuk mencoba cemilan sehat dan makanan utama yang disajikan. Selain itu, cemilan sehat untuk anak juga bisa membantu mereka menaikkan berat badan lho!

  1. Cemilan Sehat Untuk Anak Balita (1-2 Tahun)
  • Sereal
  • Buah potong
  • Keju potong atau keju lembaran (slice)
  • Susu
  1. Cemilan Sehat Untuk Anak Balita (3-5 Tahun)
  • Buah potong dengan irisan sedang
  • Irisan sayur matang
  • Susu atau yogurt
  • Keju atau keripik gandum
  1. Cemilan Sehat Untuk Anak Lainnya:
  • Popcorn
  • Kacang-kacangan
  • Keju
  • Oatmeal
  • Smoothies Buah
  • Telur rebus
  • Kue pisang
  • Kismis

Cemilan Yang Harus Dihindari Untuk Anak-Anak

Terkadang, orang tua memberikan cemilan yang kurang sehat agar anak mau makan. Padahal, ini adalah cara yang kurang tepat. Untuk itu, sebaiknya Anda hindari pemberian cemilan yang terlalu manis dan asin karena kurang baik untuk kesehatannya. Agar anak mau makan dan menikmati cemilan sehat, maka haruslah Anda memberikan contoh kepada mereka terlebih dahulu dan jadikan kebiasaan dirumah.

Baca juga: Tips Hemat Mengisi Liburan di Akhir Tahun & Opsi Destinasi!

Maraknya kebiasaan hidup sehat dikalangan anak muda ini bisa jadi peluang yang cukup menjanjikan bagi Anda yang ingin berbisnis. Anda bisa mencoba peluang bisnis cemilan sehat dengan sistem PO. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki cukup modal usaha, maka bisa dapatkan pinjaman modal bisnis dari Danamas hingga Rp 2 miliar. Proses pengajuan yang cepat dan mudah karena Anda bisa akses kapanpun dan dimanapun lewat aplikasinya di smartphone Anda.

gedung tertinggi di dunia

Daftar Gedung Tertinggi Di Dunia, Salah 1 nya di Asia

Gedung-gedung tertinggi di dunia tak hanya tampak luar biasa tapi juga sangat menarik sebagai destinasi wisata. Beberapa daftar gedung tertinggi di dunia menjadi daya tarik banyak turis lokal maupun internasional yang penasaran seperti apa bentuknya. Inilah daftar gedung tertinggi di dunia yang bisa bikin Anda takjub!

Gedung Tertinggi Di Dunia

1. Burj Khalifa

Gedung tertinggi di dunia urutan pertama adalah Burj Khalifa yang memiliki tinggi 828 meter. Burj Khalifa berada di Dubai, Uni Emirat Arab yang mulai dibangun pada September 2004. Pada Januari 2010, Burj Khalifa baru resmi dibuka dan terdiri dari 163 lantai.

2. Shanghai Tower

Gedung tertinggi didunia selanjutnya adalah Shanghai Tower yang berada di Shanghai, Tiongkok. Bangunan ini dipakai sebagai hotel sekaligus gedung perkantoran. Gedung yang memiliki 128 lantai ini memiliki lift tercepat kedua setelah Burj Khalifa. Shanghai Tower mampu menampung sekitar 16 ribu orang.

3. Makkah Royal Clock Tower

Gedung tertinggi ketiga di dunia adalah Makkah Royal Clock Tower yang berada di Kota Makkah, Arab Saudi. Gedung yang memiliki tinggi hingga 601 meter ini di bangun pada tahun 2012 dan menelan biaya hampir US$ 15 Miliar. Makkah Royal Clock Tower memiliki menara jam tertinggi di dunia.

4. Ping An Finance Center

Ping An Finance Center berlokasi di Shenzhen, China yang di bangun pada tahun 2017. Gedung tertinggi di dunia urutan ke-4 ini memiliki tingga 498 meter dengan berbagai fasilitas seperti hotel, pusat konferensi, kantor dan pusat perbelanjaan. 

5. Lotte World Tower

Gedung tertinggi di dunia lainnya adalah Lotte World Tower yang dibangun pada 2017 dan berlokasi di Seoul, Korea Selatan. Lotte World Tower memiliki tinggi 554 meter dengan 123 lantai. Lotte World Tower memiliki desain yang menarik yaitu lengkung cekung baja dengan kaca. 

6. World Trade Center 1

World Trade Center 1 terletak di New York, Amerika Serikat yang berisi ruangan perkantoran. World Trade Center 1 selesai dibangun pada 2014 dan termasuk gedung tertinggi di dunia dan Amerika Serikat. 

7. Tianjin CTF Finance Centre

Gedung tertinggi lainnya di dunia adalah Tianjin CTF Finance Centre yang berada di Cina. Tianjin CTF Finance Centre memiliki ketinggian 530 meter yang berisi fasilitas hotel, perkantoran dan apartment. 

8. Guangzhou CTF Finance Centre

Guangzhou CTF Finance Centre adalah gedung tertinggi di dunia yang berlokasi di Guangzhou, China. Guangzhou CTF Finance Centre memiliki tingga 530 meter yang dibangun pada 2016. Guangzhou CTF Finance Centre memiliki 111 lantai yang dibangun diatas tanah, dan 5 lantai yang dibangun di bawah tanah. Menarik bukan?

9. CITIC Tower

CITIC Tower adalah gedung yang memiliki ketinggian 527 meter dengan 109 lantai yang digunakan sebagai kantor. CITIC Tower berada di Hongkong dan termasuk gedung tertinggi di HongKong dengan bagunan yang terdiri dari segitiga sama sisi dan juga lingkaran. 

10. TAIPEI 101

Taipei 101 adalah gedung tertinggi di Taiwan. Taipei 101 memiliki 101 lantai dengan ketinggian gedung 508 meter. Taipei 101 sering dipakai pada event khusus seperti pameran kesenian.

11. Shanghai World Financial Center

Shanghai World Financial Center memiliki tinggi 492 meter yang terletak di Pudong, Shanghai, Cina. Guangzhou CTF Finance Centre memiliki 174 lantai yang didalamnya terdapat museum, ruangan kantor, hotel hingga perumahan.

12. International Commerce Centre

International Commerce Centre berlokasi di Hongkong dengan tingga 484 meter yang terdiri dari 108 lantai. International Commerce Centre digunakan sebagai ruang perkantoran dan juga hotel.

13. Central Park Tower

Gedung yang memiliki tinggi 472 meter ini juga di dikenal dengan Nordstrom Tower. Central Park Tower terletak di Kota New York dan memiliki 98 lantai dengan 3 lantai bawah.

14. Lakhta Center 

Lakhta Center adalah salah satu gedung tertinggi didunia yang berlokasi di St. Petersburg, Rusia. Bangunan yang berada di Eropa ini termasuk ke dalam urutan ke-14 gedung pencakar langit paling tinggi dengan 87 lantai yang dipakai sebagai ruang perkantoran.

15. Vincom Landmark

Gedung tertinggi di Ho Chi Minh City, Vietnam ini adalah salah satu gedung tertinggi di dunia yang berada pada benua Asia, tepatnya Asia Tenggara. Vincom Landmark memiliki 81 lantai yang terdiri dari hotel dan perumahan.

16. Changsha IFS Tower

Changsha IFT Tower berlokasi di Changsha, Hunan, Cina. Gedung ini selesai dibangun pada 2017 dan terdiri dari 94 lantai untuk hotel dan kantor dengan ketinggian 452 meter.

17. Petronas Twin Tower

Menara kembar petronas memiliki 2 menara yang terdiri dari 88 lantai dengan 5 lantai bawah. Menara petronas memiliki tinggi 451 meter dengan jembatan yang menghubungkan kedua gedung kembar ini.

18. Suzhou IFS

Suzhou IFS adalah salah satu gedung tertinggi di dunia yang berlokasi di Jiangsu, China. Gedung ini dibangun pada 2012 dan selesai masa pembangunan pada 2019. Suzhou IFS memiliki 95 lantai yang dipergunakan untuk hotel, kantor dan apartment.

19. Zifeng Tower

Zifeng Tower berlokasi di Nanjing, Jiangsu, Cina yang memiliki ketinggian 450 meter. Gedung ini dipergunakan untuk hotel, restoran dan perkantoran.

20. The Exchange 106

Gedung tertinggi di dunia lainnya juga ada di Kuala Lumpur, Malaysia, yaitu The Exchange 106. Gedung ini terdiri dari 95 lantai yang selesai dibangun pada 2019.

Apakah Anda sudah pernah mengunjungi salah satu dari banyaknya gedung tertinggi di dunia ini? Beberapa dari gedung tersebut dipergunakan untuk kebutuhan ruang kantor dan apartemen hingga hotel. Seperti di Jakarta, beberapa gedung juga memiliki fasilitas coworking yang sering dipakai untuk para freelancer dan pebisnis yang membutuhkan ruangan kantor tanpa harus bayar sewa bulanan atau tahunan. 

Baca juga: Syok! Bisnis & Kekayaan Kevin Sanjaya & Valencia Tanoesoedibjo

Jika Anda pengusaha yang ingin mengelola bisnis dengan para tim andalan Anda, maka bisa coba bekerja dari coworking space yang ada di Jakarta. Untuk bisa semakin sukses dalam berbisnis, coba untuk dapatkan pinjaman modal bisnis dari Danamas. Modal usaha ini pasti bisa membantu Anda untuk mewujudkan mimpi usaha yang selama ini hanya rencana. Ajukan sekarang untuk bisa dapatkan pinjaman modal usaha dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar dengan tenor fleksibel.