biaya-liburan-ke-maldives

Maldives atau Maladewa identik sebagai destinasi wisata untuk pasangan yang baru menikah dan ingin melaksanakan honeymoon. Banyak pasangan muda yang mulai mempertimbangkan untuk liburan ke Maldives saat berbulan madu. Nuansa Maldives yang eksotik kerap memberikan kehangatan yang ingin dirasakan oleh banyak pasangan. Namun saat ini, Maldives menjadi destinasi wisata impian banyak orang bukan hanya pasangan, karena pesona dan keindahan alamnya.

Mengisi liburan di akhir tahun dengan berbagai destinasi wisata populer adalah pilihan bagi Anda yang ingin menikmati waktu berkualitas bersama keluarga. Ada banyak pilihan paket liburan ke maldives dengan biaya yang murah. Bahkan, kini paket liburan ke maldives ada yang khusus bagi para backpacker. Maka, Anda bisa menyesuaikan liburan ke Maldives dengan budget yang Anda miliki. 

Sebelum Anda memutuskan untuk liburan ke Maldives, maka akan lebih baik untuk membaca kisaran biaya liburan ke maldives dibawah ini. Artikel ini akan menginformasikan rincian kisaran biaya liburan ke maldives hingga cara hemat liburan ke maldives yang cocok untuk Anda. Yuk simak informasi liburan lengkapnya dibawah ini. 

Pulau Maldives Dimana?

Maldives atau Maladewa adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Asia Selatan, berdekatan dengan India dan Srilanka. Maladewa berada di sebelah selatan-barat daya India atau sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka. Maldives dikenal sebagai negara yang memiliki pemandangan pantai indah dengan bawah lautnya yang sangat jernih. 

Pantai pasir putih yang halus, birunya air laut, terumbu karang yang indah, serta resort-resort mewah yang mengapung diatas air menjadikan Maldives salah satu serpihan surga yang ada di bumi. Selain itu penduduk lokal Maldives juga terkenal sangat ramah.Keindahan alam dari Maldives inilah yang menjadikannya sebagai destinasi impian banyak orang. Namun, dengan keindahan alam yang dimiliki, banyak orang mengira bahwa Maldives merupakan destinasi wisata yang eksklusif dan mahal, yang hanya bisa dinikmati oleh wisatawan kalangan atas.

Berapa Biaya Liburan Ke Maldives?

Sebelumnya memang dibutuhkan budget cukup besar apabila Anda ingin berwisata ke Maldives, karena sebelumnya Maldives adalah destinasi wisata yang tertutup bagi wisatawan asing kecuali wisatawan tersebut menginap di salah satu resort yang ada di sana. Tentunya harga untuk menginap di resort tidak murah, setidaknya anda perlu mengeluarkan uang sebanyak 10 jutaan bahkan lebih. Namun pada 2009, karena jumlah wisatawan yang semakin bertambah, pemerintah Maldives memperbolehkan setiap pulau yang tidak memiliki resort juga bisa membuka pintu atau menerima wisatawan asing untuk berkunjung.

Sejak saat itulah berbagai macam fasilitas terus dikembangkan, terutama fasilitas transportasi dan penginapan murah yang bisa memberikan berbagai macam kemudahan bagi para wisatawan dari berbagai negara, khususnya para backpacker. Namun, bagi Anda yang ingin mengetahui berapa kisaran biaya liburan ke Maldives, berikut informasinya.

1. Harga Tiket Pesawat ke Maldives

Jika Anda ingin ke maldives dengan penerbangan langsung dari Indonesia, maka belum tersedia dengan harga murah. Jika Pun ada, harga tiket pesawat ke Maldives bisa cukup mahal jika menggunakan penerbangan langsung jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Namun, bagi Anda yang ingin menggunakan penerbangan langsung, bisa menggunakan beberapa maskapai seperti AirAsia, BatikAir, Sri lanka Air, Singapore Airlines, dll. Untuk harga tiket pesawat ke Maldives pun bervariasi mulai dari Rp 2 jutaan hingga Rp 10 jutaan tergantung dari maskapai yang Anda pilih. 

  • Berapa Lama Perjalanan Ke Maldives?

Perjalanan yang akan ditempuh dari Jakarta ke Maldives berkisar antara 8 jam hingga 24 jam tergantung dari maskapai dan penerbangan langsung atau transit. Beberapa penerbangan menyediakan penerbangan transit 1-3 kali transit. Penerbangan transit lebih murah daripada penerbangan langsung namun lama perjalanan yang akan ditempuh akan lebih lama. Namun, jika Anda ingin lebih cepat sampai di Maldives, maka pilih penerbangan langsung yang bisa ditempuh hanya dengan 6-7 jam perjalanan namun dengan harga yang lebih mahal.

2. Berapa Biaya Menginap Di Maldives?

Untuk kisaran biaya liburan ke maldives pada akomodasinya tergantung dari jenis penginapan hingga area tempat Anda menginap. Harga penginapan di Maldives pun bervariasi dari mulai penginapan sederhana ala backpacker hingga resort mewah. Berikut kisaran biaya penginapan di Maldives:

Hotel bintang 3Mulai dari Rp 500 ribuan per malam
Hotel bintang 4Mulai dari Rp 1 jutaan per malam
Hotel bintang 5Mulai dari Rp 4 jutaan per malam

Selain hotel berbintang, di Maldives ada banyak juga guest house yang juga cocok bagi Anda yang memiliki budget minim. Guest house penginapan di Maldives berkisar dari Rp 500 ribuan hingga Rp 1 jutaan per malam. 

  • Resort Terbaik di Maldives

Bagi Anda yang ingin mencari penginapan di Maldives, maka ada rekomendasi resort terbaik di Maldives seperti berikut ini. Dengan resort terbaik di maldives ini, maka Anda bisa lebih mudah untuk memilih penginapan yang direkomendasikan banyak orang ini. 

Resort Terbaik di MaldivesKisaran Harga Per Malam
Hurawalhi Island ResortRp 19 jutaan
Batos MaldivesRp 19 jutaan
Velaa Private IslandRp 40 jutaan
NiyamaRp 15 jutaan
Lux South Ari AtollRp 12 jutaan
  • Rekomendasi Penginapan di Maldives

Di Maldives, ada berbagai penginapan yang bisa Anda pilih dengan kisaran harga bervariasi. Harga penginapan di maldives bisa Anda sesuaikan dengan budget, mulai dari Rp 1 jutaan per malam. Cek akomodasi lebih lengkap ke setiap situs web hotel tersebut.

Penginapan di MaldivesKisaran Harga Per Malam
Coco Palm Dhuni KolhuRp 9 jutaan
Nika Island Resort & Spa, MaladewaRp 5 jutaan
Vista Beach RetreatRp 2 jutaan
Naladhu (dengan pulau pribadi)Rp 45 jutaan
Six Sense Laamu Rp 16 jutaan
OBLU SELECT di SangeliRp 16 jutaan
KurumbaRp 5 jutaan
Acqua Blu RasdhooRp 1 jutaan
Adaaran Prestige Ocean VillasRp 10 jutaan
Banyan Villa MaladewaRp 1 jutaan
  • Penginapan Murah di Maldives

Penginapan murah di Maldives juga ada beberapa pilihannya yang cocok untuk Anda dengan budget Rp 900 ribuan hingga Rp 1 jutaan. Penginapan murah di Maldives ini cocok untuk Anda yang ingin tetap menikmati indahnya Pulau Maldives namun tetap menghemat pengeluaran liburan Anda.

Penginapan murah di MaldivesKisaran Harga per Malam
Ocean VistaRp 1,7 jutaan
Fazaa InnRp 1,4 jutaan
Zest CabanaRp 1.5 jutaan
Arora InnRp 1 jutaan
Rehendhi VillaRp 900ribuan

Biaya Transportasi di Maldives

Untuk bisa menikmati keindahan Maldives, maka Anda perlu transportasi untuk bisa berkeliling Pulau Maladewa. Ada 4 moda transportasi yang bisa Anda pakai saat liburan ke Maldives, seperti berikut ini:

a. Pesawat Domestik

Jika Anda ingin menggunakan pesawat domestik, maka di Pulau Maldives sudah disiapkan lapangan terbang untuk tempat mendarat pesawat domestik Pulau Maldives. Pesawat domestik ini memang diperuntukkan bagi para turis yang sedang berlibur di Maldives. Pesawat domestik ini bisa mendarat di Bandara Ibrahim Nasir dan Male. Beberapa dari maskapainya bisa mengantarkan turis langsung ke pulau atau resort mewah di Maldives. Untuk bisa menggunakan transportasi pesawat domestik ini, maka membutuhkan biaya mulai dari Rp 1,5 jutaan. 

b. Bus atau Taksi

Anda juga bisa memanfaatkan jalur darat dengan menggunakan bus atau taksi. Biaya taksi di Maldives bagi turis sekitar Rp 25 ribuan dan biaya bagasi Rp 5 ribuan. Jika Anda ingin menggunakan transportasi darat lainnya, maka bisa coba bus dengan biaya sekitar Rp 15 ribuan dan jadwal bus selalu ada setiap jam.

c. Speedboat

Anda juga bisa coba speedboat sebagai moda transportasi di Maldives. Naik speedboat sebagai transportasi di dalam Pulau Maldives ini bisa jadi pengalaman unik dengan tarif Rp 250 ribuan dari Bandara ke Pulau Maafushi.

d. Kapal Ferry

Moda transportasi lainnya yang bisa Anda coba di Maldives adalah Kapal Ferry. Ada kapal ferry lokal yang bisa Anda coba dengan tarif sekitar Rp 3 ribuan – Rp 22 ribuan. Kapal ferry ini cenderung lebih murah daripada naik kapal ferry swasta dengan jadwal keberangkatan yang bisa Anda cek terlebih dahulu sebelum naik.

Berapa Biaya Hidup di Pulau Maldives?

Jika Anda ingin liburan lebih lama di Pulau Maldives, maka penting untuk mengetahui berapa kisaran biaya hidup di Pulau Maldives seperti biaya makan. Menikmati keindahan pemandangan di Pulau Maldives juga bisa sembari menikmati nikmatnya kuliner di Maldives. Maldives memiliki banyak makanan khas yang lezat juga cukup terjangkau. Untuk sekali makan, Anda bisa menghabiskan Rp 100 ribu untuk makan di restoran atau cafe. Jika Anda ingin makan 3x sehari dalam waktu 5 hari, maka bisa menghabiskan uang sebesar Rp 1.5 jutaan.

Biaya Aktivitas Liburan di Maldives

Jika Anda liburan ke Maladewa, pasti menginginkan melakukan berbagai aktivitas seru di Maldives, Ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Maldives bersama, seperti paddle boarding, dolphin watching, diving, dll. Berikut beberapa biaya liburan ke maldives dengan aktivitas serunya.

Aktivitas Liburan di MaldivesKisaran Biaya
Diving (1x)USD 40
Kayak USD 10 per jam
Paddle BoardingUSD 150 
SnorkelingGratis / Bayar ongkos boat lokal USD 10
Piknik di Pulau ResortUSD 150

Itinerary Liburan ke Maldives

Jika Anda berencana liburan ke Maldives tanpa jasa travel, maka sangat mungkin lho dengan membuat itinerary liburan ke Maldives sendiri. Agar Anda lebih terbayang seperti apa itinerary ke Maldives dari Jakarta, berikut contoh itinerary liburan ke Maldives hemat!

DAY 1: Berangkat ke Maldives, Tiba di Maafushi

  • Berangkat dari Jakarta dengan penerbangan transit di Singapura
  • Penerbangan ke Maldives dari Singapura pukul 19.15
  • Tiba di Maldives pada jam 20.50
  • Speedboat transfer ke Pulau Maafushi (25 menit)
  • Check in Hotel & Free Time

DAY 2: Snorkeling, Piknik & Melihat Lumba Lumba

  • Sarapan
  • Snorkeling 2 spot: Banana Reef, Turtle Dive / Biyadhoo Garden
  • Berkunjung ke Sandbank & Piknik di Pulau Gulhi
  • Menyaksikan spot lumba-lumba saat sore hari
  • Free Time
  • Makan malam & Live BBQ di Arena Beach Hotel

DAY 3: Free time

  • Sarapan
  • Free time di sekitar Pulau Maafushi atau Day Trip Resort
  • Makan Malam & Live BBQ di Arena Beach Hotel / Hotel bintang 4

DAY 4: Watersport, Male City, Kembali ke Indonesia

  • Sarapan
  • Bermain Paddle Boat & Canoe
  • Check out dari hotel
  • Male City Tour
  • Flight ke Singapura jam 21.50
  • Tiba di Singapura 05.55 dan tiba di Jakarta jam 09.15

Apa Mata Uang Maldives & Tukar Dimana Saat Liburan?

Hal yang perlu Anda ketahui saat liburan adalah mata uang. Pasalnya, Anda akan menemukan bahwa ada beberapa aktivitas liburan yang akan membayar menggunakan mata uang pada negara tersebut. Seperti halnya saat Anda ke Maladewa, maka perlu tahu dan melakukan penukaran mata uang Maldives. Mata uang Maldives adalah Maldivian Rufiyaa (Rf) yang dibagi menjadi 100 laari dengan kode MVR. Jika Anda akan berlibur ke Maldives, maka berikut hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum menukar Rufiyaa.

a. Sulit Menukar Rufiyaa di Maldives, Cukup bawa USD

Tidak hanya Rufiyaa, Maldives juga menerima mata uang Dolar Amerika. Anda bisa membawa dolar Amerika (USD) untuk membayar berbagai kebutuhan disana secara cash.

b. Mata Uang Dibutuhkan saat Ingin Makan di Warung Makan Lokal, Toko Lokal

Anda tetap membutuhkan mata uang maldives saat berbelanja di toko lokal. Namun, tukarkan mata uang maldives secukupnya, karena hampir di semua pulau maldives, termasuk Male dan Maafushi menggunakan dolar. 

c. Nilai Tukar Rufiyaa Maldives

Nilai tukar Rufiyaa atas Dolar AS sudah ditetapkan sesuai dengan suku bunga, tingkat pengangguran, pertumbuhan ekonomi dan utang publik juga swasta. Nilai tukar USD 1 = mvr 15,41.

d. Tempat Tukar Mata Uang Maldives Terpercaya

Jika Anda ingin menukarkan mata uang maldives, maka bisa tukar di Bank of Maldives Foreign Exchange yang ada di bagian kedatangan bandara. Namun, jika Anda menukarkan uang dalam bentuk dolar, lakukan sebelum berangkat ke Maldives.

Tips Hemat Biaya Liburan ke Maldives

Biaya liburan ke Maldive bisa lebih hemat dengan berbagai persiapan dan tips yang akan diulas di bawah ini. Sebelum liburan ke Maladewa, ada beberapa hal yang bisa membuat Anda menghemat budget banyak bahkan jauh dari harga paket liburan ke maldives pada umumnya. Cek sekarang tips hemat biaya liburan  ke Maldives:

1.     Menginap di Penginapan yang Terjangkau

Untuk menghemat budget, hindari menginap di resort mewah. Anda bisa coba menginap di penginapan yang dikelola oleh warga lokal dengan harga 50 US dollar, sangat jauh apabila dibandingkan dengan resort mewah dengan harga rata-rata mulai dari 10 jutaan.

2.     Cari Tiket Pesawat Promo

Dengan adanya penginapan murah, hal ini juga meningkatkan jumlah wisatawan yang mengunjungi Maldives. Alhasil, banyak maskapai penerbangan yang mulai membuka rute ke Maldives dan menawarkan tiket promo. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, rajinlah memeriksa harga tiket melalui aplikasi pemesanan tiket atau datang ke travel fair yang ada di dekat anda.

3.     Liburan secara Berkelompok / Grup

Datanglah secara berkelompok atau rombongan. Ketika anda ingin mengunjungi satu pulau ke pulau lainnya di Maldives, anda sebagai wisatawan harus menyewa kapal. Biasanya harga sewa dihargai per kapal, sehingga dengan pergi berkelompok maka beban untuk membayar sewa kapal akan menjadi lebih ringan dan murah. Hal ini juga berlaku untuk penginapan, semakin banyak jumlah anggota rombongan, makan semakin murah juga biaya penginapan yang harus dibayarkan per orangnya.

4.     Hindari Pergi saat Musim Liburan atau High Season

Tips selanjutnya adalah, hindari high season atau musim-musim liburan karena harga tiket pesawat dan penginapan biasanya lebih mahal pada periode tersebut. Bulan November hingga Maret adalah high season di Maldives. Bulan Agustus juga menjadi high season karena merupakan waktu libur panas untuk orang Eropa. Sedangkan, bulan Mei hingga Oktober adalah musim penghujan.

5.     Cari Pulau Terdekat dengan Bandara

Pilihlah pulau yang dekat dengan bandara, karena semakin jauh dari bandara maka anda membutuhkan transportasi yang lebih lama, yang memungkinkan anda untuk mengeluarkan uang lebih banyak. Pilihlah pulau yang tak terlalu jauh dan ramai, supaya kebutuhan pokok bisa anda penuhi dengan mudah.

6.     Jangan Datang di Hari Jumat

Penduduk lokal Maldives mayoritas muslim dan Jumat menjadi hari suci bagi penduduk lokal. Oleh karena itu, tidak ada kapal yang beroperasi di hari Jum’at dan anda akan kesulitan untuk menemukan kapal yang mau menyeberang ke pulau lain.

7.     Manfaatkan Layanan Sarapan di Hotel

Biasanya rata-rata hotel pasti menyediakan layanan breakfast atau sarapan. Manfaatkan layanan sarapan dari hotel dengan baik, anda bisa sarapan sekitar pukul 9-10 pagi, dengan melakukan hal tersebut anda mungkin akan tahan untuk tidak makan siang.

8.     Membawa Bekal

Untuk menekan budget anda bisa membawa bekal atau makanan siap saji dan juga rice cooker mini dari Indonesia. Namun, pastikan terlebih dahulu kalau penginapan anda memperbolehkan tamunya untuk memasak di tempat menginap.

9.     Jangan Terlalu Banyak Bawa Mata Uang Rufiyaa

Rufiyaa adalah mata uang Maldives. Jangan menukarkan terlalu banyak uang anda ke mata uang Rufiyaa, karena akan sulit menukarkan uang tersebut di negara lain, apabila uang tersebut tidak habis dan anda lupa menukarkannya kembali saat masih berada di Maldives. Untuk berjaga-jaga anda bisa membawa dolar AS dan juga kartu kredit atau debit.

10.  Gunakan Kapal Ferry Lokal

Kapal laut atau ferry adalah alat transportasi utama di Maldives. Terdapat dua jenis feri yang ada, yaitu ferry lokal dan ferry swasta. Untuk menghemat pengeluaran, anda bisa menggunakan ferry lokal dengan harga yang cukup murah berkisar mulai dari Rp3.000 hingga Rp20.000.

11.  Patuhi Aturan untuk Menghindari Denda

Dengan penduduk yang mayoritas memeluk agama Islam, maka tak heran jika aturan islam diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Maldives sangat menjunjung tinggi etika dan kesopanan. Anda tidak diperkenankan memakai bikini di sembarang tempat, membawa dan menggunakan narkoba serta minuman beralkohol dan segala hal yang berhubungan dengan babi dan anjing. Apabila anda kedapatan melanggar peraturan, maka anda akan dikenakan denda sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan.

12.  Ambil Paket One Day Trip ke Resort Mewah

Meskipun anda berlibur dengan paket hemat, anda tetap bisa merasakan resort mewah yang ada di Maldives tanpa membayar puluhan juta untuk menginap disana. Anda bisa mengambil paket tour harian atau one day tour dengan harga mulai dari 100 US dollar. Biasanya resort-resort mewah menyediakan paket one day tour tersebut, dan anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan seperti snorkling, night fishing, berenang bersama ikan pari dan ikan hiu, serta spa sembari memandangi ikan-ikan cantik yang berenang di bawah resort.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk berlibur ke Maldives dengan biaya atau budget yang terbatas.  Semoga artikel ini bisa memberikan gambaran seputar biaya liburan di Maldives dan membuat anda semangat mengumpulkan uang untuk berlibur ke salah satu serpihan surga yang ada di bumi ini ya!

Dapatkan Tambahan Modal untuk Usaha Anda dari Danamas

Apabila anda memiliki usaha atau bisnis dan membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis tersebut. Saat ini anda tidak perlu khawatir, karena di era sekarang ini banyak sekali platform yang bisa memberikan anda pinjaman modal. Salah satunya adalah Danamas, platform pinjaman multiguna yang sudah diawasi dan mendapatkan izin dari OJK. Melalui Danamas, anda bisa mendapatkan tambahan modal hingga Rp 2 miliar dengan jaminan properti. 

Pengajuan bisa anda ajukan dengan mudah dan praktis serta bisa diakses kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis. Pinjaman online terpercaya bisa jadi pilihan yang sangat tepat disaat Anda kesulitan mencari pinjaman aman. Sebelum melakukan pinjaman, coba simulasikan cicilan dengan kalkulator simulasi kredit. Tidak hanya itu, coba juga kalkulator pinjaman untuk cek nilai properti yang akan dijadikan agunan di Danamas.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Rekomendasi-Mobil-Keluarga

35++ Rekomendasi Mobil Keluarga 2023 Terbaik

Mobil keluarga umumnya berjenis MPV yang menjadi incaran banyak orang agar mampu mengakomodir penumpang. Mobil MPV dianggap sebagai mobil keluarga yang memiliki kapasitas besa

Rekomendasi-Mobil-Murah-Bagus

30++ Rekomendasi Mobil Murah Bagus 2023

KIni kendaraan pribadi menjadi kebutuhan banyak orang. Hal ini karena kendaraan bisa membantu menunjang aktivitas seseorang di luar ruangan untuk berbagai kegiatan seperti bek

pekerjaan yang cocok untuk introvert

25+ Pekerjaan Yang Cocok Untuk Introvert agar Lebih Enjoy

Introvert sering disalahartikan oleh beberapa orang karena dianggap adalah karakter orang yang memiliki sifat individualisme. Apa iya introvert seperti demikian? Tipe kepribad