Pekerjaan-yang-cocok-untuk-ambivert

Pernahkah Anda mendengar istilah ambivert? Biasanya orang lebih mengenal kepribadian ekstrovert dan introvert, padahal ada juga loh kepribadian yang dikenal dengan nama ambivert yang merupakan campuran antara introvert dan juga ekstrovert. Mungkin Anda masih bingung sebenarnya Bagaimana karakteristik atau ciri-ciri seseorang yang memiliki personality ambivert.

Pekerjaan bagi introvert, ekstrovert atau ambivert bisa saja berbeda. Hal ini dikarenakan setiap kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda juga. Salah satunya adalah kepribadian ambivert yang sering dianggap pribadi antara introvert dan ekstrovert. Jika anda adalah seorang ambivert dan masih bingung kerjaan yang cocok untuk ambivert maka bisa simak artikel di bawah ini.

Artikel di bawah ini akan menjelaskan pengertian ambivert, ciri-ciri ambivert, cara mengembangkan ambivert, kelebihan dan kekurangan seorang ambivert hingga pekerjaan yang cocok untuk ambivert. Bagian penting untuk mengetahui ini karena mereka bisa menentukan profesi apa yang sesuai dengan kepribadian mereka sehingga saat menjalaninya pun akan terasa lebih menyenangkan.

Pengertian Ambivert 

Ambivert merupakan kepribadian yang mengarah pada ekstrovert maupun juga introvert tergantung dari situasi yang dihadapinya. Seseorang dengan kepribadian ini biasanya mudah berbaur seperti ekstrovert namun juga suka menyendiri dan tidak banyak berbicara seperti introvert. Untuk mengetahui kepribadian, Anda dapat melakukan test. Banyak tes kepribadian yang telah disediakan di internet. Anda biasanya diminta untuk mengisi kuesioner sesuai dengan apa yang menurut Anda paling mendekati dengan ciri Anda. 

10 Pekerjaan yang Cocok untuk Ambivert 

Sebuah pekerjaan bisa semakin sukses jika ka Anda menemukan pekerjaan yang cocok untuk ambivert. hal ini karena sebuah karakter bisa sesuai dengan beberapa pekerjaan yang yang mampu menyalurkan karakter yang dimiliki. Berikut ini adalah pekerjaan yang dinilai cocok untuk seorang ambivert:

1. Blogger 

Misalnya Anda seorang travel blogger yang sedang untuk bepergian Anda dapat berinteraksi dengan masyarakat sekitar dan menggali informasi tentang lokasi yang Anda tuju, dan menuangkannya dalam bentuk tulisan. 

2. HRD 

HRD bertanggung jawab untuk merekrut karyawan, Anda sebagai ambivert harus bisa membaca karakter dan memancing mereka agar dapat nyaman saat berinteraksi.

3. Event Organizer

Bidang ini ahli dalam mengatur dan mempersiapkan acara entah itu seminar, musik, pernikahan, dan lain sebagainya sebagai seorang EO, Anda dapat memanfaatkan sisi introvert untuk mendengarkan dan memahami apa keinginan klien dan sisi ekstrovert untuk bersosialisasi dengan klien apa yang mereka harapkan. 

4. Pebisnis

Pebisnis juga merupakan pekerjaan yang dinilai cocok untuk orang ambivert karena memerlukan riset yang mendalam mengenai apa yang ingin dijual serta bagaimana cara memasarkan produknya. 

5. Guru

Seorang guru merupakan jendela wawasan bagi murid- muridnya guru dapat mengajarkan yang baik mengenai pengetahuan- pengetahuan yang diperlukan. Guru juga harus memiliki sifat adaptif karena setiap anak mungkin berbeda karakternya. 

6. Jurnalis

Seorang jurnalis adalah pilihan pekerjaan yang cocok bagi ambivert. Sebagai seorang jurnalis anda akan dihadapkan oleh berbagai macam narasumber dengan berbagai karakteristik atau personality yang berbeda.  Pada pekerjaan ini anda dituntut untuk menyesuaikan kepribadian gaya bicara ataupun kondisi saat sedang berada pada sesi wawancara. Di sisi lain Anda juga bisa bekerja secara fleksibel, multitasking dan juga berusaha untuk nyaman dengan kondisi yang berubah.

7. Marketer

Seseorang yang memiliki personality ambivert juga bisa berprofesi sebagai marketer. Beberapa dari ambivert memiliki kemampuan untuk berbicara dengan orang baru sekaligus melakukan persuasi yang menjadi nilai plus mereka saat menjadi seorang marketer. Untuk itu, marketing adalah pekerjaan yang cocok untuk ambivert sehingga tidak ada salahnya untuk dicoba. 

8. Fotografer

Profesi fotografer lekat dengan mereka yang suka berjalan-jalan sekaligus mengabadikan sebuah momen melalui kamera.  Jika anda seorang ambivert dan suka dengan dunia fotografi maka menjadi seorang fotografer profesional adalah hal yang tepat. Anda bisa bertemu dengan banyak orang sekaligus menyalurkan minat yang anda sukai dengan memiliki hasil foto yang yang sesuai dengan karakteristik anda sebagai seorang fotografer.

9. Podcaster

Di era digital ada banyak sekali peluang pekerjaan yang menanti termasuk menjadi seorang podcaster. Anda yang memiliki kepribadian Ambivert cocok untuk menjadi seorang podcast  karena didukung dengan kemampuan komunikasi yang baik untuk bisa membawakan topik pembicaraan dengan luas dengan atau tanpa narasumber. maka dari itu seorang dokter umumnya memiliki kepribadian yang mirip seperti ambivert yaitu terbuka outgoing dan menyenangkan.

10. Terapis

Terapis juga merupakan pekerjaan yang cocok untuk ambivert karena profesi ini memiliki dominasi suasana yang tenang dan rileks. jika anda Suka dengan suasana yang tenang dan rileks maka tidak ada salahnya untuk menyalurkan ke dalam sebuah pekerjaan seperti terapis. Anda bisa menjadi seorang terapis bagi atmosfer karena bisa menyalurkan kemampuan komunikasi yang baik juga.

Cara Mengembangkan Kepribadian Ambivert 

Kepribadian ambivert memiliki implikasi dalam dunia kerja Salah satu hal yang paling menonjol adalah hal networking.  Seseorang yang memiliki kepribadian ambivert tahu cara mendekatkan dengan orang yang cenderung terbuka dan mampu menempatkan diri pada orang yang tertutup. mereka akan mudah menyerap informasi dan menerjemahkannya ke dalam sebuah instruksi yang lain.

Selain itu ambivert juga mampu berorientasi pada pekerjaan sekaligus nyaman bekerja dalam sebuah tim sehingga lebih mudah dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan nya dengan standar yang baik. jika anda adalah seseorang yang memiliki kepribadian ambivert maka tentu bisa mendapatkan banyak keuntungan dan bermanfaat bagi karir. berikut cara mengembangkan sifat ambivert dalam dunia kerja.

a. Mempertahankan Sifat Fleksibel

Orang dengan kepribadian ambivert memiliki sifat yang fleksibel, pertahankan sifat ini karena dapat berguna untuk lingkungan dan situasi apapun.

b. Fokus Pada Apa Yang Anda Minati

Seorang ambivert suka melakukan berbagai aktivitas sosial, namun juga tidak berarti Anda harus mengikuti semua kegiatan sosial, alih – alih terlalu banyak aktivitas sosial justru akan menghabiskan energi Anda.

c. Komunikasikan Perasaan Anda

Meskipun menyukai aktivitas sosial dan bersosialisasi, anda dapat mengutarakan dan jangan ragu untuk mengkomunikasikannya kepada orang-orang disekitar Anda bila Anda memang membutuhkan waktu untuk sendiri. 

Ciri-Ciri Ambivert

Seorang ambivert berbeda dengan introvert maupun ekstrovert. jika Anda masih bingung bagaimana ciri-ciri ambivert maka ada beberapa hal yang bisa membedakan dari kepribadian lain seperti berikut ini:

a. Dapat bersosialisasi sekaligus penyendiri

Ambivert bisa dan pandai bersosialisasi, namun juga suka menyendiri di situasi tertentu.

b. Pendengar sekaligus pembicara yang baik

Mereka suka menjadi pembicara jika memang harus mengemukakan pendapat, ia juga tidak malu untuk menyampaikan pendapat, namun disisi lain juga menjadi pendengar yang baik. 

c. Punya empati yang tinggi

Memiliki empati yang tinggi dan dapat memahami apa yang dirasakan oleh orang lain, dan mampu melihat dari sudut pandang orang tersebut. 

Kelebihan dan Kekurangan Ambivert 

Setiap kepribadian memiliki kekurangan dan kelebihan termasuk juga ambivert. seseorang yang memiliki kepribadian ambivert memiliki kelebihan yang bisa mendukung mereka dalam menunjang kehidupan termasuk juga karir. kekurangan sebaiknya tidak dilihat sebagai salah satu hal yang bisa membuat seseorang menjadi gagal namun  dengan mengetahui kekurangan ambivert maka seseorang ambivert bisa mencari cara untuk bisa lebih baik lagi.

Kelebihan AmbivertKekurangan Ambivert
a. Mandiria. Bisa berubah tergantung situasi
b. Bisa menjalani hidup bahagia tanpa siapapunb. Kepribadian yang sulit ditebak
c. Mampu menjadi seorang pemimpinc. Sulit mengambil keputusan & pasrah terhadap pilihan
d. Tidak suka membuang waktud. Berubah-ubah dan dianggap tidak konsisten
e. Mudah beradaptasi dengan lingkungan barue. Tidak yakin dengan kepribadian mereka
f. Mudah diajak ngobrolf. Cenderung lelah saat banyak intens bersosialisasi
g. Mudah mengukur waktu untuk berbicarag. Sulit untuk melakukan pembicaraan langsung dan terlihat ambigu
h. Memiliki organisasi yang baikh. Tertekan jika harus menempatkan diri dalam situasi tertentu

Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan Modal Terpercaya!

Untuk bisa meningkatkan penjualan, maka Anda membutuhkan modal yang tidak sedikit. Modal usaha bisa memberikan kemudahan dan keleluasaan Anda dalam melaksanakan rencana-rencana bisnis. Salah satu pilihan pendanaan bisnis yang terjamin kredibilitasnya adalah Danamas. Danamas Pinjaman Bisnis, pinjaman beragunan properti untuk kebutuhan usaha untuk Anda yang ingin mengembangkan usaha dengan nilai pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar. Tidak hanya limit pinjaman yang besar, Danamas juga memiliki tenor panjang hingga 10 tahun, sehingga cicilan tidak akan membebankan Anda.Bagi Anda yang ingin mendapatkan pinjaman online terpercaya dan berizin OJK, maka Danamas adalah pilihan tepat. Jika Anda masih ragu, coba untuk simulasikan cicilan di kalkulator simulasi kredit dan juga hitung nilai properti yang dijadikan agunan di kalkulator pinjaman. Semakin memudahkan Anda dengan pengajuan lewat Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis. Aplikasi Danamas sudah bisa Anda download di Playstore atau Apple Store.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Rekomendasi-Mobil-Keluarga

35++ Rekomendasi Mobil Keluarga 2023 Terbaik

Mobil keluarga umumnya berjenis MPV yang menjadi incaran banyak orang agar mampu mengakomodir penumpang. Mobil MPV dianggap sebagai mobil keluarga yang memiliki kapasitas besa

Rekomendasi-Mobil-Murah-Bagus

30++ Rekomendasi Mobil Murah Bagus 2023

KIni kendaraan pribadi menjadi kebutuhan banyak orang. Hal ini karena kendaraan bisa membantu menunjang aktivitas seseorang di luar ruangan untuk berbagai kegiatan seperti bek

biaya-liburan-ke-maldives

Rincian Biaya Liburan ke Maldives, Itinerary Hemat Budget

Maldives atau Maladewa identik sebagai destinasi wisata untuk pasangan yang baru menikah dan ingin melaksanakan honeymoon. Banyak pasangan muda yang mulai mempertimbangkan unt