Mindset-adalah

Setiap orang tentunya memiliki pola didik yang berbeda, tumbuh di lingkungan yang berbeda hingga pola pikir yang berbeda pula. Pola pikir atau mindset mempengaruhi tindakan yang akan diambil nantinya.Pola pikir atau mindset sangat penting bagi masa kini dan juga masa depan.

Pola pikir atau mindset adalah berbagai keyakinan yang menyatu dan membentuk sebuah cara seseorang memahami sesuatu hal dunia dan diri mereka sendiri. Dari definisi tersebut maka mindset berbagai situasi yang berbeda-beda. Secara sadar kita memang selalu bertindak sesuai dengan apa yang sebenarnya kita pahami terlebih dahulu. Dengan memiliki mindset yang baik maka bisa mendukung segala rencana kita termasuk saat menyusun strategi sebuah bisnis.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang pengertian mindset maka artikel ini akan mengulas berbagai hal tentang pola pikir atau mindset hingga hal yang bisa mengubah sebuah mindset hingga cara mengembangkan growth mindset bagi Anda yang ingin selalu berkembang setiap saat.

Pengertian Mindset

Mindset adalah suatu kumpulan pemikiran yang terbentuk sesuai dengan pengalaman dan keyakinan sehingga mempengaruhi perilaku maupun cara berpikir seseorang dalam mengambil tindakan ataupun padangan seseorang terhadap suatu masalah, gagasan, dan lain sebagainya.

Sebuah literatur-literatur mendefinisikan mindset sebagai berikut,

Menurut M Yunus SB dalam bukunya Mindset Revolution mendefinisikan mindset sebagai sebuah optimalisasi potensi otak tanpa batas. Pola pikir ini juga dikenal dengan istilah mindset, bagaimana cara otak dan akal menerima menganalisis memproses mempersepsikan dan membuat kesimpulan terhadap informasi yang masuk kedalam Indra kita. Pola pikir ini bekerja bagaikan ramalan bintang di kepala kita di mana suatu waktu bisa hanyut dalam Samudra informasi maka pikiran menjadi arah dengan berpegangan pada pola pikir yang sudah terbentuk sebelumnya. Pola pikir itu dipakai untuk menjaga pikiran agar tetap pada jalur yang sudah menjadi keyakinan kita dan mendukung pencapaian tujuan yang menjadi pilihan kita. 

Hal yang Bisa Mengubah Mindset 

Ada beberapa hal yang bisa mengubah sebuah mindset. Dengan mengubah mindset, maka bukan tidak mungkin, hidup Anda pun ikut berubah. Berikut beberapa faktor yang bisa mengubah mindset Anda.

a. Lingkungan Sekitar

Lingkungan menjadi salah satu yang mempengaruhi mindset seseorang. Dengan lingkungan yang baru, Anda dapat mengarahkan dan mempengaruhi untuk lebih bersemangat ataupun mendukung Anda mencapai sebuah tujuan.Lingkungan baru juga memberikan kesempatan untuk melihat gagasan atau cara pandang yang baru. 

b. Informasi yang Diterima

Banyaknya informasi yang diterima, dapat mempengaruhi pola pikir seseorang. Informasi dapat beragam, dari yang baik hingga buruk, benar hingga salah, semua ini bisa Anda terima tanpa Anda sadari dan membuat pola pikir.

c. Pengalaman Masa Lalu

Setiap orang memiliki pengalaman di masa lalu. Masa lalu yang baik tentunya dapat memberikan pandangan yang baik terhadap pola pikir seseorang. Namun, dengan masa lalu yang kelam dapat membentuk pola pikir traumatis dan menghambat Anda untuk mengambil keputusan atau tindakan.

Cara Mengembangkan Entrepreneur Mindset Dalam Diri

Entrepreneur mindset adalah fondasi yang sangat penting untuk membangun sebuah bisnis. Seberapa besar dan berhasilnya bisnis anda nanti semua tergantung pada seberapa kuat entrepreneur mindset yang tertanam dalam diri anda. maka berikut cara mengembangkan entrepreneur mindset.

a. Memiliki Visi Misi Yang Besar

Seorang wirausahawan tidak boleh hanya mengikuti arus saja ia harus memiliki tujuan dan visi yang besar. Visi inilah yang akan menjadi motivasi untuk membangun dan mengembangkan sebuah bisnis. saat anda memiliki visi yang besar maka anda akan dilatih untuk lebih kritis dan berpikir lebih besar. Maka visi yang besar ini akan membantu anda untuk mengembangkan mindset yang dibutuhkan untuk menjadi seorang entrepreneur.

b. Mampu Bekerja Sama Dalam Tim

Mungkin suatu saat nanti anda akan memulai bisnis bersama teman atau tim lainnya. namun saat anda memiliki tim ada batasan yang bisa dilakukan oleh satu atau lebih dari satu orang dan untuk mencapai tujuan yang besar Anda membutuhkan bantuan orang lain. Maka disinilah peran seorang pengusaha dibutuhkan dalam bekerja bersama tim dan mampu membimbing tim bekerja sesuai dengan rencana dan strategi yang dibuat.

c. Bangun Motivasi Yang Kuat

Proses dalam membangun bisnis akan sangat menantang karena itulah seorang pebisnis harus memiliki mindset kuat dan terus berusaha bahkan jika berada di kondisi yang sedang tidak baik. Sifat optimis dan motivasi inilah yang bisa memberikan hasil lebih baik dari sebelumnya juga menjadi pondasi penting untuk mengembangkan bisnis. Sebagai bagian dari tim maka Pemimpin yang memiliki motivasi tinggi juga akan lebih disegani dan bisa mendorong anggota timnya agar memiliki semangat tinggi juga.

d. Diversifikasi 

Seorang pengusaha harus berani mengambil resiko. Walaupun ia pun juga harus mengelola risiko tersebut maka salah satu caranya adalah dengan melakukan diversifikasi. Diversifikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti memproduksi produk baru untuk segmen yang berbeda. Maka walaupun produk utama kurang laku tapi masih ada produk lain yang mampu menutupi biaya operasional bahkan mencetak keuntungan.

e. Cintai Bisnis Anda

Anda akan lebih mudah memperjuangkan apa yang anda cintai maka dari itu Cintailah bisnis yang Anda geluti. Dengan dorongan yang kuat untuk memperjuangkannya maka segala hambatan pun bisa anda taklukkan.

f. Fokus Pada Keinginan Pasar

Bagi pengusaha harus memiliki idealisme tertentu Namun juga harus paham bahwa produk yang dikembangkan atau ia jual bukanlah untuk dirinya sendiri, semua dibuat untuk pelanggan. maka pemahaman inilah yang akan membantu Anda agar lebih fokus pada apa yang diinginkan oleh pelanggan. Pemahaman seperti inilah yang akan membantu anda untuk lebih fokus pada apa yang diinginkan oleh pelanggan. Maka dengan demikian anda akan tahu cara mengembangkan produk dan berpotensi mencetak penjualan. 

Jenis – Jenis Mindset 

Jenis mindset ada dua yaitu fixed mindset dan growth mindset (mindset tetap dan berkembang). Saat memiliki mindset tetap maka kita sangat yakin bahwa semua kemampuan yang kita miliki adalah sifat dasar dan tetap sehingga tidak bisa diubah begitu saja. Pola pikir ini juga mengarah pada keyakinan dimana tidak perlu lagi berusaha karena kecerdasan saat ini cukup untuk membantu anda untuk menjadi sukses.

Sedangkan growth mindset artinya kita percaya bahwa usaha dapat mengubah diri dan juga kemampuan. Biasanya orang-orang yang memiliki keyakinan pola pikir ini tidak langsung percaya bahwa semua orang bisa menjadi jenius namun dibutuhkan usaha dan ketekunan untuk mendapatkannya. Untuk bisa lebih membedakan Kedua jenis mindset ini berikut karakteristiknya.

A. Mindset Tetap (Fixed Mindset)

Didasarkan pada kepercayaan bahwa pemikiran seseorang  sudah ditetapkan. Ciri-ciri orang dengan fixed mindset yakni: 

  1. Memiliki keyakinan bahwa bakat adalah sebuah keturunan
  2. Menghindari tantangan
  3. Mudah menyerah
  4. Menganggap usaha tidak ada gunanya
  5. Merasa terancam dengan kesuksesan orang lain
  6. Mengabaikan kritik

B.  Mindset Berkembang (Growth Mindset)

Mindset ini didasarkan pada kepercayaan akan kualitas dasar seseorang terhadap hal yang didapat dalam upaya tertentu. Ciri- ciri orang dengan mindset berkembang:

  1. Memiliki keyakinan bahwa sifat atau bakat bukan keturunan
  2. Menerima tantangan
  3. Berpandangan positif
  4. Tidak menyerah walaupun gagal
  5. Belajar dari kritik
  6. Menemukan inspirasi dari keberhasilan orang lain. 

Contoh Perbedaan Fixed Mindset Dan Growth Mindset

Fixed mindset dan growth mindset memiliki perbedaan yang tampak jelas bagaimana seseorang memandang sesuatu hal. Bagi Anda yang ingin lebih tahu jelas beda kedua jenis mindset ini, berikut contohnya. 

Fixed MindsetGrowth mindset
Aku tidak tahu apakah aku pandai atau tidak Kalau tidak punya sudahAku bisa belajar apapun yang aku inginkan
Itulah aku aku dan siapa pun tidak bisa mengubahnya lagi Semakin Anda menantang diri sendiri maka semakin pintar anda
Kalau aku tidak mencoba maka aku tidak akan gagalAku akan gagal ketika berhenti mencoba
Posisi pekerjaan itu benar-benar di luar kemampuan sayaPosisi pekerjaan itu terlihat menantang Aku akan coba untuk melamar

Selain fixed mindset dan growth mindset Sebenarnya ada beberapa jenis mindset lainnya yang bisa anda ketahui sebagai berikut ini.

C. Positive Mindset

Dari namanya saja kita bisa mengetahui bahwa jenis mindset ini artinya pola pikir yang berfokus pada hal-hal positif atau baik alih-alih Anda memikirkan hal yang negatif. orang yang memiliki pola pikir ini biasanya menggunakan strategi seperti intropeksi bersyukur dan menemukan hal-hal baik yang bisa meningkatkan emosi positif mereka. seseorang yang memiliki positive mindset akan cenderung lebih optimis dan mengharapkan yang terbaik. Hal ini baik untuk kesejahteraan dan Kesuksesan diri sendiri karena mampu membangun dan memperluas emosi positif yang dapat mengarahkan kita pada kesuksesan.

D. Entrepreneur Mindset

Entrepreneurial mindset adalah pola pikir kewirausahaan. Hal ini sangat membantu bagi Anda yang ingin menjadi wirausahawan namun juga harus menerapkan pola pikir yang berguna agar mampu berkembang di dunia bisnis. Jenis keterampilan ini dibutuhkan bagi wirausaha karena mampu membantu mereka beradaptasi dalam mengatasi perubahan yang cepat dan ketidakpastian yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Berikut ciri-ciri seseorang yang memiliki entrepreneurial mindset.

  •  Tidak merasa aneh dengan adanya resiko
  •  Kreatif dan inovatif
  •  Inisiatif dan mandiri
  •  Berpikir kritis dan memecahkan
  •  Memiliki kemampuan komunikasi dan kolaborasi
  •  Berorientasi pada masa depan
  •  Mengakui adanya peluang
  •  Fleksibel dan memiliki kemampuan beradaptasi

E. Scarcity Mindset

Scarcity mindset adalah pola pikir Berdasarkan pengalaman yang ditemukan secara umum di antara mereka yang hidup dalam kemiskinan. pola pola pikir ini merupakan keyakinan bahwa sesuatu tidak akan pernah cukup. Hal tersebut muncul karena pengalaman masa lalu lu atau masa kini saat tidak ada sesuatu yang cukup. sebagai contoh ketika uang mulai menipis dan setiap tagihan yang datang ke rumah tampak lebih mendesak dan mengancam maka hal ini bisa terjadi karena manusia memang dirancang untuk lebih memperhatikan ancaman dan hal-hal negatif daripada positif. 

Pada kenyataannya scarcity mindset atau kelangkaan mampu mengubah cara kita membuat keputusan dan memecahkan masalah. saat seseorang fokus pada kekurangannya di masa sekarang maka bisa saja gagal mengalokasikan Perhatian untuk jangka panjang. hal ini akan berakibat saat Anda membuat keputusan dan selalu memprioritaskan kebutuhan mendesak dengan mengorbankan kebutuhan jangka panjang.

F. Abundance Mindset

Abundance mindset adalah kebalikan dari scarcity mindset. Pola pikir ini bisa membantu saat tidak lagi berada dalam situasi yang krisis semakin banyak krisis yang dialami maka semakin otak kita terjebak pada pola pikir untuk melindungi kita di masa lalu bahkan jika pola pikir ini tidak lagi menguntungkan kita. sebagai contoh tidak ada gunanya jika kita tidak lagi berada dalam kemiskinan namun masih terus-menerus khawatir tentang membayar tagihan. contoh lainnya adalah seperti tidak ada gunanya jika kita telah menemukan pasangan yang baik dan masih khawatir karena tidak mencintai kita. 

Cara Mengembangkan Growth Mindset 

Untuk bisa memiliki growth mindset adalah hal yang mungkin untuk semua orang. Berikut ini adalah upaya yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan Growth Mindset

a. Cerminan Diri

Luangkan waktu untuk mengakui, merenungkan dan merangkul semua kegagalan yang kita alami. Kita perlu menyadari area yang perlu kita perbaiki sebagai growth mindset yang baik. Selain itu mampu menyembunyikan semua kekurangan yang bisa menghambat kemampuan untuk mencapai kesuksesan

b. Menemukan Tujuan

Growth mindset beriringan dengan tujuan yang kuat dan tekad. Yakinkan diri bahwa ada cara untuk mencapai tujuan Anda. Dimana anda selalu berpikir akan ada banyak cara untuk mencapai sebuah tujuan maka luangkan waktu untuk merenungkan dan menemukan tujuan anda sendiri.

c. Menemukan Tantangan

Bagian dari mengembangkan growth mindset adalah terbuka untuk tantangan baru.

d. Menumbuhkan Semangat

Dengan menemukan tantangan maka ini bagian dari growth mindset yang mampu menghancurkan persepsi negatif tentang sebuah tantangan. Anda perlu merangkul tantangan yang ada dan lihat sebagai pengalaman belajar yang bermanfaat dan mungkin saja tidak akan anda dapatkan kembali.

e. Mencatat To do List

Jika anda memiliki growth mindset maka anda perlu sadar bahwa begitu satu tujuan tercapai maka mereka akan memiliki tujuan yang lain harus dikejar. Maka Anda perlu membuat tujuan yang jelas dan realistis berdasarkan hasrat dan tujuan. pastikan juga untuk memberi ruang pada diri kita dalam menaklukkan tujuan-tujuan tersebut secara menyeluruh.

f. Minta Feedback dari Orang Lain

Minta masukan dari orang lain agar kita dapat mengupayakan keterampilan dan menemukan pembelajaran apa yang harus dibetulkan, carilah orang yang dipercaya agar dapat membangun Anda dan bukannya menjatuhkan. 

g. Hargai Perjalanan Anda

Ketika Anda terlalu fokus terhadap hasil, maka Anda akan kehilangan pembelajaran berharga. Hargai setiap perjalanan Anda waktu demi waktu agar dapat memaknai perjuangan. 

h. Ubah Sikap Anda

Mindset akan tetap memendam sikap negatif pesimistis dan tidak bisa berbuat apa-apa. Namun anda perlu mengetikkan pola pikir tersebut dan memberikan kekuatan pola pikir positif dan optimis sehingga mampu mengubah suasana hati dan menginspirasi diri Anda sendiri.

i. Latih Diri Ini

Aktivitas mental dan fisik merupakan bagian dari cara membangun growth mindset. Selain itu media meditasi jalan-jalan bahkan peregangan ringan bisa membantu anda untuk lebih fokus pada ada saat ini dan mampu membawa kejernihan pola pikir.

Pentingnya Mindset dalam Bisnis 

Bila Anda seorang entrepreneur, Anda memiliki tanggung jawab untuk mendidik diri Anda. Lakukan riset dan ajari diri sendiri untuk memperluas wawasan sehingga bisa terus update dengan hal yang berkaitan dengan bisnis Anda agar dapat terus berkembang. 

Pertumbuhan bisnis Anda, tentunya berkaitan dengan pola pikir Anda. Satu perubahan pikiran dapat membuat bisnis Anda bertumbuh atau malah menurun. Untuk itu pertumbuhan bisnis Anda tergantung dari pola pikir Anda.

Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan pekerjaan yang sesuai dengan kapasitas dari tiap anggota tim. Jangan memberikan tugas yang tidak sesuai dengan kapasitas sehingga mampu menghasilkan tujuan dan strategi anda. 

Kelola Bisnis dengan Baik & Pilih Modal Usaha Aman

Dalam mengelola bisnis, Anda perlu mindset yang tepat sehingga bisnis bisa berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Maka, dari itu penting untuk memiliki growth dan entrepreneur mindset dalam bisnis. Selain mindset, Anda juga tentu membutuhkan modal usaha agar semua strategi yang direncanakan bisa diwujudkan lebih mudah. Modal usaha yang dipinjamkan dari Danamas mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar. Dengan modal sebesar itu, sudah bisa dibayangkan akan seberapa besar pula usaha yang dilakukan untuk mengembangkan bisnis Anda dari pinjaman online umkm terpercaya. Dengan tenor yang panjang, tentu akan meringankan beban Anda. Jangan lupa simulasikan cicilan di kalkulator simulasi kredit dan kalkulator pinjaman untuk lihat nilai aset yang Anda agunkan. Yuk langsung download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis di handphone Anda sekarang!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Rekomendasi-Mobil-Keluarga

35++ Rekomendasi Mobil Keluarga 2023 Terbaik

Mobil keluarga umumnya berjenis MPV yang menjadi incaran banyak orang agar mampu mengakomodir penumpang. Mobil MPV dianggap sebagai mobil keluarga yang memiliki kapasitas besa

Rekomendasi-Mobil-Murah-Bagus

30++ Rekomendasi Mobil Murah Bagus 2023

KIni kendaraan pribadi menjadi kebutuhan banyak orang. Hal ini karena kendaraan bisa membantu menunjang aktivitas seseorang di luar ruangan untuk berbagai kegiatan seperti bek

biaya-liburan-ke-maldives

Rincian Biaya Liburan ke Maldives, Itinerary Hemat Budget

Maldives atau Maladewa identik sebagai destinasi wisata untuk pasangan yang baru menikah dan ingin melaksanakan honeymoon. Banyak pasangan muda yang mulai mempertimbangkan unt