Akhir-akhir ini anda pasti sering mendengar istilah metaverse. Metaverse ramai diperbincangkan oleh kaum muda setelah CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan adanya perubahan nama pada perusahaan facebook yang menjadi Meta Platform Inc. Masuknya Facebook ke dalam kategori media sosial terbesar di Indonesia ini dan melakukan rebranding membuat banyak orang penasaran sebenarnya metaverse itu seperti apa.
- Apa Itu Metaverse?
- Cara Kerja Metaverse
- Kegiatan yang Bisa Dilakukan dengan Metaverse
- Sebelum Masuk Ke Dunia Virtual Metaverse
- Perusahaan yang Berencana Ekspansi Ke Metaverse
- Metaverse di Indonesia
Apa Itu Metaverse?

Dunia virtual kini bisa menjadi nyata dengan hadirnya metaverse yang didukung oleh teknologi digital yang yang canggih, lalu apa itu metaverse?
Metaverse adalah dunia virtual yang memungkinkan antar penggunanya saling terhubung, berkomunikasi, melakukan berbagai aktivitas hingga bertransaksi seperti di dunia nyata. Secara sederhana, metaverse didefinisikan sebagai konsep dunia virtual. Ia memiliki semua komponen yang ada di dunia nyata. Ini adalah sebuah kombinasi dari berbagai elemen teknologi termasuk virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).
Metaverse fokus untuk membantu orang agar bisa terhubung menemukan komunitas dan mengembangkan bisnis mereka secara virtual. Dengan teknologi ini, maka pengguna bisa melakukan berbagai aktivitas layaknya di dunia nyata secara virtual dengan pengguna lain.
Cara Kerja Metaverse
Pengguna harus masuk ke dalam dunia virtual dengan menggunakan bantuan teknologi seperti AR dan VR. Perangkat yang dibutuhkan untuk bisa masuk ke dalam mata adalah headset VR seperti Oculus. Setelah itu Anda bisa melakukan berbagai kegiatan di sana layaknya di dunia nyata.
Kegiatan yang Bisa Dilakukan dengan Metaverse
- Konsep Virtual
Konsep virtual juga bisa dilakukan di metaverse. Konsep ini digunakan di dalam konser virtual mirip secara mirip dengan konser di dunia nyata, sehingga penggunanya bisa merasakan suasana konser yang mirip seperti di dunia nyata.
- Bermain Game
Jika anda suka bermain game, tidak ada salahnya mencoba bermain game di metaverse. Anda bisa menikmati game seperti di dunia nyata. Berikut beberapa game yang mendukung teknologi virtual reality:
- Decentraland
- Axie Infinity
- Sandbox
- Yield Guild Games
- Mines of Dalarnia
- Chromia
- Gala
- Berdiskusi dengan Rekan Kerja
Kesempatan untuk berdiskusi dengan teman kerja juga bisa anda lakukan secara virtual di metaverse. Seperti yang diumumkan oleh Meta di bulan Agustus 2002, ia memperkenalkan Horizon Workroom.
Horizon Workroom adalah ruang kerja yang menggunakan teknologi virtual reality dimana penggunanya bisa terhubung dengan pengguna lain dan berkolaborasi hingga berkreasi dengan cara yang baru. Pengguna tak hanya mampu melakukan meeting secara online tapi juga bergabung secara langsung di kantor virtual metaverse.
- Melakukan Perjalanan Online
Anda juga bisa melakukan perjalanan online yang dilakukan dengan bantuan headphone atau kacamata yang mendukung teknologi AR dan VR.
- Melihat Karya Seni atau Pakaian Digital
Lewat metaverse, Anda juga bisa melihat karya seni digital, selain itu, Anda juga bisa membelinya di metaverse. Salah satu aset digital di metaverse adalah NFT atau Non Fungible Token. Anda bisa melihat berbagai kumpulan koleksi NFT di situs marketplace seperti OpenSea SandBox, Binance, dll.
Sebelum Masuk Ke Dunia Virtual Metaverse

Hal-hal yang perlu Anda lakukan sebelum masuk ke dunia virtual metaverse:
- Melakukan aktivitas ini tentu tidak akan lepas dari internet. Untuk itu, aktivitas Anda harus didukung dengan internet yang stabil agar aktivitas di metaverse bisa dilakukan dengan lancar.
- Bisa didukung oleh perangkat modern seperti headphone dan kacamata AR atau VR. Keberadaan perangkat ini adalah hal yang perlu di Anda miliki sebelum masuk ke dunia metaverse yang serba virtual dengan menggunakan sistem AR dan 3D.
- Berbagai produk yang menunjang AR dan VR juga berpotensi untuk digunakan saat beraktivitas di metaverse seperti tangan robot atau kacamata VR berteknologi tinggi.
Perusahaan yang Berencana Ekspansi Ke Metaverse
- Meta
Setelah metaverse populer semenjak Facebook melakukan rebranding menjadi meta platform Inc atau yang lebih dikenal dengan Meta. Aktivitas yang dilakukan oleh Facebook ini juga menjelaskan bahwa hadirnya ide-ide futuristik mereka membawa tema metaverse ke dalam dunia Facebook. Salah satu motivasi yang dikembangkan oleh Meta adalah game virtual Horizon World.
- Disney
Disney adalah raksasa media dan hiburan multinasional Amerika terbesar yang belum lama ini ini menunjukkan rencananya untuk membuat simulator dunia virtual di metaverse. Hal ini diketahui setelah pihak Disney mengajukan paten untuk “simulator dunia virtual” yang ia buat yang terdiri dari peta tiga dimensi geometri tempat dunia nyata.
- Samsung
Sebagai raksasa teknologi Korea Selatan, Samsung juga tak ingin kalah berekspansi ke dunia metaverse. Hal tersebut tampak dari peluncuran produk terbarunya Galaxy S22 series di metaverse. Metaverse Samsung merupakan rekayasa dari toko Samsung di New York City Amerika Serikat. Toko virtual tersebut berada di platform realitas virtual di Sentraland dengan alamat toko offline berada di 837 Washington St.
- McDonald
Perusahaan restoran cepat saji, Mcd ini telah mengajukan 10 aplikasi merek dagang. Seperti yang dilansir dari bitcoin.com, bahwa dunia metaverse dari tema-tema McDonald bisa menampilkan restoran yang nantinya akan beroperasi bagi pengguna untuk memesan dan melakukan pengiriman langsung ke rumahnya.
Metaverse di Indonesia

Indonesia memiliki peluang besar dalam pengembangan metaverse karena memiliki keunggulan nilai-nilai luhur bangsa dan kearifan lokal seperti penuturan Menteri Kementerian komunikasi dan Informatika (Kominfo). Johnny Plate, Menteri Kominfo mengatakan bahwa perkembangan ini akan menggunakan konektivitas, sumber daya dan berbagai elemen informatika di Indonesia.
Tak hanya Menteri Kominfo, CEO Grant Thornton Indonesia, Johanna Gani juga mengatakan bahwa Metaverse memiliki peluang besar di Indonesia karena bisa diterapkan di berbagai sektor Industri seperti pariwisata, perdagangan, sosial, dll. Terlebih lagi, 30% penduduk Indonesia cukup aktif di Metaverse, maka bisa dibayangkan perputaran ekonomi akan sangat luar biasa jika metaverse di terapkan di Indonesia.
Bisa dibayangkan jika metaverse hadir di Indonesia, maka perekonomian juga bisa lebih berkembang lagi. Pebisnis bisa menjual produknya lewat dunia virtual, metaverse dan menjangkau lebih banyak konsumen. Selain lewat virtual reality seperti metaverse, pebisnis bisa melakukan berbagai strategi promosi di media sosial terlebih dahulu. Hal ini tentu membutuhkan modal bisnis, untuk itu dapatkan modal bisnis praktis dari Lancar by Danamas yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK. Pinjaman beragunan properti di Lancar by Danamas lebih mudah karena Anda bisa akses lewat aplikasi di smartphone kapanpun dan dimanapun. Pinjaman modal usaha dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar pun bisa dengan mudah ada di tangan Anda.