crazy-rich-indonesia

Istilah crazy rich Ini mencuat seiring dengan kepopuleran film Crazy Rich Asian. Istilah ini merujuk pada orang-orang yang memiliki kekayaan berlimpah dan memiliki berbagai bisnis hingga rumah mewah juga mobil mewah dan memamerkan gaya hidupnya menjadi kalangan kelas atas. Dengan apa yang cukup melimpah, kehidupan orang-orang kaya ini menjadi pusat perhatian. 

Orang-orang kaya nan konglomerat atau crazy rich juga menjadi salah satu gambaran kehidupan konglomerat atau orang kaya yang berasal dari lokasi tertentu yang jarang terekspos oleh publik. Namun, ternyata istilah crazy rich tidak hanya ada pada sebuah film saja. Masyarakat pun kini menggunakan istilah populer ini untuk mencari tahu siapa saja crazy rich Indonesia yang sebenarnya. Bahkan, masyarakat mulai mengulik harta kekayaan para crazy rich ini hingga mencari tahu bisnis apa saja yang bisa mereka lakukan juga untuk mengumpulkan kekayaan. 

Di artikel ini, akan membahas tentang apa saja perbedaan dari crazy rich sungguhan dan palsu. Pasalnya, banyak sekali orang yang mulai mengakui dirinya sendiri sebagai crazy rich dengan memamerkan harta kekayaannya. Lalu, seperti apa bisnis yang mampu mendatangkan penjualan tertinggi agar mampu setara dengan crazy rich? Dan seperti apa sifat crazy rich sungguhan, berikut ulasannya. 

5 Bisnis Untuk Menjadi Crazy Rich

Untuk bisa memiliki harta kekayaan yang melimpah hingga dijuluki sebagai crazy rich, maka Anda perlu memiliki usaha atau bisnis yang sukses. Bisnis yang sukses diawali dengan pemilihan jenis usaha yang cocok untuk Anda geluti. Ada banyak jenis bisnis yang bisa Anda pilih dan kembangkan seperti para crazy rich Indonesia.

1. Bisnis Online

Jika anda menekuni bisnis online maka bukan tidak mungkin anda pun bisa menjadi seorang crazy Rich. Pengusaha yang tidak mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi tentunya akan tergilas oleh perkembangan zaman. Untuk bisa mengembangkan bisnis online Anda cukup berbekal perangkat lunak seperti gadget ataupun akses internet maka anda sudah bisa menjalankan bisnis online. Agar semakin sukses anda perlu mempelajari tentang strategi digital marketing.

Bisnis online tidak melulu tentang berjualan produk Anda pun juga bisa menjadi seorang blogger hingga memiliki halaman tulisan yang bisa dipenuhi dengan berbagai iklan. Dari sanalah Anda bisa mendapatkan peluang tawaran untuk membuat berbagai artikel dari perusahaan dengan tema tertentu ataupun diundang ke acara seminar dan pelatihan. Anda bisa membuat lapak atau toko online di beberapa ecommerce ataupun website sendiri dan media sosial.

2. Bisnis Di Industri Kreatif

Industri kreatif juga bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin menjadi crazy Rich seperti menjadi seorang youtuber, selebgram ataupun influencer yang memiliki pengaruh kuat bagi followernya. Beberapa orang juga beralih profesi menjadi seorang influencer hingga selebgram bahkan content creator. Anda hanya perlu konsisten dalam membuat konten konten yang menarik, dan buatlah konten yang edukatif serta positif. Semakin banyaknya followers atau subscriber untuk youtube channel Anda maka akan banyak peluang tawaran iklan ataupun endorse.

3. Makanan Dan Minuman

Kuliner seperti makanan dan minuman memang sudah umum namun faktanya ini adalah salah satu bisnis yang menjadikan orang crazy Rich. Hal ini karena setiap orang pasti membutuhkan makan dan minum sehingga ada saja yang membelinya. Maka bisnis kuliner ini sangat cocok bagi pemula bahkan mereka yang sudah ahli sekalipun dalam bidang ini.

Anda bisa membuka bisnis makanan berat ataupun ringan makanan sehat atau makanan saji bahkan minuman minuman kekinian. kunci utama dari suksesnya bisnis kuliner adalah rasa. Untuk itu pastikan kualitas makanan atau minuman yang Anda jual cukup menarik bagi banyak orang. jangan sampai konsumen kecewa terhadap rasa dan enggan kembali ke toko anda.

4. Bisnis Waralaba Atau Franchise

Bisnis lain yang mendatangkan peluang menjadi seorang crazy Rich adalah Prancis. Bisnis waralaba dengan konsep kemitraan ini memungkinkan anda untuk membeli franchise kepada franchise atau pemilik merek. Umumnya paket franchise dijual dengan bentuk paket kemitraan dengan harga yang beragam mulai dari jutaan hingga milyaran rupiah. Dengan paket tersebut, Anda bisa mendapatkan berbagai perlengkapan bisnis atau usaha yang dibutuhkan. Hal itu termasuk juga panduan usaha sehingga Anda cukup menjalankannya saja tanpa memikirkan konsep bisnisnya. Bila anda menjalankan bisnis ini dengan tepat maka bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

5. Bisnis Sumber Daya Alam 

Bisnis sumber daya alam juga adalah peluang yang cukup besar untuk menjadi crazy Rich. Indonesia kaya akan sumber daya alamnya seperti batubara, kelapa sawit, sayur-mayur, ikan, hingga benih lobster. Anda bisa memanfaatkan kekayaan negeri ini sebagai bagian dari modal dalam menjalankan bisnis. Seperti crazy Rich lainnya yang merupakan pengusaha di bidang batu-bara, nikel, perkebunan, kelapa sawit, dan lain-lain.

Crazy Rich Indonesia Versi Forbes 2022!

Istilah crazy rich ternyata membawa kita pada rasa penasaran siapa sajakah crazy rich Indonesia sesungguhnya? Ada beberapa nama yang mungkin masih asing bagi Anda, namun kerajaan bisnis yang mereka miliki kerap terdengar di sekitar Anda. Siapakah crazy rich Indonesia versi Forbes 2022, lihat dibawah ini.

1. Wijono & Hermanto Tanoko

Wijono dan Hermanto Tanoko adalah crazy rich pendatang baru yang memiliki kekayaan hingga US$ 3 miliar atau setara dengan Rp 43,8 triliun.Kekayaan mereka bersumber dari perusahaan cat Avian. Avian sendiri merupakan perusahaan cat terbesar di Indonesia yang didirikan oleh ayah mereka yakni Soetikno Tanoko pada tahun 1978. Lalu, di tahun 2021, Wijono dan Hermanto yang merupakan anak Soetikno, mengambil alih kepemimpinan dan kini Avian memperluas usahanya di bidang ritel dan consumer goods.

2. Otto Toto Sugiri

Otto Toto Sugiri adalah orang terkaya versi Forbes 2022 yang memiliki kekayaan hampir US$ 2,4 miliar atau setara dengan Rp 3,51 triliun.Kekayaannya bersumber dari perusahaan yang ia dirikan bernama DCI Indonesia. Otto merupakan Co Founder dan Presdir DCI Indonesia yang dibangun pada 2011.

3. Bambang Sutantio

Bambang Sutantio adalah orang terkaya di Indonesia versi Forbes tahun 2022 dengan kekayaan hingga Rp 23,5 triliun atau US$ 1,6 miliar. Jika Anda suka minum susu atau yoghurt Cimory, itu adalah hasil produksi dari perusahaan milik Bambang Sutantio. Ia adalah pendiri Cimory Group dan kini Cimory memiliki saham yang melonjak di BEI dan kini mendapatkan pendanaan lebih dari Rp 200 juta dolar US.

4. Edwin Soryawidjaya

Crazy Rich Indonesia berikutnya versi Forbes 2022 adalah Edwin Soeryadjaya. Ia adalah pendiri Astra Internasional dengan total kekayaan hingga US$ 1,5 miliar atau setara dengan Rp 21,9 triliun. Ia pun kini menempati deretan orang terkaya versi Forbes di dunia peringkat 1,929.

5. Marina Budiman

Marina Budiman adalah perempuan yang masuk ke jajaran orang terkaya di dunia versi Forbes 2022 dan rasanya sangat layak dijuluki crazy rich Indonesia versi wanita. Harta kekayaan Marina berjumlah US$ 1,4 miliar dan kini ia menjadi Co Founder sekaligus Presdir DCI Indonesia. Ia membangun DCI Indonesia bersama Otto dan mampu menempati peringkat 2.076 dalam Forbes sebagai daftar orang terkaya di dunia.

6. John Kusuma

John Kusuma memiliki kekayaan yang berasal dari saham Bank Aladin Syariah dengan kekayaan US$ 1,2 miliar. Ia mengakuisisi saham tersebut pada 2019 dan meningkatkan kepemilikannya do tahun 2020. Ia adalah generasi ketiga keluarga Nojorono yang dikenal sebagai produsen rokok terbesar di Indonesia yaitu PT Nojorono Tobacco International. 

7. Hartono Kweefanus

Hartono adalah pemimpin Monde Nissin yang merupakan perusahaan manufaktur makanan di Filipina yang memproduksi mie instan dan camilan. Ia memiliki kekayaan hingga US$ 1,2 miliar dari saham kepemilikan Monde Nissin. Hartono merupakan ipar dari Ang yang merupakan salah satu orang terkaya di Filipina.

Ciri-Ciri & Sifat Crazy Rich Asli

Para crazy rich yang asli ternyata memiliki ciri-ciri yang bisa tampak dari gaya hidup dan personality mereka di depan umum. Nyatanya, tidak semua orang yang dinobatkan sebagai crazy rich oleh khalayak memiliki ciri-ciri crazy rich asli berikut ini. Simak dan ketahui apa saja ciri-cirinya seperti dibawah ini.

a. Tidak Tertarik Membahas Kekayaan

Orang kaya orang kaya sungguhan biasanya tidak tertarik untuk membahas kekayaan mereka serta akan lebih bersikap santai. Kebanyakan dari mereka tidak memiliki minat besar untuk membahas membahas hal tersebut. Namun sebaliknya orang kaya biasa sangat bersemangat dan melebih-lebihkan kekayaan mereka kepada orang disekitarnya.

b. Menabung Adalah Sebuah Kewajiban Bukan Pilihan

Salah satu orang terkaya di dunia pernah menyatakan bahwa sepertiga dari penghasilan mereka harus dialokasikan untuk menabung. Maka dari itu, menabung bagi orang-orang tersebut adalah hal yang cukup penting. Berbeda dengan orang-orang yang hanya berpura-pura kaya mereka akan senang menghamburkan uangnya untuk hal-hal konsumtif daripada ditabung atau diinvestasikan. Orang dengan tipe seperti ini saat menghadapi sebuah kebutuhan yang mendesak atau darurat cenderung kebingungan karena uangnya sudah habis terpakai.

c. Fokus Pada Investasi Bukan Sekedar Konsumsi

Orang tipe ini biasanya akan fokus mengalihkan kekayaannya untuk investasi atau mengembangkan bisnisnya. Sebagai contoh pengusaha dibidang A sebagai pemilik sebuah perusahaan membuka bisnis baru di bidang B. Mereka akan terus memutar otak untuk mengembangkan pundi-pundi kekayaannya untuk berinvestasi si di berbagai bidang dibandingkan dengan menghabiskan waktu untuk kebutuhan konsumtif.

d. Memiliki Strategi Hemat Di Setiap Pengeluaran

Orang kaya sungguhan biasanya memiliki strategi dalam pemanfaatan pengeluaran. Dengan memiliki uang yang banyak, bukan berarti Anda membeli barang tanpa mempertimbangkannya. Mereka akan menunggu waktu yang tepat untuk membeli barang tersebut hingga saatnya mereka sudah memiliki cukup uang dan mendapatkan berbagai kebutuhan tanpa membebani kondisi keuangan. Sedangkan mereka orang yang berpura-pura kaya akan membelanjakan uangnya secara langsung tanpa menyisihkan sebagian penghasilan yang ditabung.

e. Memiliki Pasif Income Dari Aset

Hal ini adalah strategi yang biasa dipakai oleh orang kaya sungguhan untuk meningkatkan nilai kekayaannya. Mereka bukanlah orang yang mengejar jabatan dan gaji pada sebuah perusahaan karena mereka biasanya tipe orang yang memiliki keinginan untuk memegang jabatan tertinggi pada perusahaan sendiri. Mereka merasa harus meningkatkan apa yang sudah dicapai dengan mengembangkan usahanya dan terus belajar untuk meningkatkan kemampuan dalam memupuk penghasilan. 

f. Kaya Sejati Adalah Kaya Hati

Mereka yang memiliki kekayaan sesungguhnya juga memiliki kekayaan dalam beramal, zakat dan infak. Semakin besar pendapatan mereka, maka semakin besar juga sedekahnya.

g. Kaya Adalah Rasa Tidak Butuh

Jika belum berhasil maka mereka tidak akan menyerah juga tidak menyalahkan orang lain dan keadaan bahkan tidak juga menjadi seorang pengemis. Justru mereka akan tetap berusaha tanpa harus bergantung kepada orang lain.

h. Kaya Itu Relatif

Kayak apapun maka sebaiknya jangan sombong akan ada saat di mana anda mungkin membutuhkan orang lain yang lebih dari kita.

i. Kemiskinan Absolut

Sekaya apapun orang lain maka sebaiknya kita tidak perlu iri ataupun dengki karena mungkin orang lain memang memiliki harta yang lebih banyak. Namun kita tidak perlu sampai terpesona berlebihan akan harta yang dimiliki orang lain hingga memiliki hasrat untuk memiliki barang yang bukan seharusnya untuk kita. 

Ciptakan Bisnis dari Pilihan Modal Usaha Terpercaya!

Modal utama untuk bisa menciptakan bisnis seperti para miliarder adalah dengan memiliki modal usaha yang aman. Modal usaha aman dan terpercaya bisa Anda dapatkan di Danamas, fintech lending aman dan berizin OJK. Pinjaman online terpercaya ini mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar ini bisa Anda pakai untuk kebutuhan bisnis. Dengan tenor yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, maka ini adalah solusi tepat untuk kembangkan bisnis makin hebat.

Langsung simulasikan cicilan Anda di kalkulator simulasi kredit dan ketahui nilai properti yang ingin diagunkan di kalkulator pinjaman. Lebih mudah dan praktis, ajukan segera modal usaha di Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis yang sudah bisa di download di smartphone Anda. Aplikasi Danamas tersedia di Playstore dan Apple Store.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Rekomendasi-Mobil-Keluarga

35++ Rekomendasi Mobil Keluarga 2023 Terbaik

Mobil keluarga umumnya berjenis MPV yang menjadi incaran banyak orang agar mampu mengakomodir penumpang. Mobil MPV dianggap sebagai mobil keluarga yang memiliki kapasitas besa

Rekomendasi-Mobil-Murah-Bagus

30++ Rekomendasi Mobil Murah Bagus 2023

KIni kendaraan pribadi menjadi kebutuhan banyak orang. Hal ini karena kendaraan bisa membantu menunjang aktivitas seseorang di luar ruangan untuk berbagai kegiatan seperti bek

biaya-liburan-ke-maldives

Rincian Biaya Liburan ke Maldives, Itinerary Hemat Budget

Maldives atau Maladewa identik sebagai destinasi wisata untuk pasangan yang baru menikah dan ingin melaksanakan honeymoon. Banyak pasangan muda yang mulai mempertimbangkan unt