Biografi-Bill-Gates

Biografi Bill Gates di bawah ini bisa menjawab semua rasa penasaran anda sebenarnya siapakah Bill Gates atau siapakah sosok dibalik pendiri Microsoft. Selama bertahun-tahun Bill Gates adalah sosok yang masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia pada urutan pertama. Siapa sangka bahwa Bill Gates pernah drop out dari kampusnya namun kini sukses mendirikan perangkat lunak terbesar di dunia yaitu Microsoft.

Sebagai salah satu daftar orang terkaya di dunia, biografi Bill Gates pun menjadi hal yang banyak dicari orang. Kesuksesannya di bidang teknologi ini membawa nama Bill Gates hampir dikenal oleh seluruh orang di dunia. Tanpa kehadiran Bill Gates maka mungkin kini semua orang belum bisa menikmati kemudahan menggunakan penggunaan perangkat lunak di komputer atau laptop mereka melalui Microsoft.

Di artikel ini anda akan menyimak tentang biografi Bill Gates, bagaimana masa kecil Bill Gates hingga kesuksesan ini adalah membangun Microsoft. Selain itu, akan mengulas juga tentang kekayaan Bill Gates yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia. simak artikel di bawah ini.

Biografi Bill Gates: Biodata & Keluarga

Nama lengkap Bill Gates adalah William Henry Gates III.  Ia lahir di Seattle, Washington pada 28 Oktober 1955. Orang tua Bill Gates adalah William Henry Gates dan Mary Maxwell. Bill Gates dilahirkan dari keluarga yang bisa dikatakan berkecukupan. Ayah Bill Gates yaitu William Henry Gates adalah seorang pengacara yang cukup populer dan memiliki banyak koneksi orang-orang yang bekerja di perusahaan ternama. Sementara Ibu dari Bill Gates adalah seorang yang bekerja di dewan direktur First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell Dan merupakan seorang anggota tingkat nasional United Way. Kakek Bill Gates adalah JW Maxwell yang merupakan seorang presiden bank nasional. Bill Gates memiliki seorang kakak yang bernama Kristianne dan seorang adik yang bernama Libby. Bill Gates adalah keturunan keempat dan juga dikenal dengan nama William Henry Gates III atau “trey” karena ayahnya memiliki nama ”II”. Bill Gates adalah anak kedua dari tiga bersaudara yang sejak kecil sudah memiliki kecerdasan yang cukup tinggi.

Biografi Bill Gates: Kecerdasan Sejak Kecil

Kejeniusan otak Bill Gates membuat dirinya cepat belajar dan pintar dalam hal akademis. Saat kedua orang tua Bill Gates mengetahui bahwa anaknya memiliki kemampuan yang cukup tinggi diatas rata-rata orang maka Bill Gates pun dimasukkan ke sekolah khusus laki-laki yang cukup terkenal di Seattle yaitu Lakeside School.

Saat ia bersekolah, Bill Gates sudah memiliki ketertarikan dalam pelajaran komputer. Saat berusia 11 tahun. namun ketertarikannya dalam bidang komputer ternyata membuat orang tuanya khawatir karena mereka takut jika Bill Gates tidak bisa berkonsentrasi saat sedang belajar. Karena kekhawatiran itulah maka orang tua Bill Gates menghentikan kegiatannya yang berhubungan dengan komputer selama 1 tahun. Hal ini dilakukan agar Bill Gates berkonsentrasi dalam kegiatan belajar.

Namun karena rasa penasaran Bill Gates yang cukup tinggi dan tidak bisa didapatkan dengan kegiatan belajar maka ia pun mengalihkan perhatiannya dengan membaca buku-buku, seperti sastra, bisnis, biografi tokoh terkenal di dunia hingga sains. Hal yang ingin dicari saat membaca buku biografi adalah cara untuk menjadi seseorang yang hebat pada bidang yang disukainya.

Kedua orang tua Bill Gates tetap menyuruh anaknya untuk berhenti mempelajari komputer agar ia bisa masuk ke Universitas, namun tetap memiliki kemampuan untuk memajukan dunia komputer. Berkat kecerdasannya Ia pun bisa mendapatkan salah satu universitas terbaik di dunia yaitu Universitas Harvard. Namun kecintaannya pada dunia komputer membuat Bill Gates memberanikan diri untuk tidak melanjutkan kuliahnya di Universitas Harvard. Ia pun memilih memilih untuk memajukan dunia komputer bersama temannya yaitu Paul Allen.

Biografi Bill Gates: Gemar Membaca

Sejak kecil Bill Gates sangat suka membaca buku dan di usianya yang ke-10 tahun Ia membaca buku World Book Encyclopedia dari seri awal hingga akhir. Karena kegemarannya dalam membaca buku inilah maka orang tua Bill Gates memberikan berbagai macam buku yang ia sukai. Lalu hingga usia 11 tahun dan sudah mulai sering bertanya kepada ayahnya seputar bisnis dan berbagai peristiwa yang terjadi di dunia.

Namun lagi-lagi kegemarannya dalam hal buku ternyata membuat sang Ibu terlalu khawatir karena merasa anaknya jarang sekali berinteraksi dengan orang lain dan lebih memilih untuk menghabiskan waktunya dengan membaca buku. Maka dari itu lah, Bill Gates dan sang Ibu bertengkar dan ia merasa bahwa ibunya Ingin sekali mengontrolnya.

Biografi Bill Gates: Mulai Memasuki Dunia Komputer

Bill Gates mulai mencintai dunia komputer saat bersekolah di Lakeside School. Pada saat itu dunia komputer yang ia sukai masih berbentuk mesin yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer. Hal yang ia sukai dengan dunia komputer adalah cara kerja dari komputer itu sendiri dimana komputer bisa membaca kode perangkat lunak dengan sempurna.

Pada saat Bill Gates sekolah di Lakeside School, ia merasa ketertarikannya pada dunia komputer cukup terfasilitasi dengan baik sehingga semua rasa keingintahuannya pada dunia komputer cukup terjawab dengan baik. Selain itu Bill Gates juga mendapatkan kebebasan bermain dengan komputer di sekolahnya dan ia berhasil menjadi mencari bug perangkat lunak, atau suatu kesalahan yang terjadi pada baris program. 

Biografi Bill Gates: Freelance menjadi Hacker

Berkat kecintaan dalam dunia komputer inilah biogas pun sudah bisa mendapatkan penghasilan saat masih bersekolah. Penghasil tambahan yaitu ia dapat bersama teman-teman dengan menjadi seorang hacker di Lakeside. Bill Gates dan teman-temannya pun mampu menghabiskan waktu berjam-jam bahkan dari pagi hingga pagi kembali mereka pun baru pulang ke rumah masing-masing. Bill Gates dan teman-temannya bisa memperbaiki pemrograman yang ada pada komputer. Kecintaannya pada dunia komputer tidak mudah untuk mendapatkan restu dari orang tua bahkan ia sempat tidak diizinkan untuk mempelajari ilmu komputer. Hal itu pun terus berlanjut hingga Ia pun harus mengubur impiannya dalam memajukan dunia komputer, bahkan ia sempat merasa bingung saat masuk ke Harvard dalam memilih jurusan apa yang sesuai dengan dia hingga akhirnya ia pun memilih fakultas hukum dengan harapan bisa menjadi pengacara seperti ayahnya.

Biografi Bill Gates: Bertemu dengan Paul Allen

Selama menempuh pendidikan di Universitas Harvard, Bill Gates tidak cukup tertarik dengan fakultas hukum yang ia pilih dan merasa bahwa kecintaannya pada dunia komputer perlahan hilang. Namun semua rasa cinta terhadap komputer muncul kembali saat ia bertemu dengan teman baiknya yaitu Paul Allen.

Ia juga bertemu dengan teman hacker saat masih bersekolah dulu yang juga menempuh pendidikan di Universitas Harvard. Pertemuan Bill Gates dengan teman lainnya membuat cita-citanya untuk memiliki perusahaan perangkat lunak kembali tumbuh. Bill Gates dan Paul Allen saat masih menempuh pendidikan di Universitas Harvard mengembangkan satu bahasa pemrograman BASIC yang dipakai untuk mengoperasikan atau menjalankan komputer MITS Altair Basic 8800.

Bahasa pemrograman ini dipakai pada komputer cukup berhasil sehingga Bill Gates dan Paul meyakinkan diri datang ke MITS. MITS adalah perusahaan kecil di Albuquerque, ia pun kesana agar MITS membeli bahasa pemrograman BASIC buatan mereka.

Setelah berhasil dengan membuat bahasa pemrograman bersama teman baiknya Paul Allen, ia pun membagi waktu antara belajar dan mengembangkan perangkat lunak sampai akhirnya Bill Gates memberanikan diri untuk berhenti dan tidak melanjutkan kuliahnya di Universitas Harvard. Pilihan yang diambil oleh Bill Gates dilakukan agar ia fokus dengan cita-citanya untuk mempunyai perusahaan perangkat lunak bersama temannya Paul Allen dan perusahaan tersebut diberi nama Microsoft.

Awal Mula Kesuksesan Membangun Microsoft 

Pertama kali nama Microsoft adalah gabungan dari micro dan soft dan diberikan tanda penghubung (-). Nama tersebut muncul saat Bill Gates dan Paul Allen bekerjasama dengan MITS. Lalu nama Micro-soft diganti menjadi Microsoft Anda tanpa tanda penghubung (-) pada tahun 1976.

Kerjasama dengan MITS pun berakhir pada tahun 1976 dan Bill Gates pun terus melakukan pengembangan untuk Microsoft. Bill Gates membangun perusahaannya di awal tahun dengan sangat fokus dan mengawasi para karyawannya sehingga karyawan pun merasa memiliki tanggung jawab yang besar atas kemajuan bisnis perusahaan ini.

Walaupun Bill Gates sudah memiliki karyawan Ia pun tetap terlibat langsung dan mengecek kembali semua baris kode yang dikirimkan oleh perusahaan. Tidak hanya itu ia juga menulis kembali Jika ada beberapa bagian kode yang terlihat tidak sesuai.

a. Microsoft Bekerjasama dengan IBM

Setelah ia berpisah dengan MITS maka Microsoft mencoba bekerjasama dengan IBM untuk memajukan sistem operasi komputer. Hal ini dikarenakan pada saat itu IBM cukup jauh tertinggal dari Apple dalam pasar komputer sehingga IBM pun membuka kesempatan bagi perusahaan lain untuk mengisi bagian penting dari sebuah komputer yang merupakan sistem operasi dan prosesor mikro atau jantung utama dari komputer pribadi. Perusahaan yang terpilih untuk mengisi kekosongan itu adalah Intel dan Microsoft.

Microsoft Akhirnya memenangkan persaingan dengan Intel dan berhasil mendapatkan kontrak kerjasama. Bill Gates memiliki kemampuan bernegosiasi yang cukup baik sehingga kontrak dengan IBM bisa dimenangkan, dengan terjalinnya kerjasama dengan IBM, maka ini membuat perusahaan Microsoft lebih maju.

b. Microsoft dengan Sistem Q-DOS nya

Microsoft sadar bahwa mereka tidak bisa memenuhi permintaan IBM tanpa bantuan perusahaan lain, maka dari itu Microsoft melakukan pendekatan dengan perusahaan lokal yaitu Seattle Computer Products. Perusahaan lokal ini memiliki sebuah sistem operasi yaitu Quick And Dirty Operating System (Q-DOS). Sistem operasi ini dibeli oleh Microsoft seharga 50.000 US Dollar. Setelah ia mendapatkan sistem operasi tersebut maka langkah selanjutnya adalah Microsoft memodifikasi dan adaptasi sistem operasinya untuk memenuhi kebutuhan IBM. Untuk menjadi sistem operasi komputer yang sempurna dan bisa memenuhi kebutuhan IB maka Bill Gates harus bekerja hingga berjam-jam tanpa kenal lelah. Setelah sistem operasi komputer Q-DOS, lalu berubah nama menjadi MS-DOS setelah melewati tahap modifikasi dan perbaikan.

Masa Kejayaan Microsoft

Bill Gates dan Microsoft pun semakin berjaya saat IBM luncurkan komputer dengan sistem operasi MS-DOS. Komputer yang menggunakan sistem operasi ini cukup laris di pasaran hingga membuat IBM mendapatkan keuntungan dari penjualan komputer tersebut. Penjualan komputer pribadi IBM yang semakin meningkat dalam pasar komputer membuat nama Microsoft pun semakin dikenal. berkat kesuksesan penjualan komputer ini maka Microsoft perlahan-lahan semakin dikenal di dunia.

a. MS-DOS jadi Sistem Operasi Unggulan

MS-DOS yang dimiliki microsoft dikenal semakin luas dalam bidang sistem operasi komputer. Walaupun MS-DOS sudah cukup populer, tetapi IBM tidak cukup banyak mendapatkan keuntungan. Hal ini dikarenakan perjanjian kontrak dengan Microsoft, IBM sudah setuju untuk memberikan dana riset pengembangan MS-DOS kepada Microsoft. Tak hanya itu saja, IBM juga sudah sepakat untuk mengijinkan Microsoft menjual sistem operasi MS-DOS versi baru ke pihak ke-3. 

Di kontrak perjanjian itu, menunjukkan bahwa Microsoft lebih diuntungkan. Di sisi lain, microsoft mendapatkan bayaran dari penjualan komputer pribadi IBM dan pembiayaan dari IBM untuk mengembangkan MS-DOS. Penjualan komputer pribadi kerjasama kedua perusahaan ini menjadi histori kesuksesan microsoft hingga dilirik oleh produsen komputer pribadi lainnya. Para produsen komputer pun akhirnya berlomba-lomba untuk mengadopsi MS-DOS buatan Bill Gates dan Paul Allen.

b. Bill Gates Sukses dengan Microsoft-nya

Karena kecintaannya pada dunia komputer dan kegigihannya dalam meraih cita-cita maka Bill Gates akhirnya sukses dengan perusahaan yang dibangun yaitu Microsoft. Walaupun saat masih kecil ia sempat dilarang oleh orangtuanya untuk mendalami ilmu komputer namun hal itu tidak mengurungkan niat untuk mengembangkan perangkat lunak di bidang komputer ini.

Bill Gates Adalah orang sukses di bidang bisnis dan teknologi khususnya pada sistem operasi komputer yang menjadikannya sebagai sosok inspiratif banyak orang terutama bagi mereka yang baru memulai ingin membangun usahanya. banyak hal yang bisa anda pelajari dari kisah hidup Bill Gates namun hal yang paling terpenting dari  pengalaman Bill Gates adalah selalu percaya dengan kemampuan yang ada dalam diri kita. 

Gaya Kepemimpinan Bill Gates

Bill Gates tidak pernah benar-benar merasa puas atas apa yang ia kerjakan. Kecerdasan Bill Gates juga memungkinkan dirinya untuk melihat semua sudut sisi industri software mulai dari pengembangan produk hingga strategi perusahaan. Bill Gates Bill Gates terbiasa untuk menganalisis setiap langkah perusahaan mengembangkan semua Inovasi atau hal baru yang yang mungkin dan ingin dijalankan hingga mengajukan pertanyaan tentang apapun yang terjadi. Gaya manajemen Bill Gates menjadi di saat ia menantang karyawan dengan ide-ide mereka dan menjaga proses kreatif tetap berjalan.

Bill Gates dan Monopoli Microsoft

Saat mengembangkan sistem operasi mereka sendiri yang disebut dengan OS/2 untuk menggantikan MS-DOS, Bill Gates kemudian mendorong Windows untuk meningkatkan fiturnya dan memperluas para penggunanya. pada tahun 1989, Microsoft memperkenalkan Microsoft Office yang menggabungkan aplikasi perkantoran yaitu Microsoft Word dan Excel ke dalam satu sistem yang cukup kompatibel dengan semua produk Microsoft.

Namun aplikasi ini tidak kompatibel dengan OS/2. Versi baru Windows saat itu berhasil terjual sekitar 100.000 kopi hanya dalam 2 minggu, sementara  OS/2 mengalami kemunduran. Maka bisa dikatakan bahwa Microsoft memonopoli penggunaan sistem operasi untuk PC. Federal trade commission juga mulai menyelidiki Microsoft untuk praktik pemasaran yang juga dianggap melanggar hal tersebut. Sepanjang tahun 1990 an Microsoft menghadapi serangkaian investigasi komisi perdagangan Federal dan departemen kehakiman.

Beberapa tuduhan menyebutkan bahwa Microsoft membuat kesepakatan rahasia dengan Para produsen komputer ia menginstal sistem operasi Windows pada komputer mereka. Tuduhan lain juga terlihat dari Microsoft memaksa produsen komputer untuk menjual Microsoft Internet Explorer sebagai syarat untuk memakai sistem operasi Windows di komputer mereka.

Bill Gates Meninggalkan Microsoft

Pada Tahun 2000 Bill Gates memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai CEO Microsoft. Lalu ia menyerahkan jabatan CEO tersebut kepada Steve ballmer. Saat itu Bill Gates memilih menjadi kepala arsitek software walaupun ia tetap menjadi ketua dewan direksi. Lalu pada tahun 2006 ia mengumumkan bahwa akan mencurahkan lebih banyak waktu ke yayasan yang didirikan bernama Bill and Melinda Gates Foundation. Selanjutnya ia mundur sebagai kepala arsitek perangkat lunak Microsoft pada tanggal 27 Juni 2008. Pada pada Februari 2014, Bill Gates mengundurkan diri sebagai ketua Microsoft dan beralih ke posisi baru yaitu penasehat teknologi. CEO Microsoft saat itu yaitu Steve ballmer yang juga digantikan oleh sarjana Dela yang berusia 46 tahun.

Bill Gates & Kehidupan Pribadi

Pada 1 Januari 1994, Bill Gates menikahi Melinda French di Hawaii yang pada saat itu berusia 23 tahun dan Melinda bekerja sebagai Manajer produk Microsoft. Pada tahun 1996, anak pertama Bill Gates lahir yaitu Jennifer Katharine Gates dan anak kedua yang bernama Rory John Gates pun lahir di tahun 1999. Pada tahun 2002 anak ketiga Bill Gates dan Melinda pun lahir yang diberi nama Phoebe Adel Gates.

Berapa Kekayaan Bill Gates?

Pada Maret 1986, Bill Gates membuat Microsoft dan melakukan penawaran saham perdana atau IPO dengan nilai $21 per lembar saham. Lalu ia menjadikan Bill Gates sebagai seorang jutawan di usia 31 tahun dan memiliki 45% saham perusahaan. Lalu sang perusahaan Microsoft pun meningkat dan pada tahun 1987 ia menjadi miliarder muda saat saham mencapai $90,75 per saham.

Sejak saat itulah Bill Gates berada di urutan Puncak sebagai daftar orang terkaya di Amerika versi majalah Forbes. Lalu pada tahun 1999 kekayaan Bill Gates pun mencapai $101 miliar. Selama beberapa tahun, dia Bill Gates menempati posisi pertama dalam daftar orang terkaya di dunia sebelum digeser oleh Jeff Bezos yaitu pendiri situs Amazon pada tahun 2018. Hal ini disebabkan karena harta kekayaan Bill Gates lebih banyak disumbangkan untuk amal melalui Bill and Melinda Gates Foundation. Di tahun 2022, Bill Gates foundation tak terhingga Rp 1.865 Triliun menurut majalah Forbes. 

Pilih Pinjaman Online Berizin OJK untuk Usaha yang Aman!

Seperti yang Anda baca tentang biografi Bill Gates secara singkat diatas, bahwa tak heran jika Bill Gates menjadi sosok yang inspiratif bagi sebagian orang. Kecerdasannya dalam mengelola kemampuan dan bisnis sangatlah luar biasa. Untuk bisa menjadikan bisnis Anda sebesar mimpi, maka Anda harus memilih pinjaman modal usaha yang aman. Bagaimana bisa kita tahu bahwa pinjaman online umkm itu aman? Anda bisa cek izin OJK nya. Salah satu fintech lending yang sangat sesuai untuk dijadikan pilihan pinjaman modal usaha. Limit pinjaman dari Danamas besar mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar dengan tenor hingga 10 tahun. Jika Anda ingin mensimulasikan cicilan, bisa gunakan kalkulator simulasi kredit dan ada juga kalkulator pinjaman untuk cek nilai aset properti yang Anda miliki. Kemudahan pengajuan pinjaman bunga rendah ini bisa didapat melalui Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis yang bisa didownload di smartphone Anda.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Rekomendasi-Mobil-Keluarga

35++ Rekomendasi Mobil Keluarga 2023 Terbaik

Mobil keluarga umumnya berjenis MPV yang menjadi incaran banyak orang agar mampu mengakomodir penumpang. Mobil MPV dianggap sebagai mobil keluarga yang memiliki kapasitas besa

Rekomendasi-Mobil-Murah-Bagus

30++ Rekomendasi Mobil Murah Bagus 2023

KIni kendaraan pribadi menjadi kebutuhan banyak orang. Hal ini karena kendaraan bisa membantu menunjang aktivitas seseorang di luar ruangan untuk berbagai kegiatan seperti bek

biaya-liburan-ke-maldives

Rincian Biaya Liburan ke Maldives, Itinerary Hemat Budget

Maldives atau Maladewa identik sebagai destinasi wisata untuk pasangan yang baru menikah dan ingin melaksanakan honeymoon. Banyak pasangan muda yang mulai mempertimbangkan unt