Pekerjaan untuk Fresh Graduate

Bagi Anda yang fresh graduate pasti mencari pekerjaan baru terasa lebih menantang dibandingkan mereka yang sudah memiliki pengalaman. Namun tidak sedikit perusahaan yang membutuhkan pekerja profesional yang belum berpengalaman atau fresh graduate. jika anda adalah seorang fresh graduate dan ingin mencari pekerjaan yang cocok maka simak ulasan artikel berikut ini.

Pengertian Fresh Graduate

Fresh graduate adalah lulusan baru dari suatu tingkatan pendidikan seperti sekolah atau pendidikan tinggi. Fresh graduate adalah label yang diberikan untuk mereka yang sudah mengenyam pendidikan maksimal setahun dari setelah kelulusannya. Sebagai fresh graduate anda perlu mendapatkan banyak gambaran tentang bagaimana dunia kerja serta profesi apa saja yang cocok untuk fresh graduate.

Pekerjaan untuk Fresh Graduate

Pekerjaan Untuk Fresh Graduate

  • Management Trainee

Manajemen trainee adalah salah satu jenis pekerjaan untuk fresh graduate yang bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin menempati posisi manajerial di masa depan melalui waktu yang cukup singkat. Beberapa perusahaan membuka program management trainee bagi lulusan baru yang belum memiliki pengalaman. Di management trainee anda akan diberikan berbagai pelatihan di setiap departemen perusahaan yang diawasi langsung serta dievaluasi oleh manajer atau supervisor. Setelahnya anda akan ditempatkan di departemen yang sesuai dengan minat anda.

  •  Bisnis Development

Sebagai fresh graduate yang belum memiliki pengalaman maka bisnis development bisa jadi pilihan anda. Biasanya berada dibawah departemen sales dan marketing. Untuk pekerjaan seputar riset pasar bagaimana menjangkau pelanggan baru menjaga relasi antara pelanggan dan klien hingga memahami produk dari bisnis dan kompetitor. Jenis pekerjaan bisnis development terbuka bagi semua jurusan sehingga ini bisa jadi pengalaman yang baru bagi fresh graduate.

  • Pegawai Bank

Pegawai bank juga banyak diminati oleh lulusan baru karena selain syaratnya tidak terlalu rumit, stigma pegawai bank yang masih tampak positif di beberapa orang juga menjadi salah satu incaran mahasiswa fresh graduate. Beberapa posisi yang dibuka yang bisa dipilih oleh fresh graduate antara lain development program untuk bidang general atau khusus hingga customer service dan teller.

Baca juga: 11 Tokoh Wirausahawan Yang Sukses di Usia Muda

  • Agen Asuransi

Jika anda suka menyukai dunia finansial dan asuransi maka tidak salahnya untuk mencoba menjadi agen asuransi Jika anda masih lulusan baru. Walaupun agen asuransi memiliki stigma yang kurang baik di mata masyarakat namun nyatanya pekerjaan ini cukup menjanjikan dari segi penghasilan, terlebih lagi jika Anda menjadi agen asuransi di perusahaan besar.

  •  Wartawan

Wartawan juga bisa jadi pilihan pekerjaan untuk fresh graduate terutama buat anda yang suka dengan hal-hal menantang bekerja di luar kantor, menulis dan menjelajahi berbagai tempat. Anda akan banyak bekerja di luar kantor dan mencari narasumber hingga mewawancarainya dari berbagai bidang. Profesi wartawan bisa mengembangkan pengalaman Anda juga kemampuan anda di berbagai aspek profesional sehingga ini cocok untuk Anda yang masih fresh graduate.

  • Account Eksekutif

Bagi para fresh graduate yang ingin mencoba menjadi seorang Account Executive atau AE, maka bisa bergabung di perusahaan-perusahaan yang mencari lulusan fresh graduate untuk menempati posisi tersebut. Account eksekutif dalam sebuah perusahaan biasanya melakukan pendekatan kepada perusahaan lain untuk menghasilkan sebuah kerjasama. Umumnya akan eksekutif berada di departemen sales dan marketing. AE di industri media bertugas untuk meyakinkan perusahaan atau produk untuk memasang iklan di media tersebut sehingga Anda membutuhkan kemampuan untuk berkomunikasi dan negosiasi.

  •  Staff Administrasi

Staff administrasi juga salah satu pekerjaan untuk fresh graduate yang paling banyak dicari. Staff administrasi umumnya bekerja untuk mengurusi berbagai berkas dan formulir yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sebagai staff administrasi, Anda harus memiliki kemampuan detail-oriented dan tekun. 

Tips Jitu Mendapatkan Pekerjaan Untuk Fresh Graduate

Pekerjaan untuk Fresh Graduate
  • Kenali Potensi Diri

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengenali potensi diri Anda. Hal ini karena banyak sekali orang yang tidak tahu apa keinginan dan kemampuannya terutama bagi mereka yang fresh graduate. Maka dari itu penting untuk memanfaatkan waktu di awal kelulusan untuk mencari tahu bidang apa yang paling Anda sukai dan antusias untuk dikerjakan. Bidang tersebut harus berhubungan dengan jurusan kuliah Anda dan bisa mengikuti berbagai macam soft skill lewat kelas profesional yang ada di berbagai platform.

  • Buat CV yang Tepat

Saat Anda menulis pengalaman di kurikulum vitae atau CV saat melamar kerja maka harus memperhatikan berbagai hal agar dilirik oleh HRD. Hal yang paling penting adalah jangan membuat CV dengan kata-kata yang terlalu bertele-tele sebaiknya. Buat CV dengan kata-kata yang singkat padat dan jelas.

  •  Pakai Alamat Email Yang Profesional

Berbeda dengan kuliah, saat Anda melamar pekerjaan di dunia profesional maka sebaiknya siapkan juga alamat email dengan nama asli Anda. Hal ini juga jadi salah satu pertimbangan apakah HRD tertarik pada anda atau tidak. Dengan menggunakan alamat email yang tidak sesuai dengan identitas maka perekrut pun juga akan melihat bahwa anda kurang serius untuk melamar pekerjaan.

Pekerjaan untuk Fresh Graduate
  • Perluas Networking

Saat anda ingin berkarir sebagai seorang fresh graduate maka jangan lupa untuk selalu membangun networking. Melalui networking Anda bisa mendapatkan berbagai peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Sebenarnya memperluas networking tak hanya bagi Anda yang lulusan fresh graduate, sering juga dijadikan kunci bagi yang ingin memulai bisnis. Banyak anak muda yang ingin mencoba bisnis ukm namun kesulitan karena tidak ada networking yang luas. Selain itu, anak muda yang ingin memulai bisnis juga membutuhkan modal usaha yang cukup. Salah satu fintech lending berizin OJK yang bisa Anda percayakan untuk kembangkan bisnis lewat modal usaha adalah Danamas. Modal usaha berjaminan properti ini bisa didapatkan dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar dengan kemudahan aksesnya lewat aplikasi di smartphone.

  • Persiapkan Diri Untuk Interview

Proses interview bagi beberapa orang memang terasa menegangkan namun hal ini juga yang dinanti-nantikan bagi mereka yang sudah melamar ke berbagai perusahaan. Walaupun anda merasa gugup namun anda perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa menjawab pertanyaan dengan optimal. Kamu bisa mencari tahu tentang perusahaan tersebut lalu ketahui pekerjaan yang anda lamar dan buatlah merekrut yakin akan kemampuan anda. Latih bicara Anda agar tidak terlalu gugup saat interview. Jangan lupa untuk selalu datang lebih awal sehingga perekrut akan menilai Anda sebagai pelamar yang memiliki dedikasi dan niat yang tinggi. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

berlibur

Tips Hemat & Tempat Berlibur Asyik Bareng Keluarga

Ada banyak sekali cara untuk meluangkan waktu bersama keluarga salah satunya dengan berlibur. Untuk bisa berlibur bersama keluarga tentu tidak selalu dengan budget yang mahal, Anda bisa merencanakan berlibur bersama keluarga dengan budget murah namun tetap menyenangkan. Berikut tips berlibur hemat bersama keluarga yang menyenangkan.

Tips Berlibur Hemat Bersama Keluarga

  • Rencanakan Jauh Hari

Salah satu tips berlibur hemat adalah dengan merencanakan liburan jauh hari sebelum tanggal liburan tiba. Hal ini dibutuhkan agar anda bisa menyusun anggaran pengeluaran lebih terencana dan matang. lalu saat melakukan pemesanan tiket akomodasi juga booking tempat maka bisa dilakukan sejak lama agar mendapatkan harga yang relatif lebih murah.

  •  Lakukan Survei Lokasi Liburan

Agar anda lebih yakin maka anda bisa melakukan survei ke lokasi hiburan yang ingin anda tuju. Namun jika ini tidak memungkinkan Anda bisa cukup mengeceknya lewat Google dan beberapa review testimoni orang yang sudah pernah berlibur ke tempat tersebut. Lalu buatlah daftar destinasi liburan mana saja yang ingin anda kunjungi serta perkiraan biaya di masing-masing destinasi. Sesuaikan destinasi dengan budget berlibur anda.

  • Hindari Tanggal Merah

Hal yang sebaiknya Anda hindari adalah berlibur saat tanggal merah pasalnya tanggal merah termasuk kedalam sistem saat berlibur sehingga tiket perjalanan dan hotel akan lebih mahal dibandingkan hari biasa. Untuk itu pilihlah tanggal-tanggal yang sekiranya bukan masa liburan harga tiket pun lebih hemat.

  • Cari Tiket Promo

Untuk menghemat budget berlibur Anda maka anda perlu mencari tiket promo yang bisa didapatkan saat event seperti travel Fair. Untuk menghemat budget berlibur Anda maka anda perlu mencari tiket promo yang bisa didapatkan saat event seperti travel fair umumnya memberikan harga tiket perjalanan hingga akomodasi penginapan jauh lebih murah dibandingkan tanda beli tanpa ada event travel Fair.

  • Siapkan Kebutuhan Pokok Sebelum Berangkat

Anda perlu menyiapkan berbagai kebutuhan pokok sebelum berangkat jauh hari seperti peralatan mandi, obat-obatan, makanan ringan, dan kebutuhan kebutuhan lain yang pasti dibutuhkan saat berwisata terutama jika anda membawa anggota keluarga yang masih kecil. Hal ini untuk meminimalisir Anda membeli barang-barang tersebut di luar karena akan jauh lebih mahal mengingat anda perlu berhemat dalam berlibur.

  • Gunakan Uang Dengan Bijak

Jika anda ingin berlibur serta refreshing dari rutinitas sehari-hari hari, maka sebaiknya bijaklah dalam berbelanja saat anda berada di destinasi wisata. Bukan tidak mungkin saat mengunjungi pusat perbelanjaan kan ada pun tergiur untuk membelinya apalagi banyak diskon dan promo yang mungkin saja ditawarkan. Untuk itu sebaiknya selalu mindful dalam mengeluarkan uang saat berlibur.

  • Berbagi Kamar

Hal yang bisa anda lakukan untuk berlibur bersama keluarga adalah berbagi kamar. Hal ini untuk menghemat budget liburan Anda sehingga dalam satu kamar bisa anda gunakan bersama-sama.

  • Bawalah Uang Tunai

Hal lain yang perlu Anda lakukan adalah dengan membawa uang tunai. Dengan membawa uang tunai andapun bisa bertransaksi saat berbelanja atau membeli sesuatu sesuai dengan uang yang Anda kantongi di dompet saja. Hal ini untuk meminimalisir penggunaan cashless yang mungkin bisa anda tidak sadari pemakaiannya.

  • Liburan ala Backpacker

Jika anda ingin berlibur hemat bersama keluarga atau orang yang tersayang maka anda bisa liburan ala Backpacker. Ini juga bisa menjadi ide berlibur yang berbeda mungkin dari biasanya. Hal yang bisa anda lakukan adalah menyewa kendaraan di tempat atau menaiki angkutan umum di daerah. Dengan begitu Anda masih bisa tetap berjalan jalan namun dengan pengeluaran yang minim. Selain itu liburan ala backpacker juga memberikan pengalaman yang pasti berbeda dibandingkan liburan mewah pada umumnya.

  • Mencoba Kuliner Lokal

Saat Anda pergi ke sebuah destinasi wisata Anda bisa menghabiskan waktu untuk mencoba berbalik kuliner lokal yang ditawarkan. Tak melulu harus ke restoran atau Cafe mahal saat anda berada di tempat wisata Anda bisa mencari kuliner apa saja yang paling populer di kawasan tersebut. Tak hanya lebih hemat mau mencoba kuliner lokal juga bisa jadi pengalaman baru yang Anda rasakan bersama keluarga.

  •  Liburan di 1 Kota

Dengan memilih liburan di satu kota maka anda bisa memaksimalkan destinasi wisata di kota tersebut. Selain itu Anda juga pasti lebih menghemat budget karena anda bisa bereksplorasi di tiap sudut kota tanpa harus ke kota lainnya, karena biasanya destinasi wisata tersebut tidak terlalu jauh dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk bisa sampai ke destinasi wisata lainnya.

Kota Di Indonesia Dengan Destinasi Murah

  • Jogjakarta

Yogyakarta adalah salah satu kota yang cukup terkenal karena menawarkan berbagai akomodasi yang murah. Selain itu harga makanan di Yogyakarta juga cukup terjangkau sehingga ini bisa jadi tujuan berlibur anda dan keluarga yang hemat. Di Yogyakarta Anda bisa naik bus Trans yang sangat murah yaitu hanya Rp3.500. Dengan bustrans ini anda bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata yang terjangkau seperti Malioboro ke Candi Prambanan museum Biologi, Tugu, Jogja dan lain-lain.

  • Malang

Kota Malang adalah salah satu destinasi liburan yang juga sering dikunjungi oleh para mahasiswa. Di Malang ada berbagai objek wisata murah seperti Kampung 3D, Kampung warna-warni, alun-alun, museum pantai dan lain-lain. Untuk kulinernya pun cukup bervariasi seperti rawon orem-orem bakso pecel dan lain-lain serta dipatok dengan harga yang relatif murah. 

  • Madura

Madura juga salah satu destinasi wisata Indonesia yang dipatok dengan harga yang relatif terjangkau. Tidak hanya murah Anda juga bisa mengunjungi berbagai destinasi dan aktivitas liburan yang menyenangkan seperti karapan sapi, gili labak, air terjun toroan, api abadi, dan lain-lain. Di Madura juga menawarkan berbagai kuliner lokal yang lezat seperti rujak dulit, bebek khas Madura, kaldu Kokot, dan lain-lain.

  •  Solo

Di Solo Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata menggunakan bus trans yang beroperasi hingga malam hari. Dengan menggunakan transportasi umum maka anda pun akan lebih hemat saat berlibur. Ada banyak destinasi menarik di Solo seperti Keraton kasunanan Surakarta Hadiningrat, Museum Radya Pustaka, kebun binatang Taru Jurug, dan lain-lain. 

Baca juga: Tips Hemat Mengisi Liburan di Akhir Tahun & Opsi Destinasi!

Bagi Anda yang ingin mencoba suasana baru dalam berlibur maka, kota-kota tersebut bisa jadi wishlist Anda selanjutnya. Jika Anda berencana untuk liburan hemat, maka kumpulkan juga tabungan khusus liburan dan perbanyak pemasukan Anda. Salah satu caranya adalah dengan memulai bisnis baru untuk dapatkan keuntungan yang banyak. Jika Anda kesulitan dalam memulai bisnis karena modal usaha, maka coba nikmati kemudahan mendapatkan pinjaman modal bisnis dari Danamas. Fintech lending legal yang masih dalam naungan Sinar Mas Group ini bisa jadi pilihan tepat untuk modal usaha Anda.

pekerjaan yang cocok untuk introvert

12 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Introvert agar Lebih Enjoy

Introvert sering disalahartikan oleh beberapa orang karena dianggap adalah karakter orang yang memiliki sifat individualisme. Apa iya introvert seperti demikian? Tipe kepribadian juga ternyata berpengaruh kepada jenis pekerjaan yang mereka geluti. Tipe kepribadian introvert ternyata memiliki kecocokan untuk beberapa jenis pekerjaan apa saja berikut ulasannya untuk anda.

Apa Itu Introvert?

Introvert adalah salah satu jenis kepribadian yang memiliki fokus pada suasana hati pikiran hingga perasaan secara internal. Ada dua jenis tipe kepribadian yaitu introvert dan ekstrovert. Untuk tipe kepribadian introvert umumnya mereka menyukai waktu bersama 1 atau 2 orang. Mereka akan lebih nyaman dan fokus saat menghabiskan waktu untuk diri mereka sendiri. Namun sayangnya beberapa orang masih menganggap introvert tidak suka berhubungan sosial dan cenderung pendiam.

Menurut psikolog Carl Jung, tipe kepribadian introvert dan ekstrovert dibedakan dari cara mendapatkan dan menghabiskan energi mereka. Pada tipe introvert mereka lebih suka untuk memulihkan energi mereka sedangkan ekstrovert lebih menyukai bertemu orang sesuai dengan kebutuhan energinya.

Tipe kepribadian introvert cenderung berpikir lebih dahulu sebelum berbicara dan termasuk tipe pemilih untuk mengungkapkan sesuatu kepada orang lain. Mereka juga akan lebih nyaman pada kelompok kecil, namun bukan berarti tipe kepribadian ini tidak akan bisa berkembang. Untuk itu ada beberapa rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk introvert sehingga mereka tetap bisa nyaman di dunianya dan dan sukses dalam pekerjaan.

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Introvert

pekerjaan yang cocok untuk introvert
  • Programmer

Pekerjaan yang cocok untuk introvert adalah programmer yang kini banyak dilirik oleh perusahaan swasta. Terlebih lagi di era digitalisasi seperti sekarang ini maka pekerjaan sebagai programmer pun banyak dicari oleh perusahaan. Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam bidang IT maka ini bisa cocok dengan kepribadian introvert anda. Jenis pekerjaan ini memungkinkan anda untuk bekerja di depan layar komputer saja tanpa banyak berinteraksi dengan orang lain.

  • Peneliti

Profesi peneliti juga bisa menjadi pekerjaan yang cocok untuk introvert. Dalam pekerjaan ini introvert akan banyak bekerja sendiri dan membuat mereka tentu lebih nyaman dan fokus. Pekerjaan peneliti juga suka menggali dan peduli dengan detail mereka menikmati profesinya dengan banyak mengeksplor hal-hal baru.

  • Graphic Designer

Pekerjaan yang cocok untuk introvert lainnya adalah grafik designer atau desainer grafis. Mereka jago dalam menuangkan  sebuah pesan dalam bentuk visual dan bekerja dengan imajinasi mereka sendiri. Walaupun mereka tetap akan berkonsultasi dan berkomunikasi bersama rekan atau klien maka mereka merasa lebih fokus karena bisa berimajinasi sesuai dengan apa yang mereka bayangkan.

  • Content Writer

Pekerjaan yang cocok untuk introvert selanjutnya adalah content writer. kini banyak sekali perusahaan dan industri kreatif yang membutuhkan content writer untuk bagian departemen kreatifnya. Hal ini dilakukan karena karya dinilai lebih bagus saat penulis bisa bekerja secara mandiri untuk itu bagi Anda introvert yang memiliki jiwa kreatif maka content writer bisa menjadi pekerjaan yang cocok bagi anda.

  • Konselor

Pekerjaan sebanyak konselor sangat cocok untuk Anda yang memiliki kepribadian introvert. hal ini membutuh berpikir serta membaca orang lain dan fokus terhadap masalah yang dihadapinya. Selain itu jiwa empati seorang introvert yang cukup tinggi juga bisa mendukung pekerjaan konselor dalam membantu pasiennya.

  •  Market Analyst

Market analyst bisa jadi pilihan pekerjaan yang cocok untuk introvert yang memiliki jiwa pekerja yang tinggi dan suka dengan pekerjaan yang penuh tekanan. Walaupun kepribadian introvert fokus pada dirinya sendiri mereka juga mampu bersaing dalam pasar yang terus bergerak sebagai market analyst. Pekerjaan ini pun cukup memakan waktu untuk bekerja secara mandiri.

  • Aktuaris

Aktuaris adalah salah satu jenis pekerjaan yang juga cocok untuk introvert sesuai dengan kepribadian mereka. Hal ini karena aktuaris dianggap sebagai pekerjaan yang mandiri dimana mereka bisa berkembang dalam lingkungan kerja sendiri. Selain itu mereka juga membutuhkan skill analisis dan riset yang tinggi. Tugas aktuaris adalah menganalisis resiko untuk agen asuransi dan lembaga keuangan dengan menggunakan program software khusus maka mereka bisa menentukan hasil yang memungkinkan untuk kondisi finansial klien atau investor nya.

  • Content Editor 

Content editor adalah salah satu pekerjaan yang juga cocok untuk para introvert. Hal ini karena tugas mereka bisa dilakukan dimana saja termasuk juga di rumah dan lebih banyak membutuhkan ruang untuk diri sendiri. Content editor mereka tidak perlu sering berinteraksi dengan pekerja lainnya dan mereka bertanggung jawab untuk mengedit teks serta analisis sumber yang bisa dilakukan secara mandiri.

  • Penerjemah

Jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert lainnya adalah seorang penerjemah. Jika anda memiliki kemampuan bahasa asing maka tidak ada salahnya untuk menjadi seorang penerjemah yang bisa anda lakukan di mana saja serta berinteraksi dengan satu atau dua orang. Seorang penerjemah memiliki waktu yang fleksibel dan dan cocok bagi kepribadian introvert yang gemar berpikir kritis sehingga mereka pun bisa fokus dan nyaman dengan pekerjaan ini.

pekerjaan yang cocok untuk introvert
  • Pustakawan

Pustakawan biasanya bertanggung jawab untuk menyimpan dan menyortir buku namun ia juga bisa membantu menyelenggarakan sebuah acara di perpustakaan dan membantu orang untuk menemukan bahan bacaan atau referensi yang cocok atau mereka inginkan. Bagian yang memiliki kepribadian introvert maka menjadi pustakawan juga cocok bagi anda karena minimnya interaksi pada orang banyak atau berinteraksi satu dan dua orang saja.

  • Apoteker

Biasanya menghabiskan banyak waktunya di belakang layar untuk meracik resep dari dokter dan interaksinya kepada pelanggan dalam penggunaan obat sehari-hari. Apoteker termasuk salah satu pekerjaan yang memiliki interaksi minum dengan orang lain sehingga cocok bagi mereka yang memiliki jiwa kepribadian introvert.

  • Koki Pribadi 

Profesi lain yang cocok bagi jiwa introvert adalah menjadi seorang koki pribadi. Bagi anda yang suka dengan ketenangan maka profesi koki pribadi kita jadi pilihan yang tepat. Berbeda dengan koki restoran atau hotel yang membutuhkan komunikasi dan interaksi yang cukup tinggi maka pribadi biasanya bisa lebih fokus dengan pekerjaan mereka secara mandiri. 

  • Ahli Geologi

Pekerjaan yang bisa cocok untuk para introvert juga ahli geologi. Mereka akan menghabiskan banyak waktu di kantor dengan bekerja mandiri maupun berinteraksi dengan rekan kerja saja, selain umum selalu menganalisisnya di lab. Pekerjaan ini membutuhkan tingkat fokus yang cukup tinggi serta kemandirian. 

Baca juga: 7 Pekerjaan untuk Fresh Graduate & Tips Langsung Dapat Kerja

Pekerjaan-pekerjaan ini bisa jadi pilihan bagi Anda yang memiliki kepribadian introvert. Dengan mendapatkan pekerjaan yang tepat dan mampu mendukung kepribadian Anda, maka bukan tidak mungkin introvert pun bisa sukses dalam karir. Sama halnya kesuksesan dalam berbisnis dengan adanya modal usaha yang cukup. Kecukupan modal usaha ini bisa didapat dari Danamas yang merupakan fintech lending berizin OJK dengan pinjaman beragunan properti.

Kevin Sanjaya

Syok! Bisnis & Kekayaan Kevin Sanjaya & Valencia Tanoesoedibjo

Kevin Sanjaya adalah salah satu atlet bulutangkis Indonesia yang namanya semakin dikenal karena berbagai prestasinya. Namun belakangan ini nama Kevin Sanjaya dibicarakan banyak orang karena kisah asmaranya dengan Valencia Tanoesoedibjo. Kevin Sanjaya menjadi sorotan belakangan ini karena ia baru melamar kekasihnya Valencia pada Senin 2 Agustus 2022 Di Jakarta International Stadium atau JIS.

Siapa Kevin Sanjaya?

Kevin Sanjaya

Kevin Sanjaya yang memiliki nama lengkap Kevin Sanjaya Sukamuljo lahir pada 2 Agustus 1995 di Banyuwangi Jawa Timur. Pria yang berusia 27 tahun ini berprofesi sebagai atlet bulutangkis dan memiliki bisnis salah satunya adalah bisnis minuman yang bernama Vinion. Pada perjalanan karirnya, Kevin Sanjaya bergabung dalam klub Djarum Kudus, Jawa Tengah sejak tahun 2007. Perjalanan karirnya juga dimulai dari dirinya yang menjadi pemain ganda putra yang dibawa oleh pelatih PD Djarum. Ia pun berhasil menorehkan prestasi sebagai pemain ganda putra terbaik dan kini menjadi salah satu atlet bulutangkis yang patut diperhitungkan.

Dibalik prestasinya menjadi seorang atlet bulutangkis, Kevin Sanjaya juga memiliki berbagai sumber kekayaan lain selain menjadi atlet bulutangkis.

Sumber Kekayaan Kevin Sanjaya

Kevin Sanjaya Sukamuljo dikenal bermain sebagai atlet ganda putra bersama Marcus Fernaldi Gideon. Berbagai Kejuaraan bulutangkis pun sudah pernah ia rasakan, seperti All England di tahun 2020 dan ia mendapatkan hadiah sebesar US$ 74 ribu atau setara dengan Rp 1,1 miliar. Selain hadiah, Kevin Sanjaya juga diberikan bonus senilai Rp 2,25 miliar oleh Kemenpora RI usai memenangkan All England 2018 dan Asian Games 2018. Sebagai seorang pebulutangkis yang namanya cukup dikenal banyak orang dengan prestasinya Ia pun memiliki penghasilan terbesar hingga 3,5 miliar rupiah. 

Bisnis Kevin Sanjaya

Kevin Sanjaya memiliki bisnis minuman kekinian yang diberi nama Vinion. Bisnis ini sudah beroperasi sejak 2019 dan kini berkembang dengan berbagai cabang di Indonesia. Minuman susu yang memiliki topping boba ini memadukan nama dirinya “Kevin” dengan julukan yang ia dapat yaitu “the minion” yang ditujukkan untuk pasangan ganda puteranya Marcus Gideon.

Selain bisnis minuman kekinian Kevin juga Memutar uangnya dari penghasilan sebagai atlet bulutangkis ke beberapa investasi properti seperti rumah di tengah kota Jakarta. selain itu ia juga memiliki  BSD dan menginvestasikan kekayaannya dengan membeli apartemen.

Kevin Sanjaya dan Valencia Tanoesoedibjo

Kevin Sanjaya

Hubungan Kevin Sanjaya dan Valencia Tanoesoedibjo sebenarnya sudah diketahui oleh para netizen sejak tahun lalu melalui unggahan ini di Instagramnya. dan di tahun 2002 ini Kevin Sanjaya melamar Valencia Tanoesoedibjo yang merupakan Putri kedua dari konglomerat Hary Tanoesoedibjo. Netizen pun dibawa penasaran sebenarnya Siapakah Valencia Tanoesoedibjo dan apa saja bisnis yang dijalankan oleh Valencia?

Siapakah Valencia Tanoesoedibjo?

Valencia Tanoesoedibjo adalah anak kedua dari Hary Tanoesoedibjo yang lahir pada 11 Januari 1993. Tidak hanya dipercaya untuk memegang kerajaan bisnis Hary Tanoesoedibjo Ia juga seorang lulusan dari Master of arts dari Universitas Teknologi Sydney. Valencia dikenal sebagai Direktur MNC studios International dan direktur pelaksana GTV yaitu 2 stasiun televisi yang dimiliki oleh sang ayah. 

Tidak hanya itu Valencia juga menjabat sebagai director of digital bisnis PT MNC Tbk dan deputy CEO MNC ecommerce. Ia juga membangun usaha ecommerce yaitu the F thing sejak tahun 2017 dan kini dikenal sebagai Aladin Mal atau Mister Aladin. Valencia Tanoesoedibjo pun kini menduduki peringkat ke-40 sebagai orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan harta 1,02 miliar US Dollar atau sekitar 14,5 Triliun Rupiah.

Bisnis milik Valencia Tanoesoedibjo

Kevin Sanjaya
  • The F Thing

sejak usia 22 tahun Valencia sudah memulai bisnisnya saat ia meraih gelar master of Arts. salah satu bisnisnya yaitu bisnis fashion ecommerce yang bernama F Thing pada tahun 2017. Dalam bisnisnya ini Valencia menjabat sebagai CEO atau chief operating officer yang bisa menciptakan komunitas bagi para milenial untuk mendukung kegiatan mereka.

  • Clemens Ellery Fine Jewelry

Di tahun 2017 Valencia juga mencoba peruntungan di bisnis perhiasan. Ia memulai bisnis clemens dari penjual yang menawarkan berbagai koleksi perhiasan yang dibuat di Hongkong. Perhiasan yang ditawarkannya pun cukup mewah yaitu perhiasan yang mengandung emas 18 karat dengan permata yang berkualitas tinggi. Melalui bisnisnya ini Valencia ingin membantu para perempuan untuk menemukan perhiasan yang berkualitas seperti perhiasan berlian dan material lainnya.

  • Woolloomooloo Coffee

Iya juga memiliki bisnis di bidang F&B yaitu bisnis coffee shop kekinian yang memadukan konsep distro. Woolloomooloo Coffee menyajikan berbagai kopi dari belahan wilayah Indonesia seperti Sumatera Jawa dan Sulawesi. Tidak hanya itu, Woolloomooloo Coffee Juga menyajikan berbagai makanan yang bisa disantap bersama kopi sambari kumpul bersama teman.

Kevin Sanjaya
  • Legitimate

Bisnis fashion lainnya yang paling saya geluti adalah bisnis Legitimate yang merupakan label fashion dengan mengusung desain sederhana dan minimalis. Ada beberapa item yang ditawarkan dari bisnis fashion ini seperti kaos dan sweater dengan warna-warna netral dan monokrom yang cocok untuk para milenial.

  • Lovo Clothing

Kegemarannya di bidang fashion membuat Valencia juga mendirikan brand clothing lainnya yang bernama Lovo Clothing. Lovo Clothing menawarkan produk fashion yang casual dan semi formal.

Baca juga: 8 Daftar Artis Terkaya di Dunia dan Nominal Kekayaannya

Tak hanya berasal dari keluarga konglomerat, Valencia Tanoesoedibjo juga membuktikan dirinya bisa menjadi pengusaha yang sukses seperti orang tuanya yaitu Hary Tanoesoedibjo.Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, maka bisa mulai dari modal usaha yang cukup dengan pinjaman aman berizin OJK. Salah satu fintech terpercaya adalah Danamas yang bisa memberikan pinjaman bisnis mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar. Tenor yang ditawarkan juga fleksibel dari 1 – 10 tahun yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Dapatkan pinjaman usaha ini melalui pengajuan di aplikasi atau website.