cemilan sehat

Saat program diet beberapa orang mungkin menghindari cemilan karena takut naik berat badan. Padahal kenyataannya, camilan itu dibutuhkan untuk mengisi perut yang kosong di sela waktu makan sehingga tubuh atau perut tetap merasa kenyang serta menekan hawa nafsu makan dan berenergi. Maka, dengan mengkonsumsi cemilan, Anda pun tidak akan makan berlebihan karena perut sudah terisi oleh cemilan.

Kriteria Cemilan Sehat

Agar pola makan Anda juga sehat maka perlu sekali menyediakan cemilan sehat. Pemilihan cemilan yang sehat sangat disarankan adalah sebaiknya hindari cemilan yang tinggi kalori serta mengandung banyak gula dan lemak juga mineral. Saat anda sedang program diet maka perlu mengkonsumsi cemilan sehat yang mengandung nutrisi baik serta rendah kalori dan mampu mengontrol porsi hingga nafsu makan Anda, dengan begitu berat badan pun tidak akan naik. 

Cemilan sehat adalah cemilan yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein dan serat. Protein berperan penting dalam pembentukan jaringan tubuh seperti kulit dan otot, serta mendorong metabolisme dan mampu meningkatkan pembakaran kalori lebih baik. Sementara itu serat dapat melancarkan pencernaan dan membuat tubuh terasa lebih kenyang lebih lama.

Dalam memilih camilan sehat yang bisa membantu program diet Anda, sebaiknya pilihlah cemilan yang tidak mengandung lebih dari 200 kalori namun tetap mengandung 10 gr protein dan 5 gr serat. Berikut rekomendasi cemilan kaya karbo kompleks dan vitamin untuk mendukung program diet Anda.

Ide Cemilan Sehat untuk Diet

  1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan yang cocok untuk program diet Anda antara lain kacang almond, kacang tanah, kacang pistachio, kacang kenari, hingga kacang mete. Walaupun cukup tinggi kandungan lemaknya, kacang-kacangan ini bisa dikonsumsi dengan jumlah yang cukup namun juga membantu menurunkan berat badan. Lemak yang terkandung dalam kacang-kacangan adalah lemak sehat yang bisa diimbangi dengan mengkonsumsi protein juga serat. Kacang-kacangan membantu anda untuk menurunkan risiko penyakit kanker jantung dan depresi. Untuk mengkonsumsi kacang-kacangan idealnya adalah 28 gram per porsi.

  1. Pir Dan Keju Ricotta

Anda juga bisa mengkombinasikan kan cemilan sehat seperti buah pir dan keju ricotta yang tinggi protein. Kombinasi cemilan sehat ini bisa membantu anda untuk menjaga rasa kenyang lebih lama dan terhindar dari resiko makan yang berlebihan. Selain itu keju ricotta juga tinggi akan kalsium yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan massa dan kekuatan otot. Anda bisa mengkonsumsi 1 buah pir dengan 100 gr Keju ricotta per porsinya maka anda pun bisa sudah kenyang.

  1. Telur Rebus Dan Asparagus

Anda bisa mengkombinasikan telur rebus dan Asparagus sebagai cemilan sehat untuk membantu menurunkan berat badan. Telur rebus serta vitamin k2 dan b12. kandungan serat pada Asparagus juga mampu menyeimbangkan protein alami dari telur rebus. Dengan mengkonsumsi 2 jenis makanan ini maka anda bisa kenyang lebih lama serta mampu mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari.

  1. Apel Dan Selai Kacang

Buah apel mengandung antioksidan yang tinggi serta kandungan serat yang baik untuk tubuh juga mengandung polifenol dan vitamin C. Sementara selain  selai kacang mengandung protein yang baik bagi tubuh serta membuat kenyang lebih lama. Selai kacang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kadar kolesterol jahat. Untuk bisa mengkonsumsi cemilan sehat ini anda bisa menakar 1 buah apel dengan 15 gram atau kurang lebih 1 sdm selai kacang sebagai pilihan camilan sehat.

  1. Kacang Edamame

Pilihan cemilan sehat lainnya adalah kacang edamame yang mengandung antioksidan serat dan protein yang mampu membantu menurunkan berat badan serta kadar gula dalam darah. Dengan mengkonsumsi sekitar 150 gram kacang edamame rebus maka artinya ada sudah memenuhi sekitar 35% kebutuhan serat dan protein harian.

  1. Buah Buah Berry Dan Yogurt

Buah-buahan berry yang bisa dipilih sebagai camilan sehat yang mudah ditemui adalah strawberry. Anda bisa mengkonsumsi nya dengan mengkombinasikan dengan yogurt yang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, A dan antioksidan. Sementara itu buah Berry mengandung tinggi kalsium protein hingga kalium. Anda bisa mengkonsumsi cemilan sehat ini dengan takaran 50 gram buah Berry dan 100 gram yoghurt atau setara dengan 7 sdm. Anda bisa ganti buah-buahan berry dengan buah  pisang, nanas, atau jambu.

  1. Ubi

Jika anda merasa lapar di tengah-tengah antara jam waktu makan maka anda bisa mengkonsumsi ubi. Cukup rebus ubi dan Anda bisa mendapatkan kalori sekitar 74 kkal. Tak hanya sebagai penghilang rasa lapar ubi juga mengandung vitamin A, B, dan C serta lemak dan kalsium yang cukup tinggi.

Hal yang Perlu Dilakukan Untuk Mengurangi Ngemil

  • Makan Secara Teratur

Buatlah pola makan yang teratur yakni sarapan, makan siang dan makan malam. Lalu selipkan jadwal snack di antara waktu makan. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, lemak baik dan tinggi protein. 

  • Hindari Membeli Camilan

Saat Anda ke minimarket, maka akan ada banyak sekali godaan untuk membeli cemilan. Maka Anda perlu sadar atas apa yang Anda masukkan keranjang, apakah itu cemilan sehat atau bukan. Hindari membeli cemilan yang tinggi gula, tinggi lemak dan tinggi garam.

  • Ganti dengan Cemilan Sehat

Ganti cemilan snack ringan dengan camilan sehat, seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dll.

  • Tetap Aktif Beraktivitas

Saat Anda bosan, bukan tidak mungkin Anda akan cenderung mencari makanan untuk mengganjal rasa lapar di perut. Namun, kadang kita bisa lupa karena aktivitas yang dijalani. Untuk itu, Anda bisa sibukkan diri dengan berbagai aktivitas yang tak hanya bisa membakar kalori tapi juga lupa akan rasa lapar.

  • Banyak Minum Air Mineral

Jangan sampai Anda dehidrasi, maka selalu cukupi kebutuhan air Anda dengan cukup meminum air mineral. Konsumsi air yang cukup juga baik bagi kulit akan tampak lebih sehat.

  • Istirahat yang Cukup

Hindari begadang dan beraktivitas berat di malam hari. Malam hari adalah waktu yang tepat untuk istirahat. Maka, sebaiknya buat jadwal teratur jam tidur Anda agar tubuh tetap sehat dan tidak selalu merasa lapar karena kurang tidur.

Cemilan Sehat Ibu Hamil

Bagi Anda yang sedang hamil, memilih cemilan sehat juga penting. Perhatikan apa yang Anda konsumsi bisa membantu pertumbuhan janin lebih sehat. Berikut cemilan sehat ibu hamil yang bisa jadi pilihan.

  • Smoothies Buah Dan Sayuran

Cemilan sehat harus memberikan efek kenyang namun mengandung nutrisi yang menyehatkan untuk ibu hamil. Maka smoothies buah dan sayuran bisa jadi pilihan dan mencampur keduanya. Hindari menambah gula atau kental manis, jika ingin manis, maka cukup tambahkan madu.

  • Yogurt

Ibu hamil bisa mengkonsumsi yoghurt sebagai pilihan cemilan sehat.  Yoghurt yang terbuat dari susu bermanfaat bagi kesehatan pencernaan juga bagi bumil. 

  • Overnight Oats

Cemilan sehat ibu hamil lainnya adalah overnight oats yang kaya serat dan nutrisi. Ibu hamil yang selalu lapar bisa merasa kenyang lebih nyaman dengan cemilan sehat ini.

  • Salad buah

Anda bisa mengkonsumsi buah yang dijadikan salad. Salad buah bisa tetap sehat asal tidak ditambah dengan kental manis. Untuk pemanis, Anda bisa ganti dengan madu.

  • Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau adalah pilihan populer cemilan sehat ibu hamil karena kaya serat dan mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

  • Granola

Jika Anda suka dengan granola, maka ini bisa dijadikan snack ibu hamil. Produk granola memiliki kandungans serat yang cukup tinggi yang baik bagi ibu hamil. 

  • Pisang

Salah satu buah yang bisa Anda jadikan cemilan sehat ibu hamil adalah pisang. Anda bisa langsung memakannya atau diolah dan dikombinasikan dengan roti gandum.

  • Kacang Mete

Cemilan sehat untuk bumil lainnya adalah kacang mete. Kacang mete yang dipanggang lebih nikmat serta Anda bisa mendapatkan manfaatnya yang mengandung tinggi protein. 

Cemilan Sehat untuk Anak

Usia anak-anak juga penting selalu diperhatikan cemilan yang mereka konsumsi. Jika terlalu sering mengkonsumsi cemilan tidak sehat, maka anak-anak bisa ketergantungan dan menolak untuk mencoba cemilan sehat dan makanan utama yang disajikan. Selain itu, cemilan sehat untuk anak juga bisa membantu mereka menaikkan berat badan lho!

  1. Cemilan Sehat Untuk Anak Balita (1-2 Tahun)
  • Sereal
  • Buah potong
  • Keju potong atau keju lembaran (slice)
  • Susu
  1. Cemilan Sehat Untuk Anak Balita (3-5 Tahun)
  • Buah potong dengan irisan sedang
  • Irisan sayur matang
  • Susu atau yogurt
  • Keju atau keripik gandum
  1. Cemilan Sehat Untuk Anak Lainnya:
  • Popcorn
  • Kacang-kacangan
  • Keju
  • Oatmeal
  • Smoothies Buah
  • Telur rebus
  • Kue pisang
  • Kismis

Cemilan Yang Harus Dihindari Untuk Anak-Anak

Terkadang, orang tua memberikan cemilan yang kurang sehat agar anak mau makan. Padahal, ini adalah cara yang kurang tepat. Untuk itu, sebaiknya Anda hindari pemberian cemilan yang terlalu manis dan asin karena kurang baik untuk kesehatannya. Agar anak mau makan dan menikmati cemilan sehat, maka haruslah Anda memberikan contoh kepada mereka terlebih dahulu dan jadikan kebiasaan dirumah.

Baca juga: Tips Hemat Mengisi Liburan di Akhir Tahun & Opsi Destinasi!

Maraknya kebiasaan hidup sehat dikalangan anak muda ini bisa jadi peluang yang cukup menjanjikan bagi Anda yang ingin berbisnis. Anda bisa mencoba peluang bisnis cemilan sehat dengan sistem PO. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki cukup modal usaha, maka bisa dapatkan pinjaman modal bisnis dari Danamas hingga Rp 2 miliar. Proses pengajuan yang cepat dan mudah karena Anda bisa akses kapanpun dan dimanapun lewat aplikasinya di smartphone Anda.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Rekomendasi-Mobil-Keluarga

35++ Rekomendasi Mobil Keluarga 2023 Terbaik

Mobil keluarga umumnya berjenis MPV yang menjadi incaran banyak orang agar mampu mengakomodir penumpang. Mobil MPV dianggap sebagai mobil keluarga yang memiliki kapasitas besa

Rekomendasi-Mobil-Murah-Bagus

30++ Rekomendasi Mobil Murah Bagus 2023

KIni kendaraan pribadi menjadi kebutuhan banyak orang. Hal ini karena kendaraan bisa membantu menunjang aktivitas seseorang di luar ruangan untuk berbagai kegiatan seperti bek

biaya-liburan-ke-maldives

Rincian Biaya Liburan ke Maldives, Itinerary Hemat Budget

Maldives atau Maladewa identik sebagai destinasi wisata untuk pasangan yang baru menikah dan ingin melaksanakan honeymoon. Banyak pasangan muda yang mulai mempertimbangkan unt