Podcast Finansial

Podcast adalah salah satu media yang kini banyak diminati oleh anak muda saat ini. Munculnya podcast ternyata menjadi pilihan yang tepat untuk mereka yang ingin belajar lewat smartphone dan tetap kembali melakukan aktivitas lainnya. Podcast sendiri dimanfaatkan untuk berbagai hal sebagai media pemasaran untuk bisnis dan usaha. Selain itu juga, podcast juga sering digunakan oleh influencer untuk berbagi pengalaman dan tips dibidang yang mereka sukai.

Apa Itu Podcast?

Podcast adalah siaran rekaman suara dari pembicara atau host pada podcast yang membahas berbagai topik. Sebelum adanya podcast, orang bisa mendengarkan rekaman suara ini di iPod. Namun iPod hanya bisa diakses oleh mereka pengguna produk Apple. Dari sinilah muncul istilah iPod dan broadcast sehingga disingkat menjadi podcast. Podcast adalah singkatan dari Pod dan broadcast, maka podcast adalah siaran suara yang bisa diputar kapanpun oleh pendengarnya.

Podcast Finansial

Di podcast, Anda bisa menemukan berbagai pembahasan yang bermanfaat termasuk podcast Financial. Lewat podcast finansial Anda bisa belajar tentang pengelolaan uang pengelolaan utang menabung dan lain-lain. Berikut rekomendasi podcast finansial yang bisa anda nikmati:

Rekomendasi Podcast Finansial

  1. FinTalk Podcast By Finansialku

FinTalk podcast by finansialku adalah salah satu podcast finansial di Indonesia yang yang banyak didengar oleh mereka yang ingin belajar tentang keuangan. Topik dan tema yang dibahas di virtual sangat sesuai bagi kaum kaum milenial dari mulai topik mengatur gaji investasi dan bagaimana cara berhemat. Di salah satu episode juga membahas tentang sumber pemasukan bagi mahasiswa dan cara menghematnya selama masih berkuliah. Dengan pembahasan yang ringan FinTalk salah satu podcast yang wajib Anda dengarkan.

  1. Investor Cerdas By Bola Salju

Financial selanjutnya adalah investor cerdas. Investor cerdas by Bola Salju adalah salah satu podcast yang membahas tentang ekonomi dan cocok bagi Anda yang ingin belajar tentang saham. Kebanyakan dari konten podcast investor cerdas adalah membahas tentang investasi saham obligasi sukuk ritel dan reksadana. Selain itu podcast ini juga sering mengundang sosok hebat atau tokoh-tokoh yang berperan di dunia investasi Indonesia.

Podcast Finansial
  1. Podcast Diskartes

Podcast Diskartes adalah podcast ekonomi yang membahas banyak tentang keuangan. Podcast Diskartes mengusung tema podcast yang dipandu oleh praktisi keuangan, Andhika diskartes memberikan berbagai tips dan trik seputar asuransi investasi dan entrepreneurship. Tidak hanya podcast finansial pada podcast ini juga membahas tentang bisnis dan berbagai pemahaman tentang asuransi hingga mata uang kripto atau cryptocurrency. Konsultan keuangan, Andhika diskartes membagikan informasi yang sangat berguna bagi pendengarnya. Podcast financial ini cocok bagi anda yang masih awam di dalam dunia keuangan.

  1. Halofina

Halofina adalah startup keuangan penyedia aplikasi perencana keuangan yang didirikan oleh Eko Pratomo dan Muhammad B Teguh. Materi yang disampaikan pada podcast Halofina cukup singkat dengan durasi tidak sampai 20 menit. Anda bisa mendengarkan Halofina di platform spotify. Halofina adalah salah satu podcast finansial yang cocok untuk Anda yang ingin belajar pengelolaan keuangan pribadi mulai dari hal-hal dasar. Berbagai tema yang dibawakan oleh Halofina pun cukup beragam seperti tentang perencanaan keuangan persiapan dana pensiun hingga instrumen investasi bagi mereka yang sudah dan belum menikah.

Rekomendasi Podcast Finansial Popular Internasional

Podcast Finansial
  1. The Dave Ramsey Show

The Dave Ramsey Show, Dave Ramsey namanya sudah tidak asing lagi di dunia financial terutama untuk financial internasional. Di podcast itu membahas tentang jurus penyelesaian hutang yang ia buat lewat metode Snowball yang diakui sangat berhasil dan bisa menolong banyak orang untuk terbebas dari hutang. Lewat podcast The Dave Ramsey Show, ia berbagi tentang pengelolaan keuangan Yang berdurasi rata-rata sekitar 40 menit. Di dalam podcast juga berbagi tentang pengalamannya hingga pengalaman pendengar lainnya dalam menyelesaikan masalah hutang. Jadi jika anda ingin mengetahui pengelolaan utang lewat metode Dave Ramsey Anda bisa mendengarkan podcast finansial tersebut.

  1. Money For The Rest Of Us

Rekomendasi podcast finansial yang berbahasa Inggris lainnya adalah Money for the Rest of Us. Podcast ini dipandu oleh David Stein yaitu mantan chief investment strategist di salah satu perusahaan investasi di Amerika. Sebanyak 45 ribu orang per episode yang berbagi topik tentang investasi di pasar modal melalui saham atau obligasi. Selain itu, podcast ini juga membahas terbaru dan cerita-cerita pribadi dikombinasikan dengan riset-riset akademis. Podcast financial ini berdurasi kurang lebih 20 sampai 30 menit dan anda bisa mendengarkannya di Apple podcast dan spotify.

Podcast Finansial
  1. So Money 

Ini adalah podcast finansial yang dibawakan oleh host The entrepreneur yaitu karena Farnoosh Torabi. Ahli perencanaan keuangan itu sangat populer semenjak mendapatkan penghargaan sebagai podcast keuangan terbaik versi versi plutus. Di sini ia membawakan berbagai tema menarik tentang pengelolaan keuangan mulai dari yang mendasar hingga pemakaian kartu kredit dan tips-tips lainnya. 

  1. Stacking Benjamin

Jika anda Menganggap bahwa keuangan dan ekonomi adalah hal yang cukup berat untuk dibahas maka anda bisa mulai mendengarkan podcast finansial dari Stacking Benjamin. Di podcast financial ini anda akan terhibur dengan penyampaian yang disampaikan oleh Joe Saul Sehy, Ia adalah seorang mantan financial advisor dan di podcast ini ia sering membahas tentang ekonomi namun tetap memberikan unsur komedi di dalamnya sehingga pendengarnya pun akan terasa terhibur. Dengan hadirnya podcast ini maka pendengar akan lebih aware tentang finansial karena pembahasannya itu sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari seperti budgeting dan tips and trik dan lainnya.

  1. The Clark Howard Podcast

Podcast financial ini dibawakan oleh host radio yaitu Clark Howard. Ia membuat podcast ini bertujuan untuk memberdayakan orang-orang lewat siaran audio yang mampu mengendalikan keuangan mereka dan memberikan tips untuk menghemat uang hingga berbagai berita ekonomi pun juga disampaikan. Clark Howard memberikan nasehat praktis yang akan membantu pendengar untuk menghindari berbagai penipuan hingga membantu pendengar agar mencapai tujuan finansial mereka. Durasi rata-rata podcast ini adalah 40 menit dan rilis di hari kerja.

  1. The Chris Hogan Show

Podcast financial ini menjawab berbagai pertanyaan pendengar tentang uang seperti dana pensiun investasi hingga bagaimana membangun kekayaan yang tepat. Ia ingin mendorong dan memberdayakan pendengar untuk membuat rencana keuangan yang solid dan bekerja untuk menjadi jutawan. Durasi pada podcast the Chris Hogan slow berdurasi rata-rata 30 sampai 60 menit dan rilis setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat. 

Dengan mendengarkan podcast finansial, Anda bisa menambah wawasan yang dikemas dengan menyenangkan. Selain tu, dengan rekaman audio on demand di podcast, maka Anda bisa mendengarkan kapanpun dan dimanapun bahkan saat Anda melakukan berbagai aktivitas. 

Kemudahan dalam mengetahui berbagai issue finansial ini sangat membantu Anda yang tidak memiliki banyak waktu namun ingin belajar lebih. Hal ini serupa dengan saat Anda tidak memiliki banyak modal usaha untuk bisnis, maka salah satu yang bisa membantu Anda dengan cepat adalah Danamas. Fintech lending berizin OJK ini bisa memberikan pinjaman modal usaha besar hingga Rp 2 miliar dengan suku bunga yang rendah dan tenor 1-10 tahun. Simulasikan properti Anda untuk diubah menjadi modal usaha di website Danamas.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Kuliah-Jurusan-Bisnis

Kuliah Jurusan Bisnis, 5 Prospek Kerja Bergaji Besar & Biaya Kuliah PTN

Sebelum mendaftar kuliah, tentunya ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan salah satunya adalah jurusan yang ingin dituju. Tak jarang, memilih jurusan kuliah adalah hal yang sangat membingungkan. Untuk bisa menentukan jurusan kuliah yang tepat, maka Anda perlu mencari tahu seperti apa pembelajaran dari kuliah yang Anda tuju, selain itu apa saja mata kuliah yang akan diajarkan juga prospek pekerjaan. 

Mempelajari seluk beluk tentang jurusan kuliah memang hal yang perlu Anda persiapkan sebelum menentukan jurusan. Banyak orang yang beranggapan bahwa jurusan kuliah bisa menentukan masa depan Anda dalam hal pekerjaan atau karier. Dalam proses pencarian jurusan kuliah, sebaiknya tidak boleh gegabah atau hanya ikut-ikutan orang lain. Coba cari tahu apa yang Anda sukai dan minati agar Anda pun bisa lebih nyaman dan menikmati waktu perkuliahan. Maka, di masa depan, Anda pun bisa meraih mimpi lewat pekerjaan gaji besar dan Anda minati.

Salah satu jurusan yang juga memiliki banyak peminat adalah kuliah jurusan bisnis. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang beragam, bahkan ada juga yang memiliki gaji yang lumayan besar. Bagi Anda yang ingin mengetahui mata kuliah jurusan bisnis, tips memilih jurusan kuliah hingga biaya kuliah jurusan manajemen bisnis di PTN atau PTS.  Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Kuliah Jurusan Bisnis, Belajar Apa?

Jika anda memiliki rencana untuk kuliah jurusan bisnis maka akan ada beberapa hal yang dipelajari dalam kelas perkuliahan bisnis. Anda akan mempelajari tentang bagaimana cara merancang strategi bisnis dan mengambil berbagai keputusan bisnis. Umumnya anda akan mempelajari tentang ilmu teoritis ekonomi dan menerapkannya ke dalam dunia praktik bisnis sesungguhnya. Umumnya kuliah jurusan bisnis memiliki keilmuan yang bersinggungan langsung dengan fakultas ekonomi maka tak heran jika mata kuliah pada jurusan bisnis akan membahas lebih banyak tentang ekonomi, salah satu yang paling populer adalah manajemen bisnis.

Kuliah jurusan bisnis tepatnya pada manajemen bisnis akan menyiapkan para mahasiswa untuk lulus dan berkembang menjadi seorang manajer atau wirausahawan yang memiliki integritas dan intelektual yang tinggi serta kemampuan komunikasi, analisis dan pengambilan keputusan. Selain itu mahasiswa juga akan diajarkan tentang penyelesaian masalah, kerjasama organisasi dan nilai-nilai yang melayani masyarakat.

Mata Kuliah Jurusan Bisnis

Pada jurusan manajemen bisnis yang terdapat pada fakultas ekonomi dan bisnis umumnya memiliki cabang mata kuliah seperti manajemen sumber daya manusia dan organisasi, manajemen pemasaran, manajemen operasi dan sistem informasi, manajemen umum, manajemen teknologi informasi dan manajemen keuangan. Mata kuliah tersebut berfokus untuk mempelajari manajemen dalam sebuah perusahaan. Pada kuliah jurusan bisnis maka anda akan menemukan beberapa mata kuliah seperti pengantar bisnis, matematika bisnis, akuntansi keuangan organisasi, tata niaga manajemen keuangan ekonomi mikro dan makro hingga perpajakan.

Kuliah Jurusan Bisnis & Miliki Kemampuan Ini!

Jika Anda berkuliah jurusan bisnis maka akan ada kemampuan atau soft skill yang bisa Anda dapatkan. Softskill ini bisa mendukung Anda dalam dunia pekerjaan. Ada beberapa kemampuan yang nantinya bisa dimiliki, seperti berikut ini. 

  1. Anda harus memiliki kemampuan manajerial dimana anda akan memiliki keterampilan untuk mengatur, mengkoordinasikan dan mengarahkan para bawahan ke arah tujuan yang ditentukan oleh organisasi. 
  2. Anda juga akan memiliki kemampuan komunikasi dimana harus mampu menjelaskan dan mengkomunikasikan tentang pesan atau beberapa hal kepada tim sehingga mereka mampu mengerjakan berbagai tugasnya secara terorganisir. 
  3. Anda akan memiliki kemampuan mengobservasi, mengamati sebuah objek dan digunakan untuk meneliti atau mendukung sebuah penelitian. 
  4. Anda juga harus memiliki keterampilan komunikasi dan interpersonal yang baik untuk bisa berinteraksi dengan orang lain berbicara di depan umum didepan umum. 
  5. Anda juga akan dilatih untuk berpikir lebih kritis dan mampu menyelesaikan tugas dan masalah secara rasional. Maka saat Anda menemukan berbagai tantangan atau masalah anda bisa mencari solusi terbaik dan memecahkan masalah tersebut dengan tepat.

5 Prospek Kerja Kuliah Jurusan Bisnis

Kuliah jurusan bisnis memiliki prospek kerja yang cukup beragam. Setiap jenis pekerjaan tersebut memiliki tanggung jawab yang berbeda. Anda bisa melihat prospek kerja di kuliah jurusan bisnis yang sesuai minat Anda. Apakah salah satunya memiliki prospek kerja yang sesuai yang hal yang diminati, berikut pilihannya.

1. Bisnis Development

Prospek kerja kuliah jurusan bisnis yang pertama adalah bisnis development.  Bisnis development adalah sebuah proses untuk menciptakan nilai jangka panjang dalam sebuah perusahaan melalui pelanggan pasar dan relasi bisnis. Bisnis development memiliki tanggung jawab untuk menciptakan strategi agar konsumen pasar dan relasi bisnis bisa menciptakan peluang bagi perusahaan untuk berkembang lebih baik lagi.

Tanggung jawab bisnis development antara lain:

  • Melakukan riset pasar
  • Mencari peluang pelanggan baru
  • Menjaga relasi antar pelanggan
  • Menyusun dan mempresentasikan rencana pengembangan bisnis perusahaan
  • Melakukan riset perkembangan bisnis secara berkala
  • Memahami produk dari perusahaan kompetitor dan bisnis dalam pasar

2. Marketing Eksekutif

Marketing adalah salah satu konsentrasi atau penjurusan dalam Fakultas Manajemen dan bisnis. Walaupun anda tidak mengambil konsentrasi manajemen marketing namun anda tetap akan mempelajari dasar-dasar marketing dalam. Salah satu prospek kerja dalam Jurusan bisnis adalah fokus pada bidang pemasaran seperti marketing executive. Marketing executive berfokus untuk memaksimalkan keuntungan dari strategi pemasaran yang nantinya aktivitas atau strategi ini dijalankan oleh bagian marketing lainnya seperti content marketing, Digital marketing dan social media marketing.

3. Project Manager

Prospek kerja kuliah jurusan bisnis lainnya adalah Project Manager. Seorang project manager memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan, perencanaan, pemantauan, pengendalian dan penyelesaian proyek.

4. Risk Manager

Prospek kerja kuliah jurusan bisnis lainnya adalah manajer. Setiap keputusan perusahaan memiliki resiko seperti resiko keuangan keamanan dan keselamatan. Untuk menghindari resiko tersebut maka perusahaan membutuhkan seseorang yang ahli di bidang risk management. Nantinya ia akan menyiapkan rencana atau tindakan selanjutnya untuk mengurangi faktor risiko.

5. Entrepreneur

Prospek kerja kuliah jurusan bisnis lainnya adalah sebagai entrepreneur. Walaupun Semua orang bisa menjadi seorang entrepreneur namun jika anda berkuliah jurusan bisnis maka anda akan dibekali dengan ilmu tentang manajemen bisnis dan marketing serta hal-hal lain yang berhubungan dengan entrepreneurship. 

Biaya Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis

Selain mengetahui mata kuliah dan prospek kerja, ada juga yang cukup penting yakni mengetahui berapa kisaran biaya kuliah jurusan manajemen bisnis. Dengan mengetahui kisaran biaya kuliah bisnis ini, maka Anda bisa mempersiapkan anggaran pendidikan untuk bisa berkuliah di PTN atau PTS favorit Anda.

1. Biaya kuliah Manajemen di UGM

A. Jalur SNMPTN, Seleksi Mandiri

  • Kelompok I: Rp500.000
  • Kelompok II: Rp1.000.000
  • Kelompok III: Rp3.500.000
  • Kelompok IV: Rp5.250.000
  • Kelompok V: Rp7.000.000
  • Kelompok VI: Rp9.000.000
  • Kelompok VII: Rp9.500.000
  • Kelompok VIII: Rp10.000.000
  1. Biaya Kuliah Manajemen Program International
  • Biaya pendaftaran: Rp1.500.000
  • Biaya kuliah (satu semester untuk mahasiswa asal Indonesia): Rp35.000.000
  • Biaya kuliah (satu semester untuk mahasiswa Internasional): Rp50.000.000
  • Asuransi Kesehatan (satu semester): Rp40.000
  • Community Service KKN PPM UGM: Rp1.050.000

International Academic Exposure Program: jumlah biaya berdasarkan program exposure yang ditawarkan

2. Biaya Kuliah Manajemen Bisnis di UI

  • Manajemen keuangan: Mulai dari 1,5 juta – Rp 5 juta
  • Peminatan manajemen keuangan: mulai dari Rp 7,5 juta – Rp 12,5 juta

3. Biaya Kuliah Manajemen Bisnis di Undip

a. Jalur SNMPTN

  • Golongan 1: Rp500.000
  • Golongan 2: Rp1.000.000
  • Golongan 3: Rp3.500.000
  • Golongan 4: Rp4.500.000
  • Golongan 5: Rp5.500.000
  • Golongan 6: Rp6.500.000
  • Golongan 7: Rp7.000.000
  • Golongan 8: Rp8.500.000

b. Biaya kuliah Manajemen Jalur Mandiri

Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI, dibayarkan satu kali selama masa studi)

  • Golongan 1: Rp30.000.000
  • Golongan 2: Rp40.000.000

c. Uang Kuliah Tunggal (UKT)

  • Golongan 1: Rp500.000
  • Golongan 2: Rp1.000.000
  • Golongan 3: Rp3.500.000
  • Golongan 4: Rp4.500.000
  • Golongan 5: Rp5.500.000
  • Golongan 6: Rp6.500.000
  • Golongan 7: Rp7.000.000
  • Golongan 8: Rp8.500.000

d. Biaya Kuliah Manajemen Program S1 Internasional Jalur Ujian Mandiri

  • UKT: Rp20.000.000
  • SPI: Rp20.000.000

4. Biaya Kuliah Manajemen Bisnis Universitas Brawijaya

a. Jalur SNMPTN

  • Kelompok 1: Rp500.000
  • Kelompok 2: Rp1.000.000
  • Kelompok 3: Rp3.900.000
  • Kelompok 4: Rp4.680.000
  • Kelompok 5: Rp6.240.000
  • Kelompok 6: Rp7.000.000

5. Biaya Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis UNPAD

a. Jalur SNMPTN

  • Kelompok 1: Rp500.000
  • Kelompok 2: Rp1.000.000
  • Kelompok 3: Rp2.500.000
  • Kelompok 4: Rp6.000.000
  • Kelompok 5: Rp7.000.000

b. Jalur Mandiri

  • UKT: Rp7.000.000
  • Dana Pengembangan: Rp65.000.000

Tips Memilih Jurusan Kuliah 

Dalam memilih jurusan kuliah harus diputuskan secara matang dan bijak karena bisa jadi jurusan kuliah Anda bisa menentukan pekerjaan di masa depan. Maka dari itu, Anda bisa ikuti tips memilih jurusan kuliah seperti berikut ini.

a. Ketahui Kegemaranmu

Saat memilih jurusan kuliah, jangan lupa untuk memperhatikan kegemaran yang Anda miliki. Dengan mengetahui apa yang Anda suka, maka akan lebih mudah untuk memilih jurusan yang dipilih, misal Anda suka menggambar maka bisa memilih yang berkaitan dengan kesenian seperti desain.

b. Menggali Potensi Diri

Setiap orang pasti memiliki potensi yang berbeda. Dengan potensi ini Anda dapat mempertimbangkan saat memilih jurusan kuliah.

c. Pelajari Jurusan yang Hendak Dipilih

Cara memilih jurusan yang tepat adalah, Anda dapat mencoba untuk mempelajari jurusan yang hendak dipilih, misalnya dengan mencari tau di internet mata kuliah apa yang akan dipelajari, dengan begitu Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai pelajaran yang nantinya akan dipelajari.

d. Tentukan ingin Menjadi Apa

Beberapa orang memilih melanjutkan pekerjaan sesuai dengan bidangnya, namun ada juga yang berbeda. Anda bisa memikirkan dari sekarang, pekerjaan seperti apa yang ingin Anda lakukan nantinya. 

e. Hindari Memilih Jurusan Karena Ikut- Ikutan

Jangan memilih jurusan karena ikut-ikutan teman. Misalnya temanmu memilih jurusan pendidikan karena memang suka mengajar dan memiliki kemampuan di bidang public speaking, namun Anda tidak suka mengajar atau tidak memiliki potensi di bidang yang terkait dengan pendidikan dan Anda ikut-ikutan hanya karena ingin satu kampus dengan temanmu hal itu tentunya akan menjadi beban bagi Anda sendiri. 

Hal yang dilakukan Jika Salah Jurusan Kuliah 

Tidak jarang, kita merasa salah memilih jurusan kuliah. Hal ini umum dirasakan saat sudah melalui beberapa semester perkuliahan. Bagi Anda mengalami hal tersebut, jangan risau, karena berikut solusi yang bisa Anda coba lakukan. 

a. Santai Sejenak

Ada beberapa faktor yang dapat membuat Anda merasa salah jurusan, misalnya karena bosan, Anda bisa melakukan rehat sejenak dan jangan terburu-buru untuk pindah jurusan. Cobalah untuk mengetahui apa yang menjadi dasar pemikiran Anda merasa salah jurusan, apakah karena jenuh dengan pelajarannya? Anda dapat mengajukan cuti kuliah atau mengambil liburan untuk sesaat.

b. Mantap Pindah Jurusan

Berpikirlah sebelum mengambil keputusan untuk pindah jurusan, apakah ini yang Anda inginkan? Jika memang sudah mantap, Anda dapat mencoba untuk pindah jurusan, namun perhatikan risiko seperti biaya yang harus Anda keluarkan, dan mungkin izin kepada orangtua.

c. Double Degree

Anda bisa mengambil double degree dengan jurusan yang berbeda. Misalnya jurusan pertama komunikasi dan di magister ambil jurusan lain. Beberapa universitas menawarkan metode double degree dengan ketentuan yang spesifik diatur oleh pihak dari universitas. 

Jurusan Kuliah dengan Prospek Gaji Tertinggi 

Jika Anda ingin mencari jurusan kuliah yang bergaji tinggi, maka ada 3 pilihan jurusan kuliah. Apakah kuliah jurusan bisnis termasuk memiliki prospek bergaji besar? Jawabannya ada di ulasannya dibawah ini. 

a. Teknik Perminyakan

Jurusan ini merupakan jurusan yang dinilai memiliki gaji tinggi karena kondisi pasar perminyakan yang terus menerus meningkat. Gaji yang didapat bisa mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 40 juta.

b. Teknik Kimia

Teknik kimia menjadi salah satu jurusan yang paling sulit. Lulusan ini biasanya mendapatkan pekerjaan di bidang gas dan minyak. Gaji yang didapatkan bisa mulai dari Rp 10 juta hingga 30 juta.

c. Ekonomi dan Bisnis

Hampir semua siswa tentunya mengenal jurusan ini, yang tak juga tak lekang oleh waktu. Ekonomi dan bisnis bisa menjadi pilihan bagus untuk siswa yang tidak berorientasi pada bagian ilmiah. Anda bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 10 juta hingga Rp 20 juta atau lebih.

Raih Mimpi dengan Berbisnis Sedari Dini, Ini Modalnya!

Saat Anda ingin menjalankan sebuah bisnis, maka hal utama yang dibutuhkan adalah modal usaha. Modal usaha dan business plan atau rencana bisnis harus berjalan beriringan agar mimpi membangun bisnis bisa terlaksana. Saat Anda sudah memiliki modal ilmu bisnis, maka coba implementasikan pada praktek bisnis yang sesungguhnya. 

Modal usaha bisa didapatkan dari mana saja, namun Anda perlu cari yang aman. Salah satu pinjaman online terpercaya adalah Danamas. Danamas menawarkan solusi pendanaan bisnis lewat pinjaman beragunan properti mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dan Anda bisa akses pengajuan melalui Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis. 

Untuk lebih memudahkan Anda dalam melihat skema cicilan, maka bisa gunakan kalkulator simulasi kredit dan kalkulator pinjaman untuk tahu nilai properti yang dijadikan agunan. Lebih mudah karena kini aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis sudah bisa didownload lewat Apple Store dan Play Store.

crazy-rich-indonesia

Crazy Rich: Pengertian, 7 Crazy Rich Indonesia & Cara Jadi Crazy Rich

Istilah crazy rich Ini mencuat seiring dengan kepopuleran film Crazy Rich Asian. Istilah ini merujuk pada orang-orang yang memiliki kekayaan berlimpah dan memiliki berbagai bisnis hingga rumah mewah juga mobil mewah dan memamerkan gaya hidupnya menjadi kalangan kelas atas. Dengan apa yang cukup melimpah, kehidupan orang-orang kaya ini menjadi pusat perhatian. 

Orang-orang kaya nan konglomerat atau crazy rich juga menjadi salah satu gambaran kehidupan konglomerat atau orang kaya yang berasal dari lokasi tertentu yang jarang terekspos oleh publik. Namun, ternyata istilah crazy rich tidak hanya ada pada sebuah film saja. Masyarakat pun kini menggunakan istilah populer ini untuk mencari tahu siapa saja crazy rich Indonesia yang sebenarnya. Bahkan, masyarakat mulai mengulik harta kekayaan para crazy rich ini hingga mencari tahu bisnis apa saja yang bisa mereka lakukan juga untuk mengumpulkan kekayaan. 

Di artikel ini, akan membahas tentang apa saja perbedaan dari crazy rich sungguhan dan palsu. Pasalnya, banyak sekali orang yang mulai mengakui dirinya sendiri sebagai crazy rich dengan memamerkan harta kekayaannya. Lalu, seperti apa bisnis yang mampu mendatangkan penjualan tertinggi agar mampu setara dengan crazy rich? Dan seperti apa sifat crazy rich sungguhan, berikut ulasannya. 

5 Bisnis Untuk Menjadi Crazy Rich

Untuk bisa memiliki harta kekayaan yang melimpah hingga dijuluki sebagai crazy rich, maka Anda perlu memiliki usaha atau bisnis yang sukses. Bisnis yang sukses diawali dengan pemilihan jenis usaha yang cocok untuk Anda geluti. Ada banyak jenis bisnis yang bisa Anda pilih dan kembangkan seperti para crazy rich Indonesia.

1. Bisnis Online

Jika anda menekuni bisnis online maka bukan tidak mungkin anda pun bisa menjadi seorang crazy Rich. Pengusaha yang tidak mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi tentunya akan tergilas oleh perkembangan zaman. Untuk bisa mengembangkan bisnis online Anda cukup berbekal perangkat lunak seperti gadget ataupun akses internet maka anda sudah bisa menjalankan bisnis online. Agar semakin sukses anda perlu mempelajari tentang strategi digital marketing.

Bisnis online tidak melulu tentang berjualan produk Anda pun juga bisa menjadi seorang blogger hingga memiliki halaman tulisan yang bisa dipenuhi dengan berbagai iklan. Dari sanalah Anda bisa mendapatkan peluang tawaran untuk membuat berbagai artikel dari perusahaan dengan tema tertentu ataupun diundang ke acara seminar dan pelatihan. Anda bisa membuat lapak atau toko online di beberapa ecommerce ataupun website sendiri dan media sosial.

2. Bisnis Di Industri Kreatif

Industri kreatif juga bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin menjadi crazy Rich seperti menjadi seorang youtuber, selebgram ataupun influencer yang memiliki pengaruh kuat bagi followernya. Beberapa orang juga beralih profesi menjadi seorang influencer hingga selebgram bahkan content creator. Anda hanya perlu konsisten dalam membuat konten konten yang menarik, dan buatlah konten yang edukatif serta positif. Semakin banyaknya followers atau subscriber untuk youtube channel Anda maka akan banyak peluang tawaran iklan ataupun endorse.

3. Makanan Dan Minuman

Kuliner seperti makanan dan minuman memang sudah umum namun faktanya ini adalah salah satu bisnis yang menjadikan orang crazy Rich. Hal ini karena setiap orang pasti membutuhkan makan dan minum sehingga ada saja yang membelinya. Maka bisnis kuliner ini sangat cocok bagi pemula bahkan mereka yang sudah ahli sekalipun dalam bidang ini.

Anda bisa membuka bisnis makanan berat ataupun ringan makanan sehat atau makanan saji bahkan minuman minuman kekinian. kunci utama dari suksesnya bisnis kuliner adalah rasa. Untuk itu pastikan kualitas makanan atau minuman yang Anda jual cukup menarik bagi banyak orang. jangan sampai konsumen kecewa terhadap rasa dan enggan kembali ke toko anda.

4. Bisnis Waralaba Atau Franchise

Bisnis lain yang mendatangkan peluang menjadi seorang crazy Rich adalah Prancis. Bisnis waralaba dengan konsep kemitraan ini memungkinkan anda untuk membeli franchise kepada franchise atau pemilik merek. Umumnya paket franchise dijual dengan bentuk paket kemitraan dengan harga yang beragam mulai dari jutaan hingga milyaran rupiah. Dengan paket tersebut, Anda bisa mendapatkan berbagai perlengkapan bisnis atau usaha yang dibutuhkan. Hal itu termasuk juga panduan usaha sehingga Anda cukup menjalankannya saja tanpa memikirkan konsep bisnisnya. Bila anda menjalankan bisnis ini dengan tepat maka bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

5. Bisnis Sumber Daya Alam 

Bisnis sumber daya alam juga adalah peluang yang cukup besar untuk menjadi crazy Rich. Indonesia kaya akan sumber daya alamnya seperti batubara, kelapa sawit, sayur-mayur, ikan, hingga benih lobster. Anda bisa memanfaatkan kekayaan negeri ini sebagai bagian dari modal dalam menjalankan bisnis. Seperti crazy Rich lainnya yang merupakan pengusaha di bidang batu-bara, nikel, perkebunan, kelapa sawit, dan lain-lain.

Crazy Rich Indonesia Versi Forbes 2022!

Istilah crazy rich ternyata membawa kita pada rasa penasaran siapa sajakah crazy rich Indonesia sesungguhnya? Ada beberapa nama yang mungkin masih asing bagi Anda, namun kerajaan bisnis yang mereka miliki kerap terdengar di sekitar Anda. Siapakah crazy rich Indonesia versi Forbes 2022, lihat dibawah ini.

1. Wijono & Hermanto Tanoko

Wijono dan Hermanto Tanoko adalah crazy rich pendatang baru yang memiliki kekayaan hingga US$ 3 miliar atau setara dengan Rp 43,8 triliun.Kekayaan mereka bersumber dari perusahaan cat Avian. Avian sendiri merupakan perusahaan cat terbesar di Indonesia yang didirikan oleh ayah mereka yakni Soetikno Tanoko pada tahun 1978. Lalu, di tahun 2021, Wijono dan Hermanto yang merupakan anak Soetikno, mengambil alih kepemimpinan dan kini Avian memperluas usahanya di bidang ritel dan consumer goods.

2. Otto Toto Sugiri

Otto Toto Sugiri adalah orang terkaya versi Forbes 2022 yang memiliki kekayaan hampir US$ 2,4 miliar atau setara dengan Rp 3,51 triliun.Kekayaannya bersumber dari perusahaan yang ia dirikan bernama DCI Indonesia. Otto merupakan Co Founder dan Presdir DCI Indonesia yang dibangun pada 2011.

3. Bambang Sutantio

Bambang Sutantio adalah orang terkaya di Indonesia versi Forbes tahun 2022 dengan kekayaan hingga Rp 23,5 triliun atau US$ 1,6 miliar. Jika Anda suka minum susu atau yoghurt Cimory, itu adalah hasil produksi dari perusahaan milik Bambang Sutantio. Ia adalah pendiri Cimory Group dan kini Cimory memiliki saham yang melonjak di BEI dan kini mendapatkan pendanaan lebih dari Rp 200 juta dolar US.

4. Edwin Soryawidjaya

Crazy Rich Indonesia berikutnya versi Forbes 2022 adalah Edwin Soeryadjaya. Ia adalah pendiri Astra Internasional dengan total kekayaan hingga US$ 1,5 miliar atau setara dengan Rp 21,9 triliun. Ia pun kini menempati deretan orang terkaya versi Forbes di dunia peringkat 1,929.

5. Marina Budiman

Marina Budiman adalah perempuan yang masuk ke jajaran orang terkaya di dunia versi Forbes 2022 dan rasanya sangat layak dijuluki crazy rich Indonesia versi wanita. Harta kekayaan Marina berjumlah US$ 1,4 miliar dan kini ia menjadi Co Founder sekaligus Presdir DCI Indonesia. Ia membangun DCI Indonesia bersama Otto dan mampu menempati peringkat 2.076 dalam Forbes sebagai daftar orang terkaya di dunia.

6. John Kusuma

John Kusuma memiliki kekayaan yang berasal dari saham Bank Aladin Syariah dengan kekayaan US$ 1,2 miliar. Ia mengakuisisi saham tersebut pada 2019 dan meningkatkan kepemilikannya do tahun 2020. Ia adalah generasi ketiga keluarga Nojorono yang dikenal sebagai produsen rokok terbesar di Indonesia yaitu PT Nojorono Tobacco International. 

7. Hartono Kweefanus

Hartono adalah pemimpin Monde Nissin yang merupakan perusahaan manufaktur makanan di Filipina yang memproduksi mie instan dan camilan. Ia memiliki kekayaan hingga US$ 1,2 miliar dari saham kepemilikan Monde Nissin. Hartono merupakan ipar dari Ang yang merupakan salah satu orang terkaya di Filipina.

Ciri-Ciri & Sifat Crazy Rich Asli

Para crazy rich yang asli ternyata memiliki ciri-ciri yang bisa tampak dari gaya hidup dan personality mereka di depan umum. Nyatanya, tidak semua orang yang dinobatkan sebagai crazy rich oleh khalayak memiliki ciri-ciri crazy rich asli berikut ini. Simak dan ketahui apa saja ciri-cirinya seperti dibawah ini.

a. Tidak Tertarik Membahas Kekayaan

Orang kaya orang kaya sungguhan biasanya tidak tertarik untuk membahas kekayaan mereka serta akan lebih bersikap santai. Kebanyakan dari mereka tidak memiliki minat besar untuk membahas membahas hal tersebut. Namun sebaliknya orang kaya biasa sangat bersemangat dan melebih-lebihkan kekayaan mereka kepada orang disekitarnya.

b. Menabung Adalah Sebuah Kewajiban Bukan Pilihan

Salah satu orang terkaya di dunia pernah menyatakan bahwa sepertiga dari penghasilan mereka harus dialokasikan untuk menabung. Maka dari itu, menabung bagi orang-orang tersebut adalah hal yang cukup penting. Berbeda dengan orang-orang yang hanya berpura-pura kaya mereka akan senang menghamburkan uangnya untuk hal-hal konsumtif daripada ditabung atau diinvestasikan. Orang dengan tipe seperti ini saat menghadapi sebuah kebutuhan yang mendesak atau darurat cenderung kebingungan karena uangnya sudah habis terpakai.

c. Fokus Pada Investasi Bukan Sekedar Konsumsi

Orang tipe ini biasanya akan fokus mengalihkan kekayaannya untuk investasi atau mengembangkan bisnisnya. Sebagai contoh pengusaha dibidang A sebagai pemilik sebuah perusahaan membuka bisnis baru di bidang B. Mereka akan terus memutar otak untuk mengembangkan pundi-pundi kekayaannya untuk berinvestasi si di berbagai bidang dibandingkan dengan menghabiskan waktu untuk kebutuhan konsumtif.

d. Memiliki Strategi Hemat Di Setiap Pengeluaran

Orang kaya sungguhan biasanya memiliki strategi dalam pemanfaatan pengeluaran. Dengan memiliki uang yang banyak, bukan berarti Anda membeli barang tanpa mempertimbangkannya. Mereka akan menunggu waktu yang tepat untuk membeli barang tersebut hingga saatnya mereka sudah memiliki cukup uang dan mendapatkan berbagai kebutuhan tanpa membebani kondisi keuangan. Sedangkan mereka orang yang berpura-pura kaya akan membelanjakan uangnya secara langsung tanpa menyisihkan sebagian penghasilan yang ditabung.

e. Memiliki Pasif Income Dari Aset

Hal ini adalah strategi yang biasa dipakai oleh orang kaya sungguhan untuk meningkatkan nilai kekayaannya. Mereka bukanlah orang yang mengejar jabatan dan gaji pada sebuah perusahaan karena mereka biasanya tipe orang yang memiliki keinginan untuk memegang jabatan tertinggi pada perusahaan sendiri. Mereka merasa harus meningkatkan apa yang sudah dicapai dengan mengembangkan usahanya dan terus belajar untuk meningkatkan kemampuan dalam memupuk penghasilan. 

f. Kaya Sejati Adalah Kaya Hati

Mereka yang memiliki kekayaan sesungguhnya juga memiliki kekayaan dalam beramal, zakat dan infak. Semakin besar pendapatan mereka, maka semakin besar juga sedekahnya.

g. Kaya Adalah Rasa Tidak Butuh

Jika belum berhasil maka mereka tidak akan menyerah juga tidak menyalahkan orang lain dan keadaan bahkan tidak juga menjadi seorang pengemis. Justru mereka akan tetap berusaha tanpa harus bergantung kepada orang lain.

h. Kaya Itu Relatif

Kayak apapun maka sebaiknya jangan sombong akan ada saat di mana anda mungkin membutuhkan orang lain yang lebih dari kita.

i. Kemiskinan Absolut

Sekaya apapun orang lain maka sebaiknya kita tidak perlu iri ataupun dengki karena mungkin orang lain memang memiliki harta yang lebih banyak. Namun kita tidak perlu sampai terpesona berlebihan akan harta yang dimiliki orang lain hingga memiliki hasrat untuk memiliki barang yang bukan seharusnya untuk kita. 

Ciptakan Bisnis dari Pilihan Modal Usaha Terpercaya!

Modal utama untuk bisa menciptakan bisnis seperti para miliarder adalah dengan memiliki modal usaha yang aman. Modal usaha aman dan terpercaya bisa Anda dapatkan di Danamas, fintech lending aman dan berizin OJK. Pinjaman online terpercaya ini mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar ini bisa Anda pakai untuk kebutuhan bisnis. Dengan tenor yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, maka ini adalah solusi tepat untuk kembangkan bisnis makin hebat.

Langsung simulasikan cicilan Anda di kalkulator simulasi kredit dan ketahui nilai properti yang ingin diagunkan di kalkulator pinjaman. Lebih mudah dan praktis, ajukan segera modal usaha di Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis yang sudah bisa di download di smartphone Anda. Aplikasi Danamas tersedia di Playstore dan Apple Store.

Pekerjaan-untuk-Fresh-Graduate

14 Pekerjaan untuk Fresh Graduate & Tips Langsung Dapat Kerja!

Lulusan baru atau fresh graduate dari sekolah maupun perguruan tinggi sering mengalami kesulitan untuk mencari pekerjaan. Biasanya karena mereka masih kurang berpengalaman di bidang tersebut. Namun, tak perlu khawatir karena masih ada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk fresh graduate atau yang belum banyak pengalaman lho. Jadi bagi anda yang baru lulus, jangan berkecil hati.

Pekerjaan yang cocok bagi Anda yang fresh graduate pasti ingin mencari pekerjaan baru terasa lebih menantang dibandingkan mereka yang sudah memiliki pengalaman. Namun tidak sedikit perusahaan yang membutuhkan pekerja profesional yang belum berpengalaman atau fresh graduate. Biasanya di lowongan pekerjaan untuk fresh graduate dicantumkan kalau menerima pendaftaran dari orang yang baru lulus.

Sebagai seorang fresh graduate, anda harus mempersiapkan banyak hal seperti mencari tau tentang dunia kerja, membuat CV yang tepat, perhatikan pengiriman email yang profesional dan lainnya. Jika anda baru lulus dan ingin mencari pekerjaan untuk fresh graduate maka simak ulasan artikel berikut ini.

Apa Itu Fresh Graduate

Fresh graduate adalah lulusan baru dari suatu tingkatan pendidikan seperti sekolah atau pendidikan tinggi. Fresh graduate adalah label yang diberikan untuk mereka yang sudah mengenyam pendidikan maksimal setahun dari setelah kelulusannya. Sebagai fresh graduate anda perlu mendapatkan banyak gambaran tentang bagaimana dunia kerja serta profesi apa saja yang cocok untuk fresh graduate.

14 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Fresh Graduate

Bagi anda yang belum banyak memiliki pengalaman atau bahkan belum memiliki pengalaman sekalipun dan hanya mengandalkan kemampuan selama studi, maka anda bisa mencoba beberapa pekerjaan untuk fresh graduate, yaitu:

1. Management Trainee

Manajemen trainee adalah salah satu jenis pekerjaan untuk fresh graduate yang bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin menempati posisi manajerial di masa depan melalui waktu yang cukup singkat. Beberapa perusahaan membuka program management trainee bagi lulusan baru yang belum memiliki pengalaman. Di management trainee anda akan diberikan berbagai pelatihan di setiap departemen perusahaan yang diawasi langsung serta dievaluasi oleh manajer atau supervisor. Setelahnya anda akan ditempatkan di departemen yang sesuai dengan minat anda.

2. Bisnis Development

Sebagai fresh graduate yang belum memiliki pengalaman maka bisnis development bisa jadi pilihan anda. Biasanya berada dibawah departemen sales dan marketing. Untuk pekerjaan seputar riset pasar bagaimana menjangkau pelanggan baru menjaga relasi antara pelanggan dan klien hingga memahami produk dari bisnis dan kompetitor. Jenis pekerjaan bisnis development terbuka bagi semua jurusan sehingga ini bisa jadi pengalaman yang baru bagi fresh graduate.

3. Pegawai Bank

Pegawai bank juga banyak diminati oleh lulusan baru karena selain syaratnya tidak terlalu rumit, stigma pegawai bank yang masih tampak positif di beberapa orang juga menjadi salah satu incaran mahasiswa fresh graduate. Beberapa posisi yang dibuka yang bisa dipilih oleh fresh graduate antara lain development program untuk bidang general atau khusus hingga customer service dan teller.

Baca juga: 11 Tokoh Wirausahawan Yang Sukses di Usia Muda

4. Agen Asuransi

Jika anda suka menyukai dunia finansial dan asuransi maka tidak salahnya untuk mencoba menjadi agen asuransi Jika anda masih lulusan baru. Walaupun agen asuransi memiliki stigma yang kurang baik di mata masyarakat namun nyatanya pekerjaan ini cukup menjanjikan dari segi penghasilan, terlebih lagi jika Anda menjadi agen asuransi di perusahaan besar.

5. Wartawan

Wartawan juga bisa jadi pilihan pekerjaan untuk fresh graduate terutama buat anda yang suka dengan hal-hal menantang bekerja di luar kantor, menulis dan menjelajahi berbagai tempat. Anda akan banyak bekerja di luar kantor dan mencari narasumber hingga mewawancarainya dari berbagai bidang. Profesi wartawan bisa mengembangkan pengalaman Anda juga kemampuan anda di berbagai aspek profesional sehingga ini cocok untuk Anda yang masih fresh graduate.

6. Account Eksekutif

Bagi para fresh graduate yang ingin mencoba menjadi seorang Account Executive atau AE, maka bisa bergabung di perusahaan-perusahaan yang mencari lulusan fresh graduate untuk menempati posisi tersebut. Account eksekutif dalam sebuah perusahaan biasanya melakukan pendekatan kepada perusahaan lain untuk menghasilkan sebuah kerjasama. Umumnya akan eksekutif berada di departemen sales dan marketing. AE di industri media bertugas untuk meyakinkan perusahaan atau produk untuk memasang iklan di media tersebut sehingga Anda membutuhkan kemampuan untuk berkomunikasi dan negosiasi.

 7. Staff Administrasi

Staff administrasi juga salah satu pekerjaan untuk fresh graduate yang paling banyak dicari. Staff administrasi umumnya bekerja untuk mengurusi berbagai berkas dan formulir yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sebagai staff administrasi, Anda harus memiliki kemampuan detail-oriented dan tekun. 

8. Sales

Profesi ini mempunyai goals mencapai target penjualan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Makin banyak target yang tercapai, maka bonus yang diperoleh juga makin banyak. Sales tidak terlalu membutuhkan pengalaman kerja, walaupun pengalaman di bidang tersebut akan menjadi poin khusus. Untuk berkecimpung di dalamnya, anda harus punya kemampuan interpersonal yang baik dan koneksi luas.

9. Social Media Officer

Banyak perusahaan yang membuka lowongan di bidang sosial media officer untuk fresh graduate. Anda bisa membuat tampilan sosial media menjadi menarik. Pekerjaan admin media sosial ini bisa menjadi pilihan sementara waktu sambil anda melihat peluang lain yang lebih baik.

10. Writer

Bagi anda yang senang menulis dan memiliki sense yang tinggi, bisa mencoba submit cerita karangan anda di layanan e-novel. Atau menjadi seorang penulis di berbagai media offline (koran dan majalah) serta online (official website) yang menerima tulisan dari berbagai kalangan seperti cerpen, puisi, esai, politik atau artikel.

11. Asisten Dosen

Dosen seringkali mencari mahasiswa yang rajin untuk membantu melancarkan kegiatan belajar mengajar di kampus. Jika anda baru lulus, dekat dengan dosen tersebut dan ingin mencoba hal baru untuk pengembangan diri bisa coba menjadi asisten dosen. Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk memperoleh pekerjaan sementara. Tugas yang harus dikerjakan sebagai asisten seperti hal yang berkaitan dengan proyek penelitian, kegiatan pengajaran atau mengetik laporan.

12. Pengajar

Guru freelance sering kali menjadi pilihan bagi fresh graduate. Anda bisa memilih mata pelajaran yang dikuasai atau sesuai jurusan saat kuliah. Tinggal anda belajar mengasah skill mengajar dan meningkatkan kesabaran.

13. Freelancer

Pekerjaan ini bisa menjadi batu loncatan bagi anda. Jika anda jago di bidang desain grafis, anda bisa menerima komisi ilustrasi atau desain dengan keahlian tersebut. Dengan mencoba freelance, maka waktunya lebih fleksibel dan anda bisa sambil mengembangkan diri di bidang yang diminati.

14. Content Creator

Sebagai lulusan di era teknologi seperti sekarang. Tentu sudah tidak asing dengan sosial media. Jika memiliki kreativitas, kemampuan melihat tren dan suka eksplorasi, menjadi seorang content creator bisa dipertimbangkan. Anda bisa upload video di YouTube agar lebih banyak dikenal orang.

Apa Yang Harus Dilakukan Fresh Graduate? Ini Tips nya

Dunia kerja tentu sangat berbeda dengan dunia sekolah ataupun kuliah. Banyak kebiasaan yang bisa menimbulkan “culture shock” ketika memasukinya. Apalagi ditambah persaingan ketat antar sesama pegawai. Nah, agar anda tidak kaget harus apa setelah lulus dan siap memasuki dunia kerja. Berikut adalah tipsnya:

a. Kenali Potensi Diri

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengenali potensi diri Anda. Hal ini karena banyak sekali orang yang tidak tahu apa keinginan dan kemampuannya terutama bagi mereka yang fresh graduate. Maka dari itu penting untuk memanfaatkan waktu di awal kelulusan untuk mencari tahu bidang apa yang paling Anda sukai dan antusias untuk dikerjakan. Bidang tersebut harus berhubungan dengan jurusan kuliah Anda dan bisa mengikuti berbagai macam soft skill lewat kelas profesional yang ada di berbagai platform.

b. Buat CV yang Tepat

Saat Anda menulis pengalaman di kurikulum vitae atau CV saat melamar kerja maka harus memperhatikan berbagai hal agar dilirik oleh HRD. Hal yang paling penting adalah jangan membuat CV dengan kata-kata yang terlalu bertele-tele sebaiknya. Buat CV dengan kata-kata yang singkat padat dan jelas.

c. Pakai Alamat Email Yang Profesional

Berbeda dengan kuliah, saat Anda melamar pekerjaan di dunia profesional maka sebaiknya siapkan juga alamat email dengan nama asli Anda. Hal ini juga jadi salah satu pertimbangan apakah HRD tertarik pada anda atau tidak. Dengan menggunakan alamat email yang tidak sesuai dengan identitas maka perekrut pun juga akan melihat bahwa anda kurang serius untuk melamar pekerjaan.

d. Perluas Networking

Saat anda ingin berkarir sebagai seorang fresh graduate maka jangan lupa untuk selalu membangun networking. Melalui networking Anda bisa mendapatkan berbagai peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Sebenarnya memperluas networking tak hanya bagi Anda yang lulusan fresh graduate, sering juga dijadikan kunci bagi yang ingin memulai bisnis. 

e. Persiapkan Diri Untuk Interview

Proses interview bagi beberapa orang memang terasa menegangkan namun hal ini juga yang dinanti-nantikan bagi mereka yang sudah melamar ke berbagai perusahaan. Walaupun anda merasa gugup namun anda perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa menjawab pertanyaan dengan optimal. Kamu bisa mencari tahu tentang perusahaan tersebut lalu ketahui pekerjaan yang anda lamar dan buatlah merekrut yakin akan kemampuan anda. Latih bicara Anda agar tidak terlalu gugup saat interview. Jangan lupa untuk selalu datang lebih awal sehingga perekrut akan menilai Anda sebagai pelamar yang memiliki dedikasi dan niat yang tinggi. 

15 Keahlian Fresh Graduate Yang Harus Dimiliki

Sebagai fresh graduate, anda harus memiliki beberapa skill agar perusahaan semakin tertarik kepada anda. Walaupun mungkin di kuliah sudah belajar, tapi keahlian-keahlian tersebut perlu diasah. Dengan memilikinya, kehidupan kerja anda akan lebih mudah dijalani.

1. Komunikasi

Sebagian dari anda mungkin sudah mengasah kemampuan ini dengan mengikuti berbagai organisasi. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tentu akan membantu anda menyelesaikan pekerjaan. Banyak perusahaan mencari kandidat yang pandai berkomunikasi, baik verbal atau nonverbal.

2. Problem Solving

Semua pekerja diharapkan mampu menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah yang baru. Karena itulah kemampuan problem solving ini harus dimiliki. Dengan memilikinya, ketika menghadapi masalah, anda akan mampu menyelesaikannya dari berbagai sudut.

3. Public Speaking

Berbicara di depan umum yang ditonton banyak orang tentu tidak mudah. Jika anda belum terbiasa atau tidak nyaman melakukannya, sebaiknya asahlah kemampuan itu. Karena skill public speaking sangat penting dimiliki. Di dunia kerja, anda pasti akan berbicara di depan banyak orang, seperti rapat dengan tim. Tidak hanya itu, anda juga berpeluang mempresentasikan materi ke klien atau perusahaan lain. 

4. Team Work

Kerja sama tim atau team work juga sangat penting dimiliki demi bisa membangun hubungan kerja positif untuk mencapai tujuan bisnis. Biasanya perusahaan juga mencari kandidat yang mampu bekerja tim maupun mandiri. Tanpa adanya kemampuan team work, anda akan kesulitan mengikuti arus dunia kerja nantinya.

5. Leadership

Ketika baru pertama direkrut, mungkin anda tidak langsung menjabat manajer. Tapi penting untuk menunjukkan kalau anda punya potensi dalam memotivasi rekan kerja tim agar tetap bersemangat. Skill leadership juga akan berguna ketika anda memutuskan tenggat waktu pekerjaan.

6. Manajemen Waktu

Manajemen waktu sangat penting dimiliki oleh semua orang, tak terkecuali fresh graduate. Dalam bekerja, anda akan dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline. Dan biasanya pekerjaan yang harus dikerjakan tidak hanya satu, maka anda harus pintar dalam melakukan manajemen waktu.

7. Analisis

Kemampuan dalam analisis membantu anda bekerja dengan berbagai jenis informasi. Selain itu anda juga bisa menganalisis tren menarik yang sedang populer saat ini. Dengan kemampuan analisis yang baik, maka anda turut andil membantu perkembangan perusahaan, walaupun secara tidak langsung.

8. Menulis

Memiliki keahlian menulis juga bisa menjadi nilai lebih dan nantinya bisa membantu untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkan. Dimulai dari cover letter, tunjukkanlah anda punya kemampuan menulis, berbahasa yang baik dan layak dipertimbangkan.

9. Berpikir Kritis

Memiliki skill critical thinking atau berpikir kritis sangatlah penting. Karena bisa saja nanti kedepannya anda dihadapkan pada suatu kondisi harus membuat keputusan logis di depan atasan atau rekan kerja. Jadi asahlah kemampuan anda untuk berpikir kritis.

10. Keahlian Dasar Software Komputer

Apalagi di perusahaan besar, hampir semuanya menggunakan komputer sudah tidak manual lagi. Jadi pastikan anda memiliki keahlian dasar software komputer seperti mengoperasikan Microsoft (Word, Powerpoint, Excel). Karena nanti dalam bekerja sehari-hari akan memakai software ini.

11. Interpersonal

Kemampuan interpersonal juga sebaiknya anda miliki. Menghargai dan menghormati orang di sekitar anda, baik atasan, rekan kerja, resepsionis, ob dan lainnya.

12. Bekerja Independen

Salah satu bagian dari pekerjaan anda nanti adalah bekerja dengan supervisi minimal. Artinya anda harus bisa beradaptasi dan bekerja independen. Meskipun sebagai fresh graduate biasanya akan didampingi tapi supervisor tidak akan selalu ada di tempat. Jadi harus siap untuk bekerja independen.

13. Inovatif & Kreatif

Ketika melakukan interview kerja, tampilkanlah kalau anda adalah seorang yang inovatif dan kreatif. Karena masih fresh graduate, recruiter akan tertarik jika anda bisa out of the box dan mampu memberikan ide-ide menarik yang segar untuk kemajuan perusahaan.

14. Integritas

Anda harus memastikan kalau company culture sejalan dengan nilai yang anda percayai. Kesempatan untuk diterima lebih besar bila anda punya kecocokan visi misi dan kultur perusahaan tersebut.

15. Kolaborasi

Ketika memasuki dunia kerja, berarti anda siap untuk berkolaborasi dan bekerja sama dengan rekan kerja atau anggota tim lain yang memiliki latar belakang berbeda-beda. Dengan memiliki kemampuan kolaborasi, maka akan membantu anda membawa harmoni baik di tempat kerja.

10 Kelebihan Fresh Graduate Didunia Kerja

Walaupun para fresh graduate seringkali dinilai sebelah mata karena kurangnya pengalaman yang dimiliki. Tapi ternyata banyak lho kelebihan yang dimiliki oleh fresh graduate dan ini sering kali menjadi nilai tambah dan incaran perusahaan-perusahaan untuk merekrut pegawai.

1. Ambisius

Ambisius kerap kali dianggap negatif, padahal kenyataannya tidak begitu. Memiliki sifat ambisius justru bisa membantu anda untuk maju karena memiliki motivasi yang kuat. Anda akan berusaha sekeras mungkin untuk mencapai goal yang sudah ditetapkan.

2. Semangat Belajar Tinggi

Karena baru lulus dan mendapatkan pekerjaan pertama, pasti masih memiliki semangat belajar yang tinggi. Akan ada pertanyaan dan haus pengetahuan atau materi pekerjaan yang mungkin masih baru untuk anda. Hal ini tentu akan dilihat baik oleh perusahaan. Karena pegawai lama terkadang merasa ilmunya sudah cukup dan tidak haus ilmu lagi seperti para fresh graduate.

3. Pendengar Yang Baik

Perusahaan akan senang memiliki karyawan yang bisa memposisikan diri sebagai pendengar yang baik. Karena pekerjaan yang dilakukan bukan hanya untuk karyawan itu saja. Ada berbagai masukan dan saran yang harus diperhatikan, agar pekerjaan sesuai dengan visi misi perusahaan dan umumnya fresh graduate selalu ingin mendengarkan masukan-masukan.

4. Up To Date

Banyak orang yang menganggap kalau semakin muda maka makin up date terhadap perkembangan dibanding generasi sebelumnya. Hal ini juga berlaku di dunia kerja. Banyak perusahaan yang menganggap kalau fresh graduate lebih tech savvy dan up to date mengenai trend dan perkembangan zaman. Kelebihan ini akan memberikan dampak positif untuk perusahaan sehingga memunculkan ide menarik.

5. Inovatif

Keunggulan lain dari fresh graduate adalah pemikirannya inovatif yang didapatkan ketika masa kuliah. Hal tersebut disukai perusahaan karena memerlukan pemikiran baru yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

6. Terbuka Terhadap Feedback

Fresh graduate biasanya masih “haus” akan ilmu baru. Jadi seringkali lebih terbuka terhadap feedback. Selain itu untuk memberikan kesan positif, biasanya menampilkan selalu ingin tau apakah kinerjanya sudah memenuhi harapan atau belum. Sehingga para fresh graduate cenderung lebih terbuka dan mau menerima masukan dari atasan atau senior.

7. Punya Perspektif Baru

Nilai lebih para fresh graduate adalah mereka memiliki perspektif baru terhadap permasalahan atau tren. Tidak sedikit perusahaan yang “cari aman” ketika sudah lama beroperasi di industri. Sehingga perusahaan menutup diri dari hal baru dan segala resikonya. Ternyata hal itu malah membuat perusahaan ketinggalan tren. Nah, para fresh graduate inilah yang dianggap mampu membawa “ide segar” melalui perspektifnya.

8. Antusias

Jika anda merasa antusias dan senang saat memperoleh pekerjaan pertama, maka ada baiknya anda mempertahankan perasaan tersebut. Memiliki antusiasme tinggi untuk memberikan yang terbaik akan mendorong terciptanya kompetisi sehat di perusahaan. Sehingga produktivitas akan meningkat.

9. Pekerja Keras

Keunggulan lain yang dilihat dari seorang fresh graduate adalah bekerja keras. Memperoleh pekerjaan baru akan membuat orang termotivasi untuk menunjukkan skillnya di perusahaan tersebut. Dan biasanya seorang fresh graduate cenderung akan lebih bekerja keras dibandingkan pekerja yang sudah lama. Hal inilah yang menjadi nilai tambah dan dicari oleh perusahaan.

10. Mudah “Dibentuk”

Di mata perusahaan, kelebihan dari fresh graduate adalah mudah “dibentuk” sesuai kebutuhan perusahaan. Karena pengalaman minim, anda sebagai fresh graduate akan menyerap informasi dengan cepat. Jadi itu bisa menjadi nilai tambah bagi anda. 

Banyak anak muda yang setelah lulus ingin mencoba bisnis UMKM namun kesulitan karena tidak ada networking yang luas. Selain itu, anak muda yang ingin memulai bisnis juga membutuhkan modal usaha yang cukup. Salah satu fintech lending berizin OJK yang bisa Anda percayakan untuk kembangkan bisnis lewat modal usaha adalah DanamasPinjaman UMKM online terpercaya ini bisa memberikan modal usaha berjaminan dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar dengan kemudahan aksesnya lewat Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis di smartphone. Masa tenor yang diberikan bervariasi mulai dari 1 sampai 10 tahun. Anda juga bisa simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman di website Danamas. Untuk info lebih lengkapnya, klik DISINI!