usaha-toko-bangunan

Usaha toko bangunan tentunya tidak akan pernah berhenti dan selalu dibutuhkan dari waktu ke waktu. Pasalnya jika membangun rumah dengan tidak penuh perhitungan dan bahan bangunan yang baik, ini justru akan membahayakan bangunan yang menyebabkan kerugian besar. Nah, dengan aspek kualitas juga banyaknya inspirasi tentang rumah yang dipasarkan oleh influencer. Maka, ini justru menjadi kesempatan yang baik bagi Anda yang ingin membuka usaha toko bangunan. 

Modal usaha tentu sangat fundamental untuk membangun kelangsungan bisnis kedepannya. Ini harus menjadi komponen utama yang dipikirkan agar bisnis tetap stabil meski alami fase krisis. Untuk bisa menjalankan bisnis dengan lancar dan laris, maka tentu Anda perlu mengikuti beberapa langkah atau strategi memulai usaha toko bangunan. 

Usaha ini tidak bisa dijalankan secara sembarangan, pasalnya produk yang Anda jual memiliki target market yang cukup spesifik dan karakteristik barang yang berbeda dari barang kebutuhan pokok. Sehingga, membutuhkan skill yang membantu Anda menyusun kepentingan khususnya finansial secara skala prioritas

Tidak hanya memikirkan bagaimana cara untuk membangun usaha toko bangunan lebih laris, Anda juga perlu mengetahui rincian atau kisaran modal usaha yang dibutuhkan untuk bisa membangun usaha toko bangunan. Usaha toko bangunan ini bisa berjalan dengan lancar dengan adanya perhitungan modal awal yang tepat. Selain itu, Anda juga membuat strategi promosi yang tepat target marketnya. Memulai usaha toko bangunan bisa jadi merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan jika Anda tertarik untuk membuka usaha toko bangunan. 

Tips Membuka Usaha Toko Bangunan 

Usaha toko bangunan adalah peluang yang bagus untuk Anda yang menyukai bisnis material dan pembangunan rumah. Toko bangunan kini dicari banyak konsumen apalagi jika toko Anda sangat lengkap, maka bukan tidak mungkin konsumen akan selalu kembali ke toko material Anda. Dengan tips membuka usaha toko bangunan ini, maka Anda bisa mulai menerapkan strategi dari sekarang.

1. Mencari Lokasi yang Strategis

Pencarian lokasi untuk toko bangunan Anda, usahakan untuk mencari lokasi yang sesuai dengan target pasar yang ingin Anda tuju. Misalnya ingin fokus ke semen dan bahan pembangunan rumah, maka cock mencari lokasi yang masih dalam tahap pengembangan, atau misalkan Anda ingin fokus ke penjualan cat rumah, membuka toko di dekat perumahan, juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu pastikan agar akses menuju toko juga mudah untuk dilalui.

2. Mencari Supplier

Pilihlah pemasok yang dapat bekerjasama dan yang mampu bernegosiasi dengan baik. Supplier juga perlu untuk dicari dengan reputasi yang baik dan dapat dipercaya agar Anda tidak merugi. 

3. Sediakan Bahan yang Lengkap

Supaya menarik pelanggan, ada baiknya Anda menyediakan bahan bangunan yang lengkap, misalnya mulai dari, semen, batu,pasir,cat,keramik, dan lain sebagainya. Jika toko Anda lengkap, maka konsumen akan selalu mengingat toko Anda ketika mereka hendak membeli bahan bangunan.

4. Jujur Terhadap Kualitas Barang

Setiap bahan bangunan tentunya memiliki kualitas yang berbeda-beda. Untuk itulah Anda harus selalu jujur kepada pelanggan mengenai kualitas dari masing-masing barang yang Anda jual. Apabila kualitasnya memang tidak baik, maka katakanlah kepada pelanggan, selanjutnya biarkan pelanggan untuk memutuskan dan membeli kualitas barang yang ingin mereka beli. 

5. Berikan Harga yang Bersaing

Setiap toko bangunan tentunya memiliki perbedaan dari segi harga, Anda harus memberikan harga yang bersaing kepada pelanggan. Usahakan untuk melakukan riset terhadap pasar dan toko kompetitor. 

6. Buat Website untuk Toko Anda

Teknologi terus berkembang, untuk itu Anda juga harus memanfaatkan teknologi untuk menunjang usaha toko Anda. mulailah dengan membuat website yang menampilkan katalog bahan bangunan yang Anda jual. Buatlah website yang user friendly dengan pilihan kategori yang lengkap.

7. Lakukan Promosi di Media Sosial

Lakukanlah promosi di media sosial agar semakin banyak orang yang mengetahui keberadaan toko bangunan Anda. Buatlah konten yang menarik misalnya, konten promo potongan harga, kuis giveaway, dan lain sebagainya.

8. Perhatikan Customer Experience

Saat melakukan penjualan entah itu online maupun offline, memperhatikan customer experience merupakan hal yang penting agar toko bangunan Anda tetap berkembang dan mendapatkan keuntungan. Misalnya dengan memperhatikan kebutuhan serta jujur kepada konsumen terkait pelayanan dan kekurangan dari toko yang Anda miliki.

Rincian Modal Usaha

Selain strategi, Anda juga membutuhkan rincian atau kisaran modal usaha untuk bisa membuka usaha toko bangunan. Rincian modal usaha ini digambarkan secara umum, tentu harga tepatnya dipengaruhi oleh lokasi dimana Anda membuka toko bangunan. Berikut ini adalah perkiraan modal yang perlu Anda persiapkan untuk membuka toko usaha bahan bangunan. 

Perlengkapan yang dibutuhkanKisaran Harga
Mobil pickup barangRp 100 juta
Bahan Bangunan yang dijualRp 200 juta
EtalaseRp 2 juta
LemariRp 2 juta
TotalRp 304 juta
Biaya OperasionalKisaran Harga
Gaji KaryawanRp 7,5 juta
ListrikRp 500 ribu
Sewa TempatRp 1.670.000
TotalRp 9.670.000

Jumlah keuntungan yang diperoleh apabila omset Anda berkisar 20% dengan perputaran uang Rp 200.000.000 maka estimasi keuntungannya adalah

  • Keuntungan kotor perbulan Rp 200 juta x 20% = Rp 40.000.000
  • Keuntungan bersih perbulan Rp 40.000.000 – Rp 9.670.000 = Rp 30.330.00

Kembangkan Usaha Toko Bangunan Anda!

Bila Anda ingin membuka modal usaha, tentunya membutuhkan modal untuk pengembangan bisnis. Modal antara toko Anda dengan toko yang lain bisa saja bervariatif. Jadi, sebaiknya Anda menentukan alokasi modal untuk pengembangan usaha Anda. Jika membutuhkan modal untuk pengembangan usaha yang aman dan percaya baiknya Anda dapat mengajukan pinjaman lewat platform pinjaman online terpercaya. Danamas adalah platform pinjaman online yang telah disetujui OJK dengan bunga rendah dibawah 15% beragunan properti. Dapatkan modal pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 milyar. Download aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis untuk solusi bisnis Anda. Simulasikan besaran pinjaman yang dapat cair dengan menggunakan Kalkulator Simulasi Kredit Pinjaman Online.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Usaha-Warung-Sembako

10+ Strategi Usaha Warung Sembako, Rincian Biaya & Modal Usaha

Usaha warung sembako kini menjadi incaran banyak orang yang ingin memulai sebuah bisnis UMKM. Anda pasti cukup sering melihat banyak warung sembako di sekitar Anda. Namun, apakah usaha warung sembako tersebut adalah peluang yang cukup bagus di tahun ini? Usaha kecil dan menengah seperti warung sembako ini ternyata bisa bersaing dengan toko retail besar lainnya.

Peluang usaha warung sembako ini bisa jadi pilihan jitu untuk Anda yang baru mau terjun ke dunia bisnis. Bukan tanpa alasan, karena modal usaha warung sembako cenderung lebih rendah dibandingkan usaha lainnya. Selain itu, perputaran barangnya pun lebih cepat dengan barang-barang yang bisa disimpan dalam kurun waktu yang cukup lama. 

Strategi usaha warung sembako ini perlu Anda pelajari agar konsumen atau pelanggan terus berdatangan. Hal ini karena, warung sembako juga bersaing dengan toko retail minimarket. Jangan khawatir, karena artikel ini Anda akan dipandu cara memulai usaha warung sembako yang tepat agar bisa didatangi banyak pelanggan. Simak ulasan artikelnya dibawah ini yuk!

Usaha Warung Sembako

Warung sembako adalah warung atau tempat usaha yang menjual bahan kebutuhan pokok yang diperlukan oleh masyarakat dalam menjalankan kesehariannya, seperti beras, minyak goreng, gula, air mineral, peralatan mandi hingga peralatan cuci. Usaha warung sembako merupakan usaha yang populer dan memiliki peluang yang bagus karena setiap orang tentunya membutuhkan bahan sembako tersebut.

Warung sembako ini memiliki dua jenis tipe yaitu warung kelontong yang biasanya ukurannya lebih kecil dan hanya menggunakan modal sedikit, dan warung agen yang menyediakan barang dalam jumlah lebih banyak serta ukuran bangunannya juga biasanya lebih besar. Biasanya pemilik warung kelontong akan berbelanja di warung agen dan menjual kembali barang tersebut di warung kelontong.

Strategi & Cara Memulai Usaha Warung Sembako

Dalam memulai usaha warung sembako, maka perlu beberapa strategi atau cara tepat yang harus dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan bisnis lebih lancar dan mudah. Apabila anda tertarik untuk membuka warung sembako, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda perhatikan sebelum membuka warung sembako.

1.     Tentukan Modal

Modal merupakan hal yang sangat penting saat anda ingin memulai sebuah bisnis atau usaha, karena dengan ini anda juga bisa menentukan keuntungan dan kerugian dari usaha yang anda lakukan. Begitu juga dengan usaha warung sembako, anda harus mengeluarkan modal untuk mendekorasi warung, menyewa ruko dan membeli produk sembako untuk dijual kembali di warung anda. Penentuan modal ini akan membuat anda belajar bagaimana cara mengelola keuangan bisnis kecil ini.

2.     Tentukan Lokasi

Penentuan lokasi juga merupakan hal yang harus diperhatikan dalam membuka warung sembako. Pastikan lokasi bisnis anda strategis, karena hal ini juga akan menentukan penghasilan yang anda dapatkan dari warung anda.

3.     Survei Harga Di Warung Lain

Lakukan survei harga di warung lain, karena anda harus mengetahui harga pasaran dari produk yang dijual. Pastikan ana tidak menjual barang dengan harga jauh lebih mahal dibandingkan warung sembako lainnya.Tetapi jangan juga menjual produk dengan harga di bawah pasar, hal ini tidak baik untuk kedepannya. Pastikan anda menjual produk dengan harga yang sudah disesuaikan dengan kemampuan ekonomi masyarakat di sekitar lokasi warung anda.

4.     Sediakan Kebutuhan Sembako Yang Lengkap

Pastikan juga warung sembako anda menyediakan kebutuhan yang komplit, dengan ini pembeli akan lebih menyukai datang ke warung anda karena mereka bisa menemukan semua kebutuhan pokok yang mereka cari tanpa harus mengunjungi banyak warung.

5.     Variasikan Produk Dagangan

Kebutuhan pelanggan atau pembeli senantiasa terus berganti, variasikan barang dagangan anda dengan berbagai macam kebutuhan masyarakat. Anda juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pasar yang sedang naik dan disukai sehingga warung yang anda jalankan bisa laris manis.

6.     Lengkapi Dengan Kebutuhan Penunjang

Jangan lupa untuk melengkapi warung sembako yang anda kelola dengan alat penunjang lain seperti timbangan, kantong belanja, mesin penghitung dan peralatan lain yang dapat menunjang usaha anda dalam melayani pelanggan.

7.     Cari Pemasok Dengan Harga Yang Terjangkau

Ini juga merupakan salah satu unsur penting untuk memulai usaha warung sembako. Anda bisa mencari supplier yang menawarkan harga tidak terlalu tinggi sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan lebih.

8.     Perhatikan Kualitas Barang

Walaupun anda menyediakan barang atau kebutuhan dengan harga yang murah, anda juga harus tetap memperhatikan kualitas dari barang yag anda jual. Apabila anda hanya mengandalkan harga murah tetapi kualitas barang tidak baik, nantinya hal ini akan membuat pelanggan beralih ke warung lain. Jadi, pastikan anda menjual produk yang berkualitas.

9.     Berikan Pelayanan Yang Terbaik

Dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, hal ini bisa membuat mereka nyaman saat berbelanja di warung anda.

10.  Pastikan Stok Barang Tersedia Dan Buat Pembukuan

Pastikan kelancaran dari jumlah ketersediaan barang yang anda jual, sehingga pelanggan dapat terus membeli barang di warung anda tanpa perlu khawatir kehabisan atas produk yang mereka cari. Selain itu anda juga harus mulai untuk membuat pembukuan atas usaha anda sehingga catatan keuangan bisa dicatat secara detail. Pembukuan ini nantinya juga akan membantu anda untuk mengambil keputusan terkait warung sembako yang sedang anda jalankan.

Surat Izin Usaha Warung Sembako (SIUP)

Usaha warung sembako atau juga yang disebut dengan ritel tradisional diartikan sebagai perusahaan atau usaha kecil dan menengah yang menjual barang dagangan secara eceran. Bentuk atau jenis dari usaha warung sembako ini adalah dengan menjual barang kebutuhan sehari-hari yang berada pada wilayah perumahan, pedagang kaki lima, pedagang yang berjualan di pasar tradisional. Izin usaha warung sembako atau toko kelontong ini dibutuhkan saat Anda ingin mendirikan usaha warung sembako.

A. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

SIUP adalah singkatan dari Surat Izin Usaha Perdagangan yang merupakan perizinan operasional sebuah usaha barang atau jasa. SIUP bisa menjadi salah satu legalitas yang harus dipahami saat Anda memulai bisnis startup. SIUP untuk perdagangan mencakup kegiatan jual beli sedangkan SIUP jasa meliputi aktivitas sewa-menyewa dengan kekayaan bersih diatas Rp 50 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha).

Namun, jika pendapatan bersih dibawah Rp 50 juta, maka bisa mengajukan SIUP jika Anda menghendaki, contohnya untuk memenuhi persyaratan pinjaman ke lembaga keuangan atau ikut tender pengadaan barang dan jasa.

Seusia dengan Pasal 4 ayat 1 huruf C Permendag 46/2009, bahwa setiap perusahaan yang melakukan usaha perdagangan wajib memiliki surat izin usaha. Berikut kriteria wajib memiliki SIUP:

  • Usaha yang dijalankan adalah perseorangan atau persekutuan
  • Kegiatan usaha diurus, dijalankan atau dikelola oleh pemiliknya ataupun anggota keluarga dekat.
  • Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 50 juta dan tidak termasuk tanah dan bangunan. Namun, perusahaan perdagangan mikro harus tetap mendapatkan SIUP jika dikehendaki oleh perusahaan.
  • Sebaiknya, permohonan surat izin usaha ini diajukan kepada Pejabat Penerbit SIUP dengan melampirkan surat permohonan yang ditandatangani oleh Pemilik atau Pengurus Perusahaan dengan materai dan dokumen yang disyaratkan dalam Lampiran II Permendag 36/2007.

Adapun syarat Permohonan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

1. Syarat SIUP untuk Perorangan

  • Fotokopi KTP pemegang saham perusahaan / pemilik usaha
  • Fotokopi NPWP
  • Surat domisili asli / SITU
  • Neraca Perusahaan
  • Materai Rp 10.000
  • Foto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 cm (2 lembar)
  • Surat izin lain yang terkait usaha yang dijalankan

2. Syarat SIUP untuk Perseroan Terbatas (PT)

  • Fotokopi KTP Direktur Utama/Penanggung Jawab Perusahaan/pemegang saham
  • Fotokopi KK jika penanggung jawabnya seorang perempuan
  • Fotokopi NPWP
  • Surat Keterangan Domisili / SITU
  • Fotokopi Akta Pendirian PT dan fotokopi Surat Keputusan Pengesahan Badan Hukum
  • Surat Izin Gangguan (HO) dan Surat Izin Prinsip
  • Neraca perusahaan
  • Pas foto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 (2 lembar).
  • Materai Rp10.000
  • Surat izin teknis dari instansi terkait jika diminta

3. Syarat SIUP untuk Koperasi

  • Fotokopi KTP Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas Koperasi
  • Fotokopi NPWP dan Fotokopi Akta Pendirian Koperasi
  • Daftar susunan Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas
  • Fotokopi SITU dari Pemerintah Daerah (Pemda)
  • Neraca koperasi
  • Materai senilai Rp10.000
  • Pas foto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 (2 lembar)
  • Izin lain yang terkait lainnya

4. Syarat SIUP Untuk Perseroan Terbuka (Tbk.)

  • Fotokopi KTP Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan
  • Fotokopi SIUP sebelum menjadi perseroan terbuka
  • Fotokopi Akta Notaris Pendirian dan Perubahan perusahaan dan surat persetujuan status perseroan tertutup menjadi perseroan terbuka dari Departemen Hukum dan HAM
  • Surat keterangan dari Badan Pengawas Pasar Modal bahwa perusahaan yang bersangkutan telah melakukan penawaran umum secara luas dan terbuka
  • Fotokopi Surat Tanda Penerimaan Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan (STP-LKTP) tahun buku terakhir
  • Foto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 cm (2 lembar)

B. Langkah untuk Permohonan SIUP

Untuk membuat SIUP, maka Anda membutuhkan beberapa langkah permohonan. Anda perlu memiliki formulir pendaftaran yang bisa didapat dari kantor dinas perdagangan. Lebih lengkap cara permohonan SIUP, berikut langkah-langkahnya.

  1. Ambil Formulir Pendaftaran: Anda perlu mengambil formulir pendaftaran di Kantor Dinas Perdagangan atau Kantor Pelayanan Perizinan setempat.
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran: Isi formulir pendaftaran tersebut dan bubuhkan tanda tangan diatas materai Rp 6.000. Lalu, fotokopi 2 rangkap dan gabungkan bersama dengan syarat administrasi pembuatan SIUP
  3. Melakukan Pendaftaran: Setelah itu, lakukan transaksi pembayaran SIUP di setiap daerah biaya tentu akan berbeda.
  4. Pengambilan SIUP: SIUP akan selesai dalam kurun waktu kurang lebih dua minggu setelah permohonan yang nantinya petugas dari kantor dinas akan menghubungi Anda.

14 Barang Wajib Untuk Buka Bisnis Warung Sembako

Ketika membuka usaha warung sembako, pastikan juga anda menyediakan berbagai macam barang yang dibutuhkan masyarakat, supaya warung sembako anda laris manis diserbu pembeli. Berikut rekomendasi barang yang harus ada di warung sembako:

1.     Beras

Beras adalah salah satu makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Oleh karena itu wajib hukumnya bagi anda untuk menjual beras di warung sembako yang sedang anda kelola.

2.     Minyak Goreng

Masyarakat Indonesia juga menyukai berbagai olahan goreng-gorengan, sehingga minyak goreng juga wajib ada dalam daftar barang yang ada di warung sembako anda.

3.     Telur

Telur juga menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Pastikan kamu menyediakan tempat penyimpanan khusus yang rapi untuk telur, mengingat telur merupakan salah satu bahan makanan yang mudah pecah.

4.     Tepung Terigu

Bahan masakan yang satu ini juga banyak dibutuhkan oleh banyak orang baik untuk kebutuhan rumah tangga ataupun usaha.

5.     Mi Instan

Mi Instan juga wajib anda sediakan karena makanan ini terkadang menjadi alternatif makanan orang Indonesia setelah nasi. Pastikan anda menyediakan mie instan ini dari berbagai merek dan rasa.

6.     Cemilan Makanan Ringan

Beberapa camilan makanan ringan yang bisa anda sediakan di warung sembako adalah wafer, biscuit, permen, ciki, cokelat dan sebagainya.

7.     Air Mineral

Setiap individu membutuhkan air minum, sehingga air mineral wajib ada di dalam daftar barang yang dijual. Anda bisa menyediakan air mineral dalam berbagai kemasan mulai dari kemasan gelas hingga gallon.

8.     Minuman Kemasan

Supaya lebih lengkap, anda juga bisa menyediakan beragam minuman kemasan seperti minuman berenergi, susu UHT, teh, kopi dan lain-lain.

9.     Bumbu Masak Instan

Produk satu ini sering dicari oleh ibu-ibu karena memudahkan mereka dalam membuat makanan. Anda bisa menyediakan bumbu masak instan untuk ikan goreng, ayam goreng, tempe goreng, sayur sop hingga penyedap rasa. Anda juga bisa menyediakan berbagai bumbu utama seperti gula, garam dan merica.

10.  Makanan Kalengan

Jangan lupa juga untuk menyediakan makanan kalengan seperti sarden dan kornet, anda bisa menyediakannya dalam berbagai macam ukuran menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

11.  Perlengkapan Mandi

Selain keperluan masak, warung sembako yang anda kelola juga harus dilengkapi dengan produk kebersihan tubuh atau perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, pasta gigi, sikat gigi dari berbagai macam merek dengan berbagai ukuran.

12.  Pembalut

Produk lain yang harus ada di warung sembako adalah pembalut, mengingat setiap bulannya pasti ada Wanita yang mengalami menstruasi. Anda bisa menyediakan berbagai jenis pembalut dengan berbagai macam merek dan ukuran.

13.  Popok Bayi

Selain pembalut, popok bayi sekali pakai juga salah satu produk yang bisa anda jual. Terdapat dua tipe popok bayi, yaitu celana dan perekat. Anda bisa menyediakan keduanya karena pemakaiannya menyesuaikan dengan usia anak.

14.  Rokok

Rokok menjadi salah satu barang yang sering dikonsumsi oleh banyak orang. Anda bisa menjual rokok dalam bentuk per bungkus satu kemasan atau secara eceran/batangan.

Rincian Biaya Usaha Warung Sembako

Berapa kira-kira biaya yang diperlukan untuk membuka warung sembako rumahan? Berikut ini contoh rincian modal warung sembako yang bisa anda jadikan inspirasi.

Apabila anda membuka warung sembako di rumah dan sudah memiliki ruangan tersendiri untuk warung tersebut, berarti anda hanya perlu menyiapkan peralatan seperti etalase, timbangan, kalkulator, rak, dan lain-lain. Untuk biaya membeli peralatan tersebut setidaknya anda membutuhkan modal kurang lebih Rp3.000.000, hal ini bisa berubah tergantung dari berapa banyak peralatan yang harus anda beli.

Selain itu, jangan lupa untuk menghitung biaya operasional bulanan seperti biaya air, listrik dan tambahan dagangan yang habis. Anda bisa mengalokasikan modal kurang lebih Rp2.000.000 untuk keperluan tersebut.

Selain itu, untuk membeli barang yang akan dijual, anda bisa mengalokasikan modal Rp5.000.000 dan anda sudah bisa mendapatkan bahan-bahan sembako yang cukup lengkap seperti beras, telur, minyak goreng, gula dan lain-lain.

Itulah contoh rincian modal untuk membuka warung sembako yang bisa anda jadikan inspirasi. Dengan modal kurang lebih Rp10.000.000 anda sudah bisa memulai bisnis dengan membuka warung sembako. Tentunya, harga-harga diatas bisa berubah menyesuaikan dengan jumlah barang yang ingin anda jual.

Jalankan Strategi Bisnis dengan Modal Usaha UMKM ini!

Apabila anda membutuhkan modal atau tambahan dana untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalani, anda bisa mendapatkan tambahan dana dari pihak lain karena saat ini banyak sekali platform yang bisa memberikan anda pinjaman dana. Salah satunya adalah Danamas, platform pinjaman multiguna yang sudah diawasi dan mendapatkan izin dari OJK. 

Melalui Danamas, anda bisa mendapatkan tambahan modal hingga 2 miliar rupiah dengan jaminan properti. Pengajuan bisa anda ajukan dengan mudah dan praktis serta bisa diakses kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis. Kemudahan juga bisa dirasakan dengan adanya kalkulator simulasi kredit yang bisa Anda coba untuk simulasikan cicilan Anda. Selain itu, coba juga kalkulator pinjaman untuk hitung dan cek nilai properti yang Anda jadikan agunan di Danamas. Langsung download aplikasinya sekarang juga untuk pinjaman online umkm terpercaya!

dana-pendidikan

4 Cara Dapat Bantuan Dana Pendidikan, Sekolah Gratis!

Setiap orangtua pasti menginginkan hal yang terbaik untuk anaknya, termasuk dalam hal pendidikan. Bahkan ada yang sudah merencanakan pendidikan yang bagus untuk buah hatinya sejak TK sampai perguruan tinggi. Hal tersebut direncanakan secara matang karena memang dana pendidikan terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Sehingga penting sekali menyiapkan uang untuk pendidikan sejak dini.

Mengatur keuangan memang tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi sekolah dengan fasilitas bagus, biasanya diimbangi dengan biaya spp yang tinggi. Mempersiapkan dana pendidikan perlu strategi yang tepat. Setiap kebutuhan harus dibuat rinci dan direncanakan sejak awal, agar bisa mempersiapkan anggaran dengan matang dan memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak.

Karena memang pendidikan adalah salah satu hal sangat penting. Dengan pendidikan yang baik, diharapkan buah hati bisa meraih cita-cita dan memperbaiki masa depan. Artikel ini akan membahas bagaimana cara tepat untuk mengumpulkan biaya pendidikan yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan dana pendidikan. 

Apa Itu Dana Pendidikan 

Dana pendidikan adalah sejumlah biaya atau dana yang akan disiapkan untuk keperluan biaya pendidikan, baik untuk diri sendiri maupun anak. Penting untuk memikirkan hal tersebut sejak awal karena adanya nilai pertumbuhan inflasi. Begitu juga dengan biaya pendidikan, akan terus naik tiap tahunnya, sehingga sangat penting untuk mempersiapkan biaya sekolah sedari dini. 

Walaupun pendidikan bukanlah satu-satunya faktor penentu kesuksesan tapi melalui jenjang pendidikan tinggi, maka seseorang bisa melewati gerbang awal menuju masa depan yang lebih cerah. Karena alasan itulah tak sedikit orang tua yang rela berjuang dan menabung agar mampu menyediakan kebutuhan pendidikan terbaik bahkan sampai ke perguruan tinggi.

Karena sekarang ini biaya pendidikan terbilang mahal. Bahkan harus menyiapkan sampai ratusan juta rupiah atau bahkan lebih. Oleh karena itu, sebaiknya mulailah mencicil dana pendidikan sedini mungkin. Dengan demikian persiapan untuk pendidikan anak lebih terjamin.

4 Cara Mencari Bantuan Dana Pendidikan Dari Pemerintah 

Salah satu bentuk perhatian Pemerintah pada masyarakat adalah memberikan biaya pendidikan. Hal ini tentu saja menjadi berita baik, terutama untuk orang tua yang memiliki kendala ekonomi untuk menyekolahkan anaknya. Berikut adalah rincian bantuannya:

1. Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Bantuan KIP pasti sudah tidak asing ditelinga. Program ini memberikan bantuan tunai pendidikan ke anak usia sekolah mulai dari 6-12 tahun. Para peserta didik yang berhak menerima adalah mereka dari keluarga miskin, rentan miskin: pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), penyandang disabilitas, yatim piatu dan korban bencana alam/musibah. 

Agar bisa memperoleh bantuan biaya pendidikan, peserta didik dapat menyiapkan Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau SKTM bila tidak memiliki KKS, surat pemberitahuan penerimaan BSM dari Kepala Sekolah/Madrasah dan rapor hasil belajar

2. Bantuan Langsung Tunai (BLT)

Dana BLT adalah bagian dari Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan tersebut diberikan ke anak-anak jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA). Syarat dan kriteria untuk mendapatkan bantuan pendidikan ini adalah:

  • Mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  • Terdaftar di Lembaga pendidikan formal atau nonformal sesuai daerah masing-masing
  • Pemilik KIP harus sudah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Lembaga Pendidikan
  • Untuk keluarga yang belum memiliki KIP, anda bisa mendaftar di lembaga dinas pendidikan terdekat dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
  • Bagi siswa yang tidak memiliki KKS, maka orang tua harus meminta surat keterangan tidak mampu (SKTM) di RT/RW sampai kelurahan untuk didaftarkan ke dinas pendidikan.

3. Program Indonesia Pintar (KIP)

Bantuan ini berupa uang tunai, perluasan akses dan kesempatan belajar dari Pemerintah untuk peserta didik dan mahasiswa dari keluarga miskin atau rentan miskin guna membiayai pendidikan menggunakan KIP. Syarat dan kriteria untuk memperoleh biaya pendidikan ini adalah:

  1. Peserta didik pemegang KIP
  2. Peserta didik dari keluarga miskin/rentan miskin dan atau dengan pertimbangan khusus, seperti:
  • Peserta didik dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan
  • Peserta didik dari keluarga pemegang kartu Keluarga Sejahtera
  • Peserta didik status yatim piatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan
  • Peserta didik yang terkena dampak bencana alam
  • Peserta didik yang tidak sekolah (drop out) yang diharapkan sekolah kembali
  • Peserta didik yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, ada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 saudara yang tinggal serumah
  • Peserta di lembaga kursus atau satuan pendidikan non formal lain.

4. Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

BOS atau bantuan operasional sekolah digunakan untuk membantu sekolah di Indonesia agar bisa memberikan pembelajaran optimal. Jadi biaya pendidikan BOS adalah bantuan tunai yang dipakai untuk keperluan sekolah seperti pemeliharaan sarana prasarana sekolah, kebutuhan penunjang belajar, membeli alat multimedia demi menunjang kegiatan belajar mengajar dan lainnya.

Yang perlu diketahui, dana BOS yang didapat tiap sekolah berbeda-beda, hal itu tergantung dari tingkatan sekolah dan jumlah peserta didik yang terdaftar di NISN Dapodik. Syarat dan kriteria yang harus dimiliki berdasarkan Permendikbud No 8 Tahun 2020, adalah

  • Satuan pendidikan harus sudah terdaftar di Dapodik ketika batas cut off dilakukan
  • Satuan pendidikan harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • Satuan pendidikan bukan termasuk Satuan Pendidikan Kerjasama
  • Jumlah siswa yang terdaftar lebih dari atau sama dengan 60 orang selama 3 tahun berturut-turut.
  • Satuan pendidikan memiliki izin operasional aktif khusus untuk sekolah swasta.

Syarat dan kriteria tersebut tidak berlaku untuk sekolah swasta yang mematok iuran pendidikan mahal, sekolah yang kurang diminati masyarakat sampai sekolah yang sengaja membatas jumlah siswa/i untuk memperoleh dana BOS.

Perhitungan Dana Pendidikan 

Setelah anda tau kalau biaya pendidikan itu mahal, selanjutnya adalah mengetahui penghitungan dan nominal yang harus dipersiapan. Dengan tau kisaran anggaran yang diperlukan, anda sebagai orang tua bisa memperhitungkan uang yang harus disisihkan tiap bulan. Walaupun tergantung dari sekolah yang dipilih, tapi berikut adalah hitungan rata-rata biaya pendidikan dari TK sampai perguruan tinggi jika saat ini anak berumur 1 tahun.

Jenjang PendidikanBiaya Uang Pangkal (Rp)Tahun Pengumpulan Nominal Anggaran Per Bulan (Rp)
TK10 juta3 tahun278.000
SD18 juta5 tahun300.000
SMP28 juta11 tahun212.000
SMA38 juta14 tahun245.000
Perguruan Tinggi60 juta17 tahun295.000
Total Anggaran per Bulan1.330.000

6 Kesalahan Dalam Mempersiapkan Pendidikan 

Ternyata ada kesalahan yang biasa dilakukan oleh orang tua saat mengumpulkan biaya pendidikan anak. Untuk menghindari hal tersebut terjadi atau bahkan menghambat prosesnya. Berikut adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari ketika mengumpulkan uang untuk pendidikan anak:

1. Keliru Hitung Inflasi

Yang pertama adalah tidak cermat memperhatikan inflasi. Biaya pendidikan rutin naik dengan rasio tertentu tiap tahunnya. Hal tersebut penting diperhatikan agar rancangan rencana tidak meleset dari hitungan. 

Walaupun tidak selalu begitu, tapi ada sekolah swasta yang menaikkan uang pangkalnya 20% tiap tahun. Untuk bisa mengetahui kisaran kenaikan, carilah informasi biaya pendidikan di sekolah incaran selama 5 tahun terakhir dan hitung perkiraan kenaikannya beberapa tahun ke depan. 

2. Tak Cermat Tentukan Instrumen Investasi

Investasi bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mengumpulkan uang  pendidikan. Namun, jika anda salah tentukan pilihan instrumen investasi, malah bisa menjadi bumerang dan mengacaukan rencana persiapkan dana untuk anak-anak. Misalnya anda memilih instrumen saham yang berisiko tinggi, ternyata nilai dana yang tersimpan mengalami penurunan. Padahal dananya ingin segera dipakai untuk membayar pendidikan.

3. Tak Diterima Di Sekolah Impian

Hal lain yang bisa mengacaukan rencana biaya pendidikan adalah gagal diterima di sekolah impian. Karena hal ini bisa membuat anak memilih sekolah lain dengan biaya lebih mahal dari yang sudah dianggarkan. Sehingga orang tua harus mengeluarkan uang lebih banyak. Untuk antisipasi hal tersebut, anda bisa menyiapkan biaya dengan perkiraan perhitungan tertinggi di antara sekolah unggulan yang diincar. 

4. Terlambat Siapkan Dana Pendidikan

Ketika anda cepat menyiapkan biaya pendidikan, nominal yang harus disisihkan tiap bulannya jadi lebih terjangkau. Dan hal ini tentu saja membuat beban keuangan lebih ringan dan meningkatkan peluang tujuan finansial bisa tercapai tepat waktu.

5. Sepelekan Diversifikasi Investasi

Jangan sepelekan lakukan diversifikasi di portofolio. Anda bisa memilih lebih dari 1 produk investasi dengan risiko yang juga berbeda dan menyesuaikan jangka waktu agar memperoleh imbal hasil maksimal. Misal biaya masuk TK akan dipakai dalam waktu dekat. Maka pilihlah instrumen investasi risiko rendah dan nilai stabil seperti reksadana atau deposito. Sedangkan untuk biaya masuk kuliah 10 tahun lagi, saham atau reksadana bisa jadi pilihan tepat karena untung yang diperoleh besar.

6. Salah Perkirakan Waktu Pendidikan

Jika sekarang usia anak 1 tahun, maka ada 5 tahap waktu yang harus diperhatikan. Yaitu biaya masuk TK/Playgroup, SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi. Pilihlah instrumen investasi yang tepat dengan menyesuaikan jangka waktu anak masuk ke jenjang pendidikan. Jadi aktivitas investasi bisa berjalan optimal sesuai tujuan finansial.

Manfaat Mengumpulkan Dana Pendidikan

Tiap orang tua memiliki tanggung jawab untuk memberikan kehidupan terbaik bagi anak-anaknya. Hal ini termasuk dalam hal pendidikan. Memberikan bekal pendidikan karakter dari rumah dan sekolah merupakan salah satu kewajiban orang tua terhadap anak. Tapi untuk memenuhi segala kebutuhan, tentu memerlukan uang yang tak sedikit. 

Tak hanya itu saja, biaya pendidikan selalu mengalami kenaikan tiap tahun ajaran baru. Di Indonesia, rata-rata inflasi biaya pendidikan adalah 10-15% per tahun. Oleh karena itu, para orang tua sebaiknya menyiapkan biaya pendidikan sedini mungkin, agar makin sedikit biaya yang dikeluarkan saat anak mulai sekolah nanti.

6 Jenis Investasi untuk Dana Pendidikan 

Agar bisa menyediakan biaya pendidikan untuk anak-anak sampai ke bangku kuliah, tak sedikit orang yang menanamkan uangnya di instrumen investasi. Ada beberapa contoh instrumen yang tersedia dan bisa dipilih sesuai dengan tujuan investasi, yaitu:

1. Deposito

Deposito merupakan tabungan berjangka. Deposito tidak bisa Anda ambil semaunya, karena ada waktu tertentu. Deposito bisa menjadi investasi yang cukup aman dan efisien dan bunga yang ditawarkan juga dapat digunakan untuk biaya pendidikan. 

2. Reksadana 

Reksadana merupakan salah satu investasi yang dapat Anda gunakan untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak. Selain minim resiko, reksadana juga dikelola oleh manajer investasi yang profesional, Anda tidak perlu khawatir karena aman, asalkan reksadana atau pengelola yang Anda pilih sudah mendapatkan izin dari OJK. terdapat 4 jenis reksadana yang dapat Anda pilih, sesuaikan dengan profil risiko Anda. 

3. Emas 

Emas bisa menjadi salah satu investasi yang tepat untuk menyiapkan biaya pendidikan. Dengan banyaknya peminat emas, maka harga akan cenderung naik dan stabil. Pembelian emas pun dapat dengan mudah melalui platform online. Semakin dini Anda berinvestasi emas maka keuntungan yang didapat juga semakin besar sehingga cocok untuk mempersiapkan biaya pendidikan. 

4. Sukuk Ritel

Sukuk ritel adalah surat berharga syariah yang diterbitkan dan penjualannya diatur Departemen Keuangan. Di instrumen ini, Pemerintah memilih agen penjual dan konsultasi hukum sukuk ritel. Agen penjual wajib mempunyai komitmen terhadap Pemerintah untuk mengembangkan pasar sukuk dan juga berpengalaman menjual produk keuangan syariah.

Tenor sukuk ritel biasanya 3 tahun dengan imbalan bagi hasil yang sifatnya tetap sepanjang periode investasi. Kelebihan skema tersebut adalah sukuk bisa diperjualbelikan jadi kepemilikannya bisa berpindah tangan dengan nilai benefit sama. Karena tenornya 3 tahun, jadi cocok untuk investasi jangka pendek.

5. Tabungan Pendidikan

Banyak lembaga keuangan yang menawarkan rekening khusus untuk tabungan pendidikan. Benefit yang diberikan berbeda dengan tabungan biasa, jadi pastikan kelebihannya lebih banyak sebelum anda memilih jenis rekening ini. Tabungan pendidikan dapat dimulai dengan nominal kecil dan ini tentunya menguntungkan karena anda bisa menyesuaikan dengan kondisi keuangan.

6. Tabungan Biasa

Anda bisa membuka rekening tabungan yang ditujukan khusus untuk buah hati. Cara ini adalah yang paling sederhana dan sebaiknya dilakukan secepat mungkin, bahkan bisa dilakukan sejak anak anda lahir. Jangan lupa untuk setorkan uang secara rutin.

Cara Menghitung Tabungan Dana Pendidikan & Perkiraan Biaya

Agar persiapan pendidikan anak berjalan lancar, anda bisa menghitung nominal tabungan pendidikan yang harus dipersiapkan. Setidaknya biaya pendidikan harus dihitung 18 tahun ke depan. Jadi minimal anak memperoleh pendidikan sampai bangku universitas. Idealnya tabungan biaya pendidikan ini dihitung termasuk dengan inflasi yang mungkin terjadi tiap tahun. Berikut adalah contoh kalkulator dana pendidikan anak:

1. Perkiraan Tabungan Untuk TK

Uang pangkal = Rp 5.000.000

Periode sekolah = 2 tahun

Target pencapaian = 3 tahun

Inflasi 8% = Rp 6.298.560 (tambahkan 8% sebanyak 3x)

Menabung tiap bulan kurang lebih = Rp 6.298.560 : 36 bulan = 

Rp 174.960

2. Perkiraan Tabungan Untuk SD

Uang pangkal = Rp 10.000.000

Periode sekolah = 6 tahun

Target pencapaian = 5 tahun

Inflasi 8% = Rp 14.693.281

Menabung tiap bulan kurang lebih = Rp 14.693.281 : 60 bulan = 

Rp 244.888

3. Perkiraan Tabungan Untuk SMP

Uang pangkal = Rp 15.000.000

Periode sekolah = 3 tahun

Target pencapaian = 11 tahun

Inflasi 8% = Rp 34.974.585

Menabung tiap bulan kurang lebih = Rp 34.974.585 : 132 bulan = 

Rp 264.959

4. Perkiraan Tabungan Untuk SMA

Uang pangkal = Rp 20.000.000

Periode sekolah = 3 tahun

Target pencapaian = 14 tahun

Inflasi 8% = Rp 58.743.872

Menabung tiap bulan kurang lebih = Rp 58.743.872 : 168 bulan = 

Rp 349.666

5. Perkiraan Tabungan Untuk Perguruan Tinggi

Uang pangkal = Rp 100.000.000

Periode sekolah = 4 tahun

Target pencapaian = 17 tahun

Inflasi 10% = Rp 58.743.872

Menabung tiap bulan kurang lebih = Rp 505.447.028 : 204 bulan = 

Rp 2.477.628

Dari rincian tersebut, maka total biaya pendidikan yang harus disiapkan adalah:

  • Total uang pangkal = Rp 150.000.000
  • Total biaya setelah inflasi = Rp 620.157.327

Jadi tiap bulan paling tidak anda menabung Rp 3.512.154

Tips Persiapkan Dana Pendidikan

Dalam mempersiapkan dana pendidikan tentu prosesnya tidak mudah. Karena ada banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi. Agar anda tidak salah langkah dan bisa mengumpulkan uang sesuai dengan perencanaan. Berikut adalah tips yang bisa anda terapkan:

1. Menyusun Strategi Pendidikan 

Sejak awal penting untuk menyusun strategi pendidikan. Anda ingin menyekolahkan di sekolah apa, misal kurikulum nasional atau internasional, bagaimana lingkungannya, fasilitas yang tersedia. Lakukan survei supaya Anda memiliki gambaran sekolah seperti apa yang ingin anak Anda tempuh. 

2. Estimasi Biaya 

Setelah Anda mengetahui sekolah yang ingin dituju, maka langkah selanjutnya adalah membuat estimasi pengeluaran setiap jenjangnya. Rencanakan dengan matang sampai kapan Anda akan membiayai pendidikan tersebut. 

3. Asuransi Pendidikan

Selain ada asuransi kesehatan dan jiwa, asuransi pendidikan merupakan salah satu produk yang memiliki fitur tabungan dana. Ada 2 jenis asuransi pendidikan yang bisa dipilih, yakni: 

  • Asuransi pendidikan dwiguna: menawarkan fasilitas tabungan pendidikan yang dapat dicairkan pada periode tertentu sesuai dengan kesepakatan pihak tertanggung dan pihak asuransi.
  • Asuransi unit link: asuransi ini menggabungkan adanya layanan asuransi dan investasi. Hasil investasi ini diserahkan secara bertahap sesuai dengan jenjang sekolah anak. 

Baca Juga: 5 Challenge Menabung Yang Bikin Kaya

Mengajukan Pinjaman untuk Dana Pendidikan

Memang biaya pendidikan tidaklah murah, dan setiap tahunnya mengalami kenaikan. Selain berinvestasi, Anda juga dapat mengajukan pinjaman untuk kebutuhan dana pinjaman. Danamas p2p Lending menyediakan pinjaman dana tunai tanpa agunan yang dapat Anda ajukan untuk kebutuhan biaya pendidikan dengan limit pinjaman hingga Rp. 7,5 juta.

Selain itu, apabila Anda memiliki properti yang tidak terpakai dan ingin mengembangkan usaha sekaligus sebagai pinjaman untuk biaya pendidikan, Anda bisa mengajukan melalui Danamas yang dapat memberikan pinjaman hingga Rp 2 miliar. Masa tenor yang diberikan mulai dari 1 sampai 10 tahun.Pinjaman online terpercaya ini memproses pinjaman dengan aman karena sudah terdaftar dan berizin OJK. Yuk simulasikan pinjaman dan nilai properti di website Danamas menggunakan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman untuk hitung pinjaman dan angsuran dari properti yang anda miliki. Agar proses peminjaman lebih praktis, download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis di smartphone segera! Untuk info lebih lengkap, klik DISINI!

Employee-engagement

Apa itu Employee Engagement & Manfaat, Cara Meningkatkannya

Salah satu faktor penting untuk menjaga kinerja dan loyalitas karyawan adalah employee engagement. Untuk bisa menciptakan lingkungan kerja yang positif, suportif dan aktif tentu diperlukan usaha dari manajemen perusahaan dan keterlibatan pihak di perusahaan terkait. Pertama kali istilah ini dipopulerkan oleh Gallup Consultant di tahun 2004. Walaupun serupa tapi ternyata employee engagement berbeda dengan employee happiness atau kebahagiaan dalam bekerja. 

Loyalitas dalam bekerja dibutuhkan, walau kenyataannya, banyak pekerja yang bahagia bekerja di perusahaan tersebut tapi tidak engaged dengan visi dan misi perusahaan serta tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Jadi meskipun kebahagiaan karyawan adalah hal penting, tapi membuat karyawan engaged sangat penting untuk memberikan kenyamanan bekerja.

Memiliki pekerja yang engaged bekerja di perusahaan anda merupakan sebuah hal yang bagus. Untuk mencapai ini, tentu saja karyawan harus merasa terhubung dengan nilai-nilai perusahaan. Dengan ini, Employee Engagement ada di dalam perusahaan! Yuk, simak artikel ini dalam membahas Employee Engagement!

Apa Itu Employee Engagement 

Berdasarkan definisi, employee engagement merupakan usaha yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mengetahui hubungan antara organisasi dan karyawannya. Employee Engagement bisa dilihat dari segi kualitatif maupun kualitatif. Gallup Consultant membuat konsep ini populer pada tahun 2004, dan prinsip employee engagement masih diadopsi dan digunakan hingga saat ini. 

Employee engagement adalah sebuah konsep yang memang serupa dengan tingkat kebahagiaan dalam bekerja, namun keduanya merupakan dua hal yang berbeda. Menurut Kevin Kruse, mungkin ada banyak karyawan yang memang senang bekerja disebuah perusahaan namun terkadang mereka tidak terlalu ‘terhubung’ dengan visi misi serta tugas yang menjadi tanggung jawab karyawan tersebut di perusahaan. Dengan ini, memanglah penting untuk mengetahui tingkat kebahagiaan karyawan, namun untuk mengetahui seberapa engaged karyawan disebuah perusahaan jugalah penting terhadap kenyaman bekerja di sebuah perusahaan.

Strategi Employee Engagement

Dalam menjalankan employee engagement, ada baiknya bilamana anda juga menyusun sebuah strategi untuk menyusun employee engagement. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menuliskan kategori karyawan yang ada di perusahaan anda, kemudian menyusun strategi yang cukup untuk perusahaan anda. Untuk mengetahui tingkatannya, karyawan di perusahaan anda harus mengisi sebuah kuesioner yang dinamakan The Gallup Q12 Index, dimana 12 pernyataan akan disediakan dan karyawan diberikan kesempatan untuk memberikan skala 1-5, dimana 1 artinya sangat tidak setuju dan 5 yang artinya sangat setuju. Berikut adalah tingkatan yang terdapat di Employee Engagement:

  • Sangat tidak engaged
  • Tidak engaged
  • Hampir engaged
  • Engaged
  • Sangat engaged

Manfaat Employee Engagement

Employee Engagement sebenarnya merupakan hal yang cukup penting bagi sebuah perusahaan. Tak hanya itu saja tapi juga memberikan manfaat yang besar untuk perusahaan dan karyawan. Pentingnya Employee Engagement bisa dilihat dari dua sisi yang berbeda, yakni dari sisi perusahaan dan juga karyawan. 

1. Manfaat Employee Engagement Bagi Karyawan

Jika dilihat dari sisi para karyawan, employee engagement merupakan sebuah hal yang penting karena dengan ini, karyawan dapat menyadari peran mereka dalam perusahaan dan menjadikan hal tersebut sebuah dorongan untuk merasa bersemangat dalam pekerjaan mereka dan juga membuat mereka merasa kalau mereka memberikan kontribusi yang bagus untuk tujuan perusahaan.

a. Bentuk Ikatan Kuat Dengan Perusahaan

Tujuan utama adanya employee engagement yaitu untuk menciptakan hubungan yang erat. Hal tersebut membuat karyawan lebih dihargai oleh perusahaan. Mereka akan bangga sudah berhasil bekerja di perusahaan tersebut dan bersedia memberikan kemampuan terbaik.

b. Ciptakan Iklim Inovatif

Tak jarang inovasi perusahaan hadir karena memiliki karyawan yang kreatif. Dengan adanya employee engagement, maka akan memicu terciptanya iklim yang inovatif. Tentu saja suasana di perusahaan akan menyenangkan bila menerapkannya dengan baik.

c. Lebih Mudah Selesaikan Konflik

Dengan adanya employee engagement, maka akan memotivasi karyawan untuk merasa dihargai. Tak terkecuali dalam menyelesaikan konflik, misalnya dihadapi masalah yang berkaitan dengan perusahaan tempat bekerja. 

Metode employee engagement ini adalah metode yang didalamnya mampu membuat karyawan bisa bekerja maksimal tanpa menghiraukan konflik yang sebelumnya sudah terselesaikan.

2. Manfaat Employee Engagement Bagi Perusahaan

Jika dilihat dari sisi perusahaan, employee engagement diadakan agar dapat melihat seberapa loyal seorang karyawan bekerja di kantor mereka. Selain itu, perusahaan juga ingin melihat bagaimana karyawan dapat menyelesaikan tugas mereka tepat waktu dengan kualitas yang bagus dan dapat merasa bangga atas pekerjaan mereka. Jika karyawan dapat engaged dengan baik, diharapkan hal ini dapat membantu untuk meningkatkan produktivitas mereka dan juga mempertahankan para karyawan di perusahaan atau membuat tingkat turnover rate menurun.

a. Terbentuk Komitmen

Manfaatnya yaitu perusahaan akan membentuk komitmen baik dengan karyawan. Dengan adanya karyawan yang engaged, maka perusahaan akan memperoleh karyawan yang loyal dan bisa menjaga nama baik bisnis.

b. Punya Karyawan Suportif

Jika employee engagement sudah dilaksanakan sebagaimana mestinya, maka karyawan yang dimiliki perusahaan akan lebih suportif. Tak hanya itu saja, karyawan juga akan selalu berlaku positif. Sehingga tujuan utama perusahaan bisa lebih mudah dicapai.

5 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Employee Engagement

Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi employee engagement? Jika di perusahaan anda masih belum menerapkan sistem ini dengan benar, sebaiknya anda mempelajari beberapa faktor-faktor yang mempengaruhinya, agar bisa melakukan perbaikan jika dirasa ada kekurangan.

1. Kekuatan Kepemimpinan

Menurut Laurie Sudbrink yang merupakan seorang pendiri Unlimited Coaching Solution Inc mengatakan “Pemimpin memiliki peran signifikan dalam membentuk employee engagement”. “Kemampuan pemimpin secara otentik membangun hubungan dengan anggota tim, tingkat self awareness, tanggung jawab, kesehatan dan kesejahteraan, semuanya dapat berdampak signifikan ke employee engagement”. Jadi seorang pemimpin memang harus mempertimbangkan kualitas dari kepemimpinannya agar tercipta hubungan kerja yang positif, konstruktif dan sejalan dengan nilai-nilai perusahaan.

2. Peluang Pengembangan Karir

Merujuk pada HBR, karyawan yang memperoleh peluang pengembangan karir 15% lebih terlibat dan mempunyai retensi 34% lebih tinggi jika dibandingkan mereka yang tidak. Ketika perusahaan memberikan peluang pada karyawan untuk fokus mengembangkan karir, maka perusahaan akan mendapatkan tren positif di employee engagement. Adanya peluang tersebut, akan membuat karyawan tetap ada di organisasi karena para karyawan bisa mengembangkan karir dan mendorongnya untuk memberikan kinerja terbaik.

3. Umpan Balik & Penghargaan

Salah satu komponen penting dalam employee engagement adalah komunikasi yang baik antara karyawan dan manajemen. Membangun sistem feedback merupakan cara baik untuk mengasah keterampilan komunikasi tersebut. Ketika memberikan feedback, ada “penghargaan” yang juga turut andil. Agar efektif, penghargaan dibuat atas pencapaian spesifik jadi karyawan tau peran mereka untuk kesuksesan perusahaan dan hal tersebut membuatnya merasa dihargai.

4. Budaya Peduli & Saling Mendukung

Menunjukkan dukungan, kepedulian dan penghargaan akan membuat karyawan merasa kalau kinerjanya berkontribusi terhadap kesuksesan perusahaan. Hal tersebut tentu akan menciptakan pengalaman kerja positif dan tingkatkan skor employee engagement.

5. Kejelasan Visi & Misi Perusahaan

Berdasarkan survey Porter Novelli menunjukkan kalau 70% karyawan mengungkapkan tidak akan bekerja di perusahaan tanpa tujuan yang kuat dan 90% karyawan bekerja di perusahaan dengan tujuan kuat akan merasa terinspirasi, loyal dan termotivasi. Saat karyawan memiliki tujuan yang sama dengan rekan kerja yang lain dan komitmen kuat terhadap visi, misi dan nilai perusahaan maka employee engagement akan terbangun kuat. 

10 Program Untuk Meningkatkan Employee Engagement 

Di bawah ini ada beberapa program yang bisa digunakan untuk meningkatkan employee engagement. Perusahaan bisa menerapkannya, walaupun semua kembali ke kebutuhan dan cara masing-masing agar para karyawan senang bekerja di perusahaan. Karyawan yang loyal dan senang, maka kinerjanya bisa meningkat dan tentu saja performa perusahaan juga akan meningkat.

1. Lunch-Learning

Lunch-learning maksudnya adalah makan siang dan belajar. Namun belajar disini bukan mempelajari hal yang berat, tapi bertujuan untuk mengenali satu sama lain dengan tau tanggal ulang tahun dan lainnya. Pastikan acara singkat tapi berkesan dan tidak membosankan.

2. Perayaan

Banyak perusahaan yang selalu mengadakan acara tahunan untuk merayakan anniversary perusahaan tiap tahunnya. Tapi sebenarnya perayaan lain juga bisa dilakukan seperti event nasional atau internasional seperti makan malam Thanksgiving, Halloween dan lainnya.

3. Pelatihan

Pelatihan sering kali diingat sebagai kegiatan yang membosankan. Untuk membuatnya menyenangkan, carilah pembicara khusus untuk sesi pelatihan yang materinya menarik dan menyegarkan, seperti mengajarkan karyawan untuk mempelajari sesuatu yang baru.

4. Olahraga Bersama

Untuk menjalin keakraban antar karyawan bisa dibentuk tim-tim olahraga. Misalnya olahraga basket, sepak bola, badminton, senam dan lainnya.

5. Hari Khusus Khas Perusahaan

Cara lain untuk tingkatkan awareness sekaligus branding adalah dengan membuat hari khusus. Contohnya adalah “casual day”, jadi di hari tersebut para karyawan bebas memakai baju santai tapi sopan versi mereka.

6. Gathering

Gathering di luar kantor dengan mengajak anggota keluarga adalah kegiatan yang disukai banyak karyawan. Misalnya menginap di villa, membakar daging atau jagung di malam hari atau kegiatan seru lainnya.

7. Galang Dana & Hari Amal

Mengadakan penggalangan dana dan hari amal adalah salah satu cara lain untuk menyatukan karyawan demi kebaikan. Misalnya turut menyumbang atau mengadakan “Jumat Berkah” jadi tiap jumat memberikan makanan gratis pada orang yang membutuhkan.

8. Nonton Bersama

NoBar bisa menjadi aktivitas menyenangkan. Tidak harus menonton film, tapi bisa juga konser atau pertunjukan lain. Hal tersebut bisa membuat karyawan semakin akrab.

9. Bar Nights

Ada perusahaan yang memberikan kesempatan karyawan untuk mengeluarkan “unek-unek” dengan mengadakan bar night tiap minggunya di bar lokal. Dengan berbincang santai antar karyawan, bisa meningkatkan rasa percaya satu sama lain.

10. Sesi Games, Kompetisi & Turnamen

Untuk menghilangkan kepenatan bekerja, karyawan bisa dilibatkan dalam sebuah permainan, turnamen ataupun kompetisi. Misalnya mengadakan turnamen tenis, pingpong atau billiard. Tak hanya itu saja, bisa juga membentuk liga sepakbola atau futsal.

Cara Mengukur Employee Engagement

The Gallup Q12 Index merupakan sebuah tolak ukur yang digunakan untuk mengukur employee engagement. Berikut adalah 12 pernyataan dalam Q12 Index yang muncul dan dimana anda dapat menjawab dari skala 1 sampai 5, dimana 1 artinya sangat tidak setuju dan 5 yang artinya sangat setuju:

  1. Saya mengetahui apa yang perusahaan harapkan dari saya
  2. Saya tahu apa yang diekspektasikan perusahaan kepada saya
  3. Saya memiliki kebutuhan yang cukup untuk dapat bekerja dengan baik 
  4. Saya memiliki kesempatan untuk mengerjakan pekerjaan saya dengan baik setiap hari ketika hari kerja
  5. Dalam rentang 7 hari, saya mendapatkan pujian dan/atau penghargaan atas kerja saya
  6. Supervisor, atau siapapun itu di kantor, peduli dengan saya sebagai seorang manusia
  7. Ada sebuah sosok di pekerjaan yang membantu saya untuk mengembangkan diri.
  8. Opini saya merupakan sesuatu yang berarti. 
  9. Visi dan misi kantor membuat saya merasa pekerjaan saya adalah pekerjaan yang penting
  10. Rekan kerja saya berambisi untuk melakukan pekerjaan dengan kualitas yang bagus
  11. Saya memiliki teman baik di kantor
  12. Dalam rentang 6 bulan, ada orang dari kantor yang menanyakan progress 
  13. Sampai tahun ini, saya memiliki kesempatan untuk belajar dan bertumbuh disaat saya bekerja.

Setelah kuesioner tersebut diisi, terdapat sebuah perhitungan lagi. Pertanyaan nomor 1,2,11, dan 12 dikalikan 2. Kemudian, angka tersebut dijumlahkan sesuai dengan angka skala yang dipilih di pertanyaan-pertanyaan lainnya. Jika sudah, anda bisa melakukan identifikasi dan dapat membuat sebuah kategori karyawan dengan perhitungan sebagai berikut:

65 – 80 = sangat engaged

33 – 64 = engaged

16 – 32 = actively disengaged

Cara Meningkatkan Engagement Karyawan 

Seperti yang kita ketahui, employee engagement merupakan sebuah hal yang penting dan wajib ditingkatkan untuk kelangsungan perusahaan. Ingin meningkatkan employee engagement di perusahaan anda? Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan hal tersebut:

  • Rekrutlah karyawan yang memiliki visi yang serupa dengan perusahaan. Dengan ini, akan terjadi kerjasama tim yang baik ketika terdapat sebuah penempatan untuk pekerjaan nanti.

  • Pelatihan karyawan merupakan sebuah hal yang penting karena melalui pelatihan, ilmu baru akan diterima oleh karyawan dan ilmu tersebut mungkin bisa digunakan untuk kemajuan perusahaan dan bahkan juga membantu agar melihat visi perusahaan dengan lebih jelas.

  • Berilah kesempatan berpendapat untuk para karyawan. Dengan ini, karyawan dapat menjadi kreatif. Dengan ide-ide yang dimiliki oleh para karyawan, perusahaan bisa saja berkembang secara pesat karena mereka memiliki ide-ide yang dimiliki oleh karyawan dan mungkin saja ide-ide tersebut dapat membantu mendorong kemajuan.

  • Kepedulian merupakan sebuah hal yang baik. Tunjukan rasa kepedulian di dalam perusahaan anda, namun tetap professional. 

  • Cobalah melakukan outbound training sehingga team building akan semakin terbentuk dan terasa. Dengan naiknya team building, ada kemungkinan besar tim dapat bekerja dengan baik secara bersama.

  • Beri penghargaan terhadap kinerja jika memang hal tersebut dirasa pantas. Sekecil apapun penghargaannya, akan terasa bermakna bagi pekerja. 

  • Berikan kesempatan bagi semua orang dengan latar belakang yang berbeda-beda untuk bergabung menjadi bagian dari tim. Makin beragam anggotanya, maka semakin luas juga wawasan diterima tiap orang.

  • Perhatikan insentif yang pantas. Pekerja yang tidak mendapat upah sebagaimana mestinya pasti akan mengeluh dan hal ini jangan dianggap remeh. Urusan yang harus diperhatikan oleh perusahaan.

  • Ada jenjang karir untuk tiap profesi. Karyawan tentu tidak mau menerima tanggung jawab jika tahu masa depannya tidak jelas. Bila dalam kurun waktu 5-10 tahun ada di posisi yang sama, maka diketahui kalau manajemen perusahaannya bobrok

  • Perusahaan juga bisa menanggung asuransi kesehatan para karyawannya. Karena pekerja ini tidak hanya meluangkan waktu untuk kemajuan perusahaan, tapi juga berkorban pikiran dan tenaga.

12 Indikator Employee Engagement / Cara Mengukur Engagement Karyawan 

Apa employee engagement bisa diukur? Bagaimana cara mengukur employee engagement? Apakah rumit? Untuk membantu tim HR dalam mengukur employee engagement, ada beberapa cara yang bisa anda jadikan referensi, yuk simak rinciannya!

1. Survei

Survei dinilai konsisten, cepat dan bisa segera ditindaklanjuti ketika mengukur employee engagement. Dengan melakukan survei, maka akan banyak tanggapan dan ini mendorong keterlibatan karyawan. Umumnya, sebuah survei berupa pertanyaan singkat, sederhana dan fokus di hal tertentu. Misalnya survei mengenai kepuasan kerja:

  • Apa anda punya peluang untuk berkembang dalam tim saat ini?
  • Apa tim menginspirasi untuk memberikan usaha terbaik?
  • Apa anda merasa pimpinan tim mempertimbangkan pendapat anda ketika mengambil keputusan?

2. Tingkat Retensi Karyawan

Dengan mengukur tingkat retensi karyawan, maka bisa diketahui employee engagementnya. Tingkat retensi perusahaan yang baik, akan membuat perusahaan:

  • Menciptakan tim yang baik
  • Mengurangi biaya rekrutmen
  • Bangun budaya organisasi yang solid
  • Tingkatkan produktivitas

3. eNPS

Mekanisme eNPS sama dengan survei. Berbentuk pertanyaan tapi pakai skala. Seperti:

  • Misal skala 1-10
  • Skala ada 3, yaitu promotor (skala 9-10), pasif (skala 7-8), detractor (skala <6)
  • Pertanyaan tentang “Seberapa besar anda rekomendasikan organisasi ini sebagai tempat bekerja?” atau “Berdasarkan pengalaman, seberapa besar anda rekomendasikan organisasi kami ke saudara atau teman?”

4. Tingkat Turnover

Saat ada karyawan yang baru bekerja beberapa bulan tapi sudah memilih resign dan keadaan tersebut terjadi berulang kali, maka akan membuat tingkat turnover tinggi. Dampaknya adalah biaya rekrutmen membengkak, menurunkan moral karyawan lain dan mengganggu kerja tim.

5. ROI

Return of investment (ROI) yang tinggi, tentu akan menghasilkan karyawan yang lebih produktif. Berdasarkan studi Gallup menunjukkan kalau organisasi yang memprioritaskan employee engagement mengalami kenaikan 20% penjualannya.

6. FGD

Untuk mengukur employee engagement memakai focus group discussion (FGD), maka tim HR harus memilih perwakilan karyawan yang representatif dari divisi-divisi dan memiliki pertanyaan untuk bahan diskusi. Dengan melakukan FGD, maka perusahaan akan punya insight mengenai kesukaan dan ketidaksukaan karyawan serta untuk perbaikan operasional bisnis.

7. Produktivitas Karyawan

Untuk mengetahui produktivitas, caranya adalah dengan membagi pendapatan perusahaan per kuartal atau per tahun dengan jumlah total karyawan. Dari sana, bisa dibandingkan hasilnya dengan pendapatan periode sebelumnya, tren dan pola.

8. One-on-One-Meeting

Melakukan one-on-one meeting secara berkala misalnya sebulan atau dua bulan sekali. Keuntungan melakukan kegiatan ini adalah anda bisa mengobrol, berbagi umpan balik dan tetap menjaga kerahasiaan. Misalnya anda berdiskusi tentang ketakutan menyampaikan saran pada perusahaan.

9. Review Perusahaan

Review perusahaan di situs pencari kerja (Jobstreet, Glassdoor, LinkedIn) dari karyawan ataupun mantan karyawan bisa digunakan tim HR untuk meninjau kembali tentang operasional bisnis, sikap pimpinan, sistem human resources, keterlibatan karyawan ke perusahaan sampai kejadian yang dialami atau dirasakan oleh karyawan tersebut.

10. Tingkat Absensi

Masalah absensi adalah indikator untuk berbagai hal seperti tata kelola buruk, kondisi kerja yang buruk, kepemimpinan yang jelek, peraturan cuti yang menyulitkan karyawan dan lainnya. 

11. Exit Interview

Dengan menggunakan exit interview, HR akan tau alasan karyawan resign. Selain itu juga bisa tau hal positif dan negatif yang terjadi di tempat kerja, apa yang mendorong mereka untuk resign. Dalam hal ini diperlukan kejujuran dari karyawan tersebut.

12. Kepuasan Pelanggan

Aktivitas karyawan ternyata bisa berdampak pada kepuasan pelanggan. Sering kali kepuasaan pelanggan rendah terhadap barang atau jasa perusahaan karena adanya keterlibatan karyawan. 

Siapkan Modal Usaha Aman untuk Kembangkan Usaha!

Anda memiliki sebuah perusahaan dan memerlukan biaya untuk keperluan karyawan juga? Jangan khawatir, karena kami dari Danamas siap membantu anda dalam menyediakan sebuah pinjaman dengan tenor yang fleksibel mulai dari 1 sampai 10 tahun. Aliran dana segar yang bisa anda pinjam dimulai dari 50 Juta hingga 2 miliar, lho! 

Pinjaman online OJK bunga rendah 2021 ini juga menawarkan bunga efektif yang rendah. Yuk coba simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman di website Danamas. Agar akses dan permohonan peminjaman lebih mudah dan praktis, download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis segera. Untuk info lebih lengkap, klik DISINI!