tips beli rumah

Membeli rumah untuk pertama kalinya merupakan sebuah hal yang sangat dinantikan. Apalagi rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus dimiliki. Seperti yang kita ketahui, harga rumah bukanlah tergolong murah, diperlukan banyak pertimbangan yang matang. Maka dari itu perlu diketahui tips untuk mereka yang baru pertama kali membelinya. Berikut ini adalah artikel yang dapat kamu ketahui untuk membeli rumah pertama kalinya. Mari di simak! 

Tip Beli Rumah Pertama 

Membeli rumah, tidak bisa dengan sembarangan,dibutuhkan dana, kemampuan membayar, serta banyak hal yang dipertimbangkan. Ada beberapa tips  untuk membeli rumah yang patut Anda pertimbangkan yakni: 

  1. Perhatikanlah Kebutuhan Keluarga

Sebelum memastikan untuk membeli rumah, maka Anda harus memperhatikan kebutuhan keluarga, Anda dapat memulai dengan memutuskan berapa jumlah kamar yang akan dibutuhkan? Apakah memerlukan garasi mobil, apakah memerlukan taman yang luas? Anda bisa mulai menyiapkan semua itu dengan menyesuaikan dengan kebutuhan keluarga.  

  1. Menggunakan Agen Properti atau Secara Mandiri

Membeli rumah sekarang ini, sangat mudah yakni melalui situs properti atau melalui agen perumahaan. Namun, mungkin ada biaya tambahan yang perlu Anda persiapkan.  Anda bisa membandingkan, mencari informasi mengenai daerah perumahaan tersebut, dan menghubungi pemilik rumah dari iklan yang ditayangkan di situs tersebut. Anda juga bisa melakukannya secara survey mandiri.

  1. Lokasi dan Akses 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah berkaitan dengan akses perumahaan yang dituju. Lokasi yang berada di pusat kota tentunya memiliki harga yang lebih mahal namun memiliki akses yang mudah untuk bepergian, dibandingkan dengan yang berada di pinggiran kota yang mungkin akan sulit untuk bepergian karena akses yang terbatas. Karena itu membeli rumah yang mudah secara mobilisasi akan lebih mudah. Anda dapat menerapkan tips lain yaitu dengan membeli rumah yang dekat stasiun, atau halte bus. Anda juga harus memperhatikan fasilitas yang terdapat di daerah  perumahan tersebut, apakah memiliki bank, sekolah, rumah sakit, dan lain sebagainya. 

  1. Memperhatikan Lingkungan Perumahan 

Memperhatikan lingkungan rumah, seperti kondisi lingkungan, apakah saat musim hujan mengalami banjir atau tidak, Anda perlu melakukan survey. Jangan sampai Anda membeli rumah yang lingkungannya gampang banjir saat musim hujan. Pastikan juga lingkungan tersebut harus aman dari kasus pencurian, perampokan, dan hal buruk lainnya. 

  1. Harga dan Pembayaran yang Sesuai

Saat membeli rumah, pastikan Anda memilih yang sepadan dengan harga dan kualitas yang dibutuhkan, tujuannya supaya Anda dapat membandingkan mana perumahaan yang paling pas dengan kondisi keuangan Anda. selain itu pastikan juga harga, pilihan skema yang ingin Anda ajukan, apakah ingin mengambil Rumah KPR atau membeli secara tunai. 

  1. Spesifikasi Material Bangunan

Banyak yang perlu diperhatikan untuk membangun rumah, yakni material yang disediakan. Apakah berdinding kokoh, material bangunan dengan baja yang lebih baik, atau lantai dengan pelat beton yang lebih awet.

  1. Desain Rumah sesuai dengan Keinginan

Jika Anda ingin membeli rumah yang sudah jadi, Anda juga perlu mencari desain yang sesuai dengan rumah yang cocok dengan selera.yang ada. Apabila bangunan yang sudah tersedia, Anda bisa melakukan renovasi ulang dan melakukan custom sesuai dengan desain rumah yang Anda inginkan.

  1. Potensi Perubahan Rumah di Masa yang Akan Datang

Membeli rumah merupakan investasi di jangka panjang. Anda bisa mempertimbangkan hal yakni apakah akan menjual dalam waktu dekat, menambah kamar untuk anak, atau berniat untuk mewariskannya ke anak. Anda perlu memastikan hal tersebut.

  1. Kesehatan Rumah 

Sebelum memastikan untuk membeli rumah, baik itu baru atau rumah second, Anda harus memperhatikan kesehatan rumah. kesehatan rumah yakni mengecek apakah  kualitas tembok bangunan, terdapat kebocoran, serta ventilasi yang cukup, dan lain sebagainya. Jangan sampai Anda membeli rumah dengan kondisi yang tidak baik karena hal tersebut membutuhkan banyak biaya untuk melakukan perawatan atau renovasi. 

  1. Menabung Uang Muka dan Membaca Dokumen Kelengkapan 

Dalam membeli rumah, pastinya akan ada DP yang diperlukan sebagai pembayaran awal, maka dari itu persiapkanlah sejumlah dana sesuai dengan ketentuan besaran pembayaran yang diberlakukan. Pastikan Anda juga membaca perjanjian- perjanjian serta dokumen- dokumen yang dibutuhkan  dalam membeli rumah dengan teliti. 

Tips Membeli Rumah Secara KPR 

Membeli rumah memerlukan biaya yang tidak sedikit, dibutuhkan dana mulai dari ratusan juta hingga milyaran. Ada solusi yakni dengan mengajukan KPR sehingga Anda dapat mengangsur dana setiap bulannya. Agar Anda semakin mantap dalam membeli rumah secara KPR, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yakni:

  1. Pahami Kemampuan Financial Kamu

Untuk mengajukan KPR biasanya lembaga pemberi kredit atau bank akan memberikan penilaian atau credit scoring bila Anda tepat dalam membayar angsuran. Untuk mengetahui rasio hutang, Anda dapat menghitungnya dengan membagi total hutang dan total aset. Nilai ideal dari rasio adalah dibawah 50%. Bila diatas 50% berarti nilai utang Anda telah melebihi aset. 

  1. Jangan Berhutang bila Tidak Memiliki Dana Darurat

Pastikan Anda memiliki dana darurat sebesar tiga hingga enam kali pengeluaran bulanan. Dengan banyaknya tanggungan, berarti semakin besar pula kebutuhan dana darurat. 

  1. Investasikan Dana untuk DP Rumah 

Anda harus menentukan kapan membeli rumah dan membayar uang muka. Bila Anda menargetkan pembelian rumah dalam satu hingga tiga tahun kedepan, Anda dapat menyimpan tabungan pembelian rumah melalui instrumen investasi yang rendah risiko dan memiliki imbal hasil yang fix atau hasil tetap. 

  1. Cicilan rumah tidak melebihi 35% penghasilan

Lembaga pemberi kredit atau bank dapat menyetujui pengajuan KPR dengan nominal cicilan 50% dari penghasilan bulanan. Namun perlu Anda pahami bahwa cicilan rumah yang ideal yakni 35% dari penghasilan.

  1. Keluarga Harus Tetap Terjamin 

Sebelum membeli cicilan rumah, pastikan bahwa keluarga juga tetap terjamin. Pastikan Anda telah memproteksi keluarga dengan iuran asuransi jiwa sekaligus mencegah risiko meninggalnya debitur. Asuransi juga memiliki manfaat yakni apabila terjadi musibah seperti keluarga yang telah meninggal dunia, maka dapat bermanfaat untuk biaya hidup keluarga yang ditinggal. 

  1. Melunasi Angsuran Tepat Waktu 

Saat Anda melakukan pembelian rumah dengan sistem angsuran, maka pastikan bahwa Anda membayar tepat waktu. Salah satu pertimbangan kesehatan finansial yang ideal yakni 15% hingga 20% dari total kekayaan bersih. Semakin tinggi kekayaan bersih kamu, maka semakin besar pula aset lancar yang harus dimiliki. 

Tips Membeli Rumah (Second)

Membeli rumah bekas atau second, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan ketika memutuskan untuk membeli rumah bekas:

  1. Kualitas Rumah

Untuk membeli rumah bekas, pastikan Anda memperhatikan kondisi terkait yakni, tingkat kelembaban dinding, sistem air, ketahanan bagian rumah yang terbuat dari kayu, kusen, dan jendela. Apabila rumah memiliki kerusakan, Anda dapat menawar harga jual rumah bekas agar menjadi lebih murah. 

  1. Membuat Anggaran

Dalam membeli rumah bekas atau second sekalipun, pastikan anggaran Anda sesuai dengan pendapatan dan kemampuan Anda dalam membeli rumah tersebut. Untuk berjaga-jaga pastikan juga bahwa Anda memiliki dana tambahan untuk melakukan renovasi bila memang ada rumah yang memerlukan perbaikan. 

  1. Memastikan Dokumen Lengkap

Dalam membeli rumah bekas, pastikan bahwa Anda mengecek kelengkapan surat-suratnya, seperti:

  1. Surat Kepemilikan Tanah
  2. Akta Jual Beli
  3. Sertifikat Izin Mendirikan Bangunan
  4. Pajak Bumi dan Bangunan 
  5. Bukti Pembayaran tagihan PDAM, listrik, biaya keamanan, dan lain sebagainya. 

     4.   Biaya Akta Jual Beli

Secara umum biaya Akta Jual Beli sebesar 1% dari nilai transaksi. Biaya ini digunakan untuk membayar jasa Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) biayanya dapat berubah sesuai dengan ketentuan PPAT. Pada rumah second, biasanya AJB ditanggung bersama oleh pembeli dan penjual atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Anda ingin menjual rumah serta mengembangkan bisnis? Lancar by Danamas bisa jadi merupakan salah satu platform yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis. Dengan pinjaman beragunan properti, Anda dapat mendapatkan dana mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Segera Ajukan pinjaman Anda disini. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

cara menyewakan rumah di airbnb

Airbnb: Pengertian dan Cara Menyewakan Rumah di Airbnb

Pernahkah Anda mendengar istilah airbnb sebelumnya? Istilah ini berkaitan erat dengan dunia traveling khususnya dari segi akomodasi atau penginapan. Betul,  Airbnb ini hanya khusus untuk melayani penginapan, berbeda dengan platform seperti misalnya traveloka, yang juga melayani penjualan tiket. Yuk cari tau lebih lanjut mengenai airbnb dan bagaimana cara menyewakan rumah di airbnb.

Apa Itu Airbnb 

Airbnb merupakan sebuah platform marketplace online bagi orang yang ingin menyewakan rumah, kamar, apartemen, ataupun properti pribadinya. Bagi pemilik kamar, apartemen ataupun rumah, hal ini bisa menjadikan pendapatan atau penghasilan tambahan,sedangkan bagi pengguna, hal ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan akomodasi yang lebih murah dibandingkan dengan menginap di hotel. 

Bagaimana Cara Menyewakan Rumah di Airbnb

Pertama Anda tentunya harus memiliki akun, dan melengkapi data serta memasang foto profil, hal ini penting agar orang percaya bahwa profil Anda terlihat terpercaya dan berkomitmen untuk menyediakan service yang baik. 

  1. Buatlah supaya nama iklan Anda interaktif, misalnya dengan informasi mengenai properti Anda. Buatlah informasi yang menonjolkan kelebihan dari properti Anda, agar orang juga tertarik untuk menyewa nya. 
  2. Tuliskan deskripsi yang menarik dan juga jujur. Misalnya seberapa jauh dari lokasi tempat wisata, apa yang tersedia di dalam kamar, dan lain sebagainya. Sebutkan juga bagaimana pengaturan di tempat tinggal tersebut apakah boleh memasak, membawa atau memelihara binatang.
  3. Cantumkan foto yang menarik, foto menjadi hal yang penting. Foto yang menarik bisa menjual dan mendatangkan banyak pelanggan. Ambillah foto pada siang hari sehingga pencahayaan baik. Jangan lupa untuk mengambil foto kamar, kamar mandi, dan tampak luar dari properti Anda. 
cara menyewakan rumah di airbnb

Bagaimaan Sistem Pembayaran Airbnb

Bila Anda seorang turis yang ingin mencari tempat akomodasi, dan telah menemukannya. Maka Anda akan dihadapkan pada tiga pilihan yakni, booking, instant book, atau request to book. 

Untuk booking dan instant book maka metodenya Anda langsung melakukan reservasi, sedangkan request to book maka host atau pemilik tempat akan menerima ataupun menolak Anda. 

Saat melakukan reservasi ada dua metode pembayaran yakni melalui kartu kredit seperti MasterCard,JCB, dan sebagainya, atau dapat melalui paypal. Setelah check in dan checkout, Airbnb akan meneruskan pembayaran yang sudah dilakukan kepada pemilik tempat. 

Keuntungan Sewa di Airbnb

  1. Memiliki banyak pilihan

Tuan rumah airbnb akan mencantumkan berbagai jenis properti, sehingga anda dapat melihat mana yang cocok

  1. Daftar Gratis

Sebagai tuan rumah, Anda tidak perlu membayar untuk mendaftarkan properti Anda.

  1. Dapat Menetapkan Harga Sendiri

Sebagai tuan rumah, Anda dapat bebas menentukan harga atau biaya yang harus ditagih bisa per hari, per minggu, atau per bulan. 

  1. Pencarian Dapat Disesuaikan

Tamu dapat mencari di Airbnb yang sesuai dengan keinginannya dengan menuliskan kata kunci yang dicari misalnya “dekat pusat kota” “fasilitas lengkap” dan sebagainya. 

Anda membutuhkan tambahan modal usaha? Pinjaman beragunan properti mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dapat Anda ajukan disini. Tunggu apalagi ajukan sekarang dan kembangkan bisnis Anda! 

analisa saham properti

Pengertian Analisa Saham Properti & Saham Properti Terbaik

Investasi saham kini kian populer terlebih lagi di kalangan anak muda yang ingin mendapatkan keuntungan dan pendapatan selain dari pekerjaan penghasilan tiap bulan. Dari banyaknya instrumen investasi saham menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang. Untuk mendapatkan keuntungan dari berinvestasi saham, maka ada beberapa hal yang bisa anda pelajari salah satunya adalah analisa saham properti.

Apa Itu Analisis Teknikal Saham Properti?

analisa saham properti

Analisa teknikal adalah analisis teknis yang dipakai untuk mengamati pola-pola dasar seperti untuk data harga saham dan volume transaksi saham. Analisis ini dipakai untuk menganalisis harga melalui data harga masa lalu. Dengan data tersebut maka anda bisa melihat adanya sebuah trend atau pola harga yang terjadi seperti saat harga cenderung naik maka trader akan membuka posisi beli. Melalui analisa saham properti ini, Anda juga bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk bertransaksi dan kapan waktu untuk keluar dari pasar atau akses point secara jelas. dengan kemampuan analisa ini maka anda tidak akan membuang waktu untuk transaksi yang tidak efektif.

Analisis teknikal tak hanya dipakai dalam dunia saham tetapi juga bisa untuk instrumen lainnya, seperti valuta asing komoditas dan lain-lain. Jika anda ingin menjadi seorang trader maka penggunaan analisis teknikal ini sangat penting sebelum melakukan investasi jangka panjang.

Analisis teknikal untuk saham biasa dipakai para trader yang cukup aktif dalam bertransaksi saham dalam jangka pendek atau harian. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengamati pola-pola termasuk volume transaksi saham.

Mengenal Pola-Pola Analisis Teknikal Saham

Dalam analisa teknikal saham properti investor juga perlu memahami bagaimana cara membaca chart pattern atau pola. Pola tersebut bisa menggambarkan berbagai pergerakan harga dalam periode tertentu.

  • Pola Penerusan Atau Continuation Pattern

Pola penerusan adalah yang menunjukkan tanda-tanda penerusan harga aset pada pasar modal dari tren sebelumnya. Tren ini cukup bagus untuk melihat sinyal adanya koreksi harga sementara. Selain itu melalui pola penerusan ini maka harga set akan kembali seperti sebelumnya setelah adanya koreksi sementara.

  • Pola Pembalikan Reversal Pattern

Pola pembalikan atau reversal pattern adalah pola yang dengan adanya sinyal yang mengindikasikan pembalikan tren. secara umum munculnya pola ini ada pada puncak ataupun dasar harga.

  •  Bilateral Chart Patterns

Bilateral chart pattern adalah salah satu pola yang cukup rumit karena sinyal harga bisa bergerak ke dua arah sehingga ada anda perlu lebih jeli untuk mempelajari hal ini.

Saham Properti Terbaik Di Indonesia

analisa saham properti

PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN)

PT Agung Podomoro Land merupakan bagian dari Agung Podomoro Group yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 50 tahun di bidang properti. Mereka sudah melantai di bursa saham sejak tahun 2010 dan telah membangun proyek properti di Jawa dan luar pulau Jawa. Sampai saat ini Agung Podomoro Land memiliki 40 anak usaha yang sudah berekspansi membangun superblok kawasan industri dan Mall. Beberapa proyek Agung Podomoro Land antara lain mau Central Park, Neo Soho hingga proyek Township seperti Podomoro Park Bandung dan Podomoro Golf view Cimanggis.

Seperti yang diketahui pada akhir tahun 2020 Agung Podomoro Land membukukan penjualan dan pendapatannya sebesar Rp 4,95 triliun. Agung Podomoro Land menjadi salah satu emiten saham properti terbaik dengan harga Rp120 per lembar.

  • PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)

Bumi Serpong Damai berada di bawah grup Sinarmas Land yang mencatat saham properti dibeli pada pertengahan tahun 2008. Pada akhir semester 1 tahun 2002, pengembang ini membukukan pendapatan pra penjualan senilai Rp 4,5 Triliun dan naik 39,2% dibandingkan tahun lalu. Dengan kekuatan yang dilakukan oleh pengembang ini maka saham properti BSDE cukup menjanjikan. Analisa saham properti ini menargetkan harga Rp 1.500 hingga Rp 1.580 per lembar.

  • PT Summarecon Agung Tbk (SMRA)

Emiten saham properti dengan kode smra ini pemanfaatan PPN properti dari pemerintah dan dan fokus penjualan produk seharga Rp 1 – 2 miliar. Sebuah analisis memperlihatkan bahwa kinerja SMRA cukup bagus pada tahun 2021 di mana mereka mendapatkan market cells hingga Rp 4,8 Triliun. Banyak yang merekomendasikan untuk membeli saham properti SMRA dengan harga saham Rp 1.110 hingga Rp1.300 per lembar.

  • PT Pakuwon Jati Tbk (PWON)

Pakuwon Jati, tahun 2002 emiten dengan saham properti berkode PWON memiliki target marketing sales hingga 1,8 Triliun Rupiah. Selanjutnya Pakuwon Jati juga meluncurkan dua properti residensial high rise, yakni Pakuwon Mall Surabaya dan Pakuwon Bekasi.

Sejak awal tahun lalu harga saham Pakuwon jati tumbuh 0,86% dengan kapitalisasi pasar 22,06 triliun rupiah. Dengan kinerja tersebut maka PWON merekomendasikan pembelian saham ini oleh para analisis sekuritas dengan target rp590 per lembar saham.

  • PT Ciputra development Tbk (CTRA)

PT Ciputra development sudah mengembangkan lebih dari 76 proyek mulai dari kawasan perumahan perkantoran apartemen Rumah Sakit, Mall hingga lapangan golf. Mereka juga sudah mau akuisisi PT Metropolitan Land atau MTLA Yang memiliki cadangan lahan lebih dari 600 hektar. Para analis sekuritas merekomendasikan CTRA sebagai saham properti yang perlu anda miliki mengingat terdapat tambahan pendapatan grup pelayanan kesehatan yang naik signifikan hingga 94% per tahun. 

Dengan berbekal analisa saham properti yang mendasar ini, maka Anda pun siap untuk lebih percaya diri memilih saham properti mana yang menjanjikan untuk investasi Anda. Sama halnya saat Anda memilih fintech lending yang aman dan terpercaya untuk solusi modal usaha Anda, seperti Lancar by Danamas. Pinjaman modal usaha dari Danamas bisa jadi pilihan bijak di tengah sulitnya mendapatkan modal bisnis bahkan hingga Rp 2 miliar. Coba daftar dan ajukan pinjaman Anda di aplikasinya yang bisa diunduh di smartphone Anda.

cara menyewakan rumah

Cara Menyewakan Rumah Agar Diminati Banyak Konsumen

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui festival income. Salah satunya adalah dengan menyewakan properti yang anda miliki seperti rumah atau apartemen. Menyewakan rumah sudah dilakukan oleh banyak orang dari zaman dahulu karena merasa bahwa cara Ini adalah cara yang cukup praktis dalam berinvestasi. Nah bagi Anda yang ingin tahu cara menyewakan rumah dan bagaimana bisa mendapatkan konsumen yang akan menyewakan rumah Anda secara cepat berikut ulasannya.

Tips Sebelum Menyewakan Rumah

  • Tentukan Harga Sewa Rumah

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menentukan harga sewa rumah. Sebaiknya harga sewa rumah yang anda keluarkan harus mengikuti pasaran harga saat ini dengan mengacu pada luas bangunan dan tanah yang dimiliki.Pertimbangan harus harga sewa sebaiknya dipikirkan secara matang karena jangan sampai harga tersebut terlalu murah ataupun terlalu mahal. Jika rumah Anda berada di pinggir jalan atau berada di area memiliki akses dengan mudah maka harga sewa pun bisa cukup tinggi.

  • Benahi Kondisi Properti

Sebelum anda menyewakan rumah maka sebaiknya cek kondisi rumah Anda seperti apakah ada di negara tak cat yang kusam genteng yang bocor dan lain-lain. Dengan kondisi rumah yang baik maka harga yang bisa disewakan pun juga tinggi karena kondisi rumahnya terawat. Sebelum melakukan renovasi maka anda bisa menentukan budget yang akan dikeluarkan lalu rencanakan anggaran untuk renovasi rumah sebelum disewakan.

cara menyewakan rumah
  • Tentukan Skema Sewa

Anda bisa menentukan bagaimana sistem skema sewa yang bisa anda terapkan untuk rumah Anda apakah skema sewanya tahunan bulanan atau harian. Selain itu apakah rumah yang anda sewakan memiliki skema uang deposit terlebih dahulu dan coba pikirkan bagaimana sistem pembayaran sewanya. Hal-hal tersebut harus menjadi pertimbangan sebelum anda tahu cara menyewakan rumah dengan menentukan skema ini maka Anda bisa memilih cara mana yang menguntungkan bagi anda dan menarik bagi penyewa. Selain itu coba buat rincian biaya biaya listrik air Apakah juga termasuk kedalam harga sewa rumah atau tidak. 

  • Pasarkan Properti Secara Online

Agar Anda bisa mendapatkan penyewa dengan cepat maka hal yang bisa anda lakukan adalah menyewakan properti dan mempromosikannya melalui media sosial dan situs-situs sewa properti online. Jika anda memiliki budget lebih maka anda bisa memasang iklan sewa properti di berbagai situs online. semakin banyak Anda mengiklankan properti anda maka peluang untuk mendapatkan penyewa pun bisa lebih cepat. Jangan lupa untuk menyertakan foto properti yang menarik dan jelas sehingga konsumen bisa melihat setiap sudut properti yang anda miliki dan menarik konsumen.

  • Buat Kriteria Penyewa Rumah

Sebelum anda menyewakan rumah maka penting sekali untuk membuat kriteria penyewa rumah sesuai dengan keinginan anda. Kriteria tersebut seperti apakah rumah yang dikontrakan khusus untuk laki-laki atau perempuan saja, Apakah rumah yang disewakan untuk keluarga atau mahasiswa, Apa pekerjaan yang sekiranya cocok untuk bisa menyewa di rumah Anda dan lain-lain.

  • Pahami Ketentuan Pajak

Bagi Anda yang ingin menyewakan rumahnya maka anda harus memperhatikan ketentuan pajak. Sewa menyewa rumah juga dikenakan pajak yaitu sebesar 10% dari nilai bruto persewaan tanah atau bangunan. Ketentuan tersebut tertuang pada keputusan Menteri Keuangan nomor 120/kmk. nol 3/2002 tentang perubahan keputusan Menteri Keuangan Nomor 39 4/3 MK. 0 4/1996 tentang pelaksanaan pembayaran dan pemotongan pajak penghasilan atas penghasilan dari persewaan tanah atau bangunan. Selain itu Anda juga perlu membayar PBB atau pajak bumi dan bangunan bagi rumah yang anda sewakan.

  • Catat Benda Atau Barang-Barang Yang Ada Di Rumah Anda

Sebelum ada menyewakan rumah maka hal penting lainnya adalah dengan mencatat benda-benda yang ada di dalam rumah anda jika rumah yang anda sewakan tidak kosong 100%. Catatan ini bisa membantu anda untuk meminimalisir kerugian yang mungkin saja di terjadi saat rumah disewakan. Selain itu Anda juga perlu untuk membuat klausul perjanjian khusus calon penyewa. Namun jika anda memiliki perabotan yang sangat berharga maka disarankan untuk disimpan sendiri dan jangan ditempatkan di rumah yang ingin disewakan.

  • Buat Kontrak Perjanjian

Setelah anda menemukan penyewa maka hal selanjutnya adalah proses perjanjian sewa dengan penyewa. Anda perlu membuat kontrak sewa yang bisa menguntungkan bagi kedua belah pihak. Kontrak perjanjian sewa rumah ini berfungsi untuk mengamankan dan melindungi aset properti anda maka dari itu penting untuk menekankan pasal-pasal yang bisa melindungi aset anda dalam kontrak. Jangan lupa untuk paparkan secara detail dan jelas tentang hak dan kewajiban penyewa.

Jika anda memiliki skema uang deposit selama masa kontrak berjalan maka ini bermanfaat untuk berbagai kerusakan properti yang bisa saja terjadi saat masa kontrak. Maka uang deposit tersebut bisa dijadikan sebagai kompensasi atas kerusakan tersebut.

Cara Agar Menyewakan Rumah Lebih Cepat

cara menyewakan rumah
  • Pasang Iklan Di Media Cetak Dan Elektronik

Pemasangan iklan adalah salah satu cara yang digunakan oleh banyak orang untuk mengiklankan properti mereka seperti rumah atau apartemen agar cepat laku. Ada banyak situs yang menyediakan tempat untuk Anda beriklan properti sehingga Kesempatan untuk mendapatkan penyewa pun akan lebih cepat.

  •  Bersihkan Halaman Rumah

Tampilan rumah juga menentukan bagaimana rumah Anda akan cepat laku atau tidak. Anda bisa membersihkan rumah dan hindari rumput-rumput yang tinggi dan pangkas rambut agar terlihat rapi. Jangan lupa selalu sapu halaman terlebih lagi jika ada banyak daun-daun kering yang berserakan. Jangan lupa untuk memohon dahan pohon agar tidak memberikan kesan rumah yang terbengkalai.

  •  Pastikan Atap Rumah Aman

Hal yang bisa anda cek lainnya adalah dengan memastikan rumah tidak bocor terlebih lagi saat hujan deras. Pastikan tidak ada genteng yang renggang renggang sehingga bisa berpotensi atap bocor saat hujan. Ini sering terjadi pada rumah yang disewakan untuk itu anda perlu memastikan bahwa rumah tersebut sudah aman dan nyaman. 

Baca juga: Seberapa Besar Pengeluaran Pemilik Rumah & Cara Atur Uangnya

Dengan mengetahui tips sebelum menyewakan rumah ini, maka Anda bisa lebih siap untuk berbisnis melalui properti yang Anda miliki. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan berbagai tips diatas. Mempersiapkan diri sebelum berbisnis itu sangat penting seperti halnya saat Anda mempersiapkan modal usaha. Untuk bisa memenuhi modal usaha yang cukup banyak, maka Anda bisa dapatkan dari fintech lending berizin OJK, Danamas. Di Danamas, Anda memiliki kesempatan untuk bisa dapatkan pinjaman modal usaha hingga Rp 2 miliar dengan suku bunga yang rendah. Coba simulasikan pinjaman Anda di website Danamas