Biaya balik nama sertifikat rumah

Memiliki sebuah properti baru merupakan sebuah hal yang menyenangkan. Namun, ketika anda membeli sebuah properti baru, proses membuat properti itu menjadi milik anda tidak berhenti di sebatas membelinya. Proses tersebut dinamakan biaya balik nama sertifikat rumah. Simak artikel ini untuk tahu lebih lanjut, yuk! 

Apa Itu Biaya balik nama sertifikat rumah?

Biaya balik nama sertifikat rumah adalah sebuah istilah yang diberikan untuk proses pergantian nama yang tertulis di Sertifikat Hak Milik seseorang untuk sebuah properti. Hal ini merupakan proses pergantian nama penjual menjadi nama pembeli properti tersebut. Prosedur ini merupakan sebuah prosedur yang penting karena hal ini merupakan sebuah bukti kepemilikan atas properti yang dijanjikan. 

Biasanya, biaya balik nama sertifikat rumah dapat dilakukan secara mandiri atau melalui notaris. 

Contoh biaya balik nama sertifikat adalah ketika anda membeli sebuah properti yang sebelumnya merupakan milik seseorang. Dengan anda membeli properti tersebut, tentu anda harus memiliki sebuah tanda hak milik. 

Dengan ini, Sertifikat Hak Milik (SHM) harus diganti menjadi nama anda sebagai pemilik properti yang sekarang. Hal ini dapat dilakukan dengan mandiri atau melalui perantara notaris. Pilihan ini adalah menjadi pilihan anda sendiri. 

Jika anda hendak menggunakan properti tersebut sebagai sebuah jaminan di pinjaman online seperti Lancar by Danamas, pastikan anda memiliki sertifikat rumah tersebut atas nama anda dan bukan milik penjual yang memiliki properti tersebut.

Daftar Biaya balik nama sertifikat rumah

Biaya balik nama sertifikat rumah

Biaya balik nama sertifikat rumah memiliki dua cara yang berbeda dan semuanya tergantung bagaimana anda akan mendaftarkan biaya balik nama sertifikat rumah tersebut. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Melalui PPAT

Biaya yang perlu dikeluarkan jika melakukan balik nama di PPAT adalah sekitar 0.5% hingga 1% dari total nilai transaksi, dimana hal tersebut sudah termasuk dengan biaya pengecekan sertifikat serta pembuatan akta jual beli, balik nama dan jasa PPAT. Ada juga yang memperhitungkan biaya dengan rincian sebagai berikut:

  • Biaya notaris mulai dari 200 ribu rupiah 
  • Pengecekan sertifikat yang tergantung kebijakan kantor BPN setempat, yang bisa berkisar antara 25-100 ribu rupiah
  • Biaya balik nama sertifikat rumah itu sendiri yang tergantung dengan nilai NJOP daerah 
  • 5% dari nilai transaksi untuk ongkos AJB 
  1. Secara mandiri

Jika secara mandiri, anda tidak harus memikirkan biaya yang lebih banyak. Namun, tetap ada sebuah cara untuk menghitung biaya untuk balik nama sertifikat rumah. Rumus tersebut adalah sebagai berikut:

Nilai tanah x luas tanah : 1.000

Setelah menghitung demikian, pastikan anda menambahkan 25 ribu untuk biaya pembuatan sertifikat. Jika sudah, itu adalah bayaran yang anda harus penuhi jika anda melakukan balik nama sertifikat rumah secara mandiri

Biaya balik nama sertifikat rumah

Syarat Biaya balik nama sertifikat rumah

Menurut situs Kompas, Kementerian ATR/BPN mengungkapkan bahwa dokumen berikut ini adalah dokumen wajib dipersiapkan jika ingin melakukan biaya balik nama sertifikat rumah: 

  • Formulir permohonan yang sudah diisi dan ditandatangani pemohon di atas materai
  • Surat Kuasa apabila dikuasakan
  • Fotokopi identitas pemohon/pemegang dan penerima hak (KTP, KK) yang sudah disesuaikan sebelumnya oleh petugas loket 
  • Sertifikat tanah asli oleh sisi penjual
  • Fotokopi akta pendirian dan pengesahan badan hukum diperlukan dan nanti akan dicocokan dengan yang asli 
  • Sertifikat Tanah Asli Akta Jual Beli Tanah dari PPAT 
  • Izin pemindahan hak yang menyatakan bahwa pemindahan ini diperbolehkan dilakukan jika sudah memperoleh izin dari instansi berwenang 
  • Hasil fotokopi SPPT dan PBB sesuai dengan jumlah yang diperlukan
  • Bukti Subsidi Selisih Bunga (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan)

Namun, jika anda melakukan balik nama, dokumen yang dibutuhkan menjadi lebih sedikit. Berikut adalah daftar-daftar dokumen tersebut:

  • Surat pengantar dari PPAT
  • SPPT PBB
  • Surat pernyataan dari calon penerima hak

Baca juga:

Gadai Sertifikat Rumah: Bagaimana Pengajuannya & Dimana?

Cara Hitung Biaya Bangun Rumah Per Meter Mudah Dipahami

Cara balik nama sertifikat rumah

Cara untuk melakukan balik nama sertifikat rumah dapat dibagi jadi dua, yakni dengan menggunakan jasa PPAT atau melakukannya dengan mandiri. Jika menggunakan jasa PPAT, pastikan anda memberikan dokumen yang diperlukan sebelum melakukan proses balik nama sertifikat. 

Namun, jika anda memutuskan untuk melakukannya pribadi dan mendatangi PBN yang bersangkutan, berikut adalah langkah-langkah cara balik nama sertifikat rumah jika anda ingin mengurusnya sendiri, dilansir dari situs Triyasa.co.id:

  • Siapkan dokumen yang diperlukan
  • Bawa dokumen ke kantor PBN, dimana pihak PBN akan memberikan bukti penerimaan permohonan balik nama
  • Pihak PBN akan mencoret nama pemegang hak lama, kemudian mengubahnya menjadi pemegang hak baru (Hal ini bisa diganti di buku tanah maupun sertifikat)
  • Menunggu proses setelah semua berkas sudah dibubuhi paraf kepala BPN, dan menunggu selama 14 hari kerja
  • Lakukan pengecekan keabsahan sertifikat lembaga terkait untuk mengetahui tentang properti anda lebih lanjut

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Asuransi Apartemen

Asuransi Apartemen: Manfaat dan Perhitungannya

Memiliki apartemen, tentunya wajib untuk memiliki asuransi. Asuransi apartemen sangat penting karena apabila terjadi kerusakan hingga kehilangan aset, kerugian Anda akan lebih terminimalisir dengan adanya asuransi apartemen. Simak artikel ini untuk tahu mengenai asuransi apartemen lebih dalam. 

Apa Itu Asuransi Apartemen?

Asuransi apartemen merupakan suatu produk jaminan properti yang digunakan untuk menanggung kerugian terhadap aset apartemen beserta dengan isinya. Apalagi apartemen rentan terkena risiko kebakaran atau kerusakan seperti pipa bocor, maka apartemen biasanya sudah diasuransikan secara kolektif oleh pengembang. 

Walaupun sudah diasuransikan oleh pengembang, Anda tetap membutuhkan perlindungan untuk barang barang yang berharga di dalamnya. 

Manfaat Asuransi Apartemen

Pada dasarnya, asuransi apartemen menawarkan kenyamanan dan beberapa manfaat pertanggungan serta pengecualian. Pada pertanggungan, memberikan ganti rugi apabila aset apartemen dan perabotnya mengalami kerusakan selain itu juga akibat: 

  • Kebakaran
  • Huru hara,gempa bumi, badai, banjir
  • Pencurian dengan kekerasan
  • Kerusakan pipa
  • Dampak fisik 

Selain pertanggungan, juga ada pengecualian pada asuransi apartemen yakni:

  • Kontaminasi radioaktif nuklir
  • Kecerobohan tertanggung atau yang mewakili tertanggung
  • Polusi dan pencemaran lingkungan
  • Properti yang sedang dalam masa konstruksi
  • Karat, korosi, jamur, kutu, larva serangga
  • Biaya pemeliharaan 

Dasar Hukum Asuransi Apartemen

Ada dasar hukum yang tertuang dalam mengasuransikan apartemen yang menjadi kewajiban pengelola dan penghuni apartemen. Berikut ini adalah peraturan pemerintah yang mengatur tentang asuransi apartemen tertuang dalam Peraturan Pemerintah no 4 tahun 1988 yakni pasal 61 ayat 2b yang menyatakan bahwa setiap penghuni apartemen wajib membayar iuran pengelolaan dan premi asuransi kebakaran. Selain itu juga pada pasal 70  yang berbunyi “Perhimpunan Penghuni harus mengasuransikan rumah susun terhadap kebakaran”. 

Apabila peraturan ini tidak dijalankan, maka akan  ada sanksi.  Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1988 pada Pasal 77 yang menyatakan bahwa “barangsiapa yang melanggar ketentuan, maka akan diancam dengan pidana maksimal satu tahun dan atau denda setinggi tingginya Rp 1 Juta. 

Tips Memilih Asuransi Apartemen

  • Perhatikan Manfaat yang Ditawarkan 

Sebelum memilih asuransi, penting untuk mengetahui apa saja hal yang ditanggung dalam asuransi. Baca dengan seksama dan tanyakan pada agen yang bersangkutan untuk menjelaskan dengan detail ketentuan dan manfaat yang didapat. 

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan 

Sesuaikan manfaat pertanggungan dengan apa yang Anda butuhkan. Jangan membeli asuransi perlindungan yang tidak Anda butuhkan karena akan memberatkan biaya premi. 

Perhitungan Asuransi Apartemen

Dalam menghitung biaya premi asuransi, perlu diperhatikan bahwa terdapat biaya sendiri, atau biaya yang dikeluarkan sendiri oleh nasabah ketika hendak mengajukan klaim. Biasanya adalah 5% dari klaim yang dibayarkan. 

Dalam menghitung biaya premi asuransi, Anda juga perlu menjumlahkan nilai aset yang dimiliki, kemudian dari pihak asuransi akan memberikan premi sesuai dengan jumlah lantai apartemen. 

Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Rumah & Cara Hitung Preminya

Properti untuk Modal usaha

Lancar by danamas merupakan pinjaman modal usaha yang menggunakan agunan properti. Hanya dengan dokumen dari properti misal seperti apartemen, rumah, ruko, tanah, dan lain sebagainya, Anda bisa mendapatkan pinjaman modal untuk ekspansi bisnis. Lancar by Danamas menyediakan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Cek nilai properti Anda disini dan ajukan pinjamannya. 

Asuransi Rumah Sinarmas

Asuransi Sinarmas yang Cocok untuk Hunian

Tahukah Anda bahwa selain asuransi kesehatan dan jiwa, asuransi untuk proteksi terhadap rumah tinggal juga penting untuk dimiliki? Seberapa pentingkah memiliki asuransi untuk rumah tinggal? Simak dalam artikel ini.

Pengertian Asuransi Rumah Sinarmas

Asuransi Rumah Sinarmas

Rumah merupakan tempat yang setiap hari Anda huni. Banyak risiko yang mungkin dapat terjadi atas rumah tinggal. Beberapa risiko seperti kebakaran, kerusuhan,bencana alam, banjir dan sebagainya dapat membuat kerugian. 

Untuk menghindari adanya kerugian tersebut maka asuransi menjadi sangat penting. Asuransi dapat memberikan penggantian atas kerugian yang dihadapi nasabah apabila rumah mengalami risiko sehingga dapat memberikan rasa aman untuk Anda beserta dengan keluarga.

Asuransi Sinarmas merupakan memiliki produk asuransi untuk proteksi rumah yakni Simas Rumah Hemat ++. Asuransi Simas Rumah Hemat ++ memiliki jaminan asuransi yang lengkap untuk rumah tinggal dan perabot rumah tangga Anda. Asuransi ini dirancang untuk memberikan jaminan asuransi terlengkap guna melindungi rumah Anda terhadap kerugian.

Produk Asuransi Rumah Sinarmas

Simas Rumah Hemat ++ memberikan tujuh jaminan dasar yang terdiri dari perlindungan terhadap risiko 

  1. Kebakaran
  2. Kerusuhan, pemogokan, perbuatan jahat, huru hara, terorisme, dan sabotase
  3. Gempa Bumi
  4. Kebanjiran
  5. Kebongkaran dan pencurian termasuk kebongkaran dan pencurian benda antik
  6. Kerusakan yang tidak terduga
  7. Tertabrak kendaraan      

Klaim Asuransi Sinarmas

Asuransi Rumah Sinarmas

Dalam asuransi, tentunya terdapat suatu proses yang disebut dengan klaim. Klaim merupakan suatu proses yang dilakukan oleh nasabah (tertanggung) untuk meminta ganti rugi kepada perusahaan asuransi (penanggung) atas kerusakan atau kerugian yang dialami atas suatu objek yang diasuransikan. 

Untuk dapat mengajukan klaim asuransi Sinarmas, Anda bisa menghubungi customer service di email [email protected] atau melalui alamat dan nomor yang tersedia pada website asuransi Sinarmas. 

Baca juga:

Tips Memilih Asuransi Rumah & Cara Hitung Preminya

Bisnis Properti: Persiapan & Keuntungan Investasi Properti

Pinjaman Beragunan Properti untuk Modal Usaha 

Selain asuransi untuk melindungi rumah atau properti Anda, Sinarmas juga memiliki produk pinjaman beragunan properti yakni Lancar by Danamas. Platform digital financial yang telah legal dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini berada dibawah naungan Sinarmas Group, yang dapat membantu Anda memberikan pinjaman modal mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2miliar untuk kebutuhan pengembangan usaha.

Bisnis properti untuk mahasiswa

Tips Bisnis di Bidang Properti untuk Mahasiswa 

Anda seorang mahasiswa? Ingin mendapatkan uang tambahan? Bisnis atau usaha di bidang properti dengan modal minim ternyata bisa lho dilakukan oleh para mahasiswa. Simak beberapa tips untuk menjalankan bisnis di bidang properti untuk para mahasiswa berikut ini. 

Pilihan Bisnis Properti untuk Mahasiswa

Bisnis properti untuk mahasiswa

Siapa bilang mahasiswa tidak bisa menjalankan bisnis di bidang properti? Asal ada kemauan dan niat pasti bisa Anda lakukan. Inilah pilihan bisnis atau usaha di bidang properti untuk mahasiswa:

  1. Agen atau Broker Properti Paruh Waktu 

Meskipun sebagai mahasiswa, tentu kewajiban utamanya adalah belajar dan menyelesaikan kuliah. Anda bisa membagi waktu antara perkuliahan dan pekerjaan dengan status pekerja paruh waktu. 

Anda bisa bergabung dengan perusahaan broker rumah misalnya seperti Ray White, Century 21, dan sebagainya. Benefit dari menjadi agen properti adalah Anda akan mendapatkan pelatihan dan informasi mengenai properti, serta komisi. 

  1. Jasa Pencarian Indekos

Jika Anda merupakan mahasiswa kost dan mengenal daerah sekitar kampus yang memiliki kosan atau kontrakan kosong, bisa menjadi peluang untuk Anda memulai bisnis. Caranya dengan meminta izin kepada pemilik kos atau kontrakan tersebut dan kemudian Anda bisa membuat iklan untuk mempromosikan rumah tersebut kepada mahasiswa atau orang lainnya. Anda juga bisa mendapatkan komisi dari hasil promosi tersebut. 

  1. Situs Jualan Properti

Apabila Anda memiliki keahlian di bidang IT, atau pemasaran digital, Anda bisa membuka sebuah situs properti. Apabila situs tersebut berhasil dan menarik banyak orang, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan dan mungkin saja memperoleh keuntungan dari orang yang memasang iklan di situs buatanmu.

Tips Bisnis Bidang Properti untuk Mahasiswa

Bisnis properti untuk mahasiswa

Berikut ini adalah tips untuk Anda para mahasiswa yang ingin menjalankan bisnis di bidang properti. 

  1. Membantu menjual properti kepada orang terdekat 

Jika Anda memiliki jaringan sosial yang luas, maka mulailah dengan membantu orang disekitar Anda untuk menemukan rumah yang mereka inginkan. Gunakan media sosial sebagai sarana untuk mendukung pekerjaan tersebut. 

  1. Melihat Trend Terbaru

Perumahan atau properti tentunya juga memiliki trend dan terus berkembang. Belakangan ini gaya minimalis menjadi trend yang cukup disukai masyarakat. Anda tentunya harus memahami gaya dan mempelajari trend yang disukai oleh orang. Dengan demikian, konsumen akan yakin bahwa Anda ahli dibidang properti dan dapat diandalkan. 

Baca juga:

Plus Minus Bisnis Properti dan Cara Menyewakannya

Tips Investasi Properti & Cara Hadapi Tantangannya

  1. Mempelajari Properti dengan Baik 

Jika Anda seorang mahasiswa yang tertarik dengan bisnis properti, maka pelajarilah hal yang berkaitan dengan properti dan cara pemasarannya. Pelajari mengenai properti yang ingin anda jual, mulai dari kondisi lingkungannya, kekuatan bangunan, dan tentu saja cara memasarkannya.  

  1. Menjadi Pekerja di Agen Properti.

Tidak ada salahnya untuk mengambil pengalaman bekerja di agen properti, sebelum benar- benar terjun secara mandiri dan membuka bisnis properti. Dengan bekerja di agen properti, Anda akan mendapatkan pengalaman yang bagus mengenai seluk beluk dunia properti dan langkah yang tepat dalam mengembangkan bisnis properti.  

Kendala dalam Bisnis Properti

Bisnis properti untuk mahasiswa

Dalam setiap bisnis pastinya akan dijumpai beberapa kendala. Berikut ini adalah kendala yang mungkin saja akan terjadi dalam bisnis properti, misalnya:

  1. Kurang Berpengalaman

Dalam bisnis pastinya akan ada pengalaman pertama, seorang pemula  kerap kali membutuhkan banyak pengalaman sehingga bisa mendapatkan konsumen atau pelanggan yang banyak. 

Kurangnya pengalaman inilah yang membuat para mahasiswa mungkin akan gagal dalam mendapatkan konsumen. Teruslah bersemangat, karena di awal mungkin akan terasa susah, namun lama-kelamaan akan terbiasa.  

  1. Kurang Minat dan Tidak Konsisten

Sebagai seorang mahasiswa, mungkin Anda akan disibukkan dengan berbagai tugas dan kegiatan perkuliahan. Minat untuk menjadi seorang pebisnis di bidang properti mungkin hanya tumbuh di awal- awal saja dan tidak dijalani dengan konsisten. Hal ini bisa menjadi kendala para mahasiswa untuk melanjutkan bisnis di bidang properti. 

  1. Modal

Modal merupakan salah satu hambatan terbesar yang bisa menghentikan langkah seorang mahasiswa untuk menjalankan bisnis. Anda bisa meminjam dari orang tua atau mungkin melakukan kerja sama dengan teman untuk mendapatkan tambahan modal.

Bidang Properti menjadi salah satu bisnis yang memiliki peminat tinggi, terutama di kalangan mahasiswa juga. Namun, bila Anda ingin mengembangkan usaha di bidang lain  dan membutuhkan tambahan modal, Anda bisa memanfaatkan properti sebagai aset berharga yang dijadikan sebagai agunan. Lancar by Danamas hadir sebagai solusi pinjaman modal usaha mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar. Anda dapat mengetahui besaran pinjaman yang didapat dengan mencoba simulator perhitungan pinjaman di sini!