surat perjanjian jual beli rumah

Saat anda ingin menjual rumah sebaiknya selalu dilengkapi dengan surat perjanjian jual beli rumah. Pada surat perjanjian jual beli rumah ada berbagai hal-hal penting yang perlu Anda ketahui dan lengkapi di dalamnya. Surat perjanjian ini tidak bisa dianggap sepele karena akan berakibat merugikan bagi pemilik rumah. Untuk itu dalam pembuatan surat perjanjian jual beli rumah harus dibuat dengan sebaik-baiknya agar bisa menjadi bukti konkrit atas jual beli rumah Anda.

Pada surat perjanjian jual beli rumah diJelaskan hak dan kewajiban, baik untuk konsumen maupun penjual atau pengembang. Berikut panduan bagi anda tentang surat perjanjian jual beli rumah yang perlu diketahui.

Berdasarkan Undang-Undang Hukum Perdata pasal 14 ayat 57, dinyatakan bahwa jual-beli adalah sebuah persetujuan dengan dengan mana pihak yang satu mengikatkan dirinya untuk menyerahkan sebuah benda dan pihak lain membayar harga yang sudah dijanjikan. Ini artinya transaksi jual-beli Ini adalah sebuah perjanjian yang harus dijamin secara tertulis. 

Untuk itu dibuatlah surat perjanjian jual-beli yang nantinya akan mengikat kedua belah pihak. Surat ini nantinya akan menjadi bukti transaksi sekaligus memastikan kedua pihak sudah melaksanakan kewajibannya masing-masing.

Hal Penting Dalam Surat Perjanjian Jual Beli Rumah

surat perjanjian jual beli rumah
  1. Identitas Kedua Belah Pihak

Hal pertama yang perlu Anda cantumkan dalam surat perjanjian jual beli rumah adalah nama dan identitas serta pemberian label pihak pertama juga pihak kedua. Ini ditujukan bagi mereka yang memiliki rumah atau disebut sebagai penjual. Pihak kedua adalah ia yang hendak membeli rumah tersebut.

  1. Detail Objek Yang Diperjanjikan

Jenis surat perjanjian jual beli rumah harus menunjukkan identifikasi rumah yang menjadi objek. Isi dari detail objek tersebut bisa berupa nomor sertifikat alamat lengkap nomor gambar situasi rumah luas tanah luas bangunan dan lain-lain. Hal ini diperjelas dalam jenis surat perjanjian jual-beli rumah untuk menandai hunian yang akan diperjualbelikan.

  1. Harga Dan Cara Pembayaran

Pada surat perjanjian jual beli rumah juga harus mencakup tiga hal yaitu harga tanah yang dijual. Harga bangunan rumah dan akumulasi harga keduanya. Anda juga bisa mencantumkan cara pembayarannya seperti tunai dicicil atau KPR dengan mencantumkan tanggal terakhir untuk pelunasan.

  1. Informasi Jaminan Kepemilikan

Lalu cantumkan juga jaminan kepemilikan dalam jenis surat perjanjian jual beli rumah. Sebutkan juga bahwa tanah yang dijual bukan tanah sengketa tanah waris atau jaminan hutang. Hal ini memperjelas jaminan kepemilikan dari rumah tersebut. untuk mengukuhkannya, maka perlu ada dua saksi yang dapat menjamin keaslian nya.

  1. Pasal Dalam Surat Perjanjian Dan Masa Berlaku

Cantumkan juga masa berlaku perjanjian jual beli rumah tersebut seperti contoh jika ada pihak pertama meninggal dunia maka jenis surat perjanjian jual beli dapat tetap berlangsung dan diwakili oleh pewaris sah nya. Ada juga ketentuan lain yang bisa dicantumkan antara lain:

  • Proses balik nama kepemilikan juga kewajiban pembayaran biaya balik nama yang akan ditanggung kedua belah pihak.
  • Uang tanda jadi untuk mengesahkan status dimulainya proses jual beli
  • Serah terima dan status kepemilikan seperti kapan akan dilakukan penyerahan rumah dan sertifikat juga kuncinya
  • Pajak iuran dan pungutan yang akan mulai ditanggung pihak pembeli setelah penandatanganan
  • Hal lain seperti cara menyelesaikan sengketa atau sanksi sanksi pelanggaran Perjanjian

Jenis Surat Perjanjian Jual Beli Rumah

  1. Perjanjian pengikat jual beli (PPJB)

Perjanjian pengikat jual beli (PPJB) adalah surat perjanjian ini memiliki tujuan sebagai pengikat sementara lagi. Anda membuat AJB resmi dihadapan pejabat pembuat akta tanah atau PPAT. PPJB adalah kesepakatan penjual untuk mengikatkan diri di penjual kepada pembeli disertai pemberian tanda jadi atau uang muka berdasarkan kesepakatan.

Jenis surat perjanjian jual beli rumah ini dibuat saat pembayaran belum lunas. Isi pada jenis surat perjanjian jual beli jual beli rumah ini antara lain waktu pelunasan harga ketentuan dibuatnya AJB. Tak hanya itu lengkapi juga dengan objek pengikat jual beli kewajiban dan jaminan penjual isi perjanjian pengikatan jual beli sesuai keputusan pemerintah dan kewajiban bagi pembeli.

  1. Pengikatan Jual Beli atau PJB

Jenis surat perjanjian jual beli selanjutnya adalah pengikatan jual beli atau PJB. PJB menjelaskan kesepakatan penjual untuk menjual properti miliknya kepada pembeli yang dibuat dengan akta notaris. Dengan adanya PDB ini bisa membantu konsumen jika ingin menjual properti nya dengan alasan tertentu seperti belum melunasi pembayaran. Jenis PDB ada dua macam yaitu PPJB lunas dan PJB tidak lunas.

PJB lunas menjelaskan transaksi atas objek jual-beli yang ada di luar wilayah kerja notaris atau PPAT yang bersangkutan. Sedangkan pada PJB tidak lunas dibuat apabila pembayaran harga jual-beli belum lunas diterima oleh penjual. BJB yang tidak lunas hal-hal yang akan dicantumkan seperti jumlah uang muka yang dibayarkan pada saat penandatanganan akta PPJB, waktu pelunasan dan sanksi yang akan diberikan.

  1. Akta Jual Beli atau AJB

Jenis surat perjanjian akta jual beli ini ini adalah akta otentik yang dibuat dan dikeluarkan oleh PPAT. Akta Jual Beli bertujuan sebagai peralihan hak atas tanah dan bangunan. pada aturan pembuatan AJB bersifat baku karena mengacu pada Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 8 tahun 2012 tentang pendaftaran tanah. 

Setelah AJP diterima maka anda bisa melakukan proses balik nama dengan mengajukan pendaftaran peralihan hak ke Kantor Pertanahan setempat. Jika proses ini sudah selesai maka hak atas tanah dan bangunan sudah berpindah dari penjual kepada pembeli.

Fungsi Surat Perjanjian Jual Beli Rumah

surat perjanjian jual beli rumah

Mengetahui jenis surat perjanjian jual beli rumah lalu apa saja kegunaannya. Berikut fungsi dari surat perjanjian jual beli rumah:

  • Sebagai tanda jadi terjadinya transaksi jual-beli tanah atau hunian
  • Mencegah terjadinya perselisihan antara kedua belah pihak
  • Menjabarkan dengan jelas hak dan tanggungjawab masing-masing pihak yang terlibat
  • Saat terjadi sengketa, surat perjanjian jual beli rumah menjadi rujukan utama dalam menyelesaikan perselisihan dan dapat menjadi bukti sah dalam gugatan hukum perdata.
  • Mengatur sanksi pelanggaran terhadap pasal-pasal
  • Menciptakan keamanan dan rasa tenang bagi penjual dan pembeli

Dengan memiliki dokumen yang lengkap atas properti Anda, maka ini tentu keuntungan bagi Anda. Berbagai manfaat dokumen penting ini bisa juga sebagai tambahan modal usaha lewat pinjaman beragunan properti. Fintech lending berizin dan yang diawasi oleh OJK adalah Lancar by Danamas yang mampu mendukung ekonomi lewat pendanaan bisnis UMKM. Anda bisa mendapatkan modal usaha limit besar hingga Rp 2 miliar dengan pinjaman agunan properti. Coba simulasikan properti Anda untuk bisa dijadikan agunan di Lancar by Danamas.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah

surat perjanjian jual beli rumah

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Asuransi Apartemen

Asuransi Apartemen: Manfaat dan Perhitungannya

Memiliki apartemen, tentunya wajib untuk memiliki asuransi. Asuransi apartemen sangat penting karena apabila terjadi kerusakan hingga kehilangan aset, kerugian Anda akan lebih terminimalisir dengan adanya asuransi apartemen. Simak artikel ini untuk tahu mengenai asuransi apartemen lebih dalam. 

Apa Itu Asuransi Apartemen?

Asuransi apartemen merupakan suatu produk jaminan properti yang digunakan untuk menanggung kerugian terhadap aset apartemen beserta dengan isinya. Apalagi apartemen rentan terkena risiko kebakaran atau kerusakan seperti pipa bocor, maka apartemen biasanya sudah diasuransikan secara kolektif oleh pengembang. 

Walaupun sudah diasuransikan oleh pengembang, Anda tetap membutuhkan perlindungan untuk barang barang yang berharga di dalamnya. 

Manfaat Asuransi Apartemen

Pada dasarnya, asuransi apartemen menawarkan kenyamanan dan beberapa manfaat pertanggungan serta pengecualian. Pada pertanggungan, memberikan ganti rugi apabila aset apartemen dan perabotnya mengalami kerusakan selain itu juga akibat: 

  • Kebakaran
  • Huru hara,gempa bumi, badai, banjir
  • Pencurian dengan kekerasan
  • Kerusakan pipa
  • Dampak fisik 

Selain pertanggungan, juga ada pengecualian pada asuransi apartemen yakni:

  • Kontaminasi radioaktif nuklir
  • Kecerobohan tertanggung atau yang mewakili tertanggung
  • Polusi dan pencemaran lingkungan
  • Properti yang sedang dalam masa konstruksi
  • Karat, korosi, jamur, kutu, larva serangga
  • Biaya pemeliharaan 

Dasar Hukum Asuransi Apartemen

Ada dasar hukum yang tertuang dalam mengasuransikan apartemen yang menjadi kewajiban pengelola dan penghuni apartemen. Berikut ini adalah peraturan pemerintah yang mengatur tentang asuransi apartemen tertuang dalam Peraturan Pemerintah no 4 tahun 1988 yakni pasal 61 ayat 2b yang menyatakan bahwa setiap penghuni apartemen wajib membayar iuran pengelolaan dan premi asuransi kebakaran. Selain itu juga pada pasal 70  yang berbunyi “Perhimpunan Penghuni harus mengasuransikan rumah susun terhadap kebakaran”. 

Apabila peraturan ini tidak dijalankan, maka akan  ada sanksi.  Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1988 pada Pasal 77 yang menyatakan bahwa “barangsiapa yang melanggar ketentuan, maka akan diancam dengan pidana maksimal satu tahun dan atau denda setinggi tingginya Rp 1 Juta. 

Tips Memilih Asuransi Apartemen

  • Perhatikan Manfaat yang Ditawarkan 

Sebelum memilih asuransi, penting untuk mengetahui apa saja hal yang ditanggung dalam asuransi. Baca dengan seksama dan tanyakan pada agen yang bersangkutan untuk menjelaskan dengan detail ketentuan dan manfaat yang didapat. 

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan 

Sesuaikan manfaat pertanggungan dengan apa yang Anda butuhkan. Jangan membeli asuransi perlindungan yang tidak Anda butuhkan karena akan memberatkan biaya premi. 

Perhitungan Asuransi Apartemen

Dalam menghitung biaya premi asuransi, perlu diperhatikan bahwa terdapat biaya sendiri, atau biaya yang dikeluarkan sendiri oleh nasabah ketika hendak mengajukan klaim. Biasanya adalah 5% dari klaim yang dibayarkan. 

Dalam menghitung biaya premi asuransi, Anda juga perlu menjumlahkan nilai aset yang dimiliki, kemudian dari pihak asuransi akan memberikan premi sesuai dengan jumlah lantai apartemen. 

Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Rumah & Cara Hitung Preminya

Properti untuk Modal usaha

Lancar by danamas merupakan pinjaman modal usaha yang menggunakan agunan properti. Hanya dengan dokumen dari properti misal seperti apartemen, rumah, ruko, tanah, dan lain sebagainya, Anda bisa mendapatkan pinjaman modal untuk ekspansi bisnis. Lancar by Danamas menyediakan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Cek nilai properti Anda disini dan ajukan pinjamannya. 

Asuransi Rumah Sinarmas

Asuransi Sinarmas yang Cocok untuk Hunian

Tahukah Anda bahwa selain asuransi kesehatan dan jiwa, asuransi untuk proteksi terhadap rumah tinggal juga penting untuk dimiliki? Seberapa pentingkah memiliki asuransi untuk rumah tinggal? Simak dalam artikel ini.

Pengertian Asuransi Rumah Sinarmas

Asuransi Rumah Sinarmas

Rumah merupakan tempat yang setiap hari Anda huni. Banyak risiko yang mungkin dapat terjadi atas rumah tinggal. Beberapa risiko seperti kebakaran, kerusuhan,bencana alam, banjir dan sebagainya dapat membuat kerugian. 

Untuk menghindari adanya kerugian tersebut maka asuransi menjadi sangat penting. Asuransi dapat memberikan penggantian atas kerugian yang dihadapi nasabah apabila rumah mengalami risiko sehingga dapat memberikan rasa aman untuk Anda beserta dengan keluarga.

Asuransi Sinarmas merupakan memiliki produk asuransi untuk proteksi rumah yakni Simas Rumah Hemat ++. Asuransi Simas Rumah Hemat ++ memiliki jaminan asuransi yang lengkap untuk rumah tinggal dan perabot rumah tangga Anda. Asuransi ini dirancang untuk memberikan jaminan asuransi terlengkap guna melindungi rumah Anda terhadap kerugian.

Produk Asuransi Rumah Sinarmas

Simas Rumah Hemat ++ memberikan tujuh jaminan dasar yang terdiri dari perlindungan terhadap risiko 

  1. Kebakaran
  2. Kerusuhan, pemogokan, perbuatan jahat, huru hara, terorisme, dan sabotase
  3. Gempa Bumi
  4. Kebanjiran
  5. Kebongkaran dan pencurian termasuk kebongkaran dan pencurian benda antik
  6. Kerusakan yang tidak terduga
  7. Tertabrak kendaraan      

Klaim Asuransi Sinarmas

Asuransi Rumah Sinarmas

Dalam asuransi, tentunya terdapat suatu proses yang disebut dengan klaim. Klaim merupakan suatu proses yang dilakukan oleh nasabah (tertanggung) untuk meminta ganti rugi kepada perusahaan asuransi (penanggung) atas kerusakan atau kerugian yang dialami atas suatu objek yang diasuransikan. 

Untuk dapat mengajukan klaim asuransi Sinarmas, Anda bisa menghubungi customer service di email [email protected] atau melalui alamat dan nomor yang tersedia pada website asuransi Sinarmas. 

Baca juga:

Tips Memilih Asuransi Rumah & Cara Hitung Preminya

Bisnis Properti: Persiapan & Keuntungan Investasi Properti

Pinjaman Beragunan Properti untuk Modal Usaha 

Selain asuransi untuk melindungi rumah atau properti Anda, Sinarmas juga memiliki produk pinjaman beragunan properti yakni Lancar by Danamas. Platform digital financial yang telah legal dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini berada dibawah naungan Sinarmas Group, yang dapat membantu Anda memberikan pinjaman modal mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2miliar untuk kebutuhan pengembangan usaha.

Bisnis properti untuk mahasiswa

Tips Bisnis di Bidang Properti untuk Mahasiswa 

Anda seorang mahasiswa? Ingin mendapatkan uang tambahan? Bisnis atau usaha di bidang properti dengan modal minim ternyata bisa lho dilakukan oleh para mahasiswa. Simak beberapa tips untuk menjalankan bisnis di bidang properti untuk para mahasiswa berikut ini. 

Pilihan Bisnis Properti untuk Mahasiswa

Bisnis properti untuk mahasiswa

Siapa bilang mahasiswa tidak bisa menjalankan bisnis di bidang properti? Asal ada kemauan dan niat pasti bisa Anda lakukan. Inilah pilihan bisnis atau usaha di bidang properti untuk mahasiswa:

  1. Agen atau Broker Properti Paruh Waktu 

Meskipun sebagai mahasiswa, tentu kewajiban utamanya adalah belajar dan menyelesaikan kuliah. Anda bisa membagi waktu antara perkuliahan dan pekerjaan dengan status pekerja paruh waktu. 

Anda bisa bergabung dengan perusahaan broker rumah misalnya seperti Ray White, Century 21, dan sebagainya. Benefit dari menjadi agen properti adalah Anda akan mendapatkan pelatihan dan informasi mengenai properti, serta komisi. 

  1. Jasa Pencarian Indekos

Jika Anda merupakan mahasiswa kost dan mengenal daerah sekitar kampus yang memiliki kosan atau kontrakan kosong, bisa menjadi peluang untuk Anda memulai bisnis. Caranya dengan meminta izin kepada pemilik kos atau kontrakan tersebut dan kemudian Anda bisa membuat iklan untuk mempromosikan rumah tersebut kepada mahasiswa atau orang lainnya. Anda juga bisa mendapatkan komisi dari hasil promosi tersebut. 

  1. Situs Jualan Properti

Apabila Anda memiliki keahlian di bidang IT, atau pemasaran digital, Anda bisa membuka sebuah situs properti. Apabila situs tersebut berhasil dan menarik banyak orang, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan dan mungkin saja memperoleh keuntungan dari orang yang memasang iklan di situs buatanmu.

Tips Bisnis Bidang Properti untuk Mahasiswa

Bisnis properti untuk mahasiswa

Berikut ini adalah tips untuk Anda para mahasiswa yang ingin menjalankan bisnis di bidang properti. 

  1. Membantu menjual properti kepada orang terdekat 

Jika Anda memiliki jaringan sosial yang luas, maka mulailah dengan membantu orang disekitar Anda untuk menemukan rumah yang mereka inginkan. Gunakan media sosial sebagai sarana untuk mendukung pekerjaan tersebut. 

  1. Melihat Trend Terbaru

Perumahan atau properti tentunya juga memiliki trend dan terus berkembang. Belakangan ini gaya minimalis menjadi trend yang cukup disukai masyarakat. Anda tentunya harus memahami gaya dan mempelajari trend yang disukai oleh orang. Dengan demikian, konsumen akan yakin bahwa Anda ahli dibidang properti dan dapat diandalkan. 

Baca juga:

Plus Minus Bisnis Properti dan Cara Menyewakannya

Tips Investasi Properti & Cara Hadapi Tantangannya

  1. Mempelajari Properti dengan Baik 

Jika Anda seorang mahasiswa yang tertarik dengan bisnis properti, maka pelajarilah hal yang berkaitan dengan properti dan cara pemasarannya. Pelajari mengenai properti yang ingin anda jual, mulai dari kondisi lingkungannya, kekuatan bangunan, dan tentu saja cara memasarkannya.  

  1. Menjadi Pekerja di Agen Properti.

Tidak ada salahnya untuk mengambil pengalaman bekerja di agen properti, sebelum benar- benar terjun secara mandiri dan membuka bisnis properti. Dengan bekerja di agen properti, Anda akan mendapatkan pengalaman yang bagus mengenai seluk beluk dunia properti dan langkah yang tepat dalam mengembangkan bisnis properti.  

Kendala dalam Bisnis Properti

Bisnis properti untuk mahasiswa

Dalam setiap bisnis pastinya akan dijumpai beberapa kendala. Berikut ini adalah kendala yang mungkin saja akan terjadi dalam bisnis properti, misalnya:

  1. Kurang Berpengalaman

Dalam bisnis pastinya akan ada pengalaman pertama, seorang pemula  kerap kali membutuhkan banyak pengalaman sehingga bisa mendapatkan konsumen atau pelanggan yang banyak. 

Kurangnya pengalaman inilah yang membuat para mahasiswa mungkin akan gagal dalam mendapatkan konsumen. Teruslah bersemangat, karena di awal mungkin akan terasa susah, namun lama-kelamaan akan terbiasa.  

  1. Kurang Minat dan Tidak Konsisten

Sebagai seorang mahasiswa, mungkin Anda akan disibukkan dengan berbagai tugas dan kegiatan perkuliahan. Minat untuk menjadi seorang pebisnis di bidang properti mungkin hanya tumbuh di awal- awal saja dan tidak dijalani dengan konsisten. Hal ini bisa menjadi kendala para mahasiswa untuk melanjutkan bisnis di bidang properti. 

  1. Modal

Modal merupakan salah satu hambatan terbesar yang bisa menghentikan langkah seorang mahasiswa untuk menjalankan bisnis. Anda bisa meminjam dari orang tua atau mungkin melakukan kerja sama dengan teman untuk mendapatkan tambahan modal.

Bidang Properti menjadi salah satu bisnis yang memiliki peminat tinggi, terutama di kalangan mahasiswa juga. Namun, bila Anda ingin mengembangkan usaha di bidang lain  dan membutuhkan tambahan modal, Anda bisa memanfaatkan properti sebagai aset berharga yang dijadikan sebagai agunan. Lancar by Danamas hadir sebagai solusi pinjaman modal usaha mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar. Anda dapat mengetahui besaran pinjaman yang didapat dengan mencoba simulator perhitungan pinjaman di sini!