Sertifikat Tanah

Sertifikat tanah seringkali berkaitan saat bertransaksi properti. Berbeda dengan sertifikat kepemilikan rumah, sertifikat tanah adalah sertifikat atas kepemilikan tanah. Untuk itu anda perlu jeli saat melakukan transaksi properti. 

Penting sekali untuk mengetahui seluk beluk tentang sertifikat tanah sebelum melalui proses transaksi properti, salah satunya adalah properti aset tanah. Hal ini untuk mengurangi ketidakpahaman dan penipuan yang mungkin saja bisa terjadi. Untuk itu simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Sertifikat Tanah?

Sertifikat Tanah

Sertifikat tanah adalah surat tanda bukti hak sebagaimana dimaksud pada pasal 10 ayat 2 huruf C Undang-Undang nomor 5 tahun 1960 tentang peraturan dasar pokok-pokok agraria. Sertifikat tanah ditujukan untuk hak atas tanah, hak pengelolaan, hak milik atas satuan rumah susun, tanah wakaf, dan hak tanggungan yang masing-masing sudah dibukukan dalam buku tanah yang bersangkutan.

Pada pasal yang sudah diatur oleh Pemerintah mengatakan bahwa untuk menjamin kepastian hukum oleh pemerintah maka diadakan pendaftaran tanah di seluruh wilayah Republik Indonesia. Pendaftaran tanah tersebut antara lain mencakup pengukuran perpetaan dan pembukuan tanah, pemberian surat-surat tanda bukti, hak pendaftaran, hak hak atas tanah, dan peralihan hak, serta hal lain yang berlaku sebagai alat bukti yang kuat. 

Sertifikat tanah ialah bukti yang kuat dan sangat penting bagi kepemilikan atau penguasaan lahan untuk itu wajib bagi anda untuk mengakui memiliki lahan lewat mengurus sertifikat tanahnya.

Jenis-Jenis Sertifikat Tanah

Ada beberapa jenis-jenis sertifikat tanah yang berlaku di Indonesia antara lain:

Sertifikat Hak Milik atau SHM

Sertifikat hak milik adalah sertifikat yang cukup Istimewa karena menunjukkan kepemilikan penuh atas lahan atau tanah sesuai identitas yang tercatat. Keunggulan dari SHM ini adalah tanahnya bisa diwariskan dan hak milik bisa diperjualbelikan. SHM bisa dijadikan jaminan pinjaman yang tidak memiliki batas waktu. namun sebaliknya SHM tidak berlaku jika tanah tersebut musnah atau jatuh pada negara.

Sertifikat Hak Guna Bangunan atau SHGB

Bangunan sertifikat hak bangunan adalah legalitas yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki hak untuk mendirikan dan memiliki bangunan diatas yang bukan miliknya. Maka sudah jelas bahwa SHGB bukanlah hak kepemilikan atas tanah, melainkan hak untuk mendirikan atau memiliki bangunannya saja. Umumnya SHGB berlaku hingga 30 tahun dan bisa diperpanjang kembali hingga 20 tahun maksimal.

Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun atau SHS RS

Sertifikat hak satuan rumah susun adalah legalitas yang diberikan kepada seseorang sebagai bukti kepemilikan atas rumah susun atau apartemen. Sertifikat ini menunjukkan identitas kepemilikan atas rumah susun yang didirikan di atas tanah milik bersama.

Jenis Akta Sertifikat Tanah yang dibuat PPAT

Akta tanah yang dibuat oleh pejabat pembuat akta tanah atau PPAT yang sudah diberikan kewenangan oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional atau BPN, memiliki jenis-jenis akta tanah, antara lain:

  • Akta jual beli atau AJB
  • Akta tukar-menukar
  • Akta hibah
  • Pemasukan ke dalam perusahaan
  • Akta pembagian hak bersama
  • Nama atau pemberian hak tanggungan
  • Akta pemberian hak guna bangunan atas tanah hak milik
  • Akta pemberian hak pakai atas tanah hak milik

Fungsi Sertifikat Tanah

Sertifikat Tanah

Fungsi atau tujuan sertifikat tanah jika mengacu pada pasal 3 peraturan pemerintah nomor 24 tahun 1997 antara lain:

  • Memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum kepada pemegang hak atas suatu bidang tanah, satuan rumah susun dan hak lainnya yang terdaftar, sehingga Anda akan lebih mudah untuk membuktikan bahwa pemegang hak yang bersangkutan adalah diri Anda.
  • Sebagai penyedia informasi kepada pihak yang berkepentingan seperti pemerintah. Maka mereka dengan mudah memperoleh data yang dibutuhkan dan mengadakan perbuatan hukum tentang bidang-bidang tanah hingga satuan-satuan rumah susun yang sudah terdaftar.
  • Untuk terselenggaranya tertib administrasi pertanahan.
  • Sebagai bukti dari aset kepemilikan yang nantinya bisa Anda jadikan jaminan untuk modal bisnis. Salah satu fintech lending berizin OJK yang memberikan pinjaman modal usaha beragunan properti termasuk tanah adalah Lancar by Danamas. Anda bisa dapatkan modal usaha hingga Rp 2 miliar dengan tenor 1-10 tahun dan suku bunga yang rendah.

Perbedaan Buku Tanah Dan Sertifikat Tanah

Pasal 1 ayat 9 dijelaskan bahwa buku tanah adalah sebuah dokumen dalam bentuk daftar yang memuat yang memuat data yuridis dan data fisik pada sebuah objek pendaftaran yang sudah memiliki hak.

Sertifikat tanah pada pasal 1 ayat 20 dijelaskan bahwa ini adalah surat tanda bukti hak sebagaimana yang dimaksud pada pasal 19 ayat 2 huruf C UU nomor 5 tahun 1960 untuk hak atas, tanah hak milik atas satuan rumah, hak pengelolaan, hak wakaf, tanah wakaf, dan tanggungan yang sudah dibukukan dalam buku tanah yang bersangkutan. 

Perbedaan keduanya bisa dilihat bahwa sertifikat tanah diterbitkan untuk kepentingan pemilik dengan data fisik dan yuridis yang sudah terdaftar. Sedangkan buku tanah tidak bisa dipakai untuk kepentingan jual beli tanah karena hanya berisi data. 

Cara Mengurus Sertifikat Tanah

Jika ingin mengurus sertifikat tanah ada beberapa syarat atau dokumen yang perlu disiapkan antara lain:

Berikut dokumen yang harus disiapkan:

  • SHGB atau sertifikat asli hak guna bangunan
  • Fotokopi IMB atau Izin Mendirikan Bangunan
  • KTP dan KK
  • SPPT PBB
  • Surat pernyataan kepemilikan lahan

Langkah Dalam Mengurus Sertifikat Tanah

  • Langsung Datang Ke Kantor BPN

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan langsung datang ke kantor BPN terdekat di lokasi rumah Anda. Isi formulir pendaftaran dan anda akan mendapatkan map berwarna kuning dan biru, setelah itu buat janji dengan petugas BPN untuk survei dan mengukur tanah.

  • Sertifikat Tanah Hak Milik Rilis

Setelah tanah atau lahan diukur oleh petugas BPN maka nantinya akan terbit surat ukur tanah. Surat ukur ini berfungsi untuk melengkapi dokumen yang sudah ada lampirkan sebelumnya setelah itu, Anda hanya perlu menunggu rilis surat keputusan. Selama proses menunggu sertifikat Ana rilis maka anda dikenakan bea perolehan hak atas tanah atau bphtb. Kurang lebih waktu yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan rilis sertifikat yaitu kurang lebih 1 tahun. Untuk itu Anda bisa mengecek ke petugas secara berkala.

  • Sertifikat Tanah Girik

Tanah girik atau yang biasa disebut dengan tanah warisan adalah aset yang juga perlu dibuat sertifikatnya. Anda bisa mendaftarkan hak tanah girik ke kantor pertanahan terdekat. Selain itu Anda juga bisa mengurusnya lewat kelurahan setempat.

Baca juga: Tips Investasi Properti & Cara Hadapi Tantangannya

Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah

Sebagai contoh jika anda memiliki tanah seluas 300 M2 di daerah Jakarta dengan harga jual sekitar 200 juta, maka bisa di simulasikan seperti berikut ini:

  • Biaya pengukuran dan pendaftaran tanah

Biaya pengukuran: Tu=(300/ 500×Rp80.000)+Rp100.000=Rp148.000

Biaya pemeriksaan tanah: Tpa=(300/500×Rp67.000)+Rp350.000=Rp390.000

Biaya pendaftaran tanah pertama kali : Rp50.000

Total: Rp588.000

*Tu (tarif ukur)

*Tpa (Tarif Pelayanan Pemeriksaan Tanah)

Nominal ini wajib disetor langsung ke kantor BPN setempat (sesuai lokasi tanah berada)

Baca juga: Gadai Sertifikat Rumah: Bagaimana Pengajuannya & Dimana?

  • Biaya BPHTB

BPHTB atau bea perolehan hak atas tanah dan bangunan harus dibayarkan lunas sebelum sertifikat tanah diterbitkan. Berikut rumus menghitung bphtb:

(NPOP-NPOPTKP)x5%

NPOP: Rp200.000.000

NPOPTKP (khusus wilayah DKI Jakarta): Rp60.000.000

NPOP-NPOPTKP: Rp140.000.000 

5%x140.000.000: Rp7.000.000

*Jumlah diatas disetor langsung ke bank pemerintah

*Nilai Perolehan Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NPOPTKP)

Hal Penting Sebelum Membuat Sertifikat Tanah

Sertifikat Tanah
  • Status Atau Dasar Hukum Atas Kepemilikan Tanah

Dasar hukum atas kepemilikan tanah berguna untuk mengetahui antara lain bagaimana tanah tersebut diperoleh lewat jual beli hibah warisan atau tukar-menukar yang termasuk didalamnya riwayat kepemilikan tanah.

  •  Identitas Pemegang Hak

Identitas pemegang hak berguna untuk memastikan siapa pemegang hak atas tanah tersebut Dan apakah ia mendapatkan tanah dengan sah.

  •  Letak Dan Luas Tanah

Letak dan luas tanah ialah untuk melihat kepastian secara objektif yang dinyatakan dalam bentuk surat ukur atau gambar situasi untuk memastikan batas letak bentuk dan luas tanah tersebut. Maka tanah yang dimaksud tidak tumpang tindih dengan tanah milik orang lain dan mematikan objek tanah tidak efektif.

  •  Prosedur Penerbitan

Prosedur harus memenuhi asas pembeli yaitu mengatakan kepada Kantor Kelurahan dan Pertanahan setempat tentang adanya permohonan hak atas tanah sehingga pihak lain bisa lebih ringan saat mengajukan sanggahan sebelum pemberian hak atas sertifikat tersebut diterbitkan. 

Demikian penjelasan tentang sertifikat tanah yang bisa Anda ketahui. Dengan mengetahui hal tentang sertifikat tanah hingga biayanya, Anda bisa mendapatkan gambaran yang tepat sebelum siap untuk membuat sertifikat tanah. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Asuransi Apartemen

Asuransi Apartemen: Manfaat dan Perhitungannya

Memiliki apartemen, tentunya wajib untuk memiliki asuransi. Asuransi apartemen sangat penting karena apabila terjadi kerusakan hingga kehilangan aset, kerugian Anda akan lebih terminimalisir dengan adanya asuransi apartemen. Simak artikel ini untuk tahu mengenai asuransi apartemen lebih dalam. 

Apa Itu Asuransi Apartemen?

Asuransi apartemen merupakan suatu produk jaminan properti yang digunakan untuk menanggung kerugian terhadap aset apartemen beserta dengan isinya. Apalagi apartemen rentan terkena risiko kebakaran atau kerusakan seperti pipa bocor, maka apartemen biasanya sudah diasuransikan secara kolektif oleh pengembang. 

Walaupun sudah diasuransikan oleh pengembang, Anda tetap membutuhkan perlindungan untuk barang barang yang berharga di dalamnya. 

Manfaat Asuransi Apartemen

Pada dasarnya, asuransi apartemen menawarkan kenyamanan dan beberapa manfaat pertanggungan serta pengecualian. Pada pertanggungan, memberikan ganti rugi apabila aset apartemen dan perabotnya mengalami kerusakan selain itu juga akibat: 

  • Kebakaran
  • Huru hara,gempa bumi, badai, banjir
  • Pencurian dengan kekerasan
  • Kerusakan pipa
  • Dampak fisik 

Selain pertanggungan, juga ada pengecualian pada asuransi apartemen yakni:

  • Kontaminasi radioaktif nuklir
  • Kecerobohan tertanggung atau yang mewakili tertanggung
  • Polusi dan pencemaran lingkungan
  • Properti yang sedang dalam masa konstruksi
  • Karat, korosi, jamur, kutu, larva serangga
  • Biaya pemeliharaan 

Dasar Hukum Asuransi Apartemen

Ada dasar hukum yang tertuang dalam mengasuransikan apartemen yang menjadi kewajiban pengelola dan penghuni apartemen. Berikut ini adalah peraturan pemerintah yang mengatur tentang asuransi apartemen tertuang dalam Peraturan Pemerintah no 4 tahun 1988 yakni pasal 61 ayat 2b yang menyatakan bahwa setiap penghuni apartemen wajib membayar iuran pengelolaan dan premi asuransi kebakaran. Selain itu juga pada pasal 70  yang berbunyi “Perhimpunan Penghuni harus mengasuransikan rumah susun terhadap kebakaran”. 

Apabila peraturan ini tidak dijalankan, maka akan  ada sanksi.  Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1988 pada Pasal 77 yang menyatakan bahwa “barangsiapa yang melanggar ketentuan, maka akan diancam dengan pidana maksimal satu tahun dan atau denda setinggi tingginya Rp 1 Juta. 

Tips Memilih Asuransi Apartemen

  • Perhatikan Manfaat yang Ditawarkan 

Sebelum memilih asuransi, penting untuk mengetahui apa saja hal yang ditanggung dalam asuransi. Baca dengan seksama dan tanyakan pada agen yang bersangkutan untuk menjelaskan dengan detail ketentuan dan manfaat yang didapat. 

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan 

Sesuaikan manfaat pertanggungan dengan apa yang Anda butuhkan. Jangan membeli asuransi perlindungan yang tidak Anda butuhkan karena akan memberatkan biaya premi. 

Perhitungan Asuransi Apartemen

Dalam menghitung biaya premi asuransi, perlu diperhatikan bahwa terdapat biaya sendiri, atau biaya yang dikeluarkan sendiri oleh nasabah ketika hendak mengajukan klaim. Biasanya adalah 5% dari klaim yang dibayarkan. 

Dalam menghitung biaya premi asuransi, Anda juga perlu menjumlahkan nilai aset yang dimiliki, kemudian dari pihak asuransi akan memberikan premi sesuai dengan jumlah lantai apartemen. 

Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Rumah & Cara Hitung Preminya

Properti untuk Modal usaha

Lancar by danamas merupakan pinjaman modal usaha yang menggunakan agunan properti. Hanya dengan dokumen dari properti misal seperti apartemen, rumah, ruko, tanah, dan lain sebagainya, Anda bisa mendapatkan pinjaman modal untuk ekspansi bisnis. Lancar by Danamas menyediakan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Cek nilai properti Anda disini dan ajukan pinjamannya. 

Asuransi Rumah Sinarmas

Asuransi Sinarmas yang Cocok untuk Hunian

Tahukah Anda bahwa selain asuransi kesehatan dan jiwa, asuransi untuk proteksi terhadap rumah tinggal juga penting untuk dimiliki? Seberapa pentingkah memiliki asuransi untuk rumah tinggal? Simak dalam artikel ini.

Pengertian Asuransi Rumah Sinarmas

Asuransi Rumah Sinarmas

Rumah merupakan tempat yang setiap hari Anda huni. Banyak risiko yang mungkin dapat terjadi atas rumah tinggal. Beberapa risiko seperti kebakaran, kerusuhan,bencana alam, banjir dan sebagainya dapat membuat kerugian. 

Untuk menghindari adanya kerugian tersebut maka asuransi menjadi sangat penting. Asuransi dapat memberikan penggantian atas kerugian yang dihadapi nasabah apabila rumah mengalami risiko sehingga dapat memberikan rasa aman untuk Anda beserta dengan keluarga.

Asuransi Sinarmas merupakan memiliki produk asuransi untuk proteksi rumah yakni Simas Rumah Hemat ++. Asuransi Simas Rumah Hemat ++ memiliki jaminan asuransi yang lengkap untuk rumah tinggal dan perabot rumah tangga Anda. Asuransi ini dirancang untuk memberikan jaminan asuransi terlengkap guna melindungi rumah Anda terhadap kerugian.

Produk Asuransi Rumah Sinarmas

Simas Rumah Hemat ++ memberikan tujuh jaminan dasar yang terdiri dari perlindungan terhadap risiko 

  1. Kebakaran
  2. Kerusuhan, pemogokan, perbuatan jahat, huru hara, terorisme, dan sabotase
  3. Gempa Bumi
  4. Kebanjiran
  5. Kebongkaran dan pencurian termasuk kebongkaran dan pencurian benda antik
  6. Kerusakan yang tidak terduga
  7. Tertabrak kendaraan      

Klaim Asuransi Sinarmas

Asuransi Rumah Sinarmas

Dalam asuransi, tentunya terdapat suatu proses yang disebut dengan klaim. Klaim merupakan suatu proses yang dilakukan oleh nasabah (tertanggung) untuk meminta ganti rugi kepada perusahaan asuransi (penanggung) atas kerusakan atau kerugian yang dialami atas suatu objek yang diasuransikan. 

Untuk dapat mengajukan klaim asuransi Sinarmas, Anda bisa menghubungi customer service di email [email protected] atau melalui alamat dan nomor yang tersedia pada website asuransi Sinarmas. 

Baca juga:

Tips Memilih Asuransi Rumah & Cara Hitung Preminya

Bisnis Properti: Persiapan & Keuntungan Investasi Properti

Pinjaman Beragunan Properti untuk Modal Usaha 

Selain asuransi untuk melindungi rumah atau properti Anda, Sinarmas juga memiliki produk pinjaman beragunan properti yakni Lancar by Danamas. Platform digital financial yang telah legal dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini berada dibawah naungan Sinarmas Group, yang dapat membantu Anda memberikan pinjaman modal mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2miliar untuk kebutuhan pengembangan usaha.

Bisnis properti untuk mahasiswa

Tips Bisnis di Bidang Properti untuk Mahasiswa 

Anda seorang mahasiswa? Ingin mendapatkan uang tambahan? Bisnis atau usaha di bidang properti dengan modal minim ternyata bisa lho dilakukan oleh para mahasiswa. Simak beberapa tips untuk menjalankan bisnis di bidang properti untuk para mahasiswa berikut ini. 

Pilihan Bisnis Properti untuk Mahasiswa

Bisnis properti untuk mahasiswa

Siapa bilang mahasiswa tidak bisa menjalankan bisnis di bidang properti? Asal ada kemauan dan niat pasti bisa Anda lakukan. Inilah pilihan bisnis atau usaha di bidang properti untuk mahasiswa:

  1. Agen atau Broker Properti Paruh Waktu 

Meskipun sebagai mahasiswa, tentu kewajiban utamanya adalah belajar dan menyelesaikan kuliah. Anda bisa membagi waktu antara perkuliahan dan pekerjaan dengan status pekerja paruh waktu. 

Anda bisa bergabung dengan perusahaan broker rumah misalnya seperti Ray White, Century 21, dan sebagainya. Benefit dari menjadi agen properti adalah Anda akan mendapatkan pelatihan dan informasi mengenai properti, serta komisi. 

  1. Jasa Pencarian Indekos

Jika Anda merupakan mahasiswa kost dan mengenal daerah sekitar kampus yang memiliki kosan atau kontrakan kosong, bisa menjadi peluang untuk Anda memulai bisnis. Caranya dengan meminta izin kepada pemilik kos atau kontrakan tersebut dan kemudian Anda bisa membuat iklan untuk mempromosikan rumah tersebut kepada mahasiswa atau orang lainnya. Anda juga bisa mendapatkan komisi dari hasil promosi tersebut. 

  1. Situs Jualan Properti

Apabila Anda memiliki keahlian di bidang IT, atau pemasaran digital, Anda bisa membuka sebuah situs properti. Apabila situs tersebut berhasil dan menarik banyak orang, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan dan mungkin saja memperoleh keuntungan dari orang yang memasang iklan di situs buatanmu.

Tips Bisnis Bidang Properti untuk Mahasiswa

Bisnis properti untuk mahasiswa

Berikut ini adalah tips untuk Anda para mahasiswa yang ingin menjalankan bisnis di bidang properti. 

  1. Membantu menjual properti kepada orang terdekat 

Jika Anda memiliki jaringan sosial yang luas, maka mulailah dengan membantu orang disekitar Anda untuk menemukan rumah yang mereka inginkan. Gunakan media sosial sebagai sarana untuk mendukung pekerjaan tersebut. 

  1. Melihat Trend Terbaru

Perumahan atau properti tentunya juga memiliki trend dan terus berkembang. Belakangan ini gaya minimalis menjadi trend yang cukup disukai masyarakat. Anda tentunya harus memahami gaya dan mempelajari trend yang disukai oleh orang. Dengan demikian, konsumen akan yakin bahwa Anda ahli dibidang properti dan dapat diandalkan. 

Baca juga:

Plus Minus Bisnis Properti dan Cara Menyewakannya

Tips Investasi Properti & Cara Hadapi Tantangannya

  1. Mempelajari Properti dengan Baik 

Jika Anda seorang mahasiswa yang tertarik dengan bisnis properti, maka pelajarilah hal yang berkaitan dengan properti dan cara pemasarannya. Pelajari mengenai properti yang ingin anda jual, mulai dari kondisi lingkungannya, kekuatan bangunan, dan tentu saja cara memasarkannya.  

  1. Menjadi Pekerja di Agen Properti.

Tidak ada salahnya untuk mengambil pengalaman bekerja di agen properti, sebelum benar- benar terjun secara mandiri dan membuka bisnis properti. Dengan bekerja di agen properti, Anda akan mendapatkan pengalaman yang bagus mengenai seluk beluk dunia properti dan langkah yang tepat dalam mengembangkan bisnis properti.  

Kendala dalam Bisnis Properti

Bisnis properti untuk mahasiswa

Dalam setiap bisnis pastinya akan dijumpai beberapa kendala. Berikut ini adalah kendala yang mungkin saja akan terjadi dalam bisnis properti, misalnya:

  1. Kurang Berpengalaman

Dalam bisnis pastinya akan ada pengalaman pertama, seorang pemula  kerap kali membutuhkan banyak pengalaman sehingga bisa mendapatkan konsumen atau pelanggan yang banyak. 

Kurangnya pengalaman inilah yang membuat para mahasiswa mungkin akan gagal dalam mendapatkan konsumen. Teruslah bersemangat, karena di awal mungkin akan terasa susah, namun lama-kelamaan akan terbiasa.  

  1. Kurang Minat dan Tidak Konsisten

Sebagai seorang mahasiswa, mungkin Anda akan disibukkan dengan berbagai tugas dan kegiatan perkuliahan. Minat untuk menjadi seorang pebisnis di bidang properti mungkin hanya tumbuh di awal- awal saja dan tidak dijalani dengan konsisten. Hal ini bisa menjadi kendala para mahasiswa untuk melanjutkan bisnis di bidang properti. 

  1. Modal

Modal merupakan salah satu hambatan terbesar yang bisa menghentikan langkah seorang mahasiswa untuk menjalankan bisnis. Anda bisa meminjam dari orang tua atau mungkin melakukan kerja sama dengan teman untuk mendapatkan tambahan modal.

Bidang Properti menjadi salah satu bisnis yang memiliki peminat tinggi, terutama di kalangan mahasiswa juga. Namun, bila Anda ingin mengembangkan usaha di bidang lain  dan membutuhkan tambahan modal, Anda bisa memanfaatkan properti sebagai aset berharga yang dijadikan sebagai agunan. Lancar by Danamas hadir sebagai solusi pinjaman modal usaha mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar. Anda dapat mengetahui besaran pinjaman yang didapat dengan mencoba simulator perhitungan pinjaman di sini!