investasi-properti

Belakangan ini, pasti Anda sering mendengar banyak pembahasan tentang investasi properti. Properti sebagai salah satu instrumen investasi sekarang menjadi yang paling dilirik. Karena keuntungannya menggiurkan dan bisa dijadikan aset untuk kehidupan di masa depan.

Apalagi nilai jual properti yang stabil dan kian meningkat tiap tahunnya. Risiko investasi properti juga kecil, jadi sangat cocok dicoba oleh para pemula yang baru mau mulai untuk berinvestasi jangka panjang. Anda bisa lebih siap untuk dana pensiun di usia senja.

Namun pada prosesnya, investasi properti cukup menantang dan memerlukan modal yang sangat besar, hingga triliunan. Sebelum membahas lebih banyak tentang bagaimana cara berinvestasi properti yang menguntungkan, mari kita simak apa itu investasi?

Apa itu Investasi?

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Investasi adalah penanam modal yang dilakukan dalam jangka waktu yang panjang untuk pengadaan aktiva lengkap. Aktiva lengkap juga diartikan sebagai saham atau surat berharga sebagai jalan untuk mendapatkan keuntungan. Dalam hal ini, investasi bisa berupa uang atau aset yang ditempatkan pada suatu benda atau Lembaga. Melalui inilah, investor mengharapkan mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu. 

Apa Keuntungan Berinvestasi?

Investasi memiliki beberapa keuntungan yang bisa Anda nikmati. Keuntungan investasi tentu ditentukan dengan perhitungan sesuai profil risiko setiap investor. Salah satu keuntungan investasi adalah sebagai pendapatan pasif yang memungkinkan Anda tak perlu bekerja keras untuk menghasilkan uang di kemudian hari. 

Jenis Investasi Apa Saja?

Bagi anda yang masih pemula, banyaknya info tentang jenis investasi kerap kali malah membuat bingung. Tapi dengan mengetahui jenisnya, anda jadi bisa memilih investasi yang sesuai dengan budget dan kebutuhan anda. Apakah untuk jangka panjang atau jangka pendek. Berikut adalah ulasannya:

  • Investasi properti
  • Investasi Reksa Dana
  • Investasi Saham
  • Investasi Emas
  • Investasi Obligasi
  • Investasi Cryptocurrency
  • Investasi Peer to Peer Lending (P2P)
  • Dll.

Setiap jenis investasi memiliki resiko yang berbeda. Biasanya, sebelum Anda mencoba investasi, Anda disarankan untuk mengetahui profil risiko terlebih dahulu, lalu barulah pilih mana yang sesuai dengan Anda. 

Salah satu jenis investasi yang sudah sejak lama dilakukan beberapa orang yaitu investasi properti yang merupakan investasi aktiva riil. Investasi ini memiliki bentuk yang terlihat, selain investasi properti, ada juga investasi logam, tanah, dll. 

Apa itu Investasi Properti?

Investasi properti adalah investasi memiliki keterkaitan dengan kepemilikan, pembelian, penyewaan hingga pengelolaan sampai ke penjualan yang nantinya dapat menghasilkan keuntungan. Pembelian real estate dalam investasi properti ini dimaksudnya untuk mendapatkan ROI atau Return of Investment. ROI tersebut seperti hasil sewa ataupun penjualan kembali properti tersebut. 

Jika Anda berminat untuk berinvestasi properti, maka ini ada pilihan yang cukup fleksibel bagi Anda. Hal ini dikarenakan investasi properti bisa dijadikan investasi jangka pendek atau investasi jangka panjang. 

Baca Juga: Mau Investasi Deposito? Wajib Tahu Hal Ini Dulu Ya!

Tips Investasi Properti Aman & Untung

Ketika menjalankan investasi, ada tips dan trik yang bisa dicoba agar anda merasa aman menjalankannya dan bisa mendapatkan keuntungan maksimal seperti tujuan investasi. Tertarik mulai untuk berinvestasi properti, simak dulu tips berikut ini:

  1. Lokasi Properti

Cara untuk berinvestasi properti yang pertama adalah mencari lokasi yang tepat. Coba Anda cek lokasi rumah, tanah atau unit apartemen yang ingin dijadikan sumber passive income. Pilihlah lokasi yang strategis di Kawasan kota mandiri yang berdekatan dengan transportasi massal yang memadai. Kini, banyak sekali orang yang mencari hunian dekat dengan transportasi massal untuk pergi bekerja komuter setiap hari. 

  1. Pilih Developer dengan Track Record Bagus

Maraknya investasi properti membuat banyak sekali developer bangunan yang mencoba peruntungan di bidang ini. Jika ingin berinvestasi properti, maka Anda harus memilih developer yang memiliki track record yang bagus. Cek terlebih dahulu siapa pengembangnya, apa saja yang sudah mereka bangun, bagaimana cara mereka maintenance properti yang dikembangkan. Jangan tergiur dengan harga murah, namun tetap harus cek kembali bagaimana kualitas developer. Hal ini penting mengingat investasi properti yang akan Anda jalani bisa untuk jangka panjang.

  1. Fasilitas yang Memadai

Fasilitas juga harus jadi hal yang perlu Anda perhatikan, karena biasanya mereka yang ingin memiliki hunian nyaman juga melihat fasilitas. Untuk itu, ketahui fasilitas yang tersedia di properti yang ingin dijadikan aset investasi. Cek fasilitas internal maupun eksternal. Fasilitas internal meliputi area olahraga (sport center), club house, tempat ibadah, area bermain (playground), dll. Fasilitas eksternal meliputi fasilitas yang tersedia disekitar properti tersebut, seperti sekolah, pusat perbelanjaan, perkantoran, dll. 

  1. Siapkan Dana Tambahan

Jadikan investasi properti Anda adalah passive income yang serius dengan cara siapkan dana tambahan yang mungkin saja akan Anda keluarkan. Dana tambahan dibutuhkan saat proses pembelian investasi properti, antara lain:

  • Biaya Bank: Saat membeli rumah dengan KPR, maka pada prosesnya ada beberapa tahapan pengecekan kelengkapan berkas yang tentu membutuhkan biaya. Salah satu biayanya adalah survey aset properti yang dilakukan sebelum membeli rumah. Tak hanya itu saja, ada juga pengecekan sertifikat tanah dan harga jual properti. Nilai harga nya pun bervariasi, untuk itu lebih baik Anda mempersiapkan dana tambahan untuk biaya bank. 
  • Biaya Asuransi: Biasanya akan ada biaya tambahan yaitu biaya asuransi jiwa sebesar 1% – 2% dari total pinjaman. Jika Anda memakai asuransi kebakaran maka akan dikenakan biaya sebesar 1% dari total pinjaman. 
  • Biaya Notaris: Nantinya, sebelum menjadi investasi properti, aset bisa diurus oleh notaris untuk urusan akta dan sertifikat jual beli. Biaya notaris ini tentu akan dibebankan oleh Anda. Besarnya biaya disesuaikan oleh kebutuhan. 
  • Pajak: Pajak juga masuk ke biaya tambahan pada investasi properti. Biaya pajak akan ada dengan KPR atau cash. Pajak dalam jual beli properti yakni Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Apa Itu Investasi Properti Online

Di era serba digital, ternyata kini ada yang Namanya investasi properti berbasis online. Wah seperti apa ya itu? Investasi properti online ini umumnya bisa dilakukan di platform khusus yang bisa menghubungkan property asset manager dengan Anda sebagai investor. Investasi properti online mungkin masih terdengar baru untuk Anda, namun tidak ada salahnya untuk mencoba dan mencari info tentang bagaimana bisa mendapatkan keuntungan dari investasi properti ini.

Cara Tepat Investasi Properti Online Terpercaya

Di era modern seperti sekarang, anda tidak hanya bisa menyewakan atau membeli bangunan saja. Tapi juga bisa investasi properti online. Jadi anda tidak diharuskan untuk membeli rumah untuk berinvestasi. Bahkan properti yang diperjualbelikan cukup beragam, seperti rumah, apartemen, ruko sampai hotel. Berikut adalah beberapa yang bisa dipilih:

  1. Dana Investasi Real Estate

DIRE atau Dana Investasi Real Estate adalah investasi yang dikumpulkan dari dana masyarakat. Dana tadi akan dikelola dan diinvestasikan ke aset-aset properti seperti bangunan, rumah, lahan kosong ataupun properti lain.

  1. Obligasi Properti

Investasi obligasi properti dinilai aman karena umumnya perusahaan yang mengeluarkan adalah bagian dari Pemerintah. Salah satu perusahaan pengembang yang mengeluarkan obligasi properti yaitu PP Properti. Perusahaan tersebut merupakan BUMN. Saat membeli obligasi, investor akan memperoleh bunga tetap 11,5% tiap tahun dan bunganya dibayarkan tiap 3 bulan sekali.

  1. Beli Saham Developer Properti

Tidak hanya bisa membeli properti yang ditawarkan developer, anda juga bisa membeli saham perusahaan properti. Developer properti yang sahamnya bisa dibeli adalah Sinar Mas Land, Ciputra, Pakuwon dan Triniti Land. 

Namun, bagi anda yang masih awam tentang saham, sebaiknya mencari tau dahulu tentang risiko dan prospek yang ada di saham sebelum anda membeli sahamnya. Karena harganya cukup fluktuatif, naik turun. Lebih baik anda menjadikan investasi ini untuk jangka menengah atau panjang. Agar keuntungan yang didapat juga besar.

  1. Crowdfunding

Bagi anda yang takut untuk melakukan investasi secara pribadi, bisa memilih crowdfunding. Akan ada beberapa investor yang patungan untuk dana investasi. Setelah dana tersebut terkumpul, baru akan diinvestasikan ke properti yang diinginkan. Pembagian keuntungannya disesuaikan dengan persentase kepemilikan dana masing-masing investor.

Cara Memilih Investasi Properti Yang Menguntungkan Online Terpercaya

Berinvestasi secara online bisa dilakukan dimanapun anda berada. Namun ketika ingin investasi sebaiknya anda mengenal dahulu cara memilih investasi online yang menguntungkan. Misalnya ketika anda memilih menanam saham di developer properti sebaiknya anda mempelajari dahulu tentang risiko yang bisa terjadi ketika anda bermain saham. 

Properti adalah instrumen investasi yang potensi profitnya besar, tapi likuiditasnya rendah. Untuk memperoleh keuntungan yang tinggi, sebaiknya investasi dilakukan untuk jangka panjang. Bagi anda yang ingin investasi jangka pendek, disarankan tidak memilih investasi di properti. 

Pada skema kegiatan crowdfunding banyak sekali terjadi penipuan. Resiko terburuk adalah uang anda hilang dan masuk ke investasi bodong berkedok crowdfunding. Jadi pastikan tempat anda menanam modal sudah berizin dan diawasi OJK

Tidak hanya itu saja, ketika berniat untuk berinvestasi. Pilihlah perusahaan besar yang memang sudah terpercaya. Jangan segan untuk meluangkan waktu mencari tau dan riset mengenai perusahaan yang kompeten dan menjanjikan.

Apakah Investasi Rumah Menguntungkan?

Jenis investasi memang banyak yang bisa dipilih, tapi kenapa investasi rumah dinilai menguntungkan? apa investasi rumah benar menguntungkan? Jika anda masih ragu untuk investasi rumah, anda bisa simak penjelasannya.

  1. Seperti yang diketahui bahwa harga properti terus mengalami kenaikan. Bagi anda yang sudah memiliki rumah, apakah worth it membeli rumah lagi? Ya, rumah tersebut bisa dijadikan investasi masa depan. Rumah adalah kebutuhan yang mewah, apalagi bertahun-tahun ke depan populasi manusia akan semakin bertambah, sedangkan tanah untuk tinggal semakin sempit dan terbatas. 
  2. Rumah bisa dijadikan kos-kosan atau kontrakan. Tanpa harus bekerja keras, anda sudah dibanjiri uang pembayaran sewa.
  3. Mendapatkan kemudahan ketika ingin mengajukan pinjaman ke bank atau pinjaman online, karena sertifikat rumah bisa dijadikan agunan
  4. Lebih aman dibandingkan menabung uang, karena ada efek inflasi. Jika investasi rumah, anda memiliki tabungan untuk masa tua atau pendidikan anak.

Keuntungan & Kerugian Investasi Properti

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, anda harus tau dahulu keuntungan dan kerugian dari investasi yang anda pilih. Termasuk investasi di bidang properti. Dari sanalah anda bisa memutuskan apakah jenis investasi ini cocok dengan anda atau tidak. Adapun keuntungan dan kerugiannya investasi properti, antara lain:

Keuntungan Investasi Properti

Saat ini sudah banyak jenis investasi yang bisa dipilih. Tapi pamor investasi properti tidak pernah surut, bahkan penggemarnya kian banyak. Apalagi kita tidak pernah tau tentang masa depan dan investasi jenis ini sangat menjanjikan.  Berinvestasi properti adalah cara jitu untuk mendapatkan passive income. Bahkan saat anda tidur dan bersantai di rumah, uang sudah masuk ke rekening bank dalam bentuk dividen, biaya sewa, bunga dan royalti. Dengan uang hasil investasi, anda bisa mempersiapkan masa tua yang sejahtera. Tanpa bersusah payah, anda bisa mendapatkan uang. Dengan investasi di properti, hal tersebut sangat mungkin terjadi. Misalnya anda bisa mendapatkan uang dari sewa kos atau kontrakan. Sehingga keuangan masa depan menjadi lebih siap. 

  1. Tentukan Harga Sendiri

Anda sebagai pemilik, maka anda juga yang memegang kendali. Anda bebas menentukan harga jual atau sewa properti yang anda miliki. Tapi tentunya agar cepat laku, anda harus riset dahulu kisaran harga pasarannya berapa.

  1. Tidak Harus Terus Dipantau

Jika investasi saham perlu dipantau tiap saat, berbeda dengan investasi di properti. Anda hanya perlu membeli properti, kemudian bisa disewa atau dijual. Beres. Uang akan mengalir ke rekening anda.

  1. Tak Terpengaruh Inflasi

Berbeda dengan uang yang dipengaruhi inflasi, properti tidak. Harga properti bahkan cenderung naik 10-20% tiap tahunnya. Menggiurkan bukan?

  1. Jadikan Agunan

Dalam keadaan terdesak atau misal anda memerlukan modal tambahan untuk bisnis yang lain, anda bisa menjadikan sertifikat bangunan sebagai jaminan pinjaman.

Kerugian Investasi Properti

Selain keuntungan, ada juga kerugian dan risiko yang harus ditanggung oleh investor. Sebagai pebisnis, anda harus menerima kesuksesan sepaket dengan kegagalan. Hal tersebut perlu diketahui agar anda bisa mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi. Berikut adalah beberapa ulasannya:

  1. Sulit Dijual Cepat

Karena sifatnya yang tidak likuid, maka tidak bisa dicairkan menjadi uang dalam waktu singkat. Jadi memang perlu waktu cukup lama untuk bisa menjual atau menggadaikannya.

  1. Perlu Proteksi

Properti memang rawan mengalami kerusakan akibat bencana, misalnya banjir, gempa bumi atau kebakaran. Jadi sebaiknya anda mengasuransikan properti-properti yang dimiliki dan hal ini membuat anda harus merogoh kantong untuk membayar asuransi tersebut.

  1. Modal Besar

Sudah pasti biaya yang dikeluarkan untuk investasi ini sangat besar. Harganya mulai dari puluhan juta bahkan sampai triliunan. Anda perlu modal besar untuk bisa menjalankan investasi jenis ini.

4 Platform Investasi Properti

Investasi secara online memang dirasa sangat menguntungkan untuk sebagian besar orang. Tapi tentunya untuk bisa mengantongi keuntungan yang besar, anda harus berhati-hati memilih platformnya. Selain itu juga untuk mengurangi risiko dan mencapai tujuan keuangan yang diharapkan. Berikut adalah platform investasi online untuk properti:

  1. Propertree.id

Propertree.id adalah salah satu perusahaan yang fokus mendanai proyek properti terbesar di Indonesia. Ada 80 proyek yang dikerjakan dan 67 diantaranya sudah selesai. Jumlah investornya mencapai 2.937 dan total dana yang terkumpul sebesar Rp 17.751.600.000.

  1. Crowddana

Platform ini bertugas sebagai penghubung antara investor dan pemilik usaha dengan aset properti. Investasinya berbentuk kepemilikan saham yang bisa dijual belikan di marketplace. Keuntungan yang bisa diberikan ke investor adalah dividen yield dan capital gain dari 15 sampai 25% tiap tahun.

Modal awal investasinya adalah Rp 1 juta. Apa anda tertarik? Anda bisa membuat akun, depositkan dana dan pilih investasi properti yang mana. Maka dividen akan diberikan tiap 3 bulan atau ketika properti sudah beroperasi.

  1. LandX

Platform equity crowdfunding ini mengumpulkan dana untuk mengembangkan usaha properti. Modalnya dimulai dari 1 lot dan bisa mendapat capital gain bila properti dijual dalam kisaran 3 sampai 5 tahun. Jadi properti yang telah terdaftar akan dibagi 300 bagian dalam satuan lot.

Untuk bisa menjadi investor, anda harus mendaftar dan depositkan uang minimal Rp 3 juta kemudian memilih properti yang akan didanai kemudian bisa membeli saham properti yang disukai. Anda akan memperoleh untung tiap bulan.

  1. Invesproperti.id

Perusahaan ini sudah berbasis syariah. Anda yang sedang mencari platform crowdfunding syariah, bisa pilih Investproperti.id. Saat ini sudah ada 9 properti yang tergabung di perusahaan. Jumlah investornya ada 796 dan pendanaan sampai Rp 3.512.999.000.

Punya Aset Properti Yang Bisa Dijadikan Modal Usaha, Pasti Cuan!

Jika saat ini Anda belum memiliki kesempatan untuk menjadikan properti sebagai aset passive income, Anda bisa mencoba ubah properti menjadi modal bisnis. Salah satu pinjaman UMKM online terpercaya yang menyediakan layanan ini adalah Danamas. Dengan proses yang mudah dan cepat, Anda bisa mengembangkan bisnis cukup bermodalkan properti Anda sendiri.

Pinjaman berlimit besar sampai Rp 2 miliar dengan tenor mulai dari 1 hingga 10 tahun. Sukses di usia muda sudah ada di depan mata. Yuk segera ajukan pinjaman! Bisnis mengular dan ekspansi dimana-mana bukan hanya menjadi impian semata.

Jika anda masih ragu, anda bisa coba simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan kalkulator pinjaman dan kalkulator simulasi properti. Anda juga bisa download Aplikasi Pinjaman Bisnis untuk permudah proses pengajuan pinjaman. Untuk info lebih lengkap, klik DISINI

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Warna-Lantai-Granit-Ruang-Tamu

6 Macam Warna Lantai Granit & Perawatan Lengkap

Tahukah anda bahwa batu granit adalah salah satu jenis batuan alam yang diambil langsung dari bumi. batu granit berasal dari bebatuan planet yang dilapisi batu batal dengan jenis batuan dalam jumlah besar. Batuan granit salah satu batuan alam yang cukup mudah ditemukan dan sering dipakai untuk penggunaan benda dan kehidupan sehari-hari seperti keramik dan meja.

Tidak hanya warna cat pada rumah Anda juga bisa memilih material lantai granit sebagai ide dekorasi rumah anda untuk memberikan nuansa yang berbeda. selain lantai keramik lantai granit juga menjadi pilihan banyak orang karena terbuat dari material yang kuat dan memberikan corak yang beraneka ragam. namun penting sekali untuk memilih lantai granit yang sesuai dengan desain rumah Anda sehingga memberikan suasana yang yang nyaman.

Selain itu di artikel ini juga akan membahas tentang ciri-ciri lantai batu granit, perbedaan lantai granit dan lantai marmer, hingga Cara merawat lantai granit dengan pembersih lantai granit yang tepat. Hal ini karena lantai granit memiliki material batuan alam yang dalam perawatannya tentu berbeda dari lantai keramik biasa. untuk mengetahui lebih lanjut Anda bisa simak ulasannya dibawah ini. 

Apa Itu Lantai Granit?

Lantai batu granit adalah batuan beku yang memiliki warna terang dengan butiran cukup besar dan terdiri dari para dan kuarsa. Batu granit memiliki warna yang berbeda mulai dari merah abu-abu merah muda putih dan lain-lain. Kata granit berasal dari bahasa latin yaitu granum yang berarti butiran. hal di ini diakibatkan karena adanya butiran mineral gelap yang tampak pada permukaan batuan. Batuan ini terbentuk dari kristalisasi magma yang lamban yang berada pada bawah permukaan bumi. Umumnya batuan granit memiliki ukuran yang besar keras dan juga tangguh.

6 Warna Granit Lantai Ruang Tamu Terbaru

Warna granit lantai ruang tamu terbaru bisa memberikan nuansa yang berbeda di di rumah anda. Untuk sebaiknya pilih lantai granit yang Sesuai dengan ide inspirasi interior rumah anda. Ada beberapa rekomendasi warna granit lantai ruang tamu terbaru yang bisa anda pilih sebagai berikut ini:

1. Warna Granit Abu Tua

Warna granit lantai ruang tamu terbaru dengan abu-abu tua sangat sesuai  untuk semua desain interior minimalis dan modern. Warna granit lantai ruang tamu terbaru ini juga dilengkapi dengan corak yang bervariasi ada yang memiliki corak besar ada juga dengan corak yang kecil-kecil dengan sentuhan warna hitam dan coklat. Warna granit lantai ruang tamu terbaru ini bisa anda padukan dengan furnitur yang memiliki warna hitam atau abu-abu. jika anda memiliki aksen warna putih dalam furniture juga bisa memberikan kesan yang lebih modern.

2. Hijau Dan Merah

Pilihan warna granit lantai ruang tamu terbaru lainnya adalah warna hijau dan merah. Perpaduan dua warna ini bisa memberikan nuansa ruang tamu yang lebih beda terlebih lagi jika granit lantai granit anda memiliki finishing glossy. Dengan finishing glossy atau glossy coating maka ruang tamu bisa terkesan lebih mewah dan berkelas sehingga memberikan tampilan yang sempurna untuk rumah minimalis dan modern kontemporer.

3. Warna Granit Coklat

Pilihan warna granit lantai ruang tamu terbaru yaitu coklat bisa memberikan kesan yang hangat elegan namun juga klasik. Anda bisa memadukan warna coklat ini dengan warna putih dan corak berwarna putih jika terkena cahaya akan memberikan Efek kilau yang menawan. Warna furniture yang bisa memadukan warna granit coklat adalah putih gading maupun krem sehingga memberikan kesan klasik yang natural.

4. Warna Lantai Granit Krem

Jika anda ingin memberikan suasana yang hangat namun tetap terang maka warna krem adalah pilihan warna granit lantai ruang tamu terbaru yang tepat. Warna krem bisa menonjolkan kalem sekaligus hangat terlebih lagi dengan penambahan pencahayaan  yang warna sehingga memberikan suasana yang menyenangkan.

5. Kombinasi Hitam Dan Krem

Jika anda ingin memadukan kedua warna pada lantai granit anda maka coba pilih warna hitam dan krem. Gunakan warna krem sebagai warna utama untuk granit lantai ruang tamu terbaru anda, lalu gunakan warna hitam sebagai bingkai dan list untuk membentuk pola belah ketupat yang sangat klasik.

6. Warna Putih Bercorak Dengan Guratan

Jika anda ingin memiliki nuansa klasik namun juga mewah dan elegan maka coba pilih warna putih sebagai lantai granit anda. Ada banyak sekali corak yang bisa memberikan nuansa yang berbeda salah satunya adalah gerakan-gerakan alam marmer yang memberikan kesan mewah dan juga modern. 

Harga Granit Lantai

Harga lantai granit tentu bervariasi tergantung dari kualitas material granit yang dipakai juga merk lantai granit. Ada dua merk lantai granit yang cukup populer yakni granit roman dan granit Indogress. Berikut kisaran harga granit lantai untuk kedua merek tersebut.

1. Harga Granit Roman

JenisUkuranHarga
Dcervina classic60×15Rp 158.000
dQuetico Rosato60×15Rp 212.000
Dbalsa rosato60×15Rp 224.000
Dchiazza colore30×30Rp 160.000
Dbalsa pine series15×60Rp 165.000
Dbatik alba30×30Rp 230.000
Dslavadory white60×60Rp 149.000
Polaris nero60×60Rp 226.000

2. Harga Lantai Granit Indogress

JenisUkuranHarga
Indogress Granit Foresta Satin60×60Rp 478.000
Indogress Granit Color Polished60×60Rp 410.000
Indogress Granit Salt & Pepper Polished60×60Rp 406.000
Indogress Granit Cristallo Polished60×60Rp 517.000
Indogress Granit Marmo Polished60×60Rp 526.000
Indogress Granit Natura Polished60×60Rp 414.000

Plint Lantai Granit & Fungsinya

Apa itu plint lantai? plint lantai adalah bidang pembatas antara lantai dan dinding juga sering disebut sebagai skirting. Secara umum print lantai dibuat pada dinding 10 senti sampai 15 cm dari lantai. Fungsi dari plint lantai granit adalah untuk menjaga dinding tetap bersih dari gesekan benda yang bergeser ataupun mencegah debu atau kotoran yang berkumpul pada sudut pertemuan dinding dan lantai sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Umumnya plint lantai menggunakan bahan yang sama dengan lantainya misal lantai granit maka menggunakan print lantai granit juga.

Ada beberapa kegunaan plint lantai granit yang bisa bermanfaat bagi interior rumah anda sebagai berikut ini:

a. Untuk Menyembunyikan Kabel Elektrik

Lantai granit bisa digunakan sebagai cara untuk menyembunyikan kabel listrik yang menjuntai panjang dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Untuk instalasi koneksi yang harus di dalam ruangan maka plint lantai granit bisa jadi solusi dan praktis dibandingkan menarik kabel dan menyembunyikannya di bagian langit-langit dinding atau plafon.

b. Menjembatani Celah Antara Dinding Dan Lantai

Jika anda sering melihat konstruksi yang tidak sempurna di bagian dinding dan lantai dengan adanya celah maka ini bisa jadi pemandangan yang merusak suasana rumah anda. Daripada Anda harus merenovasi ulang, maka print lantai bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini secara instan dan juga terjangkau.

c. Untuk Antisipasi Posisi Perabot

Menggunakan plint lantai granit juga bisa mengantisipasi potensi gesekan perabot yang bersentuhan langsung ke dinding. Maka dinding akan lebih aman terjaga keawetannya dari gesekan karena perabotan di rumah 

Harga Plint Lantai Granit Terbaru

Selain lantai granit, Anda juga membutuhkan plint lantai. Lantai granit dengan plint lantainya bisa bermanfaat bagi rumah secara fungsional juga estetika. Bagi Anda yang mencari plint lantai granit, berikut kisaran harga plint lantai granit terbaru:

Ciri-Ciri Lantai Batu Granit Asli

Lantai batu granit memiliki jenis material batuan seperti batu beku sedimen dan mantel. Perbedaan dari setiap jenis batu granit itu tidak cukup kentara namun bisa memberikan efek yang berbeda di ruangan rumah anda. Berikut beberapa ciri-ciri yang membedakan granit dengan bentuk batuan lainnya:

  • Batuan granit terbuat dari butiran mineral besar yang saling menempel erat
  • Batuan granit terdiri dari mineral kuarsa dan feldspar, dengan atau tanpa berbagai macam mineral lainnya.

Hampir semua batuan adalah batuan beku atau dipadatkan dari magma lalu sisanya plutonik yang berarti sangat masif sehingga terkubur dalam lempengan besar. Susunan acak butiran di dalam granit ini adalah bukti plutonik nya.

Tips Merawat Lantai Granit

Agar lantai granit Anda tahan lama dan tetap mengkilap, maka perlu tahu perawatan lantai granit yang tepat. Selain cara merawat lantai granit, kita juga perlu memilih produk pembersih lantai granit yang tidak merusak permukaan granit. Ikuti tips merawat lantai granit dibawah ini.

a. Gunakan Pembersih Khusus Lantai Granit

Agar lantai granit tampak selalu mengkilap maka anda perlu melakukan perawatan khusus untuk lantai granit. Anda perlu anda perlu memilih khusus pembersih lantai granit. Dari menggunakan produk biasa untuk pembersih lantai biasa karena umumnya kebanyakan produk tersebut mengandung asam yang dapat mengikis permukaan lantai Jika diaplikasikan secara terus-menerus.

b. Hindari Menaruh Barang yang Tajam

Hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan menghindari penggunaan benda tajam untuk lantai granit karena barang yang memiliki permukaan tajam dan kasar dapat menimbulkan goresan di lantai keramik. jika 

c. Selalu Siapkan Keset

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyiapkan. dengan menyediakan khusus di depan pintu masuk maka  hal ini bisa membantu anda untuk membersihkan kaki setiap  masuk ke dalam area rumah sehingga lantai granit tetap terawat.

Pembersih Lantai Granit

Untuk membersihkan lantai granit, maka Anda membutuhkan produk pembersih khusus lantai granit. Ini penting karena granit yang merupakan batu alam asli rentan rusak jika menggunakan produk pembersih lantai yang bukan khusus. Berikut rekomendasi produk pembersih lantai granit bagi Anda.

  • MR. MUSCLE Marmer & Granit
  • Primo Prime Floor
  • Johnson Marble Klin
  • Fason Granit
  • Mill Floor Cleaner
  • Home Cleaning
  • Klin pembersih lantai
  • Fason Gratine Pembersih Granit dan Keramik
  • Bona Stone Tile & Lam Cleaner
  • Fason Limov productnation

Perbedaan Granit Dan Marmer

Lantai granit dan lantai marmer selalu menjadi pertimbangan saat memilih lantai untuk dekorasi rumah anda. Keduanya sama-sama terbuat dari bebatuan alam namun memiliki perbedaan. perbedaan lantai granit dan lantai marmer diulas pada informasi di bawah ini: 

AspekGranitMarmer
MotifBintik-bintik alami karena peleburan batu-batuan menjadi satuMotif guratan garis urat halus karena kotoran mineral yang mengendap.
KarakteristikMaterial yang berpori dan lebih tahan lama daripada marmer.Material yang juga berpori seperti granit, namun lebih mudah menyerap daripada granit..
Marmer rentan terhadap panas dan asam. Maka, saat marmer dijadikan top table dan terkena panas alat masak, bisa membuat marmer cepat rusak.
Cairan asam seperti jus jeruk nipis, cuka bisa membuatnya kusam. Untuk itu, Anda perlu poles dan dempul dengan sealant agar marmer lebih tahan lama.
PengaplikasianLantai restoran & dapurKamar mandi, dinding shower, lantai, meja dapur
PerawatanUsahakan untuk tidak terkena cairan asam dan bahan kimia keras.Usahakan untuk tidak terkena cairan asam dan bahan kimia keras.
HargaHarga rata-rata RP 500 ribu – Rp 2 juta per meter persegi. (tergantung motif)Harga rata-rata RP 500 ribu – Rp 2 juta per meter persegi. (tergantung motif)
Daya tahanKekerasan granit 6-7 Mohs sehingga mudah menahan goresan akibat panas.
Granit anti lecet dan berubah warna.
Kekerasan marmer 3-5 Mohs dan daya tahannya beda dengan granit.
Jika marmer terkena kontak panas, goresan pisau maka bisa merusak marmer.

Jadikan Rumah sebagai Modal Usaha yang Menjanjikan!

Memilih material untuk pelengkap desain interior rumah Anda bisa membuat nilai jual rumah semakin tinggi. Bahkan, saat properti tersebut Anda jadikan agunan, maka Anda pun bisa mendapatkan modal yang lebih besar. Untuk bisa dapatkan pinjaman online terpercaya beragunan properti yang cepat dan mudah, maka Anda bisa ajukan ke Danamas, fintech lending berizin OJK. Pinjaman modal bisnis ini bisa Anda dapatkan mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar dengan tenor yang fleksibel hingga 10 tahun. Untuk mempermudah Anda, coba simulasikan kisaran cicilan di kalkulator simulasi kredit. Ada juga kalkulator pinjaman untuk lihat nilai properti yang akan dijadikan agunan pinjaman Anda. Langsung daftar melalui Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis lebih praktis dari smartphone Anda.

Bisnis-Real-Estate

3 Cara Bisnis Real Estate, Contoh & Keuntungan

Banyak sekali pilihan bisnis yang bisa ditekuni dan dijalani serius. Jika anda tertarik menjadi seorang pebisnis, tentu harus lihai melihat peluang dan permasalahan yang ada di sekitar kita. Dengan banyaknya tanah di Indonesia, banyak juga properti yang didirikan di atas tanah tersebut. Kemudian, usaha untuk menghasilkan uang dari properti itu juga muncul. Salah satu bisnis yang memiliki daya tarik adalah bisnis real estate dan investasi properti. 

Tiap orang yang berbisnis pasti mengejar keuntungan, tak terkecuali di bisnis real estate. Harga properti yang terus naik tiap tahunnya sangat menggiurkan karena untung yang didapat juga makin banyak. Walaupun untuk mencapai kesuksesan pasti tidak mudah dan ada hal-hal yang perlu dipersiapkan, seperti pengelolaan sistem keuangan yang tepat. 

Karena untuk terjun ke dunia properti, memerlukan modal yang sangat besar sehingga penting mengatur keuangan sebaik mungkin. Di artikel ini, kami akan membahas soal bisnis real-estate dan cara mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Yuk, simak artikel ini!

Pengertian Real Estate

Real estate adalah sebuah tanah dan semua bangunan fisik. Bangunan fisik ini termasuk semua benda yang melekat pada tanah yang dimaksud, seperti gedung, pohon, dan juga pagar-pagar yang ada di tanah tersebut. 

Jika diartikan, real estate (atau real estat jika dibuat menjadi bahasa Indonesia) dimaksud dengan tanah milik anda dan juga semua benda yang menyatu di atas serta menyatu terhadapnya. 

Benda yang menyatu di tanah anda dimaksud dengan bangunan yang ada di tanah tersebut, dan bentuknya bisa saja berupa rumah anda atau bangunan lain. Sedangkan yang dimaksud dengan benda-benda yang menyatu terhadap tanah anda biasanya terletak di luar bangunan tanah anda. Biasanya, benda-benda tersebut adalah halaman, jalan, saluran, pagar, dan lain-lain

Apa Itu Bisnis Real Estate 

Setelah sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian real estate. Nah selanjutnya, apa itu bisnis real estate? Bisnis real estate adalah sebuah usaha/bisnis yang berkaitan dengan jual beli tanah serta bangunan yang ada di atasnya. Benda yang dimaksud seperti gedung, pagar dan bangunan fisik lain yang ada di atas tanah tersebut. Namun di zaman sekarang, banyak masyarakat yang memahami kalau real estate adalah perumahan, komersial dan industri. Karena kategori tersebut, artinya real estate juga mencakup tanah yang belum dikembangkan seperti ruko atau kios, gedung perkantoran, pabrik dan sejenisnya.

Perbedaan Real Estate dan Properti 

Apa real estate dan properti sama? atau berbeda? ternyata masih ada beberapa yang sulit membedakan keduanya. Sebenarnya ada dua kunci pembeda, terutama bila dilihat dari bentuk fisik dan kepemilikannya. Real estate lebih condong ke bentuk fisik berupa tanah dan bangunan, sedangkan properti lebih condong pada kepemilikan terhadap fisik (tanah dan bangunan). Jadi bisa dikatakan kalau real estate merupakan bagian dari properti. Anda bisa melihat real estate adalah properti tapi anda tidak bisa memandang properti sebagai sebuah real estate.

Agar makin paham pembeda antara real estate dan properti, berikut ada contohnya:

  • Bapak Atmojo memiliki tanah tanpa bangunan, maka ia adalah pemilik properti. Karena memiliki tanah tanpa bangunan di atasnya.
  • Bapak Bondan memiliki tanah dan bangunan, maka ia juga seorang pemilik properti. Karena ia memiliki tanah dan bangunan di atas tanah sekaligus
  • Bapak Chiko memiliki rumah di atas tanah yang disewakan, maka ia adalah pemilik real estate. Karena status tanah tersebut adalah sewa dan bukan milik Bapak Chiko, ia hanya membangun rumah di atasnya
  • Bapak Dido mempunyai sebuah apartemen, maka ia juga pemilik real estate. Karena hanya memiliki hak atas unit apartemen yang ia punya. Tanah tempat dibangun apartemen, bukanlah milik Bapak Dido.

5 Contoh Bisnis Real Estate

Anda sedang bingung ingin bisnis real estate di bagian apa? Bagi anda yang masih bingung, beberapa alasan dibawah ini merupakan contoh-contoh real estate yang bagus dan mungkin bisa dilakukan oleh anda jika ingin memulai bisnis jenis ini:

1. Properti Perumahan

Salah satu contoh bisnis real estate adalah properti perumahan, yang biasanya termasuk apartemen, town house, kondominium, dan jenis-jenis properti perumahan lainnya. Biasanya, properti ini memiliki beberapa unit dan bisa disewakan kepada orang lain. 

2. Retail

Contoh dari retail yang bisa dijadikan bisnis real estate adalah bangunan mal dan juga bangunan pusat perbelanjaan komersial.

3. Ruang Kantor

Bisnis real estate ruang kantor bisa tahan inflasi dan juga menguntungkan karena harga sewa real estate tersebut disesuaikan dengan tingkat investasi. Ruang kantor bisa dibeli oleh investor dan kemudian disewakan dalam jangka waktu yang berbeda. 

4. Segmen Industri

Segmen industri biasanya termasuk fasilitas manufaktur, termasuk ruang gudang, dan biasanya memiliki biaya yang cukup signifikan, sehingga dapat menjadi sebuah keuntungan.

5. Hotel

Selain untuk menginap, hotel juga memiliki fasilitas bisnis yang mungkin bisa disewakan kepada orang-orang yang ingin melakukan bisnis di hotel tersebut. 

4 Keuntungan Bisnis Real Estate

Seperti yang kita tau, kalau bisnis real estate adalah salah satu bisnis yang sangat menguntungkan. Semakin bertambah tahun, justru harganya semakin naik dan ini sangat menggiurkan terutama bagi anda yang berniat untuk investasi jangka panjang. Apa saja keuntungannya? Berikut adalah penjelasannya:

1. Nilai Real Estate Konstan Naik 

Real Estate yang baik akan naik nilainya dengan seiring bergeraknya waktu. Real estate yang naik harganya minimal akan naik melebihi tingkat inflasi yang ada. Jika anda melakukan perbaikan dan renovasi properti, harga properti yang ada di real estate anda akan bertambah naik sehingga secara tidak langsung anda juga bisa menggarap keuntungan melalui perbaikan properti kalian karena properti berkualitas dapat membantu menaikan harga real estate.

2. Menjadi Sumber Penghasilan 

Properti real estat anda bisa disewakan untuk orang lain. Dengan melakukan penyewaan real estate, anda bisa jadikan hal tersebut menjadi salah satu bentuk sumber penghasilan anda. Penghasilan dari real estate merupakan pendapatan pasif sehingga anda bisa fokus untuk aktifitas anda yang lain. 

3. Real Estate Bisa Dikontrol Oleh Anda 

Jika anda melakukan investasi dan lebih sering melakukan investasi selain real estate, anda bisa mengontrol kesuksesan bisnis real estate anda. Sebagai pemilik real estate tersebut, anda bisa memiliki kewenangan untuk memperbaiki properti real estate anda demi menaikan harga real estate, atau bahkan merusaknya demi menurunkan harga. Pada akhirnya, anda memiliki kontrol terhadap real estate anda.

4. Dapat Melawan Inflasi 

Dengan cara apa real estate dapat melawan inflasi? Ketika inflasi terjadi, banyak barang-barang yang nilainya sama. Sehingga jika anda melakukan usaha bisnis real estate, anda bisa memiliki harga sewa dan harga properti yang dimiliki meningkat, dan harga tersebut bisa menjadi sama atau bahkan bisa melebihi nilai inflasi 

Kekurangan dari Bisnis Real Estate

Banyak bisnis yang tersedia, anda bisa memilih bisnis apa yang cocok dan sesuai dengan modal yang anda punya. Meskipun real estate membawa beberapa poin positif, ada juga beberapa poin negatif yang ada di real estate dan berikut adalah kekurangannya:

1. Membutuhkan Modal Besar

Untuk memulai sebuah usaha real estate, anda sudah pasti memerlukan jumlah uang yang besar untuk mendapatkan tanah atau properti yang diperlukan. Anda mungkin memerlukan modal yang bisa dimulai dari puluhan juta bahkan hingga sampai miliaran rupiah demi mendapatkan tanah dan/atau properti yang dimaksud. 

Meskipun nantinya anda bisa balik modal, untuk memulai real estate memerlukan modal yang besar minimal untuk DP, perbaikan dan renovasi properti sebelum bisa menyewakannya. Ditambah lagi, anda pasti akan memiliki pajak yang harus dibayar atas properti tersebut

2. Membutuhkan Banyak Waktu 

Bisnis merupakan sebuah investasi yang bersifat jangka panjang, dan bukan jangka pendek maupun jangka menengah. Harga properti dan tanah memang bisa meningkat seraya berjalannya waktu, namun kenaikan harga tersebut bukanlah secara instan, melainkan akan membutuhkan waktu yang panjang untuk perkembangan harga properti. 

3. Bisa Jadi Problematik

Meskipun terlihat seperti sebuah hal yang bagus, investasi properti bisa menjadi sebuah hal yang problematik. Contohnya adalah ada kemungkinan penyewa properti terutama yang real estate bisa merupakan seseorang yang tidak baik. Jika anda menyewakan properti anda kepada orang, ada kemungkinan orang tersebut bisa menurunkan harga properti anda dengan cara mungkin merusak properti. 

Dengan adanya penyewa yang bermasalah, bisnis real estate anda bisa membawakan kerugian karena tidak ada kas masuk atau bahkan karena banyaknya perbaikan yang harus dilakukan.

3 Cara Bisnis Properti

Anda ingin memulai bisnis properti ataupun real estate? Tentu tidak ingin rugi kan. Mendapatkan keuntungan yang besar tentu mimpi semua orang ketika memulai sebuah bisnis. Agar dapat menghasilkan keuntungan yang banyak, simak cara memulai bisnis properti dibawah ini, yuk! 

1. Ketahui Pasar Anda

Untuk menjalankan bisnis properti, ada baiknya anda mengetahui pasar anda sebelum menjalankan bisnis tersebut. Hal yang anda bisa cari tahu ketika mencoba untuk mengetahui pasar anda biasanya meliputi lokasi tanah untuk real estate, fasilitas yang anda ingin tawarkan, melakukan perbandingan harga yang sekiranya cukup untuk bersaing di pasar anda dan jika memungkinkan, ketahui iklim dari daerah bisnis anda. Dengan anda mengetahui semua ini, anda dapat mulai memberi sebuah kisaran harga yang sekiranya menguntungkan bagi anda dan juga tidak terlalu berlebihan bagi orang-orang yang mau menyewa real estate anda.

2. Ketahui Keperluan Pasar Anda

Berkaitan dengan poin yang di atas, ada baiknya bilamana anda juga mengetahui apa yang pasar anda tengah cari. Dengan anda mengetahui hal-hal yang pasar anda tengah cari, ada kemungkinan besar pasar anda akan tertuju kepada bisnis real estate anda karena apa yang mereka sedang cari terdapat di real estate anda.

3. Jujur

Tetaplah jujur terhadap apa yang anda miliki. Dengan anda yang tetap jujur terhadap apa yang anda sediakan di real estate, hal tersebut bisa menjadi sebuah daya tarik sendiri kepada pelanggan anda dan bisa membuat pelanggan mau mencoba menyewa di tempat anda.

Baca juga:

Plus Minus Bisnis Properti dan Cara Menyewakannya

Tips Investasi Properti & Cara Hadapi Tantangannya

Perusahaan Real Estate Terbaik

Memiliki perusahaan real estate merupakan sebuah hal yang bagus untuk dicoba, dan bisa saja melibatkan properti yang ada di tanah tersebut. Real estate bisa menjadi sebuah usaha dengan investasi jangka panjang dengan cara menyewakannya atau bahkan menjual kepada kalangan masyarakat. Ingin mencoba menyewa real estate? Berikut adalah beberapa daftar perusahaan real estate terbaik di Indonesia:

  • PT PP Properti
  • Era Indonesia
  • Century 21
  • Pakuwon Jati
  • Agung Podomoro Land
  • Ciputra Group
  • Ray White
  • Dan masih banyak lagi!

11 Contoh Perusahaan Properti Terbaik 

Dari banyaknya perusahaan properti, di bawah ini akan diulas beberapa perusahaan properti terbaik di Indonesia yang masuk ke daftar perusahaan properti kelas kakap. Yuk kita lihat penjelasannya!

1. PT Alam Sutera Realty Tbk

Perusahaan ini sudah terkenal sebagai pengembang pembangunan di kawasan Serpong. Banyak mall sampai proyek besar yang diselesaikannya seperti Alam Sutera, Alam Sutera Office Tower dan Silkwood Residences.

2. PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR)

Aset yang dimiliki PT Lippo Karawaci Tbk mencapai Rp 57,63 triliun hingga di kuartal pertama tahun 2018. Perusahaan tersebut juga sudah berhasil melakukan usaha terintegrasi yaitu diversifikasi berupa kota mandiri, hunian, hotel, rumah sakit, apartemen, mall sampai kawasan industri

3. PT Bumi Serpong Damai Tbk

Aset PT Bumi Serpong Damai Tbk adalah Rp 48,58 triliun hingga kuartal pertama di tahun 2018. Perusahaan properti ini sudah mencakup berbagai kawasan komersial, perumahan, industri serta fasilitas umum dan lapangan golf.

4. PT Ciputra Development Tbk

Aset yang didirikan oleh pengembang Begawan properti Ciputra mencapai Rp 32,29 triliun dan terus bertambah. Pengembang di berbagai proyek ini sudah merambah ke perkantoran, lapangan golf, perumahan, pusat perbelanjaan, restoran, rekreasi dan fasilitas terkait. Proyek andalannya adalah superblok Citra Plaza Nagoya di Batam dan Citra Maja Raya sebagai rumah murah dengan luas 2.600 hektar di Kabupaten Lebak, Banten.

5. PT Agung Podomoro Land Tbk

Proyek yang sedang dipasarkan adalah Podomoro Park, ada di Bandung Selatan dengan luas 100 hektar. Rencananya proyek hunian tersebut akan didirikan rumah sebanyak 3000 unit dengan beragam tipe.

6. PT Pakuwon Jati Tbk

Pakuwon tak hanya menjadi perusahaan pengembang, tapi juga mengelola proyek pusat perbelanjaan, kompleks, perkantoran, kawasan industri, hotel sampai apartemen. Lokasi proyeknya banyak di Jakarta dan Surabaya, seperti Pakuwon Mall, Plaza Blok M, Tunjungan Plaza, Gandaria City, Kota Kasablanka dan lainnya.

7. PT Agung Podomoro Group Tbk

Perusahaan ini memiliki 24 anak usaha dan lokasi proyeknya tersebar di Jakarta, Karawang, Bandung, Makassar, Bali, dan Balikpapan. Tak tanggung tanggung, perusahaan ini sukses selesaikan proyeknya lebih dari 50 properti dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

8. PT Agung Sedayu Group

PT Agung Sedayu Group terkenal sebagai perusahaan properti yang memiliki proyek residential atau pengembangan lahan khusus di bidang perumahan, retail, komersial dan apartemen. Proyek properti yang diselesaikan adalah Harco Mangga Dua, Mangga Dua Square, Bukit Golf Mediterania, Tendean Square, City Resort Residences, Dharmawangsa Square, Cibubur Country dan masih banyak lainnya.

9. Istana Group

Perusahaan yang berlokasi di Bandung ini sudah membangun beragam properti, industri lingkungan sampai tambang. Istana Group adalah developer yang sukses mengubah Kota Bandung menjadi konvensional modern tanpa menghapus elemen Paris van Java.

10. Wijaya Karya Realty

Perusahaan ini membangun perumahan, manajemen properti, jasa konstruksi sampai pembangunan realti. Tak hanya itu saja tapi juga merambah ke jasa konsultasi. Properti yang berhasil dikembangkan adalah Tamansari Tera (Bandung), The MAJ Collection Dago (Bandung), De Papilio Tamansari (Surabaya), Tamansari Iswara (Bekasi), The Hive (Cawan) dan lainnya.

11. Sinarmas Land

Sinarmas Land adalah pengembang yang menyediakan beragam produk seperti kota mandiri, perumahan, kawasan komersial dan industri, hotel, sampai resor wisata. Bahan lokasinya mencakup Asia hingga Eropa. Tidak berhenti sampai di sana, Sinarmas juga memiliki Sinarmas Financial Service. Nah perusahaan inilah yang menaungi Danamas. Saat ini, pemegang saham Danamas adalah PT Sinar Mas Multiartha Tbk sebesar 66,66% dan Itochu Corporation Japan 33,34%

Danamas bisa menjadi solusi bagi anda yang kekurangan modal usaha. Anda bisa menggunakan properti jaminan pinjaman, lho! Pinjaman online terpercaya ini sudah terdaftar dan mendapat izin OJK. Jadi semua prosesnya aman. Masa tenor yang diberikan mencapai 10 tahun dan limit fleksibel. Bunga efektif juga cenderung rendah, hanya 15,25% per tahunnya dengan biaya administrasi juga rendah.Coba simulasikan pinjaman dan nilai properti menggunakan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman di website Danamas, sehingga anda bisa menghitung pinjaman dan angsuran dari properti yang dimiliki. Agar akses lebih mudah dan praktis, anda bisa download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis segera! Untuk info lebih lengkap, klik DISINI!

Bisnis-properti-untuk-mahasiswa

3 Pilihan Bisnis Properti untuk Mahasiswa Ini Punya Prospek Bagus!

Anda seorang mahasiswa? Ingin mendapatkan uang tambahan? Bisnis properti untuk mahasiswa dengan modal minim ternyata bisa lho dilakukan oleh para mahasiswa. Sekarang ini usia tak lagi menjadi halangan untuk mulai berbisnis. Banyak orang yang sudah sukses di usia yang masih belia sekalipun.

Bisnis untuk mahasiswa bisa sangat bervariasi, walaupun orang berpendapat kalau bisnis properti untuk mahasiswa tidak cocok dilakukan karena modalnya besar, tapi ternyata anggapan tersebut tidak selamanya benar. Karena ada lini bisnis yang bisa digeluti meski modal awalnya sedikit atau bahkan tanpa modal sekalipun. Sehingga bisa dijalani oleh para mahasiswa yang ingin merintis usaha sedari muda.

Ditambah bisnis ini cukup fleksibel. Waktu kerja bisa diatur sesuai keinginan tanpa mengganggu kewajiban anda sebagai mahasiswa. Seperti yang kita tau, kegiatan mahasiswa sangat banyak, ditambah tugas menggunung. Agar bisa menjalani bisnis dan kuliah dengan sistematis dan terstruktur, simak beberapa tips untuk menjalankan bisnis properti untuk mahasiswa berikut ini. 

Bisnis Properti Adalah

Bisnis properti adalah kegiatan bisnis atau usaha yang dilakukan oleh perusahaan maupun perorangan dan bergerak di bidang kepemilikan properti yang bisa dijadikan aset, berupa tanah, bangunan atau sarana dan prasarana yang didalamnya sebagai satu kesatuan. Secara sederhananya, anda bisa melakukan jual-beli atau sewa-menyewa segala aspek yang terkait di dalamnya. 

Bisnis properti yang populer di Indonesia adalah properti yang digunakan untuk tempat tinggal atau residensial, seperti perumahan atau rumah, apartemen/rumah susun/kondominium, dormitory (bangunan/gedung untuk tinggal mahasiswa atau pelajar yang sedang menempuh masa studi), sampai villa.

3 Pilihan Bisnis Properti untuk Mahasiswa

Siapa bilang mahasiswa tidak bisa menjalankan bisnis di bidang properti? Asal ada kemauan dan niat pasti bisa Anda lakukan. Dengan memulai bisnis, peluang untuk mendapatkan uang tambahan kuliah akan semakin besar. Inilah pilihan bisnis properti untuk mahasiswa:

  1. Agen atau Broker Properti Paruh Waktu 

Meskipun sebagai mahasiswa, tentu kewajiban utamanya adalah belajar dan menyelesaikan kuliah. Anda bisa membagi waktu antara perkuliahan dan pekerjaan dengan status pekerja paruh waktu. 

Anda bisa bergabung dengan perusahaan broker rumah misalnya seperti Ray White, Century 21, dan sebagainya. Benefit dari menjadi agen properti adalah Anda akan mendapatkan pelatihan dan informasi mengenai properti, serta komisi. 

  1. Jasa Pencarian Indekos

Jika Anda merupakan mahasiswa kost dan mengenal daerah sekitar kampus yang memiliki kosan atau kontrakan kosong, bisa menjadi peluang untuk Anda memulai bisnis. Caranya dengan meminta izin kepada pemilik kos atau kontrakan tersebut dan kemudian Anda bisa membuat iklan untuk mempromosikan rumah tersebut kepada mahasiswa atau orang lainnya. Anda juga bisa mendapatkan komisi dari hasil promosi tersebut. 

  1. Situs Jualan Properti

Apabila Anda memiliki keahlian di bidang IT, atau pemasaran digital, Anda bisa membuka sebuah situs properti. Apabila situs tersebut berhasil dan menarik banyak orang, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan dan mungkin saja memperoleh keuntungan dari orang yang memasang iklan di situs buatanmu.

Bisnis Properti Modal 10 Juta Untuk Mahasiswa 

Walaupun masih mahasiswa, bukan berarti anda tidak bisa menjalankan bisnis, salah satunya di bidang properti. Bahkan menurut Robert T. Kiyosaki, bisnis di bidang ini akan tetap menguntungkan, meskipun labanya kecil. Ternyata dengan modal Rp 10 juta, anda sudah bisa berkecimpung di dalamnya, yuk intip ulasannya!

  1. Bisnis Properti Lewat Pasar Modal

Bagi pemula, takut rugi masih menjadi momok yang menakutkan. Apalagi modal yang dimiliki terbilang pas-pasan. Nah, bisnis properti untuk mahasiswa ini bisa anda coba. Caranya adalah dengan membeli saham perusahaan walaupun persentase kepemilikannya kecil. 

Saham properti yang bisa dijadikan incaran adalah Ciputra (CTRA), PT PP Properti (PPRO), Pakuwon Jati (PWON), Lippo Karawaci (LPKR) dan lainnya. Tidak masalah jika “uang dingin” anda masih sedikit, karena untuk harga saham tidak semuanya mahal. Banyak yang harganya di bawah Rp 1000 per lembar. Jadi ketika anda membeli 1 lot atau 100 lembar, maka uang yang dibutuhkan masih di bawah Rp 100.000.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah, bukan berarti bermain saham akan untung terus. Harga saham bisa dipengaruhi oleh suku bunga kredit atau lesunya penjualan di kurun waktu tertentu. Jadi pastikan anda memilih perusahaan yang fundamentalnya baik dan proyeknya jelas.

  1. Bisnis Homestay

Bagi anda yang masih tinggal bersama orang tua, bisa belajar pelan-pelan dengan menjalankan bisnis penyewaan homestay. Yang penting ada ruangan atau kamar tidak terpakai dan layak untuk disewakan. Dengan menggunakan situs AirBnB, Traveloka, AiryRoom, Booking.com maka proses promosi akan jadi lebih mudah.

Ketika menyewakan kamar pasti ada resikonya, seperti kerusakan fasilitas, tagihan listrik, wifi, air dan lainnya. Jadi pastikan anda membuat perencanaan keuangan dengan tepat untuk mewaspadai segala risiko sebelum mematok harga sewa. 

  1. Pendanaan Dengan P2P Lending

Anda bisa memanfaatkan P2P Lending untuk mendapatkan pinjaman jika ingin membeli aset properti. Tak hanya itu, anda juga bisa mendanai proyek properti dengan invoice financing. P2P lending bisa mempertemukan investor dengan peminjam. Anda bisa mendapatkan return atau imbal hasil sampai 11% per tahun dari investasi pendapatan properti

Tak perlu khawatir, karena pendanaannya cukup murah, mulai dari Rp 200 ribu saja. Dengan modal Rp 200 ribu, anda sudah bisa menjadi investor di bisnis properti. Walaupun berbentuk investasi, tapi di dalamnya ada bisnis yang berjalan.

Tips Bisnis Properti untuk Mahasiswa

Sebagai seorang pebisnis, anda tak perlu mengalami semua kegagalan seorang diri. Anda bisa belajar dari kegagalan orang lain yang terjun ke dunia bisnis yang sama. Nah agar anda tidak terjeblos ke lubang kebangkrutan, berikut ini ada tips bisnis properti untuk mahasiswa:

  1. Membantu Menjual Properti Kepada Orang Terdekat 

Jika Anda memiliki jaringan sosial yang luas, maka mulailah dengan membantu orang disekitar Anda untuk menemukan rumah yang mereka inginkan. Gunakan media sosial sebagai sarana untuk mendukung pekerjaan tersebut. 

  1. Melihat Trend Terbaru

Perumahan atau properti tentunya juga memiliki trend dan terus berkembang. Belakangan ini gaya minimalis menjadi trend yang cukup disukai masyarakat. Anda tentunya harus memahami gaya dan mempelajari trend yang disukai oleh orang. Dengan demikian, konsumen akan yakin bahwa Anda ahli dibidang properti dan dapat diandalkan. 

Baca juga:

Plus Minus Bisnis Properti dan Cara Menyewakannya

Tips Investasi Properti & Cara Hadapi Tantangannya

  1. Mempelajari Properti dengan Baik 

Jika Anda seorang mahasiswa yang tertarik dengan bisnis properti, maka pelajarilah hal yang berkaitan dengan properti dan cara pemasarannya. Pelajari mengenai properti yang ingin anda jual, mulai dari kondisi lingkungannya, kekuatan bangunan, dan tentu saja cara memasarkannya.  

  1. Menjadi Pekerja di Agen Properti

Tidak ada salahnya untuk mengambil pengalaman bekerja di agen properti, sebelum benar- benar terjun secara mandiri dan membuka bisnis properti. Dengan bekerja di agen properti, Anda akan mendapatkan pengalaman yang bagus mengenai seluk beluk dunia properti dan langkah yang tepat dalam mengembangkan bisnis properti.  

5 Cara Menjadi Agen Properti

Apa anda tertarik menjadi agen properti? Ketika terjun ke dunia properti tentu akan ada rintangan yang harus dilalui. Anda akan dituntut untuk mampu meyakinkan klien sampai mereka membeli produk yang ditawarkan. Bagi anda yang ingin menjadi agen properti, yuk simak ulasan di bawah:

  1. Punya Sertifikasi

Melihat Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 105/M-DAG/PER/12/2015 dituliskan kalau agen wajib memiliki sertifikasi. Peraturan tersebut berisi tentang Pemberlakuan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Real Estat Golongan Pokok Real Estat Bidang Perantaraan Perdagangan Properti. Sertifikasi tersebut bukan hanya formalitas tapi seperti ijazah yang diperoleh di sekolah, sertifikasi tersebut berguna untuk menunjang perjalanan karir sebagai agen.

  1. Perusahaan Properti Wajib Punya SIUP

Hal lain yang harus dimiliki oleh perusahan properti adalah Surat Izin Usaha Perusahaan Perantara Perdagangan Properti (SIU-P4). Hal itu tercatat di Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 33/M-DAG/PER/8/2008 mengenai Perusahaan Perantara Perdagangan Properti.

Jika anda ingin memilikinya, bisa mendapatkan surat tersebut di Direktur Bina Usaha dan Pendaftaran Perusahaan Kemendag. Syarat untuk memperoleh SIUP, perusahaan properti minimal memiliki 2 orang tenaga ahli. Masing-masing berposisi sebagai pemimpin dan agen tersertifikat dari AREBI serta sertifikat kompetensi dari LSP Broker. Yang perlu diperhatikan, SIUP-P4 ini harus didaftarkan ulang tiap 5 tahun.

  1. Bebas Dari Persaingan Agen Asing

Memiliki sertifikasi seperti yang telah disebutkan di atas bisa meminimalisir adanya kebocoran pajak dan mengurangi atau bebas dari persaingan agen asing. Bagi agen yang ingin memiliki sertifikat, maka bisa datang ke Sekretariat LSP Broker Properti di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Tapi jika agen ada di daerah, maka pihak LSP akan mendatangi daerah tersebut. Syaratnya, agen yang ingin mendapatkan sertifikat di daerah tersebut memiliki jumlah yang banyak.

  1. Bangun Relasi & Perhatikan Busana

Salah satu kunci menjadi agen yang sukses adalah memiliki relasi luas. Makin banyak dikenal orang, makin bagus. Atau untuk tahap awal, anda bisa menghubungi orang terdekat, seperti keluarga (orang tua, kakak, adik) atau kerabat yang ingin menjual rumah, tanah atau apartemen dan jangan lupa untuk menawarkan jasa anda sebagai agen.

Pastikan pakaian anda rapi dan sopan, yang bisa merepresentasikan pekerjaan anda ketika bertemu dengan calon pelanggan. Dengan anda memperhatikan gaya busana, maka klien akan percaya pada penjelasan anda.

  1. Rajin Promosikan Properti

Rajin-rajinlah berpromosi ke calon pembeli. Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk. Caranya melalui website perusahaan. Lakukanlah secara konsisten dan berkala. Dengan begitu, maka pembeli akan mudah melihatnya dan bisa segera menghubungi anda.

5 Syarat Jadi Agen Properti

Walaupun anda masih mahasiswa, tapi tak boleh menghalangi keinginan untuk terjun ke dunia bisnis. Syarat untuk menjadi agen properti juga tidak sulit. Tapi bisnis properti untuk mahasiswa ini harus ditekuni agar anda bisa cepat sukses. Berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi:

  1. Kantongi Izin

Hal pertama yang harus dimiliki adalah izin atau lisensi. Sejak akhir tahun 2015, Asosiasi Real Estat Broker Indonesia (AREBI) menggiatkan lisensi untuk para broker melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Broker Properti. 

Dengan memiliki lisensi atau sertifikat, maka bisa dikatakan kalau anda berkompeten menjalankan pekerjaan sebagai broker. Jika anda berada di sekitar Jakarta, bisa datang ke Sekretariat LSP Broker Properti di Jl. Jambu No 2 Menteng, Jakarta Pusat (Telp. 021-3909913).

  1. Cari Kantor Agen Properti

Poin kedua ini adalah opsi. Anda bisa memilih ingin menjadi agen properti perorangan/individual atau bergabung ke badan usaha. Namun, karena anda masih mahasiswa, sebaiknya bergabung saja ke perusahaan agen properti. 

Keuntungan join dengan agensi properti yaitu anda bisa memperoleh bimbingan dari senior dan database klien yang bisa dikembangkan sendiri. Di sana anda bisa mendapatkan pengalaman sebelum ingin menjadi agen individual. Cara menemukan perusahaan agen properti bereputasi dan terpercaya adalah dengan melihat ulasan di media sosial atau blog. 

  1. Buat Portofolio

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membuat portofolio, yaitu menggunakan jaringan pribadi dan mencari mentor. Dengan belajar dari mentor, maka anda bisa belajar tentang proses jual beli properti ke klien. Sedangkan cara kedua, anda bisa menawarkan diri untuk menjadi agen properti untuk orang lain. Bisa dimulai dari orang terdekat atau kerabat.

  1. Siapkan Anggaran

Sebenarnya anggaran ini diperlukan untuk mempersiapkan diri. Misalnya anda mengalokasikan dana sebesar Rp 1 juta. Uang tersebut bisa dipakai untuk membuat kartu nama, menjadi member berbayar di website properti, atau mengikuti kursus/ seminar mengenai properti.

  1. Aktif Di Media Sosial

Dengan memanfaatkan media sosial, anda bisa memasarkan listing properti. Proses promosi melalui Facebook, Path, Twitter, Instagram dan lainnya bisa memudahkan anda untuk berpromosi. Selain tidak memerlukan modal, caranya pun mudah.

Kendala dalam Bisnis Properti

Dalam setiap bisnis pastinya akan dijumpai beberapa kendala. Berikut ini ada beberapa hambatan yang mungkin saja akan anda alami selama berbisnis properti. Walaupun masih pemula, belajarlah dari list di bawah agar anda bisa belajar bagaimana solusinya jika anda berada di posisi tersebut.

  1. Kurang Berpengalaman

Dalam bisnis pastinya akan ada pengalaman pertama, seorang pemula  kerap kali membutuhkan banyak pengalaman sehingga bisa mendapatkan konsumen atau pelanggan yang banyak. 

Kurangnya pengalaman inilah yang membuat para mahasiswa mungkin akan gagal dalam mendapatkan konsumen. Teruslah bersemangat, karena di awal mungkin akan terasa susah, namun lama-kelamaan akan terbiasa.  

  1. Kurang Minat dan Tidak Konsisten

Sebagai seorang mahasiswa, mungkin Anda akan disibukkan dengan berbagai tugas dan kegiatan perkuliahan. Minat untuk menjadi seorang pebisnis di bidang properti mungkin hanya tumbuh di awal- awal saja dan tidak dijalani dengan konsisten. Hal ini bisa menjadi kendala para mahasiswa untuk melanjutkan bisnis di bidang properti. 

  1. Modal

Modal merupakan salah satu hambatan terbesar yang bisa menghentikan langkah seorang mahasiswa untuk menjalankan bisnis. Anda bisa meminjam dari orang tua atau mungkin melakukan kerja sama dengan teman untuk mendapatkan tambahan modal.

Modal Aman untuk Pebisnis Pemula Yang Handal!

Bidang properti menjadi salah satu bisnis yang memiliki peminat tinggi, terutama di kalangan mahasiswa juga. Namun, bila Anda ingin mengembangkan usaha di bidang lain  dan membutuhkan tambahan modal, Anda bisa memanfaatkan properti sebagai aset berharga yang dijadikan sebagai agunan. Danamas hadir sebagai solusi pinjaman modal usaha mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar. Pinjaman online terpercaya ini bisa memberikan masa tenor sampai 10 tahun. Dalam waktu tersebut, anda bisa terus mengembangkan bisnis. Bunga efektif yang ditawarkan Danamas mulai dari 15,25% per tahun. Anda dapat mengetahui besaran pinjaman yang diperoleh dengan mencoba kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman. Agar akses lebih mudah dan pengajuan lebih praktis, anda bisa download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis di smartphone. Untuk lebih lengkap, klik DISINI!