pagar-rumah-minimalis

Sebagian besar rumah tentunya dilengkapi dengan pagar, pagar berfungsi untuk melindungi rumah dari bahaya yang berasal dari luar, serta melindungi privasi pemilik rumah.Pagar rumah pun memiliki beberapa model yang bisa Anda pilih mulai dari pagar model klasik, kayu, hingga desain minimalis. Pemilihan pagar tentunya disesuaikan dengan tema hunian dan juga kebutuhan. Itu penting sekali bagi anda untuk mengetahui tips untuk memilih pagar rumah yang tepat.

Keberadaan pagar rumah tentu tidak boleh disepelekan karena tidak hanya memiliki fungsi secara penggunaan tetapi juga memiliki fungsi untuk estetika rumah anda. dengan anda bisa memilih yang berbeda ada untuk interior rumah anda. Kini ada banyak sekali di yang pilih untuk menyesuaikan desain rumah Anda. Desain pagar rumah yang cukup populer belakangan ini seperti desain pagar rumah minimalis desain rumah modern dan lain-lain.

Anda masih bingung bagaimana cara untuk memilih pagar rumah makan di artikel ini semua akan dibahas dari mulai tips memilih desain pagar rumah, tinggi  ideal pagar rumah, cat pakai besi rumah yang sesuai, tanaman yang cocok untuk melengkapi pagar rumah anda hingga jenis-jenisnya. semua akan dibahas di artikel ini, untuk itu cek beberapa tips yang dapat Anda coba untuk memilih pagar rumah. 

Tips Memilih Pagar Rumah Minimalis 

Dalam pemilihan pagar minimalis, tentunya ada beberapa tips yang perlu untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan pagar bisa memberikan efek pada tampilan rumah Anda. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih pagar rumah minimalis 

  1. Sesuaikan dengan Desain Rumah

Ada berbagai macam desain untuk rumah minimalis, Anda bisa mencari sumber referensi dari berbagai website perumahan, atau melihat melalui majalah rumah.

  1. Memperhatikan Ukuran Rumah

Ukuran rumah tentunya berbeda-beda, rumah dengan ukuran kecil, mungkin bisa memakai pagar yang memiliki tinggi tidak lebih dari 1,2 meter. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar rumah terlihat estetik dan proporsional. 

  1. Menyesuaikan Material Pagar

Material pagar terdiri dari berbagai jenis bahan, misalnya  besi hollow, batu hias, stainless, dan masih banyak lainnya. Biasanya orang memilih pagar bahan besi, sedangkan pagar yang memiliki banyak motif biasanya menggunakan lebih dari satu bahan. 

  1. Jenis Pagar Rumah

Pilihlah pagar yang kuat, dan beberapa jenis material dapat dibentuk serta dikreasikan sehingga menambah keindahan eksterior rumah. 

Berapa Tinggi Ideal Pagar Rumah?

Sebenarnya tidak ada aturan resmi atau secara pasti tinggi ideal pagar rumah. Namun sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi atau menentukan tinggi pagar rumah yang ideal. Sebelum anda memutuskan untuk membangun pagar rumah maka sebaiknya cari tahu terlebih dahulu regulasi yang dibuat oleh developer atau pemerintah tentang pagar rumah yang mereka izinkan. Sebagai contoh saat anda ingin membangun pagar rumah di town house maka penggunaan pagar rumah tingginya akan bertentangan dengan konsep keramahan yang ditawarkan oleh perumahan tersebut.

Tinggi pagar rumah ideal juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan si pemilik rumah. Bagi Anda yang memiliki tujuan untuk melindungi area private di teras rumah maka sebaiknya tinggi yang bisa anda pilih adalah sekitar 1,8 meter. Namun jika ingin mencegah orang asing masuk ke dalam rumah, maka tinggi pagar rumah ideal berkisar 1,8 sampai 2,5 meter. Untuk lebih aman, pecah beling bahkan paku sebagai bagian kepala pagar. Namun umumnya cara ini kurang relevan diaplikasikan pada desain rumah minimalis atau modern seperti saat ini.

Sementara itu, bagi Anda yang ingin membangun pagar yang bertujuan untuk meminimalisir kebisingan suara di area depan rumah maka anda juga perlu membuat pagar rumah dengan ketebalan minimal 10 cm dan ketinggian berkisar 1,8 – 2 meter. Mereka yang tinggal di cluster, maka bisa menggunakan tinggi pagar 0,9 – 1,2 meter atau sepinggang orang dewasa.

Rekomendasi Warna Cat Pagar Besi Rumah Yang Bagus

Dalam membuat pagar rumah, ada salah satu hal yang perlu anda perhatikan adalah pemilihan warna cat pagar besi rumah yang bagus. Hal ini bisa memberikan tampilan rumah sesuai dengan konsep desain rumah yang anda inginkan. Untuk warna cat pagar rumah yang cukup mewah dan juga cukup bervariatif di mana anda bisa mengaplikasikan beberapa kombinasi warna yang menyesuaikan dengan warna rumah. Berikut beberapa pilihan warna cat pagar besi rumah yang bisa anda pilih.

  • Warna Hitam Doff Atau Matte

Rekomendasi pertama warna cat pagar besi rumah yang bisa jadi pilihan Anda adalah warna hitam doff atau matte. Warna hitam akan memberikan suasana yang elegan juga modern pada rumah anda. Anda bisa kombinasikan dengan desain pagar dengan ukiran yang indah untuk memberikan kesan mewah pada pagar serta menambahkan lampu dinding untuk memberikan kesan klasik dengan warna yang Senada.

  • Warna Abu-Abu

Pengaplikasian warna pagar besi abu-abu juga sering dipilih untuk desain rumah minimalis. Abu-abu adalah warna yang cukup netral dan bisa dipadukan dengan warna warna lainnya. Jika pagar besi Anda terkena debu atau perubahan cuaca maka warna abu-abu tidak mudah kotor dan bisa dibersihkan tanpa perlu takut meninggalkan noda yang bisa membuat warna menjadi belang.

  • Warna Putih

Warna putih untuk pagar adalah salah satu warna yang bisa memberikan Efek psikologis bahwa rumah terlihat lapang dan juga bersih. Anda bisa mengaplikasikan warna putih menjadi cat pagar besi rumah dan memberikan efek yang lebih luas. Hal yang perlu anda perhatikan adalah untuk membersihkannya secara teratur agar tidak terlihat kotor karena debu debu yang bisa menempel pada permukaan pagar.

  • Cat Berwarna Hitam Dan Emas

Beberapa orang beberapa orang juga warna cat pagar hitam dan emas. Kombinasi pilihan dua warna ini memberikan kesan klasik dan mewah. Anda bisa kok kombinasikan dengan desain pagar dengan ukiran-ukiran detail yang memberikan tampilan klasik dan sesuai dengan konsep rumah anda.

  • Cat Warna Broken White

Cat warna broken white juga bisa diaplikasikan ke pagar besi rumah anda. Ini adalah pilihan bagi Anda yang merasa bahwa warna putih terlalu mencolok sehingga warna broken white bisa jadi pilihan alternatif lainnya. Warna broken white cenderung lebih lembut dan tidak mencolok dan bisa dikombinasikan dengan warna-warna lain.

  • Warna Coklat Kayu

Jika anda menginginkan cat warna cat pagar besi di rumah yang terkesan natural maka warna coklat kayu bisa jadi pilihannya. Warna coklat cukup universal dan bisa dikombinasikan dan aplikasikan ke berbagai jenis desain rumah anda. Coklat adalah salah satu warna yang bisa mencerminkan kehangatan kenyamanan juga ketenangan hingga keseimbangan.

  • Warna Silver

Warna silver juga bisa menjadi pilihan untuk pagar besi di rumah anda ada. Silver bisa memberikan tampilan yang berbeda dan diaplikasikan pada pagar yang berbahan besi. Jangan lupa untuk sesuaikan dengan konsep rumah anda.

  • Warna Hijau

Warna hijau memberikan kesan yang teduh dan mampu memberikan banyak manfaat bagi penghuni yang tinggal di rumah tersebut. Warna hijau adalah salah satu warna yang cukup hoki untuk memberikan banyak manfaat karena melambangkan kemakmuran pertumbuhan hingga rasa tenang. Anda anda bisa memberikan sentuhan natural melalui warna pagar hijau. 

  • Warna krem

Warna Keren juga sangat dekat dengan warna putih dan broken white. Warna krem bisa memberikan tampilan yang lembut dan juga cantik dan bisa diaplikasikan di beberapa material pagar seperti pagar kayu bahkan pagar besi. warna untuk cocok untuk rumah yang memiliki desain plastik.

10 Rekomendasi Merk Cat Pagar Rumah Yang Bagus

Umumnya material yang terbuat dari logam sangat rentan mengalami karat dan korosi. Hal ini bisa memberi yang reaktif saat terkena air dan udara. Benda-benda logam yang sering terkena perubahan cuaca seperti air hujan dan terik matahari bisa cepat mengalami karat dan korosi. salah salah satu maaf mengaplikasikan cat besi anti karat yang tepat.

Cat besi anti karat biasanya mengandung polimer pigmen dan resin yang bisa melindungi permukaan benda logam dari pengaruh oksidasi air dan udara. Tidak hanya itu cat pagar rumah yang bagus dan anti karat juga bisa mempercantik permukaan dari logam. berikut rekomendasi cat besi anti karat untuk pagar rumah yang bagus:

  1. Emco Lux Primer Cat Besi
  2. Jotun Gardex Premium Gloss Besi dan Kayu
  3. NIPPON PAINT BODELAC 2-in-1
  4. Propan Sengkote Anti Karat Water Based
  5. Propan Primtop Cat Besi Anti Karat
  6. KANSAI PRIMER Cat Besi Anti Karat Red Oxide
  7. SEIV Paint Flintkote 007
  8. BITACHROM Anti Rust Primer Paint
  9. NIPPON PAINT Nipsea Flinkote
  10. Propan Metalkote Zinc Chromate Anti Karat

Jenis Pagar Rumah Yang Murah

Jenis pagar rumah minimalis menjadi salah satu indikator atau kesan pertama saat seseorang menilai jenis atau konsep gaya rumah anda. Hal ini disebabkan pagar adalah salah satu bagian rumah yang pertama kali orang lihat saat datang ke rumah. Dengan alasan itulah maka anda perlu konsisten untuk mengaplikasikan jenis gaya rumah dengan pemilihan pagar yang tepat. Sebelum anda menentukan pagar rumah minimalis yang cocok maka pertimbangkan kondisi lingkungan rumah. Sebagai contoh saat anda berada di pemukiman padat penduduk maka jenis pagar yang simpel dengan ukuran yang tidak terlalu besar adalah pilihan yang tepat. Selain itu, anda perlu mempertimbangkan pemilihan material seperti pagar besi pagar kayu atau pagar aluminium. Berikut jenis pagar rumah yang murah untuk anda pilih.

  • Pagar  Minimalis Lipat

Di tahun 2022, anda akan menemukan banyak sekali jenis pagar minimalis lipat yang modelnya bisa disesuaikan dengan konsep desain rumah. Material dari pagar lipat ini bisa bervariasi seperti material kayu baja besi hingga kombinasi berbagai material lainnya.

  • Pagar Laser Cut

Pagar laser cutting mobil terbuat dari lempengan baja yang kuat lalu dipotong dan membentuk pola dengan teknik laser yang unik. Anda bisa memesan motif atau pola dari laser bervariasi seperti motif bunga kotak simetris dan lain-lain. sesuai motif ini dengan konsep desain rumah anda.

  • Pagar Batu Alam

Anda bisa mendapatkan kesan natural minimalis pada hunian dengan menggunakan jenis pagar batu alam. Anda bisa mengkombinasikan pagar batu alam dengan material pagar besi ataupun baja ringan. Satu hal yang perlu anda perhatikan adalah batu alam mudah sekali berlumut sehingga harus rajin Anda bersihkan.

  • Perpaduan Batu Alam Dan Besi

Anda bisa memadukan batu alam dengan besi sebagai pilihan pagar rumah anda. Anda bisa memadukan batu alam dengan besi sehingga rumah tetap terlihat natural namun tampak kokoh.

  • Konsep Zen Desain Minimalis

Di tahun ini juga pagar bernuansa alam dan natural seperti konsep zen minimalis cukup populer. Maka dari itu tidak ada salahnya jika anda membuat pagar yang terbuat dari kayu dengan konsep Zen yaitu menggabungkan kayu beton atau kaca sebagai slot untuk mengintip keluar rumah. Jika Anda menggunakan kaca menggunakan tempered glass untuk daya tahan yang lebih kuat.

  • Pagar Bergaya Monokrom

Pagar bergaya monokrom identik dengan warna hitam dan putih dan tetap tren dari waktu ke waktu. Jenis pagar monokrom Ini bisa diaplikasikan pada berbagai jenis material pagar seperti besi dan aluminium. 

  • Pagar Dengan Kayu Putih

Anda juga bisa memilih jenis pagar berbahan kayu dan dicat berwarna putih. Pagar dengan kayu berwarna putih ini memberikan kesan yang lapang cantik dan juga mempesona. Namun memiliki pagar berwarna putih juga diiringi dengan perawatan yang cukup tinggi. 

  • Pagar Besi Model Kayu

Salah satu  jenis pagar kayu yang bisa anda aplikasikan di rumah adalah pagar besi model kayu. Jenis pagar ini tidak bertahan lama dengan cuaca seperti sinar matahari yang terik dan hujan dikarenakan kayu cepat rapuh saat sering terkena hujan. Namun anda bisa membuat lapisan anti air yang yang mampu melindungi pagar kayu tersebut. tampilan daripada ini juga lebih terlihat natural. 

Apa Kelebihan Logam Besi Dibandingkan Kayu Dalam Pembuatan Pagar Rumah?

Pemilihan pagar rumah memang harus sangat diperhatikan, karena setiap material pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui apa saja kelebihan dari besi sebagai material pagar rumah dan juga kelebihan material kayu. Dibawah ini, akan menjelaskan dilihat dari beberapa aspek yang bisa jadi acuan Anda dalam memilih pagar rumah. 

AspekPagar KayuPagar Besi
Kondisi LingkunganCocok di kawasan beriklim hangat dan kering. Kondisi ini membuat pagar kayu cukup awet dan low maintenance.Namun jika Anda berada di kawasan lembab, maka pagar kayu cukup mudah rapuh.Pagar logam besi cukup awet dan Anda tak perlu biaya tambahan. Agar pagar besi awet dan tidak mudah berkarat, maka Anda perlu melapisinya dengan cat pelapis.
KerusakanPagar kayu bisa dengan mudah diperbaiki sendiri. Pagar kayu cukup rentan dengan rayap.Pagar besi cukup sulit untuk diperbaiki dan cukup rentan karatan.
Tingkat KeamananPagar kayu cenderung mudah rusak dan tidak aman untuk melindungi rumah.Pagar besi lebih kokoh dan tidak mudah dirusak orang.
PenampilanPagar kayu bisa memberikan kesan tradisional.Pagar besi memberikan kesan modern.

Tanaman Yang Cocok Untuk Pagar Depan Rumah

Sebagai salah satu komponen yang penting di dalam rumah Anda maka sekali untuk memilih pagar depan rumah yang cocok untuk anda. salah alternatif adalah tanaman sebagai pagar depan rumah. dengan memilih Tanaman yang cocok untuk pagar depan rumah maka bukan tidak mungkin rumah anda bisa memiliki sentuhan dan nuansa yang berbeda. Ada beberapa jenis tanaman pagar yang mampu menyaring polisi dan memberikan nuansa berbeda di rumah Anda seperti berikut ini.

  • Tanaman Boxwood

Boxwood adalah Tanaman pagar hidup yang cukup populer karena memiliki beberapa kelebihan. Boxwood bisa tumbuh subur dengan padat dan mencapai tinggi hingga 6 meter. Tanaman ini bisa dibentuk menyerupai lingkaran atau persegi sesuai dengan kebutuhan. Tanaman tanpa bunga ini juga bisa membuat rumah Anda tampak hijau dan asri dan bisa dikreasikan menjadi berbagai bentuk.

  • Pohon Cemara Kipas

Pohon cemara kipas pertama kali dibudidayakan di Eropa dan kini dengan mudah bisa anda temui di Indonesia. Tanaman Cemara kipas ini bisa tumbuh tegak dan tinggi dan dijadikan pagar hidup dan memberikan privasi untuk rumah anda.  pohon cemara kipas bisa hidup tinggi hingga 4 meter.

  • Tanaman Bugenvil

Tanaman bugenvil atau yang sering dikenal dengan tanaman bunga kertas memiliki kelopak yang cukup tipis dan menyerupai daun. tanaman bunga bugenvil memiliki warna yang berbeda-beda seperti warna ungu warna putih warna pink hingga warna kuning. Anda bisa memanfaatkan tanaman bunga bugenvil sebagai pagar hidup yang cocok di iklim tropis.

  • Bunga Soka Jawa

Bunga soka Jawa mampu hidup dengan tinggi hingga 120 meter. Tanaman Ini bisa memberikan sentuhan lokal di rumah anda dengan perawatan yang cukup mudah. Tanaman bunga soka Jawa membutuhkan intensitas cahaya dan pengairan yang cukup sehingga Anda bisa merawatnya setiap hari.

  • Lidah Mertua

Tidak mertua juga bisa dijadikan pilihan tanaman untuk pagar rumah anda karena lidah mertua mampu menyaring Udara kotor dan menyaring senyawa berbahaya di udara seperti karbon dioksida. Tanaman lidah mertua bisa tinggi tegak hingga 75 cm.

Untuk Apa Pagar Rumah? Ini Manfaatnya

Pagar rumah sebagai hal yang penting dalam sebuah bangunan karena berpengaruh terhadap keamanan rumah serta harta benda yang ada di dalamnya. Pagar rumah yang baik memiliki material serta kualitas yang baik sehingga memiliki daya tahan yang kuat. Berikut ini adalah alasan untuk Anda pertimbangan yang  tentunya memiliki beberapa manfaat yang bisa Anda ketahui, yakni:

  1. Sebagai Pembatas

Hal ini terkait dengan keperluan administrasi agar dikemudian hari tidak terjadi sengketa untuk menandai kepemilikan atas sebuah lahan atau tanah. 

  1. Sebagai Perlindungan

Pagar dapat memberi perlindungan dari bahaya yang dikhawatirkan muncul dari luar pagar. Daerah dengan tingkat kriminalitas tinggi biasanya dengan rumah berpagar tinggi. 

  1. Manfaat dari Pagar Sebagai Fungsi Penghalang Pandangan 

Pagar dapat berfungsi agar orang yang berada diluar tidak dapat melihat kondisi di dalam, sehingga privacy lebih nyaman dan terjaga.

  1. Manfaat dari Pagar Sebagai Penghalang Lalu Lintas

Pagar berfungsi untuk menjaga orang atau mencegah binatang yang tidak dikehendaki langsung masuk. Biasanya dibuat tinggi untuk membatasi sekaligus menjaga sebuah properti yang tergolong penting. 

Baca juga : Cara Menyewakan Rumah Agar Diminati Banyak Konsumen

Rumah Makin Cantik, Harga Tawar Pasti Makin Tinggi!

Jadikan rumah Anda semakin cantik dan menawan. Mengapa? Seperti kita pahami bahwa properti sendiri adalah investasi yang menguntungkan. Seiring waktu dan tahun bertambah, harga tawar tanah sudah pasti akan meningkat, apalagi jika Anda memiliki rumah di posisi yang strategis. Jadi, jangan sampai mengabaikan rumah Anda, karena sewaktu-waktu bisa saja Anda membutuhkan pendanaan dan menggunakan rumah untuk menjadikannya sebagai jaminan. 

Nah, bicara jaminan untuk mendapat pendanaan, Anda bisa mengajukan pinjaman beragunan properti di Lancar. Seluruh proses peminjaman tentu mudah dan tidak perlu rumit. Pastikan seluruh sertifikat bangunan Anda lengkap, agar proses administrasi berjalan lebih cepat tanpa kendala. Dapatkan pinjaman online terpercaya OJK dengan bunga rendah di Danamas. Seluruh proses berlangsung mudah dan terpercaya, Anda bisa langsung mengajukan melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis yang bisa di download di smartphone Anda. Kemudahan lainnya juga bisa dengan simulasikan pinjaman Anda di kalkulator simulasi kredit dan simulasikan nilai aset properti Anda di kalkulator pinjaman.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

warna-cat-rumah-yang-bagus

15 Rekomendasi Warna Cat Dalam Rumah Yang Bagus

Warna cat rumah yang bagus 2023 adalah salah satu pemanis dan pelengkap untuk desain interior rumah anda. Untuk itu, pemilihan warna cat rumah yang bagus perlu menjadi pertimb

gadai-sertifikat-rumah-1-hari-cair

Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair Cepat & Lancar!

Gadai sertifikat rumah 1 hari cair adalah salah satu solusi jitu yang dapat Anda lakukan saat membutuhkan dana yang sangat mendesak. Menggadai sertifikat rumah tentu harus dil

Cara-Perhitungan-Pajak-Jual-Beli-Rumah

3 Cara Perhitungan Pajak Jual Beli Rumah & Kisaran Biayanya

Apa anda sedang mencari rumah? atau ingin menjualnya? Jika ingin beli rumah, selain siapkan uang untuk membelinya, anda juga harus siapkan uang lebih untuk membayar pajak. Paj