Warna-Lantai-Granit-Ruang-Tamu

Tahukah anda bahwa batu granit adalah salah satu jenis batuan alam yang diambil langsung dari bumi. batu granit berasal dari bebatuan planet yang dilapisi batu batal dengan jenis batuan dalam jumlah besar. Batuan granit salah satu batuan alam yang cukup mudah ditemukan dan sering dipakai untuk penggunaan benda dan kehidupan sehari-hari seperti keramik dan meja.

Tidak hanya warna cat pada rumah Anda juga bisa memilih material lantai granit sebagai ide dekorasi rumah anda untuk memberikan nuansa yang berbeda. selain lantai keramik lantai granit juga menjadi pilihan banyak orang karena terbuat dari material yang kuat dan memberikan corak yang beraneka ragam. namun penting sekali untuk memilih lantai granit yang sesuai dengan desain rumah Anda sehingga memberikan suasana yang yang nyaman.

Selain itu di artikel ini juga akan membahas tentang ciri-ciri lantai batu granit, perbedaan lantai granit dan lantai marmer, hingga Cara merawat lantai granit dengan pembersih lantai granit yang tepat. Hal ini karena lantai granit memiliki material batuan alam yang dalam perawatannya tentu berbeda dari lantai keramik biasa. untuk mengetahui lebih lanjut Anda bisa simak ulasannya dibawah ini. 

Apa Itu Lantai Granit?

Lantai batu granit adalah batuan beku yang memiliki warna terang dengan butiran cukup besar dan terdiri dari para dan kuarsa. Batu granit memiliki warna yang berbeda mulai dari merah abu-abu merah muda putih dan lain-lain. Kata granit berasal dari bahasa latin yaitu granum yang berarti butiran. hal di ini diakibatkan karena adanya butiran mineral gelap yang tampak pada permukaan batuan. Batuan ini terbentuk dari kristalisasi magma yang lamban yang berada pada bawah permukaan bumi. Umumnya batuan granit memiliki ukuran yang besar keras dan juga tangguh.

6 Warna Granit Lantai Ruang Tamu Terbaru

Warna granit lantai ruang tamu terbaru bisa memberikan nuansa yang berbeda di di rumah anda. Untuk sebaiknya pilih lantai granit yang Sesuai dengan ide inspirasi interior rumah anda. Ada beberapa rekomendasi warna granit lantai ruang tamu terbaru yang bisa anda pilih sebagai berikut ini:

1. Warna Granit Abu Tua

Warna granit lantai ruang tamu terbaru dengan abu-abu tua sangat sesuai  untuk semua desain interior minimalis dan modern. Warna granit lantai ruang tamu terbaru ini juga dilengkapi dengan corak yang bervariasi ada yang memiliki corak besar ada juga dengan corak yang kecil-kecil dengan sentuhan warna hitam dan coklat. Warna granit lantai ruang tamu terbaru ini bisa anda padukan dengan furnitur yang memiliki warna hitam atau abu-abu. jika anda memiliki aksen warna putih dalam furniture juga bisa memberikan kesan yang lebih modern.

2. Hijau Dan Merah

Pilihan warna granit lantai ruang tamu terbaru lainnya adalah warna hijau dan merah. Perpaduan dua warna ini bisa memberikan nuansa ruang tamu yang lebih beda terlebih lagi jika granit lantai granit anda memiliki finishing glossy. Dengan finishing glossy atau glossy coating maka ruang tamu bisa terkesan lebih mewah dan berkelas sehingga memberikan tampilan yang sempurna untuk rumah minimalis dan modern kontemporer.

3. Warna Granit Coklat

Pilihan warna granit lantai ruang tamu terbaru yaitu coklat bisa memberikan kesan yang hangat elegan namun juga klasik. Anda bisa memadukan warna coklat ini dengan warna putih dan corak berwarna putih jika terkena cahaya akan memberikan Efek kilau yang menawan. Warna furniture yang bisa memadukan warna granit coklat adalah putih gading maupun krem sehingga memberikan kesan klasik yang natural.

4. Warna Lantai Granit Krem

Jika anda ingin memberikan suasana yang hangat namun tetap terang maka warna krem adalah pilihan warna granit lantai ruang tamu terbaru yang tepat. Warna krem bisa menonjolkan kalem sekaligus hangat terlebih lagi dengan penambahan pencahayaan  yang warna sehingga memberikan suasana yang menyenangkan.

5. Kombinasi Hitam Dan Krem

Jika anda ingin memadukan kedua warna pada lantai granit anda maka coba pilih warna hitam dan krem. Gunakan warna krem sebagai warna utama untuk granit lantai ruang tamu terbaru anda, lalu gunakan warna hitam sebagai bingkai dan list untuk membentuk pola belah ketupat yang sangat klasik.

6. Warna Putih Bercorak Dengan Guratan

Jika anda ingin memiliki nuansa klasik namun juga mewah dan elegan maka coba pilih warna putih sebagai lantai granit anda. Ada banyak sekali corak yang bisa memberikan nuansa yang berbeda salah satunya adalah gerakan-gerakan alam marmer yang memberikan kesan mewah dan juga modern. 

Harga Granit Lantai

Harga lantai granit tentu bervariasi tergantung dari kualitas material granit yang dipakai juga merk lantai granit. Ada dua merk lantai granit yang cukup populer yakni granit roman dan granit Indogress. Berikut kisaran harga granit lantai untuk kedua merek tersebut.

1. Harga Granit Roman

JenisUkuranHarga
Dcervina classic60×15Rp 158.000
dQuetico Rosato60×15Rp 212.000
Dbalsa rosato60×15Rp 224.000
Dchiazza colore30×30Rp 160.000
Dbalsa pine series15×60Rp 165.000
Dbatik alba30×30Rp 230.000
Dslavadory white60×60Rp 149.000
Polaris nero60×60Rp 226.000

2. Harga Lantai Granit Indogress

JenisUkuranHarga
Indogress Granit Foresta Satin60×60Rp 478.000
Indogress Granit Color Polished60×60Rp 410.000
Indogress Granit Salt & Pepper Polished60×60Rp 406.000
Indogress Granit Cristallo Polished60×60Rp 517.000
Indogress Granit Marmo Polished60×60Rp 526.000
Indogress Granit Natura Polished60×60Rp 414.000

Plint Lantai Granit & Fungsinya

Apa itu plint lantai? plint lantai adalah bidang pembatas antara lantai dan dinding juga sering disebut sebagai skirting. Secara umum print lantai dibuat pada dinding 10 senti sampai 15 cm dari lantai. Fungsi dari plint lantai granit adalah untuk menjaga dinding tetap bersih dari gesekan benda yang bergeser ataupun mencegah debu atau kotoran yang berkumpul pada sudut pertemuan dinding dan lantai sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Umumnya plint lantai menggunakan bahan yang sama dengan lantainya misal lantai granit maka menggunakan print lantai granit juga.

Ada beberapa kegunaan plint lantai granit yang bisa bermanfaat bagi interior rumah anda sebagai berikut ini:

a. Untuk Menyembunyikan Kabel Elektrik

Lantai granit bisa digunakan sebagai cara untuk menyembunyikan kabel listrik yang menjuntai panjang dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Untuk instalasi koneksi yang harus di dalam ruangan maka plint lantai granit bisa jadi solusi dan praktis dibandingkan menarik kabel dan menyembunyikannya di bagian langit-langit dinding atau plafon.

b. Menjembatani Celah Antara Dinding Dan Lantai

Jika anda sering melihat konstruksi yang tidak sempurna di bagian dinding dan lantai dengan adanya celah maka ini bisa jadi pemandangan yang merusak suasana rumah anda. Daripada Anda harus merenovasi ulang, maka print lantai bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini secara instan dan juga terjangkau.

c. Untuk Antisipasi Posisi Perabot

Menggunakan plint lantai granit juga bisa mengantisipasi potensi gesekan perabot yang bersentuhan langsung ke dinding. Maka dinding akan lebih aman terjaga keawetannya dari gesekan karena perabotan di rumah 

Harga Plint Lantai Granit Terbaru

Selain lantai granit, Anda juga membutuhkan plint lantai. Lantai granit dengan plint lantainya bisa bermanfaat bagi rumah secara fungsional juga estetika. Bagi Anda yang mencari plint lantai granit, berikut kisaran harga plint lantai granit terbaru:

Ciri-Ciri Lantai Batu Granit Asli

Lantai batu granit memiliki jenis material batuan seperti batu beku sedimen dan mantel. Perbedaan dari setiap jenis batu granit itu tidak cukup kentara namun bisa memberikan efek yang berbeda di ruangan rumah anda. Berikut beberapa ciri-ciri yang membedakan granit dengan bentuk batuan lainnya:

  • Batuan granit terbuat dari butiran mineral besar yang saling menempel erat
  • Batuan granit terdiri dari mineral kuarsa dan feldspar, dengan atau tanpa berbagai macam mineral lainnya.

Hampir semua batuan adalah batuan beku atau dipadatkan dari magma lalu sisanya plutonik yang berarti sangat masif sehingga terkubur dalam lempengan besar. Susunan acak butiran di dalam granit ini adalah bukti plutonik nya.

Tips Merawat Lantai Granit

Agar lantai granit Anda tahan lama dan tetap mengkilap, maka perlu tahu perawatan lantai granit yang tepat. Selain cara merawat lantai granit, kita juga perlu memilih produk pembersih lantai granit yang tidak merusak permukaan granit. Ikuti tips merawat lantai granit dibawah ini.

a. Gunakan Pembersih Khusus Lantai Granit

Agar lantai granit tampak selalu mengkilap maka anda perlu melakukan perawatan khusus untuk lantai granit. Anda perlu anda perlu memilih khusus pembersih lantai granit. Dari menggunakan produk biasa untuk pembersih lantai biasa karena umumnya kebanyakan produk tersebut mengandung asam yang dapat mengikis permukaan lantai Jika diaplikasikan secara terus-menerus.

b. Hindari Menaruh Barang yang Tajam

Hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan menghindari penggunaan benda tajam untuk lantai granit karena barang yang memiliki permukaan tajam dan kasar dapat menimbulkan goresan di lantai keramik. jika 

c. Selalu Siapkan Keset

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyiapkan. dengan menyediakan khusus di depan pintu masuk maka  hal ini bisa membantu anda untuk membersihkan kaki setiap  masuk ke dalam area rumah sehingga lantai granit tetap terawat.

Pembersih Lantai Granit

Untuk membersihkan lantai granit, maka Anda membutuhkan produk pembersih khusus lantai granit. Ini penting karena granit yang merupakan batu alam asli rentan rusak jika menggunakan produk pembersih lantai yang bukan khusus. Berikut rekomendasi produk pembersih lantai granit bagi Anda.

  • MR. MUSCLE Marmer & Granit
  • Primo Prime Floor
  • Johnson Marble Klin
  • Fason Granit
  • Mill Floor Cleaner
  • Home Cleaning
  • Klin pembersih lantai
  • Fason Gratine Pembersih Granit dan Keramik
  • Bona Stone Tile & Lam Cleaner
  • Fason Limov productnation

Perbedaan Granit Dan Marmer

Lantai granit dan lantai marmer selalu menjadi pertimbangan saat memilih lantai untuk dekorasi rumah anda. Keduanya sama-sama terbuat dari bebatuan alam namun memiliki perbedaan. perbedaan lantai granit dan lantai marmer diulas pada informasi di bawah ini: 

AspekGranitMarmer
MotifBintik-bintik alami karena peleburan batu-batuan menjadi satuMotif guratan garis urat halus karena kotoran mineral yang mengendap.
KarakteristikMaterial yang berpori dan lebih tahan lama daripada marmer.Material yang juga berpori seperti granit, namun lebih mudah menyerap daripada granit..
Marmer rentan terhadap panas dan asam. Maka, saat marmer dijadikan top table dan terkena panas alat masak, bisa membuat marmer cepat rusak.
Cairan asam seperti jus jeruk nipis, cuka bisa membuatnya kusam. Untuk itu, Anda perlu poles dan dempul dengan sealant agar marmer lebih tahan lama.
PengaplikasianLantai restoran & dapurKamar mandi, dinding shower, lantai, meja dapur
PerawatanUsahakan untuk tidak terkena cairan asam dan bahan kimia keras.Usahakan untuk tidak terkena cairan asam dan bahan kimia keras.
HargaHarga rata-rata RP 500 ribu – Rp 2 juta per meter persegi. (tergantung motif)Harga rata-rata RP 500 ribu – Rp 2 juta per meter persegi. (tergantung motif)
Daya tahanKekerasan granit 6-7 Mohs sehingga mudah menahan goresan akibat panas.
Granit anti lecet dan berubah warna.
Kekerasan marmer 3-5 Mohs dan daya tahannya beda dengan granit.
Jika marmer terkena kontak panas, goresan pisau maka bisa merusak marmer.

Jadikan Rumah sebagai Modal Usaha yang Menjanjikan!

Memilih material untuk pelengkap desain interior rumah Anda bisa membuat nilai jual rumah semakin tinggi. Bahkan, saat properti tersebut Anda jadikan agunan, maka Anda pun bisa mendapatkan modal yang lebih besar. Untuk bisa dapatkan pinjaman online terpercaya beragunan properti yang cepat dan mudah, maka Anda bisa ajukan ke Danamas, fintech lending berizin OJK. Pinjaman modal bisnis ini bisa Anda dapatkan mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar dengan tenor yang fleksibel hingga 10 tahun. Untuk mempermudah Anda, coba simulasikan kisaran cicilan di kalkulator simulasi kredit. Ada juga kalkulator pinjaman untuk lihat nilai properti yang akan dijadikan agunan pinjaman Anda. Langsung daftar melalui Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis lebih praktis dari smartphone Anda.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

warna-cat-rumah-yang-bagus

15 Rekomendasi Warna Cat Dalam Rumah Yang Bagus

Warna cat rumah yang bagus 2023 adalah salah satu pemanis dan pelengkap untuk desain interior rumah anda. Untuk itu, pemilihan warna cat rumah yang bagus perlu menjadi pertimb

gadai-sertifikat-rumah-1-hari-cair

Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair Cepat & Lancar!

Gadai sertifikat rumah 1 hari cair adalah salah satu solusi jitu yang dapat Anda lakukan saat membutuhkan dana yang sangat mendesak. Menggadai sertifikat rumah tentu harus dil

Cara-Perhitungan-Pajak-Jual-Beli-Rumah

3 Cara Perhitungan Pajak Jual Beli Rumah & Kisaran Biayanya

Apa anda sedang mencari rumah? atau ingin menjualnya? Jika ingin beli rumah, selain siapkan uang untuk membelinya, anda juga harus siapkan uang lebih untuk membayar pajak. Paj