eksternalitas-adalah

Meningkatnya kegiatan industri akan memberikan dampak pada perekonomian. dampak tersebut bisa positif dan negatif seperti dampak positif meningkatnya jumlah lapangan pekerjaan ataupun dampak negatif seperti pembuangan limbah industri yang tidak pada tempatnya. Kondisi ini sering disebut sebagai eksternalitas.

Banyak perusahaan besar dan pertumbuhan ekonomi bukan terjadi tanpa ada alasan hal tersebut terjadi karena banyak faktor dan salah satunya adalah eksternalitas. Namun seperti yang dikatakan di atas bahwa peneliti tidak selamanya positif tetapi juga negatif Selain itu ada juga eksternalitas yang didapat secara gratis.

Semua pengertian tentang eksternalitas akan diulas lebih dalam pada artikel ini. selain selain itu mengetahui Apa saja jenis-jenis eksternalitas hingga faktor penyebab munculnya eksternalitas. Namun dijelaskan juga manfaat eksternalitas sehingga solusi eksternalitas yang terjadi dalam kehidupan ini. 

Pengertian Eksternalitas

Eksternalitas adalah biaya atau manfaat yang didapat oleh pihak ketiga yang tidak dapat memilih untuk mendapatkan atau tidaknya dampak tersebut. Misalnya pada perusahaan listrik yang membangun pembangkit listrik, di dekatnya terdapat pemukiman penduduk.  Biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan meliputi, biaya operasional dan bahan bakar pembangkit, namun penduduk yang tinggal disekitar mengalami penyakit pernapasan karena polusi yang ditimbulkan oleh pembangkit tersebut. Perusahaan tidak mengurusi mereka karena bukan bagian dari perusahaan, hal inilah yang kemudian dinamakan dengan eksternalitas. 

Jenis Eksternalitas 

Eksternalitas seringkali muncul dikarenakan penegakan hak properti yang kurang jelas. untuk beberapa barang seperti bangunan uang dan tanah penegakan hak kepemilikannya terbilang cukup mudah. namun berbeda dengan lainnya seperti udara dan air dimana hal tersebut mengalir bebas melintasi batas kepemilikan pribadi untuk itu akan lebih sulit untuk menetapkan kepemilikannya. secara umum eksternalitas terbagi menjadi dua kelompok yaitu eksternalitas negatif dan eksternalitas positif berikut penjelasannya. Eksternalitas dibagi menjadi dua kelompok, yakni:

1. Eksternalitas Negatif

Eksternalitas negatif adalah Mewakili konsekuensi negatif dari aktivitas ekonomi ke pihak ketiga yang tidak terkait. Misalnya limbah, polusi, dan pencemaran lingkungan.Berikut contoh dari eksternalitas negatif:

  • Polusi udara yang terjadi karena asap kendaraan bermotor atau limbah pabrik yang menggunakan bahan bakar fosil.
  • Polusi air seperti tumpahan minyak kapal tanker yang bisa menghancurkan ekosistem laut dan mempengaruhi orang-orang yang berada atau tinggal di daerah pesisir tersebut.
  • Polusi udara  seperti suara Bising pesawat di mana akan berpengaruh kepada penduduk yang tinggal di dekat bandara besar.

2. Eksternalitas Positif

Eksternalitas positif adalah dengan memberikan manfaat atau dampak dari kegiatan ekonomi bagi pihak ketiga yang tidak terlibat. Meskipun memberikan manfaat, namun juga menciptakan efisiensi pasar. Berikut beberapa contoh eksternalitas positif yang berkaitan dengan konsumsi dan produksi.

  • Riset dan pengembangan: Sebuah perusahaan yang menemukan teknologi baru sebagai bagian dari hasil kegiatan atau penelitian dan pengembangan yang mampu menciptakan manfaat untuk membantu masyarakat secara menyeluruh. Penelitian semikonduktor misalnya tidak hanya bermanfaat bagi produsen semikonduktor tetapi juga industri telekomunikasi modern perangkat komputer dan stereo.
  • Pembangunan infrastruktur: Pembangunan jalan dan jaringan transportasi juga bermanfaat bagi mobilitas barang dan orang. tidak hanya itu agen real estate juga bisa mendapatkan keuntungan. harga real estate pun bisa naik karena pembangunan untuk membuat aksesibilitas yang lebih baik. Maka agen real estate tersebut mendapatkan komisi yang lebih tinggi.
  • Pendidikan dan Pelatihan: Perbaikan sistem pendidikan tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan dan pekerja tetapi juga perekonomian. Dengan pendidikan dan pelatihan yang lebih baik maka pekerja bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi dan perusahaan bisa meningkatkan produktivitasnya. Manfaat bagi perekonomian adalah mampu merangsang pertumbuhan ekonomi meningkatkan pendapatan masyarakat menurunkan tingkat pengangguran adanya barang lebih murah dan bervariasi sehingga berkurangnya angka kejahatan.
  • Vaksinasi: Manfaatnya tidak hanya bagi orang yang divaksinasi tetapi juga orang lain, karena mampu menurunkan resiko penularan.

Solusi Eksternalitas

Para ekonom atau mereka yang membuat kebijakan juga mengajukan beberapa pilihan untuk mengurangi eksternalitas terutama pada eksternalitas negatif. Adapun solusi dari eksternalitas yakni:

a. Penegakan Hak Properti

Pendefinisian hak properti lebih ketat dapat membatasi pengaruh kegiatan ekonomi pada pihak yang tidak terkait. Hal ini karena banyak eksternalitas muncul dikarenakan penegakan hak properti yang tidak jelas. 

b. Pajak

Pemerintah dapat mengenakan pajak untuk barang atau jasa yang digunakan untuk membatasi eksternalitas, terutama yang merugikan seperti limbah dan polusi. 

c. Peraturan

Selain pajak, peraturan juga perlu untuk ditetapkan, misalnya pemerintah dapat mengatur batas maksimum polusi karbondioksida atau limbah yang dihasilkan. Regulasi ini harus dijalankan, contohnya pada peraturan kesehatan makanan dan minuman.

d. Subsidi

Pemerintah dapat memberikan subsidi untuk merangsang kegiatan tertentu untuk meningkatkan konsumsi barang dengan eksternalitas positif. 

Dampak Eksternalitas

Eksternalitas merupakan dampak yang tidak dapat ditolak oleh pihak ketiga karena kejadiannya diluar kontrol pihak tersebut. Eksternalitas negatif jelas merugikan pihak ketiga, misalnya perokok yang menyebabkan orang disekitarnya terpapar asap rokok, pabrik, yang mencemari udara. 

Eksternalitas negatif menguntungkan pihak pelaku karena tidak harus membayar dampak aktivitas mereka kepada warga sekitar, meskipun sekarang sudah mulai ada kebijakan carbon tax atau peraturan lainnya yang mencoba menginternalisasi dampak dari eksternalitas. 

Selain eksternalitas negatif, eksternalitas positif juga secara tidak langsung merugikan, namun yang dirugikan ialah pihak pelaku, karena menyebabkan manfaat yang berguna bagi semua pihak, seharusnya ada insentif yang diberikan oleh pihak lain agar banyak produk yang dapat dihasilkan. Jika eksternalitas positif tidak diberikan insentif, maka akan adanya inefisiensi produk. Misalnya ialah orang yang tidak menolak membayar pajak namun ikut menikmati pembangunan atau jaringan lampu jalanan, atau orang yang tidak mau divaksin tetap aman karena adanya herd immunity yang melindungi. 

Manfaat Eksternal Dalam Eksternalitas

Sumber gambar: insanpelajar.com

Grafik tersebut menunjukkan adanya efek dari eksternalitas positif,misalnya perusahaan yang menyuplai vaksin. Pada pasar ini tidak ada insentif khusus untuk perusahaan farmasi yang memproduksi obat-obatan tersebut. Manfaat social demand lebih besar dibandingkan dengan manfaat private demand yang berarti produksi serta konsumsi vaksin memiliki manfaat terhadap banyak masyarakat dibandingkan dengan biaya yang dibayarkan oleh masyarakat. 

Penyebab Eksternalitas

Eksternalitas disebabkan oleh adanya property rights yang tidak jelas. Property rights ini merupakan hak kepemilikan terhadap suatu barang atau ide. Oleh karena itu, banyak orang yang memanfaatkan barang tersebut tanpa membayar biaya secara penuh terhadap lingkungan maupun masyarakat yang telah dipengaruhinya. 

Sama halnya dengan eksternalitas positif yang juga disebabkan oleh lemahnya property rights. Misalnya seseorang divaksin cacar akan menciptakan adanya herd immunity terhadap penyakit cacar tersebut, namun herd immunity itu tidak dapat dimilikinya, sehingga insentif orang tersebut melakukan vaksinasi lebih rendah dibandingkan dengan manfaat yang dia berikan terhadap masyarakat. 

a. Keberadaan Barang Publik

Barang publik yang juga disebut dengan barang sosial atau barang kolektif adalah barang yang dikonsumsi secara bebas. Pemanfaatan barang atau jasa tersebut sama sekali tidak mengurangi kesempatan bagi orang lain untuk juga menarik menikmatinya barang yang tidak ada tandingan dalam konsumsi atau manfaat yang tidak bisa dipisahkan. Barang publik atau public goods memiliki dua karakteristik yaitu tidak ada pesaing dalam konsumsi dan tidak bersifat eksklusif atau sulit untuk mendapatkannya.

b. Sumber Daya Milik Bersama

Umumnya faktor eksternal muncul saat sumber daya bisa dipakai tanpa biaya. Sumber daya milik bersama ini adalah sesuatu yang didapatkan setiap orang secara gratis. Maka sumber daya akan dimanfaatkan secara berlebihan seperti air dan udara yang merupakan sumber daya milik bersama. 

Untung Lebih Besar dengan Modal Limit Besar Aman!

Berbisnis bisa lebih untung dengan melakukan berbagai strategi bisnis sesuai dengan business plan yang sudah dibuat. Namun, modal usaha harus tetap dimiliki untuk bisa mewujudkannya. Pilihlah pinjaman modal usaha yang aman sehingga bisnis bisa berjalan lebih lancar. 

Danamas, sebagai fintech lending berizin OJK dibawah naungan Sinar Mas Group hadir untuk Anda yang ingin mencari pinjaman modal usaha. Pinjaman online terpercaya dari Danamas ini bisa didapat dengan limit terbesar hingga Rp 2 miliar. Tenor hingga 10 tahun dan bunga yang kompetitif adalah pilihan tepat untuk kembangkan bisnis. Langsung download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis melalui Playstore dan Apple Store di smartphone Anda. Anda juga bisa simulasikan cicilan di kalkulator simulasi kredit dan hitung nilai properti di kalkulator pinjaman ini.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

warna-cat-rumah-yang-bagus

15 Rekomendasi Warna Cat Dalam Rumah Yang Bagus

Warna cat rumah yang bagus 2023 adalah salah satu pemanis dan pelengkap untuk desain interior rumah anda. Untuk itu, pemilihan warna cat rumah yang bagus perlu menjadi pertimb

gadai-sertifikat-rumah-1-hari-cair

Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair Cepat & Lancar!

Gadai sertifikat rumah 1 hari cair adalah salah satu solusi jitu yang dapat Anda lakukan saat membutuhkan dana yang sangat mendesak. Menggadai sertifikat rumah tentu harus dil

Cara-Perhitungan-Pajak-Jual-Beli-Rumah

3 Cara Perhitungan Pajak Jual Beli Rumah & Kisaran Biayanya

Apa anda sedang mencari rumah? atau ingin menjualnya? Jika ingin beli rumah, selain siapkan uang untuk membelinya, anda juga harus siapkan uang lebih untuk membayar pajak. Paj