Biaya bangun rumah

Setiap orang pasti memiliki masing-masing rumah impian mereka. Tak hanya sekedar rumah sebagai tempat tinggal untuk beristirahat, tetapi juga rumah yang nyaman juga hangat. Untuk bisa mewujudkan mimpi membangun rumah yang hangat juga nyaman perlu banyak sekali melewati serangkaian proses dari mulai desain hingga biaya bangun rumah. 

Berbicara tentang biaya bangun rumah, bukan tidak mungkin Anda akan membutuhkan dana yang banyak. Terlebih lagi, jika rumah impian Anda memiliki berbagai karakteristik lewat material hingga desain tertentu yang membuat biaya bangun rumah menjadi lebih banyak. Perencanaan biaya bangun rumah sangatlah dibutuhkan agar saat proses pembangunan, biaya yang dikeluarkan sesuai dengan budget yang Anda rancang. 

Cara Simulasi Perencanaan Pembangunan Rumah

Catat Semua Pengeluaran

Perencanaan yang matang sangatlah dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Perencanaan sebelum membangun rumah juga termasuk rencana anggaran biaya bangun rumah. Anda bisa melakukan perencanaan ini bersama pasangan jika sudah menikah tanpa perlu kontraktor rumah untuk siapkan rancangan anggaran biaya (RAB). Namun, jika Anda mempekerjakan kontraktor, maka sebaiknya komunikasikan rencana bangun rumah dan cek juga biaya yang mereka buat. Dalam membuat perencanaan anggaran bangun rumah, Anda bisa memasukkan rincian seperti harga material, material berat atau halus, biaya tukang, jasa desain interior, dll

Pahami Manfaat Merancang Anggaran

Dengan anggaran biaya bangun rumah, maka Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas atas apa saja yang Anda butuhkan untuk memiliki rumah impian. Sebaiknya, masukkan informasi serinci mungkin seperti model desain rumah, harga material bahkan untuk material kecil hingga pilihan tukang harian atau borongan. Dengan menulis informasi secara terperinci, maka jika terjadi kebocoran halus budget bisa lebih terpantau. 

Gambarkan Desain Rumah

Ukuran Rumah

Hal pertama yang bisa Anda buat untuk desain rumah adalah ukuran rumah. Tentukan ukuran rumah, ukuran ini tentu tidaklah sama dengan luas tanah ya. Ukuran rumah bisa Anda perhitungkan dengan teliti dan cermat. Jika Anda berhasil memberikan keterangan yang detail maka perhitungan biaya bangun rumah pun akan semakin akurat. 

Hitung Biaya Rumah Per Meter Persegi

Untuk menghitung anggaran biaya rumah, maka bisa hitung dalam per meter persegi secara menyeluruh. Misalnya, saat Anda menghitung material di bagian dinding, langit-langit hingga lantai, maka juga diperhitungkan finishing pada bagian-bagian tersebut. Dengan perhitungan per meter persegi, maka bisa membantu Anda untuk memperkirakan total anggaran biaya bangun rumah lebih tepat dan akurat. 

Contoh:

  • Panjang x lebar (40 m x 10 m)= 400 m²
  • Total biaya membangun per meter persegi= Rp5.000.000
  • Total anggaran membangun rumah= ukuran rumah x total biaya membangun per m²

Jadi, perkiraan total anggaran membangun rumah menengah yang harus dipersiapkan adalah: 400 m² x Rp 5.000.000 = Rp 2 miliar

Hitung Biaya diluar Pembangunan

Setelah menghitung biaya bangun rumah dengan RAB maka coba hitung juga biaya yang mungkin saja terjadi diluar pembangunan. Setelah Anda menghitung anggaran membangun rumah, maka coba hitung biaya yang akan dikeluarkan untuk furniture dan dekorasi rumah. Selain itu, ada juga biaya lain yang bisa saja Anda bayarkan, seperti biaya pajak rumah, biaya administrasi pada rumah baru, biaya pengurusan IMB, dll.

Perhitungan Kasar Biaya Rumah

Setiap tipe rumah memiliki angka perkiraan biaya bangun rumah, termasuk biaya bahan bangunan dan biaya pengerjaan. Keduanya bisa sangat bervariasi, tergantung besar kecilnya rumah Anda. Perhitungan kasar ini bisa mencakup, antara lain:

Tahap persiapan termasuk pembersihan lahan dan kedatangan material pembangunan rumah

  • Pondasi yang termsuk menggali tanah, memasang pondasi hingga urugan tanah
  • Struktur beton bertulang
  • Rangka atap
  • Pembangunan dinding
  • Finishing atap rumah
  • Plafon lantai
  • Instalasi listrik
  • Plumbing
  • Pengecatan dan finishing rumah

Baca juga: Pengertian dan Tips Investasi Properti Yang Menguntungkan

Dasar Perhitungan Biaya Bangun Rumah

Biaya bangun rumah

Biaya Tanah

Dasar perhitungan pada biaya bangun rumah diawali dengan biaya tanah. Ini berlaku jika Anda ingin membangun rumah dari nol, artinya Anda bangun rumah di tanah kavling atau tanah lapang yang belum ada bangunan apapun. Jika ingin menghitung biaya tanah, maka coba perhitungan berikut ini:

Misal rasio bangunan dan tanah adalah 130:150, lalu harga tanah di Jakarta dengan luas 150m2 yaitu Rp 3 juta. Maka biaya hitung tanah yaitu Rp 3.000.000 x 150 = Rp 450.000.000.

Biaya Pondasi dan Beton

Selain tanah, ada juga biaya pondasi dan beton yang harus Anda perhitungkan. Berikut rumus dalam menghitung biaya pondasi beton:

Penampang Bawah + Penampang Atas : 2 x Tinggi Pondasi.

  • Panjang penampang bawah: 0,8 meter
  • Panjang penampang atas: 0,4 meter
  • Tinggi pondasi: 0,6 meter

Maka, biaya yang diperlukan untuk tiap meter pondasi adalah sebagai berikut:

0,8 + 0,4 / 2 = 0.6 x 0,6 = 0,36 m3

Dari perhitungan tersebut ditemukan bahwa volume pondasi adalah 0,36 meter kubik. Jika untuk per meter kubik pondasi membutuhkan biaya sebesar Rp 800.000 maka:

Rp 800.000 x 0,36 = Rp 288.000

Dengan begitu, biaya yang diperlukan untuk tiap meter pondasi adalah Rp 288.000

Pembelian Material / Bahan Bangunan

Dalam perhitungan biaya bangun rumah per meter persegi juga memasukkan harga material atau bahan bangunan yang lebih rinci. Berikut kisaran harga bahan-bahan yang dibutuhkan (bahan bangunan) antara lain:

  • Batu kali: Kisaran harga sekitar Rp 200.000 – Rp 300.000
  • Semen: Harga semen pada volume per kantong (50kg) adalah Rp 70.000
  • Pasir: Harga pasir untuk per m3 sekitar Rp 250.000 – Rp 300.000
  • Besi / Baja: Harga besi sekitar Rp 20.000 – Rp 100.000 per batang. Harga baja sekitar Rp 70.000 per batang. 
  • Bata Merah: Bata merah standar berkisar di harga Rp 800 per buah.
  • Paku: Harga paku per kilogram sekitar Rp 18.000 – Rp 60.000

Harga tersebut bisa berubah atau berbeda di beberapa tempat, sehingga agar lebih riil, Anda bisa langsung cek ke toko bangunan. 

Pengerjaan Pintu, Atap dan Jendela

Di bagian pintu, jendela dan atap rumah bisa sangat berbeda perhitungan biayanya. Harga material bisa ditentukan oleh beberapa faktor seperti bahan baku yang digunakan hingga modelnya. Berikut acuan yang bisa menjadi gambaran harga untuk material pintu, jendela dan atap:

Kusen dan pintu kayu panel 3 unit Rp 5.500.000

Pintu kamar mandi dari PVC 1 unit Rp 700.000

Kusen dan jendela kayu 3 unit Rp 6.000.000

Atap baja ringan 50 m2 Rp 16.000.000

Biaya Utilitas Bangunan

Utilitas bangunan adalah fasilitas yang dibutuhkan agar rumah terasa lebih nyaman dan melengkapi seluruh kondisi bangunan. Utilitas pada bangunan ini bisa dihitung dengan biaya bangun rumah per meter. Namun, ada juga perhitungan kasar untuk rumah dengan luas 150m2, seperti berikut ini:

Instalasi Listrik

  • Lampu (4):  Rp 1.000.000
  • Stop kontak (3): Rp 150.000
  • Saklar tunggal (3): Rp 150.000
  • Saklar ganda: Rp 80.000
  • MCB outlet dan boks sekring: Rp 500.000
  • Exhaust fan k. mandi: Rp 700.000

Saluran Pembuangan

  • Pipa pembuangan (50 m): Rp 6.000.000
  • Instalasi pipa air hujan (0,50 m): Rp 60.000
  • Closet: Rp 4.500.000
  • Septic Tank: Rp3.500.000

Air Bersih

  • Pekerjaan PVC (37 m): Rp2.900.000
  • Keran air indoor: Rp200.000
  • Keran air outdoor: Rp150.000
  • Instalasi toren air: Rp1.500.000

Biaya Tenaga Kerja

Tidak hanya material yang perlu Anda perhitungkan, tetapi juga biaya tenaga kerja. Biaya ini tergantung dari Anda memilih tukang borongan atau harian. Upah yang biasa dibayarkan untuk biaya bangun rumah per meter sekitar Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000 per m2. 

Angka kisaran harga tenaga kerja ini mungkin bisa sangat bervariasi, tergantung area dimana Anda membangun rumah. Untuk sistem tukang harian, maka Anda bisa memberikan harga sekitar Rp 150.000 – Rp 200.000.

Perhitungan biaya bangun rumah ini bisa menjadi acuan Anda untuk mencoba membuat perhitungan sendiri. Dengan memiliki kemampuan untuk memperkirakan biaya membangun rumah, maka nantinya pun Anda bisa melihat sebesar apa nilai properti yang Anda miliki. Rumah sebagai salah satu properti atau aset memiliki nilai jual yang berbeda, ada banyak sekali faktor yang membuat nilai jual rumah menjadi makin tinggi, salah satunya adalah kualitas bahan bangunan yang dipakai. 

Jika Anda merasa membutuhkan nilai yang tinggi untuk rumah, maka gunakan bahan bangunan dengan kualitas terbaik. Aset properti seperti rumah dengan nilai jual yang baik tentu bisa membantu Anda bahkan menjadi modal usaha. Salah satu Fintech yang memberikan dukungan Anda untuk ubah properti menjadi modal usaha adalah Lancar by Danamas.

Lancar by Danamas menyediakan pinjaman modal usaha dengan tenor minimal 1 tahun dan maksimal 10 tahun. Dengan suku bunga yang relatif rendah, maka nominalnya tidak akan mengganggu cash flow bisnis Anda kedepannya. Jadi, mulai sekarang ciptakan aset properti terbaik untuk ubah jadi modal usaha bersama Lancar by Danamas.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

harga sewa kantor di jakarta

Ingin Sewa Kantor Di Jakarta? Simak Informasi Ini!

Ketika ingin memulai sebuah perusahaan startup, mungkin sebuah kantor merupakan sebuah lokasi yang tepat untuk memulai. Menyewa sebuah kantor memang merupakan sebuah hal yang menguntungkan. Bahkan, mungkin anda bisa saja memulai sebuah usaha untuk menyewakan kantor. Berikut adalah beberapa tips untuk menyewakan kantor agar untung bagi anda yang ingin menyewakan kantor, atau bagi anda yang ingin menyewa kantor untuk perusahaan anda. Yuk, simak artikel ini.

Tips Menyewakan Kantor Agar Untung Terus

Ketika menyewakan sebuah kantor, ada baiknya kita mencoba untuk meraup keuntungan dari penyewaan ini. Berikut adalah tips untuk menyewakan kantor agar untung terus-menerus.

  • Sering Melakukan Inspeksi

Agar untung secara terus menerus, ada baiknya bilamana anda melakukan beberapa inspeksi terhadap kantor yang anda sewakan. Dengan melakukan inspeksi ini, anda bisa melihat beberapa bagian di kantor yang memiliki beberapa kerusakan dan dapat melakukan sebuah perbaikan. Dengan melakukan perbaikan ini, anda dapat meningkatkan kualitas kantor dan dapat memberikan keuntungan yang tinggi. Karena, semakin bagus sebuah fasilitas, semakin tinggi harga yang dapat ditawarkan.

harga sewa kantor di jakarta
  • Perhatikan Kebutuhan Perusahaan

Ketika sebuah penyewa kantor menyediakan jasa penyewaan, ada baiknya bilamana memperhatikan kebutuhan sebuah perusahaan. Dengan memperhatikan kebutuhan sebuah perusahaan, sebuah daya tarik kepada kantor tersebut dapat terbuat. Banyak penyewa kantor akan menjadi lebih tertarik untuk menyewa kantor anda ketika kebutuhan dan fasilitas kantor tersebut sudah memadai dan sesuai dengan keperluan mereka. 

  • Pilih Lokasi Yang Strategis

Banyak penyewa yang mencari sebuah lokasi yang strategis untuk kantor mereka. Sebuah kantor yang strategis disini bisa dilihat dari banyak segi, salah satunya adalah aksesibilitas kepada kantor. Jika kantor memiliki sebuah jalan yang dapat dilewati oleh transportasi pribadi, parkir yang banyak dan juga dekat dengan tempat untuk beristirahat, ada sebuah kemungkinan yang besar kantor anda akan disewakan oleh sebuah penyewa untuk perusahaan mereka.

  • Melakukan Survey Harga 

Dengan melakukan survey harga, anda bisa mencari harga yang cocok untuk penyewaan kantor anda. Melakukan survey harga juga dapat menentukan harga yang pas agar kantor anda bisa bersaing dengan penyewa kantor yang lain.

Tips Sebelum Menyewa Kantor

harga sewa kantor di jakarta
  • Tentukan Pilihan Jika Anda Ingin Menyewa Kantor, Coworking Space Atau Membuat Virtual Office

Dengan mengetahui bilamana anda ingin menyewa kantor, virtual office atau ruang coworking, anda bisa saja menyimpan jumlah uang untuk menyewa bangunan. Satu  hal yang anda bisa gunakan sebagai pertimbangan adalah pertama kali mengetahui ukuran tim anda, apakah tim anda merupakan tim yang besar atau hanya tim kecil. Jika tim anda merupakan tim kecil, sebuah coworking space merupakan sebuah tempat yang pas untuk sebuah tim yang kecil dan dapat mengirit biaya sewa kantor anda. 

Meskipun harga kantor yang murah di Indonesia sudah banyak, terkadang mengetahui jenis tempat yang mau disewakan dapat membantu juga menentukan sebuah ukuran untuk kantor anda.  mood di tempat kerja anda. Di kantor, mungkin ada banyak fasilitas yang disediakan di dalam kantor, sehingga akan menjadi lebih tertata dan langsung bisa ditempati.  

Jika anda memiliki sebuah kelompok yang berjumlah kurang dari 10, ada baiknya bilamana anda mengadakan virtual office terlebih dahulu. Dengan ini, anda bisa mengirit jumlah uang dan bisa menyimpan uang untuk menyewa kantor ketika tim anda sudah memiliki banyak orang

  • Pilihlah Sebuah Lokasi Kantor Yang Tepat Dan Strategis

Memilih sebuah lokasi yang tepat dan strategis dapat membantu akses bagi pegawai menjadi sedikit lebih mudah. Anda juga perlu memikirkan beberapa pertimbangan bahwa lokasi kantor yang strategis harus memiliki beberapa poin berikut ini: 

  • Dekat dengan akses transport, baik transportasi umum maupun pribadi.
  • Dekat dengan lokasi makan yang banyak
  • Memerhatikan keamanan lokasi. Apakah rawan banjir? atau mungkin aman dari maling? Keamanan dari kantor menjadi sebuah hal yang bisa diperhatikan ketika menyewa sebuah kantor. 
  • Periksa lalu lintas di sekitar kantor anda
  • Pertimbangkan Fasilitas Yang Ada Di Dalam Kantor

Perhatikan fasilitas yang ada di dalam kantor tersebut. Dengan memperhatikan fasilitas yang ada di kantor, hal tersebut dapat mempengaruhi harga yang ada ketika menyewa kantor. Lebih bagus fasilitasnya, lebih mahal harga sewanya.  

Kisaran Harga Sewa Kantor Di Jakarta (CBD)

harga sewa kantor di jakarta
Sumber:  savillsindonesia

Penyewaan kantor bisa disesuaikan dengan keperluan anda. Baik untuk perusahaan anda, atau sebuah tempat anda melakukan pekerjaan anda. Sebelum melakukan penyewaan, ada baiknya anda melakukan sebuah penyesuaian agar modal perusahaan anda dapat diirit dan juga tidak dihabiskan terlalu banyak.Penyewaan kantor memang merupakan sebuah hal yang cukup mahal dan memakan modal yang cukup banyak. Jika anda memerlukan pemasukan lebih, lancar by danamas siap memberikan modal usaha hingga 2 miliar! Dengan proses yang cepat dan fleksibel, kami dapat memberikan solusi pinjaman modal usaha untuk anda. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs kami di www.lancar.id!

8 Daftar Aplikasi untuk Jual Beli Rumah Terbaik

Saat ini Anda sedang mencari rumah atau mungkin ingin menjual rumah? Ada beberapa aplikasi yang dapat mempermudah Anda untuk menjual rumah dengan cepat. Mau tau apa saja? Simak dalam artikel berikut ini :

Dengan adanya aplikasi digital, dan kemudahan dalam mengakses melalui internet, maka Anda bisa mencari ataupun mengiklankan rumah dengan aman dan praktis. Berbagai informasi ditawarkan mulai dari tipe rumah, range harge, dan lokasi yang beragam. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot untuk mencari rumah. 

Aplikasi untuk Jual Beli Rumah

  1. Rumah.com

Merupakan aplikasi yang dapat Anda jumpai. Selain itu Anda dapat memperoleh daftar properti yang sesuai dengan kriteria Anda serta dapat menghubungi agennya secara langsung. Aplikasi Rumah.com menyediakan lebih dari 100.000 properti mulai dari rumah, apartemen, maupun ruko. Beberapa fitur yang ditawarkan aplikasi Rumah antara lain, yakni dilengkapi built in GPS sehingga dapat memudahkan menemukan properti yang disewakan sesuai dengan lokasi terdekat. Rumah.co juga memiliki fitur kalkulator KPR untuk memberi gambaran besaran cicilan yang perlu Anda bayarkan. 

  1. Rumah 123

Aplikasi Rumah123 memiliki tampilan yang lebih sederhana dan mudah untuk dipahami. Anda dapat berinteraksi langsung dengan agen properti dan melihat secara kondisi interior maupun eksterior dari rumah yang dipilih. Rumah123 memiliki lebih dari 140.000 properti yang siap untuk ditawarkan kepada Anda. 

Aplikasi Bisnis Properti
  1. 99.co 

Aplikasi rumah 99.com merupakan aplikasi yang fokus pada layanan pencarian kata kunci misalnya “lokasi strategis”, “minimalis”, dan lain sebagainya. Selain itu 99.co juga menyediakan fitur perhitungan KPR.

  1. Trovit 

Trovit Homes menyediakan daftar iklan properti yang bisa dibeli atau disewakan dari ribuan situs yang berbeda. Aplikasi ini dapat menghimpun penawaran dari berbagai aplikasi lainnya, sehingga Anda dapat menemukan properti dengan lebih mudah.

  1. OLX 

OLX Indonesia adalah sebuah situs web iklan baris di Indonesia yang dikhususkan untuk melakukan penjualan ataupun pembelian produk maupun jasa secara online. OLX pun hadir dalam bentuk aplikasi yang menyediakan jual beli kendaraan maupun properti. Anda dapat menemukan properti yang sesuai hanya dengan hitungan menit saja. Selain itu OLX juga menyediakan fitur filter yang dapat membantu Anda menemukan properti yang lebih spesifik. 

  1. Lamudi Real Estate

Lamudi Real Estate merupakan salah satu yang juga Anda gunakan untuk mencari rumah maupun properti lainnya. Anda bisa mendapatkan notifikasi mengenai daftar pencarian rumah ataupun properti yang akan disewakan atau dijual setiap harinya. Anda juga akan mendapatkan informasi terperinci mengenai rumah atau properti yang sedang diincar dengan cara menghubungi agen tersebut melalui pilihan akses media yang disediakan dalam aplikasi Lamudi Real Estate.  

  1. Mitula Homes

Mitula Homes adalah aplikasi yang juga menawarkan jual beli rumah. Aplikasi ini didukung 15 bahasa dan telah digunakan di 41 negara. Hampir semua properti dari berbagai negara ada dalam aplikasi ini. Dan setiap harinya terdapat ribuan properti baru yang dijual melalui aplikasi ini. 

Aplikasi Bisnis Properti
  1. UrbanIndo

Aplikasi yang cukup menarik untuk dijadikan sebagai pilihan bagi Anda yang sedang mencari rumah. Karena terkoneksi dengan GPS, Anda bisa menyesuaikan lokasi yang ingin Anda incar. Aplikasi ini juga memiliki kalkulator cicilan agar pengguna dapat mengetahui besaran cicilan yang akan diambil. UrbanIndo juga mencantumkan dengan detail fasilitas yang tersedia serta ukuran, kamar, dan interior dari rumah atau properti yang Anda cari.

Baca Juga: Asuransi Apartemen: Manfaat dan Perhitungannya

Apabila Anda ingin menjual rumah dan mendapatkan tambahan modal usaha, Lancar by Danamas dapat menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Kami merupakan platform Pinjaman beragunan properti yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, Anda bisa memanfaatkan properti sebagai agunan untuk mendapatkan pinjaman dana mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar! Daftar sekarang disini! 

tips beli rumah

Tips & Trik untuk Membeli Rumah Pertama

Membeli rumah untuk pertama kalinya merupakan sebuah hal yang sangat dinantikan. Apalagi rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus dimiliki. Seperti yang kita ketahui, harga rumah bukanlah tergolong murah, diperlukan banyak pertimbangan yang matang. Maka dari itu perlu diketahui tips untuk mereka yang baru pertama kali membelinya. Berikut ini adalah artikel yang dapat kamu ketahui untuk membeli rumah pertama kalinya. Mari di simak! 

Tip Beli Rumah Pertama

Membeli rumah, tidak bisa dengan sembarangan,dibutuhkan dana, kemampuan membayar, serta banyak hal yang dipertimbangkan. Ada beberapa tips  untuk membeli rumah yang patut Anda pertimbangkan yakni: 

  1. Perhatikanlah Kebutuhan Keluarga

Sebelum memastikan untuk membeli rumah, maka Anda harus memperhatikan kebutuhan keluarga, Anda dapat memulai dengan memutuskan berapa jumlah kamar yang akan dibutuhkan? Apakah memerlukan garasi mobil, apakah memerlukan taman yang luas? Anda bisa mulai menyiapkan semua itu dengan menyesuaikan dengan kebutuhan keluarga.  

  1. Menggunakan Agen Properti atau Secara Mandiri

Membeli rumah sekarang ini, sangat mudah yakni melalui situs properti atau melalui agen perumahaan. Namun, mungkin ada biaya tambahan yang perlu Anda persiapkan.  Anda bisa membandingkan, mencari informasi mengenai daerah perumahaan tersebut, dan menghubungi pemilik rumah dari iklan yang ditayangkan di situs tersebut. Anda juga bisa melakukannya secara survey mandiri.

  1. Lokasi dan Akses 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah berkaitan dengan akses perumahaan yang dituju. Lokasi yang berada di pusat kota tentunya memiliki harga yang lebih mahal namun memiliki akses yang mudah untuk bepergian, dibandingkan dengan yang berada di pinggiran kota yang mungkin akan sulit untuk bepergian karena akses yang terbatas. Karena itu membeli rumah yang mudah secara mobilisasi akan lebih mudah. Anda dapat menerapkan tips lain yaitu dengan membeli rumah yang dekat stasiun, atau halte bus. Anda juga harus memperhatikan fasilitas yang terdapat di daerah  perumahan tersebut, apakah memiliki bank, sekolah, rumah sakit, dan lain sebagainya. 

  1. Memperhatikan Lingkungan Perumahan 

Memperhatikan lingkungan rumah, seperti kondisi lingkungan, apakah saat musim hujan mengalami banjir atau tidak, Anda perlu melakukan survey. Jangan sampai Anda membeli rumah yang lingkungannya gampang banjir saat musim hujan. Pastikan juga lingkungan tersebut harus aman dari kasus pencurian, perampokan, dan hal buruk lainnya. 

  1. Harga dan Pembayaran yang Sesuai

Saat membeli rumah, pastikan Anda memilih yang sepadan dengan harga dan kualitas yang dibutuhkan, tujuannya supaya Anda dapat membandingkan mana perumahaan yang paling pas dengan kondisi keuangan Anda. selain itu pastikan juga harga, pilihan skema yang ingin Anda ajukan, apakah ingin mengambil Rumah KPR atau membeli secara tunai. 

  1. Spesifikasi Material Bangunan

Banyak yang perlu diperhatikan untuk membangun rumah, yakni material yang disediakan. Apakah berdinding kokoh, material bangunan dengan baja yang lebih baik, atau lantai dengan pelat beton yang lebih awet.

  1. Desain Rumah sesuai dengan Keinginan

Jika Anda ingin membeli rumah yang sudah jadi, Anda juga perlu mencari desain yang sesuai dengan rumah yang cocok dengan selera.yang ada. Apabila bangunan yang sudah tersedia, Anda bisa melakukan renovasi ulang dan melakukan custom sesuai dengan desain rumah yang Anda inginkan.

  1. Potensi Perubahan Rumah di Masa yang Akan Datang

Membeli rumah merupakan investasi di jangka panjang. Anda bisa mempertimbangkan hal yakni apakah akan menjual dalam waktu dekat, menambah kamar untuk anak, atau berniat untuk mewariskannya ke anak. Anda perlu memastikan hal tersebut.

  1. Kesehatan Rumah 

Sebelum memastikan untuk membeli rumah, baik itu baru atau rumah second, Anda harus memperhatikan kesehatan rumah. kesehatan rumah yakni mengecek apakah  kualitas tembok bangunan, terdapat kebocoran, serta ventilasi yang cukup, dan lain sebagainya. Jangan sampai Anda membeli rumah dengan kondisi yang tidak baik karena hal tersebut membutuhkan banyak biaya untuk melakukan perawatan atau renovasi. 

  1. Menabung Uang Muka dan Membaca Dokumen Kelengkapan 

Dalam membeli rumah, pastinya akan ada DP yang diperlukan sebagai pembayaran awal, maka dari itu persiapkanlah sejumlah dana sesuai dengan ketentuan besaran pembayaran yang diberlakukan. Pastikan Anda juga membaca perjanjian- perjanjian serta dokumen- dokumen yang dibutuhkan  dalam membeli rumah dengan teliti. 

Tips Membeli Rumah Secara KPR

Membeli rumah memerlukan biaya yang tidak sedikit, dibutuhkan dana mulai dari ratusan juta hingga milyaran. Ada solusi yakni dengan mengajukan KPR sehingga Anda dapat mengangsur dana setiap bulannya. Agar Anda semakin mantap dalam membeli rumah secara KPR, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yakni:

  1. Pahami Kemampuan Financial Kamu

Untuk mengajukan KPR biasanya lembaga pemberi kredit atau bank akan memberikan penilaian atau credit scoring bila Anda tepat dalam membayar angsuran. Untuk mengetahui rasio hutang, Anda dapat menghitungnya dengan membagi total hutang dan total aset. Nilai ideal dari rasio adalah dibawah 50%. Bila diatas 50% berarti nilai utang Anda telah melebihi aset. 

  1. Jangan Berhutang bila Tidak Memiliki Dana Darurat

Pastikan Anda memiliki dana darurat sebesar tiga hingga enam kali pengeluaran bulanan. Dengan banyaknya tanggungan, berarti semakin besar pula kebutuhan dana darurat. 

  1. Investasikan Dana untuk DP Rumah 

Anda harus menentukan kapan membeli rumah dan membayar uang muka. Bila Anda menargetkan pembelian rumah dalam satu hingga tiga tahun kedepan, Anda dapat menyimpan tabungan pembelian rumah melalui instrumen investasi yang rendah risiko dan memiliki imbal hasil yang fix atau hasil tetap. 

  1. Cicilan rumah tidak melebihi 35% penghasilan

Lembaga pemberi kredit atau bank dapat menyetujui pengajuan KPR dengan nominal cicilan 50% dari penghasilan bulanan. Namun perlu Anda pahami bahwa cicilan rumah yang ideal yakni 35% dari penghasilan.

  1. Keluarga Harus Tetap Terjamin 

Sebelum membeli cicilan rumah, pastikan bahwa keluarga juga tetap terjamin. Pastikan Anda telah memproteksi keluarga dengan iuran asuransi jiwa sekaligus mencegah risiko meninggalnya debitur. Asuransi juga memiliki manfaat yakni apabila terjadi musibah seperti keluarga yang telah meninggal dunia, maka dapat bermanfaat untuk biaya hidup keluarga yang ditinggal. 

  1. Melunasi Angsuran Tepat Waktu 

Saat Anda melakukan pembelian rumah dengan sistem angsuran, maka pastikan bahwa Anda membayar tepat waktu. Salah satu pertimbangan kesehatan finansial yang ideal yakni 15% hingga 20% dari total kekayaan bersih. Semakin tinggi kekayaan bersih kamu, maka semakin besar pula aset lancar yang harus dimiliki. 

Tips Membeli Rumah (Second)

Membeli rumah bekas atau second, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan ketika memutuskan untuk membeli rumah bekas:

  1. Kualitas Rumah

Untuk membeli rumah bekas, pastikan Anda memperhatikan kondisi terkait yakni, tingkat kelembaban dinding, sistem air, ketahanan bagian rumah yang terbuat dari kayu, kusen, dan jendela. Apabila rumah memiliki kerusakan, Anda dapat menawar harga jual rumah bekas agar menjadi lebih murah. 

  1. Membuat Anggaran

Dalam membeli rumah bekas atau second sekalipun, pastikan anggaran Anda sesuai dengan pendapatan dan kemampuan Anda dalam membeli rumah tersebut. Untuk berjaga-jaga pastikan juga bahwa Anda memiliki dana tambahan untuk melakukan renovasi bila memang ada rumah yang memerlukan perbaikan. 

  1. Memastikan Dokumen Lengkap

Dalam membeli rumah bekas, pastikan bahwa Anda mengecek kelengkapan surat-suratnya, seperti:

  1. Surat Kepemilikan Tanah
  2. Akta Jual Beli
  3. Sertifikat Izin Mendirikan Bangunan
  4. Pajak Bumi dan Bangunan 
  5. Bukti Pembayaran tagihan PDAM, listrik, biaya keamanan, dan lain sebagainya. 

     4.   Biaya Akta Jual Beli

Secara umum biaya Akta Jual Beli sebesar 1% dari nilai transaksi. Biaya ini digunakan untuk membayar jasa Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) biayanya dapat berubah sesuai dengan ketentuan PPAT. Pada rumah second, biasanya AJB ditanggung bersama oleh pembeli dan penjual atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Anda ingin menjual rumah serta mengembangkan bisnis? Lancar by Danamas bisa jadi merupakan salah satu platform yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis. Dengan pinjaman beragunan properti, Anda dapat mendapatkan dana mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Segera Ajukan pinjaman Anda disini.